Johannessimatupang’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

PERILAKU KONSUMEN ANGKATAN XIII PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN UNJA


Halaman ini diperuntukkan untuk peserta Mata Kuliah  Perilaku Konsumen Program Magister Manajemen Angkatan XIII. Seluruh proses perkuliahan dilakukan pada halaman ini saja.

GBPPGBPP perilaku konsumen September 2011

Pedoman Perkuliahan Blog Pedoman Kuliah Perilaku Konsumen MM September 2011

Powerpoin kuliah Powerpoin Modul Perilaku konsumen September 2011

Tugas-1. Anda diharapkan menagajukan judul, topik, permasalahan yg dapat dijadikan  titik awal penulisan Tesis. Tuliskan pada bagian komentar  sehingga  didapat satu titik awal untuk  memulai  untuk mengembangkannya menjadi topik penelitian. Hal penting bahwa  titik pandang dari permasalahan adalah bidang  ilmu  perilaku konsumen atau pemasaran.

About these ads

September 26, 2011 - Posted by | Bahan Ajar, competitive advantage, Diskusi Mahasiswa, kompetensi, Mahasiswa MM, metode penelitian, penelitian pemasaran, Perilaku Konsumen, strategy

9 Komentar »

  1. Selamat Malam Pak Jo…
    Saya Armeiny Romita, Mhs MM Angkt XIII, mendapatkan dan merencanakan thema Penelitian, tetapi ada keraguan, karena ada 2 pilihan saya dalam pembuatan thema Proposal Penelitian, mohon bantuannya pak, mana yang lebih tepat, tks pak
    1. Pengaruh Perilaku Karyawan Industri Rumah Tangga Pangan dalam Penerapaan Cara Produksi Pangan Yang Baik
    2. Korelasi Budaya Organisasi dengan Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Konsumen di Unit Layanan Pengaduan
    Konsumen Badan POM

    Tks Pak atas bantuannya,
    Armeiny Romita

    Komentar oleh ARMEINY ROMITA | Oktober 9, 2011 | Balas

    • Nomor (2) jelas lebih potensil dibanding dg poin (1) . Akan tetapi dipersempit topiknya ke dalam pelayanan publik. Kasus yg diajukan bisa kepuasan bisa pula penanganan pengaduan. Silahkan diusulakan ringkasan proposalnya. Sukses.

      Komentar oleh johannessimatupang | Oktober 9, 2011 | Balas

      • Terima kasih masukannya Pak Jo….,

        Sesuai dg diskusi di kelas, silahkan ambil persepsi UMKM dalam melaksanakan program yg anda jelaskan. Silahkan muat komentar tiga hingga 4 alinea di halaman ini agar yg lain dapat memberikanmasukan. SUkses.

        Komentar oleh ARMEINY ROMITA | Oktober 10, 2011

  2. Selamat siang Pak Jo..
    Saya Ichwani Fitri, mhs MM Angkata XIII..
    Saya tertarik dengan masalah pelayanan perbankan yang kemarin malam bapak bicarakan. Saya ingin mengaitkan pelayanan perbankan itu terhadap UKM. Akan tetapi saya ragu, apa yang terbaik untuk menjadi penekanan saya. Bagaimana jika saya mengaitkannya dengan keputusan untuk mengambil kredit atau justru melihat bagaimana tingkat kepuasan mereka (UKM) terhadap pelayanan itu sendiri.

    Terimakasih Pak,
    Ichwani Fitri

    Fitri, mungkin dibatasi dalam pelayanan perbankan tapi khusus untuk perumahan. Misalnya anda meneliti bagaimana pelanggan menjadi loyal kepada satu bank karena ada fasilitas kredit perumahan. Lebih cepat diputuskan lebih baik. Sukses selalu.

    Komentar oleh Ichwani Fitri | Oktober 19, 2011 | Balas

  3. Selamat malama Pak jo.
    Saya Rahmaddian mhs. Prog. MM angkatan XIII kosentrasi pemasaran.
    Saya berencana dan saya juga telah mulai menulis untuk tesis saya, yang saya coba angkat mengenai Kepuasan mahasiswa thd Pelayanan di Instansi Saya Unit program belajar jarak jauh (UPBJJ) universitas terbuka dengan pendekatan model antara harapan dan presepsi yang dirasakan mahasiswa yang ditinjau dari faktor2 pelayanan yang ditawarkan di UPBJJ-UT.

    Thnks pak atas bantuannya
    Rahmaddian

    Apa yg anda maksudkan, lebih baik ditulis dalam bentuk 3-4 pragarap. Saya tunggu, demikian juga yg lain. Sehingga kelas dapat memahami ide dan aspek keilmuannya lebih baik. Sukses Selalu.

    Komentar oleh rahmaddian | Oktober 21, 2011 | Balas

    • Slamat siang pak jo
      Saya rahmaddian, trima kasih sarannya pak.
      Pokok permasalahan yg saya angkat bahwa adanya kecenderungan penurunan jumlah mahasiswa dan kelulusan di UPBJJ-universitas terbuka Jambi dlm 5 th belakangan ini
      Maksud dari komentar saya diatas, saya ingin melihat dan mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap faktor2 pelayanan yg di berikan dan faktor2 pelayanan yang ditawarkan UT, mana yang masih belum memenuhi harapan bagi mhs.
      Ada 13 (tiga belas) faktor yang ditawarkan terdiri dari : Harga/biaya, Kehandalan, Keresponsifan, Keyakinan, Empati, Kualitas, Kemutakhiran, Kelengkapan sarana dan fasilitas, Kecepatan pelayanan, Ketepatan pelayanan, Keamanan, Kenyamanan, dan Kebersihan,
      pendekatan yg saya gunakan dgn model “gap” antara harapan dan presepsi yg dirasakan mhs. apakah model ini cocok saya gunakan pak?

      Trimakasih pak atas bantuannya
      rahmaddian

      Komentar oleh rahmaddian | Oktober 25, 2011 | Balas

  4. Selamat Malam Pak Jo….
    Kalau saya angkat judul “ANALISIS PERILAKU KARYAWAN TERHADAP PENANGANAN PENGADUAN KONSUMEN DI ULPK BADAN POM” bagimana menurut bapak?

    Rumusan Masalah :
    1.Apakah ada pengaruh yang signifikan antara perilaku karyawan dalam menangani pengaduan konsumen dan
    kualitas pelayanan yaitu Tangible Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty terhadap kepuasan
    konsumen?
    2.Manakah diantara kelima dimensi kualitas pelayanan yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan
    konsumen?
    3.Apakah penurunan jumlah konsumen yang datang ke ULPK Badan POM RI merupakan penurunan kualitas
    pelayanan dan kinerja?
    4.Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap dimensi pelayanan yang diberikan oleh ULPK Badan POM RI ?

    Demikian Pak, Mohon sarannya, Terimakasih
    Armeiny Romita

    Komentar oleh ARMEINY ROMITA | Oktober 26, 2011 | Balas

  5. Slamat sore pak Jo…,
    Judul yang saya angkat “ Analisis Faktor Kepuasan Mahasiswa Non Pendas Terhadap Pelayanan di Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Jambi”

    1. Latar Belakang
    Yang melatar belakangi rencana penelitian ini, bahwa adanya kecendrungan penurunan jumlah mahasiswa dan terutama penurunan jumlah kelulusan setiap tahunnya di UPBJJ-UT jambi. Sebab bisa saja pemahaman orang terhadap hal tersebut dapat menimbulkan persepsi yang membentuk image negatif terhadap citra UT sebagai lembaga penyedia jasa pendidikan, sehingga hal ini merupakan salah satu pertanyaan yang harus dijawab oleh UPBJJ-UT sehubungan dengan sistem pelayanan yang diselenggarakan melalui evaluasi diri, apakah pelayanan yang diberikan UT sudah sesuai dengan apa yang diharapkan mahasiswa, dalam artian apakah titik temu antara harapan dan presepsi mahasiswa sudah sesuai.
    Dengan evaluasi diri ini juga, maka gap antara judgment yang dibuat organisasi dengan kepentingan pelanggan dapat diperkecil. Organisasi sering membuat suatu judgment bahwa suatu jasa dan layanan tertentu penting bagi pelanggan, padahal apa yang dianggap penting oleh organisasi belum tentu bagi pelanggan, sehingga pelanggan tidak mendapatkan pelayanan sebagaimana yang diharapkan, dengan kata lain pentingnya kepuasan pelanggan sebagai syarat kelangsungan hidup organisasi, dan pentingnya evaluasi diri bagi organisasi dalam upaya memperbaiki sistem penyelenggaraan pelayanan itu sendiri.

    2. Rumusan Masalah
    1. Faktor-faktor pelayanan apakah yang dianggap penting oleh mahasiswa UPBJJ-UT jambi.
    2. Faktor-faktor pelayanan apakah yang sudah dan belum memberikan kepuasan bagi mahasiswa UPBJJ-UT jambi.
    3. Tujuan penelitian
    1. Untuk mengetahui faktor-faktor pelayanan yang diharapkan atau dianggap penting oleh mahasiswa UPBJJ-UT jambi, dan
    2. Untuk mengetahui faktor-faktor mana yang sudah dan belum memberikan kepuasan kepada mahasiswa.

    Demikian Pak, Mhn masukan & sarannya, Terimakasih
    Rahmaddian

    Komentar oleh rahmaddian | November 1, 2011 | Balas

  6. Selamat Malam Pak Jo…
    Perkenalkan saya Mahasiswa MM Angkatan XIII Program Pemasaran

    Komentar oleh YANG GUSTIAH ZEN | November 2, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 186 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: