Johannessimatupang’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Mid Semester Manajemen Strategik MM


Soal ini hanya diperuntukkan untuk Kelas Magister Manajemen

Petunjuk.

1) Pertanyaan pada soal  ini utamanya didasarkan kepada kasus Industri Telekomunikasi (Telkom) dimana kasusnya telah disampaikan.

2) Peserta diharapkan menambahkan  bacaan yang dapat digunakan menjawab pertanyaan   pada saat ujian dilaksanakan.

3) Semua peserta menjawab pertanyaan di kelas, bukan di rumah.

Pertanyaan.

1) Anda mengenal konsep industri sebagaimana dikemukakan oleh Porter, khususnya  konsep Five Force.  Dalam kaitan ini jelaskanlah pertanyaan berikut.

a)Dengan konsep Five Force, bagaimana menurut anda  pasar pada Industri Telekomunikasi apakah menarik atau tidak. Penjelasan dimulai dengan uraian masing-masing komponen  five force.

b) Melalui pendekatan value chain, jelaskan masing-masing kegiatan  primer dan pendukung  guna menciptakan nilai bagi Telkomm

c) Jelaskan 5   perusahaan yang menjadi pesaing telkom, dan dalam hal  apa mereka bersaing.  Dari hasil  penjelasan ini  jelaskan posisi Telkom posisi Telkom dengan menggunakan pendekatan SWOT, selanjutnya jelaskan pula strategi yang diterapkan oleh telkom melalui diagram yang anda bangun.

2) Dalam kaitannya dengan strategi, dijelakan bahwa  setiap strategi membutuhkan skill sumberdaya manusia yang berbeda.  Sesuai strategi yang anda kemukakan pada soal 1 (b) jelaskanlah hal berikut:

a) Persyaratan skill yang dibutuhkan oleh Telkom untuk penerapan strategi yang dibangun.

b) Jelaskan  batasan ceruk pasar, kemudian dalam kaitannya dengan  Telkom siapakan menurut anda yang tergolong kepada  ceruk pasar  Telkom, dan sudahkah mereka terlayani dengan baik? berikan  penjelasan yang tuntas.

3) Bilamana anda menggunakan analisis lingkungan (PETS)  jelaskan perubahan masing-masing unsur  lingkungan  tersebut, cukup dua hal saja. Selanjutnya dari   perubahan lingkungan tersebut   hal apa saja yang  dapat dikatakan sebagai key succes factor?

4) Menurut anda dengan produk yang ditawarkan dan kompetensi  sumberdaya manusia yang ada sekarang sudahkah  Telkom berada pada poisi unggul bersaing (competitive advantage), kaitkan dengan kenyataan bahwa pesaing Telkom tidak saja datang dari lokal, akan tetapi juga pesaing global.

Sukses Selalu

Mei 12, 2009 - Posted by | Bahan Ajar, competitive advantage, strategy, Umum

1 Komentar »

  1. pak james, saya mahasiswa S1 ABFII Perbanas
    kasus PT.Telkom ini saya bisa minta jawabannya tidak?

    Saudara Wirya, sebagai satu kasus, jawaban pasti tidak tunggal. Akan tetapi tujuan daripada kasus yang dimuat disini adalah mendorong mahasiswa melakukan penelitian kecil untuk menjelaskan hal-hal yang ditanyakan dalam kasus. Sebagai catatan, sebelum kasus dijadikan bahan ujian, aspek-aspek penting sesuai dengan perkuliahan telah dibahas terlebih dahulu. Terima kasih karena telah ikut membaca kasus yang dimuat di blog saya.

    Komentar oleh Wirya Hadinata | Mei 14, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: