Johannessimatupang’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

MANAJEMEN AGRIBISNIS S1 DAN PAGI


Halaman ini diperuntukkan  bagi Peserta  Kuliah Manajemen Agribisnis kelas pagi dan ekstensi.  Untuk mengikuti kuliah ini anda harus mengerjakan hal berikut.

1) Mengunduh bahan kuliah

2) Mengerjakan (mengunggah)  tugas pada halaman ini, perhatikan jangan  pada halaman yg salah.

3) Peserta diharuskan  membagi kelompok  berdasarkan komoditi berikut: cacao, karet, kelapa, kelapa sawit, udang, dll yang mempunyai nilai baik  di tingkat Nasional maupun Lokal.

4) Setiap pertanyaan atau penugasan diharuskan mencari sumber online, sehingga ketika pelaporan (unggah dalam halaman ini)  perserta harus menyertakannya.

Bahan Kuliah Modul AGB November 2010

Powerpoin MAG Powerpoin November 2010

Tugas Individu.

1) Pilih  salah satu produk yang paling anda sukai, kemudian jelaskan tingkatan  produk mulai dari Generik, expected, value added hingga potential.  Jelaskan dengan memberi contoh.

2) Dalam konteks manajemen operasional,  jelaskan dua permasalahan penting yaitu Kualitas dan peran sektor jasa serta solusi.

Bagi peserta yang menyertakan referensi  khusnya OL, akan dinilai lebih,  paling lambat tanggal 15 Januari 2011.

SUKSES SELALU

About these ads

November 19, 2010 - Posted by | Bahan Ajar, competitive advantage, kompetensi, Manajemen Pemasaran Lanjutan, Perilaku Konsumen, strategy, Tanggung jawab sosial, Umum, Uncategorized

51 Komentar »

  1. Kelompok 1, Mahasiswa FE Unja Ekstensi
    1. Asset Winardi (ERC1B009025)
    2. Febri Kusuma (ERC1B009038)
    3. Basri (ERC1B009058)
    4. Erick Fabiera (ERC1B009014)
    5. Novriandi (ERC1B009045)
    6. Stella Andelina (ERC1B009017)

    Komoditi yang diamati adalah Kakao (Coklat).

    Untuk mengenal cokelat, pertama-tama perlu dibedakan antara “cacao” dan “cocoa”. Kata “cacao” digunakan untuk menunjukkan bahan-bahan yang berhubungan dengan buah, biji dan pohon penghasil cokelat, misalnya cacao bean atau cacao seed, cacao tree, cacao shell. Sedangkan istilah “cocoa” dan “chocolate”, digunakan untuk menunjukkan hasil olahan biji cacao.

    1. Sektor Pangan (Food Sector)
    Produk coklat cukup beraneka ragam. Misalnya, ada coklat susu yang merupakan adonan coklat manis, cocoa butter, gula dan susu. Selain itu ada pula coklat pahit yang merupakan coklat alami dan mengandung 43% padatan coklat.
    Berikut ini Jenis-jenis coklat yang beredar dipasaran antara lain :
    1. Couverture
    Jenis coklat terbaik, coklat ini sangat murni dengan persentase lemak kakao-nya yang tinggi sehingga menghasilkan flavor yang sangat baik. Biasanya digunakan untuk pembuatan produk coklat buatan tangan. Sebelum digunakan coklat jenis ini di-temper (dilelehkan) terlebih dahulu.
    2. Plain Coklat
    Coklat jenis ini baik digunakan untuk kue, cake, dll. Persentase massa kakao bervariasi antara 30% – 70%. Semakin tinggi konsentrasi massa kakao semakin baik flavornya.
    3. Milk Coklat
    Merupakan campuran gula, cocoa butter, coklat cair, susu dan vanilla. Coklat jenis ini paling banyak dikonsumsi. Massa kakao nya cukup rendah hanya 20% dan rasanya lebih manis dibandingkan plain coklat. Cokelat yang satu ini pasti disukai anak-anak karena bisa langsung disantap dengan rasa yang manis dan lembut karena mengandung susu. Jika Anda hendak membikin kue, cokelat jenis ini bukanlah pilihan yang baik. Selain kandungan cokelatnya relatif sedikit, cokelat ini mudah hangus bila dilelehkan.
    4. White Coklat
    Merupakan campuran gula, cocoa butter, susu dan vanilla. Tidak mengandung massa kakao, flavor dihasilkan dari lemak kakao. Selain dikonsumsi langsung juga digunakan untuk dekorasi. Cokelat ini terbuat dari lemak cokelat, gula, dan vanili. Ia tak mengandung cokelat padat. Karena mudah hangus, ada baiknya dimasak dengan hati-hati.
    5. Kakao
    Produk yang terbuat dari massa kakao setelah lemak kakao nya dipisahkan. Produk ini sangat mudah diolah dan ekonomis.
    6. Minuman Coklat
    Produk minuman dari coklat yang terdiri dari massa kakao dan mengandung kadar gula yang tinggi.
    7. Produk Coklat Lain
    Berbagai jenis kembang gula coklat.

    2. Production Agricultural Sector
    Pengolahan hasil kakao memiliki prospek serta nilai juang yang tinggi, dengan memanfaatkan produk alternative yang mampu mengantisipasi aspek akan kehilangan / penurunan hasil produksi / panen buah / biji kakao. Secara skematis tahap diversifikasi produk olahan biji kakao menjadi produk, terbagi menjadi 4 bentuk :
    1. Pulpa (Es Juice, Nata de cocoa),
    2. Pasta, dan Lemak
    3. Bubuk coklat
    4. Lemak
    Coklat atau produk olahan dari buah kakao adalah makanan sehat. Pohon kakao yang menghasilkan buah yang selanjutnya diolah menjadi coklat terdiri menjadi tiga macam, yaitu criollo, forastero dan trinitario. Kakao jenis criollo mempunyai rasa yang kompleks dan lembut, tetapi cita rasa souvenir chocolatenya kurang kuat, sementara forastero memiliki cita rasa chocolate wedding yang kuat. Sedangkan trinitario menupakan hasil persilangan antara criollo dan forastero.

    3. Input Supply Sector

    Khasiat coklat dari chocolate shop untuk kesehatan adalah sebagai antioksidan, antioksidan dalam coklat untuk chocolate souvenir diperoleh dari biji kakao yang mengandung antioksidan flavonoid yang berguna untuk menahan radikal bebas. Namun, khasiat antioksidan ini sangat tergantung dari kadar kakao dalam chocolate Jakarta yang anda konsumsi, semakin besar kadar kakaonya, maka semakin besar manfaat antioksidan dalam sebatang chocolate wedding. Untuk melihat kadar antioksidan dalam coklat dari chocolate shop dapat dilihat pada komposisi di luar kemasan chocolate souvenir tersebut atau dapat pula dari warna chocolate Jakarta itu sendiri, semakin gelap suatu chocolate souvenir, semakin besar kadar kakao yang terkandung di dalamnya. Khasiat antioksidan yang terkandung dalam flavonoid dalam biji kakao sebanding dengan 6 apel atau 4,5 cangkir teh.

    Selain sebagai antioksidan, coklat juga berkhasiat membantu tubuh beristirahat atau mengurangi susah tidur. Khasiat ini terkandung dalam protein yang terkandung dalam biji kakao, protein yang kaya akan asam amino triptofan, fenilalanin dan tyrosin.

    Khasiat lainnya adalah coklat mampu mensuplai kalsium dan magnesium untuk tubuh. Oleh karena itu coklat bermanfaat untuk membuat anda bersemangat kembali. Jadi khasiat coklat untuk kesehatan anda, yaitu:
    1. Antioksidan untuk menangkal radikal bebas
    2. Membantu tubuh beristirahat atau mengurangi susah tidur
    3. Membuat bersemangat kembali

    Namun coklat yang telah bercampur dengan susu cenderung menghasilkan banyak lemak, itulah sebabnya coklat batangan dengan kadar susu yang tinggi dihindari karena dapat menyebabkan kegemukan. Setelah mengkonsumsi coklat sebaiknya anda banyak mengkonsumsi air putih untuk menghindari resiko batu ginjal

    Tugas kelompok I ini pertama sampai, dan saya senang membacanya. Tetap pada komoditi ini, untuk lengkapnya buatkan daftar bacaan setiap kali menyampaikan tugas. Sukses untuk kelmpok I.

    Komentar oleh Asset Winardi | Desember 1, 2010 | Balas

  2. Komodity : Kelapa
    Anggota : Arisonang Rangkuti (ERC1B009008)
    Marissa Husna (ERC1B009015)
    Marhamah (ERC1B009061)
    Novita Sari S (ERC1B009039)
    Devi Rolasni Gultom (ERC1B009024)

    FOOD
    Potensi: Nata De coco,hasil dari fermentasi kelapa..yg enak untuk di konsumsi dan sehat untuk di konsumsi (http://www.litbang.deptan.go.id/special/komoditas/b1pascapanen)
    Masalah: kesulitan dalam mengelolah kelapa menjadi nata de coco karna menggunakan alat yg serba hygenis dan cukup mahal
    Potensi: Minuman berisotonik yang sehat untuk di konsumsi (http://www.litbang.deptan.go.id/special/komoditas/b1pascapanen)
    Masalah: kesulitan dalam mengolah air kelapa menjadi air berisotonik karna membutuhkan alat yg serba hygenis dan cukup mahal

    Potensi: Santan Kelapa untuk membuat berbagai jenis makanan contohny:gulai ayam yg lezat untuk dimakan(http://www.litbang.deptan.go.id/special/komoditas/b1pascapanen)
    Masalah: kesulitan dalam mengupas kulit dan memeras kelapa yg sdh di parut untuk dijadikan santan kelapa

    Potensi: Minyak Goreng untuk menggoreng makanan (http://www.litbang.deptan.go.id/special/komoditas/b1pascapanen)
    Masalah: Kesulitan dalam mengolah dari kelapa menjadi minyak sayur karna membutuhkan alat yg serba hygenis dan mahal

    Potensi: virgin coconut oil(Minyak kelapa mumi) Harga minyak kelapa murni sesuai standar CODEX Alimentarius di pasar internasional mencapai US $ 9 per kg, jauh di atas harga minyak goreng. (http://www.litbang.deptan.go.id/special/komoditas/b1pascapanen)
    Masalah: –

    Potensi: desiccated coconut dimasa datang akan meningkat terutama untuk konsumsi dalam negeri, seiring dengan terjadinya perbaikan ekonomi domestik dan perubahan gaya hidup masyarakat perkotaan yang lebih mementingkan segi kepraktisan. (http://www.litbang.deptan.go.id/special/komoditas/b1pascapanen)
    Masalah: –

    PRODUCTION
    Potensi: RumahSabut Yogyakarta, terus ikut berperan dalam mewujudkan lingkungan yang hijau, dengan senantiasa menghadirkan produk-produk Eco-Green. Salah satunya adalah Cocopot. Cocopot atau pot yang berasal dari sabut kelapa yang dibentuk dengan bantuan latek alam. Berbagai variasi produk kami hasilkan, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Antara lain untuk keperluan, pertamanan, pembibitan, juga dapat berfungsi sebagai hiasan. (http://produkkelapa.wordpress.com/2010/12/01/aneka-cocopot-pot-tanaman-yang-ramah-lingkungan/)
    Masalah: –

    Potensi: (CHOIR SHEET) Choco Fiber untuk alas sepatu. Coir Sheet atau Cocosheet merupakan lembaran fiber yang terbuat dari sabut kelapa yang dipress dengan bantuan karet lateks. Untuk coirsheet bahan alas sepatu biasanya diambil dengan ketebalan 1-1,5 cm. (http://produkkelapa.wordpress.com/2010/11/30/coir-sheet-cocofiber-untuk-alas-sepatu/)
    Masalah: –
    Potensi: Cocosheet” Serat Fiber Alami dari Sabut Kelapa. Serat Fiber banyak digunakan dalam aplikasi waterproofing atau pelapis anti bocor.
    Masalah: –

    INPUT
    Daging Kelapa Matang
    Pada umumnya konsumsi daging kelapa matang adalah sebagai bahan baku pengolahan kopra atau minyak. Melalui proses pengolahan cara basah yang lebih higienis dapat diperoleh berbagai produk dari daging kelapa matang. Berikut ini akan disajikan beberapa produk yang dapat dikembangkan berdasarkan jenis kelapa hibrida dan umur buah dikaitkan dengan sifat fisikokimianya. (http://www.dekindo.com/content/teknologi/jp184995.htm)

    Kelompok kelapa dll harapperhatikan penulisan sumber ol nya. Sama seperti menulis daftar pustaka, maka menuli sumber ol juga pada bagian bawah. Pada bagian atas adalah penjelasan, redaksi yg berisikan tulisan dari hasil pendalaman kelompok anda. Sukses untuk semua.

    Komentar oleh Marhamah | Desember 2, 2010 | Balas

    • kami dari kelompok 5 senang membaca artikel yang bapak buat..
      semoga komentar yang kami berikan bisa bermanfaat buat yang membacanya..
      kami dari mahasiswa Universitas Jambi

      Komentar oleh Marhamah | Desember 2, 2010 | Balas

  3. Selamat pagi pak Jo…
    Tugas kelompok 2
    Materi : komoditi karet
    Anggota kelompok :
    -Indah intan sari : (ERCIB009080)
    -Ferry angriawan : (ERCIB009032)
    -Ririn safitri : (ERCIB009034)
    -Putri amalia : (ERCIB009041)
    -Wahyu afero : (ERCIB009013)
    -Mohd.Tommy F : (ERCIB009081)

     Food sector
    Pada sektor ini komoditi karet tidak memiliki potensi

     Produksi sektor
    • Potensi : Acsessories perhiasan seperti gelang ,pita rambut dan lain lain
    Masalah : Beberapa orang memiliki serius alergi lateks
    Sumber : http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en. wikipedia.org/wiki/Natural_rubber

    • Potensi : Acsessories otomotif seperti sarung tangan dan lain lain
    Masalah : paparan tertentu produk lateks karet alam seperti sarung tangan karet
    dapat menyebabkan syok anafilaksis . guayule lateks yang
    hypoallergenic (alegi pada kulit)
    Sumber : http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en. wikipedia.org/wiki/Natural_rubber

    • Potensi : Pakaian dan sarung tangan
    Masalah : alergi biasanya disebut sebagai sensitivitas beberapa kimia
    Sumber : http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en. wikipedia.org/wiki/Natural_rubber

    • Potensi : dot dan perlengkapan bayi
    Masalah : ganguan saluran pencernaan
    Sumber : http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en. wikipedia.org/wiki/Natural_rubber

    • Potensi : peralatan kontrasepsi
    Masalah : alergi dan iritasi pada kulit
    Sumber : http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en. wikipedia.org/wiki/Natural_rubber
     Input sektor

    • Potensi : rubber
    Masalah : kesulitan jika cuaca berubah
    Sumber : http://www.google.co.id/#hl=id&biw=1024&bih=551&q=cara+pembuatan+tekstil&aq=o&aqi=&aql=&oq=cara+pembuatan+tekstil&gs_rfai=&fp=4288df0e2cb2cdab

    • Potensi : Sarung tembaga kabel
    Masalah : pasokan bahan baku tidak memenuhi jumlah
    Sumber : http://www.google.co.id/#hl=id&biw=1024&bih=551&q=cara+pembuatan+tekstil&aq=o&aqi=&aql=&oq=cara+pembuatan+tekstil&gs_rfai=&fp=4288df0e2cb2cdab

    Untuk kelompok II. Apa yg disajikan di atas baiklah adanya, ada referensi online. Namun ada catatan 1) kalau memberi penjelasan, misalnya tentang potensi kalau bisa lebih luas, 2) perihal catatan kaki (referensi ditaruh di bagian bawah) sama halnya kalau menulis seperti umumnya.

    Komentar oleh komoditi karet | Desember 3, 2010 | Balas

    • Salam Pak Jo,

      Saya mau menambahkan nama satu anggota yang lupa di cantumkan pada kelompok kedua yaitu Reinaldo Prandita R (ERC1Boo9o54)

      sekali lagi kami minta maaf atas kekhilafan kami, semoga pak Jo dapat memakluminya.

      salam sukses buat kita semua.

      Komentar oleh Arisonang Rangkuti | Desember 4, 2010 | Balas

  4. Salam Pak Jo,
    Tugas kelompok 3
    Komodity : kelapa
    Anggota kelompok: Arisonang Rangkuti (ERC1B009008)
    Marissa Husna (ERC1B009015)
    Marhamah (ERC1B009061)
    Novita Sari S (ERC1B009039)
    Devi Rolasni Gultom (ERC1B009024)

    Tantangan Manajer Kelapa :
    -Kendala Manajer Kelapa di bidang bahan baku
    Permasalahan yang dihadapi industri pengolahan kelapa antara lain persoalan bahan baku. Saat ini tingkat pertanaman kelapa yang tidak produktif karena sudah tua dan rusak mencapai 30°/o-40% dari areal perkebunan kelapa rakyat. Produktivitas tanaman kelapa masih sangat rendah, yaitu sekitar 4.200 butir/ha atau setara 0,83 ton kopra/ha. Pasokan bahan baku terbatas dari segi jumlah maupun mutu.

    -Kendala Manajer Kelapa di bidang Produksi
    Di bidang produksi masalah yang dihadapi adalah terbatasnya P. Si u untuk diversifikasi produk kelapa olahan. Saat Ini industri pengolahan kelapa masih didominasi oleh produk setengah jadi berupa kopra dan coconut crude oil. Harga nominal kelapa relatif makin turun, sehingga pertambahan input tidak akan meningkatkan nilai tambah. Utilitas kapasitas produksi Industri olahan kelapa masih rendah sekitar 40%. Produk olahan kelapa yang dihasilkan hanya belasan jenis, sedangkan di Filipina mencapai 100 jenis produk.

    -Kendala Manajer Kelapa dibidang pemasaran
    Di bidang pemasaran kendala yang ada, industri kelapa kalah bersaing dengan minyak goreng sawit Kontribusi minyak goreng kelapa hanya 0,4 juta ton atau 12% dari konsumsi minyak goreng nasional yang jumlahnya mencapai 3,3 juta ton. Pada tahun 2006 nilai ekspor produk kelapa mencapai USD364.575 yang sebagian besar masih dalam bentuk produk primer. Adanya Isu kandungan aflatoxin yang tinggi pada kopra dan minyak kelapa yang menggunakan bahan baku kopra hitam dari UE, dapat menghambat ekspor minyak kelapa ke pasar tradisional USA dan UE.

    -Kendala Manajer Kelapa di bidang infrastruktur
    Selain itu, terbatasnya infrastruktur seperti kurangnya pasokan listrik, sarana jalan, transportasi, telekomunikasi, pelabuhan, dll. di wilayah pengembangan yang meliputi Maluku Utara, Sulawesi Utara, Riau, Kalimantan Barat, dan Lampung, juga dirasakan menjadi penghambat pengembangan industri pengolahan kelapa.

    Maka dari keempat kendala yang dihadapi oleh manajer kelapa, haruslah mampu disiasati oleh manajer kelapa itu sendiri namun perlunya peranan pemerintah untuk membantu industri perkebunan kelapa ini sangatlah penting dilihat dari rendahnya pasokan bahan baku kelapa, dan perbaikan infrastruktur yang dapat memudahkan bagi usaha perkebunan kelapa dalam hal distribusi kelapa dan kegiatan lainnya.
    Jadi kelompok kami berkesimpulan bahwa manajer kelapa yang baik adalah :
    – Mampu mendapatkan pasokan bahan baku kelapa yang bila sulit didapatkan dari dalam negeri berinisiatif mendapatkannya dari luar negeri.
    – Adanya skill dari manajer kelapa untuk mengembangkan hasil input produksi yang lebih tinggi nilai tambahnya, selain menjadikan hasil kelapa sebagai produk setengah jadi atau kopra.
    – Selain itu adanya program-program pemerintah dalam membantu manajer kelapa yang berskill dalam penyediaan bahan baku kelapa, mempermudah industri kelapa ini di bidang pemasaran dengan berbagai kebijakan pemerintah dan adanya perbaikan dan pengembangan infrastruktur di sekitar area perkebunan kelapa tersebut untuk memudahkan kegiatan industri perkebunan kelapa tersebut.
    Sumber online :

    http://bataviase.co.id/node/241897

    Komentar oleh Arisonang Rangkuti | Desember 7, 2010 | Balas

  5. KELOMPOK IV :
    Nama kelompok :1.Putri wulandari (ERC1B009019)
    2.Tri wahyuni (ERC1B009018)
    3.Puspa puspita (ERC1B009059)
    4.Dewi Christina (ERC1B009027)
    5.Berta morisca (ERC1B009067)
    6.Ponco sutanoto (ERC1B009002)
    7.Hari setiawan (ERC1B009011)

    KOMODITI KELAPA SAWIT
    FOOD SECTOR:
    Produk Turunan Kelapa Sawit merupakan manfaat yang didapat dari pengolahan lebih lanjut dari kelapa sawit yaitu minyak dasar yang dihasilkannya dari kelapa sawit (Crude Palm Oil). Olahan lebih lanjutnya bisa berbentuk Refined Palm Oil maupun produk turunan lainya. Produk-produk ini dibuat berdasarkan spesifikasi kelapa sawit yang di panen yaitu berdasarkan standar mutu internasional meliputi ALB, air, kotoran, logam besi, logam tembaga, peroksida, dan ukuran pemucatan. Produk minyak kelapa sawit sebagai bahan makanan mempunyai dua aspek kualitas. Aspek pertama berhubungan dengan kadar dan kualitas asam lemak, kelembaban dan kadar kotoran. Aspek kedua berhubungan dengan rasa, aroma dan kejernihan serta kemurnian produk.
    Berdasarkan faktor-faktor mutu tersebut, maka didapat hasil pengolahan Kelapa Sawit seperti :
    Crude Palm Oil
    • Crude Palm Stearin
    • RBD Palm Oil
    • RBD Olein
    • RBD Stearin
    • Palm Kernel
    • Palm Kernel Oil
    • Palm Kernel Fatty Acid
    • Palm Kernel Expeller (PKE)
    • Palm Kernel Pellet
    • Palm Kernel Shell Charcoal
    • Palm Cooking Oil
    • Refined Palm Oil (RPO)
    • Refined Bleached Deodorised Olein (ROL)
    • Refined Bleached Deodorised Stearin (RPS)
    Pangsa Produksi dan Konsumsi serta Pemanfaatan Minyak Sawit
    Industri makanan :
    Mentega, shortening, coklat, additive, es cream, pakan ternak, minyak goreng.

    Produk obat – obatan dan kosmetik :
    Krim, shampoo, lotion, pomade, vitamin and beta carotene.

    Industri berat dan ringan :
    Industri kulit (untuk membuat kulit halus dan lentur dan tahan terhadap tekanan tinggi atau temperatur tinggi), cold rolling and fluxing agent pada industri perak, dan juga sebagai bahan pemisah dari material cobalt dan tembaga di industri logam.

    Industri kimia :
    Bahan kimia yang digunakan untuk detergen, sabun, dan minyak. Sisa – sisa dari industri minyak sawit, dapat digunakan sebagai bahan bakar boiler, bahan semir furniture, bahan anggur.

    Selain itu, pemanfaatan Kelapa Sawit berupa ampas tandan kelapa sawit merupakan sumber pupuk kalium dan berpotensi untuk diproses menjadi pupuk organik melalui fermentasi (pengomposan) aerob dengan penambahan mikroba alami yang akan memperkaya pupuk yang dihasilkan. Tandan kosong kelapa sawit (TKKS) mencapai 23 % dari jumlah pemanfaatan limbah kelapa sawit tersebut sebagai alternatif pupuk organik sehingga memberikan manfaat lain dari sisi ekonomi. Bagi perkebunan kelapa sawit, dapat menghemat penggunaan pupuk sintetis sampai dengan 50 %.

    Pemanfaatan ini sesuai spesifikasi kebutuhan produk, maka dapat diturunkan lagi menjadi :
    1. Produk turunan CPO.
    Produk turunan CPO selain minyak goreng kelapa sawit, dapat dihasilkan margarine, shortening, Vanaspati (Vegetable ghee), Ice creams, Bakery Fats, Instans Noodle, Sabun dan Detergent, Cocoa Butter Extender, Chocolate dan Coatings, Specialty Fats, Dry Soap Mixes, Sugar Confectionary, Biskuit Cream Fats, Filled Milk, Lubrication, Textiles Oils dan Bio Diesel. Khusus untuk biodiesel, permintaan akan produk ini pada beberapa tahun mendatang akan semakin meningkat, terutama dengan diterapkannya kebijaksanaan di beberapa negara Eropa dan Jepang
    untuk menggunakan renewable energy.

    2. Produk Turunan Minyak Inti Sawit.
    Dari produk turunan minyak inti sawit dapat dihasilkan Shortening, Cocoa Butter Substitute, Specialty Fats, Ice Cream, Coffee Whitener/Cream, Sugar Confectionary, Biscuit Cream Fats, Filled Mild, Imitation Cream, Sabun, Detergent, Shampoo dan Kosmetik.

    3. Produk Turunan Oleochemicals kelapa sawit.
    Dari produk turunan minyak kelapa sawit dalam bentuk oleochemical dapat dihasilkan Methyl Esters, Plastic, Textile Processing, Metal Processing, Lubricants, Emulsifiers, Detergent, Glicerine, Cosmetic, Explosives, Pharmaceutical Products dan Food Protective Coatings.

    POTENSI KONFLIK ATAS KEMELUT SAWIT
    4.1 Pengembangan Perkebunan Kelapa Sawit dan Potensi Konflik Agraria
    Perkebunan sawit berhubungan dengan agraria, maka potensi konflik yang terjadi atas kemelut perkebunan sawit adalah konflik agraria. Menurut Lala M. Kolopaking,(2009)[11], jenis konflik agraria menurut sumber antara lain:
    1. Persaingan yang meningkat dalam pemanfaatan sumberdaya alam.
    2. Penyebab-penyeab struktural dari konflik
    3. Perubahan sosial-ekonomi yang menimbulkan konflik
    4. Kebijakan-kebijakan, program-program dan proyek-proyek pengolahan sumberdaya sebagai sumber-sumber konflik.
    keempat jenis konflik agraria memiliki korelasi dengan permasalahan-permasalahan perkembangan perkebunan pertanian di berbagai aspek baik ekonomi, sosial budaya dan lingkungan.
    Potensialnya perkebunan sawit membuat banyak perusahaan maupun penduduk lokal berlomba-lomba untuk memanfaatkan sumberdaya alam sebesar-besarnya. Persaingan akses lahan ini memicu konflik antar perusahaan, perusahaan dengan penduduk lokal maupun antar penduduk lokal itu sendiri
    Selain itu, potensi konflik sawit juga dapat disebabkan oleh penyebab stuktural konflik dan program serta proyek yang dikembangkan oleh berbagai pihak, salah satu yang termasuk penyebab konflik struktural adalah konflik yang terjadi dikarenakan sistem birokrasi pemerintahan. Pembangunan tentunya berhubungan dengan arah kebijakan pemerintah. Pemerintahan yang terkait dalam hal ini khususnya pemerintah daerah sampai dengan unit terkecil dari sistem pemerintahan yaitu desa. Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkadang tidak sesuai dengan keinginan dan kondisi masyarakat.
    4.2 Solusi Permasalahan Pengembangan Perkebunan Kelapa Sawit
    Banyak undang-undang Negara yang membahas tentang konflik agraria, konservasi sumberdaya, perkebunan, penatan ruang, perdagangan dan lain sebaginya yang berkaitan dengan perkebunan kelapa sawit. Namun, pengelolaan perkebunan kelapa sawit seringkali kurang terkoordinasi sehingga dapat menyebabkan konflik. Hal utama yang harus dibenahi adalah komunikasi rasa saling menghargai dari berbagai pihak.
    Pengembangan sumberdaya alam juga harus memperhatikan berbagai aspek kehidupan seperti peningkatan kemakmuran serta kesejahteraan penduduk dalam bidang ekonomi,serta memperhatikan kelangsungan ekologi, salah satunya memperhatikan konservasi lahan dan air serta menghargai sistem sosisal budaya daerah setempat. Dengan selarasnya berbagai aspek yang dikaji maka akan meminimalisasi potensi konflik yang terjadi atas pengembangan perkebunan kelapa sawit.

    INPUT
    Kelapa sawit (Elaeis) adalah tumbuhan industri penghasil minyak baik minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Negara Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar kedua dunia setelah Malaysia. Di Indonesia penyebaran kelapa sawiit antara lain adalah di daerah Aceh, Pantai Timur Sumatra, Jawa, dan Sulawesi. Sumatera adalah pulau yang memiliki areal kelapa sawit terluas di Indonesia yaitu mencapai 75,98%, diikuti Kalimantan dan Sulawesi masing-masing 20,53 % dan 2,81 %. Secara umum penyebaran kelapa sawit terdapat di Riau, Kalimantan Barat, Kaimantan Tengah, Kaimantan timur, Papua, Sumatera Utara, Bengkulu, Sulawesi tengah, dan Sulawesi Selatan.
    Tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis) termasuk ke dalam famili Palmae dan subkelas Monocotyledoneae. Kelapa sawit memiliki akar berjenis akar serabut. Kedua adalah batang yang berbentuk silinder dengan diameter sekitar 20–75 cm. Tinggi batang bertambah sekitar 45 cm per tahun. Ketiga adalah daun dan produksi pelepah daun selama satu tahun mencapai 20–30 pelepah. Kemudian terdapat bunga pada tanaman kelapa sawit. Salah satu bagian terpenting dari kelapa sawit adalah buah dari kelapa sawit yang terkumpul di dalam tandan. Dalam satu tandan terdapat sekitar 1.600 buah. Tanaman normal akan menghasilkan 20–22 tandan per tahun. Sedangkan jumlah tandan buah pada tanaman tua sekitar 12–14 tandan per tahun.
    Bila dilihat secara anatomi buah kelapa sawit tersusun dari pericarp atau daging buah. Pericarp ini terdiri dari mesokarp, yaitu kulit luar buah yang keras dan licin. Mesokarp merupakan bagian daging buah yang berserabut yang banyak mengandung minyak dengan rendemen tertinggi. Kemudian ada biji yang tersusun dari endokarp (tempurung) yang merupakan lapisan keras dan berwarna hitam. Selain itu ada endosperm (kernel) yang berwarna putih dimana kernel akan menghasilkan minyak inti atau palm kernel oil.
    Bagian yang paling populer untuk diolah dari tanaman kelapa sawit adalah daging buahnya. Bagian daging buah menghasilkan minyak kelapa sawit mentah yang diolah menjadi bahan baku minyak goreng dan berbagai jenis turunannya. Kelebihan minyak nabati dari sawit adalah harganya yang murah, rendah kolesterol, dan memiliki kandungan karoten yang tinggi. Olahan lain dari minyak sawit juga dapat diolah menjadi bahan baku margarin.
    Sedangkan pada bagian minyak inti dapat diolah menjadi bahan baku alkohol dan industri kosmetika. Bunga dan buahnya berupa tandan yang bercabang banyak dan memiliki ukuran yang kecil dan apabila masak, buahnya akan berwarna merah kehitaman. Daging buahnya padat mengandung banyak minyak. Minyak yang dihasilkan tersebut digunakan sebagai bahan minyak goreng, sabun, dan lilin serta ampasnya yang dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak. Ampas yang biasa disebut bungkil itu digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan makanan ayam dan tempurungnya dapat digunakan sebagai bahan bakar atau arang.
    Minyak sawit ini memiliki banyak kegunaan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya sebagai bahan baku minyak makan, margarin, sabun, kosmetika, industri baja, kawat, radio, kulit dan industri farmasi karena keunggulan sifat yang dimiliki oleh kelapa sawit ini sendiri yaitu tahan terhadap oksidasi dengan tekanan yang tinggi. Selain itu mampu melarutkan bahan kimia yang tidak larut oleh bahan pelarut lainnya dan mempunyai daya melapis yang tinggi serta tidak menimbulkan iritasi pada tubuh dalam bidang kosmetik.
    Keberadaan minyak kelapa sawit sebagai salah satu sumber minyak nabati relatif cepat diterima oleh pasar domestik dan pasar dunia. Peningkatan konsumsi minyak nabati dalam negeri terlihat dari tahun 1987 hingga tahun 1995, permintaan lokal akan minyak nabati naik dengan laju rata-rata 5.6% per tahunnya. Peningkatan ini sebagian disebabkan karena peningkatan jumlah penduduk. Dalam rangka mengantisipasi melimpahnya produksi CPO, maka diperlukan usaha untuk mengolah CPO menjadi produk hilir. Pengolahan CPO menjadi produk hilir memberikan nilai tambah tinggi. Produk olahan dari CPO dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu produk pangan dan non pangan. Produk pangan terutama minyak goreng dan margarin. Produk non pangan terutama oleokimia yaitu ester, asam lemak, surfaktan, gliserin dan turunan-turunannya.
    Produk olahan CPO yang merupakan non pangan diantaranya adalah oleokimia. Industri penghasil oleokimia termasuk industri kimia agro (agrobased chemical industry) yaitu industri yang mengolah bahan baku yang dapat diperbaharui (renewable), merupakan industri yang bersifat resources-based industries dan mempunyai peranan penting dalam upaya pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat luas (basic needs) seperti kosmetika, produk farmasi dan produk konsumsi lainnya. Salah satu produk turunan oleokimia adalah ester, contohnya adalah metil ester. Asam lemak metil ester mempunyai peranan utama dalam industri oleokimia. Metil ester digunakan sebagai senyawa intermediate untuk sejumlah oleokimia yaitu seperti fatty alcohol, alkanolamida, α-sulfonat, metil ester, gliserol monostearat, surfaktan gliserin dan asam lemak lainnya.
    Pengembangan produk turunan minyak sawit penting untuk dilakukan mengingat peningkatan nilai tambah yang dapat diperoleh. Produk hilir sawit lanjutan yang dapat dihasilkan melalui penerapan proses lanjutan terhadap produk-produk oleokimia yang telah berkembang di Indonesia akan memberikan tambahan nilai tambah yang cukup besar. Nilai tambah produk hilir sawit tersebut akan lebih besar dibandingkan nilai tambah produk-produk oleokimia.
    Peluang pengembangan produk turunan (hilir) minyak sawit mengingat lembaga-lembaga riset di Indonesia telah melakukan riset-riset mengenai produk hilir sawit. Riset-riset produk hilir sawit yang telah dikembangkan hingga skala produksi pilot plant oleh lembaga riset di Indonesia sangat baik untuk diaplikasikan ke skala industri. Produk oleokimia sangat prospektif untuk dikembangkan sebagai salah satu jawaban kurang prospektusnya harga CPO dan PKO karena berlawanan dengan kondisi supply-demand minyak mentah nabati yang saat ini dan di masa yang akan datang berada dalam posisi excess supply, kesetimbangan produk oleokimia dunia justru diperkirakan masih akan berada dalam kondisi excess demand hingga beberapa tahun mendatang. Kondisi excess demand pada produk oleokimia ini tentu merupakan sebuah indikasi akan prospektifnya harga komoditi tersebut.
    Ekspor industri oleokimia telah dilakukan ke berbagai negara. Pasar ekspor yang selama ini prospektif untuk komoditi asam lemak adalah Singapura, Eropa (Jerman Prancis, Inggris, Belanda, Denmark dan Belgia), Jepang dan Amerika Serikat. Negara- negara konsumen utama deterjen adalah Amerika Serikat (29,1 kg/kapita/tahun), Eropa (15,5 kg/kapita/tahun), Singapura (7,8 kg/kapita/tahun) dan Jepang (7,2 kg/kapita/tahun). Sedangkan konsumen utama sabun berturut-turut adalah Singapura (4,5 kg/kapita/tahun), Amerika Serikat (2,8 kg/kapita/tahun) dan Eropa (2,3 kg/kapita/tahun). Sejalan dengan peningkatan jumlah dan pendapatan penduduk, kebutuhan akan kedua produk tersebut (deterjen dan sabun) tampaknya akan semakin meningkat(AP31, 1993;Tri Karya Pecindo, 1995). Sedangkan menurut laporan wwf 2002, negara importir kelapa sawit terbesar berasal dari India, China dan Pakistan. Sedangkan 17% bagian dari importir kelapa sawit berasal dari Eropa dimana Belanda, Inggris dan Jerman menjadi pengimpor utamanya. Penggunaan utama minyak kelapa sawit di negara pengimpor ini antara lain adalah untuk pembuatan vanaspati (vegetable ghee), shortening, dan cooking fats. Vanaspati merupakan jenis bahan makanan yang banyak dikonsumsi di India dan Pakistan dan juga terkenal di beberapa negara Mediteran.

    Pengolahan Perkebunan Kelapa Sawit
    Pengolahan kelapa sawit merupakan salah satu faktor yang menentukan kebehasilan usaha perkebunan kelapa sawit. Hasil utama yang dapat diperoleh ialah minyak sawit, inti sawit, sabut, cangkang dan tandan kosong. Pabrik kelapa sawit (PKS) dalam konteks industri kelapa sawit di Indonesia dipahami sebagai unit ekstraksi crude palm oil (CPO) dan inti sawit dari tandan buah segar (TBS) kelapa sawit. PKS tersusun atas unit-unit proses yang memanfaatkan kombinasi perlakuan mekanis, fisik, dan kimia. Parameter penting produksi seperti efisiensi ekstraksi, rendemen, kualitas produk sangat penting perananya dalam menjamin daya saing industri perkebunan kelapa sawit di banding minyak nabati lainnya. Perlu diketahui bahwa kualitas hasil minyak CPO yang diperoleh sangat dipengaruhi oleh kondisi buah (TBS) yang diolah dalam pabrik. Sedangkan proses pengolahan dalam pabrik hanya berfungsi menekan kehilangan dalam pengolahannya, sehingga kualitas CPO yang dihasilkan tidak semata-mata tergantung dari TBS yang masuk ke dalam pabrik.

    Perusahaan Kelapa Sawit
    Begitu tersebarnya perkebunan kelapa sawit di Indonesia sehingga banyak didirikan perusahaan-perusahaan kelapa sawit atau yang biasanya disebut sebagai PKS yang merupakan perusahaan yang mengelola atau mengolah kelapa sawit mulai dari perkebunan hingga menjadi CPO. Biasanya tiap PKS sudah memiliki sendiri area perkebunan sawit yang akan dikelolanya atau mereka sudah menjalin kerjasama dengan petani kelapa sawit untuk menyetorkan komoditas tersebut kepada perusahaan yang bersangkutan. Semakin besar luas lahan kelapa sawit yang dimiliki perusahaan, belum tentu pasokan CPO yang dihasilkan berjumlah besar. Semua tergantung pada jumlah
    kelapa sawit yang dihasilkan tiap lahan perkebunan.
    Untuk harga komoditas kelapa sawit sangat ditentukan oleh kebutuhan pasar kebijakan pemerintah. Perusahaan sama sekali tidak dapat mengontrol harga, demikian pula dengan suplai kelapa sawit karena hasilnya sangat bergantung pada kondisi alam yang sulit untuk diprediksi. Dengan kata lain, terdapat beberapa faktor dalam proses produksi dan penentuan harga yang tidak bisa dikontrol sepenuhnya oleh perusahaan. Saat ini harga kelapa sawit sedang tinggi karena selain dibutuhkan untuk industri pangan dan kimia, CPO juga digunakan untuk bahan bakar penganti minyak bumi, khususnya di negara-negara Eropa. Sedangkan suplai CPO dunia ditentukan oleh Indonesia, sebagai produsen CPO terbesar di dunia. Tingginya permintaan CPO dunia belum mendapat respon yang seimbang. Industri CPO di Indonesia masih bertumbuh secara horizontal. Artinya, perusahaan masih memperbanyak lahan, memeperluas dan mengakuisisi kebun, bukannya berusaha untuk meningkatkan produksi CPO dengan jumlah komoditas yang tetap.
    Naiknya harga minyak mentah nabati berbahan baku kelapa sawit (crude palm oil) di pasar dunia beberapa bulan terakhir ini membuat petani kelapa sawit kini mulai bergairah kembali mengelola lahan perkebunan kelapa sawitnya. Para petani kelapa sawit terlihat mulai menikmati kenaikan harga minyak mentah nabati tersebut. Di sentra-sentra produksi tandan buah segar kelapa sawit, seperti di Damuli, Londut, Padanghalaban, Aekpaminke, Kabupaten Labuhanbatu, harga jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit petani, sudah mencapai Rp 1.400 per-kilogram.
    Bahkan dibeberapa tempat di Kabupaten Labuhanbatu Selatam, seperti Torgamba, Langgapayung, sudah ada agen pembeli yang berani membeli TBS kelapa sawit petani seharga Rp. 1550 perkilogram. Beberapa petani kelapa sawit menyebutkan, membaiknya harga jual kelapa sawit petani ditingkat agen antara Rp. 150 – Rp. 200 perkilogram, kemungkinan karena CPO di pasar dunia kini terlihat mulai bergairah.
    Sementara dari beberapa agen pabrik pengolahan minyak kelapa sawit yang ada menyebutkan pihak pabrik kelapa sawit (PKS), menerapkan harga pembelian bervariasi kepada petani melalui agen. Dari agen pembeli TBS kelapa sawit petani diperoleh informasi, tertinggi antara Rp 1.500 hingga Rp. 1.600 perkilogram. Sementara terendah beberapa PKS hanya sanggup membeli TBS kelapa sawit dari petani seharga Rp 1.375 masing-masing per-kilogram.
    Sedangkan untuk harga minyak kelapa sawit atau crude palm oil diperkirakan akan masih stabil hingga pertengahan tahun depan. Setelah fenomena commodity bubble akhir tahun lalu yang telah melambungkan beberapa harga komoditas seperti crude palm oil (CPO), tetapi kemudian terjadi penurunan harga komoditas secara drastis dan hingga saat ini mulai tercapai stabilitas harga atas komoditas tersebut. Sekarang harga CPO hampir normal kembali, meski volumenya tidak sebesar saat terjadi commodity bubble. Krisis akibat commodity bubble sempat menurunkan harga hingga 50 persen. Harga kelapa sawit yang sempat menembus level 1.340 dollar AS perton pada bulan Februari 2008, tiba-tiba menurun drastis hingga menyentuh level 485 dollar AS perton pada bulan Oktober. Demikian halnya harga karet alam SIR 20 yang sempat mencapai 3260 dollar AS per ton pada Juli 2008, turun hingga 1.300 dollar AS pada Januari 2009. Khusus untuk harga CPO hingga tahun depan masih cenderung tetap. Meski ada upaya pengembangan industri hilir CPO pada beberapa daerah penghasil minyak kelapa sawit di Indonesia.

    Selain harga yang ditentukan sepenuhnya oleh pasar serta kebijakan pemerintah, karakteristik lainnya dari industri CPO adalah padat modal. Perusahaan harus mempersiapkan investasi untuk tiga tahun pertama, ketika perkebunan belum berproduksi. Jika produksi terhenti di tahun kedua, misalnya, maka semua modal yang ditanamkan akan hilang.
    Di luar faktor-faktor tersebut, terdapat beberapa faktor yang dapat dikontrol oleh perusahaan, yaitu biaya langsung dan tidak langsung, efisiensi, dan produktivitas. Aliran kas Perusahaan Kelapa Sawit terdiri dari aliran pengeluaran (outflow), yaitu semua biaya per tahun, dalam nilai unag yang dikeluarkan oleh perusahaan selama pelaksanaan kegiatan, dan aliran penerimaan (inflow), yaitu semua penerimaan per tahun, dalam nilai uang yang diterima perusahaan dari pelaksanaan kegiatan perkebunan kelapa sawit.
    Total biaya per tahun untuk melaksanakan perkebunan kelapa sawit merupakan penjumlahan dari semua pengeluaran dalam kurun waktu satu tahun tertentu, untuk melaksanakan kegiatan tertentu, sesuai dengan jadwal pelaksanaan kegiatan. Biaya-biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam pelaksanaan kegiatan proyek diantaranya adalah biaya untuk:
    1) Mendapatkan Hak Guna Usaha (HGU) lahan perkebunan kelapa sawit.
    2) Investasi tanaman kelapa sawit.
    3) Pemeliharaan tanaman.
    4) Pemanenan TBS (Tandan Buah Sawit).
    5) Pemupukan.
    6) Pengangkutan TBS ke pabrik pengolahan.
    7) Invstasi pembangunan pabrik.
    8) Biaya pengolahan TBS menjadi CPO dan KPO.
    9) Biaya pengangkutan CPO dan KPO dari lokasi PKS ke pelabuhan ekspor.
    10) Biaya overhead dan biaya depresiasi.
    Penerimaan dalam nilai uang diperoleh dari hasil penjualan CPO dan KPO yang dijiual di pasar domestik maupun yang diekspor.
    Untuk meningkatkan Perusahaan Kelapa Sawit, akan lebih baik jika perusahaan memanfaatkan IT untuk mengintegrasikan proses bisnis mereka dari hulu ke hilir. Dengan ini, perusahaan dapat mengintegrasikan dan mengontrol setiap proses bisnis yang berlangsung, mulai dari perkebunan, pabrik, pengolahan kantor cabang, dan kantor pusat. Perusahaan juga dapat menghitung setiap aktivitas yang dilakukan, membandingkan kondisi sebelum dan keadaan sesudah sebuah aktvitas dilaksanakan.
    Dari sisi logistik, untuk menekan biaya, perusahaan dapat melakukan sentralisasi pembelian bibit, pupuk, pestisida, dan sebagainya, serta mengatur keluar masuk barang sesuai dengan wilayah yang membutuhkannya. Perusahaan juga mampu menghitung setiap biaya dan anggaran yang dibutuhkan dalam setiap aktivitas, mengontrol transaksi dari beberapa perkebunan dan perusahaan, mempersingkat financial close-cycle, serta pajak.
    Untuk melaksanakan semua itu, perusahaan harus mempersiapkan perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk menunjang aplikasi yang digunakan. Perangkat yang paling kritikal, yaitu SDM yang mengetahui dan mengerti tentang IT dan jaringan komunikasi data bagi lokasi perkebunan dan kantor cabang yang biasanya terletak jauh dari kota dan belum terjangkau jaringan komunikasi terrestrial. Memang hal ini akan membutuhkan biaya yang besar pada saat pertama kali melaksanakannya. Selain itu, pelaksanaan sistem ini tidak dapat langsung berjalan lancar karena baru diterapkan. Pasti akan ada kesalahan, kelalaian dalam penggunannya. Tetapi lama-kelamaan perusahaan dan SDM nya akan terbiasa dengan sistem baru itu dan hal ini akan sangat bermanfaat bagi perusahaan. Sedangkan untuk pembangunan pabrik minyak sawit sangat prospektif dan cukup menguntungkan, untuk itu pemerintah daerah mengundang para investor untuk terlibat dalam proyek ini dengan ketentuan pembangunan pabrik TBS dengan kapasitas 30 ton TBS perjam memerlukan investasi dana sekitar Rp.120 milyar. Masa pembangunan pabrik dilaksanakan selama 2 tahun.
    Biaya Investasi Pabrik pada awalnya Rp. 120 Milyar dengan bunga bank 18 % selama 4 tahun : 0,18 x 4 th x 120 Milyar Rupiah = Rp. 86,4 Milyar . Kemudian investasi + bunga bank : 120 Milyar + 86,4 Milyar = 206,4 Milyar, Angsuran per bulan : 206,4 Milyar : 48 bulan = Rp 4, 3 Milyar/bulan. Jika pabrik bekerja sehari selama 15 jam maka = 15 jam x 30 ton TBS/ jam : 450 Ton TBS/hari atau 13.500 ton TBS/bln.
    Apabila dikalkukasi,jumlah TBS yang diolah menjadi CPO=0,23x450TonTBS/hari =103.5 ton CPO/hari. Jika dalam 1 bulan pabrik bekerja selama 30 hari maka =103,5 ton CPO perhari x 30 hari = 3.105 tonCPO perbulan. Nilai CPO = 3.105 ton CPO x Rp. 5.800.000= Rp.18.009.000.000.- (18,009 M). Untuk biaya operasional pabrik(40 %) = 0,4 x Rp.18.009 Milyar = Rp.7,203 Milyar /bulan. Sehingga keuntungan bersih yang didapat= (Nilai CPO – Biaya Operasional – Angsuran Bulanan) = Rp.18.009.000.000 – Rp.7.203.600.000.- Rp. 4.300,000.000.= Rp.6.505.400.000.-/bln dan investasi akan kembali dalam jangka 19 bulan sejak pabrik beroperasi pada kapasitas maksimal asumsi harga CPO Rp. 5.800 ,- /Kg. Rendemen TBS 23 % .
    KESIMPULAN DAN SARAN menurut kelompok kami adalah:
    Pengembangan perkebunan kelapa sawit memberikan banyak keuntungan bagi semua pihak apabila dikelola secara bijak. Permasalahan atas pengembangan kelapa sawit akan muncul manakala salah satu atau banyak pihak merasa dirugikan. Hal tersebut dapat memicu terjadinya konflik yang harus dihidari serta keselarasan hidup yang dijaga bersama.
    Terwujudnya kesejahteraan masyarakat tidak hanya dilihat dari aspek ekonomi. Setiap melakukan kegiatan ekonomi pertanian sebaiknya juga memperhatikan berbagai aspek lain seperti sosial budaya dan ekologi, serta menjalin komunikasi yang baik dan efektif agar tidak ada pihak yang dirugikan

    Putri dkk. Penjelasan kelompok ini tuntas, tapi tidak mencantumkan daftar pustaka sebagaimana diharuskan. Ini penting mengingat bahwa peroses pembelajaran ini bagian dari upaya meningkatkan kemampuan menulis secara lebih baik.

    Komentar oleh Putri wulandari | Desember 7, 2010 | Balas

  6. Komoditi :UDANG
    Anggota :
    1.Dewi Agustina (ERC1B009044)
    2.Dina Angelin (ERC1B0090004)
    3.Lidya Anastasya (ERC1B009020)
    4.Ricky Ikhwansyah (ERC1B009026)
    5.Fredy Fristama (ERC1B0060)
    6.Teddy Setialim (ERC1B009072)
    7.Singgih Pambudi (ERC1B0006)

    TUGAS

    FOOD
    Potensi : Dapat dijadikan kerupuk udang

    Masalah: Udang kembali jarang sesuai dengan harapan, tapi secara keseluruhan, penekanan yang berlebihan pada produksi udang telah menjadi akar banyak masalah. Hal ini mungkin memiliki manfaat ekonomi jangka-pendek, tetapi memiliki efek jangka panjang, ekologi, dan sosial pertumbuhan lingkungan.

    PRODUKSI
    Potensi : Kerupuk yang diproduksi oleh salah satu pabrik kerupuk udang di Semarang,dibuat hanya dengan bahan baku tepung tapioka, tepung terigu, udang, telur, garam, gula, dan bumbu. Bumbu yang digunakan hanya sari manis dan tidak ditambahkan bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan lainnya. Kerupuk udang yang dibuat tidak ditambahkan bahan pengawet, hanya pada pengemasan ditambahkan merica untuk mencegah timbulnya belatung.

    Masalah : Dalam masalah produksi ini bahan baku yang utamanya adalah udang. Udang tersebut terkadang sulit mencarinya dan dalam pembuatan harus memiliki ciri-ciri warna yang transparan, tidak berbau dan tidak berlendir. Dapat diketahui bahwa dalam mencari udang ini tidak mudah untuk mendapatkannya. Ada daerah tertentu yang mudah mendapatkan udang tersebut.

    INPUT
    Potensi : Dalam proses pembuatan kerupuk udang ini bahan baku dapat dbawa kepabrik dan di olah kembali untuk produksi selain kerupuk udang. Itu juga dapat memberikan manfaat yang bagus dalam industri pasar.

    Masalah : Dengan adanya pengolahan bahan baku untuk dibuat selain kerupuk udang masalah yang timbul yaitu penambahan bahan baku dan cara untuk dipasarkan. Itu merupakan salah satu masalah dalam sektor input tersebut.

    Kelompok Udang, perlu mencantumkan sumber pustakan online. Selanjutnya, penjelasannya juga harus lebih seksama. Misalnya kalau berbecara tentang potensi udang, yang dapat dijelaskan adalah luas lahan yg dijadikan tambak udang atau potensi laut yg dapat menghasilkan udang. Ini menjadi catatan bagi semua.

    Komentar oleh Ricky Ikhwansyah | Desember 7, 2010 | Balas

  7. Ciri Yang Harus Dimiliki Manajer Kakao.

    Memiliki kemampuan menciptakan dan mengelola agribisnis (kakao) secara mandiri (wirausaha). Memiliki kemampuan menjadi manajer umum maupun fungsional di lini pertama dalam bidang produksi, keuangan, pemasaran, dan personalia pada suatu perusahaan agribisnis
    Sebagai manajer yang harus mengerti dengan kondisi pasar, seorang manajer kakao harus menerapkan Analisis SWOT adalah akronim dari kata Strength, Weakness, Opportunity and Threats. Topik ini bukan hal baru karena mengingatkan kondisi organisasi di masyarakat kaitannya dengan strategi (atas sumberdaya dan manajemen) dan pelaksanaan kegiatan berbasis masyarakat
    “Proses dalam manajemen strategik, meliputi pengenalan apa yang disebut dengan SWOT (mencakup factor eksternal, dan faktor internal), kemudian penentuan strategi alternatif hingga pemilihan strategi yang terkait dengan berbagai faktor pendukung, implementasi hingga capaian tujuan. Pada tahapan implementasi kegiatan monitoring atau evaluasi merupakan hal pokok karena terkait dengan penyediaan informasi feedback untuk strategi lanjutan dan kemungkinan feed forward information”.
    “Organisasi-organisasi yang dibentuk mesti dibayangkan dulu seperti apa tujuan yang hendak dicapai (semacam visi misinya) lalu mulailah memetakan situasi internal dan eksternal yang terkait dengan organisasi. Ini penting bagi LSM dan kelompok-kelompok usaha itu. “Tentu apa yang dimaksudkan adalah organisasi yang asal bentuk tentu tidak akan bertahan lama. Kelompok-kelompok petani kakao itu haruslah dibangun oleh kesadaran kolektif anggotanya. Bukan oleh pihak luar”.
    Saat ini issu ekologi telah memengaruhi kebijakan perusahaan, itulah mengapa ada program “corporate social responsibility” sebagai jawaban atas pengunaan sumberdaya alam oleh beberapa perusahaan terhadap warga di sekitarnya. Pada perkembangan perusahaan kontemporer faktor ekologi atau ekosistem kini masuk menjadi faktor penting karena sejauh ini, aspek menyangkut keseimbangan ekologi dan kaitannya dengan keberlanjutan perusahaan menjadi begitu relevan.
    Pada aspek sosial budaya, perubahan selera masyarakat bisa berdampak kerugian bagi pihak perusahaan. Pelanggan mungkin mencari produk lain yang lebih mahal saat kondisi keuangannya meningkat. Warung atau kios yang selama ini menjadi langganannya tentu ditinggalkan saat mereka mulai menemukan kepuasaan baru dari tempat lain.
    Demikian pula tentang peran pemerintah, tengoklah misalnya, pemerintah mengubah tingkat suku bunga atau katakanlah, pemerintah memberi subsidi (seperti pupuk, alat perkebunan, dll) atau menerapkan “tight money policy”. Semuanya berdampak pada perusahaan atau pelaku usaha. Demikian pula tren perubahan oleh aspek teknologi yang semakin drastis dari masa ke masa. Hal-hal tersebut di atas merupakan contoh, betapa pentingnya mengetahui faktor-faktor berpengaruh yang sedang dihadapi oleh organisasi sebelum menentukan strategi yang akan ditempuh.
    Jika hal-hal tersebut di atas telah dipahami oleh manajer atau pengurus kelompok usaha, maka grand strategi dapat diputuskan dengan memilah berdasarkan bobot (plus bagi yang berdampak positif bagi perusahaan atau yang berdampak negative).
    Pada tingkatan yang lebih tinggi seperti organisasi yang lebih kompleks (dengan orientasi bisnis yang berskala luas) mereka dapat mengkaji faktor-faktor eksternal maupun internal bahkan memberinya skor dan memutuskan akumulasinya sebagai gambaran tindakan yang akan ditempuh atas sumberdaya, budaya dan struktur organisasi. Kita dapat memilih keputusan strategik seperti, ekspansif (grow and build), atau turn around jika terasa stabil, defensive (retrenchment) atau kombinasi diversifikasi (diversifikasi berhubungan / concentric atau tidak berhubungan / conglomerate).

    Sumber :

    http://denung.wordpress.com/2010/01/10/membidik-organisasi-petani-kakao-yang-kuat-dengan-pendekatan-swot/

    Komentar oleh asset winardi | Desember 9, 2010 | Balas

  8. Kelompok 1, Mahasiswa FE Unja Ekstensi
    1. Asset Winardi (ERC1B009025)
    2. Febri Kusuma (ERC1B009038)
    3. Basri (ERC1B009058)
    4. Erick Fabiera (ERC1B009014)
    5. Novriandi (ERC1B009045)
    6. Stella Andelina (ERC1B009017)

    Komoditi yang diamati adalah Kakao (Coklat).

    Ciri Yang Harus Dimiliki Manajer Kakao.

    Memiliki kemampuan menciptakan dan mengelola agribisnis (kakao) secara mandiri (wirausaha). Memiliki kemampuan menjadi manajer umum maupun fungsional di lini pertama dalam bidang produksi, keuangan, pemasaran, dan personalia pada suatu perusahaan agribisnis
    Sebagai manajer yang harus mengerti dengan kondisi pasar, seorang manajer kakao harus menerapkan Analisis SWOT adalah akronim dari kata Strength, Weakness, Opportunity and Threats. Topik ini bukan hal baru karena mengingatkan kondisi organisasi di masyarakat kaitannya dengan strategi (atas sumberdaya dan manajemen) dan pelaksanaan kegiatan berbasis masyarakat
    “Proses dalam manajemen strategik, meliputi pengenalan apa yang disebut dengan SWOT (mencakup factor eksternal, dan faktor internal), kemudian penentuan strategi alternatif hingga pemilihan strategi yang terkait dengan berbagai faktor pendukung, implementasi hingga capaian tujuan. Pada tahapan implementasi kegiatan monitoring atau evaluasi merupakan hal pokok karena terkait dengan penyediaan informasi feedback untuk strategi lanjutan dan kemungkinan feed forward information”.
    “Organisasi-organisasi yang dibentuk mesti dibayangkan dulu seperti apa tujuan yang hendak dicapai (semacam visi misinya) lalu mulailah memetakan situasi internal dan eksternal yang terkait dengan organisasi. Ini penting bagi LSM dan kelompok-kelompok usaha itu. “Tentu apa yang dimaksudkan adalah organisasi yang asal bentuk tentu tidak akan bertahan lama. Kelompok-kelompok petani kakao itu haruslah dibangun oleh kesadaran kolektif anggotanya. Bukan oleh pihak luar”.
    Saat ini issu ekologi telah memengaruhi kebijakan perusahaan, itulah mengapa ada program “corporate social responsibility” sebagai jawaban atas pengunaan sumberdaya alam oleh beberapa perusahaan terhadap warga di sekitarnya. Pada perkembangan perusahaan kontemporer faktor ekologi atau ekosistem kini masuk menjadi faktor penting karena sejauh ini, aspek menyangkut keseimbangan ekologi dan kaitannya dengan keberlanjutan perusahaan menjadi begitu relevan.
    Pada aspek sosial budaya, perubahan selera masyarakat bisa berdampak kerugian bagi pihak perusahaan. Pelanggan mungkin mencari produk lain yang lebih mahal saat kondisi keuangannya meningkat. Warung atau kios yang selama ini menjadi langganannya tentu ditinggalkan saat mereka mulai menemukan kepuasaan baru dari tempat lain.
    Demikian pula tentang peran pemerintah, tengoklah misalnya, pemerintah mengubah tingkat suku bunga atau katakanlah, pemerintah memberi subsidi (seperti pupuk, alat perkebunan, dll) atau menerapkan “tight money policy”. Semuanya berdampak pada perusahaan atau pelaku usaha. Demikian pula tren perubahan oleh aspek teknologi yang semakin drastis dari masa ke masa. Hal-hal tersebut di atas merupakan contoh, betapa pentingnya mengetahui faktor-faktor berpengaruh yang sedang dihadapi oleh organisasi sebelum menentukan strategi yang akan ditempuh.
    Jika hal-hal tersebut di atas telah dipahami oleh manajer atau pengurus kelompok usaha, maka grand strategi dapat diputuskan dengan memilah berdasarkan bobot (plus bagi yang berdampak positif bagi perusahaan atau yang berdampak negative).
    Pada tingkatan yang lebih tinggi seperti organisasi yang lebih kompleks (dengan orientasi bisnis yang berskala luas) mereka dapat mengkaji faktor-faktor eksternal maupun internal bahkan memberinya skor dan memutuskan akumulasinya sebagai gambaran tindakan yang akan ditempuh atas sumberdaya, budaya dan struktur organisasi. Kita dapat memilih keputusan strategik seperti, ekspansif (grow and build), atau turn around jika terasa stabil, defensive (retrenchment) atau kombinasi diversifikasi (diversifikasi berhubungan / concentric atau tidak berhubungan / conglomerate).

    Sumber :

    http://denung.wordpress.com/2010/01/10/membidik-organisasi-petani-kakao-yang-kuat-dengan-pendekatan-swot/

    Komentar oleh asset winardi | Desember 9, 2010 | Balas

  9. salam pak Jo…
    Tugas kelompok 2
    Materi : komoditi karet
    Anggota kelompok :
    -Indah intan sari : (ERCIB009080)
    -Ferry angriawan : (ERCIB009032)
    -Ririn safitri : (ERCIB009034)
    -Putri amalia : (ERCIB009041)
    -Wahyu afero : (ERCIB009013)
    -Mohd.Tommy F : (ERCIB009081)
    -Reynaldo prandita (ERCIB009054)
    Hambatan dalam kegiatan produksi dan bagaimana menejer menyelesaikannya
    Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai produksi dalam perusahaan karet :
    1. Tenaga Kerja
    Permasalahan :Tenaga kerja yaitu jumlah tenaga kerja yang mengelola tanaman karet relative sedikit dan kurang memiliki skil.
    Solusi menejer : merekrut tenaga kerja dan memberikan pelatihan dan pendidikan sesuai dengan bidangnya masing-masing dalam kegiatannya
    2. Luas Lahan
    Permasalahan : Luas lahan yaitu luas lahan yang dipergunakan untuk membudidayakan karet dalam satuan meter persegi (m2)yang kurang cukup
    Solusi menejer : perlunya pelebaran lahan dan pengaturan jarak tanam antar masing-masing bibit
    3. Pupuk
    Permasalahan : Kebutuhan pupuk mulai dari penanaman bibit sampai dengan masa penyadapan, mengalami kesulitan dalam pendistribusian dan tingginya tingkat harga
    Solusi menejer : berusaha untuk menyediakan pupuk sendiri dengan mengkombinasikan pupuk kimia dan pupuk kandang maupun pupuk kompos
    4. Modal
    Permasalahan : Modal yaitu besarnya modal yang diperlukan dalam sekali masa penyadapan yaitu satu tahun
    Solusi menejer : melakukan pinjaman pada bank dan merubah system perusahaan yang tertutup menjadi perusahaan terbuka sehingga para investor dapat menanamkan modal
    Shttp://wordskripsi.blogspot.com/2010/02/faktor-faktor-yang-mempengaruhi_25.htmlumber :

    Hambatan dalam produksi dan pemasaran
    Produktifitas masih rendah yaitu rata-rata 714 kg KKK /ha/th. Hal ini disebabkan antara lain karena sebagian besar bibit yang ditanam bukan berasal dari klon anjuran.
    Luas kebun karet tua hingga tahun 2005 mencapai 130.656 ha atau sekitar 23,45 % dari luas total, sehingga secara ekonomis sudah tidak produktif, sementara kemampuan finasial petani untuk meremajakan secara swadaya sangat rendah.
    – Infrastruktur (jalan produksi) pada perkebunan rakyat belum memadai
    – Kemampuan pemerintah untuk penyediaan bibit dari klon unggul masih sangat terbatas, sehingga apabila akan dilaksanakan peremajaan dalam skala besar, ketersediaan bibit menjadi kendala, dengan demikian perlu pembinaan penangkar dan pengawasan peredaran bibit secara ketat.
    – Masih banyak petani yang memasarkan produknya melalui pedagang perantara, sehingga harga yang diterima petani rendah, ditambah lagi dengan masih rendanya kualitas produk yang dihasilkan.
    – Belum tersedia skim kredit yang dapat dijangkau petani untuk mendanai
    peremajaan
    – SDM petani relatif belum optimal sehingga perlu pemberdayaan yang lebih
    intensif.
    Peningkatan produksi dan produktifitas karet di provinsi Jambi masih sangat mungkin dilakukan baik melalui peremajaan, intensifikasi maupun pengembangan areal baru. Hal ini mengingat peluang- peluang yang dimiliki antara lain kebutuhan akan karet alam akan semakin meningkat pada masa yang akan datang, sementara dari tiga negara penghasil utama karet, hanya Indonesia yang masih berpeluang untuk pengembangan luas areal dan peningkatan produksi. Di Indonesia Provinsi Jambi merupakan salah satu daerah penghasil karet yang utama.
    Cara menejer menyelesaikan permasalahan produksi dan pemasaran
    1. memahami visi dan misi perusahaan dan menjalankannya dengan baik
    2. memahami perkembangan pasar sehingga dapat mengorganisir kegiatan pemasaran
    3. dapat menjalin hubungan baik dengan pemerintah dan para investor
    4. dapat melakukan pendekatan dengan para pekerja
    5. dapat berfikir kedepan dan mampu menerima masukan dari berbagai pihak

    Komentar oleh komoditi karet | Desember 9, 2010 | Balas

  10. Salam pak jo…..
    Komoditi :UDANG
    Anggota :
    1.Dewi Agustina (ERC1B009044)
    2.Dina Angelin (ERC1B0090004)
    3.Lidya Anastasya (ERC1B009020)
    4.Ricky Ikhwansyah (ERC1B009026)
    5.Fredy Fristama (ERC1B0060)
    6.Teddy Setialim (ERC1B009072)
    7.Singgih Pambudi (ERC1B009006)

    PERMASALAHAN UDANG

    1. Teknis Budidaya
    Berbeda dengan memelihara ikan, pemeliharaan udang galah memerlukan lingkungan yang spesifik untuk tempat hidupnya. Kolam perlu didisain dengan dasar dan sedimen yang cocok dan sehat karena udang galah adalah hewan yang merangkak di dasar habitatnya. Kedalaman air, pemberian shelter tempat berlindung udang, sarana caren di dasar kolam, sirkulasi air masuk-keluar harus mendapat perhatian khusus untuk meningkatkan produksi dan kemudahan dalam pemeliharaan. Pemberian pakan yang tepat jumlah, mutu, ukuran dan waktu pemberian seringkali kurang mendapat perhatian khusus dan akibatnya produksi udang tidak sesuai dengan perkiraan sebelumnya. Tahap persiapan kolam dan pemupukan berkala selama pemeliharaan akan sangat membantu dalam efisiensi pemberian pakan, kestabilan kualitas air dan kompetisi dari hewan air lainnya.

    2. Variasi Pertumbuhan Tinggi
    Udang galah mempunyai kekhasan dalam variasi tumbuhnya. Dominasi udang galah yang cepat tumbuh terhadap yang lambat tumbuh merupakan penghambat dalam mengejar produktivitas udang yang akan dipanen. Teknologi seleksi udang pada ukuran tokolan merupakan satu pilihan untuk menghindari masalah tersebut. Udang yang cepat tumbuh dipelihara terpisah dengan udang yang lambat tumbuhnya, sehingga efisiensi pemberian pakan dapat terwujud dan pertumbuhan dapat lebih cepat.

    3. Belum Ada Studi Skala Usaha Optimum
    Sampai saat ini belum dilakukan studi untuk skala usaha optimum bagi budidaya udang galah. Akibatnya pembudidayaan yang dilakukan sifatnya hanya disesuaikan dengan luas lahan. Bagi pembudidaya yang memiliki beberapa buah kolam, besarnya keuntungan yang diperoleh tergantung pula pada manajemen pengelolaan kolam yang dimilikinya
    Sebagian besar kegiatan budidaya tambak di Kalimantan Selatan diusahakan untuk menghasilkan komoditi Udang, sebagai sasaran produksinya dari jenis/species Udang Windu (Paneus monodon). Hal ini terkait dengan pasar dan nilai ekonomis yang tinggi baik di pasaran dalam negeri maupun luar negeri, disamping penguasaan teknologi mulai dari tahap pembenihan sampai dengan pembesarannya sudah dapat diterapkan oleh petambak/ pengusaha hatchery. Di Kalimantan Selatan produksi udang galah sebagian besar hanya mengandalkan dari kegiatan penangkapan di perairan umum terutama sungai, sedangkan dari kegiatan budidaya masih sangat kurang. Salah satu upaya mengantisipasi kegiatan penangkapan tersebut, perlu dilakukan usaha-usaha peningkatan hasil produksi dengan berbagai macam teknis budidaya yang tentunya diperlukan ketersediaan sarana produksi (agro input) yang memadai, diantaranya ketersediaan pakan yang bermutu.
    Kemudian untuk data – data statistik mengenai jumlah produksi udang galah untuk wilayah Kalimantan Selatan untuk data 1 (satu) dasawarsa oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalsel belum terekam secara terperinci mengenai data jumlah produksi tersebut sehingga membuat penulis kesulitan untuk menuangkannya ke dalam tulisan ilmiah ini.

    Masalah yang dihadapi oleh sebagian besar pembudidaya udang galah dalam memasarkan produknya antara lain adalah produk belum standar dalam hal jenis dan ukuran; serta kondisi fisik dari produk belum memenuhi persyaratan mutu. Dengan masih adanya masalah tersebut, pengumpul sebagai pembeli produk kadang-kadang kecewa dengan hasil panen yang dibeli karena tidak sesuai dengan klasifikasi udang yang diinginkan.
    Demikian pula, belum dikuasainya teknologi pasca panen dan kurangnya peralatan pengemasan dan transportasi untuk pengiriman jarak jauh, menyebabkan jangkauan pemasaran hasil produk masih terbatas atau hanya berorientasi lokal. Namun demikian, diperoleh informasi bahwa Puslit Limnologi LIPI Bogor telah berusaha menciptakan alat transportasi darat berupa mobil pick-up berkapasitas 50 kg yang dilengkapi dengan aerator dan mampu digunakan untuk memindahkan udang dalam jangka waktu sampai dengan 12 jam.
    Untuk ekspor, masalah yang dihadapi adalah belum terjaminnya kesinambungan pasokan; belum terpenuhinya ukuran udang galah ekspor yaitu udang berukuran super; dan belum terpenuhinya persyaratan mutu sebagai komoditas ekspor, khususnya baku mutu kandungan bakteri, kandungan logam berat dan residu antibiotik.

    ciri-ciri manajer yaitu:
    a. adanya kerja sama yang baik antara pemrintah dan investor yang memiliki komiditi tersebut.
    b.Mengembangkan hubungan aman dengan manajemen tingkat lebih tinggi.
    c.Melakukan berbagai cara untuk mendekati para pekerja agar terjadi hubungan yang baik

    http://idiannormahyudin.blogspot.com/2009/06/permasalahan-udang-galah-di-kalimantan.html

    http://rajapresentasi.com/2009/03/ciri-perilaku-manajer-yang-tidak-kompeten/

    Komentar oleh Ricky Ikhwansyah | Desember 10, 2010 | Balas

  11. Salam SUPER Pak Jo
    Tugas Kelompok 3
    Komoditi : KELAPA

    Anggota Kelompok :
    Novita Sari Simanjuntak ( ERC1B009039 )
    Marissa Husna ( ERC1B009015 )
    Marhamah ( ERC1B009061 )
    Devi Rolasni Gultom ( ERC1B009024 )
    Arisonang Rangkuti ( ERC1B009008 )

    LUAS AREAL TANAMAN KELAPA
    Indonesia merupakan negara yang memiliki lahan tanaman kelapa terbesar di dunia dengan luas areal 3,88 juta hektar (97% merupakan perkebunan rakyat), memproduksi kelapa 3,2 juta ton setara kopra.
    Selama 34 tahun, luas tanaman kelapa meningkat dari 1,66 juta hektar pada tahun 1969 menjadi 3,89 juta hektar pada tahun 2005. Meskipun luas areal meningkat, namun produktivitas pertanaman denderung semakin menurun (tahun 2001 rata-rata 1,3 ton /Ha, tahun 2005 rata-rata 0,7 ton/Ha).
    Perkebunan kelapa rakyat dicirikan memiliki lahan yang sempit, pemeliharaan seadanya atau tidak sama sekali dan tidak pada skala komersial.

    ANALISIS SWOT
    Kekuatan
    • Indonesia merupakan produsen kelapa terbesar di dunia, dengan areal tanaman sekitar 3,88 juta ha dan produksi tahun 2005 sekitar 3,2 juta ton setara kopra
    • Kelapa dapat tumbuh hampir diseluruh wilayah Indonesia, karena tidak membutuhkan persyaratan khusus untuk tumbuhnya
    • Banyak produk industri yang dapat dihasilkan dari pengolahan kelapa, antara lain : cocochemical, cocofiber, minyak goreng kelapa, desiccated coconut, nata decoco, arang aktif, dll.
    • Tersedianya banyak tenaga kerja, baik untuk sektor perkebunan maupun sektor industrinya

    Kelemahan
    • Perkebunan kelapa sebagian besar merupakan perkebunan rakyat dengan penguasaan lahan relatif kecil rata-rata 0,5 hektar per keluarga petani, dengan produktivitas sangat rendah
    • Sepertiga tanaman kelapa di Indonesia dalam kondisi tua dan tidak produktif
    • Diversifikasi produk dengan nilai tambah tinggi kurang berkembang

    Peluang
    • Permintaan terhadap produk-produk berbasis kelapa, baik di pasar domestik maupun dunia masih cukup prospektif
    • Permintaan (demand) terhadap produk-produk kelapa olahan dengan nilai tambah tinggi terus meningkat
    • Adanya upaya yang terus menerus untuk melakukan penelitian dalam rangka diversifikasi dan pengembangan produk-produk berbasis kelapa

    Tantangan
    • Persaingan dengan produk vegetable oil lainnya, terutama minyak kelapa sawit.
    • Banyak pohon kelapa sudah berusia tua (tidak produktif), tetapi replantasi berjalan tersendat/lamban, bahkan banyak perkebunan kelapa yang beralih fungsi.
    • Saingan dengan Philipina yang lebih dahulu mengembangkan industri berbasis kelapa.
    • Penguasaan pasar oleh MNC menyulitkan pemasaran turunan kelapa.

    Sumber : http://iak.kemenperin.go.id/edocument/ROADMAP KELAPA.pdf

    Komentar oleh Novita Sari Simanjuntak | Desember 21, 2010 | Balas

  12. Salam pak Jo…
    Tugas ke 3
    kelompok 2
    Materi : komoditi karet
    Anggota kelompok :
    -Indah intan sari : (ERCIB009080)
    -Ferry angriawan : (ERCIB009032)
    -Ririn safitri : (ERCIB009034)
    -Putri amalia : (ERCIB009041)
    -Wahyu afero : (ERCIB009013)
    -Mohd.Tommy F : (ERCIB009081)
    -Reynaldo prandita (ERCIB009054)

    Luas area perkebunan karet

    Sejumlah lokasi di Indonesia memiliki keadaan yang cocok untuk pertanaman karet,sebagian besar berada di wilayah sumatera dan kalimantan.luas area perkebunan karet dari tahun ke tahun tercatat mengalami peningkatan secara signifikan. Pada thn 2010 tercatat 3.4 ha area di seluruh wilayah Indonesia.diantaranya 85 % merupakan perkebunan milik rakyat,dan 7 % perkebunan besar negara serta 8 % perkebunan besar milik swasta. Berikut data perkembangan luas area perkebunan karet dari tahun 1968 sampai thn 2010

    TAHUN / Year PR / Smallholders PBN / Government PBS / Private Jumlah / Total
    1968 1,689,707 228,33 290,69 2,208,727

    1969 1,771,367 221,48 294,062 2,286,909

    1970 1,813,123 223,574 280,59 2,317,287

    1971 1,811,277 221,443 306,901 2,339,621

    1972 1,840,475 197,43 305,864 2,343,769

    1973 1,856,587 216,292 275,063 2,347,942

    1974 1,872,752 197,209 259,12 2,329,081

    1975 1,864,216 201,787 254,74 2,320,743

    1976 1,857,088 196,991 251,619 2,305,698

    1977 1,864,913 189,707 236,409 2,291,029

    1978 1,870,593 188,599 253,263 2,312,455

    1979 1,926,240 187,04 270,742 2,384,022

    1980 1,947,091 190,339 246,375 2,383,805

    1981 1,994,196 202,295 243,63 2,440,121

    1982 2,035,762 205,663 242,497 2,483,922

    1983 2,117,876 223,58 236,544 2,578,000

    1984 2,235,737 241,186 234,295 2,711,218

    1985 2,284,077 260,518 230,669 2,775,264

    1986 2,366,214 272,834 234,536 2,873,584

    1987 2,362,410 258,443 229,105 2,849,958

    1988 2,462,321 256,4 225,603 2,944,324

    1989 2,555,430 266,985 233,545 3,055,960

    1990 2,639,435 267,205 234,969 3,141,609

    1991 2,667,908 263,568 242,44 3,173,916

    1992 2,747,701 267,337 274,182 3,289,220

    1993 2,846,540 276,741 281,742 3,405,023

    1994 2,892,994 280,543 298,842 3,472,379

    1995 2,952,684 248,393 294,824 3,495,901

    1996 2,978,507 246,246 293,688 3,518,441

    1997 2,957,538 226,839 290,025 3,474,402

    1998 3,082,330 229,809 295,156 3,607,295

    1999 3,086,543 218,344 290,173 3,595,060

    2000 2,882,795 212,617 277,009 3,372,421

    2001 2,838,421 221,876 284,47 3,344,767

    2002 2,825,476 221,228 271,655 3,318,359

    2003 2,772,490 241,625 275,997 3,290,112

    2004 2,747,899 239,118 275,25 3,262,267

    2005 2,767,021 237,612 274,758 3,279,391

    2006 2,832,982 238,003 275,442 3,346,427

    2007 2,899,679 238,246 275,792 3,413,717

    2008 2,910,208 238,21 275,799 3,424,217

    2009*) 291,396 238,161 275,86 805,417

    2010**) 2,936,181 235,922 273,214 3,445,317

    C. Analisis SWOT

    1. Analisis SWOT Usahatani Pembibitan Karet
    a. Analisis Faktor Internal Usahatani Pembibitan Karet
    a. 1. Faktor Kekuatan (Strengths), yaitu menganalisis variabel-variabel kekuatan yang
    dimiliki oleh petani dalam pemasaran bibit karet klon PB 260. Adapun variabel
    kekuatan tersebut adalah :
    a. Informasi pasar tersedia
    Secara umum, petani penangkar bibit karet tidak mengalami kesulitan ataupun
    merasa kurang dalam mendapatkan informasi mengenai pasar, terutama mengenai
    harga dari sarana produksi penunjang pembibitan karet seperti pupuk, herbisida,
    alat-alat pertanian serta harga jual dari bibit karet. Hasil analisis pada variabel ini
    didapatkan nilai bobot sebesar 0,106 dan nilai ratingnya 3, artinya adalah
    tersedianya informasi pasar mengenai bibit karet mempunyai pengaruh yang baik
    dan penting.
    b. Luas lahan yang cukup tersedia
    Para petani merasakan lahan yang mereka miliki saat ini belum mencukupi,
    mengingat meningkatnya permintaan akan bibit karet maka dengan luas lahan
    yang mereka miliki masih kurang. Hasil analisis pada variabel ini didapatkan nilai
    bobot sebesar 0,127 dan nilai ratingnya 1, artinya adalah variabel ini dirasakan
    tidak begitu baik pengaruhnya bagi petani penangkar bibit karet
    c. Banyak menyerap tenaga kerja
    Penyerapan tenaga kerja yang lumayan besar terjadi disaat mengolah lahan
    pembibitan mulai dari penebangan hingga pembakaran. Selanjutnya terjadi di
    waktu penanaman dan pengokulasian. Hasil analisis pada variabel ini didapatkan
    nilai bobot sebesar 0,098 dan nilai ratingnya 2, artinya adalah banyak menyerap
    tenaga kerja tersebut dirasakan cukup baik pengaruhnya demi kemajuan dan
    pengembangan usahatani pembibitan karet.
    d. Pengalaman dalam usaha pembibitan karet
    Di dua kelompok tersebut, masing-masing kelompok memiliki ketua kelompok
    yang cukup berpengalaman dalam usahatani pembibitan. Hasil analisis pada
    variabel ini didapatkan nilai bobot sebesar 0,139 dan nilai ratingnya 3, artinya
    adalah variabel ini dirasakan memiliki pengaruh yang cukup baik terhadap
    produktivitas petani penangkar.

    e. Kualitas bibit yang dijual baik
    Di kedua kelompok pembibitan karet tersebut telah menghasilkan bibit klon PB
    260 dengan kualitas yang baik, karena sebelum pengiriman bibit kepada
    konsumen, bibit-bibit tersebut telah disortir terlebih dahulu untuk menghindari
    pemasaran bibit yang rusak dan tidak berkualitas. Hasil analisis pada variabel ini
    didapatkan nilai bobot sebesar 0,114 dan nilai ratingnya 3, artinya variabel ini
    mempunyai pengaruh yang baik bagi usaha pembibitan karet klon unggul dan
    mempengaruhi pula dalam peningkatan jumlah permintaan konsumen akan bibit
    karet.
    a.2. Faktor Kelemahan (Weakness), yaitu menganalisis variabel-variabel kelemahan
    yang mempengaruhi petani penangkar bibit dalam pemasaran bibit karet klon unggul.
    Adapun variabel kelemahan tersebut, yaitu :
    a. Terbatasnya sarana dan prasarana produksi
    Hasil penelitian terhadap variabel ini didapatkan nilai bobot sebesar 0,114 dan
    nilai ratingnya 3, artinya adalah variabel ini mempunyai pengaruh yang cukup
    jelek bagi usaha pembibitan karet dan mempengaruhi kelancaran produksi bibit
    karet klon unggul.
    b. Modal kerja terbatas
    Hasil analisis pada variabel ini didapatkan nilai bobot sebesar 0,098 dan nilai
    ratingnya 2, artinya adalah variabel ini memberikan pengaruh yang jelek bagi
    petani penangkar bibit karet, yaitu dalam berproduksi bibit karet yang lebih
    berkualitas.
    c. Manajemen usahatani pembibitan masih sederhana
    Masih sederhananya manajemen usahatani pembibitan tersebut membuat petani
    kesulitan dalam menghitung jumlah input produksi yang masuk, maupun jumlah
    bibit yang telah keluar, sehingga petani belum dapat menghitung pendapatanbersih yang mereka terima. Dari hasil penelitian terhadap variabel ini didapatkan
    nilai bobot sebesar 0,098 dan nilai ratingnya 2, artinya adalah manajemen
    usahatani pembibitan yang masih sederhana ini memberikan pengaruh yang jelek
    bagi para petani penangkar bibit karet
    d. Teknik pembibitan masih sederhana
    Saat ini para petani penangkar bibit masih belum terlalu memperhatikan
    kesesuaian teknik pembibitan. Dari hasil penelitian terhadap variabel ini
    didapatkan nilai bobot sebesar 0,106 dan nilai rating sebesar 3, artinya adalah
    teknik pembibitan yang masih sederhana akan memberikan pengaruh yang cukup
    jelek terhadap jumlah produksi bibit karet yang mampu dihasilkan oleh petani
    penangkar bibit.
    Analisis Faktor Eksternal Usahatani Pembibitan Karet
    1. Faktor Peluang (Opportunities), yaitu menganalisis variabel-variabel peluang
    ng dimiliki oleh petani penangkar bibit karet klon PB 260. Adapun variabel peluang
    rsebut adalah :
    a. Lingkungan alam yang mendukung dalam pengembangan usaha
    Desa Mait Hilir dan Desa Maringin Jaya memiliki kondisi alam yang cukup baik
    untuk pengembangan usahatani pembibitan. Dari hasil penelitian, untuk variabel
    ini diperoleh nilai bobot sebesar 0,123 dan nilai ratingnya 3, artinya adalah
    lingkungan alam daerah Mait Hilir memiliki pengaruh yang baik terhadap
    pengembangan usaha pembibitan karet klon unggul.
    b. Kemajuan teknologi, informasi, transportasi dan komunikasi
    Teknologi, informasi dan transportasi di dua desa tersebut telah cukup maju,
    sehingga petani penangkar bibit karet klon unggul dapat dengan mudah
    memperoleh informasi penting untuk memajukan usahatani pembibitan karet yang
    mereka miliki. Dari hasil penelitian terhadap variabel ini didapatkan nilai bobot
    sebesar 0,109 dan nilai ratingnya 3, artinya adalah variabel ini memberikan
    pengaruh yang baik bagi petani dalam mengembangkan usahanya.
    c. Adanya pasokan dan informasi bibit baru dari klon unggul
    Dari hasil penelitian terhadap variabel ini didapatkan nilai bobot sebesar 0,100
    dan nilai ratingnya 3, artinya adalah variabel ini memberikan pengaruh yang baik
    bagi petani mengenai adanya pasokan dan informasi bibit karet baru dari klon
    yang unggul.
    d. Kesadaran masyarakat dalam menggunakan bibit baru dari klon anjuran
    Peningkatan kesadaran masyarakat untuk menggunakan klon anjuran membuka
    peluang bagi petani penangkar bibit karet untuk mengusahakan pembibitan karet
    klon unggul, terutama klon PB 260. Hasil analisis pada variabel ini didapatkan
    nilai bobot sebesar 0,136 dan nilai ratingnya 3, artinya adalah variabel ini
    dirasakan baik pengaruhnya bagi petani penangkar bibit karet klon unggul
    sehingga mereka dapat memproduksi bibit lebih banyak.

    e. Kebijakan pemerintah akan gerakan karet nasional
    pemerintah menghimbau kepada masyarakat terutama masyarakat di
    daerah Sanggau ataupun Sintang untuk menanam tanaman karet di perkebunan
    jelek terhadap jumlah produksi bibit karet yang mampu dihasilkan oleh petani
    penangkar bibit.
    b. Analisis Faktor Eksternal Usahatani Pembibitan Karet
    b.1. Faktor Peluang (Opportunities), yaitu menganalisis variabel-variabel peluang
    yang dimiliki oleh petani penangkar bibit karet klon PB 260. Adapun variabel peluang
    tersebut adalah :
    a. Lingkungan alam yang mendukung dalam pengembangan usaha
    Desa Mait Hilir dan Desa Maringin Jaya memiliki kondisi alam yang cukup baik
    untuk pengembangan usahatani pembibitan. Dari hasil penelitian, untuk variabel
    ini diperoleh nilai bobot sebesar 0,123 dan nilai ratingnya 3, artinya adalah
    lingkungan alam daerah Mait Hilir memiliki pengaruh yang baik terhadap
    pengembangan usaha pembibitan karet klon unggul.
    b. Kemajuan teknologi, informasi, transportasi dan komunikasi
    Teknologi, informasi dan transportasi di dua desa tersebut telah cukup maju,
    sehingga petani penangkar bibit karet klon unggul dapat dengan mudah
    memperoleh informasi penting untuk memajukan usahatani pembibitan karet yang
    mereka miliki. Dari hasil penelitian terhadap variabel ini didapatkan nilai bobot
    sebesar 0,109 dan nilai ratingnya 3, artinya adalah variabel ini memberikan
    pengaruh yang baik bagi petani dalam mengembangkan usahanya.
    c. Adanya pasokan dan informasi bibit baru dari klon unggul
    Dari hasil penelitian terhadap variabel ini didapatkan nilai bobot sebesar 0,100
    dan nilai ratingnya 3, artinya adalah variabel ini memberikan pengaruh yang baik
    bagi petani mengenai adanya pasokan dan informasi bibit karet baru dari klon
    yang unggul.
    d. Kesadaran masyarakat dalam menggunakan bibit baru dari klon anjuran
    Peningkatan kesadaran masyarakat untuk menggunakan klon anjuran membuka
    peluang bagi petani penangkar bibit karet untuk mengusahakan pembibitan karet
    klon unggul, terutama klon PB 260. Hasil analisis pada variabel ini didapatkan
    nilai bobot sebesar 0,136 dan nilai ratingnya 3, artinya adalah variabel ini
    dirasakan baik pengaruhnya bagi petani penangkar bibit karet klon unggul
    sehingga mereka dapat memproduksi bibit lebih banyak.
    e. Kebijakan pemerintah akan gerakan karet nasional
    pemerintah menghimbau kepada masyarakat terutama masyarakat di
    daerah Sanggau ataupun Sintang untuk menanam tanaman karet di perkebunan
    mereka. Hasil analisis dari variabel ini didapatkan nilai bobot sebesar 0,155 dan
    nilai ratingnya 3, artinya adalah variabel ini dirasakan memiliki pengaruh yang
    baik bagi petani penangkar bibit karet dalam peningkatan produktivitas usahatani
    pembibitan karet mereka.
    b.2. Faktor Ancaman (Threats), yaitu menganalisis variabel-variabel ancaman yang
    dimiliki oleh petani penangkar bibit dalam usaha pembibitan karet. Adapun variabel
    ancaman tersebut adalah :
    a. Serangan hama dan penyakit
    Dari hasil penelitian, variabel ini memiliki nilai bobot sebesar 0,073 dan nilai
    ratingnya sebesar 3, artinya adalah variabel ini berpengaruh cukup jelek terhadap
    produktivitas bibit karet yang diusahakan oleh petani. Serangan hama dan
    penyakit yang paling dirasakan oleh petani penangkar bibit karet klon PB 260
    adalah serangan penyakit gugur daun yang menyebabkan bibit karet dapat menjadi
    mati.
    b. Kenaikan biaya produksi
    Kenaikan biaya produksi yang dirasakan oleh petani penangkar bibit karet
    klon PB 260 adalah harga bahan penunjang seperti pupuk dan obat-obatan. Dari
    hasil penelitian terhadap variabel ini didapatkan nilai bobot sebesar 0,131 dan
    nilai ratingnya sebesar 2, artinya variabel ini memberikan pengaruh yang jelek
    bagi petani penangkar bibit karet klon PB 260.
    c. Harga produk relatif murah
    Secara umum, harga bibit karet klon unggul yang berkisar antara Rp.700-Rp.1000
    dirasakan oleh petani penangkar bibit karet masih cukup rendah. Dari hasil
    penelitian terhadap variabel ini didapatkan nilai bobot sebesar 0,100 dan nilai jelek bagi petani penangkar bibit karet klon PB 260.
    d. Pertumbuhan ekonomi yang rendah
    Kelesuan perekonomian tersebut merupakan ancaman yang cukup berarti bagi
    usaha pembibitan karet, karena masyarakat cenderung untuk tidak melakukan
    usaha budidaya karet klon yang baru dan lebih mengutamakan mengusahakan
    (mengelola) kebun karet yang sudah ada. Dari hasil penelitian terhadap variabel
    ini didapatkan nilai bobot sebesar 0,073 dan nilai ratingnya sebesar 3, artinya
    ratingnya sebesar 1, artinya adalah variabel ini memberikan pengaruh yang sangat
    adalah variabel ini memberikan pengaruh yang cukup jelek bagi petani penangkar
    bibit karet klon PB 260.

    Referensi :
    -http://ditjenbun.deptan.go.id/cigraph/index.php/viewstat/komoditiutama/2-Karet
    -http://www.scribd.com/doc/44438690/41973529-Roadmap-Karet

    Komentar oleh komoditi karet | Desember 23, 2010 | Balas

  13. salam pak jo :)
    tugas.3
    klompok.4:
    1.Putri wulandari (ERC1B009019)
    2.Tri wahyuni (ERC1B009018)
    3.Puspa puspita (ERC1B009059)
    4.Dewi Christina (ERC1B009027)
    5.Berta morisca (ERC1B009067)
    6.Ponco sutanoto (ERC1B009002)
    7.Hari setiawan (ERC1B009011)

    Komoditi: kelapa sawit

    Luas area kelapa sawit

    Sektor minyak kelapa sawit Indonesia mengalami perkembangan yang
    berarti, hal ini terlihat dari total luas areal perkebunan kelapa
    sawit yang terus bertambah yaitu menjadi 7,3 juta hektar pada 2009
    dari 7,0 juta hektar pada 2008. Sedangkan produksi minyak sawit (crude
    palm oil/CPO) terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dari
    19,2 juta ton pada 2008 meningkat menjadi 19,4 juta ton pada 2009.
    Sementara total ekspornya juga meningkat, pada 2008 tercatat sebesar
    18,1 juta ton kemudian menjadi 14,9 juta ton sampai dengan September
    2009.
    Sampai saat ini Indonesia masih menempati posisi teratas sebagai
    negara produsen minyak kelapa sawit (CPO) terbesar dunia, dengan
    produksi sebesar 19,4 juta ton pada 2009. Dari total produksi tersebut
    diperkirakan hanya sekitar 25% sekitar 4,8 juta ton yang dikonsumsi
    oleh pasar domestik. Sehingga sebagai penghasil CPO terbesar di
    dunia, Indonesia terus mengembangkan pasar ekspor baru untuk
    memasarkan produksinya.
    Menurut data Ditjen Perkebunan, areal perkebunan kelapa sawit tersebar
    di 17 provinsi meliputi wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi,
    Maluku dan Papua. Tahun 2005 wilayah Sumatera merupakan yang terbesar
    yaitu sebesar 4.280.094 ha atau 76,46% dari total areal perkebunan
    kelapa sawit nasional. Di wilayah ini provinsi Riau tercatat memiliki
    areal terbesar yaitu 1.383.477 ha dan selanjutnya diikuti provinsi
    Sumatera Utara seluas 964.257 ha.
    Wilayah lainnya yang juga memiliki areal perkebunan kelapa sawit cukup
    besar adalah Kalimantan seluas 1.108.288 ha (19,80%). Dengan luas
    areal perkebunan kelapa sawit sebesar 466.901 ha berada di provinsi
    Kalimantan Barat yang tercatat sebagai yang terbesar di Kalimantan,
    kemudian disusul oleh Kalimantan Tengah seluas 269.043 ha.
    Sedangkan di P. Jawa wilayah luas perkebunan kelapa sawitnya sangat
    terbatas yaitu hanya 26.046 ha atau 0,46% dari total areal nasional.
    Lokasi perkebunan sawit di wilayah Jawa hanya terdapat provinsi Jawa
    Barat dan Banten.
    Sumber: http://www.datacon.co.id/CPO1-2009Sawit.html

    Analisis SWOT

    Kelapa Sawit Analisis SWOT :
    Kekuatan: Minyak kelapa sawit dapat digunakan sebagai biodiesel, yang
    dapat menggantikan mencemari sumber bahan bakar. Palm Oil Analisis
    Perdagangan : Sebuah survei investor menguntungkan berarti minyak
    sawit dapat meningkatkan harga dalam jangka panjang.
    Sumber: http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.wikiwealth.com/commodity:palm-oil

    Komentar oleh putri.w | Januari 5, 2011 | Balas

  14. Kelompok 4
    Nama anggota:
    1.Putri Wulandari(ERC1B009019)
    2.Triwahyuni (ERC1B009018)
    3.Berha Morischa(ERC1B009067)
    4.Dewi Christina (ERC1B009027)
    5.Puspa Puspita (ERC1B009056)
    6.Ponco Sutanoto(ERC1B009002)
    7.Hari Setiawan (ERC1B009011)

    Ciri-ciri manaer yang cocok untuk komoditi kelapa sawit
    1. Jujur, kejujuran lebih sering dipilih dibandingkan dengan ciri khas kepemimpinan apapun lainnya. Ini secara konsisten muncul sebagai suatu unsur yang paling penting dalam hubungan pemimpin-peserta. orang itu layak mendapatkan kepercayaan kita. Konsistensi antara kata-kata dan perbuatan merupakan sarana yang kita pergunakan untuk menilai apakah seseorang jujur.
    2. Memandang ke Depan
    pemimpin harus tahu kemana mereka akan pergi kalau ingin mengharapkan orang lain bersedia bergabung dengan mereka dalam perjalanan.
    Dengan kemampuan memandang ke depan, yang dimaksudkan orang bukanlah kekuatan ajaib untuk bisa meramalkan masa depan yang luar biasa. Realita jauh lebih berpijak di bumi: kemampuan menetapkan atau memilih tujuan yang diinginkan yang seharusnya dikejar oleh jemaat atau organisasi.
    3. Memberikan Inspirasi
    Kita juga mengharapkan pemimpin kita antusias, penuh semangat, dan positif tentang masa depan. Kita mengharapkan mereka bisa memberikan inspirasi. Tidak cukup seorang pemimpin untuk punya impian tentang masa depan. Seorang pemimpin harus bisa menyampaikan wawasan dengan cara yang mendorong kita untuk bisa bertahan dan bertindak.
    4. Cakap
    Supaya bisa mengajak orang dalam perjuangan orang lain, kita harus berkeyakinan bahwa orang itu cakap membimbing kita ke tempat yang kita tuju. Kita harus melihat pemimpin cakap dan efektif. Kata orang: kita tidak bisa memberikan kepercayaan dan diri kita kepada orang yang tidak punya catatan keberhasilan.
    Kecakapan yang dimaksud bukanlah dalam arti serba bisa. Tetapi seorang pemimpin harus cakap di bidang mana dia memimpin. Misalnya seharusnya seksi olahraga lebih cakap dalam menjelaskan masalah olah raga dibandingkan seksi kerohanian.
    Sumber: http://elqorni.wordpress.com/2009/04/03/ciri-ciri-dan-karakteristik-pemimpin/

    Komentar oleh Triwahyuni | Januari 10, 2011 | Balas

  15. Kelompok 4
    Nama anggota:
    1.Putri Wulandari(ERC1B009019)
    2.Triwahyuni (ERC1B009018)
    3.Berha Morischa(ERC1B009067)
    4.Dewi Christina (ERC1B009027)
    5.Puspa Puspita (ERC1B009059)
    6.Ponco Sutanoto(ERC1B009002)
    7.Hari Setiawan (ERC1B009011)

    Ciri-ciri manaer yang cocok untuk komoditi kelapa sawit
    1. Jujur, kejujuran lebih sering dipilih dibandingkan dengan ciri khas kepemimpinan apapun lainnya. Ini secara konsisten muncul sebagai suatu unsur yang paling penting dalam hubungan pemimpin-peserta. orang itu layak mendapatkan kepercayaan kita. Konsistensi antara kata-kata dan perbuatan merupakan sarana yang kita pergunakan untuk menilai apakah seseorang jujur.
    2. Memandang ke Depan
    pemimpin harus tahu kemana mereka akan pergi kalau ingin mengharapkan orang lain bersedia bergabung dengan mereka dalam perjalanan.
    Dengan kemampuan memandang ke depan, yang dimaksudkan orang bukanlah kekuatan ajaib untuk bisa meramalkan masa depan yang luar biasa. Realita jauh lebih berpijak di bumi: kemampuan menetapkan atau memilih tujuan yang diinginkan yang seharusnya dikejar oleh jemaat atau organisasi.
    3. Memberikan Inspirasi
    Kita juga mengharapkan pemimpin kita antusias, penuh semangat, dan positif tentang masa depan. Kita mengharapkan mereka bisa memberikan inspirasi. Tidak cukup seorang pemimpin untuk punya impian tentang masa depan. Seorang pemimpin harus bisa menyampaikan wawasan dengan cara yang mendorong kita untuk bisa bertahan dan bertindak.
    4. Cakap
    Supaya bisa mengajak orang dalam perjuangan orang lain, kita harus berkeyakinan bahwa orang itu cakap membimbing kita ke tempat yang kita tuju. Kita harus melihat pemimpin cakap dan efektif. Kata orang: kita tidak bisa memberikan kepercayaan dan diri kita kepada orang yang tidak punya catatan keberhasilan.
    Kecakapan yang dimaksud bukanlah dalam arti serba bisa. Tetapi seorang pemimpin harus cakap di bidang mana dia memimpin. Misalnya seharusnya seksi olahraga lebih cakap dalam menjelaskan masalah olah raga dibandingkan seksi kerohanian.
    Sumber: http://elqorni.wordpress.com/2009/04/03/ciri-ciri-dan-karakteristik-pemimpin/

    Komentar oleh Triwahyuni | Januari 10, 2011 | Balas

  16. Tugas Individu
    Nama : Arisonang Rangkuti (ERC1B009008)
    Produk : air kelapa muda
    Generik : Unsur yang terdapat dalam air kelapa adalah karbon, nitrogen, dan mineral.
    Expected : air kelapa muda tidak membahayakan bagi banyak penderita penyakit.
    Value added : dengan mengkonsumsi air kelapa muda dapat mengurangi konsumsi minuman lain.
    Potential : Air kelapa baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena diyakini dapat membuat kulit jabang
    bayi menjadi putih dan bersih, dapat mengembalikan ion tubuh sehingga setelah
    mengkonsumsi air kelapa muda tubuh kembali segar, dapat membuat kulit menjadi
    halus.
    Permasalahan penting yaitu kualitas dan peran sektor jasa dalam operasional air kelapa muda
    Permasalahan Kualitas : Dalam memproses air kelapa muda menjadi makanan seperti nata de coco memang sering sekali kualitas air kelapa muda yang digunakan kurang baik maka masalah yang timbul dari penggunaan air kelapa muda yang kurang baik ini menyebabkan hasil produksi nata de coco mudah kadaluarsa atau tidak layak konsumsi lagi.
    Solusi : Solusi untuk masalah kualitas air kelapa muda yang akan digunakan adalah bagaimana sektor industri nata de coco tersebut untuk sadar menggunakan air kelapa muda yang berkualitas baik atau sesuai standar selain itu perlunya tim pengawas atau tim uji yang siap menguji bahan baku pembuatan nata de coco tersebut apakah layak atau tidak untuk menghindari lolosnya air kelapa muda yang tidak layak konsumsi terproduksi menjadi nata de coco yang tentunya akan merugikan konsumen nantinya.

    Permasalahan peran sektor jasa : peran sektor jasa sangatlah penting dalam pencapaian tujuan pemasaran produk nata de coco atau hasil produksi air kelapa muda lainnya kepada konsumen. Namun pada kenyataannya peran sektor jasa dalam penyampaian kepada konsumen sangatlah rendah, ini terlihat dari sedikitnya iklan yang digunakan oleh perusahaan (produsen) air kelapa muda untuk mempromosikan produknya kepada masyarakat dengan memperkenalkan nilai dari air kelapa muda ini seperti pengenalan mulai dari Generic product, Expected product, Value added product, dan Potential produk dari air kelapa muda ini kurang di tambahkan agar konsumen lebih yakin untuk mengkonsumsi produk yang dihasilkan misal : air berisotonic, makanan nata de coco dan makanan maupun minuman yang mengandung air kelapa muda lainnya.
    Solusi : peran sektor jasa yang begitu penting dalam pencapaian tujuan pemasaran. Untuk mengaktifkan peran sektor jasa yang maksimal khususnya dalam pengenalan produk air kelapa muda baiknya disertai dengan pengenalan nilai dari air kelapa muda tersebut mulai dari nilai generic product, Expected product, value added product, dan potential product kepada konsumen, agar mereka lebih yakin untuk membeli produk yang ditawarkan kepada mereka.

    SUMBER ONLINE :

    http://hatifriend.blogspot.com/2009/07/manfaat-air-kelapa-muda-untuk-kesehatan.html

    http://www.bi.go.id/sipuk/id/?id=4&no=52302&idrb=46501

    Komentar oleh Arisonang Rangkuti | Januari 11, 2011 | Balas

  17. Salam Pak jo :D
    Tugas Individu
    Komodity: Apel
    Nama: Marhamah
    Nim: ERC1B009061

    1.GENERIC PRODUCT
    seseorang pengusaha agribisnis komodity apel misalnya menyadari bahwa pelanggannya sama seperti pelanggan penjual apel pd umumny,tdk ad tambahan yg diberikan pd komodity tersebut
    Contohnya: Apel biasanya di gunakan untuk pencuci mulut atau buah-buahan yg enak untuk dimakan
    EXPECTED PRODUCT
    pengusaha apel tlah menambahkan sesuatu yg dianggap memenuhi kebutuhan pelanggan.
    Contohny: Apel bisa di jadikan pengganti nasi untuk makan karna dpt mengenyangkan perut
    VALUE ADD PRODUCT
    pemasaran mulai menambahkan hal-hal yg intangible terhadap produk yg diperdagangkan sehingga pelanggan merasa bahwa pemasar memberikan kepuasan melampaui pelanggan
    Contohny: dengan mengkonsumsi apel terus menerus dpt menurunkan berat bdn karna kandungan dlm apel mengandung zat yg dpt mengurangi nafsu mkn yg berlebihan
    POTENSIAL PRODUCT
    Fokus produk yg di perdagangkan pd masa yg akan dtg mulai memasukkan hal-hal yg dibutuhkan oleh pelanggan.
    Contohny: apel dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dlm darah & menjadi zat anti kanker.

    2.permasalahan Dalam konteks manajemen operasional

    *Kualitas : 1. kondisi cuaca yg buruk yg menyebabkan hasil panen dan kualitas apel pun menjadi buruk
    2. Apel sering terserang penyakit mata ayam atau hama sehingga byk yg berjatuhan dn membusuk

    Solusinya: 1. pd saat curah hujan tinggi &angin kencang petani apel memberikan obat agar pohon apel tersebut kuat tdk mudah terterpa angin dan memberikan kayu sebagai sandaran untuk pohon apel agar tdk muduh roboh.
    2. memberikan obat-obat & pupuk agar hama dan penyakit basmi

    Sektor Jasa: 1. Jasa tranportasi yg terlambat yg menyebabkan apel membusuk di jalan seblm sampai di pasar/pembeli
    2. Jasa pengemasan yg sembarangan sehingga apel banyak yg bonyok sebelum sampai kepasr/pembeli

    Solusinya: 1. Jasa tranportasi harus tepat pd waktu pd saat mengantarkan apel ke tujuan(pasar/pembeli)
    2. Jas pengemasan harus tertata rapi harus efisien sehingga apel tdk bonyok pd saat dijalan karna pengemasan yg sembarang

    Sumber Online: http://organisasi.org/khasiat-dan-manfaat-buah-buahan-alami-bagi-tubuh-manusia-ilmu-kesehatan-masyarakat dan http://puskesmassimpangempat.wordpress.com/2009/06/15/buah-apelbuah-kesehatan/ dan http://www.benih.net/lifestyle/manfaat-buah-apel.html dan http://forumm.wgaul.com/showthread.php?t=51708 dan http://harianbhirawa.co.id/arsip/22065-peminat-tinggi-sayang-buah-apel-banyak-yang-rusak

    Komentar oleh MARHAMAH | Januari 12, 2011 | Balas

  18. Nama : Asset Winardi
    NIM : ERC1B009025
    FE Manajemen, UNJA Ekstensi

    Komoditi yang diamati “Jeruk”

    Jeruk dengan nama latinnya Citrus aurantium, adalah buah yang populer dimasyarakat. Selalu tersedia dipasar, harganya terjangkau dan khasiatnya luar biasa. Jeruk ternyata mengandung banyak zat gizi yang baik bagi kesehatan dan pencegahan penyakit.

    Jeruk telah lama dikenal sebagai buah dengan rasa segar dan bergizi baik. Selain sangat kaya vitamin dan mineral, ia juga mengandung serat makanan yang esensial (sangat diperlukan tetapi tidak dapat diproduksi dalam tubuh) bagi pertumbuhan dan berkembangan tubuh normal.

    Generic Product
    Jeruk telah lama dikenal sebagai buah dengan rasa segar dan bergizi baik. Selain sangat kaya vitamin dan mineral, ia juga mengandung serat makanan yang esensial (sangat diperlukan tetapi tidak dapat diproduksi dalam tubuh) bagi pertumbuhan dan berkembangan tubuh normal.
    Jeruk sangat baik dikonsumsi oleh kaum wanita karena kandungan lycopene yang ada didalamnya dapat mencegah penyakit kanker payudara, dan bagi ibu hamil jeruk dapat mengurangi resiko bayi lahir cacat. Selain itu jeruk juga dapat memperbaiki jaringan sel-sel kulit yang sudah mati, sehingga bagus untuk kulit.

    Expected Product
    Jeruk mengandung Flavonoids yang dapat menjadi sel imun dan antibodi yang berguna untuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang flu dan pilek. Berikan minuman jeruk peras pada anak-anak anda, agar asupan vitamin yang ada dalam jeruk bisa terpenuhi. Jangan terlalu sering memberikan minuman jeruk instan baik berupa kemasan kotak atau sachet, karena mengandung bahan pewarna dan pengawet, yang bila terlalu sering dikonsumsi dalam jangka panjang akan menimbulkan sel kanker. Ayo makan buah dan minum jus jeruk segar.

    Keunggulan lainnya, jeruk tidak mengandung sodium, lemak, dan kolesterol. Kandungan kalorinya pun rendah, sehingga tidak akan membangkitkan kekhawatiran bagi mereka yang berupaya menurunkan bobot badan. Sebuah jeruk segar berukuran sedang cuma mengandung 60 – 80 Kkal.

    Karbohidrat dalam jeruk merupakan karbohidrat sederhana, yaitu fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Karbohidrat kompleksnya berupa polisakarida non-pati (secara umum dikenal sebagai serat makanan) yang baik untuk kesehatan. Serat makanan ini di dalam tubuh akan mengikat zat gizi larut dalam air pada suatu gel-matriks, sehingga dapat memperlambat proses pengosongan lambung serta proses pencernaan dan penyerapan.

    Keadaan itu akan memperpanjang rasa kenyang, dan menurunkan laju penyerapan glukosa sehingga dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah. Serat makanan juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam plasma dengan cara mengganggu proses reabsorpsi asam empedu. Dengan mengkonsumsi sebuah jeruk ukuran sedang dalam satu hari, serat makanannya kira-kira 3,0 g, dapat memberikan kontribusi cukup berarti bagi pemenuhan kebutuhan zat itu bagi tubuh yang disarankan sekitar 25 g per hari.

    Value Added Product
    Jeruk bagi anak-anak adalah buah yang paling disukai, tak heran jika banyak produk makanan, obat, vitamin bahkan pasta gigi pun mengambil rasa jeruk yang menyegarkan ini.

    Vitamin paling dikenal yang terkandung dalam jeruk adalah vitamin C. Vitamin esensial larut air ini memainkan peranan kunci dalam proses pembentukan kolagen yang merupakan komponen dasar pembentukan jaringan penghubung dalam tubuh. Pembentukan kolagen optimal sangat diperlukan untuk pembentukan ligamen, tendon, dentin, kulit, pembuluh darah, dan tulang. Juga membantu proses penyembuhan luka dan perbaikan jaringan.

    Vitamin C dalam bebuahan, termasuk jeruk, secara ilmiah juga bisa dijelaskan peranan positifnya dalam memberikan perlindungan tubuh terhadap kanker. Hasil penelitian epidemiologi menunjukkan, tingkat konsumsi bebuahan, salah satunya jeruk, dan sesayuran yang tinggi memiliki efek perlindungan terhadap kanker lebih baik dibandingkan dengan tingkat konsumsi vitamin C (dari makanan suplemen) yang tinggi.

    Wangi jeruk yang menyegarkan membuat semangat Anda timbul. Hal ini sangat berguna di pagi hari ketika Anda merasa lemas dan tidak bersemangat.

    Mandilah dengan menggunakan sabun maupun shower gel beraroma jeruk. Aroma lime, atau jeruk nipis, misalnya, sangat baik untuk membangkitkan semangat.

    Sebaliknya, jika merasa lelah seusai beraktivitas sehari penuh, wewangian jeruk dapat membantu Anda menenangkan dan menyamankan tubuh. Cobalah berendam dengan air mandi yang ditetesi minyak esensial sitrun. Berendamlah dan hirup aromanya yang menenangkan tersebut.

    Potential Product
    Terapi Aroma
    Tengangkan pikiran dan cobalah melakukan latihan pernapasan sambil memejamkan mata dan menghirup aroma esensial campuran antara tiga tetes orange oil dan dua tetes citrus oil. Campur minyak ini dengan sedikit air dan panaskan. Uap yang tercipta akan menyegarkan serta mendamaikan perasaan. Banyak juga produk aroma terapi rasa jeruk yang saat ini bagus untuk dipergunakan.
    Highlight Alami
    Shampo beraromakan jeruk sangat baik untuk membuat rambut tampak, karma kandungan sari jeruk lemon membantu dalam proses tersebut. Helaian rambut yang dibubuhi sari jeruk lemon tersebut lambat laun akan berubah warnanya menjadi lebih muda sehingga tampak seperti highlight.
    Menyejukkan Kulit Kepala
    Di hari yang sangat panas, cobalah cara berikut untuk menyejukkan kepala. Buat campuran tonik rambut dengan sari jeruk nipis atau lemon. Simpan di lemari es sampai terasa sejuk, kemudian gunakan pada kepala dan pijit-pijitkan dengan gerakan memutar. Selain dapat menyejukkan kulit kepala, cara ini juga membantu Anda untuk mengendalikan ketombe. Berpotensi untuk menciptakan hair tonik orange.
    Mengatasi Masalah Kaki
    Potongan jeruk, terutama jeruk sitrun maupun lemon, dapat membantu Anda mengatasi masalah kaki membengkak, terutama jika terlalu lelah. Bersihkan dan seka kaki hingga bersih, lalu rendam dalam air hangat yang ditetesi Citrus oil maupun Lemon oil. Bisa juga Anda menaruh potongan-potongan lemon segar pada air rendaman tersebut, atau mengompres kaki dengan potongan buah tersebut.
    Menghaluskan Kulit
    Anda merasa terganggu dengan kulit yang kasar mengeras dan berwarna kehitaman? Buah lemon atau jeruk nipis dapat membantu mengatasi masalah ini. Gosoklah bagian yang mengeras dengan batu apung atau scrub. Kemudian, gosokkan potongan lemon pada bagian yang mengeras. Sesudahnya gunakan pelembab. Lakukan hal ini dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
    Permasalahan yang menyangkut kualitas
    Buah jeruk sudah biasa dinikmati oleh masyarakat kita dalam bentuk buah segar dan ini dilakukan oleh kebanyakan penduduk Indonesia, namun buah ini juga dapat dinikmati dalam bentuk hasil olahan baik berbentuk cairan seperti sirup jeruk dan berbentuk serbuk atau tepung jeruk.
    Jeruk manis, lemon dan grape fruit akan lebih praktis dan serasa nikmat kalau diminum dalam bentuk sari buah. Kelebihan sari buah ini dibandingkan buah segar adalah tahan lama dan tidak cepat membusuk seperti halnya dalam bentuk buah segar, yang mudah sekali menurun kualitasnya.
    Jeruk dapat diolah menjadi berbagai bentuk seperti sirup jeruk, dan sari buah jeruk dalam bentuk serbuk, bahkan untuk jenis tertentu dapat diolah menjadi sirup jeruk sambal misalnya untuk jenis limau (Citrus amblycarpa) yang banyak dibudidayakan di daerah Majalengka Jawa Barat.
    Bentuk serbuk sari buah jeruk lebih mudah disimpan dan praktis jika dibandingkan dalam bentuk cairan karena selain menghemat tempat juga lebih tahan simpan, jika cara penyimpanan baik dan memenuhi syarat. Jika ingin meminumnya tinggal menuangkan air dan gula dengan perbandingan 1 : 1.
    Proses pengolahan serbuk sari jeruk berbeda dengan proses pembuatan sari jeruk cair. Serbuk jeruk dibuat dengan baku jeruk jenis tertentu, dan tidak semua jenis jeruk dapat diolah menjadi serbuk sari jeruk. Biasanya serbuk ini dibuat dengan memilih jeruk yang sehat dan tidak cacat kulitnya.
    Buah paling baik adalah buah ketika dipanen mengandung kadar gula dan asamnya maksimal atau dengan kata lain buah yang masak di pohon, sehingga serbuk yang dihasilkanpun manis rasanya bukan sebaliknya pahit. Hanya buah jeruk sehat akan menghasilkan serbuk sari buah yang baik, sehingga pentinya melakukan pemilihan jeruk untuk keperluan pembuatan produk ini.
    Peran Sektor Jasa
    Jus dalam bentuk kemasan saat ini mulai banyak di konsumsi masyarakat kita, bahkan saya sendiri rutin meminum jus kemasan karena selain sehat juga praktis bisa dibawa dan diminum kapan saja tanpa harus bawa blender. Oleh karena itu untuk membentuk suatu usaha jus kemasan ini diperlukan teknologi pengemasan dan pengolahan sehingga jus dapat bertahan lama secara alami dan tetap segar meski diminum kapan saja.
    Mengenai pemasaran, agar lebih meningkatkan produktivitas maka pemasaran harus mencapai luar daerah dan lebih baik lagi bila seluruh Indonesia. Jika benar ini terjadi, maka sudah dapat dipastikan kemungkinan akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Dalam hal ini tentunya perlu promosi yang baik agar dapat terdistribusi keseluruh pelosok Indonesia.
    Dengan meningkatnya permintaan pasar terhadap produk jus kemasan ini, maka petani jeruk juga akan kewalahan untuk melayani permintaan perusahaan terhadap buah segar sebagai bahan utama produk ini. Lowongan kerja juga akan banyak diperlukan, petani jeruk dapat menjadikan jeruk sebagai komoditi andalan penghasilan hidupnya.

    Solusi
    Lebih menyediakan infrastruktur kebun seperti jalan usaha tani dan sarana irigasi untuk memudahkan aktivitas kebun dan menjamin suplai air, sehingga produksi jeruk berkwalitas baik. Serta memberi motivasi ke daerah-daerah sentra buah jeruk melalui pelatihan dan pemberian pengetahuan untuk hasilan produk olahan jeruk yang baik.

    Sumber :

    http://www.berita8.com/news.php?cat=6&id=1198

    http://indofruits.blogspot.com/2007/08/khasiat-alami-buah-jeruk.htmlhttp://bayivegetarian.com/?p=198

    http://digikidblogs.blogspot.com/2008/08/macam-macim-manfaat-jeruk.html

    http://www.sinartani.com/pascapanen/aneka-macam-olahan-buah-jeruk-1233551581.htm

    http://fansmania.wordpress.com/2010/03/17/potensi-usaha-minuman-jus-untuk-meningkatkan-produktivitas-jeruk-tebas-jeruk-pontianak/

    Komentar oleh Asset Winardi | Januari 12, 2011 | Balas

  19. Salam Pak jo :D
    Tugas Individu
    komoditi:jagung
    Nama :ferry angriawan
    NIM : ERC1B009032

    1.GENERIC PRODUCT
    Manfaat utama dari Jagung adalah kaya akan lemak nabati,dan juga terdapat sumber thiamin (vitamin B1),Jagung juga mengandung asam pentotenat (vitamin B5).

    EXPECTED PRODUCT
    Mengkomsumsi jagung dapat mencegah penyakit jantung, dan stroke.selain mengandung serat yang penting untuk menurunkan kadar kolesterol jagung juga kaya akan asam folat yang berperan menurunkan kadar homosistein dalam pembuluh darah.itulah sebabnya jagung banyak dikomsumsi oleh penydab penyakit jantung.

    VALUE ADD PRODUCT
    Dengan mengkomsumsi jagung dapat juga sebagai pengganti makanan pokok seperti nasi,dan juga memiliki kabohidrat yang cukup baik bagi penderita diabetes.

    POTENSIAL PRODUCT
    Dengan kadar gula yang rendah maka jagung diproduksi menjadi gula bagi masyarakat penderita diabetes.yang dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh dan untuk menyehatkan tubuh.

    Permasalahan penting yaitu kualitas dan peran sektor jasa dalam operasional komoditi jagung.
    Permasalahan kualitas: kualitas produksi jagung sring sekali kurang baik,seperti jarang nya biji jagung dan hasil yang kurang baik.Dikarenakan hama yang menyerang.

    SOLUSI: Solusinya adalah,memperhatikan secara rutin perkembangan dari jagung tersebut.Dan juga mengadakan Researc tentang hama dan cara pembasmian hama.

    Permasalahan peran sektor jasa : kuarangnya penyuluhan atau pemberitahuan tentang manfaat yang baik tentang jagung,yang dapat bermanfaat bagi tubuh,selain sebagai gula.
    CONTOH: Hanya iklan tentang gula yang terbuat dari jagung,dan tidak memberikan pengetahuan yang lain tentang jagung

    SOLUSI: Memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang banyak nya manfaat jagung,selain sebagai pengganti gula.Dan memberikan iklan tentang jagung dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

    Sumber:http://bumiganesa.com/?p=227

    http://hifzhanberau.wordpress.com/2009/04/20/jagung-dan-manfaatnya/

    http://www.rileks.com/lifestyle/trendz/women/37544-manfaat-jagung-bagi-kulit-wajah.html

    Komentar oleh ferry angriawan | Januari 12, 2011 | Balas

  20. Nama : Asset Winardi
    NIM : ERC1B009025
    FE Manajemen, UNJA Ekstensi

    Komoditi yang diamati “Jeruk”

    Jeruk dengan nama latinnya Citrus aurantium, adalah buah yang populer dimasyarakat. Selalu tersedia dipasar, harganya terjangkau dan khasiatnya luar biasa. Jeruk ternyata mengandung banyak zat gizi yang baik bagi kesehatan dan pencegahan penyakit.

    Jeruk telah lama dikenal sebagai buah dengan rasa segar dan bergizi baik. Selain sangat kaya vitamin dan mineral, ia juga mengandung serat makanan yang esensial (sangat diperlukan tetapi tidak dapat diproduksi dalam tubuh) bagi pertumbuhan dan berkembangan tubuh normal.

    Generic Product
    Jeruk telah lama dikenal sebagai buah dengan rasa segar dan bergizi baik. Selain sangat kaya vitamin dan mineral, ia juga mengandung serat makanan yang esensial (sangat diperlukan tetapi tidak dapat diproduksi dalam tubuh) bagi pertumbuhan dan berkembangan tubuh normal.
    Jeruk sangat baik dikonsumsi oleh kaum wanita karena kandungan lycopene yang ada didalamnya dapat mencegah penyakit kanker payudara, dan bagi ibu hamil jeruk dapat mengurangi resiko bayi lahir cacat. Selain itu jeruk juga dapat memperbaiki jaringan sel-sel kulit yang sudah mati, sehingga bagus untuk kulit.

    Expected Product
    Jeruk mengandung Flavonoids yang dapat menjadi sel imun dan antibodi yang berguna untuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang flu dan pilek. Berikan minuman jeruk peras pada anak-anak anda, agar asupan vitamin yang ada dalam jeruk bisa terpenuhi. Jangan terlalu sering memberikan minuman jeruk instan baik berupa kemasan kotak atau sachet, karena mengandung bahan pewarna dan pengawet, yang bila terlalu sering dikonsumsi dalam jangka panjang akan menimbulkan sel kanker. Ayo makan buah dan minum jus jeruk segar.

    Keunggulan lainnya, jeruk tidak mengandung sodium, lemak, dan kolesterol. Kandungan kalorinya pun rendah, sehingga tidak akan membangkitkan kekhawatiran bagi mereka yang berupaya menurunkan bobot badan. Sebuah jeruk segar berukuran sedang cuma mengandung 60 – 80 Kkal.

    Karbohidrat dalam jeruk merupakan karbohidrat sederhana, yaitu fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Karbohidrat kompleksnya berupa polisakarida non-pati (secara umum dikenal sebagai serat makanan) yang baik untuk kesehatan. Serat makanan ini di dalam tubuh akan mengikat zat gizi larut dalam air pada suatu gel-matriks, sehingga dapat memperlambat proses pengosongan lambung serta proses pencernaan dan penyerapan.

    Keadaan itu akan memperpanjang rasa kenyang, dan menurunkan laju penyerapan glukosa sehingga dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah. Serat makanan juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam plasma dengan cara mengganggu proses reabsorpsi asam empedu. Dengan mengkonsumsi sebuah jeruk ukuran sedang dalam satu hari, serat makanannya kira-kira 3,0 g, dapat memberikan kontribusi cukup berarti bagi pemenuhan kebutuhan zat itu bagi tubuh yang disarankan sekitar 25 g per hari.

    Value Added Product
    Jeruk bagi anak-anak adalah buah yang paling disukai, tak heran jika banyak produk makanan, obat, vitamin bahkan pasta gigi pun mengambil rasa jeruk yang menyegarkan ini.

    Vitamin paling dikenal yang terkandung dalam jeruk adalah vitamin C. Vitamin esensial larut air ini memainkan peranan kunci dalam proses pembentukan kolagen yang merupakan komponen dasar pembentukan jaringan penghubung dalam tubuh. Pembentukan kolagen optimal sangat diperlukan untuk pembentukan ligamen, tendon, dentin, kulit, pembuluh darah, dan tulang. Juga membantu proses penyembuhan luka dan perbaikan jaringan.

    Vitamin C dalam bebuahan, termasuk jeruk, secara ilmiah juga bisa dijelaskan peranan positifnya dalam memberikan perlindungan tubuh terhadap kanker. Hasil penelitian epidemiologi menunjukkan, tingkat konsumsi bebuahan, salah satunya jeruk, dan sesayuran yang tinggi memiliki efek perlindungan terhadap kanker lebih baik dibandingkan dengan tingkat konsumsi vitamin C (dari makanan suplemen) yang tinggi.

    Wangi jeruk yang menyegarkan membuat semangat Anda timbul. Hal ini sangat berguna di pagi hari ketika Anda merasa lemas dan tidak bersemangat.

    Mandilah dengan menggunakan sabun maupun shower gel beraroma jeruk. Aroma lime, atau jeruk nipis, misalnya, sangat baik untuk membangkitkan semangat.

    Sebaliknya, jika merasa lelah seusai beraktivitas sehari penuh, wewangian jeruk dapat membantu Anda menenangkan dan menyamankan tubuh. Cobalah berendam dengan air mandi yang ditetesi minyak esensial sitrun. Berendamlah dan hirup aromanya yang menenangkan tersebut.

    Potential Product
    Terapi Aroma
    Tengangkan pikiran dan cobalah melakukan latihan pernapasan sambil memejamkan mata dan menghirup aroma esensial campuran antara tiga tetes orange oil dan dua tetes citrus oil. Campur minyak ini dengan sedikit air dan panaskan. Uap yang tercipta akan menyegarkan serta mendamaikan perasaan. Banyak juga produk aroma terapi rasa jeruk yang saat ini bagus untuk dipergunakan.
    Highlight Alami
    Shampo beraromakan jeruk sangat baik untuk membuat rambut tampak, karma kandungan sari jeruk lemon membantu dalam proses tersebut. Helaian rambut yang dibubuhi sari jeruk lemon tersebut lambat laun akan berubah warnanya menjadi lebih muda sehingga tampak seperti highlight.
    Menyejukkan Kulit Kepala
    Di hari yang sangat panas, cobalah cara berikut untuk menyejukkan kepala. Buat campuran tonik rambut dengan sari jeruk nipis atau lemon. Simpan di lemari es sampai terasa sejuk, kemudian gunakan pada kepala dan pijit-pijitkan dengan gerakan memutar. Selain dapat menyejukkan kulit kepala, cara ini juga membantu Anda untuk mengendalikan ketombe. Berpotensi untuk menciptakan hair tonik orange.
    Mengatasi Masalah Kaki
    Potongan jeruk, terutama jeruk sitrun maupun lemon, dapat membantu Anda mengatasi masalah kaki membengkak, terutama jika terlalu lelah. Bersihkan dan seka kaki hingga bersih, lalu rendam dalam air hangat yang ditetesi Citrus oil maupun Lemon oil. Bisa juga Anda menaruh potongan-potongan lemon segar pada air rendaman tersebut, atau mengompres kaki dengan potongan buah tersebut.
    Menghaluskan Kulit
    Anda merasa terganggu dengan kulit yang kasar mengeras dan berwarna kehitaman? Buah lemon atau jeruk nipis dapat membantu mengatasi masalah ini. Gosoklah bagian yang mengeras dengan batu apung atau scrub. Kemudian, gosokkan potongan lemon pada bagian yang mengeras. Sesudahnya gunakan pelembab. Lakukan hal ini dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
    Permasalahan yang menyangkut kualitas
    Buah jeruk sudah biasa dinikmati oleh masyarakat kita dalam bentuk buah segar dan ini dilakukan oleh kebanyakan penduduk Indonesia, namun buah ini juga dapat dinikmati dalam bentuk hasil olahan baik berbentuk cairan seperti sirup jeruk dan berbentuk serbuk atau tepung jeruk.
    Jeruk manis, lemon dan grape fruit akan lebih praktis dan serasa nikmat kalau diminum dalam bentuk sari buah. Kelebihan sari buah ini dibandingkan buah segar adalah tahan lama dan tidak cepat membusuk seperti halnya dalam bentuk buah segar, yang mudah sekali menurun kualitasnya.
    Jeruk dapat diolah menjadi berbagai bentuk seperti sirup jeruk, dan sari buah jeruk dalam bentuk serbuk, bahkan untuk jenis tertentu dapat diolah menjadi sirup jeruk sambal misalnya untuk jenis limau (Citrus amblycarpa) yang banyak dibudidayakan di daerah Majalengka Jawa Barat.
    Bentuk serbuk sari buah jeruk lebih mudah disimpan dan praktis jika dibandingkan dalam bentuk cairan karena selain menghemat tempat juga lebih tahan simpan, jika cara penyimpanan baik dan memenuhi syarat. Jika ingin meminumnya tinggal menuangkan air dan gula dengan perbandingan 1 : 1.
    Proses pengolahan serbuk sari jeruk berbeda dengan proses pembuatan sari jeruk cair. Serbuk jeruk dibuat dengan baku jeruk jenis tertentu, dan tidak semua jenis jeruk dapat diolah menjadi serbuk sari jeruk. Biasanya serbuk ini dibuat dengan memilih jeruk yang sehat dan tidak cacat kulitnya.
    Buah paling baik adalah buah ketika dipanen mengandung kadar gula dan asamnya maksimal atau dengan kata lain buah yang masak di pohon, sehingga serbuk yang dihasilkanpun manis rasanya bukan sebaliknya pahit. Hanya buah jeruk sehat akan menghasilkan serbuk sari buah yang baik, sehingga pentinya melakukan pemilihan jeruk untuk keperluan pembuatan produk ini.
    Peran Sektor Jasa
    Jus dalam bentuk kemasan saat ini mulai banyak di konsumsi masyarakat kita, bahkan saya sendiri rutin meminum jus kemasan karena selain sehat juga praktis bisa dibawa dan diminum kapan saja tanpa harus bawa blender. Oleh karena itu untuk membentuk suatu usaha jus kemasan ini diperlukan teknologi pengemasan dan pengolahan sehingga jus dapat bertahan lama secara alami dan tetap segar meski diminum kapan saja.
    Mengenai pemasaran, agar lebih meningkatkan produktivitas maka pemasaran harus mencapai luar daerah dan lebih baik lagi bila seluruh Indonesia. Jika benar ini terjadi, maka sudah dapat dipastikan kemungkinan akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Dalam hal ini tentunya perlu promosi yang baik agar dapat terdistribusi keseluruh pelosok Indonesia.
    Dengan meningkatnya permintaan pasar terhadap produk jus kemasan ini, maka petani jeruk juga akan kewalahan untuk melayani permintaan perusahaan terhadap buah segar sebagai bahan utama produk ini. Lowongan kerja juga akan banyak diperlukan, petani jeruk dapat menjadikan jeruk sebagai komoditi andalan penghasilan hidupnya.

    Solusi
    Lebih menyediakan infrastruktur kebun seperti jalan usaha tani dan sarana irigasi untuk memudahkan aktivitas kebun dan menjamin suplai air, sehingga produksi jeruk berkwalitas baik. Serta memberi motivasi ke daerah-daerah sentra buah jeruk melalui pelatihan dan pemberian pengetahuan untuk hasilan produk olahan jeruk yang baik.

    Sumber :

    http://www.berita8.com/news.php?cat=6&id=1198

    http://indofruits.blogspot.com/2007/08/khasiat-alami-buah-jeruk.htmlhttp://bayivegetarian.com/?p=198

    http://digikidblogs.blogspot.com/2008/08/macam-macim-manfaat-jeruk.html

    http://www.sinartani.com/pascapanen/aneka-macam-olahan-buah-jeruk-1233551581.htm

    Komentar oleh Asset Winardi | Januari 12, 2011 | Balas

  21. salam pak jo :)
    Tugas individu
    Nama : Putri Wulandari (ERC1B009019)
    Produk : KEDELAI
    1.Tingkatan produk mulai dari:
    Generic Product : pada komoditi kedelai ini, pengusaha agribisnis tersebut menyadari bahwa pelanggannya sama seperti pelanggan penjual kedelai pada umumnya,tidak ada tambahan yang diberikan pada komoditi yang diperdagangkan.
    Contoh: Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia.
    Dapat dikonsumsi (kacang polong) dan diolah menjadi tahu,tempe,kecap, dan susu.
    Expected Product : pengusaha tersebut telah menambahkan sesuatu yang dianggap memenuhi kebutuhan pelanggan. Misalnya dengan memberi fitur(kepakan) atau apa saja tapi tidak merubah bentuk kedelai.
    Contoh:banyak manfaat yang didapat dari mengkonsumsi kedelai dan baik untuk kesehatan. Baik diolah kembali menjadi tahu,tempe,kecap,susu,dll atau tidak diolah pun dapat dikonsumsi jg.
    Value added product: pada tahapan ini pemasar mulai menambahkan hal yang intangible terhadap produk yang diperdagangkan sehingga pelanggan merasa bahwa pemasar memberikan kepuasan melampaui kebutuhan pelanggan.
    Contoh : bentuk dari kedelai yang layak untuk dikonsumsi membuat pelanggan akan senang untuk mengkonsumsinya, tentu dapat diolah menjadi apa saja karma mempunyai bnyak manfaat juga mengenyangkan, dan tidak mempunyai efek samping yang membahayakan konsumen.
    Potential product : fokus produk yg diperdagangkan pada masa yg akan datang mulai memasukkan hal-hal yang dibutuhkan oleh pelanggan.
    Contoh: kedelai merupakan tanaman dengan kadar protein tinggi sehingga tanamannya digunakan sebagai pupuk hijau dan pakan ternak.Pemanfaatan utama kedelai adalah dari biji. Biji kedelai kaya protein dan lemak serta beberapa bahan gizi penting lain, misalnya vitamin (asam fitat) dan lesitin.

    2. permasalahan dalam konteks manajemen operasional yaitu kualitas dan peran sector jasa serta solusi!
    Kualitas : Kedelai merupakan terna dikotil semusim dengan percabangan sedikit, sistem perakaran akar tunggang, dan batang berkambium. Kedelai dapat berubah penampilan menjadi tumbuhan setengah merambat dalam keadaan pencahayaan rendah. Kedelai, khususnya kedelai putih dari daerah subtropik, juga merupakan tanaman hari-pendek dengan waktu kritis rata-rata 13 jam. Ia akan segera berbunga apabila pada masa siap berbunga panjang hari kurang dari 13 jam. Ini menjelaskan rendahnya produksi di daerah tropika, karena tanaman terlalu dini berbunga.
    Solusi :Kedelai dibudidayakan di lahan sawah maupun lahan kering (ladang). Penanaman biasanya dilakukan pada akhir musim penghujan, setelah panen padi. Pengerjaan tanah biasanya minimal. Biji dimasukkan langsung pada lubang-lubang yang dibuat. Biasanya berjarak 20-30cm. Pemupukan dasar nitrogen dan fosfat diperlukan, namun setelah tanaman tumbuh penambahan nitrogen tidak memberikan keuntungan apa pun. Lahan yang belum pernah ditanami kedelai dianjurkan diberi “starter” bakter pengikat nitrogen Bradyrhizobium japonicum untuk membantu pertumbuhan tanaman. Penugalan tanah dilakukan pada saat tanaman remaja (fase vegetatif awal), sekaligus sebagai pembersihan dari gulma dan tahap pemupukan fosfat kedua. Menjelang berbunga pemupukan kalium dianjurkan walaupun banyak petani yang mengabaikan untuk menghemat biaya.
    Peran sector jasa: Salah satu komoditi yang memberikan kontribusi terhadap sub sektor tanaman pangan adalah Kedelai. Komoditi ini cukup strategis untuk diperhatikan dan dikembangkan, karena komoditi ini sangat digemari oleh konsumen Indonesia baik dalam bentuk biji Kedelai maupun dalam bentuk barang olahan seperti Tahu, Tempe, Kecap dan sebagainya. Disamping itu kebutuhan akan Kedelai meningkat setiap tahunnya, sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk dan berkembangnya pabrik pakan ternak. Konsumsi perkapita Kedelai saat ini ± 8 kg/kapita/tahun. Diperkirakan setiap tahunnya kebutuhan akan biji Kedelai adalah ± 1,8 juta ton dan bungkil Kedelai sebesar ± 1,1 juta ton.
    Solusi: Begitu pentingnya peranan Kedelai, maka dalam rangka operasionalisasi Revitalisasi Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (RPPK) yang telah dicanangkan oleh Bapak DR. H. Susilo Bambang Yudoyono Presiden RI pada tanggal 11 Juni 2005 di Jati Luhur Jawa Barat, pihak Departemen Pertanian telah menyusun arahan pengembangan agribisnis komoditas unggulan yang mengacu pada road map 17 komoditas. Komoditas Kedelai termasuk salah satu dari 17 komoditas tersebut dan telah dicanangkan pada tahun 2015 harus telah mencapai swasembada.Penetapan tarif impor harus mampu menjaga keseimbangan antara pasokan impor dan produksi dalam negeri. Artinya, tarif bea masuk tidak boleh terlalu rendah, tapi juga jangan terlalu tinggi. Jika tarif impor terlalu tinggi, maka akan bisa mengakibatkan meningkatnya harga sejumlah komoditas strategis, namun jika terlalu rendah akan menghancurkan produksi dalam negeri karena Indonesia bisa dibanjiri produk impor. Adanya tarif BM, diharapkan dapat memacu produk pertanian, karena Petani dalam negeri akan terangsang untuk meningkatkan produksinya.

    Sumber online:

    http://id.wikipedia.org/wiki/Kedelai

    http://yannizar.wordpress.com/

    Komentar oleh Putri.W | Januari 13, 2011 | Balas

  22. Tugas Individu
    Nama : Basri (ERC1B009058)
    Produk : jeruk

    1. Tingkatan Produk Jeruk

    Generik : Sari buah jeruk mengandung 40-70 mg vitamin C per 100 ml

    Expected : jeruk tidak membahayakan bagi penderita kolesterol,diabetes dan arthritis

    Value added : dengan mengkonsumsi jeruk dapat mengurangi konsumsi minuman yang tidak bermanfaat lainnya.

    Potential : vitamin B6 yang terkandung dalam sebutir jeruk mampu meningkatkan hemoglobin yang penting bagi peredaran oksigen dalam tubuh.Kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk mengobati berbagai penyakit, seperti asma, bronkitis, TBC, rematik, gagal ginjal, menekan jumlah kolesterol di dalam tubuh, mencegah diabetes, menyembuhkan arthritis, tekanan darah tinggi, kecanduan alkohol, hingga pneumonia.

    2.Permasalahan Dalam konteks manajemen operasional
    Kualitas :
    1. kondisi cuaca yg buruk yg menyebabkan hasil panen dan kualitas jeruk pun menjadi buruk
    2. jeruk sering terserang hama serangga sehingga byk yg berjatuhan dn membusuk
    Solusinya:
    1. Pada saat curah hujan tinggi dan angin kencang petani jeruk memberikan obat agar pohon jeruk tersebut kuat tdk mudah terterpa angin dan memberikan kayu sebagai sandaran untuk pohon jeruk agar tdk muduh roboh.
    2. memberikan obat-obat dan pupuk agar hama serangga dan penyakit dibasmi
    Sektor Jasa:
    1. Jasa tranportasi yg terlambat yang menyebabkan jeruk membusuk di jalan sebelum sampai di pasar/pembeli
    2. Jasa pengemasan yg sembarangan sehingga jeruk banyak yang bonyok sebelum sampai kepasar/pembeli
    Solusinya:
    1. Jasa tranportasi harus tepat pd waktu pd saat mengantarkan jeruk ke tujuan(pasar/pembeli)
    2. Jas pengemasan harus tertata rapi harus efisien sehingga jeruk tidak bonyok pd saat dijalan karna pengemasan yg sembarang
    Sumber Online :

    http://www.dechacare.com/Jeruk-Lebih-Baik-dari-Tablet-Vitamin-C-I99.html

    http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=89211:manfaat-jeruk-bagi-kesehatan&catid=28&Itemid=48

    Komentar oleh Basri | Januari 13, 2011 | Balas

  23. TUGAS Individu
    Nama : Ririn safitri (ERC1B009034)
    Komiditi : susu kedelai
    GENERIC PRODUK :
    Kedelai memiliki nilai gizi yang sangat baik dan memiliki cukup banyak vitamin dan mineral. Kadar protein kedelai cukup tinggi, yaitu mencapai 35,6 % (berat kering), bahkan pada varitas unggul kadar proteinnya dapat mencapai 40 % – 43 %.Dibandingkan dengan beras, jagung, tepung singkong, kacang hijau, daging, ikan segar, dan telur ayam, kedelai mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi, hampir menyamai kadar protein susu skim kering.
    EXPECTED PRODUK
    Bila seseorang tidak boleh atau tidak dapat makan daging atau sumber protein hewani lainnya, kebutuhan protein sebesar 55 gram per hari dapat dipenuhi dengan makanan yang berasal dari 157,14 gram kedelai. Asam-asam amino lysine, leusin, dan isoleusin merupakan asam amino yang terdapat dalam jumlah yang cukup tinggi.
    VALUE ADDED PRODUCT:
    Susu kedelai adalah salah satu hasil pengolahan yang merupakan hasil ekstraksi dari kedelai. Protein susu kedelai memiliki susunan asam amino yang hampir sama dengan susu sapi sehingga susu kedelai seringkali digunakan sebagai pengganti susu sapi bagi mereka yang alergi terhadap protein hewani.
    Susu kedelai merupakan minuman yang bergizi tinggi, terutama karena kandungan proteinnya. Selain itu susu kedelai juga mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, phosphor, zat besi, provitamin A, Vitamin B kompleks (kecuali B12), dan air. Namun perhatian masyarakat kita terhadap jenis minuman ini pada umumnya masih kurang.

    POTENSIAL PRODUK
    II. KHASIAT SUSU KEDELAI

    Berbagai khasiat susu kedelai yang dapat dimanfaatkan adalah :
    1. Mengatasi Intoleransi Laktosa.
    2. Minuman untuk penderita AUTISME.
    3. Minuman untuk VEGETARIAN.
    4. Mengurangi Kadar Kholesterol Darah.
    5. Mencegah Arteriosklerosis,Hipertensi, Penyakit Jantung Koroner, dan Stroke
    6. Mencegah Diabetes Melitus.
    7. Menghambat Menopause, dan Osteoporosis.
    8. Mencegah Migraine.
    9. Mencegah Kanker.
    10. Mencegah Penuaan Dini.

    PERMASALAHAN KUALITAS
    Penyimpanan Produk kedelai memiliki daya tahan berbeda demikian pula cara penyimpanannya. Tahu sebaiknya disimpan di lemari es dan dapat tahan selama beberapa hari. Pada suhu ruang, tahu hanya dapat tahan setengah hari atau satu hari. ”Jika tahu dapat tahan lebih dari satu hari pada suhu ruang, besar kemungkinan tahu tersebut sudah diberi pengawet,. Susu kedelai juga tidak tahan lama.
    SOLUSI
    susu kedelai yang setelah di beli atau d buat sebaiknya di simpan di dalam lemari es agar susu kedelai itu bisa tahan lama
    permasalahan sektor jasa
    masyarakat tidak tahu dengan kandungan yang terdapat pada susu kedelai, susu kedelai terlambat pengirimannya susu kedelai akan cepat basi,atau kandungan gizi nya hilang.
    Solusi
    Dengan melakukan pemasaran yang baik masyarakat akan tahu kandungan yang terdapat pada susu kedelai dan sebaiknya pengiriman dilakukan dengan segera setelah susu kedelai jadi atau masih hangat agar kandungan gizi nya tidak hilang

    SUMBER : http://spiritofadhie.wordpress.com/2007/07/11/kedelai-sumber-pangan-bergizi-tinggi/

    http://bisnisukm.com/susu-kedelai-minuman-fungsional-kaya-protein.html

    Komentar oleh Ririn Safitri | Januari 13, 2011 | Balas

  24. Selamat siang pak jo
    Tugas Individu
    Komodity: Jamur Tiram
    Nama: Marissa Husna
    Nim: ERC1B009015

    1. Generic Product
    Jamur mempunyai nilai gizi tinggi terutama kandungan proteinnya (15-20 persen berat keringnya). Daya cernanya pun tinggi (34-89 persen). Sifat nutrisi (kelengkapan asam amino)yang dimiliki oleh jamur lebih menentukan mutu gizinya. Jamur segar umumnya mengandung 85-89 persen air. Kandungan lemak cukup rendah antara 1,08-9,4 persen (berat kering) terdiri dari asam lemak bebas mono ditriglieserida, sterol, dan phoshpolipida.
    Karbohidrat terbesar dalam bentuk heksosan dan pentosan polimer karbohidrat dapat berupa glikogen, khitin dan sebuah polimer N-asetil glikosamin yang merupakan komponen struktural sel jamur. Khitin merupakan unsur utama serat jamur titam putih.

    EXPECTED PRODUCT
    Meningkatkan produki dan aktivitas sel sel darah putih, mengurangi resiko kanker prostat.
    Contoh : jamur dapat di konsumsi sehari hari,di jadikan sayur.

    VALUE ADDED
    Jamur tiram merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein.
    contoh : dengan mengkonsumsi jamur tiram dapat mengurangi kolesterol dan jantung lemah serta beberapa penyakit lainnya. Jamur ini juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes, anemia. Selain itu jamur tiram juga dapat bermanfaat sebagai antiviral dan antikanker serta menurunkan kadar kolesterol. Di samping itu, jamur tiram juga dipercaya mampu membantu penur

    Potensial product
    1. Jamur tiram dapat digunakan sebagai makanan sehari hari
    Contoh :
    Jamur dijadikan ;
    1 sayur sebagai pendaping nasi
    2 Pepes Jamur Tiram

    2.Jamur tiram sebagai olahan industri
    Contoh :
    Jamur dapat di jadikan:
    1. Kerupuk Jamur
    2. Abon Jamur
    3. permen jelly
    4. Nugget jamur
    5. Sossis jamur
    6. Jamur asap
    7. Bakso jamur
    8. Bakso jamur goreng

    PERMASALAHAN YANG TIMBUL DALAM KONTEKS MANAJEMEN OPERASIANAL DAN SOLUSINYA
    1. kualitas jamur tiram
    masalah :
    1. perubahan iklim yang tidak menentu yang mempengaruhi kwalitas jamur tesebut.
    2. adanya Hama dan penyakit pada jamur tiram

    Solusi
    1.jika iklim sedang panas sebaiknya d tempatkan ada tempat yang khusus dengan temperatur yang lembap.
    2.harus steril dalam pembersihan jamur.

    2. masalah peran sektor jasa
    Masalah :
    1. Kurangnya jumlah pelaku Pembina yang mempunyai spesifikasi dan profesonalisme di bidang budidaya jamur, sehingga mempengaruhi efektifitas alih terap teknologi. Besarnya Jumlah pelaku utama budidaya tidak diimbangi dengan jumlah pelaku Pembina sehingga peran pendampingan belum menyentuh pada penguatan kelembagaan dan kemandirian pelaku utama.
    2. Sulitnya pembudidaya mendapatkan akses permodalan dari pihak lembaga keuangan mikro mapun pihak investor, hal ini karena kegiatan usaha budidaya masih dianggap kegiatan yang sulit.

    Solusi :
    1. Sulitnya pembudidaya mendapatkan akses permodalan dari pihal lembaga keuangan mikro mapun pihak investor, hal ini karena kegiatan usaha budidaya masih diangap kegiatan yang High-risk.
    2. Memfasilitasi kelompok pembudidaya untuk mendapatkan akses/dukungan untuk menunjang dan meningkatkan pengelolaan budidaya dan kapasitas produksi melalui pendekatan terhadap pemerintah pusat , lembaga perbankkan dan mitra usaha.

    Referensi :

    http://id.wikipedia.org/wiki/Jamur_tiram

    http://rumahdaur.multiply.com/journal/item/91

    http://kuntadewa.wordpress.com/2010/06/30/manfaat-jamur-tiram/

    http://binaukm.com/2010/04/peluang-usaha-membuat-permen-jeli-jamur-tiram-aneka-olahan-jamur-tiram-bag-1/

    http://www.asimas.co.id/products_olahan.html

    http://www.stafaband.com/ tidak tersedia

    Komentar oleh marissa husna | Januari 13, 2011 | Balas

  25. Nama :TRIWAHYUNI
    NIM : ERC1B009018

    Tugas Individu
    Komoditi : Jambu biji
    Tugas pertama
    Generic product
    kandungan vitamin C di jambu biji (Psidium guajava L) adalah sebanyak 98 mg per 100 g buah, berarti kandungan vitamin C jambu biji sebanyak dua kali lipat dari jeruk manis yang hanya 49 mg per 100 g buah, sehingga kandungan vitamin C didalam buah jambu biji cukup memenuhi kebutuhan vitamin C orang dewasa yang mencapai 70-75 mg per hari.

    Expected product
    Jambu biji juga kaya serat, khususnya pektin (serat larut air). manfaat pektin antara lain dapat menurunkan kolesterol dengan cara mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh serta membantu mengeluarkannya. Menurut penelitian Singh Medical Hospital dan Research Center Morrabad, India, menunjukkan bahwa jambu biji dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah serta tekanan darah pada penderita hipertensi.

    Value added product
    Tanin yang menimbulkan rasa sepat pada jambu biji juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan sirkulasi darah. kalium yang juga terdapat dalam buah ini dapat meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel tubuh. Mengonsumsi jambu biji 0,5-1 kg/hari selama 4 minggu dapat mengurangi resiko terkena sakit jantung sampai 16%.

    Potential product
    Didalam jambu biji juga banyak terkandung likopen yaitu zat karotenoid yang memiliki aktivitas antioksidan, sehingga bermanfaat memberikan perlindungan pada tubuh dari serangan beberapa jenis kanker, likopen terkandung melimpah didalam buah jambu biji merah. Jambu biji dapat menyembuhkan penyakit diabetes melitus, Maag, Diare (sakit perut), Masuk angin, Beser; Prolapsisani, Sariawan, Sakit Kulit, Luka baru. manfaat jambu biji untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mencegah munculnya kanker, memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, meningkatkan kesehatan gusi, gigi dan pembuluh kapiler serta membantu penyerapan zat besi dan penyembuhan luka. Jambu biji juga berkhasiat anti radang, anti diare dan menghentikan pendarahan, misalnya pada penderita demam berdarah dengue (DHF).

    PERMASALAHAN KUALITAS
    jambu merah dipercaya bisa meningkatkan kadar trombosit darah yang turun saat demam berdarah. Namun sebenarnya secara medis jambu merah tidak serta merta bisa menyembuhkan demam berdarah. “Jambu merah hanya untuk meningkatkan daya tubuh.
    Solusi :
    Jadi bila menderita demam berdarah sebaiknya pengobatan medis tetap diperlukan. Lebih penting lagi sebaiknya cegah demam berdarah dengan menjaga kebersihan lingkungan serta memberantas sarang nyamuk dan jentik-jentiknya.
    PERMASALAHAN SEKTOR JASA
    Umumnya masyarakat telah mengetahui tentang jambu biji dan khasiatnya. jambu biji tumbuh dengan mudah dimana-mana sehingga pemasarannya tidak perlu lagi karena masyarakat sudah mengetahui dan mudah untuk mendapatkannya. Hanya saja masyarakat lebih sering mengkonsumsi dalam bentuk jus bukan secara langsung.
    Solusi: harus memberikan yang baru yang menarik para konsumen.

    Sumber : http://www.artiku.com/2008/07/10/jambu-biji-mengatasi-kolesterol/

    http://www.smallcrab.com/kesehatan/442-khasiat-buah-jambu-biji

    Komentar oleh TRIWAHYUNI | Januari 13, 2011 | Balas

  26. salam pak jo…..
    Komoditi :UDANG
    Anggota :
    1.Dewi Agustina (ERC1B009044)
    2.Dina Angelin (ERC1B0090004)
    3.Lidya Anastasya (ERC1B009020)
    4.Ricky Ikhwansyah (ERC1B009026)
    5.Fredy Fristama (ERC1B0060)
    6.Teddy Setialim (ERC1B009072)
    7.Singgih Pambudi (ERC1B009006)

    Gambaran Umum Tambak

    Petakan tambak pada tingkat budidaya ini , bentuk dan ukuran tidak
    teratur. Luasnya antara 3 ha sampai 10 ha per petak. Biasanya setiap petakan
    mempunyai saluran keliling (caren) yang lebarnya 5-10 m di sepanjang keliling
    petakan sebelah dalam. Di bagian tengah juga di buat caren dari sudut ke sudut
    (diagonal). Kedalaman caren itu 30-50 lebih dalam daripada bagian lain dari
    dasar petakan yang disebut pelataran. Bagian pelataran hanya dapat berisi air
    sedalam 30-40 cm saja. Bentuk petakan umumnya empat persegi panjang dengan luas 1-3 ha per petakan.

    Strengths(kekuatan)
    -Komoditi udang mempunyai nilai ekspor tertinggi disbanding perikanan lainya
    -Mendatangkan devisa besar bagi Negara
    -Udang produk makanan yang populer universal

    weakness(kelemahan)
    -Diperlukan Modal Kerja yang cukup signifikan
    -Hambatan tariff dan non tariff, berupa berupa masalah pelabelan, standarisasi, isu dumping dan berupa persyaratan mutu
    -Kendali pasokan bahan baku udang yang akan di ekspor

    Opportunity :
    – Prospek pasar udang kini meluas
    -Prospek budidaya semakin terbuka dan sangat potensial.
    -Udang dapat diolah menjadi sebuah produk makanan seperti kerupuk dan menjadi olahan kuliner lainya

    Threat (ancaman)
    -Persaingan dengan Negara pengimpor udang lainya
    – induk udang kualitasnya tidak terlalu bagus
    – industri pengolahan terancam berhenti operasi akibat kekurangan bahan baku.
    Sumber : http://iak.kemenperin.go.id/edocument/ROADMAP udang.pdf

    Komentar oleh RICKY IKHWANSYAH | Januari 13, 2011 | Balas

  27. Salam Pak Jo 
    Tugas individu Manajemen Semester III
    Nama : Putri Amalia (ERC1B009041)
    Produk : Jambu Biji Merah
    Generik : Unsur yang terdapat dalam jambu biji adalah Energi, Vitamin A, Protein, Vitamin B1, Lemak, Vitamin B2, Karbohidrat, Vitamin C, Kalsium, Niacin Fosfor, Serat, Zat Besi, Air
    Expected : jambu biji merah tidak membahayakan bagi banyak penderita penyakit.
    Value added : dengan mengkonsumsi jambu biji merah maka kita tidak akan merasa lapar sampai malam bahkan bagi yang kurus berat tubuhnya akan tetap ideal hal itu terjadi dikarenakan kekayaan gizi yang terkandung didalamnya akan membantu menjaga metabolisme dan membantu penyerapan gizi.
    Potential : jambu biji merah baik dikonsumsi oleh penderita DBD yang kehilangan banyak plasma darah akibat penurunan trombosit.
    Permasalahan penting yaitu kualitas dan peran sektor jasa dalam operasional jambu biji merah
    Permasalahan Kualitas : Dalam memproses jambu biji merah menjadi minuman seperti buah vita memang sering sekali kualitasjambu biji yang digunakan kurang baik maka masalah yang timbul dari penggunaan jambu biji merah yang kurang baik ini menyebabkan hasil produksi jambu biji tidak layak konsumsi lagi.
    Solusi : Solusi untuk masalah kualitas jambu biji merah yang akan digunakan adalah bagaimana sektor industri jambu biji mearah tersebut untuk sadar menggunakan produk minuman yang berkualitas baik atau sesuai standar selain itu perlunya tim pengawas tersebut apakah layak atau tidak konsumsi terproduksi menjadi buah vita yang tentunya akan merugikan konsumen.
    Permasalahan peran sektor jasa : 1.jasa transportasi sangat berperan dalam pemasaran produk buah vita.Namun pada kenyataannya ada juga jasa tranportasiyg mengalami keterlambatan yang menyebabkan buah jambu biji mengalami busuk atau layu,.
    Solusi : 1.jalan yang di gunakan untuk transportasi haruslah baik agar waktu mengantarkan produknya tepat waktu.

    http://www.oblo.web.id/2008/12/manfaat-jambu-biji-merah.html

    Komentar oleh Putri Amalia | Januari 13, 2011 | Balas

  28. Tugas Individu
    Komodity: Bengkoang
    Nama: Hari setiawan
    Nim: ERC1B009011
    GENERIC PRODUCT
    Bengkuang merupakan buah yang kaya akan berbagai zat gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam bengkuang adalah pachirhizon, rotenon, vitamin B1 dan C.Mineral yang terkandung dalam bengkuang adalah fosfor, zat besi, kalsium dan lain-lain. Bengkuang juga merupakan buah yang mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga dapat menyegarkan tubuh setelah mengkonsumsinya dan menambah cairan tubuh yang diperlukan untuk menghilangkan deposit-deposit lemak yang mengeras yang terbentuk dalam beberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, bengkuang dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
    Contohnya: bengkuang sebagai obat tradisional untuk penyakit beri-beri, Sariawan, Diabetes Mellitus, Wasir, demam menurunkan kadar kolesterol darah.
    EXPECTED PRODUCT
    bengkuang umumnya dikonsumsi dalam bentuk segar. Di Indonesia umbi mudanya dimakan mentah bersama-sama dengan buah lainnya karena kandungan vitamin dan mineral yang ada,sehingga tidak berbahaya untuk d konsumi langsung.
    Contohny: untuk d buat rujak manis, untuk membuat koktil, sebagai sayuran untuk masakan khas palembang (seperti modal, tekwan dll).

    VALUE ADD PRODUCT
    . Selain sebagai bahan pangan,bengkuang secara tradisional juga sangat dikenal dalam dunia kecantikan,yaitu untuk perawatan wajah.
    Contohnya: sebagai masker kecantikan untuk memutihkan dan menyegarkan kulit. Di kehidupan modern saat ini, masker bengkuang telah dipasarkan dalam bentuk bubuk atau pasta siap pakai.

    POTENSIAL PRODUCT
    sebagai bahan baku untuk di olah,obat tradisional dan sebagai bahan kecantikan.
    Contohny: keripik bengkuang,masker kecantikan,dan obat penangkal serangan radikal bebas penyebab kanker dan penyakit degeneratif.

    2.permasalahan Dalam konteks manajemen operasional
    Kualitas :
    1. kondisi cuaca yg buruk dapat menyebabkan kualitas hasil panen menjadi buruk.
    2. serangan hama dan penyakit yang dapat merusak produksi bengkuang.
    Solusinya: 1. memahami perubahan iklim dan cuaca agar dapat mengantisipasi cuaca buruk dan kalau perlu,bekerja sama dengan BMKG.
    2. memberikan obat-obat & menyemprotkan pestisida untuk membasmi hama dan penyakit.
    Sektor Jasa
    Masalah:
    1. Sulitnya pembudidaya mendapatkan akses permodalan dari pihak lembaga keuangan mikro mapun pihak investor.
    2. Jaringan jalan yang ada kurang merata menghubungkan daerah sentra produksi dengan pasar. Begitu pula hubungan intermoda trasportasi belum efektif.

    Solusinya:
    1.Meminta bantuan dari pemerintah untuk pembudidayaannya serta mendapatkan akses permodalan dari pihal lembaga keuangan mikro mapun pihak investor.
    2 menghubungi pemerintah setempat agar bekerjasama untuk membangun infrastruktur.

    Sumber Online

    http://klik-brc.com/index.php?option=com_content&view=article&id=478:manfaat-bengkuang&catid=71:makanan&Itemid=38

    http://www.infospesial.com/article/kesehatan/manfaat-bengkoang.htm

    http://agung-smk-turen.blogspot.com/2007/03/tugas-lho.html

    Komentar oleh Hari setiawan | Januari 13, 2011 | Balas

  29. SELAMAT SIANG PAK JO
    TUGAS INDIVIDU
    NAMA : SINGGIH PAMBUDI
    NIM : ERC1B009006
    MANAJEMEN EKSTENSI

    PRODUK: KACANG HIJAU

    *Generic Product
    Kandungan yang ada pada Kacang Hijau per 100 gram antara lain :
    – Protein (g) 24,0
    – Lemak (g) 1,3
    – Karbohidrat (g) 56,7
    – Kalsium (mg) 124
    – Fosfor (mg) 326
    – Vitamin B1 (mg) 0,47
    – Vitamin B2 (mg) 0,39
    Contoh: Dijadikan sebagai bubur untuk sarapan pagi

    *Expected Product
    Kacang hijau merupakan makanan yang lezat dan bergizi tinggi, karena kaya akan serat,vitamin dan mineral esensial sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.
    Contoh: Kacang hijau ini biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan digunakan lebih praktis, bias dibuat bubur kacang hijau dan kue kumbuh.

    *Value added product
    Kandungan gizi yang terdapat dalam kacang hijau, antara lain; dalam 110 gram kacang hijau mengandung 345 kalori, 22,2 gram protein, 1,2 gram lemak, vitamin A, B1, 1,157 IU, mineral berupa fosfor, zat besi, dan mg.
    Contoh: Kacang hijau juga bisa menurunkan demam, bahkan menurut hasil penelitian, kacang hijau adalah penurun demam yang terbaik bila dibandingkan dengan penurun demam dari ramuan tradisional lainnya.

    *Potensial Product
    a. Sebagai makanan sehari-hari
    Contoh :sebagai sarapan bubur untuk pagi hari
    b. Sebagai olahan industri
    1. Kumbuh
    2. Bakpia
    3.bakpau

    * Permasalahan yang timbul dalam konteks manajemen operasional dan solusinya
    *kualitas
    Masalah
    1. Serangan penyakit hama, tanaman kacang sangat rentan terhadap hama dan penyakit
    2. Keadaan cuaca dan iklim yang kurang kondusif
    Solusi
    1. Melakukan penyemprotan pestisida secara efektif
    2. Menganalisa cuaca melalui instansi-instansi terkait agar mengetahui kapan waktu tanam yang efisien.

    *Masalah dalam sektor jasa
    Masalah
    1.kurangnya dukungan infrastur yang baik dan pihak yang memasarkan produk kacang hijau ini
    2.kesulitan pada permodalan dan investasi
    3. kurangnya pengetahuan yang luas terhadap budidaya kacang hijau
    *Pemecahan Masalah
    1.menghubungi pemerintah setempat untuk perbaikan infrastruktur dan mengusulkan pengadaan wadah kegiatan ukm kacang hijau
    2.mencari dukungan dari investor yang terkait dan bergerak dalam bidang industry kacang hijau
    3.mengadakan penyuluhan-penyuluhan tentang budidaya kacang hijau

    *Sumber Online

    http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page/Kesehatan-Pengobatan/?kid=1915

    http://bataviase.co.id/node/108273

    Komentar oleh SINGGIH PAMBUDI | Januari 13, 2011 | Balas

  30. Tugas Individu
    Nama : Stella Andelina(ERC1B009017)
    Produk : Jeruk Nipis

    Generik : Unsur yang terdapat dalam jeruk nipis adalah unsur senyawa kimia yang bemanfaat dalam jeruk nipis, seperti linalina setat, limonen, geranil asetat, sitral dan fellandren. Di dalam 100 gram buah jeruk nipis mengandung: vitamin C 27 mg kalsium 40 mg, fosfor 22 miligram, hidrat arang 12,4 g, vitamin B 1 0,04 mg, zat besi 0,6 mg, lemak 0,1 g, kalori 37 kkal, protein 0,8 g dan air 86 g. Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral dan asam sitrat.
    Expected : jeruk nipis tidak untuk di konsumsi untuk penderita sakit magg
    Value added : dengan mengkonsumsi jeruk nipis maka kita dapat Mengurangi Mual atau Mabuk saat perjalanan. Minum air jeruk nipis sebelum berangkat, dengan catatan perut musti diisi dulu. Jika air jeruk terlalu asam bisa dicampur sedikit gula.

    Potential : jeruk nipis baik dikonsumsi untuk Mengurangi rasa pegal dan tegang.
    Permasalahan penting yaitu kualitas dan peran sektor jasa dalam operasional jeruk nipis
    Permasalahan Kualitas : Dalam memproses jeruk nipis Wangi jeruk yang menyegarkan membuat semangat Anda timbul. Hal ini sangat berguna di pagi hari ketika Anda merasa lemas dan tidak bersemangat.
    Solusi :jika Anda merasa lelah seusai beraktivitas sehari penuh, wewangian jeruk dapat membantu Anda menenangkan dan menyamankan tubuh. Cobalah berendam dengan air mandi yang ditetesi minyak esensial sitrun. Berendamlah dan hirup aromanya yang menenangkan tersebut
    Permasalahan peran sektor jasa : 1. Dalam pengemasannya biar tidak busuk jeruk nipis harus di kemas dengan rapi dan tertata baik agar tidak busuk dan layu

    Solusi : 1.Dalam melakukan pengemasan tempat pengemasannya harus berkualitas baik,steril agar buah jeruk nipis tidak membusuk dan tidak layu.

    http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/1830553-segudang-manfaat-jeruk-nipis/

    http://www.agusta27.info/2010/06/manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan.html

    Komentar oleh Stella Andelina | Januari 13, 2011 | Balas

  31. Salam Pak jo
    NAMA : FERRY ANGRIAWAN
    NIM : ERC1B009032
    KOMODITI : JAGUNG

    1.GENERIC PRODUCT
    Jagung kaya akan lemak nabati sehingga sering diolah untuk diambil minyaknya yang merupakan sumber asam lemak omega-6,Dan juga selain mengandung serat yang pentin untuk menurunkan kadar kolesterol jagung juga kaya akan asam folat yang berperan menurunkan kadar homosistein.

    EXPECTED PRODUCT
    Jagung sangat aman dikonsumsi bagi semua umur karena memiliki kandunagan yang sangat aman. Dan juga jagung banyak mengandung senyawa fitokimia dalam bentuk terikat yang kekuatan antioksidannya tidak kalah dengan antioksidan dalam buah dan sayuran. Komponen fitokimia bermanfaat membantu serat menurunkan resiko kanker terutama kanker usus.

    VALUE ADD PRODUCT
    Mengkonsumsi jagung dapat untuk sebagi pengganti nasi,karena jagung memiliki juga kabohidrat yang dapat menggantikan nasi dalam tubuh manusia.

    POTENSIAL PRODUCT
    Dengan mengkonsumsi jagung dapat menyegarkan dan menghaluskan kulit tubuh karena memiliki kabohidrat yang cukup tinggi.salah satu kelebihan lain jagung adalah kandungan provitamin A yang tinggi dalam bentuk pigmen. Jagung sangat direkomendasikan bagi para perokok karena mengandung betacryptoxanthin yang dapat menurunkan resiko kanker paru – paru.

    2.Permasalahan Dalam konteks manajemen operasional
    MASALAH KUALITAS: kondisi tanah yang kurang baik sering kali mengakibatkan kualitas jagung sangat buruk.dan juga produksi jagung sangat rentan terkena hama.
    SOLUSI : Harus adanya penyuluhan tentang masalah keadaan tanah yang baik kepada petani jagug,dan juga pemerintah harus berperan serta terhadap reaseach tentang pembasmi hama jagung.Karena mengingat jagung memiliki protein sangat tinggi.

    SEKTOR JASA: Kurangnya pemberutaan atau iklan mengenai manfaat dari jagung mengakibatkan banyak masyarakat kurang mengetahui kelebihan jagung.Dan juga yang ada di iklankan hanya tentang jagung yang dapat menjadi gula bagi penderita diabetes saja,Sedangkan banyak manfaat lain dari jagung tersebut.

    SOLUSI : Memberikan iklan Yang menayangkan tentang kelebihan jagung yang lainnya,bukan hanya menjadi gula rendah kalori saja.Dan juga peran jasa departemen kesehatan tentang jagung dapat dijadikan pengganti nasi.

    Komentar oleh FERRY ANGRIAWAN | Januari 13, 2011 | Balas

  32. Salam Pak jo
    NAMA : FERRY ANGRIAWAN
    NIM : ERC1B009032
    KOMODITI : JAGUNG

    1.GENERIC PRODUCT
    Jagung kaya akan lemak nabati sehingga sering diolah untuk diambil minyaknya yang merupakan sumber asam lemak omega-6,Dan juga selain mengandung serat yang pentin untuk menurunkan kadar kolesterol jagung juga kaya akan asam folat yang berperan menurunkan kadar homosistein.

    EXPECTED PRODUCT
    Jagung sangat aman dikonsumsi bagi semua umur karena memiliki kandunagan yang sangat aman. Dan juga jagung banyak mengandung senyawa fitokimia dalam bentuk terikat yang kekuatan antioksidannya tidak kalah dengan antioksidan dalam buah dan sayuran. Komponen fitokimia bermanfaat membantu serat menurunkan resiko kanker terutama kanker usus.

    VALUE ADD PRODUCT
    Mengkonsumsi jagung dapat untuk sebagi pengganti nasi,karena jagung memiliki juga kabohidrat yang dapat menggantikan nasi dalam tubuh manusia.

    POTENSIAL PRODUCT
    Dengan mengkonsumsi jagung dapat menyegarkan dan menghaluskan kulit tubuh karena memiliki kabohidrat yang cukup tinggi.salah satu kelebihan lain jagung adalah kandungan provitamin A yang tinggi dalam bentuk pigmen. Jagung sangat direkomendasikan bagi para perokok karena mengandung betacryptoxanthin yang dapat menurunkan resiko kanker paru – paru.

    2.Permasalahan Dalam konteks manajemen operasional
    MASALAH KUALITAS: kondisi tanah yang kurang baik sering kali mengakibatkan kualitas jagung sangat buruk.dan juga produksi jagung sangat rentan terkena hama.
    SOLUSI : Harus adanya penyuluhan tentang masalah keadaan tanah yang baik kepada petani jagug,dan juga pemerintah harus berperan serta terhadap reaseach tentang pembasmi hama jagung.Karena mengingat jagung memiliki protein sangat tinggi.

    SEKTOR JASA: Kurangnya pemberutaan atau iklan mengenai manfaat dari jagung mengakibatkan banyak masyarakat kurang mengetahui kelebihan jagung.Dan juga yang ada di iklankan hanya tentang jagung yang dapat menjadi gula bagi penderita diabetes saja,Sedangkan banyak manfaat lain dari jagung tersebut.

    SOLUSI : Memberikan iklan Yang menayangkan tentang kelebihan jagung yang lainnya,bukan hanya menjadi gula rendah kalori saja.Dan juga peran jasa departemen kesehatan tentang jagung dapat dijadikan pengganti nasi

    Komentar oleh FERRY ANGRIAWAN | Januari 13, 2011 | Balas

  33. Salam pak joe
    Tugas individu : Mohd. Tomi Febrianto
    N I M : E R C 1 B 0 0 9 0 8 1
    Komodity : Pisang
    Generic :
    -Pisang banyak mengandung vit A yang tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap ISPA, kulit bersisik, dan kebutaan.
    – pisang mengandung Asam Folat
    – mengandung zat besi
    – banyak mengandung Vit C
    Expected :
    a.sumber energy
    b. untuk ibu hamil – karena mengandung asam Folat dalam 1 buah pisang.
    c. penderita anemia
    d. penyakit usus dan perut
    Value added :
    -dengan mengkonsumsi pisang dapat menurunkan berat badan
    – dapat menurunkan resiko stroke
    -dapat menghindari darah tinggi
    Potensial :
    -Dua buah pisang menyokong tenaga yang cukup untuk sebuah latihan berat selama 90 minit, oleh kerana itu, popular dengan atlet terkemuka di dunia.
    – Guna pisang untuk melembutkan & melembabkan kulit anda.
    – Terus penggunaan pisang sebagai anti penuaan agen menunjukkan peningkatan yang luar biasa pada tekstur kulit dan garis penuaan
    2. Permasalahan kualitas dan sector jasa :
    a. kualitas :
    1. kondisi cuaca yg buruk yg menyebabkan hasil panen dan kualitas pisang pun menjadi buruk
    – solusi nya : meberikan sanggahan/ penahan pada saat cuaca angin kencang.
    2. sering nya layu terhadap buah itu sendiri.
    – solusi nya : memberikan vaksin vitamin terhadap tumbuhan pohon nya.
    b. sector jasa :
    1. Jasa tranportasi yg terlambat yg menyebabkan pisang membusuk di jalan seblm sampai di pasar/pembeli
    – solusi nya : jasa tranportasi harus tepat pd waktu pd saat mengantarkan pisang ke tujuan(pasar/pembeli).
    2. Jasa pengemasan yg sembarangan sehingga pisang banyak yg bonyok sebelum sampai kepasr/pembeli
    – solusi nya : jasa pengemasan harus tertata rapi harus efisien sehingga pisang tdk bonyok pd saat dijalan karna pengemasan yg sembarang.

    http://www.muslimdaily.net/berita/medis/1532/kandungan-nutrisi-pisang-sebagai-buah-kehidupan\

    http://carahidup.um.ac.id/2009/07/ketahui-banyaknya-manfaat-buah-pisang-untuk-kita/

    http://pusatmedis.com/menurunkan-berat-badan-dengan-pisang_540.htm

    http://chocoties.blogspot.com/2010/12/63-kebaikan-makan-pisang.html

    Komentar oleh Mohd. Tomi Febrianto | Januari 13, 2011 | Balas

  34. Syalom Pak Jo ..

    Tugas Individu
    Nama : Dewi Christina (ERC1B009027)
    Produk : Bunga Rosella

    Generik : Unsur yang terdapat dalam Bunga Rosella adalah Vitamin C yang tinggi pada kelopak bunga ROSELLA mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai macam penyakit dan sebagai antioksidan. Kelopak bunga ROSELLA juga kaya akan vitamin A, B1, B2, niasin dan vitamin D, serta mengandung mineral, seperti Kalsium, Fosfor, Potassium dan Zat Besi yang sangat penting untuk tubuh.
    Expected : Bunga Rosella tidak membahayakan bagi banyak penderita penyakit.

    Value added : dengan mengkonsumsi Kelopak bunga rosella atau produk olahan ROSELLA lainnya secara benar dan teratur; baik sebagai bahan makanan, minuman, obat ataupun jamu herbal, dapat menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan dan penyakit. Kita juga dapat mengurangi konsumsi minuman sejenis seperti sirup yang kurang baik oleh tubuh karena kita mengkonsumsi Teh Kelopak bunga rosella atau produk olahan lainnya.

    Potential : bunga rosella baik dikonsumsi oleh wanita dan juga pria, orang yang mempunyai tekanan darah tinggi, tinggi kolesterol, Obesitas/kegemukan, penderita asam urat, pekerja aktif yang mudah jenuh/stress, susah buang air besar, kecanduan narkoba, kecanduan rokok, penderita wasir, penderita batu ginjal, wasir, Gusi berdarah, untuk pria dewasa dapat menambah gairah dan keperkasaan, untuk pria yang lemah syawat dan kelesuan.

    Permasalahan penting yaitu kualitas dan peran sektor jasa dalam operasional bunga rosella
    Permasalahan Kualitas : Dalam memproses bunga rosella merah menjadi minuman seperti sirup rosella memang sering sekali kualitas rosella yang digunakan kurang baik maka masalah yang timbul dari penggunaan bunga rosella yang kurang baik ini menyebabkan hasil product olahan bunga rosella tidak layak konsumsi lagi.

    Solusi : Solusi untuk masalah kualitas bunga rosella yang akan digunakan adalah bagaimana sektor industri bunga rosella tersebut untuk sadar menggunakan produk minuman yang berkualitas baik atau sesuai standar selain itu perlunya tim pengawas tersebut apakah layak atau tidak konsumsi terproduksi menjadi sirup rosella yang tentunya akan merugikan konsumen.
    Permasalahan peran sektor jasa : 1.jasa transportasi sangat berperan dalam pemasaran produk bunga rosella. Namun pada kenyataannya ada juga jasa tranportasiyg mengalami keterlambatan yang menyebabkan bunga rosella mengalami busuk atau layu,.
    Solusi : 1. Jalan yg digunakan dan kendaraan haruslah dalam kondisi baik, agar sampai pada tujuan dengan keadaan baik pula.
    Sekian tugas invidu dari saya, adapun bahan yang saya ambil melalui situs di internet :

    http://christina-wijaya.blogspot.com/

    http://sentraherbalonline.com/index.php?act=article&id=4

    http://blogbintang.com/manfaat-teh-dari-bunga-rosella-merah

    Komentar oleh Dewi Christina | Januari 14, 2011 | Balas

  35. Salam pak Jo ,,
    Tugas Individu
    Nama : Putri Amalia (ERC1B009041)
    Produk : Jambu Biji Merah
    Generik : Unsur yang terdapat dalam jambu biji adalah Energi, Vitamin A, Protein, Vitamin B1, Lemak, Vitamin B2, Karbohidrat, Vitamin C, Kalsium, Niacin Fosfor, Serat, Zat Besi, Air
    Expected : jambu biji merah tidak membahayakan bagi banyak penderita penyakit.

    Value added : dengan mengkonsumsi jambu biji merah maka kita tidak akan merasa lapar sampai malam bahkan bagi yang kurus berat tubuhnya akan tetap ideal hal itu terjadi dikarenakan kekayaan gizi yang terkandung didalamnya akan membantu menjaga metabolisme dan membantu penyerapan gizi.

    Potential : jambu biji merah baik dikonsumsi oleh penderita DBD yang kehilangan banyak plasma darah akibat penurunan trombosit.
    Permasalahan penting yaitu kualitas dan peran sektor jasa dalam operasional jambu biji merah.

    Permasalahan Kualitas : Dalam memproses jambu biji merah menjadi minuman seperti buah vita memang sering sekali kualitasjambu biji yang digunakan kurang baik maka masalah yang timbul dari penggunaan jambu biji merah yang kurang baik ini menyebabkan hasil produksi jambu biji tidak layak konsumsi lagi.
    Solusi : Solusi untuk masalah kualitas jambu biji merah yang akan digunakan adalah bagaimana sektor industri jambu biji mearah tersebut untuk sadar menggunakan produk minuman yang berkualitas baik atau sesuai standar selain itu perlunya tim pengawas tersebut apakah layak atau tidak konsumsi terproduksi menjadi buah vita yang tentunya akan merugikan konsumen.
    Permasalahan peran sektor jasa : 1.jasa transportasi sangat berperan dalam pemasaran produk buah vita.Namun pada kenyataannya ada juga jasa tranportasiyg mengalami keterlambatan yang menyebabkan buah jambu biji mengalami busuk atau layu,.
    Solusi : 1.jalan yang di gunakan untuk transportasi haruslah baik agar waktu mengantarkan produknya tepat mwaktu.
    Sumber online :

    http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/pkm/article/view/2995

    http://www.penalaran-unm.org/index.php/publikasi-nalar/jurnal/111-pemanfaatan-daun-jambu-biji-psidium-guajava-l-sebagai-alternatif-pengawet-telur-ayam-ras.html

    Komentar oleh Putri Amalia | Januari 14, 2011 | Balas

  36. Salam Pak Jo…

    Nama : Asset Winardi
    Nim : ERC1B009025
    Universitas Jambi Program Ekstensi

    Komoditi yang diamati “Jeruk”

    Generic Product
    Jeruk telah lama dikenal sebagai buah segar dan bergizi baik. selain kaya vitamin dan mineral, ia juga mengandung serat makanan yang esensial, bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh normal.
    Jeruk sangat baik dikonsumsi oleh siapa saja, terutama kaum wanita karena kandungan lycopene yang ada didalamnya mencengah kanker payudara. dan bagi ibu hamil jeruk sangat baik mengurangi resiko bayi lahir cacat, selain itu juga jeruk sangat cocok untuk memperbaiki jaringan sel-sel kulit yang sudah mati, sehingga bagus untuk kulit.

    Expected Product
    Jeruk mengandung Flavonoids yang dapat menjadi sel imun dan antibodi yang berguna untuk kekebalan tubuh agar tidak terserang flu dan pilek. keunggulan lain jeruk tidak mengandung sodium, lemak, dan kolesterol, kandungan kalorinya pun rendah sehingga tidak dikhawatirkan lagi bagi mereka yang berupaya menurunkan bobot badan.
    Karbohidrat dalam jeruk merupakan karbohidrat sederhana, yaitu glukosa, fluktosa, dan sukrosa. karbohidrat kompleksnya berupa polisakarida non-pati yang baik untuk kesehatan. serat makanan ini dalam tubuh akan mengikat zat gizi larut dalam air pada suatu gel matriks, sehingga dapat memperlambat proses penggosokan lambung, serta proses pencernaan dan penyerapan.

    Value Added Product
    Jeruk bagi anak-anak buah yang sangat disukai, tak heran jika banyak produk makanan, obat, vitamin, bahkan sikat gigi pun mengambil rasa jeruk yang menyegarkan ini.
    Wangi jeruk yang menyegarkan membuat semangat akan kembali timbul, hal ini sangat berguna dipagi hari bagi kita yang merasa lemas dan tidak bersemangat, sehingga banyak sekali parfum ataupun pengharum ruangan yang beraromakan jeruk.
    Banyak juga produk olahan jeruk yang berupa sabun maupun shower gel beraroma jeruk, aroma lime atau jeruk nipis sangat berguna untuk membangkitkan semangat.

    Potential Product
    Olahan jeruk sangat baik dibuat aroma terapi, berfungsi untuk menenangkan pikiran, dan melatih pernafasan menghirup aroma esensial dari buah jeruk tersebut. sehingga banyak produk aroma terapi rasa jeruk yang saat ini sangat baik dipergunakan.
    Buah jeruk juga ternyata berfungsi sebagai higlight alami untuk rambut, agar rambut tampak berkilau dan menjaga warna pada rambut. manfaat lainnya buah jeruk juga bisa dipergunakan untuk menyejukkan kulit kepala, dan membantu mengatasi ketombe, berpotensi untuk menciptakan hair tonic orange.
    jika mengalami kulit kering, berwarna kehitaman dan kasar, jeruk sangat baik untuk menanganinya.

    Permasalahn Yang Menyangkut Kualitas
    Buah jeruk sudah biasa dinikmati oleh masyarakat kita dalam bentuk buah segar dan ini dilakukan oleh kebanyakan penduduk Indonesia, namun buah ini juga dapat dinikmati dalam bentuk hasil olahan baik berbentuk cairan seperti sirup jeruk dan berbentuk serbuk atau tepung jeruk.
    Jeruk manis, lemon dan grape fruit akan lebih praktis dan serasa nikmat kalau diminum dalam bentuk sari buah. Kelebihan sari buah ini dibandingkan buah segar adalah tahan lama dan tidak cepat membusuk seperti halnya dalam bentuk buah segar, yang mudah sekali menurun kualitasnya.
    Jeruk dapat diolah menjadi berbagai bentuk seperti sirup jeruk, dan sari buah jeruk dalam bentuk serbuk, bahkan untuk jenis tertentu dapat diolah menjadi sirup jeruk sambal misalnya untuk jenis limau (Citrus amblycarpa) yang banyak dibudidayakan di daerah Majalengka Jawa Barat.
    Bentuk serbuk sari buah jeruk lebih mudah disimpan dan praktis jika dibandingkan dalam bentuk cairan karena selain menghemat tempat juga lebih tahan simpan, jika cara penyimpanan baik dan memenuhi syarat. Jika ingin meminumnya tinggal menuangkan air dan gula dengan perbandingan 1 : 1.
    Proses pengolahan serbuk sari jeruk berbeda dengan proses pembuatan sari jeruk cair. Serbuk jeruk dibuat dengan baku jeruk jenis tertentu, dan tidak semua jenis jeruk dapat diolah menjadi serbuk sari jeruk. Biasanya serbuk ini dibuat dengan memilih jeruk yang sehat dan tidak cacat kulitnya.
    Buah paling baik adalah buah ketika dipanen mengandung kadar gula dan asamnya maksimal atau dengan kata lain buah yang masak di pohon, sehingga serbuk yang dihasilkanpun manis rasanya bukan sebaliknya pahit. Hanya buah jeruk sehat akan menghasilkan serbuk sari buah yang baik, sehingga pentinya melakukan pemilihan jeruk untuk keperluan pembuatan produk ini.

    Peran Sektor Jasa
    Jus dalam bentuk kemasan saat ini mulai banyak di konsumsi masyarakat kita, bahkan saya sendiri rutin meminum jus kemasan karena selain sehat juga praktis bisa dibawa dan diminum kapan saja tanpa harus bawa blender. Oleh karena itu untuk membentuk suatu usaha jus kemasan ini diperlukan teknologi pengemasan dan pengolahan sehingga jus dapat bertahan lama secara alami dan tetap segar meski diminum kapan saja.
    Mengenai pemasaran, agar lebih meningkatkan produktivitas maka pemasaran harus mencapai luar daerah dan lebih baik lagi bila seluruh Indonesia. Jika benar ini terjadi, maka sudah dapat dipastikan kemungkinan akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Dalam hal ini tentunya perlu promosi yang baik agar dapat terdistribusi keseluruh pelosok Indonesia.
    Dengan meningkatnya permintaan pasar terhadap produk jus kemasan ini, maka petani jeruk juga akan kewalahan untuk melayani permintaan perusahaan terhadap buah segar sebagai bahan utama produk ini. Lowongan kerja juga akan banyak diperlukan, petani jeruk dapat menjadikan jeruk sebagai komoditi andalan penghasilan hidupnya.

    Solusi
    Lebih menyediakan infrastruktur kebun seperti jalan usaha tani dan sarana irigasi untuk memudahkan aktivitas kebun dan menjamin suplai air, sehingga produksi jeruk berkwalitas baik. Serta memberi motivasi ke daerah-daerah sentra buah jeruk melalui pelatihan dan pemberian pengetahuan untuk hasilan produk olahan jeruk yang baik.

    Sumber :

    http://www.berita8.com/news.php?cat=6&id=1198

    http://indofruits.blogspot.com/2007/08/khasiat-alami-buah-jeruk.htmlhttp://bayivegetarian.com/?p=198

    http://digikidblogs.blogspot.com/2008/08/macam-macim-manfaat-jeruk.html

    Komentar oleh Asset Winardi | Januari 14, 2011 | Balas

  37. TUGAS INDIVIDU
    DINA ANGGELIN
    ERC1B009004
    Komoditi :
    JERUK
    Generic product
    Buah jeruk merupakan sumber vitamin C yang berguna untuk kesehatan manusia. Kandungan vitamin C sangat beragam antarvarietas, tetapi berkisar antara 27-49 mg/100 g daging buah.
    Sari buah jeruk mengandung 40-70 mg vitamin C per 100 ml, tergantung pada jenisnya. Makin tua buah jeruk, biasanya makin berkurang kandungan vitamin C-nya, tetapi semakin manis rasanya.
    Vitamin C terdapat pada sari buah, daging, dan kulit. Seperempat bagian dari total kandungan vitamin C buah jeruk terdapat di dalam sari buahnya. Betakaroten (provitamin A), yang membentuk vitamin A banyak terdapat di dalam kulit dan sari buah jeruk.
    Expected product

    Vitamin C berperan dalam proses penyerapan zat besi nonorganik (zat besi dan makanan nonhewani) sehingga dapat mencegah dan membantu penyembuhan anemia (lesu darah). Vitamin C juga memiliki kemampuan sebagai antioksidan, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat aktivitas molekul radikal bebas.

    Value added product

    Buah jeruk adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama.

    Potential produk

    manfaatnya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mingkatkan kolesterol baik (HDL). Jeruk juga berlimpah kandungan flavanoidnya, seperti flavanpis yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal menangkap radikal bebas penyebab kanker. Flavanoid juga menghalangi reaksi oksidasi LDL yang menyebabkan darah mengental dan mencegah pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah. Jeruk juga kaya akan kandungan gula buah yang dapat memulihkan energi secara cepat. Jeruk juga kaya akan serat (dietary fiber) yang dapat mengikat zat karsinogen di dalam saluran pencernaan. Manfaatnya sembelit, wasir dan kanker kolon bisa dihindari

    PERMASALAHAN KUALITAS
    Jeruk adalah sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan.dari segi kualitas buah jeruk termasuk buah yang mudah busuk.
    SOLUSI
    Simpanlah buah jeruk ditempat yang sejuk dan tidak terkena matahari.

    PERMASALAHAN SEKTOR JASA
    Untuk ekspor dalam jasa pengemasan disusun Harus rapi agar tidak terjadi benturan saat transportasi.
    SOLUSI
    Pengepakannya harus disusun rapi,dialasin plastic,boleh jg menggunakan peti kayu.

    Sumber : http://budiboga.blogspot.com/2007/04/buah-jeruk-cegah-stroke-dan-kanker.html

    Komentar oleh Dina anggelin | Januari 14, 2011 | Balas

  38. Tugas Individu
    Komodity : Jeruk Lemon
    Nama : Indah Intan Sari
    Nim : ERC1B009080

    1. Produk sesuai dengan tingkatan – tingkatan produknya :
    a) Generic Product
    Seorang pengusaha komodity jeruk lemon menyadari bahwa pelanggannya sama seperti pelanggan penjual jeruk lemon lainnya. Tidak ada tambahan yang diberikan pada komodity jeruk lemon ini. Penjual hanya menjual jeruk lemon dalam bentuk asli (buah).
    b) Expected Product
    Pada tingkatan ini pengusaha dituntut untuk memberikan fitur tambahan atau apa saja pada jeruk lemon tapi tidak merubah bentuk asli dari jeruk lemon itu sendiri.
    Misalnya : Dengan mengkonsumsi jeruk lemon, kita tidak perlu lagi mengkonsumsi tablet–tablet atau minuman–minuman yang mengandung vitamin c, karena jeruk lemon adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin c alami.
    c) Value Added Product
    Didalam tingkatan ini seorang pemasar mulai menambahkan hal – hal yang intangible terhadap produk yang diperdagangkan. Sehingga pelanggan merasa bahwa produk yang dijual memberi kepuasan melampaui kebutuhan pelanggan.
    Mialnya : Dengan mengkonsumsi jeruk lemon kita tidak hanya mendapatkan kesegaran setelah memakan dan mencium aroma buah ini, tetapi kita juga akan merasa lebih rileks dan tenang karena jeruk lemon ini mengandung extract aroma therapy yang dapat menenangkan pikiran.
    d) Potensial Product
    Fokus produk yang diperdagangkan pada masa yang akan datang mulai memasukkan hal-hal yang dibutuhkan oleh pelanggan.
    Contohnya : Jeruk lemon mengandung banyak vitamin dan mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk sistem imunitas (kekebalan). Buah ini juga dapat mencegah influenza, mencegah kanker, jantung dan stroke. Bahkan jeruk lemon juga berlimpah kandungan serat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol & trigliserida.

    2. Masalah kualitas dan peran sektor jasa dalam manajemen operasional beserta solusinya :
    a) Kualitas : Kebanyakan jeruk lemon yang kita temukan belakangan ini kualitasnya kurang begitu baik. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor antara lain, iklim, hama, pemberian bibit yang kurang baik hingga struktur tanah yang kurang baik pula.
    Solusinya : Petani harus lebih giat mencari informasi tentang bagaimana cara menanam jeruk lemon yang baik agar bisa dipraktekkan dan memberikan obat anti hama sesuai dengan takaran serta rutin memberikan pupuk agar zat hara dalam tanah tetap terjaga dengan baik.
    b) Sektor Jasa : Dibandingkan dengan jeruk biasa, masyarakat pada umumnya masih sangat jarang mengkonsumsi jeruk lemon asli. Hal ini dikarenakan masyarakat masih kesulitan untuk menemukan jeruk lemon di pasaran dan kebanyakan dari masyarakat pun belum begitu tahu kalau jeruk lemon sebenarnya adalah buah yang sangat baik untuk kelancaran proses kekebalan tubuh.
    Solusinya : Jeruk lemon seharusnya tidak hanya di pasarkan disupermarket besar saja, tetapi juga harus dipasarkan di pasar-pasar tradisonal agar mudah dijangkau oleh masyarakat. Dan pengusaha komodity produk ini pun harus lebih giat memberikan penyuluhan-penyuluhan pada masyarakat tentang manfaat dari jeruk lemon itu sendiri, agar masyarakat tertarik untuk mengkonsumsi buah ini.

    Sumber online :

    http://community.um.ac.id/showthread.php?51073-1001-Manfaat-Jeruk

    http://budiboga.blogspot.com/2007/04/buah-jeruk-cegah-stroke-dan-kanker.html

    http://upnjatim.forumeast.com/t481-1001-manfaat-buah-buahan

    http://www.anakciremai.com/2009/10/cara-menanam-pohon-jeruk-purut-nipis_01.html

    Komentar oleh Indah Intan Sari | Januari 14, 2011 | Balas

  39. tugas individu
    nama: eric fabiera suharman
    nim : erc1b009014
    komodity: nanas
    GENERIK:
    Kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, serta enzim bromelain

    EXPECTED:
    Makan buah nanas, sama artinya mengonsumsi obat pencahar (konstipasi)

    VALUE ADDED:
    Buah dan daun nanas bermanfaat pula membersihkan jaringan kulit yang mati

    POTENSI:
    buah nanas berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, mengganggu pertumbuhan sel kanker, dan mencegah terjadinya penggumpalan darah (blood coagulation)

    Permasalahan penting yaitu kualitas dan peran sektor jasa dalam operasional buah nanas:
    I.permasalahan kualitas
    1)Waktu dan cara panen yang belum diterapkan secara baik dan benar.
    2)Terbatasnya permodalan yang dimiliki petani,sehingga petani tidak mempunyai kekuatan untuk menerapkan usahatani nenas dengan baik dan benar.Seperti penggunaan benih unggul,pemeliharaan tanaman, penanganan panen dan lain sebagainya.
    3)Terbatasnya fasilitas pascapanen, yang mengakibatkan menurunnya kualitas buah nenas yang telah dipanen.
    4)Masih minimnya penanganan buah nenas selama diperjalanan dari kebun sampai ke pasar.Hal ini menyebabkan meningkatnya prosentase kerusakan buah.
    SOLUSI :
    Petani mesti belajar lebih banyak tentang waktu penanaman buah nanas sesuai dengan cuaca dan iklim yang cocok. Pemerintah juga mesti turut serta dalam membudidayakan buah nanas di indonesia dengan cara memberikan modal untuk para petani agar para petani nanas dapat membeli benih unggul,dan penanganan panen dengan fasilitas yang lengkap

    II. PERMASALAHAN SEKTOR JASA:
    1)Kurangnya informasi mengenai peluang pasar internasional
    2)Mahalnya biaya pengiriman. Sehingga harga jual produk kalah bersaing dengan negara exportir lainnya seperti Thailand.
    3)Sulitnya penyediaan buah yang memiliki mutu sesuai dengan permintaan konsumen
    4)Kontinuitas produksi nenas yang mempengaruhi kontinuitas suplai.
    SOLUSI:
    Para petani nanas indonesia mesti pintar mencari informasi peluang pasar internasional,karena buah nanas indonesia bersaing ketat dengan buah nanas thailand,seharusnya pemerintah memberi subsidi pada petani nanas agar dapat mengekspor produk nya ke pasar internasional dengan biaya yang lebih ringan

    SUMBER:
    1. http://carahidup.um.ac.id/2009/07/nanas-ananas-comosus-dari-manfaat-sampai-efek-samping/
    2. http://www.deptan.go.id/pesantren/ditbuah/Komoditas/Sentra/Kab_subang.htm

    Komentar oleh eric fabiera suharman (erc 1B 009014 | Januari 14, 2011 | Balas

  40. Tugas Individu
    Komodity : Lidah Buaya
    Nama : Devi Rolasni Gultom
    NIM : ERC1B009024

    Generic Product
    Kandungan Yang Ada Dalam Lidah Buaya
    Menurut seorang pengamat makanan kesehatan (suplemen), Dr. Freddy Wilmana, MFPM, Sp.FK, dari sekitar 200 jenis tanaman lidah buaya atau herbal food, yang baik digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis miller. Lidah buaya untuk herbal products jenis ini mengandung 72 zat yang dibutuhkan oleh tubuh.
    Di antara ke-72 zat yang dibutuhkan tubuh itu terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.
    Expected Product
    Mengingat kandungan herbal food products yang lengkap itu, lidah buaya natural herbal menurut Dr. Freddy bukan cuma berguna menjaga kesehatan, tapi juga mengatasi berbagai penyakit. “Misalnya lidah buaya untuk natural herbal food juga mampu menurunkan gula darah pada diabetesi yang tidak tergantung insulin. Dalam waktu sepuluh hari gula darah bisa normal
    Value added product
    Lidah buaya bersifat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Dalam lendir lidah buaya terkandung zat lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit. Lendir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit tidak cepat kering dan terlihat awet muda.
    Selain wasir, lidah buaya bisa mengatasi bengkak sendi pada lutut, batuk, dan luka. Lidah buaya juga membantu mengatasi sembelit atau sulit buang air besar karena lendirnya bersifat pahit dan mengandung laktasit, sehingga merupakan pencahar yang baik.
    Potensial Product
    Manfaat Lidah Buaya :
    1. lidah buaya bisa mengurangi peradangan gusi dan rasa tidak nyaman akibat jamur dan bakteri pada pasien yang mengalami gigi tanggal dan pasien yang melakukan pemasangan gigi palsu.
    2. lidah buaya mengandung komponen antibakteri dan antijamur. Karena itu, tanaman ini dinyatakan efektif meredakan gigitan serangga, jerawat, dan terbakar sinar matahari. Anda bisa mengoleskan gel yang dihasilkan lidah buaya ke area yang bermasalah.
    3. Tidak hanya meredakan gangguan kulit. Jika dikonsumsi, tanaman ini berperan sebagai laksatif yang efektif menghancurkan bakteri dan parasit jahat di dalam usus. Selain itu, lidah buaya juga diklaim bisa meredakan mag dan mual.
    4. Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan untuk meredakan batuk.

    2. Permasalahan dalam konteks operasional
    Kualitas :
    1. kondisi cuaca yg buruk dapat menyebabkan kualitas hasil panen menjadi buruk.
    2. serangan hama dan penyakit yang dapat merusak produksi lidah buaya.
    3. kondisi tanah yang buruk akan menyebabkan produksi lidah buaya tidak terlalu baik.
    4. lidah buaya yang tumbuh di daerah dataran rendah akan lebih baik daripada yang tumbuh di daerah pegunungan.
    Solusinya:
    1. memahami perubahan iklim dan cuaca agar dapat mengantisipasi cuaca buruk dan kalau perlu,bekerja sama dengan BMKG.
    2. memberikan obat-obat & menyemprotkan pestisida untuk membasmi hama dan penyakit.
    3. memprediksi kondisi tanah sehingga dapat terhindar dari gagal produksi.
    4. menanam lidah buaya di daerah dataran rendah.
    Sektor Jasa
    Masalah:
    1. Sulitnya pembudidaya mendapatkan akses permodalan dari pihak investor.
    2. kurangnya pengetahuan di masyarakat mengenai khasiat lidah buaya.
    3. membutuhkan penanganan khusus dalam pembibitan lidah buaya.

    Solusinya:
    1.Meminta bantuan dari pemerintah untuk pembudidayaannya serta mendapatkan akses permodalan dari pihak investor.
    2. mengadakan penyuluhan mengenani khasiat lidah buaya.
    3. memantau pembibitan secara intensif dan memperhatikan perkembangan secara periodik.

    Sumber : http://resepherbal.e-salim.com/

    http://books.google.co.id/books?id=bv5Yjw5Wrj4C&pg=PR5&lpg=PR5&dq=permasalahan+kualitas+lidah+buaya&source=bl&ots=do_sPf_e-z&sig=NXvJpHHbd2snvbtMykHmD-X3bzQ&hl=id&ei=i3gwTcXaCMnYrQeY8ujuCA&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=1&ved=0CBQQ6AEwAA#v=onepage&q=permasalahan%20kualitas%20lidah%20buaya&f=false

    Komentar oleh devi rolasni gultom | Januari 14, 2011 | Balas

  41. Tugas Individu
    Nama : Febri kusuma A.Siregar
    NIM : (ERC1B009038)
    Produk : Anggur

    1.Tingkatan Produk Anggur
    Generik produk :
    Anngur memiliki kandungan vitamin A, B1, B2, B6 dan C. Biji anggur mengandung flavonoid yang mampu melawan dan mencegah berbagai penyakit. Semakin gelap warna anggur, semakin tinggi konsentrasi flavonoid. Mineral yang terkandung dalam anggur, antara lain kalsium, tembaga, fluor, besi, magnesium, mangan, fosfor, potassium, silikon, dan sulfur.
    Anggur banyak mengandung asam tartrat dan asam amalat. Kandungan asam yang lainnya adalah asam suksinat, asam fumarat, asam gliserat, asam kumarat, dan asam kafeat. Tiap-tiap asam bermanfaat bagi kesehatan.
    Pada kulit anggur, terdapat kandungan beta karoten, likopen, dan fitonutrien lain seperti asam elagat, resveratrol, dan senyawa belerang. Biji anggur banyak mengandung antioksidan flavonol yang melawan radikal bebas dan mendukung perkembangan serta perbaikan jaringan tubuh.

    Expected produk :
    anggur tidak membahayakan bagi penderita asma, anemia, rematik dan encok.

    Value Added produk : dengan mengkonsumsi anggur dapat mengurangi konsumsi gula yang berlebihan dan dapat mengurangi konsumsi minuman yang tidak bermanfaat atau membahayakan bagi tubuh kita.

    Potensial produk :
    Antikoagulan. Kandungan cairan anggur mencegah pembekuan darah dan melancarkan sirkulasi darah sehingga meningkatkan kesehatan.Antiradang.
    Anggur efektif mengurangi risiko penyakit radang, misalnya rematik, encok, dan asma.
    Resveratrol dalam anggur mengurangi risiko penyakit arterosklerosis.Anggur berperan membersihkan ginjal, mencegah batu ginjal, dan melancarkan urin.Kandungan antioksidan yang tinggi ampuh melawan kanker.
    Jus anggur merupakan laksatif sehingga membantu membersihkan usus dan mencegah sembelit.
    Flavonol dalam biji anggur efektif mengurangi rabun, kelainan retina, dan meningkatkan ketajaman penglihatan.
    Anggur meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit jantung, dan menormalkan detak jantung.
    Minum jus anggur yang belum matang membantu menyembuhkan infeksi mulut dan tenggorokan.
    Kandungan mineral dalam anggur membersihkan hati sehingga bermanfaat untuk detoksifikasi.
    Agen pembersih dan kandungan vitamin C yang tinggi bermanfaat bagi kulit dan mencegah jerawat.

    2.Permasalahan dalam konteks manajemen operasional
    1.Kualitas :
    1. kondisi cuaca yg buruk yg menyebabkan hasil panen dan kualitas anggur pun menjadi buruk
    2. seringnya tanaman anggur diserang hama serangga sehingga kualitas dari anggur pun menjadi kurang baik.
    Solusinya:
    1. pada saat curah hujan tinggi &angin kencang petani anggur memberikan obat agar pohon anggur tersebut kuat tdk mudah terterpa angin dan memberikan kayu sebagai sandaran untuk pohon anggur agar tdk muduh roboh.
    2. untuk mencegah hal tersebut tanamlah bunga krisan, geranium, aster, dan nasturtium disekitar tanaman anggur. Keempat bunga ini memiliki bau yang tidak disukai oleh hama serangga.
    2.Sektor Jasa:
    1. Jasa tranportasi yg terlambat yg menyebabkan anggur membusuk di jalan sebelum sampai di pasar/pembeli
    2. Jasa pengemasan yg sembarangan sehingga anggur banyak yg bonyok sebelum sampai kepasar/pembeli
    Solusinya:
    1. Jasa tranportasi harus tepat pd waktu pd saat mengantarkan anggur ke tujuan(pasar/pembeli)
    2. Jasa pengemasan harus tertata rapi harus efisien sehingga anggur tdk bonyok pd saat dijalan karna pengemasan yg sembarang.

    Sumber Online :

    http://www.anneahira.com/kandungan-anggur.htm

    http://www.klipingku.com/2009/06/tanaman-sekaligus-pengusir-hama/

    http://pandjiwinoto.co.cc/2009/07/03/beragam-manfaat-buah-anggur-buntuk-kesehatan/

    Komentar oleh johannessimatupang | Januari 15, 2011 | Balas

  42. SELAMAT SIANG PAK JO
    TUGAS INDIVIDU
    NAMA :RICKY IKHWANSYAH
    NIM :ERC1B009026
    MANAJEMEN EKSTENSI

    PRODUK: PISANG

    *Generic Product
    Kandungan kalium yang cukup banyak terdapat dalam buah ini mampu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan memperlancar pengiriman oksigen ke otak. Kalau darah, jantung, dan otak terganggu Selain itu, kandungan Vitamin A yang tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap ISPA, kulit bersisik, dan kebutaan. Kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut: kalori 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 miligram (mg), serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, Vitamin B 0,08 mg, Vitamin C 3 mg dan air 72 gram.
    Contoh : sebagai makanan pencuci mulut.

    *Expected Product
    Pisang merupakan makanan yang lezat dan bergizi tinggi, karena kaya akan serat,vitamin dan mineral esensial sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.
    Contoh : Pisang ini biasanya dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari dan biasanya dapat di buat lebih praktis dan di olah seperti makanan yaitu goreng pisang, keripik pisang, kolak, godok-godok.

    *Value added product

    Kandungan & manfaat: Pisang bersifat mendinginkan. Zat tanin pada pisang bersifat antiseptik, sedangkan zat saponin berkhasiat mengencerkan dahak. Pisang, terutama pisang raja, mengandung kalium yang bermanfaat melancarkan air seni. Selain itu, juga mengandung vitamin A, B, C, zat gula, air, dan zat tepung.
    Contoh: Dengan sering mengkonsumsi Pisang berfungsi sebagai makanan ‘pendingin’ yang memperbaiki kondisi fisik dan emosional ibu. Pisang dapat menurunkan suhu dalam kandungan dan membantu bayi lahir dengan suhu tubuh tidak tinggi.

    *Potensial Product
    a. sebagai makanan sehari-hari
    contoh: sebagai makanan pencuci mulut
    b sebagai olahan industry
    contoh:
    a.selai pisang
    b.keripik pisang
    c.goreng pisang
    d.godok-godok
    e.kolak
    f.tepung

    * Permasalahan yang timbul dalam konteks manajemen operasional dan solusinya

    Masalah:
    1. Permasalahan yang terjadi dalam pembudidayaan pisang paling besar adalah masalah hama dan penyakit, karena pisang rentan terhadap serangan hama dan penyakit.
    2. Beberapa permasalahan dalam budidaya pisang, diantaranya :

    1. Pisang sangat rentan terhadap hama dan penyakit
    a. Penyakit layu bakteri atau penyakit Moko disebabkan oleh Pseudomonas solanacearum dan dapat membunuh pohon pisang yang terserang hanya dalam jangka waktu satu sampai dua minggu.
    b. Penyakit Layu Fusarium dan Layu Bakteri Ralstonia (penyakit darah) yang mudah menyerang tanaman pisang.
    c. Penyakit-penyakit virus mencakup penyakit pucuk menjurai (bunchy top), mosaik, dan mosaik braktea.
    d. Serangga hama yang paling berbahaya adalah kumbang penggerek pisang (Cosmopolitis sordidus).
    e. Dua macam ‘thrips’ menyerang tanaman pisang.
    f. Nematoda-pelubang (Radopholus similis) adalah jenis nematoda yang paling merusak.

    2. Sentra produksi pisang yang bersifat terpencar (spot) dengan skala usaha yang tidak ekonomis menyebabkan perdagangan pisang kurang berkembang dengan baik. Beberapa sentra pisang di Indonesia adalah Kaltim kawasan Taman Nasional Kutai (TNK) yang sekarang menjadi kebun pisang, Jawa dan Sulawesi.

    3. Tingkat produksi dan produktivitas masih rendah. Hal ini antara lain dikarenakan:
    a.Petani pada umumnya belum menerapkan praktek budidaya yang baik (GAP).
    b.Sarana pengairan umumnya belum tersedia.
    c.Serangan penyakit layu masih relatif tinggi.

    4. Mutu produk yang dihasilkan pada umumnya sebagian besar masih kurang baik, hal ini dikarenakan:
    a.Petani pada umumnya belum menerapkan pemeliharaan buah dan teknologi pasca panen yang baik dan benar (pembrongsongan buah, cara pemetikan yang benar, sortasi dan pencucian).
    b.Keterbatasan modal petani sehingga memanen buah belum mencapai tingkat kematangan optimal.
    c.Kelompok tani yang ada belum berfungsi dengan baik dalam mengelola kawasan kebun.

    *Masalah dalam sektor jasa
    Masalah
    1. Dalam pemasaran, petani sangat sulit mendapatkan informasi pasar, baik jenis, jumlah dan waktunya, sehingga pada saat panen raya, harga pisang ditingkat petani jatuh.
    2. Teknologi pengolahan belum tersosialisasikan sepenuhnya di lapang serta keterbatasan sarana pengolahan.
    3. Beras sebagai bahan pangan pokok telah membudaya sehingga untuk beralih ke buah pisang sebagai sumber karbohidrat perlu waktu.
    4. Adanya anggapan yang keliru di masyarakat bahwa makanan pokok beras lebih bergengsi dibandingkan non beras.

    *Pemecahan Masalah
    Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:
    1. Digalakkan pemberantasan hama ialah penghancuran fisik maupun kimiawi (herbisida) pada tanaman yang terserang.
    2. Tanaman pisang yang telah terserang penyakit, sebaiknya dikarantina agar tidak menular ke tanaman yang sehat lain .
    3. Perlu sosialisasi bahwa pisang dapat sebagai sumber karbohidrat alternatif atau sebagai bahan pangan pokok.
    4. Untuk mendorong masyarakat menyukai pisang sebagai sumber karbohidrat perlu disosialisasikan penganekaragaman pengolahan.

    *Masalah peran sektor jasa
    1. Perlu inventarisasi lahan potensial untuk pengembangan pisang
    2. Perlu sosialisasi teknologi budidaya dan penanganan pasca panen, serta pengolahan pisang.
    3. Penyediaan sarana pengairan untuk pengembangan pisang.
    4. Pemberdayaan kelompok tani.
    5. Fasilitasi akses permodalan bagi petani.
    6. Dukungan Instansi Terkait. Pelaksanaan pengembangan pisang sebagai sumber karbohidrat alternatif perlu dukungan berbagai instansi seperti:
    Departemen Pertanian (Ditjen Perkebunan, Ditjen. P2HP, Ditjen PLA, Badan Litbang Pertanian, Badan Ketahanan Pangan, Setjen, Badan PSDMP)
    Departemen PU (Pekerjaan Umum)
    Departemen Kehutanan
    Departemen Kesehatan
    Kementrian Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Menengah), khususnya terkait masalah pascapanen pisang.
    Departemen Perhubungan, mengenai pendistribusian pisang.
    Departemen Perdagangan
    Pemerintah Daerah
    Perbankan.

    *Sumber Online

    http://www.muslimdaily.net/berita/medis/1532/kandungan-nutrisi-pisang-sebagai-buah-kehidupan

    http://hs3s.multiply.com/journal/item/18/Potensi_Pisang

    http://mydiarest.blogspot.com/2005/07/kandungan-dan-manfaat-pisang.html

    http://www.musadaud.com/2010/07/1001-manfaat-pisang/

    http://www.kalbe.co.id/health-news/20743/potensi-pisang-sebagai-pencegahan-dan-pengobatan-hiv.html

    http://nomist07.blogspot.com/2009/05/permasalahan-dalam-budidaya-pisang.html

    Komentar oleh johannessimatupang | Januari 16, 2011 | Balas

  43. Tugas Individu
    Komodity: kentang
    Nama: Ponco sutanoto
    Nim: ERC1B009002
    GENERIC PRODUCT
    kandungan kentang sebagian besar terdiri atas karbohidrat dan kandungan zat tepung. Selain karbohidrat, kandungan kentang lainnya adalah serat, air, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

    Contohnya: karena kaya akan nutrisi kentang sering dijadikan sebagai sayuran pilihan yang tepat untuk dihidangkan dalam sajian masakan keluarga.
    EXPECTED PRODUCT
    Selain sebagai bahan makanan kentang juga dapat dijadikan sebagai obat kecantikan wajah
    Contohny: kentang dapat dijadikan masker wajah
    VALUE ADD PRODUCT
    Kentang mengandung mineral natrium dengan kadar alkalin yang cukup tinggi dan dapat berfungsi untuk meningkatkan pH yang terlalu asam di dalam tubuh.
    Contohny: dengan mengkonsumsi kentang membuat aktivitas hati menjadi lebih baik, jaringan menjadi elastis, dan otot menjadi lentur.
    POTENSIAL PRODUCT
    kentang dapat berpotensi untuk dijadikan olahan olahan,seperti
    a. makanan
    contoh:
    Dodol kentang
    Sayuran
    Sambal/lauk pauk

    b.olahan industri
    Contoh:
    Tepung kentang
    Donat kentang
    Keripik kentang
    French fries

    2.permasalahan Dalam konteks manajemen operasional
    *Kualitas :
    1.keadaan iklim dan cuaca yang sulit di prediksi
    2.kesulitan untuk mendapatkan bibit unggul
    3.kurangnya pengetahuan yang kompeten dalam pembudidayaan
    4.penyerangan hama dan penyakit
    Solusinya:
    1.bekerjasama dengan badan meteorologi
    2.bekerjasama dengan pihak pemerintah terkait untuk proses mendapatkan bibit
    3.melakukan penyuluhan dan pelatihan yang dilakukan secara intensif
    4.melakukan penyemprotan pestisida secara kontiniu
    Sektor Jasa:
    1.Sulitnya sarana angkutan untuk memasarkan produk ini
    2.sulitnya mendapatkan dana atau masalah permodalan yang di dapatkan dari lembaga keuangan seperti bank dan para investor
    3.kurangnya pengetahuan yang lebih tentang pengolahan kentang dalam bentuk industri
    Solusinya:
    1. bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk mendapatkan sarana angkutan khusus
    2.mengajukan proposal kepada pihak –pihak investor dan bekerja sama dengan pihak lembaga keuangan melalui campur tangan pemerintah
    3.melakukan penyuluhan dengan melibatkan pihak-pihak yang ahli dalam bidang pengolahan kentang
    Sumber Online:

    http://www.anneahira.com/kandungan-kentang.htm

    http://masenchipz.com/manfaat-kentang-untuk-kecantikan

    http://ntb.litbang.deptan.go.id/ind/index.php/artikel/185-manfaat-kentang-bagi-kesehatan

    http://bisnisukm.com/ebook-panduan-bisnis-aneka-olahan-kentang.html

    http://www.pc3news.com/index.php?cat=news&id=345&sub=8&view=news

    Komentar oleh johannessimatupang | Januari 17, 2011 | Balas

  44. kenapa dag bs kirim tugas dsni pak?

    kalau ada tulisan sudah unggah tapi tak tampil, silahkan dikirim ke email biar bapak yg unggah. Mencoba lebih keras penting untuk satu kemajuan.

    Komentar oleh tes | Januari 18, 2011 | Balas

  45. PAK, tugas saya NOVITA SARI SIMANJUNTAK (ERC1B009039) tidak bisa dikirim dari tanggal 13 januari kemarin berkali-kali. jadi kasih link tugas saya supaya bisa bapak lihat. mohon maaf pak sebelumnya.

    TUGAS SAYA DISINI PAK: http://nicinware.blogspot.com/2011/01/tugas-individu-novita-sari-simanjuntak.html

    Komentar oleh NOVITA SARI SIMANJUNTAK | Januari 18, 2011 | Balas

  46. TUGAS INDIVIDU NOVITA SARI SIMANJUNTAK (ERC1B009039)
    Pak, tugas ini sudah dikirim tanggal 13 Januari tetapi setelah di lihat tidak pernah muncul di blog bapak.
    Mohon maaf jika terlambat karena tidak sengaja .
    Kami buat di blog ini karena kami sudah coba berkali-kali tetapi tugas kami tidak masuk-masuk. Sepertinya komentarnya sudah terlalu banyak pak, sehingga tidak bisa mengirim komentar baru jadi saya buat di tempat lain dan link-nya saya letakkan di blog bapak.

    Tugas Individu
    Novita Sari Simanjuntak
    ERC1B009039

    KOMODITI : PEPAYA

    Generic produk
    Buah pepaya banyak mengandung berbagai enzim, vitamin dan mineral. Kandungan vitamin A nya lebih banyak daripada wortel. Vitamin C nya lebih tinggi daripada jeruk. Kaya pula dengan vitamin B kompleks dan vitamin E .

    Expected Produk
    Buah pepaya yang biasa di sebut ” Buah Meja “, karena bisa menjadi pencuci mulut sehabis makan.

    Value Added Produk
    Selain sebagai buah yang bisa diperoleh sepanjang tahun, papaya juga digunakan untuk bahan rujak, minuman penyegar.

    Potensial
    Kandungan yang ada dalam satu buah pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan, antara lain :
    1. Untuk menyembuhkan penyakit disentri, reumatik dan kaya akan serat yang bisa memperlancar pencernaan.
    2. Untuk mencegah penyakit katarak dan mengurangi resiko penyakit jantung.
    3. Buah pepaya punya khasiat untuk menguruskan tubuh.

    Permasalahan Kualitas : Buah pepaya yang telah masak jika tidak di olah akan mudah sekali busuk
    Solusi : Dalam penyimpanannya harus di perhatikan. aTidak boleh menyimpan pepaya di bawah sinar matahari.

    Permasalahan Sektor Jasa : Jasa pengemasan yang tidak baik bisa menyebabkan pepaya cacad akibat benturan saat transportasi
    Solusi :
    – Untuk pasaran ekspor :
    Buah Pepaya dibungkus dengan kantong yang terbuat dari bahan yang empuk untuk mencegah cacat karena benturan selama transportasi.
    – Untuk pasaran impor :
    Untuk pasaran lokal masing-masing buah pepaya yang segar dibungkus dengan kertas koran mulai dari ujung tangkai dikemas dengan keranjang bambu.
    Sumber online :
    1. http://www.warintek.ristek.go.id/pertanian/pepaya.pdf
    2. http://www.kabarinews.com/article/Berita_Indonesia/Kesehatan/Seribu_Khasiat_Pepaya/34244

    Komentar oleh johannessimatupang | Januari 18, 2011 | Balas

  47. Tugas Individu
    Nama : Tedy Setia Lim(ERC1B009072)
    Produk : Melon
    Generic Product :
    Unsur yang terdapat dalam melon adalah Vitamin A, B dan C serta mengandung protein, kalsium dan fosfor.
    Expected Product :
    Kandungan mineral pada buah melon mampu menghilangkan keasaman tubuh dan mempunyai sifat menyembuhkan sembelit.
    Value added Product :
    Dengan mengkonsumsi melon maka akan membantu sistem pembuangan dengan mencegah sembelit, mencegah penggumpalan darah, menurunkan resiko penyakit ginjal, mencegah dan menyembuhkan panas dalam.
    Potential Product :
    Buah melon mengandung antikoagulan yang disebut dengan adenosine sehingga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Sementara itu, kandungan karotenoid buah melon yang tinggi dapat mencegah kanker dan menurunkan resiko serangan kanker paru-paru karena merupakan senyawa utama penyerang penyakit kanker.
    Buah melon mempunyai daya diuretik yang sangat baik sehingga bisa menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang parah dan akut. Jika dikombinasikan dengan buah lemon, maka buah melon dapat menumpas penyakit asam urat. Jadi ada baiknya Anda mengkonsumsi buah melon sehari sekali secara rutin pada pagi hari.
    Permasalahan dalam konteks Manajemen Operasional
    1.Kualitas :
    1. Kondisi cuaca yang buruk yang menyebabkan hasil panen dan kualitas melon pun menjadi buruk.
    2. Sering terjangkit penyakit busuk pangkal batang.
    Pengendalian:
    1. Pada saat cuaca buruk petani harus memberikan perlindungan untuk tanaman melon agar tanaman melon tidak cepat rusak.
    2. Penggunaan mulsa PHP untuk mencegah kelembaban di sekitar pangkal batang dan mencegah luka di perakaran maupun pangkal batang karena penyiangan.

    2.Sektor Jasa:
    1. Jasa tranportasi yang terlambat yang menyebabkan melon membusuk di jalan sebelum sampai di pasar/pembeli
    2. Jasa pengemasan yang sembarangan sehingga melon banyak yang rusak/bonyok sebelum sampai kepasar/pembeli
    Solusinya:
    Jasa transportasi harus tepat waktu dalam mengantar pesanan melon ke konsumen sehingga melon tidak busuk sebelum sampai ke konsumen dan Jasa Pengemasan harus rapi dalam mengemas melon agar melon tidak rusak/bonyok selama proses pengemasan

    http://masenchipz.com/khasiat-buah-melon

    http://www.docstoc.com/docs/19913510/Budidaya-Tanaman-Melon

    Komentar oleh Tedy Setia Lim | Januari 27, 2011 | Balas

  48. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

    Komentar oleh foredi gel ternate | Oktober 12, 2011 | Balas

  49. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    Komentar oleh foredi yogyakarta | Oktober 12, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 187 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: