Johannessimatupang’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

MANAJEMEN PEMASARAN STRATEJIK KELAS MM November 2013


Halaman ini diperuntukkan untuk kelas Manajemen Pemasaran Stratejik Kelas MM, Angkatan 16.
Powerpoin Kuliah
MPS (Analisis Pesaing) Mei 2010

MPS (Analisis Pelanggan) Mei 2010

MPS (Daya saing yg berkelanjutan)

MPS (definisi ulang manajemen pemasaran)

MPS (definisi ulang manajemen pemasaran)

MPS (perencanaan pemasaran stratejik)

MPS (Prinsip segmentasi dan positioning)

MPS (Strategi ofensif dan defensif)
Blog Tugas MPS MM Angkatan 16 November 2013

Iklan

Juni 30, 2013 - Posted by | Uncategorized

20 Komentar »

  1. Selamat pagi pak jo.Have a nice weekend…

    kami dari kelompok 6,yang terdiri dari:
    Fajar Ramadhani
    Najla
    Siti Romlah
    Firly Falian

    dengan Judul Tugas : Daya Saing yang berkelanjutan antara produk Apple dan Samsung

    Daya Saing yang berkelanjutan antara produk Apple dan Samsung

    A.Deskripsi dan Daya Saing perusahaan
    Deskripsi dan Daya Saing Apple (menciptakan daya saing, menciptakan nilai, kelangkaan dan tidak dapat ditiru) :

    iMac, iPod, iTunes, dan iPhone sungguh merupakan deretan karya teknologi yang amat estetik.
    Deretan produk elegan dengan sentuhan seni yang mengesankan. Deretan produk yang barangkali ingin menggapai dengan sepenuh hati apa itu makna keindahan yang sempurna. Dan melalui deretan produk inilah, Apple kemudian menyeruak menjadi raksasa paling tangguh dalam era konvergensi digital masa depan.

    Dalam lima tahun terakhir, Apple memang terus bergerak menggapai leader teknologi. Setelah produk iPod-nya melambung dan membuat para petinggi Sony kelabakan, kini Apple hendak menggoyang kedigdayaan Nokia dengan produknya yang memukau, iPhone. Sementara jutaan orang setiap hari mengunjunginya.

    Pada 2007 versi majalah Fortune, Apple Computer, Inc. menempati peringkat kelima perusahaan yang dikagumi dunia, bahkan peringkat nomer satu perusahaan paling inovatif di dunia berdasarkan survei ekstensif kepada ribuan eksekutif di seluruh dunia yang dilakukan oleh majalah Business Week adalah Apple.

    Terdapat duabelas pelajaran manajemen yang dikategorikan dalam empat hal: membuat produk sebagai raja, membuat pelanggan sebagai raja, menerjang pola yang ada dalam pemasaran, dan memperbaiki pimpinan dan rencana kerja. Salah satu contoh adalah tentang bagaimana Steve Jobs (salah satu pendiri Apple) memvisualisasikan visi nya ke dalam bentuk yang nyata dan bisa dimengerti semua karyawan dengan mudah.

    Dalam pengembangan produk, tidak bisa kita pungkiri bahwa Apple sangat menomorsatukan hal ini. Lihat saja iPod dengan desain yang elegan, mudah digunakan dengan menu sentral berbentuk seperti roda, dan pemilihan warna kemasan yang menarik. Ini baru dari segi penampilan. Dalam hal perangkat, iPod didesain dengan teknologi hard drive secara teliti. Dalam hal perangkat lunakpun, setiap produk Apple selalu dikembangkan dengan prinsip berimbang menggabungkan konsistensi dan kontinuitas. Setiap aplikasi yang dikembangkan selalu konsisten sehingga tidak ada masalah dalam perkembangan versi selanjutnya. Fitur yang telah adapun disempurnakan dengan menggunakan asas kontinuitas.
    Apple selalu menekankan pada bagaimana menciptakan kebutuhan bagi pelanggan melalui inovasi. Hal ini diawali dengan visualisasi dari visi secara gamblang.

    Strategi pemasaran yang dilakukan Apple juga sangat praktis. Belajar dari Harley Davidson, Apple memasarkan produknya melalui komunitas. Dengan adanya komunitas seperti MUG (Macintosh Users Group) maka masalah teknis bisa diselesaikan oleh komunitas pengguna dan sekaligus bertindak sebagai corong Apple dalam menyebarkan hal-hal positif mengenai Apple. Strtaegi ini jitu dan efektif bila disertai dengan produk yang handal.

    Dalam hal kepemimpinan., Apple telah berkali-kali mengalami perubahan CEO. Bahkan Steve Jobs, meskipun pada awalnya adalah pendiri, pernah juga dikeluarkan dari Apple.. Setiap CEO memiliki visi dan gaya yang berbeda. Cara melihat gaya masing-masing adalah, salah satunya, dalam pengalokasian anggaran untuk penelitian dan pengembangan (litbang). Karena ini adalah bisnis berbasis teknologi, peran litbang sangat vital dalam mendukung pelaksanaan inovasi yang dikembangkan.

    Dua belas strategi yang ada pada perusahaan Apple Computer Inc. adalah sebagai berikut:

    1. Toko Khusus Apple
    Sebelum ada “Apple Store”, seringkali distributor produk-produk Apple tidak memiliki staf yang menguasai pengetahuan produk secara lengkap, sehingga kelebihan-kelebihan Apple tidak tersampaikan kepada calon konsumen. Untuk itu, keberadaan Apple Store sangat diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut. Apple Store telah menjadi sebuah pusat pelayanan Apple yang sangat ramah dan menyenangkan, di mana konsumen bisa mendalami teknologi-teknologi yang ditawarkan oleh Apple dan bertemu dengan sesama penggemar Apple lainnya.

    2. Solusi Penuh
    Produk dan aksesoris Apple saling melengkapi satu sama lain. Pengguna iPod bisa mendownload dan memasukkan musik melalui program iTunes. Selain itu, Apple juga melengkapi Mac dengan hardware dan software buatan sendiri yang lengkap, sehingga para pengguna tidak perlu pusing mencari program yang cocok.

    3. Perangkat mac
    merek “Apple” adalah sebuah merek yang “hip”, artinya bisa memberikan para penggunanya sebuah citra “muda, modern, dan cerdas”.

    4. Produk yang Variatif
    Banyak konsumen mungkin belum siap untuk menggunakan Mac. Namun, melalui produk-produk yang lebih murah seperti iPod, Apple berusaha mengenalkan dan mengakrabkan kecanggihan produk-produknya kepada para konsumen. Dengan demikian, Apple berusaha menciptakan keinginan dari para konsumen untuk kemudian menggunakan Mac.

    5. Format yang Unik
    Pengguna iPod tentu saja mengetahui kalau musiknya menggunakan format yang tidak umum, yaitu “.aac”. Hal ini bisa membuat para pengguna iPod malas untuk mengganti dengan pemutar MP3 lain dan justru ingin menggantinya dengan produk Apple yang lebih baru lagi. Terciptalah kesetiaan konsumen.

    6. Sumber pembritaan untuk Media
    Apple seringkali memberikan bocoran-bocoran gosip melalui internet, di mana hal tersebut biasanya dimanfaatkan oleh para blogger untuk memberikan informasi baru. Hal ini biasanya menimbulkan rasa penasaran dari para konsumen.

    7. Penjualan Pendidikan
    Dengan menjual produk-produknya kepada sekolah-sekolah dan universitas, Apple mengubah konsep kelas menjadi ruang pameran. Hal ini membuat para murid yang menggunakan produk Apple menjadi sangat akrab dengan interface Apple dan bisa merasakan kinerja superiornya. Dengan cara seperti ini, Apple menciptakan pelanggan bahkan sebelum mereka tahu kalau mereka adalah pelanggan.

    8. Produk yang Menjawab
    Apple sangat memperhatikan keinginan konsumen, jadi produk-produknya merupakan hasil dari penelitian yang matang dan desain yang kuat. Hal inilah yang menjadi kunci kepuasan pelanggan.

    9. Meng-outsourcing Hal yang Tidak Menyenangkan
    Dalam kasus iPhone, siapa yang diprotes oleh konsumen karena iPhone tidak bebas untuk digunakan oleh segala operator. Jawabnya adalah AT&T. Apple tetap tenang di belakang layar sebagai penghasil produk bermutu dan AT&T adalah pihak pemberi jasa yang kurang menyenangkan.

    10. Konsisten
    Semua produk Apple memiliki rancangan dasar yang sama. Jadi, semua pengguna produk Apple akan memiliki bayangan awal terhadap produk baru Apple yang akan luncur, sehingga memudahkan mereka untuk beradaptasi dan melakukan pembelian ulang.

    11. Inovasi Baru
    Walaupun rancangan dasarnya sama, tetapi tidak dengan portfolionya. Apple selalu menghadirkan inovasi baru bagi para konsumennya, dimulai dari saku, meja kerja, kantor, dan ruang keluarga.

    12. Daya Tarik
    Dari segi kemasan sampai kepada fitur produk, semuanya menimbulkan rasa kagum bagi para pemakainya.

    13. Teknologi Hardware yang canggih
    Mesin perangkat yang tak mudah panas saat dipakai 20 jam atau lebih ini memiliki keunggulan yang sulit ditandingi para pesaing.

    Deskripsi dan Daya Saing Samsung(menciptakan daya saing, menciptakan nilai, kelangkaan dan tidak dapat ditiru):

    Kira-kira sepuluh tahun yang lalu, Samsung masih dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi televisi dan microwave dengan harga murah. Bahkan saat krisis ekonomi yang melanda Asia termasuk Korea Selatan, Samsung hamper bangkrut. Namun sekarang Samsung adalah perusahaan paling dikenal dan paling dihormati oleh kalangan industri di seluruh dunia. Samsungtermasuk dalam Top 20 brands versi majalah businessweek dan interbrand, melampaui peringkat rivalnya Sony. Samsung juga termasuk Top 20 Innovative Companies di dunia bersama-sama sejumlah merek terkemuka lainnya seperti Apple, Nokia, Toyota, GE, Microsoft, P&G, BMW, dan sebagainya.

    Samsung juga berkeinginan untuk berdiri sama tinggi dengan perusahaan-perusahaan dari Jepang. Pada tahun 2002, majalah Times pernah menulis bahwa Samsung pernah berkeinginan untuk menyalip Sony dalam masalah brand recognition pada tahun 2005. Sejak awal 2000-an ini,Samsung bukan lagi sekedar memproduksi versi murah dari sejumlah produk buatan jepang, terutama Sony. Samsung telah berhasil memproduksi produk-produk yang memang di butuhkan dan diinginkan konsumen. Pada tahun 2003, Samsung telah berhasil meraih market leadership pada sejumlah rangkaian produk digital consumer electronic. Antara lain pada perangkat telepon seluler, LCD display, flash memory, televise layar lebar, DRAM chips, MP3 player, DVD player, dan oven microwave.

    Pada tahun 2004, Samsung telah mendekati rival terdekatnya, Sony. Sebagai perusahaan consumer electronic terkemuka di dunia. Samsung bahkan telah menjadi produsen terkemuka dari berbagai perangkat digital, dan pada tahun 2005, berdasarkan laporan Koran New York Times, nilai saham Samsung menunjukan tren yang terus meningkat sejak tahun 2001 sampai akhir 2004, sementara saham Sony justru menunjukkan tren yang menurun. Akibatnya, kapitalisasi pasar Samsung pun cenderung meningkat, dan kapitalisasi pasar Sony sebaliknya. Paling tidak dari peristiwa Samsung yang dapat mengejar Sony, dapat ditarik pelajaran yang sangat berharga, yaitu dalam hal transformasi, branding, dan inovasi.

    Dalam hal transformasi Samsung berhasil melakukan corporate turnaround pada akhir tahun 1999, setelah sesaat krisis ekonomi asia mulai reda. Samsung berhasil melakukan restrukturisasi keuangan, focus pada masalah profit atau cashflow dengan lebih mementingkan masalah profit dari pada pangsa pasar atau angka-angka produksi dan ekspor, melakukan perampingan organisasi dan proses(streamlining), dan diversifikasi produk.

    Transformasi ini juga terjadi pada masalah budaya perusahaan. Vice chairman dan CEO Samsung,jong-yong yun , telah menciptakan budaya paranoid. Ia berhasil menciptakan sense of crisis untuk mendorong perubahan. Ia bahkan berpendapat, jika segala sesuatunya berjalan dengan lancer, maka pasti ada yang salah.

    Sementara dalam soal branding, Samsung mati-matian berupaya mempopulerkan brandnya dan meningkatkan brand equitynya, sehingga tidak dipersepsikan lagi sebagai produk yang sekedar murah namun kualitasnya diragukan. Salah satu kampanye Samsung yang tekenal adalah. “Samsung DigitALL” ini salah satu kampanye branding yang dilakukan Samsung agar brand Samsung diasosiasikan dengan segala produk digital.

    Dalam soal branding, Samsung mensponsori sejumlah even olah raga, termasuk olimpiade. Masih dalam soal sponsorship ini, Samsung juga bekerja sama dengan tim Chelsea. Sementara dalam masalah inovasi, ada enam hal yang dilakukan Samsung, yaitu : inovasi produk, inovasi teknologi, inovasi pemasaran, inovasi biaya, inovasi manajemen global, dan inovasi budaya organisasi. Keenam inovasi ini dilakukan secara sinergis sehingga mampu menciptakan produk yang unggul dan diterima konsumen.

    Strategi pemasaran global sangat diperlukan dalam perdagangan internasional. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan suatu negara, dan membuat produk yang dihasilkan dapat diterima dan banyak digemari oleh konsumen negara lain. Strategi pemasaran global pada prinsipnya sama dengan strategi pemasaran pada umumnya, namun cakupannya lebih luas karena skala internasional, dan konsumen yang mencakup masyarakat dunia. Dalam kaitannya dengan perdagangan internasional, kebijakan negara untuk perdagangan, serta hubungan antar negara yang melakukan perdagangan tersebut, tentunya tidak lupa diperhatikan.

    Indonesia memiliki hubungan yang sangat baik dengan Korea Selatan sejak tahun 60-an. Kerjasama ke dua negara ini banyak berlangsung dalam bidang perekonomian dan perdagangan. Indonesia banyak mengekspor barang ke Korea Selatan. Dan Korea Selatan juga mengekspor barang ke Indonesia terutama produk industri berat berbasis teknologi, seperti elektronika. Produk Korea Selatan yang diimpor oleh Indonesia, disebarluaskan dengan berbagai strategi pemasaran.

    Secara umum, strategi pemasaran Samsung untuk memasarkan produk adalah dengan strategi yang didasarkan pada differensiasi produk, dan penentuan posisi pasar yang tepat dan terarah, membuka perusahaan anak di negara yang bersangkutan serta dengan menggunakan sole agent importer. Secara spesifik, strategi pemasaran bergantung kepada perusahaan anak di masing-masing negara. P.T Samsung Electronics Indonesia merupakan perusahaan anak di Indonesia, yang juga menggunakan soleagent importer.

    Produk Samsung diimpor langsung dari Korea Selatan, dan kemudian disebarluaskan di Indonesia dengan strategi penentuan posisi pasar dan bauran pemasaran, yang didasarkan pada strategi differensiasi produk. Produk yang inovatif, harga yang seragam, dan sesuai dengan produk yang dipasarkan, saluran distribusi dengan dua agen besar, promosi dengan above the line dan bellow the line, serta pelayanan yang memuaskan, membuat produk Samsung diminati oleh banyak masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya penjualan produk Samsung dari tahun ke tahun.

    Banyak yang takjub melihat Samsung bertransformasi mengikuti tren smartphone hingga akhirnya kini menjadi produsen smartphone terbesar dunia. Dibalik itu, Samsung rupanya punya beberapa strategi yang kini menjadi rahasia umum:

    Tidak seperti Apple yang memang lebih dahulu dikenal sebagai brand premium, Samsung bisa dikatakan memulai sesuatu dari bawah, dan berusaha mengejar ketertinggalan mereka saat pertama kali memasuki pasar smartphone yang lebih dulu dikuasai RIM dan Apple.

    Berikut ini ada 5 rahasia Samsung menjadi produsen smartphone dunia dari sekian banyak yang diketahui publik ;

    1. Penguatan Brand Produk
    Samsung lebih dahulu masuk ke pasar smartphone dengan sekian banyak produk smartphone. Namun Samsung akhirnya berfikir untuk bisa lebih menguatkan brand image produk yang lebih bisa dikenal, familiar, dan tentunya bakal menjadi modal awal mereka sukses.
    Dengan Brand Galaxy S, lalu dilanjutkan dengan Galaxy S2 hingga kini ada Galaxy S3, merupakan upaya Samsung dalam merebut hati konsumen dengan menguatkan nama Galaxy yang begitu identik dengan smartphone modern dari Samsung dengan berbagai keunggulan.

    2. Spesifikasi Smartphone
    Setiap saat, perkembangan smartphone makin menuju ke arah yang jauh lebih baik. Dari sisi hardware, Samsung mencoba melekatkan smartphone seri Galaxy dengan spesifikasi hardware yang up to date.
    Dengan spesifikasi hardware yang mumpuni, Samsung akan lebih terbantu dalam memperkenalkan dan menjual smartphone seri Galaxy.

    3. Software (android)
    Sebagai salah satu mitra terbesar Google yang mengadopsi android, Samsung juga fokus pada software yang dipakai pada smartphone seri Galaxy. Samsung berfokus kepada bagaimana konsumen lebih bisa cepat beradaptasi dengan software yang direpresentasikan pada sebuah tampilan user interface, fitur, dan beberapa lainnya.
    Tak hanya itu, Samsung juga berupaya untuk memberikan versi android paling baru untuk menunjang kestabilan performa dan tentunya dengan fitur-fitur baru. Percuma saja jika spesifikasi hardware mumpuni namun tidak dibarengi dengan software yang handal.

    4. Iklan dan pemasaran
    Di sisi ini, Samsung tergolong royal dalam urusan mengeluarkan budget untuk iklan. Dengan mengiklankan brand Galaxy Series, Samsung punya tujuan agar bisa mengcover konsumen yang mendambakan sebuah smartphone dengan spesifikasi hardware yang tinggi dan dibarengi software yang handal.
    Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa sehebat apapun sebuah produk, jika tidak dipromosikan, jangan harap penjualannya bisa bagus, karena konsumen akan membeli produk yang mereka kenal lebih dahulu.

    5. Kerjasama dengan Operator Telekomunikasi
    Di negara-negara maju yang notabene surga pemasaran smartphone, program bundling smartphone dengan kontrak operator punya porsi penjualan yang bisa dibilang sama besar dengan program jual lepas.

    Kesimpulan:

    Kami akui bahwa pasar Apple dan samsung berbeda,Pangsa pasar Apple terletak di High Segmentation sedangkan pangsa pasar Samsung terletak di Middle segmentation namun menilai kemampuan ekonomi masyarakat yang terus bergerak keatas tentu mempengaruhi segmentasi yang bakal ia pilih.prilaku konsumen yang amat memperhatikan produk yang memiliki fitur canggih dan pelayanan fitur yang mengutamakan ke”instant”an layanan dapat menjadi tujuan utama konsumen.karakter konsumen yang berjiwa muda tentu akan memilih gadget yang unik dan berbeda dari yang lain.maka dari itu kami memilih APPLE sebagai prusahaan sekaligus produk ysng memiliki daya saing yang sulit diikuti oleh kompetitor yang teruji beberapa dekade tahun terakhir.
    Keunikan Apple antara lain (sudah dijelaskan di bahasan terdahulu) :
    1.Solusi Penuh
    Produk dan aksesoris Apple saling melengkapi satu sama lain. Pengguna iPod bisa mendownload dan memasukkan musik melalui program iTunes. Selain itu, Apple juga melengkapi Mac dengan hardware dan software buatan sendiri yang lengkap, sehingga para pengguna tidak perlu pusing mencari program yang cocok.

    2.Produk yang Variatif
    Banyak konsumen mungkin belum siap untuk menggunakan Mac. Namun, melalui produk-produk yang lebih murah seperti iPod, Apple berusaha mengenalkan dan mengakrabkan kecanggihan produk-produknya kepada para konsumen. Dengan demikian, Apple berusaha menciptakan keinginan dari para konsumen untuk kemudian menggunakan Mac.

    3.Format yang Unik
    Pengguna iPod tentu saja mengetahui kalau musiknya menggunakan format yang tidak umum, yaitu “.aac”. Hal ini bisa membuat para pengguna iPod malas untuk mengganti dengan pemutar MP3 lain dan justru ingin menggantinya dengan produk Apple yang lebih baru lagi. Terciptalah kesetiaan konsumen.

    4.Inovasi Baru
    Walaupun rancangan dasarnya sama, tetapi tidak dengan portfolionya. Apple selalu menghadirkan inovasi baru bagi para konsumennya, dimulai dari saku, meja kerja, kantor, dan ruang keluarga.

    5.Teknologi Hardware yang canggih
    Mesin perangkat yang tak mudah panas saat dipakai 20 jam atau lebih ini memiliki keunggulan yang sulit ditandingi para pesaing.

    Penjelasannya padat, tapi kesimpulannya perbandingan antara Apel dan Samsung, dalam hal apakah kedua produk ini dapat mempertahankan daya saingnya? Penjelasan ini seharusnya perlu mengingat pertanyaan kita adalah bagaimana perbandingan dua model daya saing.

    Komentar oleh Fajar Ramadhani | Juli 6, 2013 | Balas

  2. selamat siang pak jo…
    kami dari Kelompok : Market Deciders
    Nama : Jone R. Hutauruk(C1B010096)
    Kelas : G
    Nama : Dian Suriadi Ginting(C1B010124)
    Kelas : G
    Nama : Gemi Agustine(C1B010059)
    Kelas : B
    Nama : Aliya Rizka Pratami(C1B010076)
    Kelas : B
    2. Perusahaan yang Diamati : PT Lion Air dan PT Garuda Indonesia
    3. Topik Pengamatan : Benchmarking Antara PT Lion Air dan PT Garuda Indonesia
    4. Hal-Hal yang Diamati :
    a. Kualitas Pelayanan
    b. Pengembangan SDM
    c. Pembangunan Jaringan
    d. Guarantee (Jaminan)
    e. Pelayanan Di udara

    5. Hasil Pengamatan:

    A. Kualitas Pelayanan
    1) Garuda Indonesia
    Untuk meningkatkan pelayanan, Garuda Indonesia telah meluncurkan layanan baru yang disebut “Garuda Indonesia Experience”. Garuda Indonesia Experience adalah konsep layanan baru yang menyajikan aspek-aspek terbaik dari Indonesia kepada para penumpang. Mulai dari saat reservasi penerbangan hingga tiba di bandara tujuan, para penumpang akan dimanjakan oleh pelayanan yang tulus dan bersahabat yang menjadi ciri keramahtamahan Indonesia, diwakili oleh ‘Salam Garuda Indonesia’ dari para awak kabin.
    Untuk meningkatkan mutu pelayanan, Garuda juga telah mempersiapkan para petugas untuk terus ada dan siap sedia jika dibutuhkan. Bukan hanya ada secara fisik, namun juga secara non-fisik melalui layanan online Garuda.

    2) Lion Air
    Masyarakat menilai kurangnya kualitas pelayanan maskapai penerbangan Lion Air akhir-akhir ini, karena sering terjadi delay (penundaan penerbangan). Selama ini, diakui Lion Air paling diminati oleh sebagian besar masyarakat karena tarifnya relatif murah, namun kualitas pelayanan kurang baik.
    Banyak alasan mengapa konsumen menempatkan Lion Air, sebagai pilihan terakhir ketika melakukan perjalanan mengggunakan pesawat udara :
    Tidak tepat waktu. Jarang sekali Lion Air berangkat (take off) sesuai dengan jadwal sebagaimana yang dijanjikan/tertera dalam tiket. Yang pasti dari Lion Air hanyalah ketidakpastian keberangkatan. Delay menjadi rutinitas yang menyebalkan. Jadi rasanya bagi konsumen yang terbiasa tepat janji dan memegang komitmen, Lion Air bukan pesawat yang tepat bagi Anda.
    Tidak beriorientasi konsumen. Sering kali penundaan dan keterlambatan penerbangan tidak diumumkan sedini mungkin, tetapi karena konsumen yang sudah mengeluh dan bertanya tentang keterlambatan baru kemudian pihak Lion Air mengumumkannya dan meminta maaf. Keterlambatan dan penundaan itupun tidak diikuti dengan compliment kepada penumpang misalnya snack atau makan. Compliment ini diberikan jika penundaannya sudah diatas 3 jam penerbangan.
    Pramugari show. Harus diakui, pramugari Lion Air merupakan wanita-wanita muda umur 20-an tahun yang rata-rata berwajah cantik. Tetapi untuk keramahan dan senyum yang ikhlas, mereka sangat tidak menarik. Bagaimana pramugari ini melayanai penumpang yang beraneka ragam tingkat usia dan pendidikan tentu membutuhkan kesabaran ekstra. Tanpa segan beberapa kali aku melihat pramugari ini menggerutu terutama jika melayani penumpang yang rewel atau tanya karena ketidaktahuaannya. Jadi, konsumen sering mengistilahkan mereka itu tak ubahnya pramugrai show layaknya model yang melakukan fashion show.
    Landing yang kasar. Ini yang konsumen sangat tidak sukai. Seringkali konsumen merasa pendaratan yang dilakukan oleh Lion Air selalu diikuti dengan hentakan dan tidak smooth. Apalagi pada pendaratan pada bandara yang running way pendek.
    Munculnya maskapai-maskapai penerbangan baru juga akan menjadi tantangan bagi Lion Air untuk harus semakin kreatif dan kompetitif sehingga menuntut bekerja lebih keras lagi. Menghadapi persaingan ini, Lion Air harus menyiapkan beberapa strategi, misalnya dengan meluncurkan produk layanan First Class Service. Tentunya ini akan mengimprove produk service, sehingga memberikan pelayanan lebih bagus kepada para penumpang.
    Lion Air dengan semboyannya We Make People Fly ternyata memang hanya sebatas menerbangkan orang dari satu tempat ke tempat lainnya, tetapi tidak melayani dengan orientasi kepuasan pelanggan. Aku berharap dalam waktu dekat, Lion Air dapat menerapkan semboyan We Make People Satisfy Fly.

    B. Pengembangan SDM
    1) Garuda Indonesia
    Garuda Indonesia Baru saja mewisuda 42 pilot baru dari sekolah penerbang “Bali International Flight Academy (BIFA)”. Pilot-pilot yang baru diwisuda tersebut merupakan pilot Garuda angkatan ke sebelas dan dua belas yang mendapatkan pendidikan di BIFA (Bali International Flight Academy).
    Seluruh pilot tersebut telah siap bergabung dengan Garuda Indonesia setelah menempuh waktu pendidikan serta pelatihan penerbangan selama 16 bulan untuk meraih sertifikasi Private Pilot Licence (PPL), Commercial Pilot License (CPL) dan Instrument Rating. Selanjutnya mereka akan mendapatkan pendidikan lanjutan selama enam bulan lagi untuk mendapatkan pendidikan “typerating” agar memenuhi kualifikasi dalam menerbangkan jenis pesawat yang akan mereka operasikan nantinya.
    Kerjasama dengan BIFA ini sangat membantu pencapaian program ekspansi Garuda Indonesia ke depan khususnya dalam pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia pilot. “Sejalan dengan program pengembangan armada yang dilakukan, Garuda juga melaksanakan program pengembangan awak pesawat untuk menjamin ketersediaan pilot-pilot yang berkualitas”,
    .
    Untuk mendukung program ekspansi tersebut, saat ini Garuda Indonesia memiliki lebih dari 900 orang penerbang dan lebih dari 200 pilot yang sedang menjalani pendidikan di Garuda Indonesia Training Center (GITC). Sementara itu, pada tahun 2015 Garuda Indonesia akan memiliki lebih dari 1000 penerbang.
    Seluruh pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) penerbang tersebut dimaksudkan untuk mendukung program ekspansi Garuda Indonesia khususnnya dalam hal penambahan armada. Pada tahun 2013 Garuda Indonesia akan mendatangkan 24 pesawat baru, terdiri dari empat Boeing 777-300ER, tiga Airbus A330, sepuluh Boeing 737-800NG, dan tujuh Bombardier CRJ1000 NextGen. Sejalan dengan program “Quantum Leap”, pada tahun 2015 Garuda Indonesia akan mengoperasikan 194 pesawat – dari saat ini 112 pesawat – dengan rata-rata usia di bawah lima tahun.
    2) Lion Air
    Setelah kecelakaan yang dialami maskapai itu di Bandara Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu pekan lalu, Kementerian Perhubungan segera mengaudit khusus maskapai penerbangan Lion Air untuk memeriksa dan mengevaluasi secara menyeluruh terhadap manajemen dan sumber daya manusia di maskapai tersebut. Manajemen Lion Air bila tidak ingin nasibnya seperti Adam Air seharusnya lebih memperhatikan dan memperbaiki sistem dan pola disiplin para awak pesawat komersilnya termasuk kru daratnya secara lebih ketat lagi. Test urine dan darah secara acak dan berkala. Test psikologi untuk mengukur tingkat stres awak kokpit dan kabinnya pada batas aman dan juga kesejahteraan para karyawannya.
    Seiring dengan mulai runtuhnya kepercayaan masyarakat pada Lion Air dan demi pertumbuhan perusahaan ke depan, maskapai penerbangan swasta terbesar, Lion Air berkomitmen memenuhi permintaan sumberdaya manusianya. Hal ini diungkapkan CEO Lion Air, Rusdi Kirana kepada pers di sela wisuda penerbang, teknisi dan awak kabin lulusan Lion Training Center (LTC) di Jakarta.
    Melalui LTC ini dan Wings Flying School diharapkan mampu menyediakan tenaga-tenaga kerja yang berkualitas dan professional sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” katanya. Data LTC disebutkan peserta yang diwisudai adalah tujuh penerbang lulusan Wings Flying School angkatan pertama dan 30 (tiga puluh) tenaga teknisi pesawat lulusan Basic Aircraft Maintenance angkatan pertama.
    Selain itu, juga 22 awak kabin lulusan Initial Training Flight Attendance angkatan ke-88. LTC juga baru saja dilengkapi dengan fasilitas training yang baru yaitu satu simulator pesawat Boeing 737-900 NG dan satu simulator pesawat ATR-72 500 serta sarana pelatihan Wet Drill bagi awak kabin yang digunakan sebagai simulasi pendaratan darurat di perairan.

    C. Penambahan Jumlah Pesawat
    1) Garuda Indonesia
    PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akan menambah 39 unit jumlah pesawat baru hingga akhir 2013. Penambahan pesawat tersebut untuk meningkatkan pengembangan perusahaan. Total penambahan pesawat 39 tahun ini. 24 Garuda, plus 15 Citilink. untuk pengembangan perusahaan, perusahaan telah menyiapkan total anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun ini sebesar US$ 300-400 juta.
    Besaran capex itu diperoleh perseroan selain dari kas internal juga didapat dari rencana penerbitan obligasi sebesar Rp 2 triliun yang akan diterbitkan pada Juni tahun ini.
    Sepanjang 2013 Garuda telah menerima enam pesawat baru dari 24 pesawat yang direncanakan. Pesawat yang telah datang terdiri dari empat Airbus A320 untuk Citilink, dan dua Bombardier CRJ-1000 Next Generation. Sampai kuartal pertama kami sudah memiliki 112 pesawat dengan rata-rata usia 6,6 tahun.
    Revitalisasi Armada
    Revitalisasi armada Garuda Indonesia bertujuan untuk memperbarui aset lama untuk menyesuaikannya dengan standar modern, sebagai salah satu dasar untuk terus mengembangkan modal dan memastikan pertumbuhan di industri penerbangan
    Kami tengah melakukan program pengembangan armada melalui penambahan pesawat agar dapat lebih maksimal menangkap peluang pertumbuhan di masing-masing segmen pasar yang dilayani. Pada saat bersamaan, Garuda Indonesia juga akan menyederhanakan dan meremajakan pesawat agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi biaya operasi.
    Jenis pesawat yang dipakai akan distandardisasi yaitu jenis Boeing B737-800NG dan Bombardier CRJ1000NextGen untuk rute jarak pendek dan regional, Airbus A330-200/300 untuk rute jarak menengah, Boeing B777-300ER untuk rute jarak jauh, dan Airbus A320-200 untuk Citilink.
    2) Lion Air
    PT Lion Air menargetkan tahun ini dapat mendatangkan 36 pesawat baru dari berbagai pabrikan ternama dunia. sesuai rencana perseroan, ke-36 unit pesawat itu akan digunakan untuk maskapai Malindo Airways sembilan unit, Lion Air 11 unit, Batik Air empat unit, serta 12 unit untuk Wings Air. Dengan demikian, hingga akhir tahun, Lion akan memiliki 130 unit pesawat. Totalnya, Lion sudah memiliki 94 pesawat dengan 745 frekuensi penerbangan.
    Kedatangan pesawat baru ini akan berlangsung hampir setiap tahun hingga pemesanan berakhir pada 2025 mendatang. Pesawat yang datang pada tahap pertama sebanyak 178 pesawat, selanjutnya tahap kedua akan didatangkan 230 pesawat baru.
    kedatangan Boeing 737-900 ER ini untuk melengkapi armada serta program peremajaan. Juga bagian dari upaya peremajaan untuk rute domestik dan regional
    Kedatangan pesawat baru ini juga dimaksudkan untuk menambah frekuensi penerbangan yang sudah ada saat ini. Tercatat, hingga hari ini, Lion Air memiliki 534 frekuensi penerbangan, sementara Wings Air memiliki 211 penerbangan. Dengan kata lain, penambahan armada akan berdampak pada penambahan jumlah penerbangan.

    D. Asuransi/Guarantee
    1) Garuda Indonesia
    Untuk menjamin kenyamanan pelayanan terhadap para penumpang, Garuda Indonesia mulai menerapkan asuransi pelayanan. Bila pelayanan tidak memuaskan seperti delay atau ada barang yang hilang, penumpang bisa langsung mengklaim untuk mendapatkan ganti dari asuransi. Dengan menjalin kerjasama dengan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), asuransi pelayanan bagi penumpang pesawat dan kargo Garuda dapat diterapkan.
    Maka jaminan asuransi penumpang Garuda saat ini bertambah lagi yaitu jaminan ketidaknyamanan perjalanan (travel incovenience insurance), jaminan kargo (cargo insurance), dan jaminan paket tour. Sebelumnya asuransi Garuda terbatas pada asuransi kecelakaan pesawat saja (accident insurance). Manajemen Garuda menjamin, proses klaim tidak dipersulit karena jaminan asuransi itu merupakan bagian komitmen Garuda sebagai maskapai layanan penuh (full service airlines).
    Dari sisi pelayanan, sekarang Garuda Indonesia berbeda dan terdepan karena maskapai yang ada saat ini hanya memberi jaminan asuransi kecelakaan. Pihak Garuda mengakui ketidaknyamanan penumpang dalam penerbangan selama ini seringkali terjadi, terutama soal keterlambatan penerbangan (delay), kerusakan barang bawaan, atau kehilangan kargo.

    2) Lion Air
    Berikut ini adalah beberapa jenis asuransi yang disediakan oleh Lion Air dalam meningkatkaan kepuasan serta loyalitas para penumpang serta manfaatnya.
    a) Asuransi Perjalanan
    Bila penumpang memperpanjang perjalanan nya, Asuransi Perjalanan Lion Air akan menanggung sampai dengan jangka waktu maksimum pada skala waktu yang dipilih sebelumnya yang dibeli tapi akan berlanjut pertanggungannya sampai dengan check in penerbangan pulang. Sebagai contoh, bila anda sebelumnya terbang untuk lima (5) hari perjalanan dan memperpanjang sampai dengan delapan (8) hari: polis anda sebelumnya akan terus menanggung anda sampai dengan hari ke tujuh (7) perjalanan anda dan akan mulai kembali saat anda check in untuk penerbangan pulang.
    b) Asuransi Kecelakaan Diri
    Jika penumpang mengalami kecelakaan fatal atau serius pada saat melakukan perjalanan, manfaat akan memberikan sejumlah uang santunan senilai sampai jumlah IDR 500.000.000 (Sekali Jalan).
    c) Asuransi Biaya Pengobatan & Pelayanan Medis
    Jika anda membutuhkan pelayanan medis akibat kecelakaan pada saat melakukan perjalanan, manfaat ini akan mengganti biaya-biaya medis yang timbul sampai jumlah IDR 200.000.000.
    d) Asuransi Ketidaknyamanan Perjalanan
    Manfaat-manfaat Ketidaknyamanan Perjalanan dirancang untuk membantu anda dalam menikmati pengalaman perjalanan bahkan pada saat dimana hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Manfaat-manfaat kami termasuk: keterlambatan penerbangan , pembatalan perjalanan, pengurangan perjalanan, kerusakan & kehilangan bagasi, kehilangan dokumen-dokumen perjalanan,tanggung gugat pribadi.
    e) Asuransi Darurat Medis 24 Jam
    Asuransi Perjalanan Lion Air memberikan anda pelayanan darurat medis sepanjang waktu.

    E. Pelayanan di Udara
    1) Garuda Indonesia
    Maskapai Garuda Indonesia berencana memasang jaringan internet nirkabel atau wifi dan telepon pada pesawat terbarunya Boeing 777-300ER yang akan tiba pada Juni 2013. Dan dikatakan bahwa pesawat Boeing 777 ini sudah terpasang wifi dan penumpang juga bisa mengakses telepon ketika sedang terbang.
    Keuntungan lain yang dapat dirasakan penumpang yaitu fasilitas akses wifi dan telepon saat terbang diberikan gratis kepada penumpang first class, sedangkan penumpang kelas bisnis dan kelas ekonomi harus membayar biaya tambahan. Layanan internet nirkabel ini tentu dapat meningkatkan pelayanan bagi pengguna jasa Garuda Indonesia.
    kemudian jika diperhatikan dari sisi pelayanan di udara (In-flight) fasilitas seperti cabin seat comfort, cabin comport item & amenities, cabin ambience, lavatory, in-flight sales, cabin service, on board catering, in-flight entertaintment dan reading material akan memanjakan penumpang yang sedang dalam menikmati perjalanan mereka.
    Memang in-flight Garuda patut diberi kredit point. Untuk cabin seat comfort sangat nyaman karena tempat duduk antar baris cukup lega. Berbeda dengan penerbangan lain yang sangat rapat sehingga untuk penumpang dengan postur tinggi dengkul beradu dengan kursi didepannya. Sedangkan onboard catering Garuda juga menyediakan makanan secara gratis sejak dulu. Jarak dekat sekalipun.
    2) Lion Air
    Maskapai pesawat lion air membuat sebuah terobosan baru mengenai pelayanan di udara yaitu mengubah pelayanan pemberian makanan kepada para penumpangnya dengan cara membuka penjualan makanan dan minuman selama perjalanan,sehingga jika kebetulan ada penumpang yang lapar atau haus maka bisa membeli makanan atau minuman yang di tawarkan oleh pramugari ketika pesawat dalam keadaan terbang.sayangnya makanan dan minuman yang mereka jual di atas pesawat sangatlah mahal dan harganya berkali lipat jika di bandingkan dengan ketika kita membeli produk yang ada di daratan.
    Kenyamanan lain dari penerbangan Lion Air adalah menyediakan kursi dari bahan kulit yang lebih elite dr sebelumnya. Boeing 727-900ER Lion Air juga menyediakan ruang untuk kaki yang cukup luas. Juga dilengkapi dengan kemiringan sekitar 2 derajat pada tempat duduk yg nyaman. Anda pun dapat dengan bebas meregangkan badan dan istirahat selama perjalanan.
    Kelas bisnis Lion Air memberikan lebih banyak ruang dikabin serta layanan personal dan tingkat privasi yg lebih tinggi. Kursi kulit lbh confortable. Lion Air juga menyediakan makanan bagi penumpang di kelas bisnis. Selain itu Pelanggan kelas bisnis juga mendapatkan access ke ruang pribadi. Kabin Boeing 737 900 ER yang baru dari Lion Air dirancang tuk memberikan kenyamanan pada penumpang saat melakukan penerbangan. Di dalam ruang yg lebih leluasa tersebut para custumers bisa bersantai dan beristirahat. Disamping itu, kelas bisnis dari Lion Air dilengkapi dgn seat pitch 38″

    DAFTAR PUSTAKA
    1. Dr. H Manggaukang Raba, 2013, ”garuda-indonesia-rated-as-best-international-airline-survey” http://www.antaranews.com/print/. Diunggah pada 25 juni 2013
    2. Pikiran rakyat-online, 2013, “PT Garuda Indonesia Sabet Dua Penghargaan”, http://www.pikiran-rakyat.com/node/. Diunggah pada 25 Juni 2013
    3. Wisnoe Moerti, 2013 , http://www.merdeka.com/uang/”batik-air-lebih-laris-garuda-harus-tingkatkan-pelayanan”, http://www.merdeka.com/uang/.html. Diunggah pada 25 Juni 2013
    4. Pujobroto, Jakarta, 2013, “garuda-indonesia/garuda-indonesia-wisuda-pilot-baru”, https://www.facebook.com/notes/. Diunggah pada 26 Juni 2013
    5. Kompas.com, 2013, “KementerianPerhubunganAuditKhususLionAir”, , http://nasional.kompas.com/read/twitter.com. Diunggah pada 30 Juni 2013
    6. Tototapalnise, 2012, “apakah-nasib-lion-air-akan-menyusul-adam-air” http://totosociety.com/. Diunggah pada 30 Juni 2013
    7. Dewi Rachmat Kusuma , 2013, “garuda-siap-tambah-39-pesawat-baru-hingga-akhir-tahun” http://Finance.Detik.Com/Read/. Diunggah pada 30 Juni 2013
    8. Parliza Hendrawan, 2013, Lion-Air-Datangkan-36-Pesawat-Baru http://www.tempo.co/read/news/ Diunggah pada 30 Juni 2013
    9. Hendra Gunawan, 2008, “PenumpangGarudaDapatAsuransiPelayanan”, http://nasional.kompas.com/read/. Diunggah pada 30 Juni 2013

    Ulasan di atas baik, pengamatannya komplit. Lantas Garuda dan Lion ke depan memperbaiki dalam hal apa? Karena Bencmarking produknya adalah perbaikan.

    Komentar oleh Dian Suriadi Ginting | Juli 8, 2013 | Balas

  3. SELAMAT SIANG PAK JO
    KAMI DARI KELOMPOK 3 DENGAN ANGGOTA

    NAMA : SISKA LIANI ROZALINA
    NIM : C1B010107
    KELAS : G

    NAMA : AYUNDA BISNARTI
    NIM : C1B010041
    KELAS : A

    NAMA : GIDEON DWI PRASETYO
    NIM : C1B009114
    KELAS : G

     TOPIK PEMBAHASAN
    { offensive and defensive competitive strategies }
     5 HAL YANG DIAMATI

    • Frontal attack
    • Flanking attack
    • Encirclement attack
    • Bypass strategy
    • Guerilla tactics

     Guerilla tactics
    { melemahkan pesaing dengan menaklukan dan menyerang secara tiba tiba } study kasus honda menyerang kompetitornya dengan mengeluarkan skuter matic yaitu honda beat yang pada dasarnya dibuat untuk menyaingi skuter matic dari yamaha

    Hasil pengamatan
    Honda technology research institute company adalah produsen mobil,truk,sepeda motor,dan skuter asal jepang .honda juga membuat kendaraan segala medan ( ATV ) , generator listrik dan mesin kelautan , dan peralatan taman .honda didirikan pada tanggal 24 september 1941 oleh SOICHIRO HONDA .honda merupakan produsen sepeda motor tersebar didunia sejak 1959 . Honda, menguasai pasar di tanah air, sehingga mampu menjadi ikon motor di Indonesia. Hingga tak jarang masyarakat menyebut “Motor” dengan kata “Honda”. Karena begitu melekatnya merk tersebut pada jenis barang tertentu salah satu produksi honda didalam kategori sepeda motor adalah HONDA BEAT yang mana dapat menjadi saingan terberat bagi kompetitor lain terutama yamaha . HONDA BEAT dirancang untuk memenuhi permintaan pasar akan skuter matic

    Faktor faktor penyebab PT.ASTRA HONDA MOTOR memproduksi honda beat
    1.Karateristik konsumen
    Konsumen indonesia mempertimbangkan beberapa hal dalam membeli motor antara lain model yang keren , merek yang sudah dikenal ,harga yang terjangkau , fitur dan mesin yang tangguh serta hemat bbm
    2.Produk karateristik
    Sejak diluncurkan ditanah air pada 2008 silam populasi honda beat sudah mencapai hingga 3 juta lebih .hal ini menjadikan honda beat menjadi produk honda paling laris manis dipasaran sejak 2008 sampai saat ini populasi honda beat 3,5 juta unit , dan sekarang mendapat gelar raja skutr .
    Honda beat PGM-F1 ditawarkan dengan harga 12,9 juta atau lebih mahal 200 ribu dari model sebelumnya, selain itu honda juga melansir beat PGM-F1 dengan fitur CBS ( COMBI BRAKE SYSTEM ) model ini dilepas dengan harga 13,5 juta . komsumsi bahan bakar beat PGM-F1 lebih hemat yakni 58.0 kpl . hasil tersebut berdasarkan metode pengujian ECE R40 ,sementara model sebelumnya hanya mencapai 44,7 kpl artinya beat baru lebih hemat 30%, BEAT PGM-F1 diperkuat mesin 4 langkah SOHC berpendingin udara berkapasitas 108 cc yang sanggup menggelontarkan tenaga 6,27 kw pada putaran 8000 pm dan torsi puncak 8,68 nm pada 6.500 rpm

    Analisis strategi honda beat
    Tujuan dari PT .AHM adalah terus berkembang dipasar oyomotif indonesia , dengan didukung oleh produk produk baru investasi local , berusaha membuat konsumen menjadi loyal . Semua bagian di AHM berpartisipasi aktif untuk memenuhi kepuasan pelanggan sehingga pelanggan tersebut menjadi loyal. Beberapa aktivitas kami, yaitu :

    • Me-maintain seluruh jaringan di seluruh area untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan
    • Meningkatkan fasilitas dan pelayanan di showroom, bengkel, dan tempat penjualan spare part, seperti: memasang internet dan musik di ruangan (untuk memenuhi keinginan anak muda)
    • Fokus promosi Honda BeAT dengan berbagai iklan (above the line) dan aktivitas (below the line) dengan target anak muda
    • Membangun dan menjaga hubungan dengan komunitas/ club sepeda motor dan customer24 jam tim kami siap menerima keluhan dan saran dari pelanggan melalui Contact Centre.

    Tujuan dari produk honda beat adalah sebagai produk untuk pasar sepeda motor dengan jenis skuter PGM-F1 dan berusaha untuk mempertahankan penjualan dan meningkatkan market share per bulan nya .

    Strategi yang diimplimentasikan

    Kami selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi pelanggan. Ini sejalan dengan semangat tagline One Heart atau Satu Hati di mana perusahaan berupaya menemani konsumen mewujudkan mimpi mereka. Berbagai produk, aktivitas dan program kami siapkan, seperti berikut:
    • Memberikan berbagai pilihan varian produk kami dengan kualitas tinggi dari mulai tipe Bebek/ Cub, AT/ Matik, dan Sport yang dapat disesuaikan dengan masing-masing segmen dan keinginan konsumen.
    • Mempertahankan core value dari produk – produk kami seperti: irit BBM, mesin awet, trendy, nyaman digunakan, dan berteknologi tinggi.
    • Aktif membangun citra positif perusahaan, seperti tagline One Heart (Satu Hati bersama Honda meraih mimpi), Safety Riding Campaign and MotoGP sponsorship, dll.
    • Menjaga hubungan baik dengan para stake holder, termasuk pelanggan dan melakukan kegiatan positif bersamakomunitas Honda.

    Dari sisi emotional bonding:

    • Melakukan berbagai kegiatan untuk anak muda (Honda DBL, BeAT Skulizm, mobile café dan roadshow ke sekolah-sekolah, dll)
    • Gathering dengan acara yang menarik bersama komunitas Honda BeAT
    • Aktif mengembangkan digital marketing melalui website dan interaksi di social media (untuk memenuhi kebutuhan segment youth dan netizen)

    Strategi yang dipakai dalam persaingan

    1.Tunjukkan keunggulan, tutupi kelemahan
    Strategi ini digunakan honda untuk menunjukan teknologi 4 langkah atau 4 tak
    2. Menghentikan dominasi produk favorit
    Strategi ini digunakan honda untuk bangkit dari ketertinggalan dalam hal penjualan motor skutik .
    3. Jika tidak bisa menjadi yang pertama , maka tirulah yang sukses
    Strategi ini rupanya cukup efektif , serbuan produk honda tak hanya membuat penjualan namun membuat popularitas yamaha kian turun .

     MENGAPA BIDANG INI YANG DIAMATI
    Karna persaingan honda dan yamaha yang semakin sengit maka kami kira topik ini bagus untuk di diskusikan . apalagi dengan gencar nya HONDA menyerang YAMAHA dengan sepeda motor khususnya disegmen skuter matic { honda beat }

     SUMBER PENGAMATAN

    http://indobikermags.com/2013/01/19/marketing-strategy-strategi-honda-bisa-terbaca-tapi-tidak-bisa-ditiru/
    http://iniopiniku.com/2012/02/persaingan-strategi-pemasaran-honda-vs-yamaha/
    http://www.jasapenulisanartikel.com/strategi-motor-honda-menghadapi-persaingan-tahun-2013/
    http://arisnurdin.blogspot.com/2013/05/ulasanqu-perencanaan-dan-strategi.html

    Penjelasan strategi seperti di atas baik, tapi pengelompokan strategi sebagaimana diinginkan pada pertanyaan itu yg belum terlihat.

    Komentar oleh SISKA LIANI ROZALINA | Juli 8, 2013 | Balas

  4. Malam pak jo 🙂
    Kami dari kelompok (menciptakan daya saing)
    Yang beranggotakan :
    NAMA ANGGOTA KELOMPOK :

    MEZYLA YUANDA (C1B010080)
    ASYAD(C1B010085)
    WAHMAD DIATMIKA (C1B010075)
    RAMA TRIANTO(C1B010084)

    Judul Tugas : Menciptakan daya saing

    Perusahaan Yang Diamati
    ( Blackberry vs android)

    Topik Pengamatan :
    Minat konsumen terhadap android mengalahkan blackberry

    5 Hal Yang Di amati?
    Bagaimana mereka memasarkan produk?
    Apa saja keunggulan masing-masing produk?
    Adakah kelemahan dari masing-masing produk?
    Mana yg lebih memiliki pangsa pasar lebih tinggi?
    Kualitas mana yg lebih baik dipasaran?

    Hasil Pengamatan :

    Dalam perkembangan globalisasi saat ini, tidak dapat di pungkiri bahwa smartphone merupakan sesuatu yang sangat penting dikalangan masyarakat,penggunaan akan alat telekomunikasi ini sangat diminati berjuta-juta penduduk di Indonesia.
    Blackberry dan Android adalah salah satu yang saat ini sangat di minati oleh konsumen,konsumen merasa di manjakan dengan hadirnya alat komunikasi yang cerdas, tetapi tidak sampai disitu,kedua nya hadir dan memberikan layanan serta keunggulan masing-masing.

    Keunggulan yang dimiliki masing- masing produk :
    Keunggulan Blackberry

    Segi Aplikasi dan Penggunaan

    1. BBM (Blackberry Messenger) merupakan salah satu fitur yang dicari oleh pengguna Blackberry , inilah yang masih menjadi andalan dari produk ini . BBM mampu membuat chatting kita nyaman dengan tidak hanya menyediakan fungsi chatt type, namun juga send type dan rekaman sebesar 10Kb – membantu sekali saat sedang tidak bisa mengetik pesan dan tinggal merekam ucapan sekitar 5 Detik dan mengirimkan kepada lawan chat kita. Ditambah lagi kemampuannya yang mendukung YM , dan GTalk.

    2. Push e-mail. Inilah yang paling menjadi keunggulan dari BlackBerry, kita bisa meng-akses e-mail lebih mudah dengan ini. Para profesional masih mengandalkan Blackberry untuk aktivitas ini , fungsi ini menjadi lebih berguna ketika seseorang mempunyai banyak kolega yang mengharuskan tindakan cepat dalam merespon email .

    3. Penggunaan Internet yang didukung teknologi Wi-Fi sehingga bila kita tidak ada pulsa , kita bisa memanfaatkan fitur Wi-Fi ini . Ditambah lagi tampilan Facebook dan Twitter Blackberrynya menarik dan loading cepat menjadi andalan tersendiri.

    4. Terdapat fitur GPS yang memungkinkan kita men-trackback diri kita bila dalam keadaan tersesat. Ditambah lagi Fungsi geotag pada Blackberry ber-GPS, yang dapat membantu anda meng-upload foto yang yang berisi informasi lokasi foto diambil, bisa dibuat teka-teki, kemana rekan kita berada dengan mengecheck lokasi GPS melalui informasi Geotagnya.

    5. Fungsi telepon dan organizer sama baiknya dengan smartphone sekelas nokia or WM6

    6. Fungsi Autotext, anda tinggal mendefine keyword lalu mengasosiasikan dengan isi pengganti yang biasanya berisi text/character yang panjang, dan digunakan dengan mengetikan keyword, maka isi pengganti akan menggantikan keyword tersebut. Semisal, anda mendefine autotext home, ketika anda ketik, digantikan dengan alamat lengkap, RT / RW , kode pos dan sesuai keinginan anda.

    Jaringan dan Keamanan Data

    1. Blackberry menggunakan layanan BIS (jalur khusus untuk pengguna BB) sehingga koneksi jarang terganggu.

    2. Dengan mengaktifkan fungsi password, dan jika terjadi kehilangan terhadap blackberry, pencuri yang salah memasukan password akan menghapus seluruh data (wipe) di blackberry anda-sehingga data penting anda tidak gampang diambil.

    3. Fitur firewallnya, sangat effective dalam memblokir sms/mms/phone call yang tidak kita inginkan.

    4. Fitu Blackberry yang mengadopsi sistem full backup/recover sebagian maupun sepenuhnya mempermudah user dalam membackup data – data penting.

    5. Ketika mengganti unit blackberry baru, anda cukup menggunakan fungsi change device dan data-data penting beserta setting dan 3rd party software (jika compatible) tercopy dengan mudah ke device blackberry baru.

    Keunggulan Android :

    1. Berbeda halnya dengan BB untuk Android anda tidak perlu bayar untuk download aplikasi. Didukung juga dengan akses Mudah terhadap Ribuan Aplikasi Android lewat Google Android App Market – Kalau Anda penggemar install aplikasi ataupun games, lewat Google Android App Market Anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis. Ada banyak ribuan aplikasi dan games yang siap untuk Anda download di ponsel Android. . Ditambah lagi Aplikasi game 3D nya sangat stabil dan mantap.

    2. Ponsel Android mendukung sistem Multitasking , dimana anda bisa menjalankan berbagai aplikasi, itu artinya Anda bisa browsing, Facebookan sambil mendengarkan .

    3. Produk Android didukung penuh Google. Jadi kita dapat menikmati semua layanan google seperti gmail, youtube, dan fasilitas google lainnya.

    4. Selain itu ponsel Android menggunakan sistem Real Time notification , sehingga setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tak ketinggalan Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip, sehingga Anda tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun misscall sekalipun.

    5. Produk Android bisa dinyatakan aman dari virus karena berbasis linux (Kernel 2.6).

    6. Produk Android merupakan ponsel yang terdiri dari pilihan ponsel yang beranekaragam . Android merupakan sistem yang ditanamkan pada ponsel , berbeda dengan iOs yang hanya terbatas pada iPhone produk Apple . Sedangkana android tersedia di ponsel dari berbagai produsen, mulai dari Sony Ericsson, Motorola, HTC sampai Samsung. Dan setiap pabrikan ponsel pun menghadirkan ponsel Android dengan gaya masing-masing, seperti Motorola dengan Motoblur-nya, Sony Ericsson dengan TimeScape-nya. Jadi Anda bisa leluasa memilih ponsel Android sesuai dengan ‘brand’ yang anda sukai.

    7. Harga relatif murah.

    *Tidak hanya keunggulan,keduanyapun tetap sama-sama memiliki kekurangan masing-masing produk,antaranya:

    Kekurangan blackberry

    1. Untuk mendapatkan layanan Blackberry yang memuaskan seperti di atas, kita harus berlangganan BIS. Untuk setiap operator bisa berbeda. Jadi untuk selain mengeluarkan untuk biaya pulsa, juga mengeluarkan biaya untuk berlangganan BIS. Dan belum semua operator yang telah mendukung layanan Blackberry BIS , yang sudah mendukung barulah Indosat,(Matrix,Mentari),XL (pascabayar),T-Sel (Halo,simpati).

    2. Tidak ada fitur Radio pada Blackberry , bagi anda pendengar Radio sebaiknya anda mengurungkan niat untuk membeli Blackberry karena BB tidak mendukung fitur ini , sehingga anda hanya bisa memainkan aplikasi bawaan maupun yang dijual via Blacberry World Apps. Selain itu banyak aplikasi Blackberry yang sifatnya tidak gratis, alias bayar dulu sebelum diinstal di handset BB.

    3. Masalah model. BlackBerry mungkin kurang memperhatikan masalah model, karena hampir semua handphone BlackBerry berbasis QWERTY. Yang menjadi masalah, ketika orang sudah meninggalkan model QWERTY karena sudah tidak jaman, otomatis mereka akan berpindah ke model yang lain yang sedang banyak dipakai, itu berarti pihak BlackBerry harus merombak model Handphone BlackBerry jika model QWERTY sudah jarang digunakan.

    4. Harga masih tergolong mahal untuk orang Indonesia. Ditambah lagi apabila terjadi kerusakan, seperti misalnya untuk Blackberry Bold Rollerballnya rusak, biaya servisnya masih mahal.

    Kekurangan android :

    1. Memerlukan koneksi Internet yang terus menerus , kebanyakan ponsel Android memerlukan koneksi internet yang terus aktif ,tentunya hal ini menyebabkan anda harus selalu dalam jangkauan GPRS dan tentunya bisa dibayangkan berapa pulsa yang anda harus keluarkan .

    2. Aplikasi di Ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, namun konsekuensinya di setiap Aplikasi tersebut, akan selalu Iklan yang terpampang, entah itu bagian atas atau bawah aplikasi. Sehingga anda harus bersiap – siap iklan tersebut muncul secara tiba – tiba.

    3. Jika anda ingin menggunakan Android untuk sekedar berkomunikasi seperti telepon dan 3G dengan lawan bicara anda , sebaiknya anda mengurungkan niat menggunakan Android karena fungsinya lebih baik digunakan sebagai ponsel Online.

    Apakah benar android. Dinilai meniru keunggulan blackberry?

    Monexnews – Samsung bersiap melebarkan sayap bisnisnya di industri smartphone dengan memasarkan ponsel berorientasi bisnis. Selama ini produsen asal Korea Selatan itu memang giat membuat berbagai jenis ponsel canggih, namun segmentasi marketnya hanya terpaku pada konsumen dan belum menjamah pelaku bisnis. Sejak tahun lalu, Samsung melakukan riset intensif untuk mengembangkan sistem operasi Android yang dijejali aplikasi bisnis sekaligus aman dari ancaman cyber.

    Pekan ini Samsung memperkenalkan software bernama Knox, yang diciptakan untuk melindungi konsumen dari serangan malware. Dengan adanya ponsel dengan software terbaru itu, perusahaan berharap produknya bisa semakin dilirik oleh berbagai perusahaan untuk dijadikan perangkat komunikasi wajib. Bidikan utama tertuju pada divisi teknologi informasi perusahaan, yang biasanya mengurus soal sistem dan jaringan kerja antar karyawan. Menurut Samsung, banyak korporasi merekomendasikan penggunaan Blackberry untuk kepentingan bisnis karena tingkat keamanannya yang tinggi. Kualitas inilah yang ingin mereka terapkan pada ponsel berbasis Knox nantinya.

    Untuk membangun sistem yang aman, Samsung menggaet General Dynamics, kontraktor sarana dan prasarana militer Amerika, untuk dijadikan mitra pengujian. General Dynamics nantinya akan menguji daya tahan software dari segala jenis ancaman cyber, sesuai dengan standar keamanan departemen dan lembaga-lembaga pemerintahan. Penggunaan Knox dalam ponsel baru akan diperkenalkan di paruh ke-dua tahun ini, tetapi tidak tertutup kemungkinan penampakannya bisa dilihat pada peluncuran smartphone Galaxy S IV tanggal 14 Maret mendatang.

    Samsung memang sedang mengkampanyekan kualitas produknya untuk keperluan bisnis. Beberapa iklan terbaru memperlihatkan betapa smartphone Galaxy mampu menjalankan berbagai tugas dalam satu waktu. “Kami akan menjadi nomor satu di bisnis enterprise,” ujar Tim Wagner, Vice President Enterprise Samsung. Untuk mewujudkan visi tersebut, raksasa Korea itu harus meraih simpati pelaku bisnis Amerika sebelum merambah ke wilayah lain. Dan tentu saja rangkaian produk smartphone Samsung wajib menggoyang reputasi apik Blackberry dalam urusan keamanan software bisnis.

    Pangsa pasar BlackBerry di Indonesia turun signifikan

    Kalangan operator telekomunikasi di Indonesia menilai pasar BlackBerry masih tumbuh di Indonesia dan masih cukup banyak digemari oleh pengguna telekomunikasi.
    Namun, menurut Presdir XL Axiata Hasnul Suhaimi, pangsa pasar BlackBerry untuk segmen smartphone di Indonesia turun sangat signifikan. “Sebelumnya vendor asal Kanada itu menguasai pasar smartphone di Indonesia hingga 60 persen, sekarang cuma 30 persen,” tuturnya.

    Hasnul tak menyebutkan secara pasti penyebab turunnya pangsa pasar BlackBerry di Indonesia, tetapi diduga karena penetrasi ponsel Android yang cukup signifikan dengan harga yang rendah.
    Sementara itu, Head of Corporate Communication Indosat Adrian Prasanto mengungkapkan tingkat churn rate pengguna BlackBerry sangat kecil, bahkan hampir tidak ada.

    Jumlah pengguna BlackBerry di Indonesia telah mencapai lebih dari 13,85 juta orang, dengan Telkomsel masih menguasai pasar lebih dari 50 persen, diikuti XL (3,2 juta), Indosat (2,6 juta), dan Axis (850.000).
    Adita Irawati, Head of Corporate Communication Telkomsel, mengatakan tren pelanggan BlackBerry makin meningkat dari tahun lalu sejumlah 5,7 juta sekarang sudah mencapai 7,2 juta orang.
    Anak usaha PT Telkom Tbk itu mengklaim pertumbuhan jumlah pelanggan BlackBerry Telkomsel cukup signifikan, dengan pangsa pasar lebih dari 50 persen.

    Ada Enam alasan utama kenapa meninggalkan BlackBerry untuk Android bukanlah hal yang salah :

    1. Performance
    -BlackBerry: cepat dan stabil. Tapi kadang terjadi phone-hang yang mengharuskan Anda mengeluarkan baterai dari tempatnya dan yang paling menyebalkan adalah proses re-boot: 3-8 menit.
    – Android: Sangat cepat. Belum ada keluhan tentang phone-hang yang mengharuskan baterai keluar dari tempatnya, kecuali jika ingin ganti SIM card. Proses re-boot berlangsung cepat.

    2. Baterai
    – BlackBerry: umur baterai BB memang luar biasa. Ya, wajar saja karena BB tidak banyak melakukan proses berbagai aplikasi seperti pada Android.
    – Android: tergolong boros, tapi kadang bisa sampai satu hari. Tapi harus diingat bahwa ponsel Android memakai baterai untuk BANYAK hal. Contohnya jika Anda memakai ponsel Android untuk brwosing web atau nonton video sampai 1 jam, pastinya itu membutuhkan daya baterai lebih. Dan, bisakah BlackBerry melakukan hal yang sama selama itu?

    3. Email
    – Blackberry: email pada BB memang menjadi andalan RIM. Gmail pada BB pun telah dioptimalkan fungsinya, tapi tentu saja tidak sebaik pada Android.
    – Android: apa yang Anda ragukan dari Gmail buatan Google yang dijalankan pada Android yang juga buatan Google?

    4. User Interface (UI)
    – Blackberry: membosankan, done.
    – Android: Anda bahkan tidak akan merasa lelah untuk menjelajah setiap sudut ponsel Android. Dijamin.

    5. Web Browsing
    – Blackberry: sangat melelahkan, Anda harus mengakui itu.
    – Android: disinilah letak kelebihan Android. Android menjadi pemenang jika dibandingkan dengan semua mobile OS. Jika membandingkan web browsing pada Android dengan BlackBerry, seperti siang dan malam saja. Jauh berbeda.

    6. Aplikasi
    – Blackberry: BlackBerry memang memiliki segudang aplikasi, tapi di saat yang sama iPhone juga semakin jauh meninggalkan BlackBerry. Jadi lebih baik melihat apa yang bisa dilakukan BlackBerry untuk menyusul ketertingalannya di belakang iPhone OS dan Android.

    Siapa yg lebih unggul?
    bagi yang mengerti smartphone pasti akan bilang android, IOS atau windows Phone (walaupun windows phone kualitasnya masih kalah dibandingkan dengan Android atau IOS) tetapi jika membutuhkan smartphone untuk pekerjaan sebaiknya menggunakan android, tetapi jika hanya ingin menjadi penikmat IOS pilihan terbaik.

    Mana yg lebih diminati?

    Apa yg dilihat blackberry terhadap android memang patut dikhawatirkan mengingat android adalahh operating system bersifat terbuka. Lihat saja, operating system blackberry hanya utk handphone blackberry, tetapi android dpt digunakan pada berbagai merek handphone, notebook bahkan tablet PC. Sehingga semua org walau dgn berbagai gadget yg berbeda akan tetap terkoneksi. Selain android dpt melakukan jg apa yg blackberry lakukan, Android froyo EVDO Rev.A dpt melakukan streaming video dgn kecepatan tinggi 5x lipat dr kecepatan akses internet yg ada saat ini. Patut jika blackberry merasa was-was.

    Bayangkan dgn android jenis Evdo-A anda mendapatkan semua kemampuan blackberry, plus dpt menikmati youtube,internet TV, TV streaming, radio streaming, video call dgn kecepatan tinggi tanpa terputus-putus (buffering) dan tentunya gratis(sdh termasuk dlm paket berlangganan data internet). Dgn didukung 100.000 lebih program software gratis via android market dari berbagai publisher seluruh dunia. Android market adalah aplikasi pihak ketiga yang menyerupai BB Application World. bkn tidak mungkin system ini akan merajai dlm 2-3 thn kedepan.

    Saatnya RIM was-was dan siap memikirkan inovasi yg baru, atau android akan membunuh blackberry bbrp tahun kedepan.

    Saat ini konsumen sudah cukup pintar untuk memilah dan memilh produk mana yg lebih menguntungkan untuk saat ini dan kedepannya,
    Android hadir menjawab semua itu,
    Android menawatkan layanan yg dimana blackberry tidak memiliki itu,
    Blackberry dinilai kurang mampu bersaing dengan android saat ini,
    Sebagai contoh,sekarang sudah banyak konsumen blacberry yang beralih menggunakan android,
    Dan ini menjadi cambuk besar bagi perusahaan ini nantinya.

    Android Murah Berkualitas Bermerek

    12 HP Android Murah Berkualitas Bermerek, HP Android atau yang lebih dikenal dengan istilah Smartphone Android karena HP Android merupakan salah satu bagian dari Smartphone. HP Android Murah memang tidak semuanya memiliki kualitas rendah, sehingga anda harus benar benar pandai memilih HP Android murah berkualitas.

    12 HP Android Murah Berkualitas Bermerek, Setiap Produsen Hp tentunya memiliki standar operasional tersendiri dalam memproduksi suatu produk. Biasanya Produsen gadget terkemuka dan terkenal mereknya akan membuat suatu produk dengan tingkat kontrol yang cukup tinggi untuk memastikan konsumen merasa nyaman dan puas dengan produk mereka. Jika kita bisa mengambil hati konsumen dengan produk yang berkualitas tentunya konsumen akan lebih Trust kepada produk tersebut. Beberapa Hp Android yang bermerek diantaranya adalah Samsung, Apple, Sony, LG, Lenovo, HTC, Asus, Nokia, Acer, tetapi tentunya harganya pasti sedikit mahal.

    Ini Buktinya Android Lebih Unggul dari Blackberry
    Unggul dari Blackberry

    Setelah Blackberry muncul dan populer pada tahaun 2009-2010, kemudian munculah nama Android yang kabarnya akan menyaingi BB. Karena perangkat keduanya sama-sama di lingkup phone-gadget. Tapi lucunya, banyak yang bersikeras bahwa Blackberry dan  Android adalah beda, padahal kenyataanya keduanya saling bersaing. Blackberry atau Android yang lebih unggul selalu menjadi pembahasan yang menarik, walaupun saat ini sudah reda gembar-gembornya.

    Suatu kelebihan Android, dia mampu mengusik popularitas Balacberry tanpa menyamai modelnya. Benar saja jika BB beda dengan Android. Jika blackberry adalah merk HP, sadangkan android adalah operting sistem dan aplikasi dalam HP, karena tidak ada HP bermerek Android. Fear, BB tidak bisa menuduh android menduplikat modelnya.

    Keunggulan blackberry sampai sekarang terdapat pada Personal Identity Number (PIN) yang digunakan untuk privacy. Itu merupakan tujaun utama market BB di pangsa kantoran dan bisnis. Terbukti para dewasa, pengusaha, dan penjabat lebih memilih memakai blackberry dan tidak tergiur untuk memakai android.

    Jadi sebenarnya Bebe masih unggul sesuai tujuan marketnya di kalangan orang dewasa sekelas pengusaha dan penjabat. Terlebih lagi dengan sistem pajak per bulan yang tidak murah, menunjukan target bb untuk kalangan atas.

    Blackberry berbeda dengan Android sebenarnya memang betul. Bisa dilihat jika bb mengutamakan jaringan internet dan kecepatan komunikasi, yang begitu penting di dunia bisnis., katakan saja di US, Inggris dsb. Android justru mengutamakan aplikasi, game dan fitur tampilan yang menarik, sehingga cocok di kalangan remaja. 

    Android lebih unggul dari blackberry bisa dikatakan benar. Terutama jika dari sudut pandang lifestyle, bagi remaja. Banyak aplikasi  Android yang tidak ada di BB, tapi banyak fitur BB yang ada di aplikasi android. BBM tidak lebih unggul, karena adanya whatsupp di aplikasi andro.
    Aplikasi Android diinjeksi berbagai merk hp, dengan harga terjangkau bahkan dengan harga di bawah 1 jutaan. Beberapa brand terkenal adalah Samsung, HTC, Nexian dll dengan harga terjangkau bisa dinikmati setiap lapisan masyarakat.
    Faktanya juga yang sering membanding-bandingkan adalah kalangan remaja, jadi android lebih unggul.

    Tetapi tidak bisa dipungkiri, jumlah pemakai handphone BlackBerry di Indonesia luar biasa banyak. Tapi masa itu sudah berakhir. Hasil survey International Data Corporation (IDC) yang baru saja diumumkan, saat ini Android mengalahkan BlackBerry sebagai sistem operasi mobile yang paling banyak dipakai. Data menunjukkan, Android sudah menguasai sebanyak 52% pangsa pasar smartphone Indonesia. Apa penyebab BlackBerry semakin ditinggalkan? Apa pula penyebab Android bisa meraih popularitas sebagai OS terlaris begitu cepat? sumber: PCPlus

    Menurut Darwin Lie (Market Analyst for Client Devices, IDC Indonesia), ada beberapa hal yang menjadi faktor kalahnya BlackBerry dan semakin larisnya Android,sebagai berikut :

    Android menawarkan handset yang murah dan beragam
    Android menawarkan banyaknya aplikasi gratis yang menggoda penggunanya untuk terus beroksplorasi dengan gadgetnya tersebut
    semakin populernya layar sentuh. BlackBerry yang memakai layar sentuh harganya mahal
    penundaan tanggal rilis OS BlackBerry 10 membuat fans BlackBerry lari ke Andorid atau iPhone
    Dari IDC Asia/Pacific Quarterly Mobile Phone Tracker juga diperoleh data tentang pertumbuhan angka jumlah pengiriman telepon selular ke Indonesia, yang mengalami pertumbuhan sebesar 10% per kuartal, dan sampai 25% per tahun. Angka statistik yang menggoda produsen gadget untuk terus melakukan penetrasi pasar handphone di negara kita ini. Smartphone atau feature phone adalah perangkat yang paling menunjukkan pertumbuhan signifikan dibanding kuartal lalu. Salah satu yang mempengaruhi hal ini adalah masa Idul Fitri dimana banyak produsen melakukan promosi terhadap produk mereka yang disambut dengan pembelian oleh konsumen.

    IDC juga memperkirakan bahwa pertumbuhan penjualan smartphone yang berbasis touch screen akan melebihi angka 7 juta unit pada tahun ini. Belum lagi dengan santernya berita mengenai rilis Apple iPhone 5 dan Nokia Lumia 920 yang iklannya bikin heboh itu.

    Bagaimana dengan merk lokal macam Cross dan Mito? Hmmm, meski murah dan memang menyasar pasar yang lebih rendah, tak ayal pertumbuhan mereka akan memberi warna bagi perkembangan pasar smartphone dengan OS Android, BlackBerry, iOS, dan Windows Phone. Kita tunggu saja. Semakin sengit persaingan, biasanya juga akan membawa penurunan harga dan tinggi-tinggian fitur. Jadi, semoga nanti kita bisa mendapatkan handphone murah tapi bagus. Biar mereka bertarung, kita beli yang sesuai dengan kantong dan kebutuhan saja.

    DAFTAR PUSTAKA

    Android Developer. (2012). Dialogs. Retrieved 03 18, 2013, from Android Developer: http://developer.android.com/guide/topics/ui/dialogs.html
    Android Developer. (2012). ImageView. Retrieved 03 18, 2013, from Android Developer: http://developer.android.com/reference/android/widget/ImageView.html
    Android Developer. (2012). Input Controls. Retrieved 03 18, 2013, from Android Developer: http://developer.android.com/guide/topics/ui/controls.html
    Connolly, T., & Begg, E. C. (2010). Database System A Practical Approach to Design, Implementation, and Management (5th ed.). Boston: Pearson Education, Inc.
    Dewi, R. (2012, 07 16). Ketika Anak Muda Indonesia Mencintai Budaya Jepang dan Korea. Retrieved 03 22, 2013, from Tribunnews.com: http://www.tribunnews.com/2012/07/16/ketika-anak-muda-indonesia-mencintai-budaya- jepang-dan-korea
    Frank, M. C. (2008). Instructional Software. Retrieved 09 18, 2012, from Classroom Instructional Software: http://edtech2.boisestate.edu/frankm/EDTECH575/home_is.html

    Penjelasannya rame, mudah-mudahan ada inspirasi yang dijadikan penelitian dalam bentuk skripsi ataupun tesis.

    Komentar oleh mezyla yuanda | Juli 8, 2013 | Balas

  5. Selamat Malam Pak Jo
    Kami dari Kelompok 1 dengan Anggota
    Nama : Nurrahma Sari Putri
    NIM : C1B009117
    Kelas : G

    Nama : Laras Irentha Ramadhani
    NIM : C1B07075
    Kelas : B

    Nama : Gusnita Ariyani
    NIM : C1B001012
    Kelas : G

    Nama : Arfad Fermady
    NIM : C1B010086
    Kelas : B

    Untuk memenangkan persaingan di pasar global dewasa ini, perusahaan harus menjadi mahir tidak hanya dalam membangun produk, tetapi juga dalam membangun pelanggan. Melaksanakan pekerjaan secara lebih baik daripada yang dilakukan para pesaing dalam memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan menjadi jawabannya. Salah satu cara untuk menerapkan hal tersebut adalah dengan menerapkan strategi Customer Relationship Management (CRM) yang muncul berdasarkan konsep Relationship Marketing (RM). CRM adalah strategi bisnis inti yang mengintegrasikan proses dan fungsi internal serta jaringan eksternal untuk menciptakan dan menyampaikan nilai bagi pelanggan sasaran dalam rangka mendapatkan laba. CRM ditunjang dengan data berkualitas tinggi dan difasilitasi teknologi informasi. Tiwana dalam Gaffar (2007:35), CRM merupakan kombinasi dari proses bisnis dan teknologi yang tujuannya untuk memahami pelanggan dari berbagai prospektif untuk membedakan produk dan jasa perusahaan secara kompetitif.
    Customer relationship management adalah strategi tingkat korporasi, yang berfokus pada pembangunan dan pemeliharaan hubungan dengan pelanggan. Beberapa paket perangkat lunak telah tersedia dengan pendekatan yang berbeda-beda terhadap CRM. Bagaimanapun, CRM bukanlah teknologi itu sendiri, tapi ia adalah pendekatan holistik terhadap falsafah organisasi, yang menekankan hubungan yang erat dengan pelanggan. CRM mengurus filosofi organisasi pada semua tingkatan, termasuk kebijakan dan proses, customer service, pelatihan pegawai, pemasaran, dana manajemen sistem dan informasi. Sistem CRM mengintegrasikan pemasaran, penjualan, dan customer service dari ujung ke ujung.
    Tujuan utama dari CRM adalah mengidentifikasi, mengantisipasi dan memahami kebutuhan pelanggan, baik pelanggan lama maupun pihak yang berpotensi untuk menjadi pelanggan dan mengantar mereka pada loyalitas. Sasaran utama CRM adalah meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profit perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan.

    Penerapan CRM meliputi empat kegiatan yaitu Identify, Differentiate, Interact, dan Customize (IDIC) yang dijabarkan sebagai berikut :
    1. Identify (Identifikasi)
    Merupakan pengenalan atas pelanggan, pemahaman dapat diperoleh melalui data. Tujuan utama mengumpulkan informasi tentang pelanggan adalah untuk membuat hubungan antar perusahaan dan pelanggan menjadi lebih dekat dan lebih menguntungkan, baik bagi perusahaan maupun bagi pelanggan. Tugas pertama dalam membangun sebuah hubungan adalah mengidentifikasi pelanggan secara individual.

    2. Differentiate (Diferensiasi)
    Merupakan kegiatan perusahaan dalam mengelompokkan pelanggan berdasarkan customer value, sehingga perusahaan bisa membuat keputusan yang benar dalam memenuhi kebutuhan pelanggannya, karena tiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda. Setiap pelanggan memiliki keinginan berbeda terhadap perusahaan, begitu juga perusahaan memiliki pengharapan yang lain terhadap para pelanggannya. Meskipun bukan sebuah konsep baru, pengelompokkan pelanggan atau sebuah proses pembagian pelanggan kedalam beberapa kategori berdasarkan variabel tertentu merupakan langkah penting di dalam memahami dan melayani pelanggan.

    3. Interact (Interaksi)
    Merupakan proses hubungan timbal balik yang dilakukan oleh perusahaan dengan pelanggan. Sebuah percakapan dengan pelanggan harus mengacu pada beberapa hal penting di awal interaksi. Sebuah interaksi yang efektif akan memberikan pandangan yang lebih baik mengenai kebutuhan pelanggan di masa yang akan datang.

    4. Customize (Kustomisasi)
    Merupakan usaha perusahaan dalam beradaptasi dengan kebiasaan pelanggan berdasarkan kebutuhan individu dan customer value. Di dalam membangun sebuah hubungan yang baik dengan pelanggan, sedapat mungkin bisa mempelajari berbagai macam hal yang bisa memuaskan pelanggan.

    Telkomsel adalah operator telekomunikasi seluler GSM pertama di Indonesia. Telkomsel mengklaim sebagai operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dengan 81,644 juta pelanggan per 31 Desember 2007 dan pangsa pasar sebesar 51% per 1 Januari 2007. Telkomsel menggelar lebih dari 54.000 BTS yang menjangkau sekitar 97% wilayah populasi di Indonesia. Sebagai operator selular nomor 7 terbesar di dunia dalam hal jumlah pelanggan, Telkomsel merupakan pemimpin pasar industri telekomunikasi di Indonesia yang kini dipercaya melayani lebih dari 122 juta pelanggan. Dalam upaya memandu perkembangan industri telekomunikasi selular di Indonesia memasuki era baru layanan mobile broadband, Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE). Kini Telkomsel mengembangkan jaringan broadband di 100 kota besar di Indonesia. Untuk membantu pelayanan kebutuhan pelanggan, Telkomsel kini didukung akses call center 24 jam dan 430 pusat layanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Jaringan Telkomsel telah mencakup 288 jaringan roaming internasional di 155 negara pada akhir tahun 2007. Saat ini Telkomsel bahkan Telkomsel merupakan operator dengan jumlah pelanggan terbesar nomor 6 di dunia. Untuk melayani lebih dari 125 juta pelanggannya saat ini, Telkomsel melakukan beragam inovasi beyond telco dan layanan telekomunikasi selular berbasis data dan digital bisnis, antara lain dengan layanan yang mendukung less cash society seperti T-Cash serta berbagai industri kreatif seperti mobile application dan Value Added Services (VAS) lainnya.
    Telkomsel memiliki tiga produk yaitu dua produk GSM dan satu produk CDMA. Mereka adalah Kartu Halo (CDMA), simPATI (GSM) dan Kartu As (GSM). Masing-masing produk tersebut memiliki tarif sms serta telpon yang berbeda-beda. Produk-produk ini juga memiliki program promosi menarik yang berbeda-beda. Misalnya simPATI Movie Mania. simPATI Movie Mania ada berawal dari sebuah komunitas yang gemar nonton film bareng. Oleh karena itu, Telkomsel “mengesahkan” komunitas ini sebagai official group pengguna simPATI ini. Kegiatannya tak hanya berupa nonton film gratis, tetapi juga gathering pengguna GSM ini. Target dari komunitas ini adalah kaum muda-mudi yang memiliki hobi hangout dan nonton film.

    Implementasi CRM
    Dalam upaya untuk meningkatkan pengalaman konsumen dan mengumpulkan informasi pelanggan yang lebih baik, Telkomsel telah mulai menggunakan Aplikasi Customer Value. Aplikasi Customer Value yang berbasis CRM ini memungkinkan pelanggan terlibat dalam proses peningkatan pelayanan sehingga pelanggan dapat memperoleh solusi dan alternatif pelayanan yang tcepat dan tepat.
    Aplikasi Customer Value, aplikasi operasional berperan berinteraksi dengan pelanggan. CRM operasional mencakup proses otomatisasi yang terintegrasi dari keseluruhan bisnis, seperti otomatisasi penjualan, pemasaran, dll. Selain itu, kekuatan utama dari aplikasi ini adalah simplifies agen pekerjaan, yang memungkinkan mereka untuk memberikan jawaban lebih cepat dan fokus dalam membangun hubungan. Aplikasi operasional Customer Value Telkomsel juga membantu pelanggan lainnya, termasuk mengumpulkan data pelanggan. Sistem log permintaan dan komentar mereka, sehingga eksekutif dan manajer dapat mengukur kepuasan konsumen tentang produk mereka. Ketika kemampuan Aplikasi operasional Customer Value Telkomsel digunakan pada situs web pada tahap selanjutnya dari kerjasama, manajer akan mampu bereaksi terhadap komentar konsumen online secara real time.
    Sedangkan aplikasi CRM Analitik berperan dalam memahami kebutuhan pelanggan. CRM Analitik berperan dalam melaksanakan analisis pelanggan dan pasar, seperti analisis trend pasar dan analisis perilaku pelanggan. Data yang digunakan CRM Analitik adalah data yang berasal dari data Aplikasi operasional Customer Value Telkomsel.

    Sumber:
    Handiirawan, 2012, “Paradoks Implementasi Strategi CRM”, http://www.handiirawan.com/articles/uncategorized/paradoks_implementasi_strategi_crm.html, Diunggah pada 30 Juni 2013

    Wikipedia, 2013, “Manajemen Hubungan Pelanggan”, id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_hubungan_pelanggan. Diunggah 25 Juni 2013

    Widya Erdina Sandra. 2010. “Peranan Costumer Service dalam Aktivitas CRM untuk Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank ICB Bumiputera Cabang Semarang”, eprints.unpid.ac.id/24967/1/SUMMARY_PENELITIAN_Widya_Erdina_Sandra.pdf, Diunggah 25 Juni 2013

    Ulfa. 2012. “Implementasi CRM”, mochinolove.blogspot.com/2010/10/implementasi_crm.html. Diunggah 26 Juni 2013.

    Konsep yang di atas baik sekali, tapi kelupaan pengamatannya dimana?

    Komentar oleh Laras Irentha Ramadhani | Juli 8, 2013 | Balas

  6. Salam Sejahtera Pak Jo, ini jawaban dari tugas kami…
    Nama kelompok : Positioning dan Segmenting
    Nama anggota kelompok :
    1. Mentari C1B010030 (KELAS A)
    2. Suci wulandari C1B010002 (KELAS A)
    3. Ilunitedra C1B010007 (KELAS A)
    4. Satrio Nugroho C1B010063 (KELAS B)

    Perusahaan yang diamati : Perusahaan Penerbangan Garuda dan Merpati Air

    a. Positioning dan Segmentation pasar dari Merpati Air
    Di era reformasi, dimana banyak aturan-aturan yang diperbaharui, termasuk pemudahan izin usaha penerbangan dengan PP No. 40/1999, membuat banyak perusahaan penerbangan baru yang beroperasi , yang turut ikut mempengaruhi tingkat persaingan di dunia jasa penerbangan. Persaingan diantara perusahaan penerbangan tentunya turut pula dirasakan PT Merpati Nusantara Airlines, ini juga terlihat dari menurunnya jumlah penumpang Merpati. Sebagai pemain terbesar kedua di industri jasa penerbangan, Merpati Nusantara sebagaimana keinginan perusahaan-perusahaan lain, tentunya ingin menjadi perusahaan yang terbaik (market leader) dalam sebuah industri atau paling tidak tetap berada pada posisinya. Hal ini juga sejalan dengan visi Merpati, yaitu menjadi airlines pilihan utama di Indonesia.
    Hal ini dapat dilakukan salah satunya dengan menjaga agar pasarnya tidak direbut oleh perusahaan lain dan berusaha agar pangsa pasar (market share) perusahaan dapat terus bertambah. Untuk itu maka diperlukan adanya strategi pemasaran perusahaan yang tepat dan efektif dalam menghadapi persaingan tersebut. Pengenalan terhadap konsumen dan pengetahun tentang posisi perusahaan menurut persepsi konsumen, menjadi penting dalam rangka merancang sebuah strategi pemasaran yang efektif dalam memenangkan persaingan.
    Penelitian dilakukan di Merpati Nusantara Airlines dan survei konsumen dilakukan di Bandara Hasanuddin Makassar dari bulan April-Mei 2003 dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan cara survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada pengguna jasa penerbangan. Sedang data sekunder diperoleh melalui studi pustaka dari berbagai literatur yang berasal dari internal maupun eksternal PT. Merpati Nusantara Airlines. Adapun teknik pengambilan contoh yang dipilih adalah dengan menggunakan metode non probability sampling (tidak acak) dengan cara sengaja (purposive sampling). Populasi dari penelitian ini adalah konsumen pengguna jasa transportasi udara yang melakukan pemberangkatan pada Bandara Hasanuddin Makassar, dengan jumlah sampel sebanyak 155 yang terdiri dari 106 responden pengguna MNA dan 49 responden non pengguna.
    Berdasarkan segmentasi psikografik pengguna MNA, diperoleh 3 segmen, yang diberi nama berdasarkan ciri-ciri terdekatnya. Segmen 1 berjumlah 43 orang atau 40,5 persen dari total responden, yang diberi nama sebagai segmen prestise. Segmen 2 berjumlah 20 orang atau 19 persen dari total responden, yang diberi nama segmen pencari aman, di mana segmen ini lebih sensitif terhadap harga tiket dibandingkan segmen prestise dan modern. Segmen 3 diberi nama segmen modern, yang berjumlah 43 orang atau 40,5 persen dari total responden. Berdasarkan keperluan penggunaan konsumen Merpati dibagi menjadi empat kelompok/segmen. Segmen pertama adalah kelompok konsumen yang menggunakan jasa Merpati untuk keperluan dinas kantor (48%), segmen kedua adalah kelompok konsumen yang menggunakan Merpati untuk keperluan kunjungan pribadi (24%), segmen ketiga adalah kelompok konsumen yang menggunakan Merpati untuk keperluan bisnis pribadi (9%), dan segmen keempat adalah kelompok konsumen yang banyak menggunakan Merpati untuk keperluan wisata/liburan/lainnya (9%).
    Sebahagian besar konsumen Merpati adalah merupakan light users, menggunakan jasa MNA sendirian, menggunakan Merpati karena alasan harga yang lebih murah, melakukan pembelian tiket pada agen perjalanan, mencari informasi tentang Merpati Nusantara Airlines melalui agen perjalanan, dan menggunakan jasa MNA sendirian.
    Atribut yang menurut konsumen jasa penerbangan paling penting dalam pemilihan maskapai adalah atribut keamanan dan kenyamanan pesawat, kemudian ketepatan waktu, profesionalitas petugas dan awak pesawat, keramahan dan penampilan petugas dan awak pesawat, penanganan bagasi, harga tiket, kemudahan check-in, kemudahan reservasi, jalur penerbangan, dan yang terakhir adalah atribut jenis pesawat terbang yang digunakan. Dari peta persepsi konsumen pengguna dan non pengguna hasil analisis Biplot yang menvisualisasikan tiga maskapai, yaitu: Merpati, Garuda, dan Mandala, dengan atribut-atribut yang dianggap penting dalam mempengaruhi pemilihan maskapai penerbangan menurut persepsi responden, diperoleh gambaran bahwa Merpati mempunyai keunggulan pada atribut harga dibandingkan dengan Garuda dan Mandala. Dari hasil analisis sikap multi atribut Fishbein terlihat jumlah skor atau nilai dapat diketahui bahwa keseluruhan, maskapai yang paling disukai konsumen adalah Garuda, kemudian Merpati, lalu Mandala. Atribut-atribut Merpati memiliki tingkat kepentingan yang tinggi menurut konsumen jasa penerbangan, namun masih belum memenuhi apa yang diharapkan konsumen adalah atribut ketepatan waktu, keamanan dan kenyamanan pesawat, profesionalitas petugas dan awak pesawat, dan penanganan bagasi
    Adapun saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini, adalah :
    (1) Perusahaan sebaiknya meningkatkan layanannya, terutama pada atribut keamanan dan kenyamanan pesawat, ketepatan waktu, profesionalitas petugas dan awak pesawat, dan penanganan bagasi.
    (2) Positioning yang sebaiknya diterapkan Merpati dalam menghadapi persaingan adalah maskapai yang memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang tinggi, yang selanjutnya dituangkan menjadi sebuah slogan yang menarik, mudah diingat, dan memuat pesan yang ingin disampaikan.
    (3) Merpati sebaiknya menampilkan iklan yang menarik dan menciptakan kesan bahwa Merpati adalah perusahaan penerbangan yang memiliki prestise yang tinggi, memberikan jaminan keamanan yang tinggi dan harga yang murah, memberikan layanan yang eksklusif, jaminan kualitas dan manfaat, serta membuat tampilan yang modern.
    (4) Sambil melakukan proses perubahan citra Merpati, harga yang lebih rendah sebaiknya tetap dipertahankan.
    (5) Merpati disarankan tetap melakukan kerjasama dengan agen perjalanan, sehingga konsumen tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan tiket Merpati pada agen perjalanan dan mulai memikirkan untuk melakukan kerjasama dengan kantor-kantor/instansi baik pemerintah maupun swasta, dan melakukan penjualan langsung (direct selling).
    (6) Perusahaan sebaiknya melakukan kegiatan promosi melalui agen perjalanan dan juga melalui media cetak/elektronik.
    (7) Sebaiknya dilakukan penelitian serupa pada wilayah yang lebih luas, sehingga hasil penelitiannya dapat lebih menggambarkan konsumen MNA dan konsumen jasa penerbangan secara keseluruhan.
    Garuda Indonesia Airlines merupakan maskapai penerbangan nasional Indonesia. Maskapai ini telah menerima sertifikat IATA Operational Safety Audit ( IOSA ) dari IATA yang berarti Garuda telah menyeluruhnya memenuhi standar keselamatan penerbangan internasional. Garuda masuk dalam daftar maskapai bintang 4 dari Skytra yang berarti memiliki kinerja dan pelayanan yang bagus. Itu mengapa masyarakat Indonesia mempercayai maskapai ini untuk terbang bersama mereka. GIA tidak perlu takut kehilangan customernya karena “ nama besar “ dan “ jam terbang” nya yang tinggi. Selain menambah kualitas pelayanan yang lebih baik, GIA juga memperkenalkan rute-rute terbaru yang bisa dicapai oleh maskapai ini dan memenuhi customernya terbang dengan rasa nyaman. Salah satu promo yang dilakukan GIA adalah bekerjasama dengan Bank Mandiri dan mempersembahkan program “ Buy One Get One Free” tiket GIA untu rute Internasional tertentu serta diskon 20% untuk seluruh rute domestic khusus bagi pengguna Mandiri Card.

    Daftar Pustaka

    B.Susanto,2006.“Membangun Merkdi Angkasa”. http:www.jakartaconsulting.com/art-01-10.html , diunduh 7 Juli 2013.
    Ahmad syarief Iskandar, 2003. “Segmentasi Konsumen dan Analisis Positioning perusahaan penerbangan PT. Merpati Nusantara Airlenes”. http://elibrary.mb.ipc.ac.id, diunduh 7 Juli 2013.

    Informasinya lengkap, bila ada informasi tambahan misalnya apakah positioning baik Merpati dan Garuda sekarang mengarah ke konsumen tertentu atau mengalami perubahan yang signifikan?

    Komentar oleh mentari | Juli 8, 2013 | Balas

    • salam pak jo ..
      saya ilunitedra , manajemen kelas A .

      untuk maskapai penerbangan garuda indonesia telah dengan jelas menyatakan posisinya dengan mengetahui dan menentukan posisi dirinya. membuat garuda indonesia dapat dengan jelas siapa yang menjadi target pemasaran mereka, hal ini tercermin dalam visi garuda indonesia yaitu “menjadi perusahaan penerbangan pilihan utama di indonesia yang berdaya saing internasional”. dalam gambaran yang lebih konkrit, posisi garuda indonesia telah memberikan posisi yang dipandangan masyarakat luas dimana ketika seseorang berbicara kata “garuda indonesia” itu berarti sebuah maskapai penerbangan yang sangat memperhatikan kualitas pelayanan bagi seluruh penumpangnya, bukan sebuah maskapai penerbangan yang hanya memberikan jasa transportasi udara tetapi tanpa memperhatikan keselamatan penumpang dan kenyamanan selama perjalanan. garuda indonesia melakukan perubahan dalam usaha mengambil hati konsumennya dari company-oriented menjadi customer-oriented. dari sekedar “service” menjadi lebih mengarah pada “caring service”.

      Komentar oleh ilunitedra | Juli 10, 2013 | Balas

  7. Tidak seperti Apple yang memang lebih dahulu dikenal sebagai brand premium, Samsung bisa dikatakan memulai sesuatu dari bawah, dan berusaha mengejar ketertinggalan mereka saat pertama kali memasuki pasar smartphone yang lebih dulu dikuasai RIM dan Apple.

    Berikut ini ada 5 rahasia Samsung menjadi produsen smartphone dunia dari sekian banyak yang diketahui publik ;

    1. Penguatan Brand Produk
    Samsung lebih dahulu masuk ke pasar smartphone dengan sekian banyak produk smartphone. Namun Samsung akhirnya berfikir untuk bisa lebih menguatkan brand image produk yang lebih bisa dikenal, familiar, dan tentunya bakal menjadi modal awal mereka sukses.
    Dengan Brand Galaxy S, lalu dilanjutkan dengan Galaxy S2 hingga kini ada Galaxy S3, merupakan upaya Samsung dalam merebut hati konsumen dengan menguatkan nama Galaxy yang begitu identik dengan smartphone modern dari Samsung dengan berbagai keunggulan.

    2. Spesifikasi Smartphone
    Setiap saat, perkembangan smartphone makin menuju ke arah yang jauh lebih baik. Dari sisi hardware, Samsung mencoba melekatkan smartphone seri Galaxy dengan spesifikasi hardware yang up to date.
    Dengan spesifikasi hardware yang mumpuni, Samsung akan lebih terbantu dalam memperkenalkan dan menjual smartphone seri Galaxy.

    3. Software (android)
    Sebagai salah satu mitra terbesar Google yang mengadopsi android, Samsung juga fokus pada software yang dipakai pada smartphone seri Galaxy. Samsung berfokus kepada bagaimana konsumen lebih bisa cepat beradaptasi dengan software yang direpresentasikan pada sebuah tampilan user interface, fitur, dan beberapa lainnya.
    Tak hanya itu, Samsung juga berupaya untuk memberikan versi android paling baru untuk menunjang kestabilan performa dan tentunya dengan fitur-fitur baru. Percuma saja jika spesifikasi hardware mumpuni namun tidak dibarengi dengan software yang handal.

    4. Iklan dan pemasaran
    Di sisi ini, Samsung tergolong royal dalam urusan mengeluarkan budget untuk iklan. Dengan mengiklankan brand Galaxy Series, Samsung punya tujuan agar bisa mengcover konsumen yang mendambakan sebuah smartphone dengan spesifikasi hardware yang tinggi dan dibarengi software yang handal.
    Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa sehebat apapun sebuah produk, jika tidak dipromosikan, jangan harap penjualannya bisa bagus, karena konsumen akan membeli produk yang mereka kenal lebih dahulu.

    5. Kerjasama dengan Operator Telekomunikasi
    Di negara-negara maju yang notabene surga pemasaran smartphone, program bundling smartphone dengan kontrak operator punya porsi penjualan yang bisa dibilang sama besar dengan program jual lepas.

    Komentar oleh Siti Romlah | Juli 10, 2013 | Balas

  8. Salam pak jo.
    Pak ini jawaban ujian semester saya.
    Nama: Siti Romlah
    NIM: C1B010009
    Kelas A

    1. Ketika CL membuka jalur penerbangan baru, termasuk jalur penerbangan Jakarta-Jambi sepertinya CL percaya bahwa jalur Jakarta-Jambi dan sebaliknya mengalami perkembangan pesat, sehingga percaya bahwa mereka akan tetap memperoleh keuntungan. Dengan demikian lakukanlah analisis pelanggan yang dapat menunjukkan poin-poin perubahan bagi industri penerbangan.
    Jawab: Sebelum melakukan analisis pelanggan, perusahaan harus melakukan Segmentasi, Targeting, dan Positioning terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan dalam menentukan harga, strategi, dan sebagainya. Setelah itu, Perusahaan harus dapat mengetahui dan memahami keinginan, kebutuhan, dan harapan pelanggan. Semua pelanggan pasti menginginkan perusahaan penerbangan yang memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik sehingga konsumen merasa nyaman melakukan penerbangan dengan perusahaan tersebut. Beberapa pertanyaan kunci yang harus diketahui oleh perusahaan tentang pelanggan diantaranya:
    – Kenapa seseorang menggunakan jasa penerbangan?
    Ada beberapa kemungkinan yang mendorong seseorang menggunakan jasa penerbangan. Antara lain karena pelanggan tersebut benar-benar membutuhkan jasa penerbangan juga bisa karena tertarik dengan tawaran/promo yang diberikan oleh perusahaan.
    – Kapan seseorang menggunakan jasa penerbangan?
    Seseorang bisa kapan saja menggunakan jasa penerbangan. Tetapi seperti yang kita ketahui permintaan akan jasa transportasi akan mengalami kenaikan setiap musim liburan. Jadi perusahaan harus dapat mengantisipasi dan mencari solusi untuk mengatasi permintaan yang berfluktuatif.
    – Apa kriteria pilihan seseorang?
    Setiap individu pasti memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap sesuatu. Begitu pula dengan pilihan. Tetapi pada dasarnya semua orang pasti memilih yang terbaik dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka dan pastinya sesuai bahkan melebihi harapan mereka. Jadi perusahaan harus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk semua konsumennya. Karena pengalaman positif konsumen memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen tersebut.

    2. Dalam kaitannya dengan persaingan, antara industri penerbangan antara GIA dan LION misalnya, masing-masing perusahaan tentu melakukan analisis satu dengan lainnya. Kalau GIA membuka jalur penerbangan melalui CL sementara LION membuka jalur penerbangan dengan Batik di Jawa yang dinilai menjadi jalur gemuk. Dalam kaitannya dengan praktik kedua hal ini, jelaskanlah masing-masing kekuatan dan kelemahan kedua maskapai penerbangan tersebut.
    Jawab: a. GIA
    – Kekuatan
    • Garuda merupakan perusahaan penerbangan yang menguatkan budaya Indonesia.
    • Jadwal penerbangan selalu Ontime.
    • Jalur penerbangan banyak.
    • Penumpang disuguhkan dengan musik-musik dan makanan khas Indonesia.
    • Harga sebanding dengan pelayanan yang diberikan.

    – Kelemahan
    • Harga tiket yang mahal. Sehingga hanya masyarakat kelas atas yang bisa menggunakan jasa penerbangan ini.
    • Beberapa kali diterpa masalah internal sehingga membentuk persepsi negatif dimata konsumen.
    • Pramugara/I tegas tetapi sering terkesan galak.

    b. LION
    – Kekuatan
    • Menawarkan tiket dengan harga murah sesuai dengan slogannya “we make people fly”.
    • Pesawat brand new.
    • Pilihan rute lumayan banyak.

    – Kelemahan
    • Fasilitas dan pelayanan yang diberikan kurang menarik.
    • Kurang Ontime
    • Tidak ada penggantian barang yang rusak

    3. Dengan strategi harga tiket murah misalnya pada industri Maskapai Penerbangan apakah strategi ini dapat dipertahankan. Selanjutnya jelaskan bagaimana salah satu strategi produk yang dapat bertahan lama (berkelanjutan).
    Jawab: Bisa-bisa saja. Asalkan perusahaan harus jeli terhadap permintaan penggunaan jasa penerbangan yang sifatnya fluktuatif. Disaat permintaan sepi, kebijakan menetapkan harga murah mungkin dapat menjadi solusi untuk menarik minat konsumen untuk menggunakan jasa penerbangan. Tetapi disaat permintaan tinggi, perusahaan juga harus bisa membuat kebijakan menaikkan harga. Hal ini berguna untuk mengantisipasi lonjakan permintaan yang mungkin tidak dapat dipenuhi seluruhnya.
    Produk dapat bertahan lama jika produk tersebut memiliki konsistensi dengan komitmen yang mereka tawarkan. Misalnya Lion dengan slogannya “We make people fly” memiliki artian bahwa harga tiket yang ditawarkan murah dan bisa dijangkau oleh semua kalangan. Dan contoh lain Garuda dengan komitmennya memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya. Masing-masing perusahaan tersebut harus benar-benar menepati janji mereka kepada konsumennya. Selain itu perusahaan juga harus tetap melakukan perbaikan secara berkesinambungan pada semua aspek perusahaannya. Atau perusahaan juga bisa membandingkan perusahaannya dengan perusahaan lain yang dianggap lebih baik agar perusahaan dapat mengetahui dimana letak kelemahannya dan memperbaiki kelemahan tersebut. Sehingga perusahaan dapat terus berupaya menciptakan keunggulan kompetitif yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain.

    4. Jelaskan tugas anda yang diunggah diblog, sehingga dapat diketahui apa, dan bagaimana hasil daripada pekerjaan tim atas tugas yang anda kerjakan bersama.
    Jawab: DAYA SAING YANG BERKELANJUTAN ANTARA PRODUK APPLE DAN SAMSUNG
    Setiap perusahaan pasti menginginkan produknya menjadi yang terbaik sehingga mampu bersaing diera globalisasi seperti saat ini. Begitu pula dengan perusahaan Apple dan Samsung. Masing-masing produk dari perusahaan ini memiliki keungulan yang tidak dimiliki oleh pesaing lainnya. Dalam hal ini kami mengambil contoh Smartphone. Masing-masing perusahaan tersebut telah menciptakan produk smartphone yang juga telah memiliki target pasar serta konsumennya masing-masing (memiliki pangsa pasar masing-masing). Sebelum menjelaskan keunggulan dan strategi masing-masing perusahaan dalam menciptakan daya saing, terlebih dahulu akan dijelaskan pengertian daya saing itu sendiri. Daya saing merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan nilai yang langka dan berbeda serta tidak mudah ditiru oleh perusahaan lainnya.
    a. Apple
    Dalam lima tahun terakhir, Apple memang terus bergerak menggapai leader teknologi. Setelah produk iPod-nya melambung dan membuat para petinggi Sony kelabakan, kini Apple hendak menggoyang kedigdayaan Nokia dengan produknya yang memukau, iPhone. Sementara jutaan orang setiap hari mengunjunginya.
    Pada 2007 versi majalah Fortune, Apple Computer, Inc. menempati peringkat kelima perusahaan yang dikagumi dunia, bahkan peringkat nomer satu perusahaan paling inovatif di dunia berdasarkan survei ekstensif kepada ribuan eksekutif di seluruh dunia yang dilakukan oleh majalah Business Week adalah Apple.
    Terdapat duabelas pelajaran manajemen yang dikategorikan dalam empat hal: membuat produk sebagai raja, membuat pelanggan sebagai raja, menerjang pola yang ada dalam pemasaran, dan memperbaiki pimpinan dan rencana kerja. Salah satu contoh adalah tentang bagaimana Steve Jobs (salah satu pendiri Apple) memvisualisasikan visi nya ke dalam bentuk yang nyata dan bisa dimengerti semua karyawan dengan mudah.
    Dalam pengembangan produk, tidak bisa kita pungkiri bahwa Apple sangat menomorsatukan hal ini. Lihat saja iPod dengan desain yang elegan, mudah digunakan dengan menu sentral berbentuk seperti roda, dan pemilihan warna kemasan yang menarik. Ini baru dari segi penampilan. Dalam hal perangkat, iPod didesain dengan teknologi hard drive secara teliti. Dalam hal perangkat lunakpun, setiap produk Apple selalu dikembangkan dengan prinsip berimbang menggabungkan konsistensi dan kontinuitas. Setiap aplikasi yang dikembangkan selalu konsisten sehingga tidak ada masalah dalam perkembangan versi selanjutnya. Fitur yang telah adapun disempurnakan dengan menggunakan asas kontinuitas.
    Apple selalu menekankan pada bagaimana menciptakan kebutuhan bagi pelanggan melalui inovasi. Hal ini diawali dengan visualisasi dari visi secara gamblang.
    Strategi pemasaran yang dilakukan Apple juga sangat praktis. Belajar dari Harley Davidson, Apple memasarkan produknya melalui komunitas. Dengan adanya komunitas seperti MUG (Macintosh Users Group) maka masalah teknis bisa diselesaikan oleh komunitas pengguna dan sekaligus bertindak sebagai corong Apple dalam menyebarkan hal-hal positif mengenai Apple. Strtaegi ini jitu dan efektif bila disertai dengan produk yang handal.
    Tiga belas strategi yang ada pada perusahaan Apple Computer Inc. adalah sebagai berikut:
    1. Toko Khusus Apple
    Sebelum ada “Apple Store”, seringkali distributor produk-produk Apple tidak memiliki staf yang menguasai pengetahuan produk secara lengkap, sehingga kelebihan-kelebihan Apple tidak tersampaikan kepada calon konsumen. Untuk itu, keberadaan Apple Store sangat diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut. Apple Store telah menjadi sebuah pusat pelayanan Apple yang sangat ramah dan menyenangkan, di mana konsumen bisa mendalami teknologi-teknologi yang ditawarkan oleh Apple dan bertemu dengan sesama penggemar Apple lainnya.
    2. Solusi Penuh
    Produk dan aksesoris Apple saling melengkapi satu sama lain. Pengguna iPod bisa mendownload dan memasukkan musik melalui program iTunes. Selain itu, Apple juga melengkapi Mac dengan hardware dan software buatan sendiri yang lengkap, sehingga para pengguna tidak perlu pusing mencari program yang cocok.
    3. Perangkat mac
    merek “Apple” adalah sebuah merek yang “hip”, artinya bisa memberikan para penggunanya sebuah citra “muda, modern, dan cerdas”.
    4. Produk yang Variatif
    Banyak konsumen mungkin belum siap untuk menggunakan Mac. Namun, melalui produk-produk yang lebih murah seperti iPod, Apple berusaha mengenalkan dan mengakrabkan kecanggihan produk-produknya kepada para konsumen. Dengan demikian, Apple berusaha menciptakan keinginan dari para konsumen untuk kemudian menggunakan Mac.
    5. Format yang Unik
    Pengguna iPod tentu saja mengetahui kalau musiknya menggunakan format yang tidak umum, yaitu “.aac”. Hal ini bisa membuat para pengguna iPod malas untuk mengganti dengan pemutar MP3 lain dan justru ingin menggantinya dengan produk Apple yang lebih baru lagi. Terciptalah kesetiaan konsumen.
    6. Sumber pembritaan untuk Media
    Apple seringkali memberikan bocoran-bocoran gosip melalui internet, di mana hal tersebut biasanya dimanfaatkan oleh para blogger untuk memberikan informasi baru. Hal ini biasanya menimbulkan rasa penasaran dari para konsumen.
    7. Penjualan Pendidikan
    Dengan menjual produk-produknya kepada sekolah-sekolah dan universitas, Apple mengubah konsep kelas menjadi ruang pameran. Hal ini membuat para murid yang menggunakan produk Apple menjadi sangat akrab dengan interface Apple dan bisa merasakan kinerja superiornya. Dengan cara seperti ini, Apple menciptakan pelanggan bahkan sebelum mereka tahu kalau mereka adalah pelanggan.
    8. Produk yang Menjawab
    Apple sangat memperhatikan keinginan konsumen, jadi produk-produknya merupakan hasil dari penelitian yang matang dan desain yang kuat. Hal inilah yang menjadi kunci kepuasan pelanggan.
    9. Meng-outsourcing Hal yang Tidak Menyenangkan
    Dalam kasus iPhone, siapa yang diprotes oleh konsumen karena iPhone tidak bebas untuk digunakan oleh segala operator. Jawabnya adalah AT&T. Apple tetap tenang di belakang layar sebagai penghasil produk bermutu dan AT&T adalah pihak pemberi jasa yang kurang menyenangkan.
    10. Konsisten
    Semua produk Apple memiliki rancangan dasar yang sama. Jadi, semua pengguna produk Apple akan memiliki bayangan awal terhadap produk baru Apple yang akan luncur, sehingga memudahkan mereka untuk beradaptasi dan melakukan pembelian ulang.
    11. Inovasi Baru
    Walaupun rancangan dasarnya sama, tetapi tidak dengan portfolionya. Apple selalu menghadirkan inovasi baru bagi para konsumennya, dimulai dari saku, meja kerja, kantor, dan ruang keluarga.
    12. Daya Tarik
    Dari segi kemasan sampai kepada fitur produk, semuanya menimbulkan rasa kagum bagi para pemakainya.
    13. Teknologi Hardware yang canggih
    Mesin perangkat yang tak mudah panas saat dipakai 20 jam atau lebih ini memiliki keunggulan yang sulit ditandingi para pesaing.

    b. Samsung
    Kira-kira sepuluh tahun yang lalu, Samsung masih dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi televisi dan microwave dengan harga murah. Bahkan saat krisis ekonomi yang melanda Asia termasuk Korea Selatan, Samsung hamper bangkrut. Namun sekarang Samsung adalah perusahaan paling dikenal dan paling dihormati oleh kalangan industri di seluruh dunia. Samsungtermasuk dalam Top 20 brands versi majalah businessweek dan interbrand, melampaui peringkat rivalnya Sony. Samsung juga termasuk Top 20 Innovative Companies di dunia bersama-sama sejumlah merek terkemuka lainnya seperti Apple, Nokia, Toyota, GE, Microsoft, P&G, BMW, dan sebagainya.
    Pada tahun 2004, Samsung telah mendekati rival terdekatnya, Sony. Sebagai perusahaan consumer electronic terkemuka di dunia. Samsung bahkan telah menjadi produsen terkemuka dari berbagai perangkat digital, dan pada tahun 2005, berdasarkan laporan Koran New York Times, nilai saham Samsung menunjukan tren yang terus meningkat sejak tahun 2001 sampai akhir 2004, sementara saham Sony justru menunjukkan tren yang menurun. Akibatnya, kapitalisasi pasar Samsung pun cenderung meningkat, dan kapitalisasi pasar Sony sebaliknya. Paling tidak dari peristiwa Samsung yang dapat mengejar Sony, dapat ditarik pelajaran yang sangat berharga, yaitu dalam hal transformasi, branding, dan inovasi.
    Sementara dalam soal branding, Samsung mati-matian berupaya mempopulerkan brandnya dan meningkatkan brand equitynya, sehingga tidak dipersepsikan lagi sebagai produk yang sekedar murah namun kualitasnya diragukan. Salah satu kampanye Samsung yang tekenal adalah. “Samsung DigitALL” ini salah satu kampanye branding yang dilakukan Samsung agar brand Samsung diasosiasikan dengan segala produk digital.
    Dalam soal branding, Samsung mensponsori sejumlah even olah raga, termasuk olimpiade. Masih dalam soal sponsorship ini, Samsung juga bekerja sama dengan tim Chelsea. Sementara dalam masalah inovasi, ada enam hal yang dilakukan Samsung, yaitu : inovasi produk, inovasi teknologi, inovasi pemasaran, inovasi biaya, inovasi manajemen global, dan inovasi budaya organisasi. Keenam inovasi ini dilakukan secara sinergis sehingga mampu menciptakan produk yang unggul dan diterima konsumen.
    Strategi pemasaran global sangat diperlukan dalam perdagangan internasional. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan suatu negara, dan membuat produk yang dihasilkan dapat diterima dan banyak digemari oleh konsumen negara lain. Strategi pemasaran global pada prinsipnya sama dengan strategi pemasaran pada umumnya, namun cakupannya lebih luas karena skala internasional, dan konsumen yang mencakup masyarakat dunia. Dalam kaitannya dengan perdagangan internasional, kebijakan negara untuk perdagangan, serta hubungan antar negara yang melakukan perdagangan tersebut, tentunya tidak lupa diperhatikan.
    Tidak seperti Apple yang memang lebih dahulu dikenal sebagai brand premium, Samsung bisa dikatakan memulai sesuatu dari bawah, dan berusaha mengejar ketertinggalan mereka saat pertama kali memasuki pasar smartphone yang lebih dulu dikuasai RIM dan Apple.
    Berikut ini ada 5 rahasia Samsung menjadi produsen smartphone dunia dari sekian banyak yang diketahui publik ;
    1. Penguatan Brand Produk
    Samsung lebih dahulu masuk ke pasar smartphone dengan sekian banyak produk smartphone. Namun Samsung akhirnya berfikir untuk bisa lebih menguatkan brand image produk yang lebih bisa dikenal, familiar, dan tentunya bakal menjadi modal awal mereka sukses.
    Dengan Brand Galaxy S, lalu dilanjutkan dengan Galaxy S2 hingga kini ada Galaxy S3, merupakan upaya Samsung dalam merebut hati konsumen dengan menguatkan nama Galaxy yang begitu identik dengan smartphone modern dari Samsung dengan berbagai keunggulan.
    2. Spesifikasi Smartphone
    Setiap saat, perkembangan smartphone makin menuju ke arah yang jauh lebih baik. Dari sisi hardware, Samsung mencoba melekatkan smartphone seri Galaxy dengan spesifikasi hardware yang up to date.
    Dengan spesifikasi hardware yang mumpuni, Samsung akan lebih terbantu dalam memperkenalkan dan menjual smartphone seri Galaxy.
    3. Software (android)
    Sebagai salah satu mitra terbesar Google yang mengadopsi android, Samsung juga fokus pada software yang dipakai pada smartphone seri Galaxy. Samsung berfokus kepada bagaimana konsumen lebih bisa cepat beradaptasi dengan software yang direpresentasikan pada sebuah tampilan user interface, fitur, dan beberapa lainnya. Tak hanya itu, Samsung juga berupaya untuk memberikan versi android paling baru untuk menunjang kestabilan performa dan tentunya dengan fitur-fitur baru. Percuma saja jika spesifikasi hardware mumpuni namun tidak dibarengi dengan software yang handal.
    4. Iklan dan pemasaran
    Di sisi ini, Samsung tergolong royal dalam urusan mengeluarkan budget untuk iklan. Dengan mengiklankan brand Galaxy Series, Samsung punya tujuan agar bisa mengcover konsumen yang mendambakan sebuah smartphone dengan spesifikasi hardware yang tinggi dan dibarengi software yang handal.
    Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa sehebat apapun sebuah produk, jika tidak dipromosikan, jangan harap penjualannya bisa bagus, karena konsumen akan membeli produk yang mereka kenal lebih dahulu.
    5. Kerjasama dengan Operator Telekomunikasi
    Di negara-negara maju yang notabene surga pemasaran smartphone, program bundling smartphone dengan kontrak operator punya porsi penjualan yang bisa dibilang sama besar dengan program jual lepas.

    Siti, jawaban tambahan atas pertanyaan UAS telah dibaca.

    Komentar oleh Siti Romlah | Juli 10, 2013 | Balas

  9. NAMA : RAMA TRIANTO
    NIM : C1B010084
    KELAS : MANAJEMEN B
    Salam hormat pak jo
    Pak ini jawaban lanjutan dari ujian semester saya kemarin

    2. Dalam kaitannya dengan persaingan, antara industri penerbangan antara GIA dan LION misalnya, masing-masing perusahaan tentu melakukan analisis satu dengan lainnya. Kalau GIA membuka jalur penerbangan melalui CL sementara LION membuka jalur penerbangan dengan Batik di Jawa yang dinilai menjadi jalur gemuk. Dalam kaitannya dengan praktik kedua hal ini, jelaskanlah masing-masing kekuatan dan kelemahan kedua maskapai penerbangan tersebut.
    Jawab:
    a. GIA
    Keunggulan Garuda
    1.Gengsi kalo naik garuda tu oke banget, biasanya kita bakal satu pesawat sama orang-orang penting atau artis,
    2.Bisa city check-in dan phone check-in, artinya sehari sebelum keberangkatan kita udah bisa ngetekin tempat duduk. Hal ini berguna kalo kita bepergian keluar negeri, karena bosen juga duduk di tengah. Kalau duduk di samping jendela kan lebih enak, bisa ngeliat pemandangan keluar.
    3.Berangkat dan tiba di terminal 2 bandara Soekarno Hatta, yang jauh lebih nyaman dari terminal satu, dan kita gak perlu capek-capek jalan karena ada travelator di terminal 2.
    4.Tempat duduk jauh lebih lapang dibandingkan maskapai lain, kita bisa hampir selonjor dan bahkan kalau kita duduk di business class,
    5.Makanan dan minuman berkualitas. Kalau penerbangan lebih dari satu jam, kita bisa dapet nasi kotak dengan menu yang oke, kalo kurang dari satu jam, cuman dapet snack, tapi snacknya yahud, dapet kitkat pula 2 batang. Untuk minuman kita bisa milih mulai dari teh sampe orange juice.
    6.Dapet koran
    7.Peragaan alat keselamatan via tv, jadi gak perlu ngeliat tampang mbak2 pramugari yang memeragakan tanpa senyuman.

    Kelemahan Garuda
    1.Harga tiket mahal naudzubilah. Bahkan 1 tiket garuda bisa buat tiket maskapai swasta pulang pergi plus airport tax plus damri, kadang masih nyisa lagi.
    2.Gak ada pemesanan tiket online via internet, harus via call centre, gak bisa dengan mudah tau harga tiket di setiap penerbangan.
    3.Landingnya jarang mulus. Pasti gedubrak abis.
    4.(Kata Sri Edi Swasono) ada diskriminasi terhadap penumpang lokal dan asing.
    5.Pramugari & pramugaranya udah pada tua.

    LION :
    Kelebihan LION
    1. harga murah
    2.pesawat brand new
    3.pilihan rute lumayan banyak
    4.Pesawat Baru…
    5.harga lebih kompetitif
    Kekurangan LION
    1.Ngaret sekaret-karetnya umat…
    2.Pramugari judes,, udah gitu ga profesional
    3. layanan sebanding sama harga
    4.Kanin suka panas
    5.Ground Handler selalu kabur klo ada keterlambatan
    6.delay master

    4. Jelaskan tugas anda yang diunggah diblog, sehingga dapat diketahui apa, dan bagaimana hasil daripada pekerjaan tim atas tugas yang anda kerjakan bersama.
    Jawab: Minat konsumen terhadap android mengalahkan blackberry
    Dalam perkembangan globalisasi saat ini, tidak dapat di pungkiri bahwa smartphone merupakan sesuatu yang sangat penting dikalangan masyarakat,penggunaan akan alat telekomunikasi ini sangat diminati berjuta-juta penduduk di Indonesia.
    Blackberry dan Android adalah salah satu yang saat ini sangat di minati oleh konsumen,konsumen merasa di manjakan dengan hadirnya alat komunikasi yang cerdas, tetapi tidak sampai disitu,kedua nya hadir dan memberikan layanan serta keunggulan masing-masing.
    Ini Buktinya Android Lebih Unggul dari Blackberry
    Unggul dari Blackberry
    Setelah Blackberry muncul dan populer pada tahaun 2009-2010, kemudian munculah nama Android yang kabarnya akan menyaingi BB. Karena perangkat keduanya sama-sama di lingkup phone-gadget. Tapi lucunya, banyak yang bersikeras bahwa Blackberry dan Android adalah beda, padahal kenyataanya keduanya saling bersaing. Blackberry atau Android yang lebih unggul selalu menjadi pembahasan yang menarik, walaupun saat ini sudah reda gembar-gembornya.
    Suatu kelebihan Android, dia mampu mengusik popularitas Balacberry tanpa menyamai modelnya. Benar saja jika BB beda dengan Android. Jika blackberry adalah merk HP, sadangkan android adalah operting sistem dan aplikasi dalam HP, karena tidak ada HP bermerek Android. Fear, BB tidak bisa menuduh android menduplikat modelnya.
    Keunggulan blackberry sampai sekarang terdapat pada Personal Identity Number (PIN) yang digunakan untuk privacy. Itu merupakan tujaun utama market BB di pangsa kantoran dan bisnis. Terbukti para dewasa, pengusaha, dan penjabat lebih memilih memakai blackberry dan tidak tergiur untuk memakai android.
    Jadi sebenarnya Bebe masih unggul sesuai tujuan marketnya di kalangan orang dewasa sekelas pengusaha dan penjabat. Terlebih lagi dengan sistem pajak per bulan yang tidak murah, menunjukan target bb untuk kalangan atas.
    Blackberry berbeda dengan Android sebenarnya memang betul. Bisa dilihat jika bb mengutamakan jaringan internet dan kecepatan komunikasi, yang begitu penting di dunia bisnis., katakan saja di US, Inggris dsb. Android justru mengutamakan aplikasi, game dan fitur tampilan yang menarik, sehingga cocok di kalangan remaja.
    Android lebih unggul dari blackberry bisa dikatakan benar. Terutama jika dari sudut pandang lifestyle, bagi remaja. Banyak aplikasi Android yang tidak ada di BB, tapi banyak fitur BB yang ada di aplikasi android. BBM tidak lebih unggul, karena adanya whatsupp di aplikasi andro.
    Aplikasi Android diinjeksi berbagai merk hp, dengan harga terjangkau bahkan dengan harga di bawah 1 jutaan. Beberapa brand terkenal adalah Samsung, HTC, Nexian dll dengan harga terjangkau bisa dinikmati setiap lapisan masyarakat.
    Faktanya juga yang sering membanding-bandingkan adalah kalangan remaja, jadi android lebih unggul.
    Tetapi tidak bisa dipungkiri, jumlah pemakai handphone BlackBerry di Indonesia luar biasa banyak. Tapi masa itu sudah berakhir. Hasil survey International Data Corporation (IDC) yang baru saja diumumkan, saat ini Android mengalahkan BlackBerry sebagai sistem operasi mobile yang paling banyak dipakai. Data menunjukkan, Android sudah menguasai sebanyak 52% pangsa pasar smartphone Indonesia. Apa penyebab BlackBerry semakin ditinggalkan? Apa pula penyebab Android bisa meraih popularitas sebagai OS terlaris begitu cepat? sumber: PCPlus
    Menurut Darwin Lie (Market Analyst for Client Devices, IDC Indonesia), ada beberapa hal yang menjadi faktor kalahnya BlackBerry dan semakin larisnya Android,sebagai berikut :
    Android menawarkan handset yang murah dan beragam
    Android menawarkan banyaknya aplikasi gratis yang menggoda penggunanya untuk terus beroksplorasi dengan gadgetnya tersebut
    semakin populernya layar sentuh. BlackBerry yang memakai layar sentuh harganya mahal
    penundaan tanggal rilis OS BlackBerry 10 membuat fans BlackBerry lari ke Andorid atau iPhone
    Dari IDC Asia/Pacific Quarterly Mobile Phone Tracker juga diperoleh data tentang pertumbuhan angka jumlah pengiriman telepon selular ke Indonesia, yang mengalami pertumbuhan sebesar 10% per kuartal, dan sampai 25% per tahun. Angka statistik yang menggoda produsen gadget untuk terus melakukan penetrasi pasar handphone di negara kita ini. Smartphone atau feature phone adalah perangkat yang paling menunjukkan pertumbuhan signifikan dibanding kuartal lalu. Salah satu yang mempengaruhi hal ini adalah masa Idul Fitri dimana banyak produsen melakukan promosi terhadap produk mereka yang disambut dengan pembelian oleh konsumen.
    IDC juga memperkirakan bahwa pertumbuhan penjualan smartphone yang berbasis touch screen akan melebihi angka 7 juta unit pada tahun ini. Belum lagi dengan santernya berita mengenai rilis Apple iPhone 5 dan Nokia Lumia 920 yang iklannya bikin heboh itu.
    Bagaimana dengan merk lokal macam Cross dan Mito? Hmmm, meski murah dan memang menyasar pasar yang lebih rendah, tak ayal pertumbuhan mereka akan memberi warna bagi perkembangan pasar smartphone dengan OS Android, BlackBerry, iOS, dan Windows Phone. Kita tunggu saja. Semakin sengit persaingan, biasanya juga akan membawa penurunan harga dan tinggi-tinggian fitur. Jadi, semoga nanti kita bisa mendapatkan handphone murah tapi bagus. Biar mereka bertarung, kita beli yang sesuai dengan kantong dan kebutuhan saja.

    Komentar oleh rama trianto | Juli 11, 2013 | Balas

  10. NAMA : ASSYAD
    NIM : C1B010085
    KELAS : MANAJEMEN B
    Salam pak jo
    Pak ini jawaban lanjutan dari ujian semester saya kemarin
    2. Dalam kaitannya dengan persaingan, antara industri penerbangan antara GIA dan LION misalnya, masing-masing perusahaan tentu melakukan analisis satu dengan lainnya. Kalau GIA membuka jalur penerbangan melalui CL sementara LION membuka jalur penerbangan dengan Batik di Jawa yang dinilai menjadi jalur gemuk. Dalam kaitannya dengan praktik kedua hal ini, jelaskanlah masing-masing kekuatan dan kelemahan kedua maskapai penerbangan tersebut.
    Jawab

    GARUDA
    Keunggulan dari garuda yakni:
    • full service yang diberikannya sangat baik, cepat dan memuaskan. Hal ini juga di tunjang oleh SDM dan fasilitas yang disediakan berkualitas dan berkompeten. Selain itu jasa yang diberikan terbilang unik dan memiliki keunggulan kompetitif.
    • Dibandingkan dengan perusahaan penerbanan domestik lainnya, keamanan penerbangan Garuda paling terjamin. Hal ini dikarenakan pengalaman yang dimiliki oleh pilot pesawat garuda yang menjadikan maskapai ini relatif aman dan paling sedikit mengalami kecelakaan. Jenis pesawat lebar membuat penerbangan tidak mengalami banyak goncangan ketika mengenai awan di udara, sehingga penumpang juga merasa lebih aman dan tidak merasa khawatir. Ruang tempat duduk juga lebar sehingga penumpang merasa nyaman.
    • Ketepatan waktu penerbangan sangat baik. Sehingga bagi penumpang yang memiliki jadwal padat hal ini merupakan faktor yang sangat penting.

    Kelemahan Garuda airlines yaitu :
    • Harga tiket tebilang mahal dibanding penerbangan lainnya dikarenakan biaya operasional yang tinggi.
    • Sering terjadi kerusakan komputer, sehingga operator pesawat merasa kesulitan dan terpaksa bekerja secara manual.
    • Dengan berusaha memberikan barebagai fasilitas, dan meruabah desain serta tampilannya, sehingga Garuda mempunyai utang yang sangat banyak. Apalagi tingginya tingkat KKN di dalam perusahaan yang dapat merugikan perusahaan.

    . LION

    – Kekuatan
    Lion Air dianggap layak dianggap sebagai maskapai penerbangan domestik Indonesia. Hal ini setidaknya terlihat dari sejarah Lion Air yang sudah mengoperasikan Lion Air dan Wings Air. “Lion Air unggul karena sudah mengoperasikan lebih dari satu maskapai,” • Menawarkan tiket dengan harga murah sesuai dengan slogannya “we make people fly”.
    • Pesawat brand new.
    • Pilihan rute lumayan banyak.
    – Kelemahan
    Catatan keselamatan Lion Air dalam beberapa waktu terakhir kurang baik. Selain itu, banyak kasus bagasi hilang • Fasilitas dan pelayanan yang diberikan kurang menarik.
    • Kurang Ontime
    • Tidak ada penggantian barang yang rusak

    4. Jelaskan tugas anda yang diunggah diblog, sehingga dapat diketahui apa, dan bagaimana hasil daripada pekerjaan tim atas tugas yang anda kerjakan bersama.
    Jawab: Minat konsumen terhadap android mengalahkan blackberry
    Dalam perkembangan globalisasi saat ini, tidak dapat di pungkiri bahwa smartphone merupakan sesuatu yang sangat penting dikalangan masyarakat,penggunaan akan alat telekomunikasi ini sangat diminati berjuta-juta penduduk di Indonesia.
    Blackberry dan Android adalah salah satu yang saat ini sangat di minati oleh konsumen,konsumen merasa di manjakan dengan hadirnya alat komunikasi yang cerdas, tetapi tidak sampai disitu,kedua nya hadir dan memberikan layanan serta keunggulan masing-masing.
    Ini Buktinya Android Lebih Unggul dari Blackberry
    Unggul dari Blackberry
    Setelah Blackberry muncul dan populer pada tahaun 2009-2010, kemudian munculah nama Android yang kabarnya akan menyaingi BB. Karena perangkat keduanya sama-sama di lingkup phone-gadget. Tapi lucunya, banyak yang bersikeras bahwa Blackberry dan Android adalah beda, padahal kenyataanya keduanya saling bersaing. Blackberry atau Android yang lebih unggul selalu menjadi pembahasan yang menarik, walaupun saat ini sudah reda gembar-gembornya.
    Suatu kelebihan Android, dia mampu mengusik popularitas Balacberry tanpa menyamai modelnya. Benar saja jika BB beda dengan Android. Jika blackberry adalah merk HP, sadangkan android adalah operting sistem dan aplikasi dalam HP, karena tidak ada HP bermerek Android. Fear, BB tidak bisa menuduh android menduplikat modelnya.
    Keunggulan blackberry sampai sekarang terdapat pada Personal Identity Number (PIN) yang digunakan untuk privacy. Itu merupakan tujaun utama market BB di pangsa kantoran dan bisnis. Terbukti para dewasa, pengusaha, dan penjabat lebih memilih memakai blackberry dan tidak tergiur untuk memakai android.
    Jadi sebenarnya Bebe masih unggul sesuai tujuan marketnya di kalangan orang dewasa sekelas pengusaha dan penjabat. Terlebih lagi dengan sistem pajak per bulan yang tidak murah, menunjukan target bb untuk kalangan atas.
    Blackberry berbeda dengan Android sebenarnya memang betul. Bisa dilihat jika bb mengutamakan jaringan internet dan kecepatan komunikasi, yang begitu penting di dunia bisnis., katakan saja di US, Inggris dsb. Android justru mengutamakan aplikasi, game dan fitur tampilan yang menarik, sehingga cocok di kalangan remaja.
    Android lebih unggul dari blackberry bisa dikatakan benar. Terutama jika dari sudut pandang lifestyle, bagi remaja. Banyak aplikasi Android yang tidak ada di BB, tapi banyak fitur BB yang ada di aplikasi android. BBM tidak lebih unggul, karena adanya whatsupp di aplikasi andro.
    Aplikasi Android diinjeksi berbagai merk hp, dengan harga terjangkau bahkan dengan harga di bawah 1 jutaan. Beberapa brand terkenal adalah Samsung, HTC, Nexian dll dengan harga terjangkau bisa dinikmati setiap lapisan masyarakat.
    Faktanya juga yang sering membanding-bandingkan adalah kalangan remaja, jadi android lebih unggul.
    Tetapi tidak bisa dipungkiri, jumlah pemakai handphone BlackBerry di Indonesia luar biasa banyak. Tapi masa itu sudah berakhir. Hasil survey International Data Corporation (IDC) yang baru saja diumumkan, saat ini Android mengalahkan BlackBerry sebagai sistem operasi mobile yang paling banyak dipakai. Data menunjukkan, Android sudah menguasai sebanyak 52% pangsa pasar smartphone Indonesia. Apa penyebab BlackBerry semakin ditinggalkan? Apa pula penyebab Android bisa meraih popularitas sebagai OS terlaris begitu cepat? sumber: PCPlus
    Menurut Darwin Lie (Market Analyst for Client Devices, IDC Indonesia), ada beberapa hal yang menjadi faktor kalahnya BlackBerry dan semakin larisnya Android,sebagai berikut :
    Android menawarkan handset yang murah dan beragam
    Android menawarkan banyaknya aplikasi gratis yang menggoda penggunanya untuk terus beroksplorasi dengan gadgetnya tersebut
    semakin populernya layar sentuh. BlackBerry yang memakai layar sentuh harganya mahal
    penundaan tanggal rilis OS BlackBerry 10 membuat fans BlackBerry lari ke Andorid atau iPhone
    Dari IDC Asia/Pacific Quarterly Mobile Phone Tracker juga diperoleh data tentang pertumbuhan angka jumlah pengiriman telepon selular ke Indonesia, yang mengalami pertumbuhan sebesar 10% per kuartal, dan sampai 25% per tahun. Angka statistik yang menggoda produsen gadget untuk terus melakukan penetrasi pasar handphone di negara kita ini. Smartphone atau feature phone adalah perangkat yang paling menunjukkan pertumbuhan signifikan dibanding kuartal lalu. Salah satu yang mempengaruhi hal ini adalah masa Idul Fitri dimana banyak produsen melakukan promosi terhadap produk mereka yang disambut dengan pembelian oleh konsumen.
    IDC juga memperkirakan bahwa pertumbuhan penjualan smartphone yang berbasis touch screen akan melebihi angka 7 juta unit pada tahun ini. Belum lagi dengan santernya berita mengenai rilis Apple iPhone 5 dan Nokia Lumia 920 yang iklannya bikin heboh itu.
    Bagaimana dengan merk lokal macam Cross dan Mito? Hmmm, meski murah dan memang menyasar pasar yang lebih rendah, tak ayal pertumbuhan mereka akan memberi warna bagi perkembangan pasar smartphone dengan OS Android, BlackBerry, iOS, dan Windows Phone. Kita tunggu saja. Semakin sengit persaingan, biasanya juga akan membawa penurunan harga dan tinggi-tinggian fitur. Jadi, semoga nanti kita bisa mendapatkan handphone murah tapi bagus. Biar mereka bertarung, kita beli yang sesuai dengan kantong dan kebutuhan saja.

    Komentar oleh assyad | Juli 11, 2013 | Balas

  11. NAMA : WAHMAD DIATMIKA K.TALA
    NIM : C1B010075
    KELAS : MANAJEMEN B
    HORAS pak
    Pak ini jawaban lanjutan dari ujian semester saya kemarin

    2. Dalam kaitannya dengan persaingan, antara industri penerbangan antara GIA dan LION misalnya, masing-masing perusahaan tentu melakukan analisis satu dengan lainnya. Kalau GIA membuka jalur penerbangan melalui CL sementara LION membuka jalur penerbangan dengan Batik di Jawa yang dinilai menjadi jalur gemuk. Dalam kaitannya dengan praktik kedua hal ini, jelaskanlah masing-masing kekuatan dan kelemahan kedua maskapai penerbangan tersebut.
    Jawab
    Keunggulan dan Kelemahan Maskapai Penerbangan Garuda
    Keunggulan :
    1.pelayanan jauh lebih baik di banding maskapai penerbangan yang lain
    2.harga sesuai dengan pelayanan yang di berikan.
    3.tepat waktu dalam keberangkatan.
    4.image maskapai penerabangan garuda sudah baik di mata pelanggan.
    5.merupakan satu-satunya maskapai penerbangan dengan pelayanan bintang 4.

    Kekurangan :
    1.kurangnya rute kedaerah non-metropolitan.
    2.pramugarinya mudah senyum tetapi judes.
    3.harga tiket yang mahal meskipun sebanding dengan pelayanan
    4.Sering terjadi kerusakan komputer, sehingga operator pesawat merasa kesulitan dan terpaksa bekerja secara manual

    Keunggulan dan Kelemahan Maskapai Penerbangan Lion Air
    Keunggulan :
    1.harga murah
    2.pesawat brand new
    3.pilihan rute lumayan banyak
    4.Pesawat Baru…
    5.harga lebih kompetitif
    Kelemahan :
    1. Fasilitas dan pelayanan yang diberikan kurang menarik.
    2.Kurang Ontime
    3.Tidak ada penggantian barang yang rusak
    4.Catatan keselamatan Lion Air dalam beberapa waktu terakhir kurang baik. Selain itu, banyak kasus bagasi hilang
    4. Jelaskan tugas anda yang diunggah diblog, sehingga dapat diketahui apa, dan bagaimana hasil daripada pekerjaan tim atas tugas yang anda kerjakan bersama.
    Jawab: Minat konsumen terhadap android mengalahkan blackberry
    Dalam perkembangan globalisasi saat ini, tidak dapat di pungkiri bahwa smartphone merupakan sesuatu yang sangat penting dikalangan masyarakat,penggunaan akan alat telekomunikasi ini sangat diminati berjuta-juta penduduk di Indonesia.
    Blackberry dan Android adalah salah satu yang saat ini sangat di minati oleh konsumen,konsumen merasa di manjakan dengan hadirnya alat komunikasi yang cerdas, tetapi tidak sampai disitu,kedua nya hadir dan memberikan layanan serta keunggulan masing-masing.
    Ini Buktinya Android Lebih Unggul dari Blackberry
    Unggul dari Blackberry
    Setelah Blackberry muncul dan populer pada tahaun 2009-2010, kemudian munculah nama Android yang kabarnya akan menyaingi BB. Karena perangkat keduanya sama-sama di lingkup phone-gadget. Tapi lucunya, banyak yang bersikeras bahwa Blackberry dan Android adalah beda, padahal kenyataanya keduanya saling bersaing. Blackberry atau Android yang lebih unggul selalu menjadi pembahasan yang menarik, walaupun saat ini sudah reda gembar-gembornya.
    Suatu kelebihan Android, dia mampu mengusik popularitas Balacberry tanpa menyamai modelnya. Benar saja jika BB beda dengan Android. Jika blackberry adalah merk HP, sadangkan android adalah operting sistem dan aplikasi dalam HP, karena tidak ada HP bermerek Android. Fear, BB tidak bisa menuduh android menduplikat modelnya.
    Keunggulan blackberry sampai sekarang terdapat pada Personal Identity Number (PIN) yang digunakan untuk privacy. Itu merupakan tujaun utama market BB di pangsa kantoran dan bisnis. Terbukti para dewasa, pengusaha, dan penjabat lebih memilih memakai blackberry dan tidak tergiur untuk memakai android.
    Jadi sebenarnya Bebe masih unggul sesuai tujuan marketnya di kalangan orang dewasa sekelas pengusaha dan penjabat. Terlebih lagi dengan sistem pajak per bulan yang tidak murah, menunjukan target bb untuk kalangan atas.
    Blackberry berbeda dengan Android sebenarnya memang betul. Bisa dilihat jika bb mengutamakan jaringan internet dan kecepatan komunikasi, yang begitu penting di dunia bisnis., katakan saja di US, Inggris dsb. Android justru mengutamakan aplikasi, game dan fitur tampilan yang menarik, sehingga cocok di kalangan remaja.
    Android lebih unggul dari blackberry bisa dikatakan benar. Terutama jika dari sudut pandang lifestyle, bagi remaja. Banyak aplikasi Android yang tidak ada di BB, tapi banyak fitur BB yang ada di aplikasi android. BBM tidak lebih unggul, karena adanya whatsupp di aplikasi andro.
    Aplikasi Android diinjeksi berbagai merk hp, dengan harga terjangkau bahkan dengan harga di bawah 1 jutaan. Beberapa brand terkenal adalah Samsung, HTC, Nexian dll dengan harga terjangkau bisa dinikmati setiap lapisan masyarakat.
    Faktanya juga yang sering membanding-bandingkan adalah kalangan remaja, jadi android lebih unggul.
    Tetapi tidak bisa dipungkiri, jumlah pemakai handphone BlackBerry di Indonesia luar biasa banyak. Tapi masa itu sudah berakhir. Hasil survey International Data Corporation (IDC) yang baru saja diumumkan, saat ini Android mengalahkan BlackBerry sebagai sistem operasi mobile yang paling banyak dipakai. Data menunjukkan, Android sudah menguasai sebanyak 52% pangsa pasar smartphone Indonesia. Apa penyebab BlackBerry semakin ditinggalkan? Apa pula penyebab Android bisa meraih popularitas sebagai OS terlaris begitu cepat? sumber: PCPlus
    Menurut Darwin Lie (Market Analyst for Client Devices, IDC Indonesia), ada beberapa hal yang menjadi faktor kalahnya BlackBerry dan semakin larisnya Android,sebagai berikut :
    Android menawarkan handset yang murah dan beragam
    Android menawarkan banyaknya aplikasi gratis yang menggoda penggunanya untuk terus beroksplorasi dengan gadgetnya tersebut
    semakin populernya layar sentuh. BlackBerry yang memakai layar sentuh harganya mahal
    penundaan tanggal rilis OS BlackBerry 10 membuat fans BlackBerry lari ke Andorid atau iPhone
    Dari IDC Asia/Pacific Quarterly Mobile Phone Tracker juga diperoleh data tentang pertumbuhan angka jumlah pengiriman telepon selular ke Indonesia, yang mengalami pertumbuhan sebesar 10% per kuartal, dan sampai 25% per tahun. Angka statistik yang menggoda produsen gadget untuk terus melakukan penetrasi pasar handphone di negara kita ini. Smartphone atau feature phone adalah perangkat yang paling menunjukkan pertumbuhan signifikan dibanding kuartal lalu. Salah satu yang mempengaruhi hal ini adalah masa Idul Fitri dimana banyak produsen melakukan promosi terhadap produk mereka yang disambut dengan pembelian oleh konsumen.
    IDC juga memperkirakan bahwa pertumbuhan penjualan smartphone yang berbasis touch screen akan melebihi angka 7 juta unit pada tahun ini. Belum lagi dengan santernya berita mengenai rilis Apple iPhone 5 dan Nokia Lumia 920 yang iklannya bikin heboh itu.
    Bagaimana dengan merk lokal macam Cross dan Mito? Hmmm, meski murah dan memang menyasar pasar yang lebih rendah, tak ayal pertumbuhan mereka akan memberi warna bagi perkembangan pasar smartphone dengan OS Android, BlackBerry, iOS, dan Windows Phone. Kita tunggu saja. Semakin sengit persaingan, biasanya juga akan membawa penurunan harga dan tinggi-tinggian fitur. Jadi, semoga nanti kita bisa mendapatkan handphone murah tapi bagus. Biar mereka bertarung, kita beli yang sesuai dengan kantong dan kebutuhan saja.

    Komentar oleh wahmad diatmika k.tala | Juli 11, 2013 | Balas

  12. Salam sejahtera pak jo
    Ini jawaban ujian akhir semester saya
    Nama: Gemi Agustin (kelas B)
    NIM: C1B010059
    1.ketika CL membuka jalur penerbangan baru,termasuk jalur penerbangan Jakarta-jambi sepertinya CL percaya bahwa jalur Jakarta-jambi dan sebaliknya mengalami perkembangan pesat,sehingga percaya bahwa mereka akan tetap memperoleh keuntungan dengan demikian lakukanlah analisis pelanggan yang dapat menunjukan poin-poin perubahan bagi industri penerbangan.
    JAWABAN:
    Poin-poin perubahan bagi industri penerbangan seharusnya maskapai penerbangan harus jeli dalam melakukan strategi persaingan,misalnya perusahaan maskapai penerbangan mampu memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat besar atau mahal untuk mendapatkan sebuah kenyamanan penerbangan yang terjamin.
    Perusahaan juga harus bisa memberi image yang baik dan bagus dimata pelanggan,hal ini akan membuat pelanggan percaya untuk menggunakan maskapai penerbangan dengan loyal tanpa harus banyak memperhitungkan sesuatu yang kurang berkualitas dari perusahaan maskapai penerbangan tersebut.
    2.dalam kaitannya dengan persaingan antara industri penerbangan antara GIA dan LION misalnya.masing-masing perusahaan tentu melakukan analisis satu dengan yang lainnya,kalau GIA membuka jalur penerbangan dengan Batik dijawa yang dinilai menjadi jalur gemuk.dalam kaitannya dengan praktik kedua ini ,jelaskanlah masing-masing kekuatan dan kelemahan kedua maskapai penerbangan tersebut.
    JAWABAN:
    Maskapai penerbangan GIA
    Kekuatan:
    -on time performance
    -service yang cepat dan memuaskan
    -dibandingkan dengan perusahaan penerbangan domestic lainnya keamanan penerbangan GIA paling terjamin
    -memiliki business unit yang mendukung aktivitas perusahaan
    -memiliki sumber daya manusia yang qualified (kompeten)
    -image maskapai penerbangan sudah baik dimata pelanggan
    -harga sesuai dengan pelayanan yang diberikan
    Kelemahan:
    -biaya operasional yang tinggi menyebabkan harga tiket pesawat cukup tinggi diantara penerbangan domestic lainnya.
    -tingginya tiket KKN didalam perusahaan yang dapat merugikan perusahaan
    -mempunyai utang yang sangat banyak
    Maskapai penerbangan LION
    Kekuatan:
    -harga tiket yang murah
    -pesawat brand new
    -pilihan rute yang banayak
    Kelemahan:
    -kurangnya layanan mutu dan standar keselamatan
    -tidak tepat waktu
    3.dengan strategi harga tiket murah,misalnya pada industri maskapai penerbangan apakah strategi ini dapat dipertahankan.selanjutnya jelaskan bagaimana salah satu srategi produk yang dapat bertahan lama (berkelanjutan)
    JAWABAN:
    Dalam strategi harga tiket yang murah pada maskapai penerbangan ini merupakan salah satu alternative untuk meningkatkan penjualan tiket penerbangan bagi konsumen,tetapi harga tiket penerbangan yang murahpun tidak dapat menjamin atas berdatangnya pelanggan yang loyal pada maskapai penerbangan tersebut.bisa saja strategi ini mampu bertahan ,tetapi konsumen tidak hanya mengharapkan harga tiket penerbangan yang murah saja,kualitas pelayanan merupakan salah satu kunci kenyamanan bagi para pelanggan,kerena kenyamanan dan keselamatan diri adalah hal terpenting bagi pelanggan.pelanggan sudah cukup cerdas dalam memilih maskapai penerbangan,harga tiket penerbangan yang murah tidak berpengaruh bagi pelanggan yang mengutamakan keselamatan diri dan kenyamanan ,hal tersebut akan membuat pelanggan akan loyal kepada suatu maskapai penerbangan.
    Suatu produk dapat bertahan lama (berkelanjutan):
    Apabila konsumen merasa dipuaskan dengan baik dan diberikan pelayanan yang memuaskan.kualitas produk yang baik serta konsumen dilayani dengan tata karma yang sopan dan mampu memjaga etika penjualan denga baik.
    4.jelaskan tugas anda yang di unggah diblog,sehingga dapat diketahui apa, dan bagaimana hasil daripada pekerjaan tim atas tugas yang anda kerjakan bersama.
    JAWABAN:
    Kualitas Pelayanan
    1)Garuda Indonesia
    Untuk meningkatkan pelayanan, Garuda Indonesia telah meluncurkan layanan baru yang disebut “Garuda Indonesia Experience”. Garuda Indonesia Experience adalah konsep layanan baru yang menyajikan aspek-aspek terbaik dari Indonesia kepada para penumpang. Mulai dari saat reservasi penerbangan hingga tiba di bandara tujuan, para penumpang akan dimanjakan oleh pelayanan yang tulus dan bersahabat yang menjadi ciri keramahtamahan Indonesia, diwakili oleh ‘Salam Garuda Indonesia’ dari para awak kabin.Untuk meningkatkan mutu pelayanan, Garuda juga telah mempersiapkan para petugas untuk terus ada dan siap sedia jika dibutuhkan. Bukan hanya ada secara fisik, namun juga secara non-fisik melalui layanan online Garuda.
    2) Lion Air
    Masyarakat menilai kurangnya kualitas pelayanan maskapai penerbangan Lion Air akhir-akhir ini, karena sering terjadi delay (penundaan penerbangan). Selama ini, diakui Lion Air paling diminati oleh sebagian besar masyarakat karena tarifnya relatif murah, namun kualitas pelayanan kurang baik. Banyak alasan mengapa konsumen menempatkan Lion Air, sebagai pilihan terakhir ketika melakukan perjalanan mengggunakan pesawat udara :
    -Tidak tepat waktu
    -Tidak beriorientasi konsumen
    – Pramugari show
    Landing yang kasar. Ini yang konsumen sangat tidak sukai. Seringkali konsumen merasa pendaratan yang dilakukan oleh Lion Air selalu diikuti dengan hentakan dan tidak smooth. Apalagi pada pendaratan pada bandara yang running way pendek. Munculnya maskapai-maskapai penerbangan baru juga akan menjadi tantangan bagi Lion Air untuk harus semakin kreatif dan kompetitif sehingga menuntut bekerja lebih keras lagi. Menghadapi persaingan ini, Lion Air harus menyiapkan beberapa strategi, misalnya dengan meluncurkan produk layanan First Class Service. Tentunya ini akan mengimprove produk service, sehingga memberikan pelayanan lebih bagus kepada para penumpang.
    B. Pengembangan SDM
    1) Garuda Indonesia
    Garuda Indonesia Baru saja mewisuda 42 pilot baru dari sekolah penerbang “Bali International Flight Academy (BIFA)”. Pilot-pilot yang baru diwisuda tersebut merupakan pilot Garuda angkatan ke sebelas dan dua belas yang mendapatkan pendidikan di BIFA (Bali International Flight Academy). Seluruh pilot tersebut telah siap bergabung dengan Garuda Indonesia setelah menempuh waktu pendidikan serta pelatihan penerbangan selama 16 bulan untuk meraih sertifikasi Private Pilot Licence (PPL), Commercial Pilot License (CPL) dan Instrument Rating. Selanjutnya mereka akan mendapatkan pendidikan lanjutan selama enam bulan lagi untuk mendapatkan pendidikan “typerating” agar memenuhi kualifikasi dalam menerbangkan jenis pesawat yang akan mereka operasikan nantinya. Kerjasama dengan BIFA ini sangat membantu pencapaian program ekspansi Garuda Indonesia ke depan khususnya dalam pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia pilot. “Sejalan dengan program pengembangan armada yang dilakukan, Garuda juga melaksanakan program pengembangan awak pesawat untuk menjamin ketersediaan pilot-pilot yang berkualitas”, Untuk mendukung program ekspansi tersebut, saat ini Garuda Indonesia memiliki lebih dari 900 orang penerbang dan lebih dari 200 pilot yang sedang menjalani pendidikan di Garuda Indonesia Training Center (GITC).
    2) Lion Air
    Setelah kecelakaan yang dialami maskapai itu di Bandara Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu pekan lalu, Kementerian Perhubungan segera mengaudit khusus maskapai penerbangan Lion Air untuk memeriksa dan mengevaluasi secara menyeluruh terhadap manajemen dan sumber daya manusia di maskapai tersebut. Manajemen Lion Air bila tidak ingin nasibnya seperti Adam Air seharusnya lebih memperhatikan dan memperbaiki sistem dan pola disiplin para awak pesawat komersilnya termasuk kru daratnya secara lebih ketat lagi. Test urine dan darah secara acak dan berkala. Test psikologi untuk mengukur tingkat stres awak kokpit dan kabinnya pada batas aman dan juga kesejahteraan para karyawannya.
    Seiring dengan mulai runtuhnya kepercayaan masyarakat pada Lion Air dan demi pertumbuhan perusahaan ke depan, maskapai penerbangan swasta terbesar, Lion Air berkomitmen memenuhi permintaan sumberdaya manusianya. Hal ini diungkapkan CEO Lion Air, Rusdi Kirana kepada pers di sela wisuda penerbang, teknisi dan awak kabin lulusan Lion Training Center (LTC) di Jakarta.
    Melalui LTC ini dan Wings Flying School diharapkan mampu menyediakan tenaga-tenaga kerja yang berkualitas dan professional sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” katanya. Data LTC disebutkan peserta yang diwisudai adalah tujuh penerbang lulusan Wings Flying School angkatan pertama dan 30 (tiga puluh) tenaga teknisi pesawat lulusan Basic Aircraft Maintenance angkatan pertama.
    C. Penambahan Jumlah Pesawat
    1) Garuda Indonesia
    PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akan menambah 39 unit jumlah pesawat baru hingga akhir 2013. Penambahan pesawat tersebut untuk meningkatkan pengembangan perusahaan. Total penambahan pesawat 39 tahun ini. 24 Garuda, plus 15 Citilink. untuk pengembangan perusahaan, perusahaan telah menyiapkan total anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun ini sebesar US$ 300-400 juta.
    Besaran capex itu diperoleh perseroan selain dari kas internal juga didapat dari rencana penerbitan obligasi sebesar Rp 2 triliun yang akan diterbitkan pada Juni tahun ini.
    Sepanjang 2013 Garuda telah menerima enam pesawat baru dari 24 pesawat yang direncanakan. Pesawat yang telah datang terdiri dari empat Airbus A320 untuk Citilink, dan dua Bombardier CRJ-1000 Next Generation. Sampai kuartal pertama kami sudah memiliki 112 pesawat dengan rata-rata usia 6,6 tahun.
    2) Lion Air
    PT Lion Air menargetkan tahun ini dapat mendatangkan 36 pesawat baru dari berbagai pabrikan ternama dunia. sesuai rencana perseroan, ke-36 unit pesawat itu akan digunakan untuk maskapai Malindo Airways sembilan unit, Lion Air 11 unit, Batik Air empat unit, serta 12 unit untuk Wings Air. Dengan demikian, hingga akhir tahun, Lion akan memiliki 130 unit pesawat. Totalnya, Lion sudah memiliki 94 pesawat dengan 745 frekuensi penerbangan.
    Kedatangan pesawat baru ini akan berlangsung hampir setiap tahun hingga pemesanan berakhir pada 2025 mendatang. Pesawat yang datang pada tahap pertama sebanyak 178 pesawat, selanjutnya tahap kedua akan didatangkan 230 pesawat baru.
    kedatangan Boeing 737-900 ER ini untuk melengkapi armada serta program peremajaan. Juga bagian dari upaya peremajaan untuk rute domestik dan regional
    Kedatangan pesawat baru ini juga dimaksudkan untuk menambah frekuensi penerbangan yang sudah ada saat ini. Tercatat, hingga hari ini, Lion Air memiliki 534 frekuensi penerbangan, sementara Wings Air memiliki 211 penerbangan. Dengan kata lain, penambahan armada akan berdampak pada penambahan jumlah penerbangan.

    D. Asuransi/Guarantee
    1) Garuda Indonesia
    Untuk menjamin kenyamanan pelayanan terhadap para penumpang, Garuda Indonesia mulai menerapkan asuransi pelayanan. Bila pelayanan tidak memuaskan seperti delay atau ada barang yang hilang, penumpang bisa langsung mengklaim untuk mendapatkan ganti dari asuransi. Dengan menjalin kerjasama dengan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), asuransi pelayanan bagi penumpang pesawat dan kargo Garuda dapat diterapkan.Maka jaminan asuransi penumpang Garuda saat ini bertambah lagi yaitu jaminan ketidaknyamanan perjalanan (travel incovenience insurance), jaminan kargo (cargo insurance), dan jaminan paket tour. Sebelumnya asuransi Garuda terbatas pada asuransi kecelakaan pesawat saja (accident insurance). Manajemen Garuda menjamin, proses klaim tidak dipersulit karena jaminan asuransi itu merupakan bagian komitmen Garuda sebagai maskapai layanan penuh (full service airlines).
    Dari sisi pelayanan, sekarang Garuda Indonesia berbeda dan terdepan karena maskapai yang ada saat ini hanya memberi jaminan asuransi kecelakaan. Pihak Garuda mengakui ketidaknyamanan penumpang dalam penerbangan selama ini seringkali terjadi, terutama soal keterlambatan penerbangan (delay), kerusakan barang bawaan, atau kehilangan kargo.

    2) Lion Air
    Berikut ini adalah beberapa jenis asuransi yang disediakan oleh Lion Air dalam meningkatkaan kepuasan serta loyalitas para penumpang serta manfaatnya.
    a) Asuransi Perjalanan
    Bila penumpang memperpanjang perjalanan nya, Asuransi Perjalanan Lion Air akan menanggung sampai dengan jangka waktu maksimum pada skala waktu yang dipilih sebelumnya yang dibeli tapi akan berlanjut pertanggungannya sampai dengan check in penerbangan pulang.
    b) Asuransi Kecelakaan Diri
    Jika penumpang mengalami kecelakaan fatal atau serius pada saat melakukan perjalanan, manfaat akan memberikan sejumlah uang santunan senilai sampai jumlah IDR 500.000.000 (Sekali Jalan).
    c) Asuransi Biaya Pengobatan & Pelayanan Medis
    Jika anda membutuhkan pelayanan medis akibat kecelakaan pada saat melakukan perjalanan, manfaat ini akan mengganti biaya-biaya medis yang timbul sampai jumlah IDR 200.000.000.
    d) Asuransi Ketidaknyamanan Perjalanan
    Manfaat-manfaat Ketidaknyamanan Perjalanan dirancang untuk membantu anda dalam menikmati pengalaman perjalanan bahkan pada saat dimana hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Manfaat-manfaat kami termasuk: keterlambatan penerbangan , pembatalan perjalanan, pengurangan perjalanan, kerusakan & kehilangan bagasi, kehilangan dokumen-dokumen perjalanan,tanggung gugat pribadi.
    e) Asuransi Darurat Medis 24 Jam
    Asuransi Perjalanan Lion Air memberikan anda pelayanan darurat medis sepanjang waktu.
    E. Pelayanan di Udara
    1) Garuda Indonesia
    Maskapai Garuda Indonesia berencana memasang jaringan internet nirkabel atau wifi dan telepon pada pesawat terbarunya Boeing 777-300ER yang akan tiba pada Juni 2013. Dan dikatakan bahwa pesawat Boeing 777 ini sudah terpasang wifi dan penumpang juga bisa mengakses telepon ketika sedang terbang.
    Keuntungan lain yang dapat dirasakan penumpang yaitu fasilitas akses wifi dan telepon saat terbang diberikan gratis kepada penumpang first class, sedangkan penumpang kelas bisnis dan kelas ekonomi harus membayar biaya tambahan. Layanan internet nirkabel ini tentu dapat meningkatkan pelayanan bagi pengguna jasa Garuda Indonesia.
    kemudian jika diperhatikan dari sisi pelayanan di udara (In-flight) fasilitas seperti cabin seat comfort, cabin comport item & amenities, cabin ambience, lavatory, in-flight sales, cabin service, on board catering, in-flight entertaintment dan reading material akan memanjakan penumpang yang sedang dalam menikmati perjalanan mereka.
    Memang in-flight Garuda patut diberi kredit point. Untuk cabin seat comfort sangat nyaman karena tempat duduk antar baris cukup lega. Berbeda dengan penerbangan lain yang sangat rapat sehingga untuk penumpang dengan postur tinggi dengkul beradu dengan kursi didepannya. Sedangkan onboard catering Garuda juga menyediakan makanan secara gratis sejak dulu. Jarak dekat sekalipun.
    2) Lion Air
    Maskapai pesawat lion air membuat sebuah terobosan baru mengenai pelayanan di udara yaitu mengubah pelayanan pemberian makanan kepada para penumpangnya dengan cara membuka penjualan makanan dan minuman selama perjalanan,sehingga jika kebetulan ada penumpang yang lapar atau haus maka bisa membeli makanan atau minuman yang di tawarkan oleh pramugari ketika pesawat dalam keadaan terbang.sayangnya makanan dan minuman yang mereka jual di atas pesawat sangatlah mahal dan harganya berkali lipat jika di bandingkan dengan ketika kita membeli produk yang ada di daratan.
    Kenyamanan lain dari penerbangan Lion Air adalah menyediakan kursi dari bahan kulit yang lebih elite dr sebelumnya. Boeing 727-900ER Lion Air juga menyediakan ruang untuk kaki yang cukup luas. Juga dilengkapi dengan kemiringan sekitar 2 derajat pada tempat duduk yg nyaman. Anda pun dapat dengan bebas meregangkan badan dan istirahat selama perjalanan.
    Kelas bisnis Lion Air memberikan lebih banyak ruang dikabin serta layanan personal dan tingkat privasi yg lebih tinggi. Kursi kulit lbh confortable. Lion Air juga menyediakan makanan bagi penumpang di kelas bisnis. Selain itu Pelanggan kelas bisnis juga mendapatkan access ke ruang pribadi. Kabin Boeing 737 900 ER yang baru dari Lion Air dirancang tuk memberikan kenyamanan pada penumpang saat melakukan penerbangan. Di dalam ruang yg lebih leluasa tersebut para custumers bisa bersantai dan beristirahat. Disamping itu, kelas bisnis dari Lion Air dilengkapi dgn seat pitch 38″

    Komentar oleh Gemi Agustin | Juli 11, 2013 | Balas

  13. Sore pak jo,
    Ini lanjutan jawaban ujian saya
    Nama: mezyla yuanda (C1B010080) kelas B
    Lanjutan Jawaban nomor 2 dan 4

    Nomor 2 :
    2.dalam kaitannya dengan persaingan antara industri penerbangan antara GIA dan LION misalnya.masing-masing perusahaan tentu melakukan analisis satu dengan yang lainnya,kalau GIA membuka jalur penerbangan dengan Batik dijawa yang dinilai menjadi jalur gemuk.dalam kaitannya dengan praktik kedua ini ,jelaskanlah masing-masing kekuatan dan kelemahan kedua maskapai penerbangan tersebut.
    Kelemahan dan kekuatan lion air dan GIA

    GIA
    Kekuatan :
    * citilink garuda indonesia memberika fasilitas yang esklusif bagi setiap pelanggannya
    * pelayanan yang sangat memuaskan
    * jadwal penerbangan yang tepat pada waktunya
    * sikap atau perlakuan yang sangat baik,menyentuh dan kesopan santunan serta keramahan para pramugarinya yang sangat luar biasa
    * memberikan snack tepat pada waktunya,sehingga konsumen tidak merasa kelaparan dan bosan selama terjadinya penerbangan
    * tempat duduk jauh lebih lapang dibandingkan maskapai lain, kita bisa hampir selonjor dan bahkan kalau kita duduk di business class,
    *
    Kelemahan :
    * citilink garuda indonesia memberikan penjualan tiket penerbangan yang mahal,
    * hanya kalangan menengah keatas saja yang mampu menggunakan layanan maskapai ini
    * tingginya tiket KKN didalam perusahaan yang dapat merugikan perusahaan

    Lion air
    Kelemahan:
    * Jadwal penerbangan yang selalu delay (tidak tepat waktu)
    Tidak adanya pemberitahun terlebih dahulu jikalau akan terjadi delay,setelah pelanggan mengeluh baru di beri informasi
    * pelayanan dari pramugari-pramugari lion air kurang memuaskan,seharusnya pramugari lebih bisa bersikap ramah,lembut dan menyentuh bagi pelanggan,agar pelanggan merasa nyaman
    * fasilitas yang di berikan kepada pelanggan jauh dari yang di harapkan

    Kekuatan:
    * maskapai penerbangan lion air menghadirkan penjualan tiket dengan harga murah,
    * dapat di jangkau oleh seluruh kalangan
    * pilihan rute lumayan banyak
    *
    Nomor 4 :
    Jelaskan tugas anda yang di unggah diblog,sehingga dapat diketahui apa, dan bagaimana hasil daripada pekerjaan tim atas tugas yang anda kerjakan bersama.

    Blackberry vs android

    Blackberry dan Android adalah salah satu yang saat ini sangat di minati oleh konsumen,konsumen merasa di manjakan dengan hadirnya alat komunikasi yang cerdas, tetapi tidak sampai disitu,kedua nya hadir dan memberikan layanan serta keunggulan masing-masing.

    Keunggulan yang dimiliki masing- masing produk :
    Keunggulan Blackberry

    Segi Aplikasi dan Penggunaan

    1. BBM (Blackberry Messenger) merupakan salah satu fitur yang dicari oleh pengguna Blackberry , inilah yang masih menjadi andalan dari produk ini . BBM mampu membuat chatting kita nyaman dengan tidak hanya menyediakan fungsi chatt type, namun juga send type dan rekaman sebesar 10Kb – membantu sekali saat sedang tidak bisa mengetik pesan dan tinggal merekam ucapan sekitar 5 Detik dan mengirimkan kepada lawan chat kita. Ditambah lagi kemampuannya yang mendukung YM , dan GTalk.

    2. Push e-mail. Inilah yang paling menjadi keunggulan dari BlackBerry, kita bisa meng-akses e-mail lebih mudah dengan ini. Para profesional masih mengandalkan Blackberry untuk aktivitas ini , fungsi ini menjadi lebih berguna ketika seseorang mempunyai banyak kolega yang mengharuskan tindakan cepat dalam merespon email .

    3. Penggunaan Internet yang didukung teknologi Wi-Fi sehingga bila kita tidak ada pulsa , kita bisa memanfaatkan fitur Wi-Fi ini . Ditambah lagi tampilan Facebook dan Twitter Blackberrynya menarik dan loading cepat menjadi andalan tersendiri.

    4. Terdapat fitur GPS yang memungkinkan kita men-trackback diri kita bila dalam keadaan tersesat. Ditambah lagi Fungsi geotag pada Blackberry ber-GPS, yang dapat membantu anda meng-upload foto yang yang berisi informasi lokasi foto diambil, bisa dibuat teka-teki, kemana rekan kita berada dengan mengecheck lokasi GPS melalui informasi Geotagnya.

    5. Fungsi telepon dan organizer sama baiknya dengan smartphone sekelas nokia or WM6

    6. Fungsi Autotext, anda tinggal mendefine keyword lalu mengasosiasikan dengan isi pengganti yang biasanya berisi text/character yang panjang, dan digunakan dengan mengetikan keyword, maka isi pengganti akan menggantikan keyword tersebut. Semisal, anda mendefine autotext home, ketika anda ketik, digantikan dengan alamat lengkap, RT / RW , kode pos dan sesuai keinginan anda.

    Keunggulan Android :

    1. Berbeda halnya dengan BB untuk Android anda tidak perlu bayar untuk download aplikasi. Didukung juga dengan akses Mudah terhadap Ribuan Aplikasi Android lewat Google Android App Market – Kalau Anda penggemar install aplikasi ataupun games, lewat Google Android App Market Anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis. Ada banyak ribuan aplikasi dan games yang siap untuk Anda download di ponsel Android. . Ditambah lagi Aplikasi game 3D nya sangat stabil dan mantap.

    2. Ponsel Android mendukung sistem Multitasking , dimana anda bisa menjalankan berbagai aplikasi, itu artinya Anda bisa browsing, Facebookan sambil mendengarkan .

    3. Produk Android didukung penuh Google. Jadi kita dapat menikmati semua layanan google seperti gmail, youtube, dan fasilitas google lainnya.

    4. Selain itu ponsel Android menggunakan sistem Real Time notification , sehingga setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tak ketinggalan Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip, sehingga Anda tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun misscall sekalipun.

    5. Produk Android bisa dinyatakan aman dari virus karena berbasis linux (Kernel 2.6).

    6. Produk Android merupakan ponsel yang terdiri dari pilihan ponsel yang beranekaragam . Android merupakan sistem yang ditanamkan pada ponsel , berbeda dengan iOs yang hanya terbatas pada iPhone produk Apple . Sedangkana android tersedia di ponsel dari berbagai produsen, mulai dari Sony Ericsson, Motorola, HTC sampai Samsung. Dan setiap pabrikan ponsel pun menghadirkan ponsel Android dengan gaya masing-masing, seperti Motorola dengan Motoblur-nya, Sony Ericsson dengan TimeScape-nya. Jadi Anda bisa leluasa memilih ponsel Android sesuai dengan ‘brand’ yang anda sukai.

    7. Harga relatif murah.

    *Tidak hanya keunggulan,keduanyapun tetap sama-sama memiliki kekurangan masing-masing produk,antaranya:

    Kekurangan blackberry

    1. Untuk mendapatkan layanan Blackberry yang memuaskan seperti di atas, kita harus berlangganan BIS. Untuk setiap operator bisa berbeda. Jadi untuk selain mengeluarkan untuk biaya pulsa, juga mengeluarkan biaya untuk berlangganan BIS. Dan belum semua operator yang telah mendukung layanan Blackberry BIS , yang sudah mendukung barulah Indosat,(Matrix,Mentari),XL (pascabayar),T-Sel (Halo,simpati).

    2. Tidak ada fitur Radio pada Blackberry , bagi anda pendengar Radio sebaiknya anda mengurungkan niat untuk membeli Blackberry karena BB tidak mendukung fitur ini , sehingga anda hanya bisa memainkan aplikasi bawaan maupun yang dijual via Blacberry World Apps. Selain itu banyak aplikasi Blackberry yang sifatnya tidak gratis, alias bayar dulu sebelum diinstal di handset BB.

    3. Masalah model. BlackBerry mungkin kurang memperhatikan masalah model, karena hampir semua handphone BlackBerry berbasis QWERTY. Yang menjadi masalah, ketika orang sudah meninggalkan model QWERTY karena sudah tidak jaman, otomatis mereka akan berpindah ke model yang lain yang sedang banyak dipakai, itu berarti pihak BlackBerry harus merombak model Handphone BlackBerry jika model QWERTY sudah jarang digunakan.

    4. Harga masih tergolong mahal untuk orang Indonesia. Ditambah lagi apabila terjadi kerusakan, seperti misalnya untuk Blackberry Bold Rollerballnya rusak, biaya servisnya masih mahal.

    Kekurangan android :

    1. Memerlukan koneksi Internet yang terus menerus , kebanyakan ponsel Android memerlukan koneksi internet yang terus aktif ,tentunya hal ini menyebabkan anda harus selalu dalam jangkauan GPRS dan tentunya bisa dibayangkan berapa pulsa yang anda harus keluarkan .

    2. Aplikasi di Ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, namun konsekuensinya di setiap Aplikasi tersebut, akan selalu Iklan yang terpampang, entah itu bagian atas atau bawah aplikasi. Sehingga anda harus bersiap – siap iklan tersebut muncul secara tiba – tiba.

    3. Jika anda ingin menggunakan Android untuk sekedar berkomunikasi seperti telepon dan 3G dengan lawan bicara anda , sebaiknya anda mengurungkan niat menggunakan Android karena fungsinya lebih baik digunakan sebagai ponsel Online.

    Apakah benar android. Dinilai meniru keunggulan blackberry?

    Monexnews – Samsung bersiap melebarkan sayap bisnisnya di industri smartphone dengan memasarkan ponsel berorientasi bisnis. Selama ini produsen asal Korea Selatan itu memang giat membuat berbagai jenis ponsel canggih, namun segmentasi marketnya hanya terpaku pada konsumen dan belum menjamah pelaku bisnis. Sejak tahun lalu, Samsung melakukan riset intensif untuk mengembangkan sistem operasi Android yang dijejali aplikasi bisnis sekaligus aman dari ancaman cyber.

    Pekan ini Samsung memperkenalkan software bernama Knox, yang diciptakan untuk melindungi konsumen dari serangan malware. Dengan adanya ponsel dengan software terbaru itu, perusahaan berharap produknya bisa semakin dilirik oleh berbagai perusahaan untuk dijadikan perangkat komunikasi wajib. Bidikan utama tertuju pada divisi teknologi informasi perusahaan, yang biasanya mengurus soal sistem dan jaringan kerja antar karyawan. Menurut Samsung, banyak korporasi merekomendasikan penggunaan Blackberry untuk kepentingan bisnis karena tingkat keamanannya yang tinggi. Kualitas inilah yang ingin mereka terapkan pada ponsel berbasis Knox nantinya.

    Untuk membangun sistem yang aman, Samsung menggaet General Dynamics, kontraktor sarana dan prasarana militer Amerika, untuk dijadikan mitra pengujian. General Dynamics nantinya akan menguji daya tahan software dari segala jenis ancaman cyber, sesuai dengan standar keamanan departemen dan lembaga-lembaga pemerintahan. Penggunaan Knox dalam ponsel baru akan diperkenalkan di paruh ke-dua tahun ini, tetapi tidak tertutup kemungkinan penampakannya bisa dilihat pada peluncuran smartphone Galaxy S IV tanggal 14 Maret mendatang.

    Samsung memang sedang mengkampanyekan kualitas produknya untuk keperluan bisnis. Beberapa iklan terbaru memperlihatkan betapa smartphone Galaxy mampu menjalankan berbagai tugas dalam satu waktu. “Kami akan menjadi nomor satu di bisnis enterprise,” ujar Tim Wagner, Vice President Enterprise Samsung. Untuk mewujudkan visi tersebut, raksasa Korea itu harus meraih simpati pelaku bisnis Amerika sebelum merambah ke wilayah lain. Dan tentu saja rangkaian produk smartphone Samsung wajib menggoyang reputasi apik Blackberry dalam urusan keamanan software bisnis.

    Pangsa pasar BlackBerry di Indonesia turun signifikan

    Kalangan operator telekomunikasi di Indonesia menilai pasar BlackBerry masih tumbuh di Indonesia dan masih cukup banyak digemari oleh pengguna telekomunikasi.
    Namun, menurut Presdir XL Axiata Hasnul Suhaimi, pangsa pasar BlackBerry untuk segmen smartphone di Indonesia turun sangat signifikan. “Sebelumnya vendor asal Kanada itu menguasai pasar smartphone di Indonesia hingga 60 persen, sekarang cuma 30 persen,” tuturnya.

    Hasnul tak menyebutkan secara pasti penyebab turunnya pangsa pasar BlackBerry di Indonesia, tetapi diduga karena penetrasi ponsel Android yang cukup signifikan dengan harga yang rendah.
    Sementara itu, Head of Corporate Communication Indosat Adrian Prasanto mengungkapkan tingkat churn rate pengguna BlackBerry sangat kecil, bahkan hampir tidak ada.

    Jumlah pengguna BlackBerry di Indonesia telah mencapai lebih dari 13,85 juta orang, dengan Telkomsel masih menguasai pasar lebih dari 50 persen, diikuti XL (3,2 juta), Indosat (2,6 juta), dan Axis (850.000).
    Adita Irawati, Head of Corporate Communication Telkomsel, mengatakan tren pelanggan BlackBerry makin meningkat dari tahun lalu sejumlah 5,7 juta sekarang sudah mencapai 7,2 juta orang.
    Anak usaha PT Telkom Tbk itu mengklaim pertumbuhan jumlah pelanggan BlackBerry Telkomsel cukup signifikan, dengan pangsa pasar lebih dari 50 persen.

    Ada Enam alasan utama kenapa meninggalkan BlackBerry untuk Android bukanlah hal yang salah :

    1. Performance
    -BlackBerry: cepat dan stabil. Tapi kadang terjadi phone-hang yang mengharuskan Anda mengeluarkan baterai dari tempatnya dan yang paling menyebalkan adalah proses re-boot: 3-8 menit.
    – Android: Sangat cepat. Belum ada keluhan tentang phone-hang yang mengharuskan baterai keluar dari tempatnya, kecuali jika ingin ganti SIM card. Proses re-boot berlangsung cepat.

    2. Baterai
    – BlackBerry: umur baterai BB memang luar biasa. Ya, wajar saja karena BB tidak banyak melakukan proses berbagai aplikasi seperti pada Android.
    – Android: tergolong boros, tapi kadang bisa sampai satu hari. Tapi harus diingat bahwa ponsel Android memakai baterai untuk BANYAK hal. Contohnya jika Anda memakai ponsel Android untuk brwosing web atau nonton video sampai 1 jam, pastinya itu membutuhkan daya baterai lebih. Dan, bisakah BlackBerry melakukan hal yang sama selama itu?

    3. Email
    – Blackberry: email pada BB memang menjadi andalan RIM. Gmail pada BB pun telah dioptimalkan fungsinya, tapi tentu saja tidak sebaik pada Android.
    – Android: apa yang Anda ragukan dari Gmail buatan Google yang dijalankan pada Android yang juga buatan Google?

    4. User Interface (UI)
    – Blackberry: membosankan, done.
    – Android: Anda bahkan tidak akan merasa lelah untuk menjelajah setiap sudut ponsel Android. Dijamin.

    5. Web Browsing
    – Blackberry: sangat melelahkan, Anda harus mengakui itu.
    – Android: disinilah letak kelebihan Android. Android menjadi pemenang jika dibandingkan dengan semua mobile OS. Jika membandingkan web browsing pada Android dengan BlackBerry, seperti siang dan malam saja. Jauh berbeda.

    6. Aplikasi
    – Blackberry: BlackBerry memang memiliki segudang aplikasi, tapi di saat yang sama iPhone juga semakin jauh meninggalkan BlackBerry. Jadi lebih baik melihat apa yang bisa dilakukan BlackBerry untuk menyusul ketertingalannya di belakang iPhone OS dan Android.

    Siapa yg lebih unggul?
    bagi yang mengerti smartphone pasti akan bilang android, IOS atau windows Phone (walaupun windows phone kualitasnya masih kalah dibandingkan dengan Android atau IOS) tetapi jika membutuhkan smartphone untuk pekerjaan sebaiknya menggunakan android, tetapi jika hanya ingin menjadi penikmat IOS pilihan terbaik.

    Mana yg lebih diminati?

    Apa yg dilihat blackberry terhadap android memang patut dikhawatirkan mengingat android adalahh operating system bersifat terbuka. Lihat saja, operating system blackberry hanya utk handphone blackberry, tetapi android dpt digunakan pada berbagai merek handphone, notebook bahkan tablet PC. Sehingga semua org walau dgn berbagai gadget yg berbeda akan tetap terkoneksi. Selain android dpt melakukan jg apa yg blackberry lakukan, Android froyo EVDO Rev.A dpt melakukan streaming video dgn kecepatan tinggi 5x lipat dr kecepatan akses internet yg ada saat ini. Patut jika blackberry merasa was-was.

    Bayangkan dgn android jenis Evdo-A anda mendapatkan semua kemampuan blackberry, plus dpt menikmati youtube,internet TV, TV streaming, radio streaming, video call dgn kecepatan tinggi tanpa terputus-putus (buffering) dan tentunya gratis(sdh termasuk dlm paket berlangganan data internet). Dgn didukung 100.000 lebih program software gratis via android market dari berbagai publisher seluruh dunia. Android market adalah aplikasi pihak ketiga yang menyerupai BB Application World. bkn tidak mungkin system ini akan merajai dlm 2-3 thn kedepan.

    Saatnya RIM was-was dan siap memikirkan inovasi yg baru, atau android akan membunuh blackberry bbrp tahun kedepan.

    Saat ini konsumen sudah cukup pintar untuk memilah dan memilh produk mana yg lebih menguntungkan untuk saat ini dan kedepannya,
    Android hadir menjawab semua itu,
    Android menawatkan layanan yg dimana blackberry tidak memiliki itu,
    Blackberry dinilai kurang mampu bersaing dengan android saat ini,
    Sebagai contoh,sekarang sudah banyak konsumen blacberry yang beralih menggunakan android,
    Dan ini menjadi cambuk besar bagi perusahaan ini nantinya.

    Android Murah Berkualitas Bermerek

    12 HP Android Murah Berkualitas Bermerek, HP Android atau yang lebih dikenal dengan istilah Smartphone Android karena HP Android merupakan salah satu bagian dari Smartphone. HP Android Murah memang tidak semuanya memiliki kualitas rendah, sehingga anda harus benar benar pandai memilih HP Android murah berkualitas.

    12 HP Android Murah Berkualitas Bermerek, Setiap Produsen Hp tentunya memiliki standar operasional tersendiri dalam memproduksi suatu produk. Biasanya Produsen gadget terkemuka dan terkenal mereknya akan membuat suatu produk dengan tingkat kontrol yang cukup tinggi untuk memastikan konsumen merasa nyaman dan puas dengan produk mereka. Jika kita bisa mengambil hati konsumen dengan produk yang berkualitas tentunya konsumen akan lebih Trust kepada produk tersebut. Beberapa Hp Android yang bermerek diantaranya adalah Samsung, Apple, Sony, LG, Lenovo, HTC, Asus, Nokia, Acer, tetapi tentunya harganya pasti sedikit mahal.

    Ini Buktinya Android Lebih Unggul dari Blackberry
    Unggul dari Blackberry

    Setelah Blackberry muncul dan populer pada tahaun 2009-2010, kemudian munculah nama Android yang kabarnya akan menyaingi BB. Karena perangkat keduanya sama-sama di lingkup phone-gadget. Tapi lucunya, banyak yang bersikeras bahwa Blackberry dan  Android adalah beda, padahal kenyataanya keduanya saling bersaing. Blackberry atau Android yang lebih unggul selalu menjadi pembahasan yang menarik, walaupun saat ini sudah reda gembar-gembornya.

    Suatu kelebihan Android, dia mampu mengusik popularitas Balacberry tanpa menyamai modelnya. Benar saja jika BB beda dengan Android. Jika blackberry adalah merk HP, sadangkan android adalah operting sistem dan aplikasi dalam HP, karena tidak ada HP bermerek Android. Fear, BB tidak bisa menuduh android menduplikat modelnya.

    Keunggulan blackberry sampai sekarang terdapat pada Personal Identity Number (PIN) yang digunakan untuk privacy. Itu merupakan tujaun utama market BB di pangsa kantoran dan bisnis. Terbukti para dewasa, pengusaha, dan penjabat lebih memilih memakai blackberry dan tidak tergiur untuk memakai android.

    Jadi sebenarnya Bebe masih unggul sesuai tujuan marketnya di kalangan orang dewasa sekelas pengusaha dan penjabat. Terlebih lagi dengan sistem pajak per bulan yang tidak murah, menunjukan target bb untuk kalangan atas.

    Blackberry berbeda dengan Android sebenarnya memang betul. Bisa dilihat jika bb mengutamakan jaringan internet dan kecepatan komunikasi, yang begitu penting di dunia bisnis., katakan saja di US, Inggris dsb. Android justru mengutamakan aplikasi, game dan fitur tampilan yang menarik, sehingga cocok di kalangan remaja. 

    Android lebih unggul dari blackberry bisa dikatakan benar. Terutama jika dari sudut pandang lifestyle, bagi remaja. Banyak aplikasi  Android yang tidak ada di BB, tapi banyak fitur BB yang ada di aplikasi android. BBM tidak lebih unggul, karena adanya whatsupp di aplikasi andro.
    Aplikasi Android diinjeksi berbagai merk hp, dengan harga terjangkau bahkan dengan harga di bawah 1 jutaan. Beberapa brand terkenal adalah Samsung, HTC, Nexian dll dengan harga terjangkau bisa dinikmati setiap lapisan masyarakat.
    Faktanya juga yang sering membanding-bandingkan adalah kalangan remaja, jadi android lebih unggul.

    Tetapi tidak bisa dipungkiri, jumlah pemakai handphone BlackBerry di Indonesia luar biasa banyak. Tapi masa itu sudah berakhir. Hasil survey International Data Corporation (IDC) yang baru saja diumumkan, saat ini Android mengalahkan BlackBerry sebagai sistem operasi mobile yang paling banyak dipakai. Data menunjukkan, Android sudah menguasai sebanyak 52% pangsa pasar smartphone Indonesia. Apa penyebab BlackBerry semakin ditinggalkan? Apa pula penyebab Android bisa meraih popularitas sebagai OS terlaris begitu cepat? sumber: PCPlus

    Menurut Darwin Lie (Market Analyst for Client Devices, IDC Indonesia), ada beberapa hal yang menjadi faktor kalahnya BlackBerry dan semakin larisnya Android,sebagai berikut :

    Android menawarkan handset yang murah dan beragam
    Android menawarkan banyaknya aplikasi gratis yang menggoda penggunanya untuk terus beroksplorasi dengan gadgetnya tersebut
    semakin populernya layar sentuh. BlackBerry yang memakai layar sentuh harganya mahal
    penundaan tanggal rilis OS BlackBerry 10 membuat fans BlackBerry lari ke Andorid atau iPhone
    Dari IDC Asia/Pacific Quarterly Mobile Phone Tracker juga diperoleh data tentang pertumbuhan angka jumlah pengiriman telepon selular ke Indonesia, yang mengalami pertumbuhan sebesar 10% per kuartal, dan sampai 25% per tahun. Angka statistik yang menggoda produsen gadget untuk terus melakukan penetrasi pasar handphone di negara kita ini. Smartphone atau feature phone adalah perangkat yang paling menunjukkan pertumbuhan signifikan dibanding kuartal lalu. Salah satu yang mempengaruhi hal ini adalah masa Idul Fitri dimana banyak produsen melakukan promosi terhadap produk mereka yang disambut dengan pembelian oleh konsumen.

    Yang memberi jawaban tambahan dipertimbangkan untuk nilai akhir.

    Komentar oleh mezyla yuanda | Juli 11, 2013 | Balas

  14. Selamat Malam pak Jo..
    berikut ini jawaban tambahan untuk UAS saya pak jo…
    1. Beberapa alasan yang menurut saya menjadi alasan atau dasar dari citilink membuka jalur Jambi-Jakarta dan sebaliknya adalah kerena Kota Jambi beberapa tahun belakangan ini identik dengan daerah tujuan para pebisnis terutama pebisnis batubara para pengelola industry perkebunan dan industry kehutanan ,kalangan professional dan karyawan yang bekerja di wilayah Jambi. dengan wilayahnya yang kaya akan tambang seta banyakindustri perkebunan dan kehutanan Dengan keadaan seperti ini kebutuhan masyarakat Jambi untuk Transfortasi udara ikit meningkat dan citilink ingin mengakomodasi peningkatan kebutuhan untuk transportasi udara tersebut dengan membuka jalur Jakarta-Jambi dan sebaliknya..Orang-orang dengan pekerjaan seperti ini biasaya sering melakukan perjalanan ke Ibukota(Jakarta) untuk keperluan bisnisnya dan pada dasarnya mereka tidak ingin berlama-lama dalam perjalanan dan alternative terbaik agar dapat mengefisienkan waktu perjalanan adalah dengan menggunakan moda transportasi udara.Jalur Jakarta –Jambi adalah jalur penerbangan pendek yang sesuai dengan tujuan dari Citilink sendiri yaitu khusus melayani penumpang dengan rute-rute pendek.yang tidak memerlukan waktu tempuh lama.Disisi lain rute ini juga menjadi alternative wisatawan,pelajar dan mahasiswa,mengingat kota jambi banyak mengirimkan pelajarnya ke daerah jawa terutama Jakarta
    2. Lion Air dianggap layak dianggap sebagai maskapai penerbangan domestik Indonesia terutama untuk melayani jalur jawa yang terkenal dengan jalur gemuk Hal ini setidaknya terlihat dari sejarah Lion Air yang sudah mengoperasikan Lion Air dan Wings Air hal ini dapat dilihat sebagai keunggulan dari lion air dengan batik airnya,terlebih lagi lion sudah pernahh mengoperasikan lebih dari satu maskapai.Namun Lion Air dengan batik airnya masih harus membenahi sejumlah persoalan yang sering dikeluhkan konsumen terlebih lagi batik air memilih segmen untuk konsumen premiun. Perusahaan milik Rusdi Kirana ini harus mampu meningkatkan layanan mutu dan standar keselamatannya. Catatan keselamatan Lion Air dalam beberapa waktu terakhir kurang baik hal ini juga akan berpengaruh pada batik air nantinya.masalah-masalah lain seperti banyak kasus bagasi hilang yang sering terjadi pada lion dapat menjadi pelajaran bagi batik air,Kelemahan ini harus menjadi perhatian serius bagi batik air agar dapat bertahan dalam segmen premium.Anak perusahaan Garuda Indonesia, Citilink, dianggap sebagai lawan seimbang bagi maskapai penerbangan murah Lion Air, karena memiliki skala bisnis yang sama.Keunggulan yang dimiliki Citilink adalah segmentasi dan bidikan konsumen yang sudah tegas dinyatakan sejak awal yaitu segmen LLC dan khusus untuk mengakomodasi perjalanan dengan rute pendek yang sesuai dengan criteria perjalanan daerah jawa. Dengan induk usaha yang menggarap bisnis kelas premium, Citilink telah memiliki segmen jelas yaitu menyasar kelas bawah. Dukungan Garuda juga bisa menjadi keunggulan bagi Citilink.

    3. Menurut saya cara bersaing dengan strategi tiket murah bukanlah strategi terbaik untuk menciptakan daya saing yang berkelanjutan karena pada dasarnya ciri-ciri strategi yang berkelanjutan itu adalah:
    1. Menciptakan nilai kepada pelanggan
    2. Langka dan unik
    3. Tidak dapat ditiru
    Jika kita bandingkan dengan syarat yang ada di atas strategi dengan tiket murah bukanlah solusi terbaik,karena belum sesuai dengan syarat yang ada di atas.menurut saya startegi terbaik dalam meningkatkan daya berkelanjutan adalah dengan meningkatkan pelayanan dalam semua aspek mulai dari aspek Kualitas Pelayanan,Pelayanan Di udara garansi penerbangan,dan hal lain yang menurut saya perlu di tingkatkan adalah tingkat keamanan dalam penerbangan ,dalam hal ini dapat di tunjukkan dengan meminimalkan jumlah kecelakan dalam maskapai itu tersebut.
    4. Tugas dari kelompok kami adalah ingin mengamati dan membandingkan Benchmarking Antara PT Lion Air dan PT Garuda Indonesia dan Hal-Hal yang Diamati adalah hal –hal sebagai berikut:
    a. Kualitas Pelayanan
    b. Pengembangan SDM
    c. Pembangunan Jaringan
    d. Guarantee (Jaminan)
    e. Pelayanan Di udara

    DAFTAR PUSTAKA

    http://travel.okezone.com/read/2013/04/03/407/785498/hari-ini-citilink-buka-lima-rute-baru-sekaligus
    http://bangka.tribunnews.com/2013/03/27/ini-alasan-citilink-buka-rute-ke-belitung
    http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/352771-lion-air–citilink–airasia–siapa-paling-unggul-

    YA perbaikan jawabanmu dipertimbangkan untuk nilai akhir. Sukses selalu.

    Komentar oleh Dian Suriadi Ginting | Juli 11, 2013 | Balas

  15. Nama : Harry Budi Saputra
    NIM : C2B011062
    Angkatan : XVI
    Semester : III
    Matakuliah : Manajemen Pemasaran Strategik
    Dosen : Dr. Johannes, SE, Msi

    Dear Pak Johannes,

    Sesuai dengan pedoman perkuliahan MM Angkatan XVI November 2013 yaitu membuat Tugas Benchmarking PT. Kereta Api Indonesia (Persero) terhadap Cipaganti yang berkaitan dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran Strategik. Dengan ini saya sampaikan penelitian tersebut berdasarkan data sekunder sbb :
    Sebelum kita melakukan bencmarking terhadap calon pesaing sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu keadaan dalam diri kita sendiri dalam hal ini PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
    Kereta Api merupakan moda transportasi darat berbasis jalan rel yang efisien dan efektif. Hal ini dibuktikan dengan daya angkutnya baik berupa manusia ataupun barang yang lebih besar dibandingkan dengan moda transportasi darat lainnya. Begitu juga dengan konsumsi bahan bakar kereta api relatif lebih hemat dibandingkan dengan moda transportasi darat lainnya. Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, perkeretaapian di Indonesia seharusnya lebih dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan kemacetan. Di Indonesia, peran dari kereta api dirasakan masih kurang terasa. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan teknologi didalam bidang perkeretaapian yang masih kurang dibandingkan dengan moda transportasi darat lainnya. Salah satu contohnya adalah dalam hal penyusunan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) yang merupakan pedoman bagi setiap perjalanan rangkaian kereta api yang hingga saat ini masih disusun secara manual. Penyusunan dengan metode manual akan membutuhkan banyak waktu.
    Pada umumnya, kereta api merupakan moda transportasi yang sesuai untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu, seperti mengangkut muatan berjumlah besar dalam jarak jauh, membawa sejumlah besar penumpang dalam jarak sedang, dan sebagai sarana angkutan komuter di kota-kota besar. Namun, tidak mudah bagi kereta api untuk berperan ideal dalam pasar moda transportasi dan untuk menekan biaya transportasi dalam perekonomian.
    Adapun landasan dasar aspek-aspek yang akan diamati dikarenakan :
    1. Untuk memahami apa saja kelebihan KA,serta keuntungan menggunakan KA dari segi biaya dibandingkan moda transportasi lainnya.
    2. Perlu dipastikan bahwa KA bersaing dengan moda transportasi lainnya secara adil atau setara.
    3. Harus dipahami pula apa kebutuhan para pengguna jasa transportasi di pasar, misalnya mereka yang menggunakan sarana transportasi untuk mengirim komoditas maupun orang-orang yang melakukan perjalanan.
    Kurangnya pemahaman akan dampak-dampak dari ketiga faktor penting diatas telah menjadi penyebab utama KA kehilangan sebagian pangsa pasar utamanya.
    Dari ketiga aspek diatas merupakan peluang bagi pihak pesaing dalam hal ini Cipaganti dimana pihak manajemen Cipaganti melakukan langkah – langkah kongkrit diantaranya :
    1. Layanan pengantaran penumpang, dari tempat penjemputan ketempat tujuan sesuai keinginan customer ( door to door )
    2. Dengan adanya akses jalan tol Cipularang, terbuka peluang usaha baru dan Cipaganti Oto jasa mengembangkan layanan Shuttle Service Point to Point Bandung -Jabodetabek. Permintaan pasar akan usaha ini sangat besar dan akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang memerlukan sarana transportasi antar kota yang aman, nyaman, cepat dan ekonomis.
    3. Cipaganti Group membuka 2 usaha baru yaitu Cipaganti Tours & Airlines Ticketing dan Cipaganti Courier & Cargo. Semakin lengkapnya layanan transportasi ini maka akan memudahkan masyarakat yang mengharapkan solusi menyeluruh kebutuhan transportasi. Cipaganti Group semakin lengkap dengan adanya layanan Bus Pariwisata dengan armada-armada terbaru serta beragam kapasitas (8 – 59 seats) yang mengutamakan kenyamanan penumpang.
    4. Perkembangan pesat divisi ini terlihat dengan menghadirkan Cipaganti Oto jasa di kota-kota sepanjang Pulau Jawa- Bali dengan konse pelayanan yang pertama kali di Indonesia yaitu Layanan Transportasiterpadu (Rental Car, Travel, Shuttle, Tours & Airlines Ticketing, Courier & Cargo dan Bus Pariwisata)
    Sasaran yang akan dicapai Manajemen Cipaganti adalah sesuai dengan Visi dan Misi perusahaan sbb :
    VISI
    • Menjadi perusahaan multi nasional tingkat global dalam jasa penyewaan peralatan pembangunan dan transportasi, juga menjadi kontraktor di bidang konstruksi dan pengolahan lahan, serta membangun industri terkait.
    • Menerapkan Good Corporate Governance dalam menjalankan perusahaan.
    • Menjadi aset nasional yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian bangsa dan negara Indonesia.

    MISI
    • Melayani dan menyediakan produk berkualitas terbaik untuk penyewaan peralatan pembangunan dan jasa kontraktor.
    • Menyediakan transportasi angkutan darat aman, efisien dan menguntungkan yang dijalankan oleh profesional yang kompeten dan bermotivasi tinggi.
    Dalam mencapai sasarannya Manajemen Cipaganti dengan cara mengutamakan pelayanan jasa bagi para pengguna jasa berdasarkan kepedulian yang tinggi terhadap masalah Keselamatan dan Mutu
    Dalam mewujudkan komitmen tersebut CIPAGANTI memiliki nilai – nilai Perusahaan yang diterapkan pada seluruh jajaran organisasi, meliputi :
    • Moto perusahaan ‘TRUST & CARE’, yang berarti jasa yang diberikan adalah berkualitas, dapat diandalkan, efisien, tepat waktu dan memiliki reputasi.
    • Nilai – nilai perusahaan yaitu INTEGRITAS, PROFESIONALISME, KEPUASAN PENGGUNA JASA, KEPEMIMPINAN dan PENGHARGAAN PADA KARYA / PRESTASI KARYAWAN.
    • Budaya Perusahaan ‘TERTIB’ (Taqwa kepada Tuhan YME; Etos kerja yang tinggi; Reputasi yang senantiasa ditingkatkan; Tertib dalam menerapkan kebijakan manajemen dan sikap pribadi; Ilmu pengetahuan dan Teknologi yang dikuasai; Baik dalam pelayanan dan hasil kerja).

    MANAJEMEN CIPAGANTI MENJAMIN :
    • Persyaratan mutu berorientasi kepada standar mutu Internasional sesuai dengan ISO 9001:2008 dan pemenuhan pencapaian sasaran mutu perusahaan serta senantiasa melakukan penyempurnaan yang terus menerus terhadap mutu pelayanan.
    • Penerapan sistem manajemen mutu dan nilai-nilai perusahaan tersebut dalam seluruh kegiatan jasa pelayanan.
    • Tanggap terhadap kebutuhan pemakai jasa / masyarakat umum dan mengutamakan kepuasan pelanggan dan aspek keselamatan.
    • Semua personil selalu diberi pemahaman tentang sistem manajemen mutu melalui pelatihan yang berkesinambungan serta penerapan sistem mutu di dalam semua jajaran organisasi.
    Pemenuhan terhadap kebijakan, prosedur dan instruksi kerja adalah hal yang mutlak dan mengikat bagi semua karyawan. Mutu adalah tanggung jawab semua karyawan yang bekerja di CIPAGANTI.
    Profil Sumberdaya manusia PT. Kereta Api Indonesia (Persero) adalah sampai dengan Triwulan III Tahun 2013, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki karyawan 26.778 orang untuk menyelenggarakan pelayanan angkutan kereta api di Jawa dan Sumatera. Jumlah tersebut terbagi menurut golongan, pendidikan, dan usia pegawai.
    Sedangkan Sumberdaya Manusia pada Manajemen Cipaganti group tidak melakukan investasi secara besar besaran seperti yang dilakukan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) tetapi mencari peluang kerjasama yang seluas-luasnya kepada mitra usaha didalam pelaksanaan suatu kegiatan proyek. Kerjasama tersebut dapat berbentuk penempatan modal, kerjasama operasional (Joint Operasional), akuisisi (take over) atau bentuk lainnya dengan sistem bagi hasil. Dengan demikian biaya yang dikeluarkan untuk sumber daya manusia bisa dialokasikan untuk proyek-proyek lainnya.
    Kesimpulan
    Dari paparan tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa dengan mempunyai perusahaan yang besar dan sumberdaya manusia yang besar bukan merupakan jaminan bahwa perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik dan memberikan brand image yang positif terhadap pengguna layanan tetapi perusahaan yang bisa melihat peluang dengan sumberdaya yang terbatas dengan tetap berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pengguna layanan akan menimbulkan brand image positif dan menjadikan perusahaan tersebut terus berkembang.

    Komentar oleh Harry Budi Saputra | Desember 4, 2013 | Balas

  16. Nama : Widdy Frima
    NIM : C2B010030
    Angkatan : XVI
    Semester: III
    Mata Kuliah : Manajemen Pemasaran Strategik

    Sesuai dengan pedoman perkuliahan, dimana pihak PT. KAI (persero) membuat Benchmarking terhadap pihak Cipaganti.
    Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang PT.KAI (persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) meliputi angkutan penumpang dan barang. Dimana Visi dan Misinya, Visi : menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders, Misi : menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : Keselamatan, Ketepatan waktu, Pelayanan dan Kenyamanan
    PT. KAI (persero) memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan, ada 5 keunggulan yang dimiliki oleh PT. KAI : hemat penggunaan ruang, tingkat keselamatan tinggi, tidak macet, hemat energi, dan ramah lingkungan.
    Sedangkan kelemahan yang tampak nyata yakni adalah biaya investasinya besar, kurang fleksibel sehingga harus terhubung dengan jenis transportasi lain, dan pengelolaan yang masih perlu ditingkatkan.
    Dari kelemahan yang ada tersebut, maka membuat kesempatan untuk para pesaing khususnya di bidang transportasi umum untuk membuat suatu inovasi bagi masyarakat untuk memiliki pilihan transportasi yang banyak. Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka masalah kualitas disini akan lebih ditonjolkan oleh para perusahaan transportasi massa, untuk kasus ini maka PT. KAI akan membuat Benchmarking terhadap perusahaan yang saat ini sedang naik daun, yakni Cipaganti.
    Aspek – aspek yang akan diamati yakni pastinya mengenai pelayanan –pelayanan terbaik apa saja yang diberikan oleh PT Cipaganti Citra Graha Tbk dalam memuaskan konsumennya, yakni seperti pelayanan mulai dari pemesanan tiket dan kualitas alat transportasi.
    1. untuk pelayanan dalam pemesanan tiket, PT. Cipaganti sudah menerapkan system e-cash mandiri, Bank Mandiri memperkenalkan aplikasi Mandiri E-Cash untuk perangkat mobile. Saat ini, aplikasi tersebut baru tersedia untuk platform iOS dan Android , dan akan menyusul untuk BlackBerry.
    Mandiri E-Cash merupakan uang elektronik yang memanfaatkan teknologi aplikasi di ponsel, biasa disebut sebagai uang tunai di ponsel, yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi perbankan tanpa harus melakukan pembukaan rekening ke cabang Bank Mandiri.

    Selain di Android dan iPhone, Mandiri E-Cash juga bisa digunakan di ponsel dasar (feature phone) yang operatornya mendukung USSD, seperti Telkomsel, Indosat, dan XL. Jadi, setiap orang yang memiliki ponsel dan kartu SIM yang aktif, dapat menjadi pemegang Mandiri E-Cash. Seperti uang elektronik pada umumnya, pengguna harus mengisi uang di Mandiri E-Cash terlebih dahulu. Pengisian dapat dilakukan melalui e-channel Bank Mandiri (ATM Mandiri, Mandiri SMS, Mandiri Internet, dan Mandiri ClickPay).
    Selain itu, pengguna juga bisa mengisi uang di Mandiri E-Cash dengan transfer dari bank lain. Fitur yang dimiliki Mandiri E-Cash cukup kaya. Ia menyajikan informasi saldo dan riwayat transaksi, melakukan transfer ke nomor ponsel Mandiri E-Cash lain ataupun ke rekening Bank Mandiri, tarik tunai di ATM Mandiri tanpa menggunakan kartu ATM, bayar/beli tagihan dari merchant-merchant yang telah bekerjasama. Layanan ini dapat digunakan untuk membeli pulsa ponsel, membeli voucher PLN, dan juga untuk berbelanja online. Mandiri E-Cash telah melakukan kerjasama dengan banyak pihak untuk kemudahan transaksi elektronik, yakni dengan Gramediana, Grazera, Gramedia Majalah, Scoop, Tokopedia, Bhinneka.com, Cipaganti, Dinomarket, Groupon, Traveloka, Bakmi GM, Cititrans, Express Taxi, Fotografer.net, Valadoo, dan lainnya.

    disini jelas konsumen diberikan suatu pelayanan yang mudah dan tidak merepotkan.

    2. Untuk masalah layanan angkutan transportasinya:
    a. TAKSI : Cipaganti Otojasa yang core bisnis di bidang Transportasi telah memiliki Citra yang sangat Baik ( Good Image ) hal ini terbukti sebagai pilihan pelanggan & pengemudi untuk menggunakan dan bergabung dengan perusahaan nasional ini. Sebagai komitmen dalam memberikan pelayanan bagi pelanggan, banyak sisi keuntungan yang akan didapat antara lain :Pengemudi: Memiliki Licence,Maintenance: Perawatan yang prima dan berkala, Costumer Satisfaction: Fokus pada pelayanan costumer, Argo: Selalu ada kepastian akan argo / harga yang tertera dalam meter, Receipt: Memiliki print Receipt ( Struk Pembayaran ), Aman: Ada beberapa hal dimana Taksi Max Cipaganti dikatakan aman untuk digunakan : Seleksi saat rekruitmen yang ketat sebagai MITRA perusahaan adalah hal pertama dan Insentif dan hukuman kepada pengemudi adalah salah satu bentuk good management yang memberlakukan reward and punishment, dengan hukuman yang terberat : Putus Kontrak mitra, Nyaman: Jok Kulit, AC dingin, Mobile Data Terminal (MDT), Bersih: Pengemudi berpenampilan rapi dan bersih, Armada taksi yang bersih dan segar, Salon mobil setiap bulan Pewangi udara serta Dilarang keras merokok dalam mobil, Tarif yang Terjangkau: Tarif Bawah tetapi Bukan Murahan, taksi regular eksecutive ini sangat cocok untuk semua kalangan, Maximum Fasilities: Wi-Fi, Karaoke, Menelepon Gratis, Movie & Full Music, Struk Pembayaran
    b. Travel : Layanan pengantaran penumpang, dari tempat penjemputan ke tempat tujuan sesuai keinginan customer ( door to door )
    c. Shuttle: Layanan yang mirip dengan Travel tetapi pengantaran dari outlet dan ke Outlet Cipaganti ( Point to Point ).
    d. Bus Pariwisata : Setelah berhasil mengembangkan sub-unit usaha penjualan paket wisata dan jasa penjualan tiket penerbangan, pada tahun 2008 layanan cipaganti Group makin lengkap dengan diluncurkannya jasa Penyewaan Bus Pariwisata dengan kapasitas beragam ( 8 / 10 / 15 / 27 / 31 / 40 /45 / 59 seats ).
    e. Tour & ticketing : Setelah berhasil mengembangkan sub-unit usaha travel dan shuttle sejak tahun 2002 dan 2006, maka Cipaganti Group melihat peluang untuk memperluas layanan kepada pelanggannya dengan meluncurkan sub-unit usaha tours (penjualan paket wisata) dan airline ticketing (penjualan tiket penerbangan) pada tahun 2007.
    f. paket dokumen dan logistic : Layanan yang dapat dinikmati antara lain: Super Speed: Layanan antar barang dari Point ke Point Cipaganti. VIP: Layanan antar barang dari Point Cipaganti ke Alamat Penerima. Premium: Layanan antar barang dari Alamat Pengirim ke Alamat Penerima. Land Trucking: Layanan Cargo sepanjang pulau Jawa dan Bali.
    g. Rental Mobil : Paket-paket rental antara lain: Untuk korporasi dengan Sewa Jangka Panjang dan harga bersaing, Paket Retail dengan sewa minimal 6 jam, Layanan Premium Car ( Mercedes Benz, Jaguar, Alphard, dll ), Layanan Angkutan Barang, Paket Wedding.Untuk Cipaganti keseluruhan tidak terkecuali Cipaganti Rental Car, armada terbaru merupakan andalan utamanya, penambahan unit – unit terbaru secara kontinu terus dilakukan demi kepuasan penyewa.Mobil rental Cipaganti terdiri dari berbagai jenis dari Sedan Mewah, MPV Car, Minibus, Pick Up, Box, Truck, dll dengan berbagai merk / type seperti: Jaguar S Type, Mercedes Benz S320, Toyota Alphard, Nissan Serena, Toyota Vios, Toyota Kijang Innova, Toyota Avanza, Isuzu Elf, Mitsubishi Kuda Grandia, Mitsubishi Colt Diesel Double / Engkel Full Box, Mitsubishi L300 Full Box dll, dengan keluaran produk tahun terbaru.
    Dengan memiliki banyaknya kualitas layanan transportasi yang baik, sasaran yang ingin dicapai oleh PT Cipaganti , yakni dapat dilihat dari visi perusahaan ini:
    • Menjadi perusahaan multi nasional tingkat global dalam jasa penyewaan peralatan pembangunan dan transportasi, juga menjadi kontraktor di bidang konstruksi dan pengolahan lahan, serta membangun industri terkait.
    • Menerapkan Good Corporate Governance dalam menjalankan perusahaan.
    • Menjadi aset nasional yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian bangsa dan negara Indonesia.
    Sebagai perusahaan yang menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2008, CIPAGANTI memiliki komitmen untuk memberikan kepuasan kepada pemakai jasa (customer satisfaction) dan terus melakukan penyempurnaan (Continuous Improvement). “Mengutamakan pelayanan jasa bagi para pengguna jasa berdasarkan kepedulian yang tinggi terhadap masalah Keselamatan dan Mutu”.
    Untuk mewujudkan sasaran tersebut maka PT Cipaganti menerapkan Nilai – nilai perusahaan yaitu INTEGRITAS, PROFESIONALISME, KEPUASAN PENGGUNA JASA, KEPEMIMPINAN dan PENGHARGAAN PADA KARYA / PRESTASI KARYAWAN.Budaya Perusahaan ‘TERTIB’ (Taqwa kepada Tuhan YME; Etos kerja yang tinggi; Reputasi yang senantiasa ditingkatkan; Tertib dalam menerapkan kebijakan manajemen dan sikap pribadi; Ilmu pengetahuan dan Teknologi yang dikuasai; Baik dalam pelayanan dan hasil kerja).
    Untuk maslah sumber daya manusianya PT. Cipaganti sudah memiliki 6.000 karyawan yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Dan PT Cipaganti telah mendirikan Setiabudi Academy yang merupakan pusat pendidikan SDM untuk Cipaganti Corporation.
    Dapat disimpulkan disini bahwa dari semua yang telah dilakukan oleh PT. Cipaganti, maka PT. Kereta Api Indonesia (persero) harus semakin lebih berbenah khususnya dalam konteks mutu pelayanannya. PT. KAI dapat melakukan program – program seperti penambahan KRL AC, penambahan daya gardu listrik, penerapan e-ticketing, melakukan renovasi dan sterilisasi stasiun, memanjangkan dan meninggikan peron, memperbaiki akses masuk ke stasiun, dan melakukan kerjasama dengan moda transportasi lain. Langkah tersebut dilakukan agar kesetian konsumen yang selama ini setia menggunakan layanan kereta api tidak hilang.

    Komentar oleh widdy frima | Desember 4, 2013 | Balas

  17. Nama : Harry Budi Saputra
    NIM : C2BO11O62
    Mata Kuliah : Manajemen Pemasaran Stratejik MM UNJA
    Dosen : Dr. Johannes, SE, Msi

    Dear Yth. Bpk. Dr. Johannes, SE, Msi
    Bersama ini saya sampaikan tugas individu matakuliah Manajemen Stratejik mengenai bab Menciptakan Daya Saing Yang Berkelanjutan dengan Fokus Kepada dua perusahaan yaitu Kantor Pos dan JNE. Adapun pembahasan mengenai tugas tersebut akan saya sampaikan sbb:
    Pos Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan status mulai dari Jawatan PTT (Post, Telegraph dan Telephone). Badan usaha yang dipimpin oleh seorang Kepala Jawatan ini operasinya tidak bersifat komersial dan fungsinya lebih diarahkan untuk mengadakan pelayanan publik. Perkembangan terus terjadi hingga statusnya menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Mengamati perkembangan zaman dimana sektor pos dan telekomunikasi berkembang sangat pesat, maka pada tahun 1965 berganti menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), dan pada tahun 1978 berubah menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak ini ditegaskan sebagai badan usaha tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri. Selama 17 tahun berstatus Perum, maka pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).
    Dengan berjalannya waktu, Pos Indonesia kini telah mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam pengembangan bidang perposan Indonesia dengan memanfaatkan insfrastruktur jejaring yang dimilikinya yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki 3.700 Kantorpos online, serta dilengkapi elektronic mobile pos di beberapa kota besar. Semua titik merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid & terintegrasi. Sistem Kode Pos diciptakan untuk mempermudah processing kiriman pos dimana tiap jengkal daerah di Indonesia mampu diidentifikasi dengan akurat.
    Dalam menciptakan daya saing menciptakan nilai PT. Pos Indonesia melaksanakan misi perusahaan menjunjung nilai-nilai yang menjadi koridor dalam menjalankan bisnis. Nilai-nilai tersebut terdiri dari input values, process values dan output values ( I-P-O Values) sebagai berikut :
    1. Input values : merupakan nilai-nilai yang dicari dari orang-orang yang bekerja di Pos Indonesia, yang terdiri dari :
    – Integrity : menjunjung tinggi dan melaksanakan nilai etika yang berlaku di masyarakat dan perusahaan
    – Commitment : menjunjung tinggi dan melaksanakan tujuan perusahaan dan/atau sasaran tugas
    – Resilience : mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam setiap perubahan lingkungan
    – Spiritual : menjunjung tinggi dan melaksanakan nilai-nilai spiritual
    – Respect : bertindak dengan menghargai harkat dan martabat orang lain
    2. Process Values : merupakan nilai-nilai yang diperhatikan dalam mencapai dan memelihara condition of enterprise excellence, yang terdiri dari :
    – Teamwork : mampu bekerjasama dalam mencapai tujuan.
    – Discipline : melakukan tugas sesuai dengan tanggung jawab dan kewenangan.
    – Proactive : mengantisipasi dan merespon secara tepat masalah-masalah yang timbul dalam pekerjaan.
    – Achievement oriented : mengupayakan tercapainya sasaran dengan hasil terbaik.
    – Systemic thingking : menyikapi isyu dan berpikir secara sistematis untuk melihat hubungan sebab akibat.
    – Accountable : mengambil keputusan dan bertindak sesuai dengan norma yang berlaku dan dapat dipertanggungjawabkan.
    – Merit : memberikan apresiasi terhadap pencapaian kinerja.
    3. Output Values : merupakan nilai-nilai yang diperhatikan oleh pemangku kepentingan ketika menilai kinerja perusahaan, yang terdiri dari :
    – Customer values : memberikan benefit yang lebih besar dibandingkan dengan pengorbanan yang dilakukan oleh pelanggan.
    – Communicative : mampu menyampaikan dan menerima ide, pendapat dan informasi secara jelas dengan menggunakan media komunikasi yang tersedia.
    – Trustworthy : memegang teguh amanah yang diberikan.

    Dalam menciptakan kelangkaan dan tidak dapat ditiru PT. Pos Indonesia melakukan :
    1. Perusahaan selalu berusaha untuk memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik kepada pelanggan/komsumen. Perusahaan akan selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanannya, dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu dan juga akan selalu berusaha melakukan pemeliharaan, perbaikan dan penataan berbagai fasilitas secara bertahap sesuai skala prioritas, agar ketersediaan fasilitas maupun peralatan tetap terjamin dengan kualitas memadai.
    2. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik, POS INDONESIA mengutamakan kepuasan dan kepercayaan konsumen dengan:
    • Menjual produk sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.
    • Membuka layanan konsumen dan menindaklanjuti keluhan konsumen tanpa melakukan diskriminasi terhadap konsumen.
    • Melakukan promosi yang berkesinambungan secara sehat, fair, jujur, tidak menyesatkan serta diterima oleh norma-norma masyarakat
    • Melakukan sertifikasi mutu melalui sistem manajemen mutu;
    • Melakukan perbaikan dibidang Operasi, sarana dan prasarana produk sesuai dengan kemampuan Perusahaan;
    • Memberikan layanan purna jual yang sesuai

    Sedangkan JNE merupakan perusahaan swasta murni yang didirikan untuk dapat menciptakan daya saing dengan menciptakan nilai berupa jujur, disiplin, tannggungjawab dan visioner.
    Adapun perusahaan JNE dalam menciptakan daya saing menciptakan kelangkaan dan tidak dapat ditiru yaitu dengan cara memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten.

    Untuk bisa memenangkan persaingan dengan munculnya perusahaan-perusahaan swasta seperti JNE, PT. Pos Indonesia melakukan inovasi dengan menciptakan pelayanan pengiriman yang diberi nama Pos Express.

    Pos Express , merupakan jasa layanan pengir iman dokumen dan barang express dengan jangkauan lebih dar i 200 negara dengan fasilitas track and trace yaitu fasilitas jejak- lacak kiriman yang dapat diakses melalui internet selama 24 jam. Menurut Pos Express, keunggulan dari layanan ini yaitu tarif zona yang sederhana dan kompetitif, dokumentasi sederhana, tidak ada batasan berat.

    Selain itu, layanan istimewa dari Pos Indonesia untuk kota tujuan tertentu di Indonesia yang mengedepankan akurasi pengiriman, cepat, tepat, mudah dilacak dengan harga kompetitif. Kami jamin penyerahan kiriman POSEXPRESS maksimal sehari sampai, PASTI
    JenislayananPOSEXPRESS :
    Sameday Service
    Kiriman hari ini, tiba di tempat tujuan di hari yang sama.
    Nextday Service
    Kiriman hari ini, tiba di tempat tujuan keesokan harinya.
    Keunggulan
    • Dijamin penyerahan kiriman POSEXPRESS ke alamat tujuan, maksimal sehari sampai, PASTI.
    • Tarif kompetitif, variatif dan menguntungkan.
    • Informasi tarif dan jaringan kiriman POSEXPRESS.
    • Jaminan ganti rugi atas ketepatan waktu penyerahan dan keamanan isi kiriman.
    • Aman terjaga, karena diasuransikan sepenuhnya oleh PT Pos Indonesia.
    • Jaringan POSEXPRESS terintegrasi dan terkoneksi dengan sistem teknologi informasi yang memungkinkan status kiriman lebih mudah dilacak dan diketahui.
    • Jaringan nasional POSEXPRESS meliputi 48 kota/ kabupaten serta regional di 201 kota/ kabupaten yang terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.
    • Pick up service disediakan bagi pengiriman POSEXPRESS dalam jumlah tertentu.
    Jaringannasional POSEXPRESS saatinimeliputi :
    Medan, Padang, Pekanbaru, Tanjungpinang, Batam, Palembang, Pangkalpinang, Bandarlampung, Jambi, Bengkulu, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Taman Fatahillah, Jakarta Selatan, Jakarta Mampang, Jakarta Timur, Jakarta Jatinegara, Jakarta UtaraTangerang, Ciputat, Bogor, Depok, Sawangan, Cibinong, Bekasi, Pondok Gede, Serang, Cilegon, Bandung, Cimahi, Ujungberung, Soreang, Purwakarta, Cirebon,Semarang, Semarang Erlangga, Jogjakarta, Solo, Surabaya, Surabaya Selatan, Malang, Sidoarjo, Denpasar, Denpasar Sanglah, Mataram, Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak,Makassar, Manado + jaringan regional di 201 kota di seluruh Indonesia
    Karena sudah banyaknya produk jasa pesaing, khususnya di bidang pengiriman. Maka PT. Pos Indonesia, khususnya untuk layanan Pos Express harus mampu selalu memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanannya.

    Harus diakui saat ini kinerja kualitas pelayanan yang diberikan oleh Pos Express memang belum maksimal, hal tersebut dapat kita jumpai dengan banyaknya pengaduan – pengaduan melalui surat kabar, website/internet atau dari mulut ke mulut yang di alamatkan kepada PT. Pos Indonesia,khususnya untuk jasa Pos Express. Pengaduan tersebut dapat berupa keterlambatan pengiriman barang dari waktu yang dijanjikan, Tidak sampainya kiriman barang/paket pada konsumen serta pelayanan di front liner yang kurang cakap ataupun tidak ramah.

    Untuk mampu bersaing terhadap competitor di bidang yang sama Pos Express harus mampu mengetahui apa yang menjadi kelemahan serta ancaman. Dalam hal kelemahannya yang banyak dijumpai , bahwa PT. Pos Indonesia, khususnya Pos Express :

    a) Dari segi layanan, untuk layanan sameday service hanya dapat melayani antaran dalam kota saja.
    b) Dari segi harga untuk barang-barang yang memiliki kriteria tertentu seperti berdiameter dihitung berdasarkan tabel yang ditetapkan.
    c) Dalam pendistribusian kiriman, masih terdapat kendala apabila jadwal keberangkatan pesawat terlambat.
    d) Kurangnya promosi atau pemberian diskon yang dilakukan perusahaan untuk menarik minat pelanggan.
    e) Kurangnya SDM yang berpengalaman dibidangnya

    Dan Ancaman yang harus dapat diantisipasi, diantaranya :
    a) Semakin banyaknya jasa titipan swasta yang sejenis .
    b) Kegiatan promosi, penawaran layanan yang inovatif dan menarik yang dilakukan oleh pesaing.
    c) Persaingan tarif yang kompetitif dari kompetitor.
    d) Persaingan dalam tingkat pelayanan dan fasilitas terhadap pelanggan.
    e) Penerapan UU tentang perlindungan konsumen.

    Salah satu alternative terbaik yang dapat dilakukan Pos Express dalam meningkatkan kualitas pelayanannya, maka harus dilakukan identifikasi – identifikasi masalah dari kriteria – kriteria penting dalam hal kualitas pelayanan. Secara spesifik, penjabaran dari lima kriteria penentu kualitas jasa pada pelayanan Pos Express yang harus diperhatikan, yaitu :
    1) Keandalan
    a) Ketepatan pengambilan paket yang akan dikirim dan penerimaan paket ditempat tujuan
    b) Cepat dalam pelayanan pengir iman paket
    c) Pelayanan yang memudahkan

    2) Keresponsifan/ketanggapan
    a) Kemampuan Pos Express untuk tanggap dalam menangani masalah & keluhan pelanggan
    b) Kesediaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan

    3) Keyakinan
    a) Pengetahuan dan kecakapan petugas baik secara teoritis maupun praktis.
    b) Selalu jujur dalam memberikan pelayanan
    c) Kesopanan dalam melayani pelanggan

    4) Empati
    a) Memberikan perhatian secara individu kepada pelanggan
    b) Pelayanan yang ramah serta selalu menolong
    c) Bertanggung jawab terhadap kenyamanan pelanggan

    5) Berwujud
    Kebersihan & kerapian tempat pelayanan, penampilan petugas, dan produk dari Pos Express

    Kesimpulan
    Apabila membandingkan daya saing antara produk JNE dan Pos Express yang paling dominan mempunyai daya saing adalah pos Express dimana PT. Pos Indonesia sudah sangat berpengalaman untuk menjalankan produk yang bersangkutan didukung oleh jaringan bisnis yang sudah banyak dan merata diseluruh Indonesia dan Sumber Daya Manusia yang sangat banyak serta dukungan dari pemeririntah untuk masalah permodalan sangat kuat karena PT. Pos Indonesia merupakan salah satu perusahaan BUMN cukup besar di Indonesia.

    Komentar oleh Harry Budi Saputra | Desember 31, 2013 | Balas

  18. […] PDF File Name: Manajemen pemasaran stratejik kelas mm november 2013 Source: johannessimatupang.wordpress.com » DOWNLOAD « […]

    Ping balik oleh Aplikasi Android Saham Terbaik | Januari 5, 2015 | Balas

  19. Wonderful goods from you, man. I’ve be mindful your stuff previous to and you’re simply extremely great.

    I really like what you’ve bought right here, certainly like what you are saying and the best way by which you assert it.

    You’re making it enjoyable and you continue to care for
    to stay it sensible. I cant wait to learn far
    more from you. This is really a terrific web site.

    Komentar oleh ยาลดความอ้วน | April 22, 2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: