Johannessimatupang’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Mid Semester Untuk STR Manajemen FE


Soal ini  diperuntukkan untuk Jurusan Manajemen,  dengan kasus Industri Kesehatan.Ujian dilaksanakan  Tanggal 14 Mei 2009, saat  jam kuliah.

Petunjuk.

1) Gunakanlah  sebanyak mungkin sumber  yang anda peroleh berkaitan dengan kesehatan, kemudian gunakan jadi data  dan informasi saat ujian.

2) Jawaban ditulis pada kertas jawaban yg disediakan, dan hanya dikerjakan di kelas, tidak boleh dikerjakan di rumah.

1. Bila  pendidikan dikategorikan sebagai satu industri, jelaskanlah  hal-hal berikut.

a) Jelaskan perubahan  lingkungan satu Rumah Sakit  berdasakan konsep PETS.

b) Dari penjelasan di atas, faktor apa yang paling menentukan terhadap  pengembangan Rumah Sakit.

c) Peran pemerintah dalam insustri Rumah Sakit  apakah sudah  menjawab kebutuhan atau tidak.

2. Bila konsep Competitive Advantage diterapkan kepada Rumah Sakit Umum misalnya di Jambi, jelaskanlah hal berikut.

a) Apakah  RSU  mempunyai  competitive advantage atau tidak.

b) Apa yang harusnya dilakukan  agar  posisi  advantage  RSU dapat jelas diketahui oleh  pemangku kepentingan.

3. Anda dipersilahkan membuat simulasi (latihan)  dengan cara menggunakan analisis SWOT,  kemudian tempatkanlah posisi  RSU  dan strategi apa yang seharusnya dilaksanakan.

4. Guna merealisasikan strategy yang nyata perannya, jelaskanlah hal-hal berikut.

a) Skill apa yang dibutuhkan oleh sumberdaya manusia  untuk mengembangkan RSU   di era Global.

b) Jelaskan  strategy untuk pengembangan skill sebagaimana  anda jelaskan pada poin (a).

c) Menghadapi persaingan global  untuk industri  kesehatan,  jelaskan apa yang sudah terjadi di Jambi, dan apakah  seharusnya yang akan dikerjakan oleh  RSU termasuk Pemerintah untuk membangun RSU yang berdaya saing secara  Global?

SUSKSES SELALU

Mei 12, 2009 - Posted by | Bahan Ajar, competitive advantage, Pendidikan Tinggi, strategy

2 Komentar »

  1. silaturrahmi

    Komentar oleh belajar bisnis bersama | Mei 16, 2009 | Balas

  2. Nama: Andi Prima Setya
    CIM: C1B006018
    Fak: Ekonomi/Manajemen B

    Maaf Pak kalau komennya tidak di bagian posting Kompetensi karena sudah beberapa kali saya coba tapi gagal, jadi terpaksa komen di sini.
    Saya harap tidak mempengaruhi this effort

    Persoalan sosial yang timbul dewasa ini di negara kita makin beragam, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Dari segi ketenagakerjaan, misalnya, banyak buruh yang kena PHK, pemberian upah yang tidak layak, fasilitas kerja yang tidak memadai, dan sebagainya. Di bidang lingkungan, banyak kasus kerusakan lingkungan akibat kegiatan bisnis perusahaan dan pembuangan limbah yang mencemari lingkungan. Hutan-hutan gundul, illegal logging, konservasi air yang terganggu dan sungai yang tercemar merupakan bentuk keprihatinan kondisi lingkungan. Masyarakat (termasuk pemerintah) mulai menuntut pertanggungjawaban sosial dari perusahaan terhadap aneka dampak negatif dari kegiatan bisnis perusahaan.

    Dalam dunia bisnis yang kompetitif pada saat ini, perusahaan tidak hanya dituntut untuk senantiasa mengembangkan produk dan adopsi teknologi yang mengoptimalkan kualitas produk dengan biaya yang efisien, tetapi juga mau membangun kepedulian sosial (corporate social responsibility atau CSR). Era kompetisi global saat ini, pasar (dan masyarakat) menghendaki adanya tanggungjawab sosial perusahaan terhadap penggunaan bahan untuk produksi, proses pengolahan produk, dan pasca konsumsi produk tersebut.

    Mengantisipasi perubahan selera konsumen, produsen besar jamu berlomba-lomba mengembangkan produk dengan penelitian dan pengembangan yang didukung oleh dukungan dana (Sido Muncul misalnya menganggarkan tidak kurang dari 3 milyar), fasilitas dan tenaga yang profesional. Tahun 1979 PT Jamu Iboe Jaya mulai menggalakkan riset laboratorium untuk menghasilkan jamu yang bermutu tinggi. Tahun berikutnya (1980) Jamu Iboe Jaya mendirikan PT. Iboe Sativa Camilind untuk memproduksi jamu dengan bentuk alternatif. Jamu Jago yang berdiri sejak tahun 1918 mengeluarkan satu produk baru untuk masuk angin, basmangin, yang diproduksi dalam bentuk cair dalam sachet. PT Sido Muncul kini memiliki serangkaian produk dengan jumlah keseluruhan tidak kurang dari 150 produk, seratus produk diantaranya generik. Sedangkan yang branded di antaranya Kuku Bima, Tolak Angin, STMJ, Anak Sehat, dan sebagainya.

    Sumber Daya Manusia sekaligus CSR

    Baru-baru ini, PT Sido Muncul bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Farmasi UMI menggelar seminar nasional dengan tema Pengembangan Potensi Diri Dalam Menciptakan Farmasis yang Produktif dan Mandiri. sebagai bentuk program CSR sekaligus mengembangkan kompetensi SDM.

    Mengapa perlu CSR?

    Tuntutan konstituen terhadap permasalahan sosial yang terjadi bukan hanya menyangkut sikap perusahaan, tetapi (dan hal ini yang lebih penting) lebih mendasar pada aspek manajerial (seperti tujuan, strategi, kebijakan dan sistem manajemen) yang mengapresiasi serta mengakomodasi isu HAM dan lingkungan. Seiring dengan perkembangan bisnis yang mengarah pada pasar global, tuntutan untuk lebih peduli pada hak cipta dan permasalahan sosial lainnya makin signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan makin seriusnya pemerintah, badan internasional (PBB, bank Dunia), perbankan, dan investor yang menaruh perhatian makin besar pada isu sosial tersebut. Tuntutan Bill Gate, misalnya, terhadap pelanggaran hak cipta di Indonesia telah membuat ‘panas’ berbagai pihak, dari pimpinan pemerintahan hingga pengusaha warnet. Oleh karena itu, isu sosial yang muncul tidak dapat dipandang secara partial tetapi mulai dipertimbangkan secara komprehensif dan koheren dalam membangun strategi bisnis.

    http://www.csrreview-online.com/lihatartikel.php?id=12
    http://www.swa.com
    http://www.jakartaconsulting.com

    Komentar oleh Andi Prima Setya | Agustus 7, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: