Johannessimatupang’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

MANAJEMEN STRATEJIK KELAS PAGI, M4A dan M4B MARET 2014


Halaman ini diperuntukkan untuk kelas Manajemen Stratejik kelas pagi. Bagi semua peserta harap diperhatikan hal-hal berikut.
1) Semua bahan kuliah, power poin dapat diambil dari halaman lain pada blog ini.
2) Tugas hanya diupload pada halaman ini saja.

Soal UTS Mei 2014 Soal UTS STR Kelas Pagi Mei 2014

SUKSES UNTUK ANDA

Maret 21, 2014 - Posted by | Uncategorized

84 Komentar »

  1. Selamat pagi pak saya kelas pagi manajemen A 2012..
    Mngirim judul/visi misi perusahaan “ben n jerry ice cream” untuk mata kuliah STR

    Dari kelompok
    Rangga warsito
    Endah pratiwi
    Siti romadhani
    Muhammad jhaylani

    Terima kasih

    Komentar oleh rangga | Maret 27, 2014 | Balas

  2. Selamat pagi pak. Saya dari kelas manajemen A 2012 kelas pagi mata kuliah STR.
    Mengirim judul tugas kelompok kami ” Visi dan Misi Perusahaan Sony Corporation”

    Nama kelompok:
    Sanwani
    lady keke muthia
    reza ramzanjani
    Irma setiani

    Terima kasih.

    Komentar oleh irma setiani | Maret 27, 2014 | Balas

    • Selamat siang pak jo
      saya mengirim Perbaikan nama kelompok pak.
      nama kelompok:
      Sanwani (c1b012014)
      Reza ramzanjani (c1b012006)
      Lady keke muthia (c1b012024)
      Irma setiani (c1b012002)

      Terima kasih pak

      Komentar oleh irma setiani | Maret 27, 2014 | Balas

      • Selamat pagi pak jo. kami dari kelompok 5 mengirimkan hasil dari tugas kami untuk mata kuliah manajemen strategic yang mengambil “visi dan misi Sony Corporation”.
        Yang beranggota:
        Sanwani (C1B012014)
        Lady keke muthia (C1B012024)
        Reza ramzanjani (C1B012006)
        Irma setiani (C1B012002)

        Adapun visi dan misi dari Sony Corporation adalah:
        Misi Perusahaan
        Visi
        1. Menjadi sebuah perusahaan terbesar elektronik di dunia yang mampu mencakup seluruh pemasaran global di dalam bidang pemasaran internasional”
        2. Perlakuan adil terhadap tenaga kerja, lingkungan kerja yang proaktif dan keterlibatan langsung dalam komunitas perusahaan.
        3. Memadukan etika yang baik ke dalam semua aspek perusahaan, termasuk manajemen SDM, desain produk, persyaratan pemasok dan programpenjangkauan komunitas konsumen.
        4. Membantu membangun dunia lebih bersih, aman dan mencerdaskan seluruh aspek sosial dalam komuniti yang lebih luas dan mendunia.

        Misi
        1. Memperkuat mutu kualitas produk elektronik yang berdaya manusia yang berpotensi dan berkualitas demi mencapai sebuah hasil produk yang dapat memuaskan konsumen seluruh dunia,
        2. Menjadi penyedia produk-produk constumer elektronik berbasis jejaring yang mendunia dan terdepan
        3. Memantapkan sony sebagai merek yang paling menarik dan inovatif dalam industri elektronik.
        Kegiatan operasionalnya adalah untuk memperoleh keuntungan maksimum dari penjualan-penjualannya dan sebagai perusahaan yang alat-alat elektroniknya digunakan oleh masyarakat umum.
        Ruang lingkup kegiatan yang mendukung dari visi dan misi sony corporation
        Menurut kami, strategi yang di gunakan dalam visi dan misi sony corporation sudah sangat baik. Tetapi tentu saja perlu adanya usaha yang strategic untuk mempertahakan agar sony corporation tetap lebih unggul dari perusahaan-perusahaan yang lainnya. Di dalam visi dari sony corporation “Menjadi sebuah perusahaan terbesar elektronik di dunia yang mampu mencakup seluruh pemasaran global di dalam bidang pemasaran internasional”. Menurut kami visi sony corporation ini sangat bagus karena berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang unggul dan terbesar di dunia dan pemasarannyasangat pesat di bisnis internasional.

        Strategi pemasaran dari sony corporation
        Di dalam pemasaran sony corporation ada hal yang selalu di perhatikan, yaitu place (tempat) dimana kita akan memasarkan produk yang harus mengetahui dimana tempat yang strategis. Price (harga) dalam hal ini, harga juga sangat berpengaruh dengan produk yang akan kita pasarkan di dalam sebuah pasar, baik itu pasar global maupun bukan pasar global. Dan tetap memperhatikan harga dari sebuah produk yang akan ditawarkan di pasar nantinya. Product (produk) dalam hal ini juga sangat penting. Dalam kesempatan ini produk yang akan kita launchingkan di pasaran harus sudah selesai standar yang terbaik dalam fungsi pemakainya. Promotion (promosi) di dalam hal ini, promosi untuk sebuah produk yang akan dipasarkan di pasar harus lah sangattepat dan bisa berguna serta menarik minat konsumen.

        Perusahaan sony corporation perlu mengetahui kekuatan dan kelemahannya. Sehingga perusahaan dapat mengetahui peluang yang ada dan memanfaatkan peluang tersebut agar perusahaan memiliki daya saing yang tinggi. Perusahaan sony mempunyai peluang yang cukup besar dalam bidang global. Di dalam dunia bisnis perusahaan harus mampu menganalisa ancaman / konflik apa yang akan terjadi di dalam perusahaan tersebut. Masalah mungkin akanada di dalam perusahaan, dimana masalah itu dapat menurunkan produksi perusahaan, namun dengan manajemen yang baik dari perusahaan sony, masalahitu dapat menjadi sebuah pembaharuan. Dimana manajemen dapat dengan cepatmenemukan kesalahan dan memperbaikinya.

        Mohon bimbingannya pak.
        Terima kasih

        Komentar oleh irma setiani | April 3, 2014

  3. Selamat pagi pak jo, kami dari kelas pagi manajemen A 2012. Dengan kelompok yang beranggota :
    1. Cici carmiasih (C1B012001)
    2. Nurhayati (C1B012004)
    3. Retno wulandari (C1B012005)
    4. Ahmad amalan (C1B012036)
    Untuk tugas manajeman stratejik kami mengambil visi misi dari PT. UNILEVER.
    Terimakasih pak.

    Komentar oleh Retno Wulandari | Maret 27, 2014 | Balas

  4. Selamat pagi pak jo kami dari manajemen A kelas pagi angkatan 2012 , yang beranggotakan :
    Tommy Saputra (C1B012022)
    Media Novriani (C1B012028)
    Christina Oberta (C1B012034)
    Fathinul Abdul Aziz (C1B012035)
    Raden Nikita (C1B012039)
    Kami mengirim judul visi/misi perusahaan ” PANASONIC ” untuk mata kuliah STR

    Komentar oleh muhammad rhisky | Maret 27, 2014 | Balas

  5. selamat siang pak jo
    kami anak didik bapak dari manajemen strategik kelas A tahun 2012
    kelompok 6 :
    – Faisal fansuri ( C1B012012 )
    – Friska fitri simanjuntak ( C1B012017 )
    – Eka ria melati ( C1B012020 )
    – Mario .F.A.saputra ( C1B012031 )
    Akan membahas visi dan misi Pt.FREEPORT

    terima kasih pak

    Komentar oleh friska fitri simanjuntak | Maret 27, 2014 | Balas

    • Visi :
      Menjadi perusahaan tambang kelas dunia yang menciptakan nilai-nilai unggul dan menjadi kebanggaan bagi seluruh pemangku kepentingan termasuk karyawan, masyarakat, dan bangsa.

      Misi:
      Berkomitmen untuk secara kreatif mentransformasikan sumber daya alam menjadi kesejahteraan dan pembangunan yang berkelanjutan melalui praktek-praktek pertambangan terbaik dengan memprioritaskan kesejahteraan dan ketentraman karyawan dan masyarakat, pengembangan SDM, tanggung jawab sosial dan lingkungan hidup, serta keselamatan dan kesehatan kerja.

      RUANG LINGKUP PT FREEPORT

      PT Freeport Indonesia merupakan sebuah perusahaan afiliasi dari Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc.. PT Freeport Indonesia menambang, memproses dan melakukan eksplorasi terhadap bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak. Beroperasi di daerah dataran tinggi di Kabupaten Mimika Provinsi Papua, Indonesia. Freeport Indonesia memasarkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas dan perak ke seluruh penjuru dunia. Eksplorasi luas pt Freeport KK-A=10.000 Ha. Eksplorasi KK-B=202.950 Ha, Total Wilayah adalah 212.950 Ha dengan Luas wilayah KK Blok B terakhir seluas 212.950 ha tersebut hanya tinggal 7,8% dari total luas wilayah eksplorasi pada tahun 1991 yaitu pada thn 1991 = 2,6 juta Ha 2012 = 212.950 Ha.

      Ruang lingkup pt Freeport meliputi lingkungan eksternal dan internal

      Lingkungan eksternal meliputi :
      1) Keadaan lingkungan alam. Semua industri, termasuk pertambangan, memiliki dampak lingkungan yang tidak dapat dihindari, baik dalam positif maupun dampak negatif, sehingga terjadi pertukaran antara manfaat lingkungan dan dampak lingkungan. Pemerintah Indonesia memutuskan bahwa tambang ini sangat penting bagi perkembangan ekonomi Indonesia, dan pemerintah telah mengatur bagaimana PTFI menjalankan proyek ini agar dapat memberikan manfaat ekonomi yang diinginkan oleh Indonesia, sementara sedapat mungkin mengurangi dampak negative terhadap lingkungan. PTFI juga berkomitmen untuk merehabilitasi area yang terkena dampak ketika area tersebut tidak digunakan lagi untuk kegiatan operasi.
      2) Perekonomian. Freeport Indonesia telah berinvestasi sebesar US$7,7 milyar dalam infrastruktur selama 45 tahun di Indonesia. Berdasarkan riset yang diadakan oleh Universitas Indonesia, sampai saat ini usaha PTFI mewakilkan 1,59% dari semua kegiatan ekonomi di Indonesia dengan 300.000 karyawan Indonesia dan keluarganya bergantung pada PTFI untuk kelangsungan hidup mereka. PTFI juga berkeinginan untuk terus berinvestasi dan menjadi bagian dari Indonesia untuk jangka waktu yang lama.

      Lingkungan internal meliputi :
      1) Sumberdaya manusia . Kebijakan PTFI adalah untuk memberikan kesempatan bekerja yang sama kepada seluruh masyarakat. PT Freeport Indonesia juga menjunjung tinggi hak pekerja sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia. PTFI juga memiliki komitmen untuk melindungi hak asasi manusia dan sudah secara tegas memberlakukan dan menegakkan kebijakan hak asasi manusia di dalam perusahaan. PTFI memiliki Komitmen dan Kebijakan yang kuat dan tegas terhadap Hak Asasi Manusia. Komitmen untuk menyediakan peluang bagi pembangunan sosial, pendidikan, dan ekonomi yang dinyatakan melalui peraturan ketenagakerjaan sosial dan kebijakan Hak Asasi Manusia.
      2) Investasi.
      • USD 110,9 juta investasi di program pembangunan berkelanjutan di Papua selama 2012.
      • USD 68,14 juta program pengembangan sosial melalui dana operasional.
      • USD 39,36 juta program pengembangan masyarakat melalui dana kemitraan.
      • USD 600 juta investasi dalam bentuk infrastruktur sosial yang bermanfaat bagi masyarakat lokal secara langsung (sekolah, rumah sakit, asrama siswa).
      • Menyediakan lapangan pekerjaan bagi sekitar 24.000 orang di Indonesia (karyawan PTFI terdiri dari 69,75% karyawan nasional; 28,05% karyawan Papua, serta 2,2% karyawan Asing).
      • Menanam Investasi > USD 8,5 Miliar untuk membangun infrastruktur perusahaan dan sosial di Papua, dengan rencana investasi-investasi yang signifikan di masa datang.
      • PTFI telah membeli > USD 11,26 Miliar barang dan jasa domestik sejak 1992.

      Komentar oleh friska fitri simanjuntak | April 8, 2014 | Balas

  6. Selamat malam pak jo kami dari manajemen A kelas pagi angkatan 2012 , yang beranggotakan :
    – WAHYUDI (C1B012008)
    – MARINA (C1B012009)
    – DEDE MARISKA DINATA (C1B012023)
    – DEWI PURNAMASARI (C1B012033)
    – M.ABDUL RACHMAN (C1B012037)
    kami mengirim judul visi dan misi perusahaan “SAMSUNG”
    terimakasih pak

    Komentar oleh m.abdul rachman | Maret 27, 2014 | Balas

  7. Selamat malam pak Jo. Pak kami dari kelompok 1 kelas manajemen stratejik pagi management A yang beranggotakan :
    1.Wahyudi :C1B012008
    2.Marina : C1B012009
    3.Dede Mariska Dinata : C1B012023
    4.Dewi Purnamasari : C1B012033
    5.M. Abdul Rahman : C1B012037
    Ingin membahas tentang visi dan misi dari perusahaan Samsung Electronics. Terima kasih.

    Komentar oleh Marina Liem | Maret 27, 2014 | Balas

  8. Selamat pagi pak, kami dari kelas manajemen a
    kami mengambil visi misi dell computer
    kelompok kami
    septiriani c1b012026
    rani sardi c1b012011
    muhammad riski 29
    ahmad dairobi 13
    daniel eko n.s. jawak 21
    winalda 32

    Komentar oleh septiriani | Maret 27, 2014 | Balas

    • Malam pak jo, ini kelanjutan tugas kelompok kami,
      septiriani c1b012026
      rani sardi c1b012011
      muhammad riski c1b012029
      ahmad dairobi c1b012013
      daniel eko n.s. jawak c1b012021
      winalda c1b012032

      Visi dan Misi Dell Computer
      Ø Visi

      “Melalui komunitas partnership yang efektif dan strategis, Dell membantu program pelayanan pendidikan yang menempatkan akses teknologi yang paling kritis dan dasar yang diperlukan oleh komunitas Dell sebagai prasyarat untuk sukses di dunia digital. Hal ini adalah cara kami dalam melakukan bisnis, hal ini juga merupakan cara kami berinteraksi dengan komunitas kami,. Hal ini merupakan cara kami mengartikan dunia disekitar kami — kebutuhan pelanggan, masa depan teknologi, dan iklim bisnis global. Apapun perubahan yang terjadi di masa depan akan membawa visi kami – visi Dell – akan menjadi kekuatan pembimbing kami.’

      “It’s the way Community the effective and strategic partnership, Dell helps educational service program that puts the most critical technology access and community foundation needed by Dell as a prerequisite for success in the digital world.t’s the way we interact with the community. It’s the way we interpret the world around us– our customers needs, the future of technology, and the global business climate.whatever changes the future may bring our vision – Dell vision – will be our guiding force. So Dell needs full customer satisfaction. In order to become the most successful computer company.”

      Ø Misi
      1. Menjadi perusahaan komputer yang paling berhasil di dunia dalam hal memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.
      2. Berusaha memenuhi harapan terbaik para pelanggan terhadap kualitas, teknologi, harga, tanggung jawab dan pelayanan.
      3. Menjadi perusahaan yang memiliki kemampuan penyesuaian yang fleksibel, karyawan yang bisa saling bekerja sama, dan kestabilan finansial.

      1. to be the most successful Computer Company in the world at delivering the best customer experience in markets we serve.
      2. In doing so, Dell will meet customer expectations of : highest quality, leading technology, competitive pricing, individual and company accountability, best-in-class service and support.
      3. To be a company has flexible customization capability, superior corporate citizenship, and financial stability

      . Strategi bisnis/proses bisnis yang telah dicanangkan
      1.a. Strategi Generik.
      Dell Inc. Memiliki strategi generik dalam menjalankan bsinisnya sebagai low-cost provider.Sebagai produsen perangkat keras komputer , Dell inc. Menawarkan harga yang lebih rendah daripada pesaing – pesaingnya seperti Hewlett-Packard, Cisco ,IBM , dan lain – lain.Hal ini disebabkan karena untuk jenis produk yang sama, Dell Inc. Menetapkan tingkat margin yang lebih rendah sehingga harga yang ditawarkan kepada pelanggan menjadi lebih murah dan Dell Inc. Mampu memberikan penghematan cost yang signifikan bagi mereka.Untuk mencapai hal tersebut, Dell Inc. Melakukan analisis rantai nilai dan bekerja sama dengan pemasok kunci yang dapat memasok barang dengan hargayang lebih rendah tetapi tetap menjaga kualitas pasokannya.Analisis rantai yang dilakukan Dell Inc. Mampu menghilangkan aktivitas penjualan dan pemasaran melalui reseller, dimana aktivitas tersebut dimiliki oleh pesaing Dell Inc. Yang lain.Strategi penjualan langsung yang diterapkan oleh Dell Inc. menjadikan perusahaan tersebut memiliki rantai nilai yang lebih pendek daripada pesaingnya sehingga memberikan keunggulan kompetitif bagi Dell Inc.
      Strategi lain yang dilakukan Dell Inc. Sebagai low-cost provider adalah menerapkan aktivitas riset dan pengembangan yang cukup besar.Aktivitas tersebut dilakukan untuk menelusuri dan menguji perkembangan – perkembangan terkini yang terjadi dalam komponen perangkat keras maupun perqangkat lunak komputer.Memastikan komponen terbaru mana yang mampu memberikan keunggulan terbesar dengan cost rendah yang selanjutnya akan digunakan dalam produk Dell Inc. yang baru.Anggaran yang disediakan Dell Inc. untuk aktivitas riset dan pengembangan ini berkisar antara $430 – $500 juta per tahun .Bahkan pada tahun 2008, anggaran tersebut meningkat menjadi $600 juta.Dell Inc. juga menggunakan sistem on line untuk melakukan aktivitas penjualan dan pemasaran produk mereka melalui http://www.dell.com. Bahkan untuk layanan purna jual , Dell menyediakan fasilitas layanan perbaikan secara on line. Layanan ini memungkinkan para pelanggan Dell Inc. melakukan komplain terkait produk yang mengalami kerusakan melalui situs tertentu dan pada saat yang bersamaan sistem on line service yang dimiliki Dell Inc. mampu mengidentifikasi dan memperbaiki bagian yang mengalami kerusakan tersebut.Hal ini dilakukan agar kepuasan pelanggan tetap terjaga dan biaya yang dikeluarkan Dell Inc. dapat ditekan sedemikian rupa sehingga Dell mampu menawarkan produk dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan pesaingnya.

      2.a. Strategi Organisasi Pendukung strategi bisnis
      Untuk menacapai strategi low-cost provider, Dell Inc. menggunakan beberapa strategi lain yang mampu mendukung strategi generik mereka. Salah satunya adalah Dell melakukan aliansi strategis dengan EMS , sebuah perusahaan penghasil perangkat penyimpanan (data storage).Aliansi ini memungkinkan Dell untuk nersaing dengan Cisco sebagai penghasil utama perangkat penyimpanan.Dell juga melepaskan beberapa aktivitas rantai lainnya kepada pihak lain dengan melakukan Kontrak Outsourcing.Untuk memberikan nilai tambah kepada para pelanggannya , Dell memberikan jasa tambahan yang memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk menggunakan perangkat keras yang disediakan oleh Dell. Untuk mendukung tujuan tersebut, Dell melakukan akuisisi terhadap sejumlah perusahaan penyedia perangkat keras yang cukup terkemuka seperti Everdream Co , SilverBack Technologies Inc. , Messageone Inc. ,dan sebagainya pada tahun 2007 dan 2008. Total akuisisi yang dilakukan Dell sepanjang 2007 – 2008 adalah sebanyak enam (6) perusahaan. Akuisisi tersebut dimaksudkan untuk memperkuat kemampuat Dell dalam menyediakan layanan bernilai tambah kepada para pelanggannya.

      Komentar oleh septiriani | April 4, 2014 | Balas

      • selamat pagi pak, kami dari kelompok 3 yang beranggotakan :
        septiriani c1b012026
        rani sardi c1b012011
        muhammad riski c1b012029
        ahmad dairobi c1b012013
        daniel eko n.s. jawak c1b012021
        winalda c1b012032
        mengumpulkan tugas lanjutan kami tentang analisis industri penerbangan di indonesia dari variabel Teknologi
        berikut tugas kami. 😀

        a. Produk Baru (+)
        Product (Produk) yaitu merupakan barang atau jasa yang dihasilkan untuk digunakan oleh konsumen guna memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasannya. Hal-hal yang tergolong produk dalam bisnis jasa penerbangan antara-lain : Pesawat yang besar dan moderen, Mengutamakan keselamatan penerbangan, Makanan dan snack yang berkualitas, Pelayanan bagasi yang handal dan terpercaya, Tempat duduk di dalam pesawat yang nyaman dan tidak sempit, Pilihan jadual penerbangan, Program Frequent Flyer yang menarik. Oleh karena itu menjadi tantangan perubahan bagi manajemen perusahaan penerbangan yang selalu dituntut untuk memenuhi segala macam penghematan biaya perusahaan melalui inovasi teknologi informasi, dan perubahan ini sejalan akibat didorong oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi dibidang airlines dewasa ini.
        Pada umumnya dinamika dunia dari sisi transportasi udara di Indonesia ditandai oleh dua kecenderungan, yaitu ;
        – Liberalisasi bisnis penerbangan, yaitu adanya kebijakan open sky pemerintah sehingga banyak bermunculan maskapai baru di Indonesia dan meningkatnya jumlah aliansi perusahaan lokal dgn maskapai asing untuk memperluas cakupan pelayanan bisnis penerbangan.
        – Adanya kemajuan teknologi baik hardware dan software yang sangat cepat yang dapat mendukung pesatnya perkembangan bisnis airlines terutama untuk aplikasi SIM (Sistem Informasi Manajemen) Transportasi Udara.
        Sistem Teknologi Informasi pada bisnis penerbangan, secara umum dibagi dalam dua system, yaitu ;
        – Sistem Front Office, yang menyangkut dan bersentuhan langsung dengan pelanggan, contohnya Sistem reservasi, Check in System, Boarding system, Website online, Payment Online, E-ticketing system, SMS Booking, Global Distribution System, dll.
        – Sistem Back Office, yang mendukung jalannya operasional perusahaan, misalnya software accounting, Human Resources Information system, ERP system, Kontrol maintenance Aircraft, Aircraft Schedule Software, Customer Database, Air Crew Monitoring System, dll.
        Sistem di perusahaan maskapai sangat kompleks, system harus mampu mengintegrasikan system Front Office dan Sistem Back Office.

        b. Pengembangan Baru Dalam Transfer Teknologi (+)
        Penggunaan kemajuan teknologi sebagai tools perusahaan dalam bidang Sistem Informasi Manajemen di era digitalisasi saat ini merupakan tuntutan setiap perusahaan penerbangan untuk meningkatkan pelayanan baik preflight, inflight, maupun post flight services terhadap para penumpang dengan cara percepatan informasi sehingga dapat memudahkan dalam pelayanan terhadap calon penumpang dan dapat meminimize waktu respon terhadap layanan pelanggan. Teknologi Informasi juga mampu melakukan efisiensi di berbagai bidang antara lain penghematan penggunaan kertas (paperless), tiket (ticketless), namun dapat menjangkau channel distribusi yang lebih luas, misalnya penggunaan teknologi e-commerce dan SMS booking atau WAP booking yang termasuk teknologi Mobile. Pemanfaatan teknologi juga mampu minimize jumlah SDM karena banyak pekerjaan rutinitas dapat digantikan oleh system aplikasi di komputer.

        c. Perbaikan Produktivitas (+)
        Sistem Teknologi IT yang utama dalam bisnis penerbangan adalah Sistem Reservasi atau sering diistilahkan dengan CRS ( Computer reservasi system ) yang fungsinya adalah menampilkan informasi produk dan fasilitas suatu Airline seperti jadwal penerbangan, pesawat yang digunakan, tariff rute, dan lain sebagainya sehingga memudahkan calon penumpang untuk booking seat, kemudian melakukan konfirmasi keberangkatan, dan memudahkan pembelian tiket sampai akhirnya penumpang melakukan checkin dan terbang dan akhirnya tiba ditempat tujuan. Sistem Reservasi merupakan system teknologi IT tingkat tinggi karena membutuhkan resources yang banyak baik hardware dan softwarenya dimana perlu pemrograman yang kompleks dan system database yang sangat besar serta membutuhkan system koneksi yang besar. Biasanya setiap maskapai memiliki satu system reservasi. Adanya system ini sangat memudahkan perusahaan dalam melayani penumpang terutama sekali akan terasa manfaatnya apabila pesawat mempunyai connecting terbang yang panjang ke beberapa kota yang mempunyai konsep Hub dan spoke, sehingga ada beberapa leg(rute) yang perlu transit atau ada penumpang yang turun dan selanjutnya ada penumpang baru yg terbang menuju rute lainnya.
        Hanya saja, mengingat system masing-masing maskapai adalah banyak yang berbeda sehingga berdampak pada sulitnya jalur distribusi memberi pelayanan ke konsumen seperti booking maupun penjualan tiket yang dijual oleh Travel Agent. Apabila dipaksakan maka sebuah Trvel Agent harus mempunyai lebih dari satu system sesuai dengan jumlah tiket maskapai yang dijualnya. Hal tersebut berdampak pada biaya investasi yang membengkak untuk pembelian system masing-masing maskapai. Oleh karena itu timbul ide untuk menggabungkan semua system maskapai ke dalam satu system yang selanjutnya disebut Mega CRS. Satu system mempunyai dampak yang menguntungkan untuk Travel agent karena biaya investasi system oleh Travel Agent menjadi lebih murah, baik dari sisi hardware maupun biaya koneksi (networking).
        Mega CRS atau dikenal GDS (Global Distribution System) ini sebenarnya hanya perpanjangan system Reservasi (CRS) dari masing-masing maskapai yang disatukan kedalam satu system yaitu pada satu layar komputer sehingga Travel Agent akan dapat melihat semua info produk penerbangan yang ada walaupun maskapainya berbeda-beda. Hanya saja, maskapai perlu menjadi member ke dalam system Mega CRS tersebut agar produknya dapat terlihat pada system Mega CRS. Member GDS biasa disebut dengan level partisipasi.
        GDS berfungsi sebagai alat saluran distribusi penjualan yang memberikan kemudahan kepada calon penumpang untuk memperoleh produk Airline / penerbangan yang berpartisipasi dengannya dan fungsi lainnya adalah untuk Memperluas jaringan distribusi masing – masing maskapai.

        SDM dan Infrastruktur
        Di saat mulai menggeliatnya bisnis penerbangan di Indonesia, dan ketika era liberalisasi penerbangan sudah di depan mata, kita justru kekurangan sumber daya manusia (SDM), terutama pilot. Kebutuhan pilot di Indonesia per tahun mencapai 1500 orang sementara produksi sekolah pilot di Indonesia hanya sekitar 600 pilot. Padahal, jumlah pesawat juga semakin banyak. Jadi, ini merupakan peluang bagi institusi pendidikan tinggi di Indonesia untuk lebih produktif mencetak tenaga- tenaga SDM di bidang penerbangan.
        Di Indonesia hanya terdapat 14 sekolah penerbangan berlisensi approval dari Kementerian Perhubungan. Bandingkan dengan Filipina yang mencapai puluhan lembaga pendidikan pilot. Makanya tidak heran sebagain pilot dari Indonesia dicetak di Malasia dan Filipina guna memasok tenaga pilot yang sudah sangat mendesak ini.
        Selain kesiapan SDM (pilot), masih banyak kendala kendala yang bisa membuat maskapai mengalami kesulitan mengembangkan bisnis plan-nya ke depan. Operating hours di bandara-bandara di luar Jawa masih begitu terbatas, sehingga optimalisasi utilisasi pesawat di Indonesia belum maksimal, karena kesulitan untuk penerbangan malam hari. Sampai sejauh ini, tingkat utilisasi pesawat di Indonesia ratarata hanya 9 jam/per hari, padahal, jika penerbangan malam bisa serentak dioptimalkan, utilisasi pesawat bisa naik rata-rata 11 jam per hari. Utilisasi maksimal akan memberikan dampak positif terhadap pencapaian revenue bagi maskapai itu sendiri.
        Infrastruktur juga masih merupakan kendala di bandara-bandara kecil. Masih banyak peralatan yang sudah berumur, kurangnya tenaga teknisi, serta masih terbatasnya jumlah simulator untuk uji ketrampilan pilot. Itu beberapa pekerjaan rumah yang harus dibuat regulator dan maskapai itu sendiri, guna menyambut bisnis penerbangan yang kini memang kian kinclong.

        Industri Dalam Negeri
        Ada hal lain yang menggembirakan dari industri dirgantara di Tanah Air, yakni rencana PT Dirgantara Indonesia untuk menghidupkan kembali pembuatan pesawat small aircraft sejenis N 250 yang pernah joy flight dengan sukses pada 1997. Pesawat buatan PT DI Bandung ini dipamerkan di Langkawi Aero Event, Malaysia barubaru ini.
        Ini merupakan sebuah sinyal positif akan kebangkitan industri pesawat dalam negeri, yang sebenarnya sudah mempunyai pangsa pasar sendiri, yakin ke Korean Coast Guard untuk jenis CN 235 sebagai pesawat pengintai/penjaga pantai. Pesawat yang sama ini juga dijual ke Qatar. Lalu, mengapa pesawat produksi PT DI ini tidak dipasarkan juga di dalam negeri?
        Mengingat Indonesia adalah Negara kepulauan dengan jumlah bandara kecil mencapai 233 buah, CN 235 adalah pilihan yang tepat. Bandara-bandara kecil dengan panjang runway di atas 900 meter cukup ideal didarati pesawat small aircraft buatan PT DI Bandung ini. Jadi, ini sungguh merupakan momentum paling tepat untuk membangkitkan kembali industri pesawat di dalam negeri.
        Tinggal sekarang bagaimana langkah-langkah perbaikan dan pembenahan harus segera dilakukan guna menyambut bisnis penerbangan di Indonesia yang mulai menggeliat ini. Perbaikan-perbaikan harus dilakukan dalam hal pembinaan manajeman yang merupakan salah satu kekurangan cukup fundamental.
        Safety audit lapangan oleh regulator demi kepentingan flight safety serta juga dukungan infrastruktur yang memadai di seluruh bandara di Tanah Air merupakan pekerjaan rumah yang harus segera diatasi. Jangan biarkan momentum ini berlalu. Manfaatkan peluang dan potensi besar yang dimiliki ini demi kejayaan bisnis penerbangan di Indonesia.

        d. Ketersediaan Internet (+)
        Maskapai penerbangan sebelumnya sangat mengandalkan penjualan tiket melalui biro perjalanan atau travel agent. Kini peran biro perjalanan mulai tergeser, penjualan tiket bisa diakses langsung oleh pelanggan melalui internet. Pelanggan bisa memesan tiket secara langsung, membayar online dan bahkan memilih tempat duduk yang disukai, serta melakukan check in lebih awal. Dengan kemajuan internet dewasa ini pula paket-paket wisata yang ditawarkan bisa langsung dilihat dengan jelas melalui gambar, animasi atau video. Dengan demikian para calon konsumen pun sudah dapat membayangkan suasanan dan kondisi daerah wisata yang akan dituju.
        Saat ini, jika ingin melihat ketersediaan kursi dalam setiap penerbangan, kita bisa cek dengan mudah melalui internet. Walau jarak yang terbentang dari kota asal menuju kota yang dituju 24 jam penerbangan sekalipun, kini hanya dibutuhkan waktu beberapa menit saja. Kegiatan pesan kamar hotel, pesan tiket pesawat dan yang lainnya dapat kita lakukan tanpa harus tersekat oleh jarak dan waktu. Kita bisa mengurusnya dimana saja, kapan saja, 24 jam sehari, tidak mengenal hari libur atau hari besar apapun.
        Sebelum memanfaatkan teknologi informasi, hal tersebut mustahil dilakukan. Ketergantungan penjualan melalui biro perjalanan dan saluran distribusi lain begitu besar peranannya dan begitu banyak biaya yang dibutuhkan. Apalagi sekarang lebih praktis dengan adanya digitalisasi ticket menjadi e-ticket, sebuah efesiensi yang sangat signifikan.

        e. Sarana Telekomunikasi
        Penggunaan teknologi mainframe dalam industri penerbangan.
        Penggunaan teknologi komputerisasi dalam industri penerbangan salah satunya dapat dlihat dari penggunaan sistem pelayanan penumpang yang memudahkan penumpang untuk melakukan proses reservasi jadwal penerbangan yang diinginkan, baik melalui website, smartphone atau mendatangi kantor penjualan tiket.
        Di boarding gate, boarding pass diverifikasi menggunakan scanner yang terhubung dengan sistem pelayanan penumpang. Inilah salah satu proses di mana teknologi komputerisasi dapat langsung dilalui oleh penumpang pesawat.
        Memudahkan Proses Bisnis
        Pentingnya penggunaan teknologi komputerisasi ini juga memudahkan maskapai dalam menjalankan pro¬ses bisnis dan operasi mereka, karena seluruh sistem yang dijalankan menggunakan komputer se¬bagai perangkat kerja utamanya. Sebagai contoh penggunaan sistem pelayanan penumpang atau Passenger Service System.
        Sistem itu mengatur hal yang berhubungan deng¬an reservasi, jadwal, inventaris barang, proses pencetakan tiket dan proses implementasi untuk kedatangan penumpang. Selain itu aplikasi-aplikasi lain yang dihubungkan melalui proses komputerisasi ini adalah Internet Booking Engine, Revenue Integrity, Payment Solution, Deposit Management, Revenue Accounting, Revenue Management Systems, Weight and Balance, Crew Management, Flight Monitoring, Centralized Flight Dispatch, Cargo Solution, dan se¬bagainya.
        Dari segi infrastrukutur, penggunaan teknologi komputerisasi sangat penting seperti pembuatan jaringan yang menghubungkan setiap desktop di bandar udara dengan kantor pusat dan juga agen-agen penjualan tiket di seluruh tempat.
        Untuk memastikan seluruh layanan penerbangan yang menggunakan teknologi komputerisasi tersebut berjalan dengan lancar, diperlukan komputer yang mampu menjalankan bermacam aplikasi dan beberapa fungsi secara bersamaan yang berskala besar dengan kemampuan kerja super tinggi.
        Komputer tersebut biasa disebut dengan mainframe. Mainframe diciptakan untuk menangani proses komputasi yang membutuhkan kerja prosesor yang sangat intens dan bervolume tinggi. Mainframe biasa disebut juga dengan komputer induk, karena dapat melakukan banyak pekerjaan, seperti mengontrol peralatan-peralatan dan menyimpan basis data deng¬an kapasitas besar.
        ha

        Ulasannya bagus, coba cantumkan sumber data, atau referensi sehingga bisa dilacak. Dengan demikian maka informasi yang akan diperoleh akan lebih bernilai. Saran ini juga untuk semua peserta. Ditunggu.

        Komentar oleh septiriani | April 21, 2014

  9. Selamat siang pak jo kami dari manajemen A kelas pagi angkatan 2012 , yang beranggotakan :
    – WAHYUDI (C1B012008)
    – MARINA (C1B012009)
    – DEDE MARISKA DINATA (C1B012023)
    – DEWI PURNAMASARI (C1B012033)
    – M.ABDUL RACHMAN (C1B012037)
    kami mengirim visi dan misi perusahaan “SAMSUNG” untuk tugas STR
    terimakasih pak

    Kelas sudah sampai ditugas II kenapa kalianbaru kirim yang I.

    Komentar oleh Mohd Abdul rachman (@beeeedul) | Maret 29, 2014 | Balas

  10. Selamat malam pak Jo, kami kelompok 7 mengirimkan tugas manajemen stratejik tentang visi dan misi serta ruang lingkup dalam PT. Unilever.
    yang beranggota :
    1. Cici Carmiasih (C1B012001)
    2. Nurhayati (C1B012004)
    3. Retno wulandari (C1B012005)
    4. Ahmad amalan (C1B012036)

    PT. UNILEVER

    Visi
    “To become the first choice of consumer, costumer and community.”

    Misi
    • Menjadi yang pertama dan terbaik di kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen.
    • Menjadi rekan yang utama bagi pelanggan, konsumen dan komunitas.
    • Menghilangkan kegiatan yang tak bernilai tambah dari segala proses.
    • Menjadi perusahaan terpilih bagi orang-orang dengan kinerja yang tinggi.
    • Bertujuan meningkatkan target pertumbuhan yang menguntungkan dan memberikan imbalan di atas rata-rata karyawan dan pemegang saham.
    • Mendapatkan kehormatan karena integritas tinggi, peduli kepada masyarakat dan lingkungan hidup.

    Ruang Lingkup Kegiatan yang Mendukung Visi Misi Perusahaan Unilever

    Menurut kami, strategi yang digunakan dalam visi dan misi PT. Unilever ini sudah baik, namun perlu usaha yang sangat ekstra untuk menjadikan perusahaan tersebut lebih unggul dari perusahaan yang lain. Di sini visi dari PT. Unilever adalah “To become the first choice of consumer, costumer and community”. Menurut kami visi tersebut sudah sangat mendukung perusahan untuk maju karena perusahaan ini berkomitmen untuk menjadi yang pertama dan terbaik.

    Ruang lingkup yang mendukung kegiatan dari PT. Unilever ini mencakup lingkungan eksternal dan lingkungan internal perusahan. Lingkungan eksternal dalam perusahaan ini terdiri dari konsumen, pelanggan dan pemasok. Lingkungan internal dari PT. Unilever sangatlah jelas dalam pekerjaannya, sehingga memudahkan pelaksanaan pekerjaan.

    Perusahaan perlu mengetahui kekuatan dan kelemahannya, sehingga perusahaan dapat mengetahui peluang yang ada dan memanfaatkannya agar perusahaan memiliki keunggulan kompetitif. Dalam dunia bisnis, perusahaan harus mampu menganalisa lingkungan eksternal dan internal agar dapat menentukan manajemen strategis yang paling tepat untuk kemajuan masa depan perusahaan.

    Produk-produk dari PT. Unilever dikembangkan dan dibentuk oleh kecenderungan pelanggan, bersama-sama dengan kebutuhan untuk membantu meningkatkan standar kesehatan yang baik di negara-negara berkembang maupun maju di seluruh dunia.

    Secara teknis rencana sukses PT. Unilever ke depan adalah : pertama, karena pertumbuhan perusahaan ke depan harus melihat apakah perusahaan akan punya karyawan yang sama atau mengalami pertambahan atau pengurangan. Kedua, perusahaan mempunyai cadangan tenaga kerja dan cadangan ini akan cukup atau perlu ditambah atau mungkin orangnya tetap sama tetapi perlu dididik lagi untuk memenuhi requirement di tahun mendatang.

    Mohon untuk bimbingannya pak.
    Terima kasih.

    Komentar oleh Retno Wulandari | April 2, 2014 | Balas

  11. Selamat pagi pak jo, kami Kelompok 1 dari Manajemen’A 2012 dengan matakuliah Manajemen Strategik yang beranggotakan:
    1.Wahyudi :C1B012008
    2.Marina : C1B012009
    3.Dede Mariska Dinata : C1B012023
    4.Dewi Purnamasari : C1B012033
    5.M. Abdul Rahman : C1B012037
    Mengirimkan tugas Manajemen Strategik yaitu Visi dan Misi Perusahaan Samsung Electronics

    Visi dan Misi Perusahaan Samsung Electronics

    Visi Samsung :

    Samsung dipandu oleh satu visi: memimpin pergerakan konvergensi digital.

    Misi Samsung :

    Menjadi “digital-εCompany” yang terbaik.
    Digital : menciptakan produk dan layanan teknologi yang memimpin industri.
    Menempatkan manajemen dan proses produksi yang paling efisien.
    Company (perusahaan): mempertahankan fokus yang mantap untuk memperkuat organisasi demi terus menjadi pemimpin teknologi global dan perusahaan yang terpercaya dan bertanggung jawab.

    Tujuan Samsung

    Tujuan Samsung adalah mengembangkan teknologi yang inovatif dan proses efisien yang menciptakan pasar baru, memperkaya hidup semua orang, dan terus menjadikan Samsung sebagai pemimpin digital yang terpercaya.

    Ruang lingkup kegiatan yang mendukung Visi dan Misi Perusahaan Samsung Electronics

    Samsung meyakini bahwa melalui inovasi teknologi saat ini, Samsung akan menemukan solusi yang diperlukan untuk menghadapi tantangan hari esok. Teknologi membuka kesempatan bagi bisnis untuk tumbuh, bagi warga negara di pasar yang sedang berkembang untuk hidup sejahtera dengan memasuki tahap ekonomi digital, dan agar masyarakat dapat menemukan peluang baru.
    Samsung tumbuh menjadi perusahaan global dengan menghadapi tantangan secara langsung. Dalam tahun-tahun kedepan, orang-orang Samsung yang berdedikasi akan terus menghadapi banyak tantangan dan memberikan ide-ide kreatif untuk mengembangkan produk dan layanan yang memimpin pasar. Kecerdasan mereka akan terus menjadikan Samsung sebagai perusahaan global yang menguntungkan dan bertanggung jawab.
    Visi Samsung di atas merupakan visi strategik karena di dalam visi tersebut terkandung strategik perusahaan Samsung untuk menjadi pelopor utama digital elektronik dalam berbagai produk elektroniknya, serta di dalam visi tersebut terdapat stategi Samsung untuk menjadi leader inovasi elektronik
    Di dalam Misi Samsung dijabarkan lagi cara2 mewujudkan visi Samsung, sehingga misi jelas mendukung langkah-langkah untuk mewujudkan visi Samsung dengan mengembangkan ide-ide kreatif SDM yang dimiliki oleh Samsung sehingga dengan memiliki SDM yang berkualitas dan kreatif akan membuahkan ide-ide kreatif untuk inovasi produk dan memajukan perusahaan dengan inovasinya.

    Komentar oleh wahyudi | April 3, 2014 | Balas

  12. Selamat pagi pak jo kami dari Kelompok 2 mengirimkan tugas Visi Misi serta ruang lingkup perusahaan panasonic,kami beranggotakan :
    Tommy Saputra (C1B012022)
    Media Novriani (C1B012028)
    Christina Oberta (C1B012034)
    Fathinul Abdul Aziz (C1B012035)
    Raden Nikita (C1B012039)

    Perusahaan Panasonic

    Visi
    1)Panasonic Indonesia Group berupaya untuk menghasilkan produk elektronik dengan kualitas terbaik guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
    2)Agar dapat menyumbang dan memperbaiki perekonomian indonesia dan kesejahteraan sosial masyarakat indonesia

    Misi
    1) Agar dapat membantu memajukan perekonomian Negara Indonesia juga berupaya meningkatkan perekonomian sosial rakyat Indonesia dengan memajukan bangsa-bangsa lain yang ada di dunia.
    2) Memberikan kecukupan dalam dunia kelistrikan dan memberikan penerangan kepada seluruh rakyat di dunia.
    3) Agar dapat mengikuti perkembangan teknologi tinggi dunia yang terus berkembang seperti dalam sifat khususnya, mutu, harga, pengiriman dll.
    4) Berusaha ingin mempersembahkan barang produksi yang baik dari segala segi kepada pembeli dengan cara melakukan pemeriksaan pasar, mengadakan pameran dan mencari informasi serta membangun pabrik diluar negeri untuk menjaga harga.
    5)Panasonic Indonesia Group memiliki slogan Ideas For Life, yang mewakili misi kami dalam menyediakan produk-produk dan pelayanan berdasarkan ide-ide yang akan memperkaya gaya hidup dan membantu memajukan masyarakat.

    Ruang lingkup dari perusahaan Panasonic

    Menurut kami visi yang di miliki Panasonic Indonesia Group sudah termasuk visi yang strategi, karena visi yang di ungkapkan oleh Panasonic Indonesia Group tersebut mudah dipahami, dapat diterima oleh semua pihak terutama karyawan, serta mampu merefleksikan aspirasi manajemen dan memberikan gambaran yang jelas mengenai masa depan perusahaan.
    Pernyataan yang unik dari visi dan misi perusahaan panasonic ini yaitu “ ideas for life” mengapa kami mengatakan pernyataan ini unik karena menurut kami visi dan misi perusahaan panasonic ini ,jika kita kaitkan dengan ruang lingkup kegiatan yang ada di masyarkat tentunya berhubungan dengan pola gaya hidup masyarakat dimana seperti yang di katakan pada misi perusahaan tersebut bahwa panasonic akan memberikan ide-ide yang akan memperkaya gaya hidup dan memajukan masyarakat.
    Ruang lingkup kegiatan yang mendukung dari Visi dan Misi Perusahaan Panasonic dapat kita lihat dari masyarakat yang mengunakan produk panasonic itu sendiri dan para karyawan yang mendukung dalam proses pembuatan produk panasonic. Dan beberepa lingkup kegiatan lainnya yang dapat kita jelaskan dari pernyatan yang terdapat pada misi perusahaan tersebut ,yaitu dimana perusahaan panasonic berusaha mengikuti pola dan gaya hidup masyarakat karena tentunya dari tahun ke tahun gaya hidup masyarakat berubah-ubah dan hal ini akan memberikan ide kepada panasonic group untuk menciptakan barang baru yang sesuai dengan perkembangan zaman, memiliki kualitas bagus dan tentunya nya juga memiliki harga yang bagus pula.
    Dan dengan adanya respon positif yang diberikan masyarakat terhadap barang-barang yang di terbitkan oleh panasonik tentunya hal ini akan memberikan nilai tambah bagi perusahan panasonic dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggannya.

    Komentar oleh Fathinulabdulaziz | April 3, 2014 | Balas

  13. Selamat pagi pak Jo..
    Kami dari kelompok 5 kelas Manajemen A
    Nama : Endah Pratiwi (C1B012007)
    Ronggo Warsito (C1B012016)
    Siti Romadhoni (C1B012019)
    Muhamad Jhailani (C1B012027)
    Perusahaan yang diamati : Ben and Jerry’s ice cream
    Berikut tugas yang kami analisis tentang visi misinya:

    Latar Belakang
    latar belakang yang mendasari kanapa kami memilih Visi Misi perusahaan Ben n Jarry Ice Cream sebagai bahan analaisis tugas Manajemen Strategik ini adalah karena perusahaan Ice cream ini memiliki strategi dan tujuan yang menarik. Untuk lebih jelasnya dapat di baca sendiri uraian-uraian tentang visi misi perusahaan Ben n Jerry Ice cream.

    Visi dan Misi
    Perusahaan Ben & Jerry’s menetapkan pernyataan misi yang jelas yang dijelaskan dengan tiga prinsip utama. Pernyataan misi mereka dibagi menjadi misi produk, misi ekonomi dan misi sosial yang masing-masing lebih jauh mendefinisikan pandangan perusahaan tentang bagaimana mereka harus memberi dampak pada dunia. Dengan tujuan yang jelas dan komunikatif, pernyataan misi Ben & Jerry’s memberikan motivasi yang ideal bagi karyawan. Perusahaan Ben & Jerry’s memiliki pernyataan misi yang memotivasi karyawan untuk menghasilkan produk yang baik.
    Di bawah misi produk, dinyatakan bahwa tujuan mereka adalah “untuk membuat, mendistribusikan dan menjual kualitas terbaik semua es krim dengan ramuan alami & gembira”. Ini adalah misi utama dari Ben & Jerry’s karena mereka berada dalam bisnis penjualan es krim.Hal ini juga tercantum baris pertama dari ayat pertama dalam pernyataan misi mereka. Dengan menempatkan hal itu dalam pernyataan misi resmi mereka, mereka mengatakan bahwa ini adalah siapa diri mrereka dan ini adalah apa yang mereka lakukan. Baris pertama menyatakan apa tujuan utama dari perusahaan. Dicantumkan juga baris tentang peduli pada kelestarian alami dan hanya penggunaan bahan alami terbaik. Tujuan dalam paragraf pertama adalahmenginformasikan tujuan organisasi yang jelas dan akan membuat karyawan yang bekerja di sana merasa nyaman bekerja di sana.
    Bagian berikutnya dari pernyataan misi mereka adalah misi ekonomi. Misi ekonomi menyatakan bahwa bagian dari misi mereka adalah untuk memperluas kesempatan untuk pembangunan dan pertumbuhan bagi karyawan mereka. Ben & Jerry’s mengomunikasikan kepada setiap karyawan bahwa tugas mereka adalah untuk membantu memperluas bisnis dengan cara menciptakan lebih banyak kesempatan berkarir dan berkembang bagi karyawan saat ini dan masa depan. Termasuk peningkatan pendapatan bagi investor juga menjadi perhatian perusahaan
    Terakhir adalah misi sosial dari Ben & Jerry’s. Mereka menyatakan bahwa karena bisnis memainkan peran penting dalam masyarakat maka mereka harus memapu memperbaiki kondisi lokal, nasional dan internasional. pernyataan ini pada dasarnya menggambarkan bagaimana menjadi warga negara yang baik atau tetangga dalam masyarakat. nilai-nilai yang Ben & Jerry’s adalah Menghormati alam, membantu satu sama lain dan menjadi tetangga yang baik satu sama lain.Pernyataan misi mereka sangat indah, tetapi merupakan ideal baik bahwa banyak orang akan mengambil hati pelanggan. Pernyataan misi Ben & Jerry’s membuat menjadi bangga karyawan dan menciptakan kesan positif dari perusahaan. Karyawan Ben & Jerry’s sangat termotivasi untuk bekerja untuk sebuah perusahaan yang memiliki kesadaran sosial yang begitu besar.

    Kesimpulan
    Menjadi salah satu perusahaan yang mengedepankan value atau nilai adalah lebih dari sekadar sebuah ide di Ben & Jerry’s. Hal tersebut telah menjadi bagian dari misi perusahaan, yang telah dijalani sejak 1989, yaitu: mencari keseimbangan antara ekonomi, produk, dan sosial, menuju ke bisnis yang sustainable. Misi sosial mereka adalah meningkatkan kualitas kehidupan komunitas yang luas, baik secara lokal nasional, dan internasional. Tanggung jawab sosial yang di laksanakan dengan komitmen yang tinggi akan mampu meningkatkan reputasi dan image perusahaan yang baik kepada masyarakat dan lingkungan serta meningkatkan permintaan terhadap produk yang dihasilkan . Hal ini sudah dibuktikan oleh perusahaan Ben and Jerry Ice Cream yang telah berkomitmen untuk sukses bukan hanya dari produk yang berkualitas tetapi juga tanggung jawab sosial yang di berikan baik kepada karyawan, pelanggan serta lingkungan. Jadi dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab sosial adalah salah satu misi yang harus di laksanakan dalam suatu perusahaan selain misi untuk menghasilkan produk yang baik bagi pelanggangan dan memperoleh profit agar tercipta keselarasan antara misi sosial dengan misi ekonomi.

    Komentar oleh rangga | April 3, 2014 | Balas

  14. Selamat sore pak
    kami dari kelompok 6, yang beranggotakan :

    – Faisal fansuri ( C1B012012 )
    – Friska fitri simanjuntak ( C1B012017 )
    – Eka ria melati ( C1B012020 )
    – Mario .F.A.saputra ( C1B012031 )

    mengumpulkan tugas lanjutan kami tentang analisis industri penerbangan di indonesia dari variabel sociokultural
    berikut tugas kami,

    mohon bimbingannya pak 🙂

    Kelompok 6

    Analisis Indutri Penerbangan Di Indonesia

    Sociokultural

    • Perubahan gaya hidup ( + )

    Gaya hidup (English: lifestyle) adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. Istilah gaya hidup pada awalnya dibuat oleh psikolog Austria , Alfred Adler, pada 1929. Perubahan jaman yang semakin maju membuat masyarakat mau tidak mau harus mengikuti perubahan jaman dan gaya hidup berubah. Perubahan gaya hidup juga berdampak terhadap industri penerbangan di Indonesia.
    Faktor-faktor gaya hidup masyarakat Indonesia yang mempengaruhi perubahan industri penerbangan di indonesia

    1. Faktor ekonomi
    Pertumbuhan ekonomi Indonesia memiliki kecenderungan menaik dan berdampak pada peningkatan pertumbuhan industri penerbangan nasional, di antaranya akan bisa menempatkan Indonesia pada peringkat kelima pasar penerbangan-domestik dunia. Ekonomi yang kuat didukung dengan perkembangan segmentasi kelas menengah akan terus memberi kontribusi yang signifikan bagi pembentukan pasar penerbangan yang kuat.

    Herry Bhakti, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan sekaligus Ketua Panitia Pengarah IAFS 2013, mengatakan, “Ekonomi kita tumbuh sudah 6 persen, (pertumbuhan) penerbangan kita sudah dua digit antara 15-20 persen. pertumbuhan jumlah penumpang angkutan udara sebesar 15,96 persen pada periode 2010-2011. Kondisi ini sejalan dengan kondisi ekonomi Indonesia yang terus bertumbuh, tepatnya di atas angka 6 persen dan diperkirakan tumbuh dua kali lipat dari GDP (growth domestic product), jadi sekitar 12%.

    Pertumbuhan perekonomian masyarakat yang meningkat berdampak positif terhadap industri penerbangan di Indonesia, contohnya AirAsia siap memanfaatkan pasar yang tumbuh dengan pesat,dengan adanya jumlah penumpang kian meroket, mulai dari 42,68 juta di tahun 2007 hingga lebih dari 66 juta di tahun tahun 2011, dan dengan pertumbuhan kelas menengah yang kian pesat serta harga yang makin terjangkau, kebutuhan akan layanan jasa penerbangan ke seluruh Indonesia akan terus meningkat dengan tajam.

    2. Kemajuan IPTEK
    Orang –orang yang tersebar di seluruh dunia dan hidup dalam teritori sebuah wilayah atau Negara susah dalam menjangkau informasi tentang industry penerbangan, dengan kemajuan ilmu dan teknologi saat ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakse informasi industry penerbangan tersebut. Hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi salah satunya yaitu munculnya smartphone memudahkan masyarakat untuk mengakses banyak informasi, khususnya bagi indusrti penerbangan seperti harga tiket, pemesanan tiket online,pengaturan jadwal perjalanan.

    Menurut penilitian yang dilakukan oleh my destination ada sekitar 17% penguna perangkat mobile yang melalukan pencarian informasi prjalanan mengunakan aplikasi mobile ataupun online, dan ada 3 % para pengguna perangkat mobile yang melakukan pemesanan perjalan wisata meraka langsung dari aplikasi, 77% mencari informs mengenai layanan penerbangan , 40% untuk mendapat informasi keberangkatan dan 21% untuk mengetahui waktu landing.

    3. Budaya mudik
    industri penerbangan Indonesia tumbuh signifikan dalam satu dekade terakhir. Industri penerbangan, tumbuh dua kali lipat bahkan lebih dibandingkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Meningkatnya kelas menengah, perubahan gaya hidup masyarakat dan semakin menguatnya daya beli membuat kebutuhan melakukan perjalanan dengan transportasi udara meningkat.

    Apalagi, kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau semakin mendukung tumbuhnya industri penerbangan. Pertumbuhan ini diyakini akan terus berlanjut hingga beberapa tahun ke depan.kebudayaan masyarakat Indonesia yang selalu mudik pada saat hari libur,dan hari- hari besar demi keefektifan waktu masyarakat lebih memlih jalur udara di bandingkan dengan jalur darat dan laut.hal ini dapat dilihat dari data berikut :
    Jumlah arus mudik dan balik pada musim angkutan lebaran 2013 meningkat 2,21 persen dibanding periode yang sama pada 2012.Keterangan dari Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu di Jakarta, Senin (19/8/2013), menyebutkan peningkatan terbesar atau sebanyak 20,10 persen terjadi pada moda pesawat udara, yaitu dari sebanyak 3.363.107 penumpang pada 2012 naik menjadi 4.038.943 penumpang pada tahun 2013.

    Jumlah kumulatif moda udara tersebut mengalami peningkatan lebih banyak pada rute dalam negeri sebesar 20,52 persen sedangkan luar negeri sebesar 17,73 persen.Selain itu, moda kereta api naik 2,7 persen dari 3.257.172 penumpang pada 2012 menjadi 3.345.214 penumpang pada 2013, serta di moda angkutan penyeberangan sungai dan danau sebesar 0,38 persen.sedangkan penurunan terjadi di moda kapal laut sebesar -7,66 persen dan juga di moda angkutan jalan darat seperti bus antar kota antar provinsi yaitu sebesar -5,12 persen dibandingkan lebaran tahun sebelumnya.

    • Ekspektasi karir ( + )

    Pasar penerbangan Indonesia saat ini sedang berkembang. Kompetisi di industri tersebut juga tergolong sehat, Pada 2015 –saat ASEAN menjadi Komunitas ASEAN– diperkirakan pemakai jasa penerbangan domestik ini 100 juta dan 180 juta penumpang pada 2018.ini akan membuat Indonesia sebagai negara peringkat lima besar dunia dalam pasar penerbangan domestik setelah Amerika Serikat, China, Jepang, dan Brazil. Pertumbuhan pasar angkutan udara di Asia Pasifik, khususnya Indonesia, juga disadari Airbus. Menurut Chief Operating Officer Customer Airbus John Leahy, pertumbuhan pasar jasa angkutan penumpang udara di Asia Pasifik lebih tinggi dibanding rata-rata dunia. Hal itu ditopang pertumbuhan bisnis low cost carrier (LCC) yang tumbuh 7 persen per tahun,Jika pertumbuhan pasar penerbangan di dunia mencapai dua kali lipat setiap 15 tahun, di Asia Pasifik, pertumbuhan sebesar itu terjadi setiap 10 tahun.

    Pertumbuhan ekonomi Indonesia memiliki kecenderungan menaik dan berdampak pada peningkatan pertumbuhan industri penerbangan nasional, di antaranya akan bisa menempatkan Indonesia pada peringkat kelima pasar penerbangan-domestik dunia. Ketua Asosiasi Penerbangan Nasional Indonesia (INACA), Arif Wibowo, menyatakan, jumlah pemakai jasa penerbangan domestik meningkat dua kali lipat dari 2008 menjadi 74,2 juta orang pada 2013; sedangkan pada jalur internasional mencapai 10,8 juta orang.

    Pada akhirnya, hanya masalah waktu bagi Indonesia untuk menjadi salah satu negara yang memiliki industri penerbangan terbesar di dunia. Ekonomi yang kuat didukung dengan perkembangan segmentasi kelas menengah akan terus memberi kontribusi yang signifikan bagi pembentukan pasar penerbangan yang kuat, dengan tingkat keselamatan yang terus membaik serta investasi di bidang infrastruktur yang akan mendorong seluruh potensi yang ada.

    • Aktivitas konsumen ( + )

    Pesawat adalah salah satu alat trasportasi modern yang banyak dingunakan manusia pada saat ini. Benda yang mampu mengangkut banyak barang dalam waktu yang lebih cepat walaupun dengan biaya yang lebih mahal. Dengan berbagai kelebihannya, alat traspotasi yang mampu menjelajahi angakasa ini menjadi pilihan tranportasi manusia yang sangat membutuhkan kecepatan dan ketepatan waktu dalam perjalan mereka. Manusia memang ingin mewujudkan apa yang menjadi kebutuhannya dalam waktu yang cepat.

    Beberapa kelebihan industri penerbangan adalah :

    1. Waktu yang singkat
    Perjalan dengan pesawat itu menghemat waktu perjalan seseorang. Sebab, dengan menggunakan pesawat akan bisa menempuh jarak yang jauh dalam waktu singkat. Waktu yang lain dapat dingunakan untuk negiatan lain yang memang telah di jadwalkan.

    2. Tepat waktu
    Kapal terbang merupakan sebuah alat tranportasi terjadwal. Sehingga waktu keberangkatan dan kedatangannya haruslah sesuai dengan waktu yang dijadwalkan agar tidak bersinggungan dengan jadwal pesawat lainnya.

    3. Menghemat tenaga
    Waktu perjalan yang singkat menjadikan penumpang pesawat bias menghemat tenaga dalam perjalan. Sehingga mereka tetap bias beraktifitas di tempat tujuan tanpa harus merasa lelah. APalagi bagi orang-orang yang sangat membutuhkan tenaga untuk banyak beraktifitas.

    4. Mudah dan murah
    Dalam system penerbangan, penumpang tidak perlu mengurus barang bawaan mereka sendiri. Hal ini akan memudahkan penumpang sehingga tidak harus repot menata barang bawaan di bagasi. Selain itu, dengan makin banyaknya maskapai penerbanganvmenjadikan harga tiket pesawat semakin bersaing dan murah.
    Transportasi udara memiliki keunggulan kecepatan dibandingkan dengan transportasi lainnya,sehingga industri penerbangan menjadi sarana transportasi bagi wisatawan, pengusaha, dan masyarakat.

    • Jumlah anggota keluarga ( + )

    Tiap tiap tahun jumlah kelahiran bayi di Indonesia mencapai sekitar 4,5 juta bayi. Di kabupaten atau kota yang masih mempunyai tingkat fertilitas tinggi atau yang KB-nya kurang berhasil, jumlah bayi yang lahir tiap tahunnya akan lebih banyak dibandingkan dengan kabupaten atau kota yang program KB-nya berhasil menurunkan tingkat fertilitas. Kabupaten atau kota yang masih mempunyai jumlah kelahiran yang besar,

    Hasil proyeksi menunjukkan bahwa jumlah penduduk Indonesia selama dua puluh lima tahun mendatang terus meningkat yaitu dari 205,1 juta pada tahun 2000 menjadi 273,2 juta pada tahun 2025 Walaupun demikian, pertumbuhan rata-rata per tahun penduduk Indonesia selama periode 2000-2025 menunjukkan kecenderungan terus menurun. Dalam dekade 1990-2000, penduduk Indonesia bertambah dengan kecepatan 1,49 persen per tahun, kemudian antara periode 2000-2005 dan 2020-2025 turun menjadi 1,34 persen dan 0,92 persen per tahun. Turunnya laju pertumbuhan ini ditentukan oleh turunnya tingkat kelahiran dan kematian, namun penurunan karena kelahiran lebih cepat daripada penurunan karena kematian. Crude Birth Rate (CBR) turun dari sekitar 21 per 1000 penduduk pada awal proyeksi menjadi 15 per 1000 penduduk pada akhir periode proyeksi, sedangkan Crude Death Rate (CDR) tetap sebesar 7 per 1000 penduduk dalam kurun waktu yang sama.

    Berdasarkan data angka kelahiran tersebut dalam jumlah anggota keluarga Indonesia akan berdampak positive terhadap industri penerbangan di Indonesia yaitu semakin banyaknya peminat untuk menggunakan jasa industry penerbangan

    Komentar oleh FRISKA FITRI SIMANJUNTAK | April 21, 2014 | Balas

  15. selamat malam pak jo, kami kelompok 5 mengirimkan tugas tentang analisis lingkungan industri penerbagan di Indonesia, dari variabel politik legal. Berikut tugas kami..
    mohon bimbingannya pak jo, terimakasih..

    KELOMPOK 5 : ENDAH PRATIWI ( C1B012007)
    RONGGO WARSITO ( C1B012016)
    SITI ROMADHONI ( C1B012019)
    MUHAMAD JHAILANI ( C1B012027)

    ANALISIS LINGKUNGAN INDUSTRI PENERBANGAN DI INDONESIA
    POLITIK LEGAL
    KELOMPOK 5
    1. Peraturan Perdagangan (+ positif)
    • dilarang melakukan jual rugi atau menerapkan harga yang sangat rendah dengan maksud untuk menyingkirkan atau mematikan pesaingnya menimbulkan praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat
    2. Stabilitas Pemerintah (+ positif)
    • Penerapan Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.
    • Aspek Pertahanan dan Keamanan
    • Pengaturan Flight Information Region (FIR) Wilayah Udara Indonesia
    • Pengelolaan Ruang Udara Nasional
    3. Undang undang persewaan (- negatif)
    • Berdasarkan informasi dari Indonesia National Air Carriers Association (INACA) sekitar 80% pesawat yang ada di Indonesia adalah pesawat sewa, yaitu kira-kira sebanyak 400 unit dari 500-an pesawat komersial yang tercatat beroperasi di Indonesia
    • Peraturan itu memuat dan mengatur kewajiban membayar with holding tax sewa pesawat sebesar 20%. Artinya penyewa pesawat harus membayar pajak sebesar 20% ditambah membayar penuh biaya sewa kepada pihak pemilik pesawat. Pajak ini masuk dalam kelompok PPh pasal 26. Hal ini membuat industry pesawat terebang maupun maskapai sulit untuk bertahan , bersaing satu dengan yang lain.
    4. Sikap terhadap perusahaan luar(+ positif)
    • Saling bersaing demi mendapatkan citra terbaik bagi para calon pelanggan

    Komentar oleh siti romadhoni | April 21, 2014 | Balas

  16. Selamat pagi pak jo, kami Kelompok 1 dari Manajemen’A 2012 dengan matakuliah Manajemen Strategik yang beranggotakan:
    1.Wahyudi :C1B012008
    2.Marina : C1B012009
    3.Dede Mariska Dinata : C1B012023
    4.Dewi Purnamasari : C1B012033
    5.M. Abdul Rahman : C1B012037
    mengirimkan tugas tentang analisis lingkungan terhadap industri penerbangan di indonesia dengan variabel ekonomi….
    Analisis lingkungan industri penerbangan di indonesia
    Ekonomi
    1.Tren pendapatan
    Jumlah Penumpang(+)
    Perkembangan industri penerbangan di Indonesia akan semakin meningkat. Hal ini bisa dinilai dari semakin banyaknya maskapai penerbangan dari luar negeri. Selain itu, tumbuhnya ekonomi dan daya beli masyarakat juga menjadi sebab semakin berkembangnya pasar domestik. Antusiasme masyarakat dalam industri penerbangan juga semakin tinggi karena makin terjangkaunya harga tiket dan banyaknya maskapai penerbangan yang memberikan aneka paket pilihan penerbangan hingga membuat masyarakat lebih memilih pesawat untuk sarana transportasi. Apalagi indonesia adalah negara kepulauan yang luas, sehingga semakin majunya zaman masyrakat pun menginginkan pilihan transportasi yang cepat untuk mencapai suatu tempat yang jauh baik di Indonesia maupun ke luar negeri. Pertumbuhan jumlah penumpang untuk domestik sendiri, Indonesia menjadi yang tertinggi di Asia pasifik dan masuk dalam jajaran 10 besar di dunia. Diperkirakan di tahun tahun berikutnya pertumbuhan jumlah penumpang di Indonesia meningkat sampai 20%.
    Internatinal Air Transport Association(IATA) sendiri memprediksi jika jumlah penumpang untuk domestik Indonesia pada tahun 2014 akan mencapai 38,9 juta orang. Indonesia juga menjadi industri penerbangan yang tumbuh dengan cepat di urutan keenam dunia, dengan rata-rata pertrumbuhannya 9,3 persen setiap tahunnya.
    Kontribusi Indonesia sendiri di negara Asia Pasifik mencapai 30% pada lalu lintas penerbangan dunia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang juga terus meningkat mendukung pula perkembangan industri penerbangan ini sendiri juga ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah pesawat dan awak pesawat.
    Kemudian di indonesia juga sedang berkembang industri MICE(meeting, incentive, confference and exhibition) dan ada sekitar 10 kota yang menjadi tujuan MICE di indonesia. Dengan industri mice ini industri penerbangan adalah industri yang paling tekena pengaruhnya. Dan ini akan sangat meningkatkan pertumbuhan industri penerbangan di Indonesia dan akan meningkatkan pendapatan dalam industri penerbangan di Indonesia.
    Kesimpulannya berdasarkan informasi di atas pendapatan industri penerbangan di indonesia juga akan meningkat seiring pertumbuhan industri penerbangan di indonesia
    Jumlah Pesawat(-)
    Melihat potensi pertumbuhan jumlah penumpang pesawat udara dan jumlah populasi, Indonesia sebenarnya kekurangan 309 unit pesawat hingga 2015.
    Menurut Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia, Emirsyah Sattar, Indonesia tertinggal dalam hal rasio jumlah pesawat terhadap populasi penduduk dan rasio kapasitas angkut pesawat terhadap populasi.Emir menyatakan, saat ini jumlah armada yang dimiliki seluruh maskapai nasional hanya 508 unit, tahun depan sekitar 549 unit, dan pada 2015 diprediksi 593 unit. “Melihat potensi yang ada, kita masih kekurangan 309 pesawat,” kata Emirsyah.Direktur Operasi Garuda Kapten Novianto menambahkan, dari segi rasio kapasitas angkut armada dibanding jumlah penduduk juga tertinggal. Maskapai Singapura mampu mengangkut 35 juta penumpang per tahun atau tujuh kali dari jumah penduduk (5 juta), Hong Kong 39 juta penumpang dari 7 juta populasi (5,5 kali), Australia 77 juta penumpang dari 23 juta populasi, dan Inggris mampu pengangkut 174 juta penumpang dari 62 jumlah penduduk.
    Sedangkan maskapai Indonesia hanya mampu mengangkut 80 juta penumpang dari 240 juta penduduk atau rasionya hanya sepertiganya. “Tapi justru dari data ini, ruang untuk tumbuh di bisnis penerbangan sangat bagus,” kata Emir.
    Jadi kesimpulannya, jika dilihat dari jumlah pesawat industri penerbangan di indonesia masih kekurangan artinya ini berdampak negatif bagi industri penerbangan di indonesia
    Jumlah Bandara(-)
    Jumlah bandara yang ada di indonesia sekitar 237, jumlah segini masih kurang jika dilihat dari peningkatan jumlah penumpang. Berdasarkan data dari Kemenhub, jumlah penumpang meningkat dari 68,34 juta penumpang pada 2011 menjadi 81,35 juta penumpang pada 2012 dan 85,17 juta penumpang pada 2013.(M040)
    Kemenhub menyatakan, pembangunan dan pengembangan bandara di Indonesia memiliki arti strategis apalagi setelah diketahui bahwa jumlah penumpang yang menggunakan modal transportasi udara terus mengalami peningkatan. Jadi jika jumlah bandara masih kurang maka akan berdampak negatif bagi industri penerbangan di indonesia

    2. Tingkat bunga(-)
    Tingkat suku bunga di Indonesia saat ini sebesar 7,5%. Pengaruhnya terhadap industri penerbangan di Indonesia yaitu apabila suku bunga terus meningkat, akan mengakibatkan industri penerbangan di Indonesia cukup mengalami kesulitan dalam finansial perusahaan. Hal ini dikarenakan biaya operasional perusahaan penerbangan kebanyakan dibiayai menggunakan mata uang asing yaitu dollar amerika. Apabila tingkat suku bunga meningkat, otomatis perusahaan penerbangan yang membiayai perusahaan dengan berhutang kepada Bank Indonesia akan terkena dampak dari meningkatnya suku bunga pinjaman sebagai akibat dari kenaikan tingkat suku bunga Bank Indonesia atau yang biasa dikenal dengan BI Rate tersebut.
    3. Pasokan uang(-)
    Peningkatan permintaan terhadap mata uang adalah yang terbaik karena denganmeningkatnya permintaan untuk transaksi uang, atau mungkin adanya peningkatan permintaan uang yang spekulatif. Transaksi permintaan uang akan sangat berhubungan dengan tingkat aktivitas bisnis negara berkaitan, produk domestik bruto (PDB) (gross domestic product (GDP) atau gross domestic income (GDI)) , dan tingkat permintaan pekerja. Semakin tinggi tingkat menganggur pada suatu negara akan semakin sedikit masyarakatnya yang secara keseluruhan akan dapat menghabiskan uang pada belanja pengeluaran untuk pembelian barang dan jasa dan Bank Sentral, di Indonesia dalam hal ini dilakukan oleh Bank Indonesia biasanya akan sedikit kesulitan dalam melakukan penyesuaian pasokan uang yang dalam persediaan untuk mengakomodasi perubahan dalam permintaan uang berkaitan dengan transaksi bisnis.
    Pemeliharaan, Perbaikan dan Pengeluaran Overhaul (MRO) adalah proporsi signifikan dari biaya yang dikeluarkan sebuah maskapai penerbangan. Pasokan uang di perlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jadi kesimpulannya pasokan uang yang susah di sesuaikan akan memberikan pengaruh negatif bagi industri penerbangan di indonesia

    4. Tingkat inflasi(-)
    Inflasi yang diperkirakan akan terus naik setiap tahunnya akan memberikan efek negatif dan positif bagi industri penerbangan. efek negatif bagi industri penerbangan yaitu kenaikan upah para pekerja naik, akan menyebabkan harga tiket juga naik. Ketika harga avtur meningkat , ongkos tiket juga akan naik. Jika hal ini terjadi jika ada resesi dalam perekonomian, akan ada PHK dalam industri penerbangan guna memangkas biaya operasional supaya harga tiket masih bisa bersaing di pasaran. Kalau PHK tidak dilakukan, harga tiket akan tinggi dan menyebabkan industri penerbangan mengalami sepi penumpang. Penumpang akan mencari alternatif transportasi lain apabila harga tiket pesawat dianggap terlalu mahal. Efek positifnya yaitu ketika inflasi terjadi, investasi dalam bentuk saham di industri penerbangan akan menjadi pilihan yang tepat bagi para investor karena saat inflasi yang paling tepat untuk dilakukan adalah mengurangi jumlah uang tunai yang dipegang saat itu untuk menghindari kerugian atas penurunan nilai mata uang karena inflasi yang sedang terjadi. Kemudian investasi dalam bentuk saham di industri penerbangan merupakan klaim nyata dari aset perusahaan dan arus kas yang dapat meningkat sejalan dengan harga jika sebuah perusahaan mempunyai sebuah kemampuan harga maka investor akan sangat tertarik untukmenginvestasikan uangnya dalam bentuk saham dan saham itu bisa dibeli dari saham industri penerbangan untuk menghindari kerugian dari inflasi
    5. Tingkat pengangguran(+)
    Faktor pendukung lain yang membuat bisnis penerbangan di Indonesia sangat prospektif adalah pertumbuhan ekonomi nasional mulai tahun 2015 yang berpotensi mencapai 7 persen, jumlah penduduk kelas menengah yang besar, serta kota-kota tertentu yang pertumbuhan ekonominya luar biasa.
    Emir mengungkaptkan, ada sejumlah kota menengah (berpenduduk 5-10 juta) yang ekonominya tumbuh 6,7 persen dan kota kecil-sedang (berpenduduk 3-5 juta) yang PDRB-nya tumbuh 6,4 persen. Di kota-kota tersebut pertumbuhan penumpangnya sangat signifikan.
    Jumlah pengangguran pada tahun 2014 diprediksikan menurun menjadi 7, 24 juta orang (6,03%). Jumlah ini lebih rendah dibanding jumlah pengangguran terbuka saat ini yang berjumlah 7,39 juta orang (6,25%) (BPS, Sakernas Agustus 2013). Ini akan berdampak positif bagi penerbangan di indonesia karna masyarakat miskin akan berkurang dan masyarakat menengah keatas tentunya akan memilih transportasi udara.
    6. Devaluasi/revaluasi(-)
    Rupiah mengalami pelemahan nilai tukar. Indonesia terdepresiasi 21% ke level Rp. 12.180 hingga menempatkannya sebagai mata uang yang mengalami pelemahan mata uang paling buruk di Asia. Industri penerbangan sangat sensitif terhadap nilai tukar. Itu karena 70% biaya operasional maskapai menggunakan dolar AS, dari mulai harga bahan bakar(avtur), leasing, biaya perawatan pesawat hingga pembelian sukku cadang. Harga avtur misalnya sudah naik 25% dalam setahun terakhir. Padahal biaya avtur memengaruhi sekitar 45% dari total biaya operasional pesawat.
    7. Ketersediaan energi dan biaya.(-)
    Ketersediaan biaya dalam industri penerbangan ini bisa dikatakan cukup sulit karena hampir semua biaya dalam industri penerbangan di indonesia menggunakan dollar. Apabila nilai tukar tidak stabil, bisa berakibat sangat buruk bagi industri penerbangan ini. Biaya operasional seringkali membengkak sehingga banyak industri penerbangan yang tutup karena telah merugi sangat banyak dan tidak dapat menutupi biaya operasionalnya lagi. Ketersediaan energi untuk penerbangan indonesia sepertinya tergantung pemerintah yang memasok avtur.
    8. Pendapatan siap belanja(-)
    Saat ini semakin banyak maskapai yang kedodoran, bahkan babak-belur, karena sulit bertahan melanjutkan operasional dengan beban harga avtur yang terus meroket, tingginya beban biaya operasional, inflasi, bahkan kecenderungan musim sepi penumpang (low season) pada awal tahun.
    Situasi semacam ini bisa diibaratkan “lampu kuning” untuk sektor industri penerbangan nasional, mengingat saat ini banyak maskapai yang jatuh-bangun mempertahankan kualitas layanan terhadap penumpang.
    Harga avtur, yang dipahami sebagai faktor eksternal, membuat perusahaan tertekan dan pada akhirnya turut menggangu stabilitas keuntungan maupun maskapai itu sendiri. Pengamat bisnis aviasi, Arista Atmadjati mengungkapkan, harga avtur dunia yang tidak pernah turun dari 2001 membuat maskapai di Indonesia memagari harga avtur pada level US$ 90 per barel.
    Jadi, ini akan memberikan pengaruh kepada pendapatan karena apabila pendapatan tidak berputar dengan cepat maka industri penerbangan akan kesulitan untuk melanjutkan perputaran biaya untuk belanjanya.

    Terimakasih pak jo,, Mohon bimbingannya…

    Tugas ini adalah yg pertama sampai, ulasannya juga bagus. Kalau dimungkinkan dikirimkan juga sumber data atau informasi yg dirujuk pada tugas ini. Selamat.

    Komentar oleh wahyudi | April 22, 2014 | Balas

  17. selamat pagi pak jo, kami dari kelompok 2 Manajemen A 2012 , dengan matakuliah manajemen strategik yang beranggotakan :
    Fathinul Abdul Aziz (C1B012035)
    Raden Nicita (C1B012039)
    Christina Oberta ( C1B02034)
    Media Novriani (C1B012028)
    Tomy Syaputra (C1B012022)
    mengirimkan tugas lingkungan terhadap industri penerbngan di indonesia dengan variabel ekonomi
    analisis lingkungan industri penerbangan indonesia
    teknologi
    1.Biaya untuk R&D
    A. Analisis kebutuhan(+)
    – Manfaat dari industri penerbangan.
    Indutri penerbangan bukan hanya sebagai alat transportasi, tetapi sudah menjadi kebutuhan Bisnis. Contoh : Bisnis Tiket Pesawat Online Semakin Mudah dan Pesawat angkut
    – Perkembangan kebutuhan terhadap industri penerbangan.
    Kemungkinan pesawat dikembangkan untuk dijadikan kebutuhan pribadi.
    Contoh : banyak orang kaya yang menggunakan pesawat pribadi.
    – SDM yang mengembangkan.
    SDM yang ada di indonesia saat ini sudah semakin berkualitas sehingga industri penerbangan dapat dikembangkan. Seperti : PT DI memang belum mampu untuk membuat secara mandiri. Selain ini butuh modal besar untuk melakukan riset sendiri namun jika besama korea maka teknologi kita akan dapatkan dengan sendirinya dan kelak dapat dikembangkan lagi untuk membuat pesawat tempur ciptaan sendiri.
    B. Studi literatur(+)
    – Sumber informasi jadwal penerbangan komersial, melalui sms gateway.
    – Kebutuhan sumber informasi bagi calon penumpang, melalui internet dan kontak person.
    – Pemanfaatan metode jaringan kerja sesuai denga standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
    – Metode pemilihan lintasan terpendek salah satunya dengan dynamic programming berbasis web.
    C. Riset skala kecil(+)
    – Perencanaan penelitian
    – Pengembangan desain
    – Tahap uji ahli
    2.Biaya industri untuk R&D
    A. Strategi Diferensiasi (Differentiation)(+)
    Strategi ini cirinya adalah bahwa perusahaan mengambil keputusan untuk membangun persepsi pasar potensial terhadap suatu produk/jasa yang unggul agar tampak berbeda dengan produk yang lain. Dengan demikian, diharapkan calon konsumen mau membeli dengan harga mahal karena adanya perbedaan itu.
    Contoh : perusahaan jetstar indonesia, Penumpang Kelas Bisnis akan menerima paket Comfort Pack untuk kenyamanan beristirahat. Paket ini mencakup selimut dan bantal, dan perlengkapan lain seperti penutup mata, sikat gigi, pasta gigi, kaos kaki, dan kosmetika. Paket Comfort Pack ini dapat dibeli di kabin kelas ekonomi
    Sementara garuda indonesia, beberapa layanan super spesial akan sangat memanjakan pengguna tiket First Class ini. Beberapa layanan First Class Garuda Indonesia yang bisa Anda nikmati, seperti Pre Journey, merupakan layanan First Class yang dimulai bahkan sebelum naik pesawat. Pemegang tiket First Class akan dijemput menggunakan limousine serta dilayani oleh petugas First Class yang akan memastikan semua keperluan dan persiapan penerbangan sudah terpenuhi. Dan Layanan In-Flight juga bisa Anda dapatkan, dimana dalam penerbangan Anda akan merasakan First Class Suite pribadi dengan kursi yang sangat lega dan nyaman serta bisa digunakan menjadi sebuah tempat tidur yang sangat nyaman sehingga sesampainya di tempat tujuan Anda akan bangun dengan segar.
    B. Strategi Kepemimpinan Biaya Menyeluruh (Overall Cost Leadership)(-)
    Strategi ini cirinya adalah perusahaan lebih memperhitungkan pesaing daripada pelanggan dengan cara harga jual produk yang murah, sehingga biaya produksi, promosi maupun riset dapat ditekan, bila perlu produk yang dihasilkan hanya sekedar meniru produk dari perusahaan lainnya. Seperti : seperti lion air dan Batavia air yang memberikan tiket pesawt dengan harga yang murah. Dalam hal ini kedua perusahaan itu lebih menekan kan pada persaingan harga.
    C. Strategi fokus (focus)(+)
    Strategi ini cirinya adalah perusahaan mengkonsentrasikan pada pangsa pasar yang kecil untuk menghindar dari pesaing. Strategi ini memiliki dua varian yaitu fokus pada biaya (cost focus) dan fokus pada produk (differentiation focus). Contoh : pesawat yang hanya melayani orang dewasa dengan tujuan bisnis, seperti pesawat garuda indonesia.
    3.Fokus teknologi
    A. Tekonologi apa yang digunakan oleh industri penerbangan di Indonesia(+)
    Teknologi yang di gunakan di industri penerbangan indonesia sudah canggih dimana industri penerbngan sudah menggunakn sistem digital dalam menjalankan pesawatnya, teknologi yang di gunakan itu bernama teknologi kedirgantaraan, Indonesia memiliki sejarah panjang dalam mengembangkan pesawat komuter militer dan kecil,sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara untuk memproduksi dan mengembangkan pesawat sendiri, juga memproduksi komponen pesawat untuk Boeing dan Airbus, dengan perusahaan pesawat milik negara bernama Industri Pesawat Terbang Nurtanio atau IPTN (didirikan pada 1976) yang sekarang bernama PT. Dirgantara Indonesia, yang dengan perusahaan EADS CASA dari Spanyol mengembangkan pesawat CN-235, yang telah diekspor ke berbagai negara.
    Contoh : jenis kelompok pesawat penumpang komersial jarak dekat sampai menengah yang diproduksi oleh Airbus. A320 merupakan pesawat penumpang pertama dengan sebuah sistem kendali fly-by-wire digital, di mana pilot mengendalikan penerbangan melalui penggunaan sinyal elektronik dan bukan secara mekanik dengan hendel dan sistem hidraulik. Kelompok pesawat A320 (yang termasuk A318, A319, A320, dan A321, serta pesawat jet bisnis ACJ) adalah satu-satunya kelompok pesawat berbadan sempit (narrow-body) yang diproduksi Airbus.
    B. kemajuan teknologi penerbangan di Indonesia(+)
    Selama 24 tahun terakhir berdirinya, IPTN telah mampu dan berhasil melakukan transfer teknologi penerbangan canggih dan terbaru, kebanyakan dari belahan bumi Barat, untuk Indonesia. IPTN telah berpengalaman dalam desain, pengembangan, dan manufaktur pesawat kecil untuk komuter regional menengah.
    C. Keamanan tekonologi di industri penerbangan Indonesia(+)
    Industri penerbangan di Indonesia saat ini mengalami kemajuan yang pesat. Letak geografis Indonesia yang memiliki banyak pulau menjadikan penerbangan sebagai moda transportasi yang cepat dan aman untuk menghubungkan antar pulau. Contoh nya Garuda Indonesia sebagai perintis penerbangan nasional serta pembawa bendera Indonesia, sudah tentu menjadi kebanggaan dan pilihan masyarakat sebagai pengguna jasa. Sebagai operator penerbangan yang memiliki sertifikat IOSA, Garuda Indonesia mengedepankan aspek service, safety dan security plus compliance. Hal ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan kepercayaan masyarakat agar memilih Garuda Indonesia sebagai penyedia jasa penerbangan.

    Tidak ada kata kompromi dalam keamanan karena aspek keamanan adalah salah satu elemen penting yang harus dijalankan secara konsisten dan komprehensif dalam industri penerbangan. Selain sebagai business balancing, keamanan juga menjadi jaminan bagi para pengguna jasa, pegawai, pemegang saham dan penyedia jasa eksternal untuk tetap menjadikan Garuda Indonesia sebagai mitra penyedia jasa penerbangan. Berdasarkan hal-hal tersebut, dalam menerapkan dan mempertahankan performa keamanan yang tinggi, manajemen Garuda Indonesia berkomitmen untuk :
    • Membangun sistem keamanan yang mumpuni melalui pengembangan Manajemen Sistem Keamanan (Security Management System) dan Program Keamanan Penerbangan Garuda Indonesia secara berkesinambungan,
    • Secara konsisten melakukan investasi berkelanjutan dalam hal pelatihan keamanan penerbangan termasuk investasi dalam hal sistem dan teknologi pendukung,
    • Menerapkan quality assurance system dan kendali mutu secara konsisten dan pola penyampaian informasi keamanan tanpa hambatan ke seluruh unit dalam perusahaan,
    • Secara cepat merespon setiap situasi dan kondisi yang dinilai dapat membahayakan keselamatan dan keamanan seseorang dan/atau infrastruktur,
    • Membangun sistem komunikasi yang efektif untuk memastikan kelancaran pertukaran informasi keamanan yang relevan, sehingga mampu menghubungkan seluruh unit dalam organisasi tanpa hambatan termasuk ke senior manajer, manajer operasional, karyawan di lini depan maupun pihak eksternal yang terikat kontrak mendukung operasional perusahaan,
    • Membangun dan mengembangkan budaya keamanan secara konsisten.
    4. Proteksi paten
    A. Inovasi dari industri penerbangan(+)
    Dalam hal ini , hal yang paling di pertahankan untuk menjadi hak milik dan tidak bisa di ganggu gugat oleh perusahaan lain adalah inovasi yang di lahirkan dari perusahaan itu sendiri, karena setiap layanan penerbangan harus memiliki inovasi yang bervarian dari perusahaan lainnya. Contohya : perbedaan inovasi antara maskapai garuda indonesia dengan maskapai batavia , yang mana kita dapt melihat dalm hal simbol yang melambngan pesawat itu senderi dan warna yang mencoraki dinding-dinding luar peaswat.
    5. Produk baru
    A. Apa saja produk baru pesawat di Indonesia(+)
    PT Dirgantara Indonesia (Persero) hingga 2012 telah memproduksi tak kurang dari 309 unit pesawat terbang, yaitu :
    1. NBO105
    NBO105 adalah helikopter yang diproduksi sejak tahun 1976, kala itu PT DI masih bernama PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio. Helikopter ini berlisensi MBB Jerman.
    Hingga 2012, PT DI telah membuat 122 unit NBO105. Namun, saat ini PT DI tidak memproduksi lagi helikopter tersebut. 2.
    2. NBELL412
    NBELL412 adalah helikopter yang diproduksi sejak 1984, ketika PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio berubah nama menjadi PT Industri Pesawat Terbang Nusantara (PT IPTN). Helikopter jenis ini diproduksi dengan menggunakan lisensi dari Bell Textron USA.
    Hingga 2012 PT DI telah merampungkan 45 unit NBELL412. Namun, kini PT DI tak lagi memproduksi helikopter tersebut. Kendati demikian, PT DI kembali bekerjasama dengan Bell Textron USA untuk memodifikasi, dan sebagai global supplier BELL412 EP. 3.
    3. NSA330
    Hingga 2012, PT DI memproduksi sekitar 11 unit NSA330, yang digunakan oleh TNI AU Republik Indonesia. Helikopter puma ini diproduksi sejak 1982, zaman PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio, dengan lisensi dari Aerospatiale Perancis (sekarang Eurocopter). Kini, PT DI tak lagi memproduksi NSA330, diganti menjadi NAS332. 4.
    4. NAS332
    NAS332 juga diproduksi sejak 1982. Hingga 2012, helikopter super puma ini telah diproduksi sebanyak 20 unit, dengan lisensi Eurocopter. 5.
    5. NC212
    Hingga 2012 tercatat sebanyak 104 unit NC212 yang telah diproduksi PT DI. NC212 merupakan pesawat multiguna yang mampu membawa 20 penumpang atau muatan 2.000 kg.
    NC212 seri 200 dan 400 dapat digunakan sebagai pembuat hujan, patroli maritim dan penjaga pantai. Kementerian Pertanian Thailand menggunakan NC212 sebagai pembuat hujan. Sementara TNI AL Republik Indonesia menggunakan seri 200 sebagai patroli maritim selain CN235. 6.
    6. CN235
    CN235 menjadi salah satu produk unggulan PT DI. Hingga 2012 tercatat sebanyak 62 unit pesawat jenis ini yang telah diproduksi, dari kontrak sebanyak 262 unit.
    CN235 mulai dirancang bangun sejak 1979 bersama CASA. Pesawat ini dirancang untuk multiguna, mampu melakukan short take off and landing, dan dioperasikan di landasan perintis yang pendek (800 meter).
    Pesawat ini telah diproduksi dengan berbagai varian, dengan varian pertama seri 10 dan 100. Sementara itu, varian terakhir menggunakan 2 mesin buatan GE tipe CT7-9C yang masing-masing berdaya 1750 SHP. 7.
    7. CN295
    CN295 merupakan pesawat hasil pengembangan CN235 oleh Airbus Military (atau CASA). Badan pesawat lebih panjang 3 meter dibanding CN235, sehingga dapat membawa 40 sampai 50 penumpang.
    CN295 digerakkan oleh 2 mesin turboprop Pratt & Whitney. Hingga 2012 PT DI telah mendeliver 2 dari 9 unit kontrak CN295 untuk TNI AU.
    B. Bagaimana kualitas Produk baru tersebut(+)
    Kulitas produk baru tersebut seharusnya sudah di akui oleh dalam negri dan luar negeri , tentunya pesawat harus memberikan pelayan yang maksimal kepada para penumpang agar penilaian para penumpan terhadap pesawat itu aakn baik , dan tentunya itu juga mencerminkan bahwa pesawat tersebut berkualitas baik .
    contoh : PT Dirgantaea Indonesia semakin dilirik oleh berbagai negara, seperti perusahaan swasta dan instansi pemerintah dari dalam negeri dan negara-negara lain. Sejak aktif mengikuti pameran dan promosi di luar negeri—seperti di Singapura dan Kuala Lumpur (Malaysia), kualitas produk buatan Dirgantara Indonesia mampu bersaing dengan produsen pesawat dari negara-negara maju dalam posisi yang setara. Kepercayaan dan dukungan yang terus menerus pada Dirgantara Indonesia direalisasikan dan diwujudkan sebagai komitmen dan kerja keras untuk menghasilkan produk yang berkualitas, tepat harga dan tepat waktu (deliver) sehingga para pelanggan merasakan kepuasan seperti pesawat yang digunakan untuk menjaga pertahanan wilayah kepulauan Indonesia.
    C. Keamanan Pesawat baru(+)
    Tentunya tingkat keamanan pada pesawat baru telah di uji oleh para penguji dalam perusahaan tersebut, apakah pesawat itu sudah layak untuk di gunakan atau masih ada kekurangan , hal ini dilakukan tentunya untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang dan tentunya hal ini juga bisa menjadi niali positif bagi perusahaan.
    Contoh: maskapai garuda indonesia yang mana Kualitas keamanan dan keselamatan dalam maskapai ini juga sudah tinggi, dengan adanya system GMF (Garuda Maintenace Facilities) sebagai bengkel pesawat khusus Garuda Indonesia, memberikan kesan bahwa pesawat ini selalu di maintenance setiap waktu, sehingga kondisi pesawat selalu prima saat di jalankan oleh pilotnya untuk penerbangan.

    Komentar oleh jailani | April 22, 2014 | Balas

  18. Selamat siang pak Jo, kami dari kelompok 7 kelas Manajemen A yang beranggota:
    Cici Carmiasih (C1B012001)
    Nurhayati (C1B012004)
    Retno Wulandari (C1B012005)
    Ahmad Amalan (C1B012036)
    mengirimkan tugas tentang Analisis Terhadap Industri Penerbangan Di Indonesia dari variabel Sociokultural.
    Berikut tugas dari kami.
    Mohon bimbingannya ya pak.
    Terima kasih sebelumnya.

    ANALISIS TERHADAP INDUSTRI PENERBANGAN
    DI INDONESIA

    SOCIOKULTURAL

    1. Pertumbuhan Penduduk
    Jumlah Penduduk (+)
    Pertumbuhan penduduk di Indonesia setiap tahunnya terus bertambah. Menurut data yang ada di dalam Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), pertumbuhan penduduk pada tahun 2013 diperkirakan akan mencapai 250 juta jiwa dengan pertumbuhan penduduk 1,49 % per tahun. Struktur tersebut dipengaruhi oleh Triple Burden, yaitu jumlah usia sekolah dan balita sebesar 28,87%, angkatan kerja 63,54%, dan lansia mencapai 7,59%, bila angka ini terus meningkat terutama lansia yang saat ini sudah menembus angka 17 juta jiwa. Faktor secara kuantitatif adalah pesebaran yang fokus pada pulau Jawa, faktor lainnya selain kuantitas adalah kualitas yang mencakup kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya.
    Dengan jumlah penduduk yang mencapai sekitar 250 juta jiwa maka tidak heran jika jumlah penumpang udara di Indonesia dalam 10 tahun terakhir telah meningkat dengan tajam, bahkan beberapa analis penerbangan di Tanah Air memperkirakan jumlah penumpang udara di Indonesia tahun 2015 akan bisa menembus 100 juta orang.

    Jumlah Tenaga Kerja (-)
    Saat ini di Indonesia tenaga pilot sangatlah kurang, setiap tahun defisit sekitar 300 pilot baru. Kebutuhan pilot baru 500 orang per tahun, namun produksi dari semua sekolah pilot di Indonesia hanya mampu memproduksi 150 pilot baru. Kekurangan pilot baru ini banyak diisi oleh pilot-pilot asing. Kurangnya tenaga kerja pilot akan berdampak negatif bagi penerbangan di Indonesia.
    Rasio antara jumlah penumpang dengan seringnya jumlah penduduk yang terbang per tahun rata-rata setiap penduduk akan terbang minimal dua kali setahun. Jadi, idealnya Indonesia dengan jumlah penduduk 250 juta harusnya jumlah pesawat yang tersedia mencapai 2.000 armada dengan jumlah penumpang setahun bisa mencapai 500 juta, apalagi mengingat negara kita adalah negara kepulauan yang memerlukan mobilitas dengan kecepatan yang hebat di era modern saat kini. Prediksi jumlah penumpang pada 2015 akan menembus 100 juta setahun adalah angka yang menurut kami akan dengan mudah bisa ditembus oleh pebisnis penerbangan niaga di Indonesia.

    Kapasitas Tidak Memadai (-)
    Potensi besar dari penerbangan di Tanah Air belum diimbangi oleh kapasitas bandara yang ada. Dari puluhan bandara, baik yang berkelas internasional hingga level terbatas, hampir seluruhnya terkendala masalah infrastruktur. Kapasitas bandara rata-rata saat ini tidak mampu mengimbangi pertumbuhan penumpang. Jadi, kepadatan di bandara, baik karena pertumbuhan penumpang maupun pesawat, sulit terelakkan. Akibat minimnya kapasitas bandara dalam menampung pertumbuhan penumpang udara yang pesat, hal yang sering dikeluhkan para pengguna jasa penerbangan, yaitu delay / keterlambatan. Makin lama delay, semakin menambah beban operasional maskapai. Untuk mengoperasikan pesawat berbadan kecil, maskapai harus mengeluarkan biaya hingga US$ 6.000. Selain itu, biaya bahan bakar lebih membengkak ketika pesawat antre atau berputar-putar di udara ketika belum diizinkan mendarat. Keadaan seperti ini akan berdampak negatif bagi penerbangan di Indonesia.

    2. Pergeseran Penduduk Regional (-)
    Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memproyeksikan pada 2025 mendatang terjadi puncak perpindahan penduduk dari wilayah pedesaan ke wilayah perkotaan. Sekira 65 persen dari seluruh jumlah penduduk atau 195 juta jiwa akan bermukim di perkotaan. Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) di desa jauh tertinggal dibandingkan perkotaan dan memaksa masyarakat desa untuk berangkat menuju perkotaan demi melanjutkan hidup. Pada tahun 2025 dengan jumlah desa yang mencapai 78 ribu desa, kurang lebih 65 persen jumlah penduduk akan tinggal di desa. Ironisnya, bukan kotanya yang bergeser dan bertambah, tetapi hanya penduduknya. Berdasarkan pengamatan kondisi ini terjadi akibat ketimpangan perekonomian. Keadaan seperti ini akan mengakibatkan permintaan terhadap penerbangan di Indonesia menurun, dikarenakan ketimpangan ekonomin atau penghasilan penduduk yang rendah.

    3. Ekspektansi Hidup (+)
    Hasil penelitian yang dilakukan kementerian kesehatan justru menunjukkan angka harapan hidup dari tahun ke tahun terus meningkat. Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan, mengatakan pada 2014 umur harapan hidup masyarakat Indonesia rata-rata akan mencapai 72 tahun. Padahal pada 2004 umur harapan hidup hanya pada kisaran 66,2 tahun. Pada perempuan, angka harapan hidup ini lebih besar, bisa 5 tahun lebih tinggi, menyebabkan bertambahnya populasi penduduk lansia, yaitu penduduk di atas 60 tahun. Pada tahun 2000, jumlah penduduk lansia di Indonesia hanya 5,3 juta. Angka ini meningkat tajam menjadi 24 juta pada 2010. Sedangkan di regional Asia Tenggara, jumlah penduduk lansia saat ini mencapai 142 juta.
    Semakin tinggi tingkat harapan hidup penduduk di Indonesia maka akan mengakibatkan permintaan jasa penerbangan meningkat. Alasannya bagi masyarakat lansia dengan adanya jasa penerbangan akan mempermudah mereka untuk bepergian.

    4. Tingkat Kelahiran
    Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengaku, program Keluarga Berencana (KB) kurang berjalan. Dalam 10 tahun terkahir. Rata-rata angka kelahiran di Indonesia masih relatif sama 1,49 persen, angka ini naik dari tahun 2000-2010. Sebelumnya dari tahun 1990-2000 angka rata-rata kelahiran turun sebesar 1,45 persen. pertumbuhan penduduk kebanyakan tumbuh pada kalangan tidak mampu. Dari data yang dmiliki, rata-rata penduduk Indonesia yang berpendidikan tinggi mempunyai anak sebesar 2,1 persen. Kelompok masyarakat yang mendekati kaya dan sangat kaya hanya 2 persen. Sedangkan yang berpendidikan di bawah SD rata-rata 3 persen, bahkan yang di dalam golongan masyarakat miskin sebesar 3,6 pesen.
    Terlebih tiap tahunnya tercatat sebanyak 3,5 sampai 4 juta bayi dilahirkan. Angka tersebut seperti jumlah penduduk di Singapura. Angka kelahiran yang cukup besar tersebut, tidak diimbangi dengan kualitas Sumber Daya Manusia yang diharapkan. Seperti contohnya pendidikan yang tidak tinggi, gizi yang kurang mencukupi, dan kesehatan yang minim. Jika pertumbuhan penduduk terus menerus meningkat maka perekonomian di Indonesia tidak akan stabil karena lemahnya pendidikan masyarakat yang berada di kalangan bawah.

    Kesimpilannya, jika tingkat pertumbuhan penduduk bertambah dikalangan atas, maka akan mengakibatkan permintaan jasa penerbangan meningkat tajam. Namun, jika tingkat pertumbuhan penduduk bertambah dikalangan bawah, maka permintaan akan jasa penerbangan menurun. Jika dilihat dari data yang ada, pertumbuhan penduduk banyak yang dari kalangan bawah, itu artinya permintaan akan jasa penerbangan akan menurun.

    Komentar oleh Retno Wulandari | April 22, 2014 | Balas

  19. Selamat pagi pak, kami dari kelompok 4 yg beranggotakan:
    Sanwani (C1B012014)
    Reza Ramzanjani (C1B012006)
    Irma Setiani (C1B012002)
    Lady keke muthia ( C1B012024 )
    mengumpulkan tugas lanjutan kami tentang analisis industri penerbangan di indonesia berikut tugas kami:
    Politik Legal
    1.Peraturan anti trust perusahaan penerbangan
    Peraturan anti trust guna perlindungan hukum terhadap pengguna jasa penerbangan
    Dibentuknya undang-undang yaitu UU no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Maka artinya hak-hak konsumen tersebut sudah diakui keberadaannya dan memiliki kepastian hukum yang diatur dalam undang-undang. Upaya hukum yang sering merasakan kerugian bisa menggunakan pasal-pasal dalam UU No 8 tahun 1999. Bentuk perlindungan hukum bagi pengguna jasa transportasi udara,serta upaya hukum bagi penumpang yang dirugikan oleh perusahaan transportasi udara. Yaitu antara lain pengangkutan udara1939,undang-undang No 15 tahun 1992,undang-undang No 8 tahun 1999, peraturan pemerintah No 40 tahun 1995,materi perlindungan hukum yang diatur meliputi.
    1.tanggung jawab pesawat pengangkutan udara terhadap penumpang pesawat udara(+)
    2.tanggung jawab terhadap barang serta tanggung jawab terhadap keterlambatan(+)
    3.tanggung jawab asuransi(+)
    4.penentuan nilai ganti rugi yang disiapkan oleh perusaaan udara(+)
    5.menentukan upaya hukum yang dapat ditempuh oleh penumpang yang menglami kerugian. Melalui jalur pengadilan atau diluar pengadilan.(+)
    Sedangkan pelanggaran hak konsumen yang dilakukan pada pihak penerbangan:
    1.pencatatan identitas konsumen(-)
    2.penundaan jadwalpenerbangan dengan alas an cuaca/operasional teknikal(-)
    3.penundaan jadwal penerbangan tanpa pemberitahuan(-)
    4.menjual tarif tiket dengan batas atas(-)
    5.letak atau posisi kursi tidak sesuai dengan tiket(-)
    6.kehilangan barang dibagasi(-)
    7.tiket hangus(-)
    2.Lingkungan hukum instansi penerbangan
    Semua kesalah pada pihak maskapai penerbangan yang akan mengakibatkan kerugian pada konsumen sudah diatur dalam hokum. Misalnya Terkait dengan keterlambatan angkutan udara, UU No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan (UU Penerbangan) menjelaskan definisi keterlambatan sebagai “terjadinya perbedaan waktu antara waktu keberangkatan atau kedatangan yang dijadwalkan dengan realisasi waktu keberangkatan atau kedatangan” (lihat Pasal 1 angka 30 UU Penerbangan). Jenis-jenis keterlambatan kemudian diperjelas dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara (“Permenhub 77/2011”). Menurut Pasal 9 Permenhub 77/2011, keterlambatan terdiri dari:
    a.keterlambatan penerbangan(-)
    b.tidak terangkutnya penumpang dengan alasan kapasitas pesawat udara (-)
    c. pembatalan penerbangan (-)
     Dalam hal terjadi keterlambatan penerbangan pada angkutan penumpang yang dimaksud Pasal 9 huruf a Permenhub 77/2011 di atas, pengangkut (dalam hal ini maskapai penerbangan) bertanggung jawab atas kerugian yang diderita oleh penumpangnya.  Ganti rugi yang wajib diberikan oleh maskapai penerbangan kepada penumpang sebelumnya telah diatur dalam Pasal 36 Peraturan Menteri Perhubungan No. 25 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara (“Permenhub 25/2008”) yaitu:
    a.      keterlambatan lebih dari tiga puluh menit sampai dengan sembilan puluh menit, perusahaan angkutan udara niaga berjadwal wajib memberikan minuman dan makanan ringan(+)
    b.      keterlambatan lebih dari 90 (sembilan puluh) menit sampai dengan 180 (seratus delapan puluh) menit, perusahaan angkutan udara niaga berjadwal wajib memberikan minuman, makanan ringan, makan siang atau malam dan memindahkan penumpang ke penerbangan berikutnya atau ke perusahaan angkutan udara niaga berjadwal lainnya, apabila diminta oleh penumpang(+)
    c.      keterlambatan lebih dari 180 (seratus delapan puluh) menit, perusahaan angkutan udara niaga berjadwal wajib memberikan minuman, makanan ringan, makan slang atau malam dan apabila penumpang tersebut tidak dapat dipindahkan ke penerbangan berikutnya atau ke perusahaan angkutan udara niaga berjadwal lainnya, maka kepada penumpang tersebut wajib diberikan fasilitas akomodasi untuk dapat diangkut pada penerbangan hari berikutnya(+)
     Kemudian, pemerintah melengkapi ketentuan ganti rugi dalam Permenhub 25/2008 dengan ketentuan yang diatur dalam Pasal 10 Permenhub 77/2011, sebagai berikut:
    a.      keterlambatan lebih dari 4 (empat) jam diberikan ganti rugi sebesar Rp. 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) per penumpang (+)
    b.      diberikan ganti kerugian sebesar 50% (lima puluh persen) dari ketentuan huruf a apabila pengangkut menawarkan tempat tujuan lain yang terdekat dengan tujuan penerbangan akhir penumpang (re-routing), dan pengangkut wajib menyediakan tiket penerbangan lanjutan atau menyediakan transportasi lain sampai ke tempat tujuan apabila tidak ada moda transportasi selain angkutan udara(+)
    c.      dalam hal dialihkan kepada penerbangan berikutnya atau penerbangan milik Badan Usaha Niaga Berjadwal lain, penumpang dibebaskan dari biaya tambahan, termasuk peningkatan kelas pelayanan (up grading class) atau apabila terjadi penurunan kelas atau sub kelas pelayanan, maka terhadap penumpang wajib diberikan sisa uang kelebihan dari tiket yang dibeli.(+)
    Ketentuan peralihan dari Permenhub 77/2011 tidak menyatakan tidak berlakunya Permenhub 25/2008, sehingga keduanya tetap berlaku. Hanya saja, ketentuan ganti kerugian yang diatur Permenhub 77/2011 baru mulai berlaku tiga bulan sejak tanggal ditetapkan atau tiga bulan sejak 8 Agustus 2011 (lihat Pasal 29 Permenhub 77/2011).
     Jadi, memang dalam beberapa kondisi sebagaimana tersebut di atas, penumpang berhak dipindahkan ke penerbangan lain (mendapat tiket penerbangan lain), selain mendapatkan makanan dan minuman.
     Meksi demikian, pengangkut dibebaskan dari tanggung jawab atas ganti kerugian akibat keterlambatan penerbangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 huruf a yang disebabkan oleh faktor cuaca dan/atau teknis operasional (lihat Pasal 13 ayat [1] Permenhub 77/2011). Yang dimaksud faktor cuaca dan teknis operasional dijelaskan dalam penjelasan Pasal 146 UU Penerbangan dan juga Pasal 13 ayat (2) dan ayat (3) Permenhub 77/2011, seperti dapat dilihat dalam tabel di bawah ini: 
    Faktor Cuaca
    Teknis Operasional
    TIDAK Termasuk Teknis Operasional
    hujan lebat, petir, badai, kabut, asap, jarak pandang di bawah standar minimal, atau kecepatan angin yang melampaui standar maksimal yang mengganggu keselamatan penerbangan
     
    (Pasal 146 UU Penerbangan dan Pasal 13 ayat [2] Permenhub 77/2011) (+)
     
     
    a.     bandar udara untuk keberangkatan dan tujuan tidak dapat digunakan operasional pesawat udara;
    b.    lingkungan menuju bandar udara atau landasan terganggu fungsinya misalnya retak, banjir, atau kebakaran;
    c.     terjadinya antrian pesawat udara lepas landas (take off), mendarat (landing), atau alokasi waktu keberangkatan (departure slot time) di bandar udara; atau
    d.    keterlambatan pengisian bahan bakar (refuelling).
     
    (Pasal 146 UU Penerbangan dan Pasal 13 ayat [3] Permenhub 77/2011) (+)
    a.     keterlambatan pilot, co pilot, dan awak kabin;
    b.    keterlambatan jasa boga (catering);
    c.     keterlambatan penanganan di darat;
    d.    menunggu penumpang, baik yang baru melapor (check in), pindah pesawat (transfer) atau penerbangan lanjutan (connecting flight); dan
    e.    ketidaksiapan pesawat udara.
     
    (Penjelasan Pasal 146 UU Penerbangan) (+)

    Perangkat peraturan dapat meliputi pengaturan yang mempunyai tujuan sebagai berikut:
    1.menjaga keseimbangan semua pihak yang kepentingannya berhadapan (+)
    2.memberikan sanksi apabila memang sudah terjadi sengketa dengan cara menegakan
    hukum yang berlaku (+)
    3.menyiapkan lembaga penyelesaian sengketa dan hukum acaranya (+)

    3.pajak penerbangan
    Pengasilan wajib pajak dalam penerbangan dalam negeri atau perusahaan yangberkedudukan di indonesia , selain didapat dari transportasi rutindapat juga dariberdasarkan perjanjian carter.penghasilan dari perjanjian carter adalah meliputi semua bentuk carter, termasuk sewa ruangan pesawat udara , baik untuk orang maupun untuk barang.
    Peredaran brutobagi wajib pajak perusahaan penerbangan dalam negeridariperjanjian carter adalah semua adalah imbalan atau nilai pengganti berupa uang atau nilai uang yang diterima atau diperoleh dari pengangkutan orang atau barang yang dimuatdari satu pelabuhan ke pelabuhan diindonesia dan atau dari palabuhan Indonesia ke pelabuhan luar negeri. Besarnya penghasilan netto dari carter dari penerbangan dalam negeri adalah 6% dari peredaran bruto.
    Contoh:
    PT.Bruna Airlines, maskapai penerbangan nasional dengan rute penerbangan diwilayah Indonesia an internasional.dalam satu bulan,peredaran usaha yang didapat dariberbagai jasa penerbangan yang dicarter adalah Rp.1 miliar. Penghasilan nettodari carter adalah 6%XRp.1.000.000.000=Rp.60.000.000 (-)

    4.insentif penerbangan
    Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia sebelumnya dikabarkan akan membuka rute penerbangan baru yang menghubungkan antara Bandara Hang Nadim Batam dengan Bandara Ranai Natuna pada 10 April 2014. Akan tetapi, hingga kini rute penerbangan baru itu belum juga direalisasikan.
    BP Batam selaku pengelola Bandara Hang Nadim memastikan bahwa Garuda Indonesia belum melayani penerbangan ke Natuna dan belum diketahui secara pasti kapan perusahaan penerbangan plat merah itu akan mengoperasikan penerbangan ke sana. “Garuda Indonesia belum terbang ke Natuna. Kami masih menunggu kepastian dari manajemen untuk pembukaan rute itu,” kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam Dwi Djoko Wiwoho.
    Menurut rencana, penerbangan dari Batam ke Natuna dan sebaliknya akan dilayani oleh Garuda Indonesia dengan pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen yang memiliki kapasitas 96 kursi. Selain itu, rute penerbangan ini sudah dilayani oleh maskapai penerbangan Wings Air setiap hari dengan pesawat ATR 72 dan Sriwijaya Air tiga kali seminggu dengan pesawat Boeing 737. Sedangkan maskapai penerbangan Sky Aviation untuk sementara waktu tidak mengoperasikan rute ini karena sedang menghentikan operasionalnya.
    Dwi Djoko menuturkan, Bandara Hang Nadim masih banyak memiliki slot yang tersedia jika maskapai penerbangan ingin membuka rute baru maupun menambah frekuensi penerbangan dari Batam. “Bandara Hang Nadim sudah siap jika ada penambahan penerbangan. Slotnya tersedia, tinggal menunggu kesempatan maskapainya saja,” ungkapnya.
    Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan insentif kepada maskapai penerbangan yang mau melayani rute dari Batam ke Natuna. Menariknya, insentif ini tidak hanya berlaku untuk Garuda Indonesia, melainkan untuk semua maskapai penerbangan yang mau mengoperasikan rute tersebut.
    “Kami sudah menawarkannya kepada Garuda Indonesia untuk terbang ke Natuna. Kami juga menawarkan insentif yang sama kepada maskapai penerbangan lain yang bersedia terbang ke Natuna. Siapa duluan akan kami berikan insentif,” jelas Muhammad Sani, sembari menambahkan bahwa semakin banyak penerbangan ke Natuna, yang memiliki potensi minyak dan gas terbesar di Indonesia, akan mempercepat pertumbuhan ekonomi di sana.
    Bandara Ranai memiliki panjang landasan pacu 2.500 meter. Saat ini pembangunan terminal baru Bandara Ranai sedang berlangsung dan diperkirakan bisa beroperasi pada pertengahan tahun depan. “Bandara Ranai di Natuna memiliki panjang landasan yang cukup untuk pesawat jenis Boeing 737. Kami juga sedang membangun ruang tunggu yang lebih besar,”(+)
    Terimakasih pak jo, mohon bimbingannya

    Komentar oleh laadykeke | April 23, 2014 | Balas

  20. Selamat sore pak Johannes,
    kami dari kelas pagi manajemen M4B. 2012.
    Untuk tugas manajeman stratejik kami mengambil visi misi dari Kabupaten Bungo.
    Terimakasih pak.

    Tugas ke 1. M4B.
    Kelompok : 5
    Nama anggota : – RIZKI AMELIA (ERC1B012030)
    – DINDA TRIA AMANDA (ERC1B012054)
    – MUHAMMAD DERI AGUSTIAN (ERC1B012050)
    – M. ALMAN SAURA SAMUDRA (ERC1B012038)

    Visi dan misi Kabupaten Bungo

    Visi Kabupaten Bungo :
    “Bungo yang Mandiri, Aman dan Sejahtera Tahun 2016”
    atau disingkat menjadi “Bungo MAS 2016”

    Misi Kabupaten Bungo
    Untuk mencapai visi tersebut dilakukan melalui Misi:
    1. Meningkatkan kecerdasan dan kualitas sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa ke hadirat Allah SWT, serta meningkatkan derajat kesehatan dan pendidikan masyarakat dalam pembangunan yang berkelanjutan;
    2. Meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan pelabuhan udara yang mendorong sekaligus mendukung kemajuan perekonomian daerah;
    3. Menyelenggarakan pemerintahan yang amanah, efisien, efektif, bersih dan demokratis dengan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat secara prima;
    4. Meningkatkan kemampuan dan pengembangan pertumbuhan perekonomian rakyat dengan mendorong pengembangan simpul-simpul ekonomi rakyat utamanya pertanian, industri kecil, perdagangan dan jasa, serta koperasi;
    5. Mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumber daya alam secara cerdas dan bijaksana demi kepentingan masyarakat luas dan kelestarian lingkungan hidup;
    6. Meningkatkan sumber-sumber pendanaan dan investasi pembangunan melalui penciptaan iklim kondusif untuk pengembangan usaha dan penciptaan lapangan kerja;
    7. Mewujudkan kawasan perkotaan dan perdesaan yang sehat dan menarik untuk kegiatan ekonomi dan sosial budaya melalui partisipasi aktif masyarakat;
    8. Mengembangkan pemberdayaan masyarakat dan kehidupan beragama, adat istiadat dan budaya guna mewujudkan rasa aman dan ketentraman masyarakat.

    Program yang berkaitan dengan visi dan misi adalah strategi pembangunan daerah yang berisikan program indikatif untuk mewujudkan visi dan misi dari kepala daerah yang terpilih. Strategi diperlukan untuk memperjelas arah pengembangan program prioritas kepala daerah yang terpilih tersebut. Strategi pembangunan Kabupaten Bungo Tahun 2011-2016 merupakan strategi utama dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah. Adapun strategi itu adalah

    a. Melaksanakan pembangunan daerah yang berimbang antara pertumbuhan dan pemerataan serta bersahabat dengan lingkungan hidup sehingga menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.
    b. Melaksanakan percepatan pembangunan daerah yang diarahkan pada pengembangan sector ekonomi unggulan Kabupaten Bungo dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kearifan lokal.
    c. Melakukan reformasi birokrasi dan meningkatkan kinerja pelayanan publik oleh pemerintah Kabupaten Bungo berdasarkan prinsip good governance dan clean government guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membangun daerah.
    d. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah.

    Menurut kelompok kami program pembangunan daerah terbut mendukung visi dan misi Kab bungo karena mewujudkan infratruktur jalan, jembatan dan pelabuhan udara yang berkualitas dan ketersediaan yang lebih baik dan juga pemenuhan fasilitas infrastruktur pelayanan umum..

    Sumber :
    http://bungokab.go.id/bungo/modules/?r=articles/view/Visi-dan-misi-Kabupaten- Bungo
    http://bappeda.bungokab.go.id/dwnfilemanager.asp?id=473

    Komentar oleh rizki amelia | Mei 20, 2014 | Balas

  21. Selamat sore pak Johannes,
    kami dari kelas pagi manajemen M4B. 2012.
    Untuk tugas manajeman stratejik kami mengenai visi misi dari Kabupaten Muaro Jambi.
    Terimakasih pak.

    Tugas ke 1. M4B.
    Kelompok : 2
    Nama anggota :
    – BINTANG PUSPA SARI (ERC1B012004)
    – RINI (ERC1B012070)
    – YELI ELFIA (ERC1B012116)
    – MUTIA AMRINA ROSYADA (ERC1B012126)
    – FREDY JACKSON (ERC1B012106)

    Visi dan Misi Kabupaten Muaro Jambi

    Visi Pembangunan Kabupaten Muaro Jambi

    Visi Pembangunan yang ditetapkan untuk tahun 2011 – 2016, yaitu :

    “CERDAS, KUAD, MAJU BERSAMA”
    Cerdas :
    1. Sumber daya manusia yang berkualitas (hard skill dan soft skill), berkompetensi, terampil dan menguasai teknologi informasi.
    2. Sumber daya manusia yang produktif, sehat, mandiri, Dinamis, kreatif dan inovatif.
    3. Sumber daya manusia yang sejahtera, jujur, beretika dan mempunyai integritas.
    Mengartikan bahwa dalam era globalisasi dan persaingan saat ini keunggulan suatu daerah ditentukan oleh daya saing daerah, sedangkan daya saing sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas yang digambarkan oleh penguasaan hard skill dan soft skill, kompetensi dan penguasaan teknologi informasi, produktif, kreatif, inovatif, jujur dan mempunyai integritas maka akan dapat memenangkan persaingan, sehingga dapat meningkatkan nilai tambah (value added) dan rantai nilai (value chain) dari produk daerah dan sumber daya alam dan pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    KUAD merupakan singkatan dari : Kerukunan, Amanah, dan Demokratis
    1. Kerukunan: Terwujudnya kehidupan yang harmonis yang tercermin dari kehidupan beragama, sosiali dan politik masyarakat
    2. Amanah: Tercermin dari pelaksanaan pemerintahan yang baik (good governance) disemua tingkatan
    3. Demokratis: Merupakan jaminan kesamaan hak dan kewajiban dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang menjunjung tinggi supremasi hukum dan HAM
    Mengandung makna keadaan yang menggambarkan perwujudan kerukunan masyarakat dengan rasa aman dan tentram, memiliki rasa percaya yang tinggi terhadap amanah pembangunan kepada pemerintah sehingga dapat menikmati kehidupan yang lebih berkualitas dengan nuasa yang demokratis dilandasi supremasi hukum dan HAM.

    Maju Bersama :
    1. Tumbuhnya ekonomi
    2. Terciptanya pemerataan pembangunan dan pendapatan
    3. Berkembangnya kehidupan social budaya yang konstruktif.
    4. Tersedianya infrastruktur wilayah yang memadai.
    5. Meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
    Mengandung makna suatu kondisi yang bergerak dinamis kearah yang lebih baik yang tergambar dari laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan merata, diiringi peningkatan pendapatan pendapatan perkapita di semua lapisan, dengan laju inflasi yang terkendali sehingga daya beli masyarakat tetap tinggi yang mendorong permintaan barang dan jasa dan pada gilirannya produksi meningkat dan memberikan multiplier pada penciptaan kesempatan kerja, sehingga berdampak pada berkurangnya angka pengangguran dan kemiskinan. Pengurangan kesenjangan pembangunan dan kemiskinan yang mengedepankan kearifan local akan mendorong terjaganya kelestarian alam dan lingkungan hidup. Maju bersama juga mengandung makna perwujudan pembangunan yang adil dan merata, tanpa diskriminasi, baik antar golongan maupun wilayah, sehingga hasil pembangunan dapat dinikmati masyarakat.

    Misi Pembangunan Kabupaten Muaro Jambi

    Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, ditetapkan 5 (lima) Misi Pembangunan Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2011 – 2016, sebagai berikut:
    1. Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan dan kesehatan
    Yaitu pembangunan yang menekankan pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ini ditandai dengan membaiknya taraf pendidikan dan derajat kesehatan penduduk, yang didukung oleh meningkatnya ketersediaan dan kualitas pelayanan sosial dasar bagi masyarakat agar lebih produktif serta berdaya saing untuk mencapai kehidupan yang lebih makmur dan sejahtera;

    2. Meningkatkan kehidupan masyarakat yang harmonis, rukun, aman dan demokratis
    Yaitu Pembangunan yang mengedepankan keselarasan kehidupan sosial politik masyarakat yang berkeadilan dengan menjamin kepastian hukum, kesamaan hak dan kewajiban dalam berbagai bidang serta penerapan demokrasi disemua tingkatan pemerintahan.

    3. Meningkatkan tata kelola Pemerintahan Daerah yang baik, efektif, efisien, proporsional, akuntabel dan transparan
    Yaitu Pembangunan menerapkan prinsip-prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance) secara konsisten dan berkelanjutan disemua tingkatan yang tercermin dari berkurangnya penyalahgunaan wewenang dan keuangan daerah, peningkatan kinerja birokrasi, peningkatan keberhasilan pembangunan di berbagai bidang, dan terbentuknya birokrasi pemerintahan proporsional, efektif, transparan serta professional.

    4. Meningkatkan ekonomi kerakyatan yang berbasis pada sumber daya daerah, investasi, pariwisata dan daya saing daerah yang berwawasan lingkungan.
    Yaitu Membangun ekonomi daerah yang berbasiskan ekonomi kerakyatan dengan seluruh kekuatan sumber daya daerah, menciptakan iklim investasi yang kondusif, serta penyediaan sarana dan prasarana untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dari semua sector dan meningkatkan daya saing daerah dengan tetap menjaga keseimbangan SDA dan kelestarian lingkungan hidup.

    5. Meningkatkan dan mengembangan infrastruktur wilayah dan utilitas lainnya sesuai
    dengan tata ruang yang memiliki daya dukung lingkungan

    Yaitu meningkatkan kuantitas, kualitas dan aksesibilitas pelayanan umum dan utilitas lainnya yang memiliki daya dukung dan daya gerak terhadap pertumbuhan ekonomi dan sosial serta berkeadilan dan mengutamakan kepentingan masyarakat umum untuk menunjang produksi, produktivitas, efisiensi dan mobilitas publik;

    Program yang berkaitan dengan visi misi untuk mendukung pencapaian Visi dan Misi Kabupaten Muaro Jambi 2011 – 2016 sebagai berikut :
    1. Peningkatan sarana prasarana, kualitas pendidikan dan kesehatan serta sosial budaya
    2. Meningkatkan kerukunan hidup beragama dan masyarakat yang harmonis, aman, damai dan demokratis
    3. Peningkatan tata kelola Pemerintahan Daerah yang baik dan akuntabel
    4. Meningkatkan dan mengembangkan ekonomi kerakyatan, investasi dan pariwisata daerah
    5. Meningkatkan dan mengembangan infrastruktur wilayah dan utilitas lainnya

    Menurut kelompok kami program pembangunan mendukung visi dan misi di Kabupaten Muaro Jambi, karena berdasarkan rumusan Visi dan Misi, mengacu serta selaras dengan arahan tehnis operasional dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional Tahun 2009 – 2014 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2006 – 2025 dan RPJMD Provinsi Jambi 2010-2015, maka tujuan dan sasaran pembangunan daerah untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan 5 (lima) tahun ke depan.

    Sumber :
    http://www.muarojambi.go.id/index.php/topmenuprofil/topmenuvisimisi
    http://www.bappeda.muarojambi.go.id/data/RPJMD/Bab%20VII%20KEBIJAKAN%20UMUM%20DAN%20PROGRAM%20KEGIATAN%20RPJMD%20Perda%20Final.doc

    Komentar oleh Bintang Puspa Sari | Mei 21, 2014 | Balas

  22. Selamat sore pak Johannes,
    kami dari kelas pagi manajemen M4B. 2012.
    Untuk tugas manajeman stratejik kami mengenai visi misi dari Kabupaten Batanghari.
    Terimakasih pak.

    Tugas ke 1. M4B.
    Kelompok : 3
    Nama anggota :
    – LIANA REZA PERTIWI (ERC1B012098)
    – CINDY JUNITA (ERC1B012052)
    – HERDYANSYAH ZS (ERC1B012020)
    – RORI SAPUTRA (ERC1B012036)
    – NASTIKA SARAGIH (ERC1B012012)

    Visi dan Misi Kabupaten Batanghari

    Visi :
    “ Bangun Ekonomi Rakyat, Lanjutkan Pembangunan dengan Iman dan Pemerataan “ menuju Batang Hari “ BERLIAN 2016 “, yang diuraikan sebagai berikut :
    1. Ekonomi Rakyat
    Ekonomi rakyat dalam tumbuh dan kembangnya kehidupan perekonomian Kabupaten Batang Hari yang berpihak kepada ekonomi rakyat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.
    2. Iman
    Iman merupakan sumber insfirasi dan keyakinan ajaran moral dalam menggerakkan masyarakat untuk pembangunan daerah serta sebagai landasan prilaku yang diwujudkan dalam seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat Kabupaten Batanag hari.
    3. Pemerataan
    Maksudnya adalah pembangunan yang dilaksanakan dengan memperhatikan azas pemerataan dan mengurangi kesenjangan antar kecamatan dan antar desa, sehingga diperlukan strategi dan kebijakan pembangunan daerah yang komprehensif dn pendekatan pembangunan yang berbassis kewilayahan.

    Misi kabupaten Batang hari tahun 2011-2016
    1. Meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan menjalankan kebijakan pembangunan ekonomi dengan prinsif-prinsif ekonomi kerakyatan.
    2. Meningkatkan kualitas kehidupan yang agamis, berahklak mulia, yang ditompang oleh kesadaran saling menghormati dan saling mendukung antara ulama dan umaro.
    3. Meningkatkan kualitas sdm termasuk sumber daya aparatur.
    4. Mningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah secara proposional, efektif, efisien, akuntable dan transfaran melalui penerapan reformasi birokrasi yang berkeadilan.
    5. Meningkatkan penggalian potensi sumber daya alam sebagai salah satu sumber daya pembangunan, dengan prinsif berkelanjutan, serta menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem.
    .
    Program yang berkaitan dengan visi dan misi di Kabupaten Batang Hari adalah pemerataan. Maksudnya adalah pembangunan yang dilaksanakan memperhatikan azas pemerataan dan sekaligus mengurangi kesenjangan antar Kecamatan dan antar desa diperlukan strategi dan kebijakan pembangunan daerah yang komprehensif dan pendekatan pembangunan yang berbasis kewilayahan. Sedang prioritas agenda utama pembangunan Kabupaten Batang Hari 5 tahun kedepan adalah :
    1. Bidang ekonomi rakyat,
    2. Bidang pendidikan,
    3. Bidang kesehatan dan,
    4. Bidang infrastruktur.

    Menurut kelompok kami program pemerataan mendukung visi dan misi Kabupaten Batanghari. Mengurangi azas kesenjangan antar kecamatan dan memeratakan infrastruktur di Kabupaten Batang Hari. Secara bertahap dari rencana kerja di laksanakan lima Tahun kedepan adalah terus melanjutkan pembangunan yang belum terakomodir pada tahun sebelumnya, melanjutkan pembangunan yang belum tersentuh, memperbaiki pembangunan yang saat ini sudah sangat parah dan memperihatinkan dengan prinsip kebersamaan dan pemerataan.

    Sumber :
    http://www.batangharikab.go.id/bat/statis-5-visidanmisi.html

    Komentar oleh Liana Reza Pertiwi | Mei 21, 2014 | Balas

  23. Selamat malam pak Johannes,
    Kami dari kelas pagi manajemen M4B. 2012
    Tugas manajeman stratejik tentang Implementasi Strategi dan Organisasi “Kabupaten Muara Tebo”
    Terimakasih pak.
    Tugas ke 1. M4B.
    Kelompok : 4
    Nama anggota :
    -RISKA OKTALIZA (ERC1B012046)
    -DESRI NOVIA IRAWAN(ERC1B012056)
    -EZZY ZADELA(ERC1B012018)
    -ANGGA SAPUTRA(ERC1B012100)
    -MUHAMMAD FADLAN(ERC1B012014)

    Kabupaten Tebo memiliki Visi Menuju Tebo Sejahtera (MTS) : Aman, Harmonis dan Merata. Kabupaten Tebo juga memiliki strategi penataan ruang seperti :
    Strategi Pengembangan Struktur Ruang
    Strategi pengembangan struktur ruang sebagaimana dimaksud meliputi:
    a. Pengembangan perkotaan dan perdesaan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah;
    b. Meningkatan infrastruktur dalam mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah;
    Kebijakan dan Strategi Pengembangan Pola Ruang
    Strategi pengembangan pola ruang adalah sebagai berikut:
    a. pengembangan pusat-pusat agroindustri;
    b. pengembangan kawasan industri pengolahan hasil pertanian dan perkebunan;
    c. pemantapan kawasan lindung dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan;
    d. pengembangan pemanfaatan ruang pada kawasan strategis baik untuk fungsi pengembangan wilayah maupun guna perlindungan kawasan sesuai fungsi utama kawasan; dan
    e. peningkatan fungsi kawasan untuk pertahanan dan keamanan negara.

    Bupati Tebo juga memiliki program kerja yang berhubungan dengan Visi dan Misi Kabupaten Tebo, di antaranya adalah: Infrastruktur jalan diperbaiki, beasiswa kurang mampu dan berprestasi, penuntasan kemiskinan masyarakat kurang mampu di sepanjang aliran sungai batanghari, umroh bagi tokoh masyarakat berprestasi, menyelesaikan konflik lahan dengan kebijakan berpihak kepada masyarakat, bibit karet dan sawit gratis bagi masyarakat, kartu keluarga dan KTP gratis, pupuk murah, stadiun sepakbola, membangun masjid agung.

    Menurut pendapat kelompok kami program kerja yang di buat oleh Bupati Tebo menunjang proses realisasi Visi dan Misi Kabupaten Tebo yang mana Visi nya adalah “Menuju Tebo Sejahtera (MTS) : Aman, Harmonis dan Merata” dan memiliki Misi: Meningkatkan kuantitas serta kualitas Infrastruktur dan ketersedian sarana prasarana layanan umum, meningkatkan Mutu Pendidikan, Layanan Kesehatan, Tatanan Kehidupan beragama dan berbudaya, mewujudkan tatakelola pemerintahan yang cepat, tepat, bermutu dan bersih KKN serta jaminan kepastian dan perlindungan hukum, mendorong tumbuhnya perekonomian daerah dan pendapatan masyarakat berbasis agrobisnis dan agroindustri, peningkatkan peran serta TOGA, TOMA, TODA dan kesetaraan gender dalam pembangunan, pelestarikan lingkungan hidup dengan cara mempertahankan dan memelihara flora dan fauna yang masih tersisa di hutan Kabupaten Tebo.

    Sumber :
    http://pnpm-mpd-tebo.blogspot.com/2013_06_01_archive.html
    http://kabartebo.blogspot.com/2013/07/evaluasi-kinerja-sukandar-bupati-tebo.html

    Komentar oleh muhammad fadlan | Mei 22, 2014 | Balas

  24. Selamat siang Pak Johannes,
    Kami dari kelas pagi Manajemen M4B
    Untuk tugas manajemen stratejik mengenai visi dan misi Kota Jambi.
    Terima kasih Pak.

    Tugas Pertama M4B
    KELOMPOK 1
    Tiara Nopita .A. (ERC1B012008)
    Dwi Puspita (ERC1B012010)
    Robby Pratama (ERC1B012042)
    Siti Rohayatun (ERC1B012088)
    Febriadi (ERC1B012120)

    VISI DAN MISI KOTA JAMBI

    Visi
    Terwujudnya kota jambi sebagai pusat perdagangan dan jasa, berbasis masyarakat yang berakhlak dan berbudaya

    Misi
    Untuk mewujudkan visi tersebut maka dijabarkan ke dalam 5 Misi yang menjadi pedoman bagi Pembangunan Kota Jambi, yaitu :
    1. Membangun Infrastruktur Perkotaan yang Merata dan Berwawasan Lingkungan.
    2. Meningkatkan Perekonomian Kota Berbasis potensi lokal menuju kemandirian daerah.
    3. Mewujudkan Masyarakat Kota yang Berakhlak, Berbudaya dab Berdaya Saing.
    4. Mewujudkan Pemerintahan yang Profesional dan Bersih ( Clean Governance ).
    5. Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Dalam Bingkai Kearipan Lokal.

    PROGRAM YANG BERKAITAN DENGAN VISI DAN MISI KOTA JAMBI

    1. Pasar Angso duo dirancang memiliki area hijau
    Pemkot sudah membuat rancangan matang pemanfaatan lokasi pasar Angso duo. Dari site Plan diketahui bahwa diareal seluas 9,3 hektare itu akan dibangun pasar dengan model pengembangan mirip mirip Pasar Tanah Abang, Jakarta.
    Rencana Pembangunan itu dituangkan dalam sebelas poin. Menurut Kepala Kantor Pengelola Pasar Surihamsyah, untuk parkir kendaraan roda 4 akan disediakan disisi kiri dan kanan lokasi dengan kapasitas 952 unit mobil dan 924 sepeda motor. Disediakan pula areal parkir khusus bongkar muat (loading) dengan kapasitas 25 unit kendaraan.
    Lalu di empat blok akan didirikan Pos Keamanan, kamar mandi/WC dan musala. Sedangkan lokasi loading sampah disediakan di empat tempat. Yang cukup menarik dari Site Plan Pasar Angso Duo ini adalah adanya rencana penyediaan area hijau dengan areal seluas 5.575 meter persegi, selain water treatment dan mesjid.

    Sedangkan kios bagi pedagang akan dibangun dengan enam blok, dengan kapasitas 5.368 unit. sebanyak 1.207 kios diantaranya berukuran 3×3 meter akan disediakan di blok A, B dan C. Selebihnya yakni di Blok D, E dan F akan dibangun los berukuran 2×2 meter sebanyak 4.161 unit

    2. Pemberdayaan Kelompok Tani Anggrek Kota Jambi
    Ketua TP PKK Kota Jambi dalam menyampaikan bahwa Dalam upaya peningkatan pendapatan keluarga, Pemerintah telah banyak mencanangkan program – program pembangunan yang kesemuanya itu bermuara pada upaya peningkatan pendapatan keluarga. Namun kesemua program yang diciptakan tersebut tidak serta merta dapat meningkatkan pendapatan keluarga, dan setelah dianalisa dan dievaluasi, Pemerintah menyadari bahwa dari kesemua sasaran pelaksanaan program tersebut tidak akan berjalan lancar apabila tidak didukung oleh sarana dan prasarana infrastruktur yang masih rendah.
    Oleh karena itu, sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah dalam upaya peningkatan pendapatan keluarga dirancanglah suatu program inovatif yang disebut Program Peningkatan Produksi, Produktivitas dan Mutu Produk Hortikultura Berkelanjutan, program ini merupakan salah satu dari pelaksanaan Program Pemanfaatan Lahan Perkarangan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat. Untuk mengawal dan menjamin pelaksanaan program ini agar tidak lari dari tujuan dan sasaran, Pemerintah menyediakan pendamping dari Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Kota Jambi berupa kegiatan evaluasi dan monitoring.
    Ditambahkan lagi, pada program ini pada dasarnya memiliki ruang lingkup pada 3 (tiga) bidang kegiatan, yaitu meliputi: 1. Bidang pengembangan kawasan Anggrek baru yang berada disekitar pemukiman masyarakat, 2. Bidang Pemberdayaan kelembagaan usaha dan, 3. Bidang fasilitasi sarana dan prasaran budidaya. Program ini merupakan perpaduan keinginan dan kebutuhan antara Pemerintah dan Masyarakat, hal ini ditandai dengan adanya dukungan masyarakat melalui mekanisme musyawarah dalam penentuan lokasi dan mekanisme pelaksanaan, transparansi melalui penyediaan media komunikasi dan informasi, bertanggung jawab dalam hal ketepatan sasaran, waktu, pembiayan mutu pekerjaan, serta adanya berkelanjutan yang ditandai dengan adanya pemanfaatan, pemeliharaan sarana infrastruktur secara mandiri.

    3. Menurut anda apakah program mendukung dengan visi dan misi kota Jambi ?

    Jawaban : Iya, karena program penghijauan pasar Angso duo berkaitan dengan visi kota Jambi, yaitu Terwujudnya kota jambi sebagai pusat perdagangan dan jasa, berbasis masyarakat yang berakhlak dan berbudaya. Jika program tersebut berhasil diterapkan dan berjalan dengan baik, maka keadaan pasar Angso duo yang memiliki area hijau dan bersih dapat mencerminkan budaya yang peduli akan lingkungan dan dapat memperlancar pusat perdagangan. Selanjutnya program Pemberdayaan Kelompok Tani Anggrek juga berkaitan dengan visi dan misi kota Jambi. program ini merupakan salah satu dari pelaksanaan Program Pemanfaatan Lahan Perkarangan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat. Dengan adanya program ini, masyarakat dapat menerapkan dan memanfaatkan sebaik-baiknya sehingga semua dapat mengetahui, memahami, serta selanjutnya dapat bertindak dalam upaya peningkatan pendapatan keluarga yang nanti pada akhirnya akan terwujud Kota Jambi sebagai Kota hijau dan indah yang berbasis agrobisnis dalam rangka mewujudkan Kota Jambi sebagai Kota Perdagangan dan Jasa yang Berbasis pada Masyarakat Berahlak dan Berbudaya.

    Komentar oleh dwi puspita | Mei 23, 2014 | Balas

  25. selamat sore pak jo, kami dari kelas M4A(manajemen semster 4 kelas A reguler mandiri) untuk tugas ke 1 mengenai rumusan strategi SWOT(SO,ST, WO,WT), dan ceruk pasar. Perusahaan yang kelompok kami ambil adalah perusahan SAMSUNG. kelompok kami yang beranggotakan :

    RISKI JAYANTI (ERC1B012075)
    SIAM WULAN SARI (ERC1B012025)
    TRI RAHAYU (ERC1B012045)
    SYAHRAN (ERC1B012089)
    TOMI KURNIAWAN (ERC1B012015)

    Rumusan strategi perusahaan Samsung

    – SO (strength opportunity)
    Strategi SO
    * Selalu melakukan inovasi pada produk-produknya.
    * Melakukan investasi lebih pada R n D untuk perkembangan produknya.
    * Karena desain dan style merupakan kunci sukses Samsung,maka diperlukan adanya perekrutan desainer-desainer yang bertalenta.
    * Memanfaatkan produksi massal,sehingga biaya dapat ditekan dan dapat menawarkan harga yangmurah.
    * Terus mengadakan partnership dengan perusahaan-perusahaan ternama untuk menghadapi pemasaran tiada batas

    – Kesimpulan/alasan :
    Pada perusahan Samsung reputasinya sebagai perusahan pembuat peralatan elektronik dengan produk- produk low-end, memiliki rumusan strategi yaitu SO ( strength opportunity ) yang situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi atau program pada saat ini di dalam perusahaan Samsung. Salah satu dari SO di perusahan Samsung yaitu: selalu melakukan inovasi pada produk-produk, dan melakukan investasi lebih pada RnD untuk Perkembang produknya. Di dalam kekuatan yang merupakan kesempatan bagi perusahaan untuk mengembang menjadi lebih baik perusahaan tersebut.

    – Strategi ST (strength threat)
    Strategi ST
    *Secara aktif berinvestasi pada pemasaran dan distribusi.
    *Membuat brand-image.
    * Samsung lebih mendunia, sehingga konsumen lebih tertarik pada samsung.
    * Mengalokasikan sumber daya pemasarannya untuk meningkatkan citra merek.
    * Terus menerus melakukan inovasi produk agar tidak kalah dengan kompetitor lainnya.
    * Efisiensi produk dengan investasi perusahaan pada fasilitas produk dan teknologi pemrosesan yang mengurangi biaya danmeningkatkan laba.
    * Perhatian lebih pada teknologi,kualitas, deferensiasi produk, dan kepeminpinan harga dengan tetapmengedepankan kualitas.
    * Memperluas pasar dengan memanfaatkan kekuatan-kekuatan yang dimilikinya.

    – Kesimpulan/alasan :
    Di dalam perusahan Samsung juga memiliki Strategi ST (strength threat) kekuatan di dalam ancaman untuk meningkat kan perusahan tersebut dan sebagai situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yang datang dari luar organisasi dan dapat mengancam eksistensi organisasi dimasa depan. Salah satu strength threat di dalam perusahaan yaitu : memperluas pasar dengan memanfatkan kekuatan kekuatan yang dimilikinya dan Secara aktif berinvestasi pada pemasaran dan distribusi. Dari strength threat ini lah suatu perusahaan dapat mengetahui ancaman ancaman yang ada perusahan tersebut.

    – Strategi WO (weaknees opportunity)
    Strategi WO
    * Samsung perlu membuang bias Korea mereka dan merekrut lebih banyak bakat kreatif dari negara lain, karena sistem pendidikan diKorea tidak mendukung lahirnya insinyur dan manajer yang kreatif.
    * Mengubah gaya kepemimpinan Samsung yang kaku, sehingga menjadi lebih fleksibel dalam berinovasi.
    * Membeli/bekerja sama dengan perusahaan lain untuk memperoleh teknologi lanjut untuk lebih mempercepat kemajuan teknologi, namun sebelumnya harus mempelajari teknik-teknik merger dan akuisisidi luar negeri.
    * Menjaga kesetiaan dan disiplin organisasi yang kuat.

    – Kesimpulan/alasan :
    Samsung berdiri sebagai perusahan teknologi yang bergerdak di bidang komunikasi , yang sekarang sudah berdiri di ranah internasional, di dalam perusahaan selalu mempunyai kelemahan kelemahan, di perusahaan Samsung juga mempunyai kelemahan ( weaknees ), kelemahan yang membuat perusahan mampu beridiri tegak sampai ke jenjang internasional, kelemahan kelemahan ini lah di gunakan untuk mengurangi atau menjauhkan dari ancaman , salah satu WO (weaknees opportunity) di dalam perusahan Samsung yaitu : menjaga kesetian dan disiplin organisasi yang kuat, dan mengubah gaya kepemimpinan Samsung yang kaku, sehingga menjadi lebih fleksibel dalam berinovasi.

    – Strategi WT (weaknees threat)
    Strategi WT
    * Menciptakan brand-image yang lebih kuat untuk menarik lebih banyak konsumen.
    * Selalu berinovasi dan tetap mengupayakan desain-desain yang menarik
    * Melakukan hubungan kerja sama yang lebih intensif untuk merambah pangsa pasar yang lebih luas.
    * Mengubah gaya manajemen menjadi lebih bersifat fleksibel sehingga dapat meningkatkan kreativitasnya

    – Kesimpulan/alasan:
    Perusahaan samsung ini telah berdiri lama baik di Indonesia maupun di luar negeri, samsung memiliki kunci sukses yang terletak pada desain, Teknologi dan desain pada Samsung sangat baik. Tetapi dari kunci sukses tersebut perusahan samsung memiliki ancaman ancaman yang sangat membahayakan bagi perusahan tersebut, ancaman tersebutlah yang akan membuat perusahan samsung menjadi terpuruk, untuk menghindari ancaman tersebut lah samsung memanfaatkan kekuatan dan kelemahan untuk mengurangi suatu ancaman yang terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu hal yang lakukan guna mengurangi ancaman yaitu menciptakan brand-image yang lebih kuat untuk menarik lebih banyak konsumen dan selalu berinovasi dan tetap mengupayakan desain-desain yang menarik di dalam teknologi teknologi yang di ciptakan oleh perusahan samsung.

    Strategi ceruk pasar di dalam perusahaan samsung

    Strategi ceruk pasar merupakan strategi menjadi pemimpin pasar di pasar yang kecil (ceruk). Strategi ceruk pasar memungkinkan perusahaan dengan pangsa pasar kecil dibandingkan pasar keseluruhan dapat memperoleh laba besar. Di dalam perusahaan samsung memiliki pasar ceruk tersendiri, Samsung mengambil ceruk pasar audio yang sedang tumbuh dengan produk baru audio mobile kelas premium. Seri Samsung Level adalah upaya pertama Samsung untuk ikut merebut pasar audio portabel yang berkembang karena didorong booming pasar smartphone. Empat perangkat yang diluncurkan tersebut seperti : Level Over, Level On, Level In, and Level Box.
    Selain pada pasar ceruk di dalam perusahan samsung yang mengambil pasar audio, juga mengambil ceruk pasar pada telekomunikasi seperti smartphone, Ini adalah langkah logis Samsung, mengingat smartphone high-end terbaru Samsung, Galaxy Note dan Galaxy 3 S5, memiliki digital untuk konverter analog yang mampu memainkan audio berkualitas tinggi. Samsung memahami pentingnya musik ,audio dan telekomunikasi di dalam kehidupan konsumen. Dengan seri Level, kami membuat produk audio yang dirancang untuk pengguna mobile dengan suara organik, estetika desain premium, dan dioptimalkan kontrol audio mobile.”

    Komentar oleh RISKI JAYANTI | Mei 27, 2014 | Balas

  26. Selamat sore Pak Johannes,
    Kami dari kelas pagi Manajemen M4A

    Tugas 1
    KELOMPOK 6
    Trisha Regina Putri (ERC1B012009)
    Muhammad Iksan (ERC1B012061)
    Wito (ERC1B012107)
    Winda Arista Saputri (ERC1B012079)
    Radiatul Hayati (ERC1B012099)

    Perumusan Strategi Perusahaan SO,WO,ST dan WT, dalam PT.Uniliver Indonesia

    Strategi SO :
    • Meningkatkan pemasaran produk melalui berbagai media promosi untuk menambah pangsa pasar
    • Mengedukasi pasar tentang produk – produk sehat.
    • Meningkatkan CSR (Corporate Social Responsibility) terhadap masyarakat sehingga unilever lebih dikenal lagi Ekspansi perusahaan dalam rangka memicu pertumbuhan kinerja
    • Mengeluarkan beberapa produk sejenis dengan segmentasi pasarberbeda, bersaing langsung dengan produk sejenis.
    • Meningkatkan promosi dan menjaga supply chain denganmemaksimalkan jaringan distribusi di berbagai daerah Akuisisi terhadap brand yang telah mempunyai image
    Kesimpulan :
    PT. Unilever meningkatkan pemasaran produk dengan media promosi, perusahaan juga mengetahui tentang produk yang sehat di dalam pasar perusahaan juga meningkatkan CSR terhadap masyrakat agar lebih mngeneal produk yang di hasilkan oleh perusahaan unilever dan perusahaan juga menjaga supply chain dengan memaksimalkan jaringan produk produk di berbagai daerah Indonesia.

    Strategi WO :
    • Melakukan perampingan birokrasi sehingga organisasi lebih efektif
    • Melakukan desentralisasi wewenang
    • Menggenjot promosi barang – barang yang masih kurang dikenal masyarakat sehingga perputaran persediaan semakin meningkat
    • Menjaga kualitas produk
    • Melakukan sertifikasi halal bagi produk yang diragukan kehalalannya
    • Meningkatkan konsolidasi internal
    • Outsourcing kepada perusahaan yang pabrikasi produk serta penilaianprestasi karyawan secara objektif
    • Inovasi produk dan memperjelas sertifikasi halal terutama pada produkmakanan untuk peningkatkan kepuasan konsumen.
    • Mengurangi jumlah utang.

    Kesimpulan :
    PT. Unilever melakukan perampingan birokrasi sehingga organisasi lebih efektif perusahaan juga menggenjot promosi barang barang yang kurang dikenal masyarakat sehingga masyarakat lebih mengenal barang barang yang akan di produksi oleh perusahaan. Perusahaan juga menjaga kualitas produk yang mereka hasilkan dan membuat sertifikasi halal bagi produk yang diragukan kehalalanya agar meningkatkan produktivitas kepuasan konsumen.

    Strategi ST :
    • Memperkuat research terhadap produk sehingga inovasi perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan luar negeri
    • Melakukan kampanye bahwa produk mereka ramah lingkungan
    • Memperkuat identitas produk dengan keamanan yang baik sehingga sulit dipalsukan
    • Melakukan kontrak yang panjang terhadap para produsen sehingga gejolak bahan baku bisa diatasi
    • Melakukan diversifikasi produk sehingga dapat bersaing dengan produk saingan yang lebih murah
    • Strategi agresif dengan memasarkan produk dengan harga yang lebih terjangkau
    • Efisiensi dengan tetap mengutamakan kualitas produk dan lingkungan
    • Inovasi produk dengan kelas yang lebih tinggi untuk mengantisifikasi sindrom konsumsi barang – barang luar negeri.

    Kesimpulan :
    Perusahaan Unilever memperkuat produk yang mereka hasilkan agar perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan luar negeri, perusahaan ini juga melakukan identitas produk dengan keamanan yang baik sehingga sulit dipalsukan oleh para pesaing, dan melakukan diversifikasikan produk sehingga dapat bersaing dengan produk saingan yang lebih murah, perusahaan juga memasarkan produk dengan harga yang lebih terjangkau dengan kualitas produk yang lebih tinggi.

    Strategi WT :
    • Melakukan evaluasi terhadap produk – produk yang pangsa pasarnya menurun sehingga tidak membebani perusahaan
    • Mencari sumber daya alternatif sehingga beban perusahaan terutama terhadap gejolak bahan bakar bisa dikurangi
    • Meningkatkan pengawasan terhadap para distributor sehingga peluang adanya piutang yang tidak terbayar semakin berkurang
    • Mendesak pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur
    • Fokus terhadap bisnis inti dan melepas bisnis yang tidak terkait dengan bisnis inti
    • Mengembangkan program pelatihan karyawan
    • Menggunakan alternatif distribusi terbaik untuk memasarkanprodukkepada konsumen dengan biaya seekonomis mungkin
    • Mencari kekuatan bisnis pesaing agar dapat bersaing dengan baik
    • Mengurangi tingkat HPP yang digunakan untuk meningkatkan jumlah pendapatan.

    Kesimpulan :
    Karena perusahaan ini melakukan evaluasi terhadp produk produk yang pangsa pasar nya menurun sehingga tidak membebani keuangan di dalam perusahaan juga meningkatkan pengawasan terhadap para distributor sehingga peluang adanya piutang yang tidak terbayar semakin berkurang, perusahaan menggunakan alternative distribusi terbaik untuk memasarkan produk kepada konsumen dengan biaya seekonomis mungkin dan emncari kekuatan bisnis pesaing gar dapat bersaing dengan baik. Perusahaan juga mengembangkan program pelatihan karyawan agar perusahaan lebih baik.

    Pasar Ceruk:
    Strategi ceruk pasar adalah strategi menjadi pemimpin pasar di pasar yang kecil (ceruk). Strategi ceruk pasar memungkinkan perusahaan dengan pangsa pasar kecil dibandingkan pasar keseluruhan dapat memperoleh laba besar. Strategi ini pada intinya melakukan spesialisasi, misalnya spesialisasi ciri produk, spesialisasi geografis, spesialisasi harga-kualitas, spesialisasi pelanggan, spesialisasi pelayanan, spesialisasi pemakai akhir, spesialisasi pesanan, spesialisasi produk atau lini produk, spesialisasi saluran, spesialisasi ukuran pelanggan dan spesialisasi vertikal.

    1. Pasta Gigi Pepsodent
    Di dalam Pasar ceruk PT.Uniliver Indonesia memegang bagian besar dalam Produk pasta gigi “Pepsodent” yang menguasai 76% dan Close UP 11% . banyak perusahaan lain nya mencoba mengalahkan pasta gigi dari Uniliver tetapi tetap tidak bisa berbuat banyak.

    2. Sabun Cair LUX
    Pertumbuhan pasar dan bertambahnya pemain di sabun cair rupanya menguntungkan Lux. Sebab, masyarakat tidak melihat lagi perbedaan sabun padat atau sabun cair secara signifikan. Konsumen cenderung menentukan pilihan berdasarkan positioning sabun itu sendiri. Dengan demikian, Lux diuntungkan. Lux menggaet kepercayaan dan berjaya, karena positioning-nya yang memang paling kuat dan mantap. Hal inilah yang terlihat dari hasil ICSA 2006 yang pertama kali menempatkan Lux sebagai merek paling memuaskan di kategori sabun cair. Data ICSA 2006 menunjukkan total satisfaction score (TSS) Lux sebesar 3,870, mengalahkan Biore (3,827) dan Lifebuoy (3,815). Adapun brandshare Lux pada waktu itu sebesar 39,6%.

    Tahun 2007 dan 2008 Lux tidak mampu mempertahankan posisinya dalam memberikan kepuasan pelanggan. Pada 2007, ia turun ke peringkat kedua dikalahkan Biore, dan bahkan di 2008 melorot ke tingkat ketiga, dikalahkan saudaranya sendiri: Lifebuoy. Yang menarik pada data 2008 itu, walaupun berada di peringkat ketiga, brand share Lux tetap tertinggi: 37,8%, sementara Biore yang di tempat pertama Cuma mendapatkan brand share 10% , di bawah Lifebuoy yang menduduki peringkat kedua dengan brand share 29,6%. Artinya, tahun lalu Lux sudah memiliki konsumen loyal yang jauh lebih besar ketimbang merek lain. Karena, hasil itu berdasarkan pertanyaan survey yang jawabannya: konsumen Lux mengaku masih percaya dan akan membeli Lux di transaksi berikutnya.

    Komentar oleh trisha regina putri | Mei 27, 2014 | Balas

  27. Selamat siang pak jo ..
    Kami dari kelas M4A Reguler Mandiri
    Tugas 1

    KELOMPOK 1

    1. AYU LESTARI (ERC1B012021)
    2. FLORA ARTA (ERC1B012027)
    3. MUTI AISAH (ERC1B012055)
    4. MUHAMMAD IQBAL (ERC1B011123 )

    Kelompok kami memilih perusahaan PT. ASTRA HONDA MOTOR sebagai
    Perumusan Strategi Perusahaan SO,WO,ST dan WT,serta strategi ceruk pasar .

    Strategi SO
    Adalah memanfaatkan seluruh kekuatan dan memanfaatkan peluang sebesar – besarnya. Sehingga yang dapat di tempuh adalah :
     Meningkatkan produksi jenis tertentu yang sedang menjadi tren, misal jenis matic atau sport
     Memberikan variasi harga sesuai dengan daerah.
     Mempergencar promosi di daerah
     Memberikan variasi pelayanan di dealer – dealer dan purna jual
     Memberikan variasi pelayanan di jasa service

    Kesimpulan : Industri sepeda motor akan terus tumbuh melihat situasi perekonomian, oleh karena itu PT ASTRA HONDA MOTOR harus dan mampu menggali celah untuk mengambil kesempatan dengan meningkatkan segala produktivitasnya dengan memberikan kualitas yang lebih dibandingkan para pesaing lainnya khususnya untuk PT YAMAHA.serta promosi yang gencar dilakukan merupakan media efektif menciptakan image dan untuk mendongkrak penjualan.gencarnya promosi yang dilakukan oleh PT.Astra Honda Motor dengan membuat iklan yakni Honda memposisikan diri sebagai motor yang fashionable dan stylish. Ibaratnya belum keren kalau belum naik Honda. Pesan ini disampaikan oleh Agnes Monica yang disimbolkan sebagai cewek muda, enerjik, fashionable dan stylish. Di segmen cowok diwakili Daniel, simbol laki-laki sukses, muda, enerjik, fashionable dan stylish. Keduanya mengisi segmen premium, yaitu Vario. Sementara di kelas anak muda diisi oleh Afgan dan Cinta Laura, simbol ABG jaman sekarang yang cocok menggunakan BeAT.

    Strategi ST
    Adalah strategi dalam menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman. Yang dapat di tempuh atau dilakukan adalah :
     Inovasi produk dengan tetap mengandalkan keiritan dan kekuatan mesin
     Memberikan training skill pada pegawai khususnya di bagian pelayanan jasa service
     Mempermudah system pembelian atau kredit
     Menambah dealer atau show room di daerah – daerah

    Kesimpulan :Astra Honda Motor mulai menjual atau mencari tempat-tempat yang belum pernah dijangkau seperti daerah pedesaan dan daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia. Kemudian Astra Honda motor selalu meningkatkan produk yang up to date sesuai keinginan/kebutuhan masyarakat. Honda terbukti mampu menjaga nama besarnya dengan mempunyai manajemen yang kuat dan profesional, strategi pemasaran yang bagus, pencitraan dan positioning tepat. Performa produk dan inovasi di segala lini efektif.

    Strategi WO
    Adalah strategi dalam menggunakan peluang yang dimiliki perusahaan dengan meminimalkan kelemahan yang ada. Yang mungkin dapat dilakukan adalah :
     Memiliki system distribusi dan penyaluran yang merata ke seluruh wilayah sesuai dengan pangsa pasar wilayah terkait
     Membuat style atau bodi yang lebih dinamis dan modern
     Menyediakan stok jenis terntentu di dealer khususnya sesuai orientasi pasar yang di tuju misalnya peningkatan jenis skutik dan sport.

    Kesimpulan : Honda lebih mengandalkan desain. Perubahan ini terlihat signifikan bila melihat produk Honda 10-20 tahun lalu, misalnya generasi Astrea dimana desainnya tidak mengalami perubahan signifikan. Kini, Honda pada zaman modern mampu menghasilkan desain revolusioner. Ubahan tidak hanya pada desain bodi, tetapi juga mesin. Astra Honda motor juga dapat menjual lebih banyak motor scutik dan sport yang lebih banyak sesuai permintaan konsumen akhir-akhir ini.

    Strategi WT
    Adalah strategi yang bersfiat difensif dan berusaha meminimalkan kelemahan serta menghindari ancaman
     Menyediakan paket surprice atau hadiah (biasanya undian berhadiah dari pelanggan Honda)
     Melakuakan promisi kedesa-desa dan gencar memberikan promosi di segmen segmen tertentu
     Membuat suku cadang yang lebih murah
     Inovasi produk terus menerus

    Kesimpulan :
    Terkait dengan analisa WT mungkin yang dapat dilakukan adalah dengan berinovasi dan perbaikan terus menerus maka akan dapat selalu mencapai kepuasan pelanggan. Atau dalam arti lain, Astra Honda Motor harus selalu pada target pengembangan produk yang lebih mutakhir, inovasi teknologi, dan pengembangan yang berkelanjutan terhadap produknya.

    Strategi ceruk pasar PT ASTRA HONDA MOTOR

    Strategi ceruk pasar adalah strategi menjadi pemimpin pasar di pasar yang kecil (ceruk). Strategi ceruk pasar memungkinkan perusahaan dengan pangsa pasar kecil dibandingkan pasar keseluruhan dapat memperoleh laba besar. Strategi ini pada intinya melakukan spesialisasi, misalnya spesialisasi ciri produk, spesialisasi geografis, spesialisasi harga-kualitas, spesialisasi pelanggan, spesialisasi pelayanan, spesialisasi pemakai akhir, spesialisasi pesanan, spesialisasi produk atau lini produk, spesialisasi saluran, spesialisasi ukuran pelanggan dan spesialisasi vertical. Ceruk Pasar atau Niche Market juga dapat diartikan sebagai celah pasar yang dapat direbut oleh produsen/pedagang dari kompetitor yang memasarkan suatu produk sejenis sehingga jumlah konsumen semakin banyak lagi yang terjaring memanfaatkan / membeli produk mereka. PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan salah satu pemain dalam industri sepeda motor di tanah air. Untuk saat ini, pasar motor sport Honda terbesar masih ada di Pulau Jawa. persentasenya mencapai 50-60%. Selain di Pulau Jawa, pasar kedua terbesar adalah Sumatera dengan pangsa pasar 18-20%. Di segmen motor sport, pangsa pasar Honda tercatat 43,4 % sementara pada periode yang sama tahun lalu hanya 33,7%. Lonjakan pertumbuhan ini diraih PT AHM melalui penjualan Honda CB150R Street Fire yang terjual sebanyak 67.330 unit, diikuti Honda Verza 150 sebesar 41.466 unit, New Honda Mega Pro FI sebesar 14.139 unit, dan CBR series sebesar 1.162 unit.

    Komentar oleh Flora Arta | Mei 28, 2014 | Balas

  28. Selamat sore pak jo, kami dari kelas M4A(manajemen semster 4 kelas A reguler mandiri) untuk tugas ke 1 mengenai rumusan strategi SWOT(SO,ST, WO,WT), dan ceruk pasar. Perusahaan SONY CORPORATION.
    kelompok kami yang beranggotakan :
    1. HENI YANTI (ERC1B012007)
    2. SUCHAELLY YULVA (ERC1B012069)
    3. EVA WATI (ER1B012087)
    4. ADELIA BUDIATI (ERC1B012069)
    5. SARWINDA ROMAYA (ERC1B012001)

    Perumusan Strategi Perusahaan SO,WO,ST dan WT, dalam PT. SONY CORPORATION.

    Strategi SO:
    Salah satu kekuatan Sony yang terhebat adalah kemampuannya untuk inovasi produk, kualitas produk. Web Page Sony menyatakan “inovasi Sony menjadi bagian dari budaya utama, termasuk: magnetic tape pertama dan tape recorder pada tahun 1950; transistor radio pada 1955; transistor televisi pertama diunia pada tahun 1960; video cassette recorder berwarna pertama di dunia pada 1971; Walkman personal stereo pada 1979; Compact disc –ada 1982; 8mm camcorder pertama pada 1985; minidisk player pada 1992; sistem game Playstation pada 1995; kamera Digital Mavica pada 1997; DVD Player 1998; dan Network Walkman digital music player in 1999.Perusahaan Sony memanaje untuk berkompetisi dan tetap dengan organisasi yang kuat dengan belajar dari kegagalan. Kekuatan Sony lainnya adalah kemampuannya untuk sukses di pasar yang berbeda. Sony telah membuat impact pada pasar video game, PC, dan terutama pasar televisi.
    Sony memiliki banyak peluang dari kekuatan inovasinya. Pada Sony Ericsson. Desain lebih dari tampilan produk: produk dibuat dengan tahapan proses- fitur pandai, aplikasi bersahabata, bahan inovatif dan tentu saja tampilan yang menarik. Sony’s Reader, sambungan elektronik-harapan besar pada awal rancangan bagaimana dunia akan membaca dimasa depan, adalah inovasi yang Sony gunakan sebagai peluang untuk memasuki pasar baru.
    Salah satu lagi adalah proyek CSL diharapkan untuk sukses meupakan software grafik untuk telpon celluler oleh Ivan Poupyrev. Terdengar sederhana, tapi kemampuannya untuk menggambar ikon realistik dan avatar langsung pada telpon genggam standar tentu saja akan menambah fasilitas pengguna untuk mobile social-networking sites.

    Kesimpulan:
    Dari kekuatan Sony kemampuannya untuk inovasi produk, kualitas produk. Web Page Sony menyatakan “inovasi Sony menjadi bagian dari budaya utama dan kemampuannya untuk sukses di pasar yang berbeda. Sony telah membuat impact pada pasar video game, PC, dan terutama pasar televisi.Dapat menciptkan peluang yang berupa Sony Ericsson dengan desain lebih dari tampilan produk: produk dibuat dengan tahapan proses- fitur pandai, aplikasi bersahabata, bahan inovatif dan tentu saja tampilan yang menarik.Sehingga mampu bertahan dipasar mobile.

    Strategi ST:
    Salah satu kekuatan Sony yang terhebat adalah kemampuannya untuk inovasi produk, kualitas produk. Web Page Sony menyatakan “inovasi Sony menjadi bagian dari budaya utama, termasuk: magnetic tape pertama dan tape recorder pada tahun 1950; transistor radio pada 1955; transistor televisi pertama diunia pada tahun 1960; video cassette recorder berwarna pertama di dunia pada 1971; Walkman personal stereo pada 1979; Compact disc –ada 1982; 8mm camcorder pertama pada 1985; minidisk player pada 1992; sistem game Playstation pada 1995; kamera Digital Mavica pada 1997; DVD Player 1998; dan Network Walkman digital music player in 1999.Perusahaan Sony memanajem untuk berkompetisi dan tetap dengan organisasi yang kuat dengan belajar dari kegagalan. Kekuatan Sony lainnya adalah kemampuannya untuk sukses di pasar yang berbeda. Sony telah membuat impact pada pasar video game, PC, dan terutama pasar televisi.

    Ancaman umum yang dihadapi perusahaan pada penjualan adalah kompetisi. Pesaing utama Sony ada pada industri pasar televisi LCD adalah Samsung, Sharp, Panasonic dan masih banyak lagi. Banyak dari merk pesaing tersebut berkompetisi juga pada segmen DVD player. Ancaman terbaru lainnya yang dihadapi Sony adalah Sony harus meminta maaf kepada publik terkait dengan backdrop pada sebuah violent video game. Namun, ketika di tanya apakah harus menarik game dari pasar atau membuat donasi untuk komunitas yang dirugikan, mereka menolak.

    Kesimpulan:
    Dari kekuatan Sony yang terhebat adalah kemampuannya untuk inovasi produk, kualitas produk. Web Page Sony menyatakan “inovasi Sony menjadi bagian dari budaya utama. Dapat meminimalisirkan hambatan yang berupa pesaing dari produk industri pasar televisi LCD adalah Samsung, Sharp, Panasonic dan masih banyak lagi.

    Strategi WO:
    Sony terbesar dan terbaru kelemahan adalah kurangnya inovasi mereka dengan PS3. Sony berfokus pada teknologi digital ketika membangun PS3 dan memiliki kemampuan untuk mengekspor video definisi tinggi. Namun teknologi ini hanya dapat dilihat pada TV berdefinisi tinggi sehingga banyak orang bahkan tidak akan dapat melihat potensi penuh yang ditawarkan. Kejatuhannya lain untuk PS3 adalah harga, yang baru-baru ini Sony telah diturunkan oleh $ 100. Namun kelemahan dari PS3 bahkan lebih dalam ketika mempertimbangkan berbagai pilihan permainan video. Sebagian besar permainan yang tersedia adalah semua pertama-orang jujur permainan, yang menarik bagi pasar tertentu. Ada beberapa permainan yang menarik bagi bagian yang berbeda video gamer. Sony eksekutif membuat jelas bahwa mereka tahu bahwa mereka perlu berbuat lebih banyak daripada harga yang lebih rendah untuk merayu konsumen kembali ke permainan video merek lesu.

    Sony memiliki banyak peluang dari kekuatan inovasinya. Pada Sony Ericsson. Desain lebih dari tampilan produk: produk dibuat dengan tahapan proses- fitur pandai, aplikasi bersahabata, bahan inovatif dan tentu saja tampilan yang menarik. Sony’s Reader, sambungan elektronik-harapan besar pada awal rancangan bagaimana dunia akan membaca dimasa depan, adalah inovasi yang Sony gunakan sebagai peluang untuk memasuki pasar baru.
    Salah satu lagi adalah proyek CSL diharapkan untuk sukses meupakan software grafik untuk telpon celluler oleh Ivan Poupyrev. Terdengar sederhana, tapi kemampuannya untuk menggambar ikon realistik dan avatar langsung pada telpon genggam standar tentu saja akan menambah fasilitas pengguna untuk mobile social-networking sites.

    Kesimpulan:
    Sony mempunyai kelemahan berupa kurangnya inovasi mereka dengan PS3. Sony berfokus pada teknologi digital ketika membangun PS3 dan memiliki kemampuan untuk mengekspor video definisi tinggi.Namun tetap mempunyai peluang dari kekuatan inovasinya.
    Strategi WT:
    Sony terbesar dan terbaru kelemahan adalah kurangnya inovasi mereka dengan PS3. Sony berfokus pada teknologi digital ketika membangun PS3 dan memiliki kemampuan untuk mengekspor video definisi tinggi. Namun teknologi ini hanya dapat dilihat pada TV berdefinisi tinggi sehingga banyak orang bahkan tidak akan dapat melihat potensi penuh yang ditawarkan. Kejatuhannya lain untuk PS3 adalah harga, yang baru-baru ini Sony telah diturunkan oleh $ 100. Namun kelemahan dari PS3 bahkan lebih dalam ketika mempertimbangkan berbagai pilihan permainan video. Sebagian besar permainan yang tersedia adalah semua pertama-orang jujur permainan, yang menarik bagi pasar tertentu. Ada beberapa permainan yang menarik bagi bagian yang berbeda video gamer. Sony eksekutif membuat jelas bahwa mereka tahu bahwa mereka perlu berbuat lebih banyak daripada harga yang lebih rendah untuk merayu konsumen kembali ke permainan video merek lesu.

    Ancaman umum yang dihadapi perusahaan pada penjualan adalah kompetisi. Pesaing utama Sony ada pada industri pasar televisi LCD adalah Samsung, Sharp, Panasonic dan masih banyak lagi. Banyak dari merk pesaing tersebut berkompetisi juga pada segmen DVD player. Ancaman terbaru lainnya yang dihadapi Sony adalah Sony harus meminta maaf kepada publik terkait dengan backdrop pada sebuah violent video game. Namun, ketika di tanya apakah harus menarik game dari pasar atau membuat donasi untuk komunitas yang dirugikan, mereka menolak.

    Kesimpulan:
    Kelemahan dari Sony berupa kurangnya inovasi pada PS3 mereka dapat menjadi ancaman yang dihadapi perusahaan pada penjualannya.Sony meminimumkan kelemahannya dengan memberikan inovasi berupa video game eksekutif.

    PASAR CERUK PT. SONY CORPORATION

    Strategi ceruk pasar adalah strategi menjadi pemimpin pasar di pasar yang kecil (ceruk). Strategi ceruk pasar memungkinkan perusahaan dengan pangsa pasar kecil dibandingkan pasar keseluruhan dapat memperoleh laba besar. Strategi ini pada intinya melakukan spesialisasi, misalnya spesialisasi ciri produk, spesialisasi geografis, spesialisasi harga-kualitas, spesialisasi pelanggan, spesialisasi pelayanan, spesialisasi pemakai akhir, spesialisasi pesanan, spesialisasi produk atau lini produk, spesialisasi saluran, spesialisasi ukuran pelanggan dan spesialisasi vertikal. Betadine menggunakan strategi ceruk pasar, yaitu menjadi pemimpin pasar dari obat luka yang merupakan bagian kecil dari pasar obat. Betadine menggunakan strategi spesialis harga-kualitas, yaitu dengan kualitas yang baik, maka menawarkan dengan harga lebih mahal 100 % dari harga pesaing, sehingga memperoleh laba cukup besar. Untuk mempertahankan citra yang bagus, Betadine melakukan public relations terutama di arahkan ke rumah sakit dengan terus memperkenalkan teknologi melalui juru bicara yang mengarah kepada anjuran para dokter. Demikian pula Tropicana Slim juga menggunakan strategi ceruk pasar untuk produk gula sehat. Tropicana Slim juga menggunakan strategi spesialis harga-kualitas, yaitu kualitas tinggi dengan harga di atas rata-rata pesaing.

    XPERIA Tablet Z menjadi senjata baru perusahaan asal Jepang, Sony, dalam memasuki persaingan memperebutkan ceruk pasar tablet 2013. Bloomberg Businessweek menyebutkan Xperia Tablet Z merupakan kesempatan Sony untuk bersaing dengan Apple, yang saat ini memimpin pasar tablet.Pada Oktober 2012, Apple memperkenalkan iPad berukuran 7,9 inci atau lebih dikenal dengan iPad Mini –dijual mulai USD329. Tak hanya bersaing dengan Apple, Sony juga punya saingan lain, seperti Samsung dan Amazon.com dengan Kindle Fire terbarunya. Samsung –dengan varian Galaxy Tab– juga panen besar di pasar tablet. Pasar tablet masih menjanjikan. Riset iSuppli pada Desember, menunjukkan, pengapalan tablet mencapai 120 juta unit pada 2012. Angka ini diperkirakan meningkat menjadi 340 juta tablet pada 2016. Sony sadar betul celah pasar ini. Menurut data Bloomberg, Sony memperoleh 18 persen market share dari penjualan produk telekomunikasi dan mobile pada akhir September. Inilah yang memperkuat niat Sony membeli saham Ericsson AB di Sony Ericsson akhir tahun lalu. Setelah pisah dengan Ericsson, Sony akan fokus pada produksi telepon dan perangkat mobile kelas menengah-atas (mid-high).
    CEO Sony Kazuo Hirai menyebutkan, perusahaannya fokus pada produksi perangkat bergerak (mobile device) untuk menyegarkan perusahaan, setelah penjualan produk televisi tidak menguntungkan lagi dalam delapan tahun fiskal terakhir. Pada 2011 perusahaan asal Jepang itu memulai debut masuk ke pasar tablet, yaitu Sony P dan Sony Tablet S. Penjualan tablet ini tak terlalu mengembirakan. Pada Agustus 2012, Sony meluncurkan Xperia Tablet S. Kazuo sepertinya mengharapkan Xperia Tablet Z sebagai awal kebangkitan Sony di pasar tablet yang didominasi Apple dan Samsung. Keputusan Sony fokus pada produksi perangkat mobile disebut analis sebagai langkah tepat. “Itu menjadi strategi yang rasional bagi Sony untuk memfokuskan diri pada produksi perangkat bergerak, termasuk tablet, setelah bisnis TV tidak lagi menjanjikan,” kata Keita Wakabayashi, analis di Mito Securities Co, Tokyo, seperti Xperiakita kutip dari Bloomberg, Senin (21/1/2013). “Tapi itu menjadi bagian yang rumit karena berhadapan dengan laptop dan smartphone.”

    Komentar oleh Suchaelly Yulva | Mei 28, 2014 | Balas

    • maksudnya kami kelompok 4 pak, maaf salah ketik pak.

      Komentar oleh Suchaelly Yulva | Mei 28, 2014 | Balas

  29. Selamat siang pak jo ..
    Kami dari kelas M4A Reguler Mandiri

    Tugas 1

    KELOMPOK 1
    1. AYU LESTARI (ERC1B012021)
    2. FLORA ARTA (ERC1B012027)
    3. MUTI AISAH (ERC1B012055)
    4. MUHAMMAD IQBAL (ERC1B011123 )

    Perumusan Strategi Perusahaan SO,WO,ST dan WT,serta strategi ceruk pasar dalam PT Astra Honda Motor.

    1. Strategi SO :

    Adalah memanfaatkan seluruh kekuatan dan memanfaatkan peluang sebesar – besarnya. Sehingga yang dapat di tempuh adalah :
    -Meningkatkan produksi jenis tertentu yang sedang menjadi tren, misal jenis matic atau sport
    -Memberikan variasi harga sesuai dengan daerah.
    -Mempergencar promosi di daerah
    -Memberikan variasi pelayanan di dealer – dealer dan purna jual
    -Memberikan variasi pelayanan di jasa service

    Kesimpulan :

    Industri sepeda motor akan terus tumbuh melihat situasi perekonomian, oleh karena itu PT ASTRA HONDA MOTOR harus dan mampu menggali celah untuk mengambil kesempatan dengan meningkatkan segala produktivitasnya dengan memberikan kualitas yang lebih dibandingkan para pesaing lainnya khususnya untuk PT YAMAHA.serta promosi yang gencar dilakukan merupakan media efektif menciptakan image dan untuk mendongkrak penjualan.gencarnya promosi yang dilakukan oleh PT.Astra Honda Motor dengan membuat iklan yakni Honda memposisikan diri sebagai motor yang fashionable dan stylish. Ibaratnya belum keren kalau belum naik Honda. Pesan ini disampaikan oleh Agnes Monica yang disimbolkan sebagai cewek muda, enerjik, fashionable dan stylish. Di segmen cowok diwakili Daniel, simbol laki-laki sukses, muda, enerjik, fashionable dan stylish. Keduanya mengisi segmen premium, yaitu Vario. Sementara di kelas anak muda diisi oleh Afgan dan Cinta Laura, simbol ABG jaman sekarang yang cocok menggunakan BeAT.

    2. Strategi ST :

    Adalah strategi dalam menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman. Yang dapat di tempuh atau dilakukan adalah :
    -Inovasi produk dengan tetap mengandalkan keiritan dan kekuatan mesin
    -Memberikan training skill pada pegawai khususnya di bagian pelayanan jasa service
    -Mempermudah system pembelian atau kredit
    -Menambah dealer atau show room di daerah – daerah

    Kesimpulan :

    Astra Honda Motor mulai menjual atau mencari tempat-tempat yang belum pernah dijangkau seperti daerah pedesaan dan daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia. Kemudian Astra Honda motor selalu meningkatkan produk yang up to date sesuai keinginan/kebutuhan masyarakat. Honda terbukti mampu menjaga nama besarnya dengan mempunyai manajemen yang kuat dan profesional, strategi pemasaran yang bagus, pencitraan dan positioning tepat. Performa produk dan inovasi di segala lini efektif.

    3.Strategi WO :

    Adalah strategi dalam menggunakan peluang yang dimiliki perusahaan dengan meminimalkan kelemahan yang ada. Yang mungkin dapat dilakukan adalah :
    -Memiliki system distribusi dan penyaluran yang merata ke seluruh wilayah sesuai dengan pangsa pasar wilayah terkait
    -Membuat style atau bodi yang lebih dinamis dan modern
    -Menyediakan stok jenis terntentu di dealer khususnya sesuai orientasi pasar yang di tuju misalnya peningkatan jenis skutik dan sport.

    Kesimpulan :

    Honda lebih mengandalkan desain. Perubahan ini terlihat signifikan bila melihat produk Honda 10-20 tahun lalu, misalnya generasi Astrea dimana desainnya tidak mengalami perubahan signifikan. Kini, Honda pada zaman modern mampu menghasilkan desain revolusioner. Ubahan tidak hanya pada desain bodi, tetapi juga mesin. Astra Honda motor juga dapat menjual lebih banyak motor scutik dan sport yang lebih banyak sesuai permintaan konsumen akhir-akhir ini.

    4. Strategi WT :

    Adalah strategi yang bersfiat difensif dan berusaha meminimalkan kelemahan serta menghindari ancaman
    -Menyediakan paket surprice atau hadiah (biasanya undian berhadiah dari pelanggan Honda)
    -Melakuakan promisi kedesa-desa dan gencar memberikan promosi di segmen segmen tertentu
    -Membuat suku cadang yang lebih murah Inovasi produk terus menerus

    Kesimpulan :

    Terkait dengan analisa WT mungkin yang dapat dilakukan adalah dengan berinovasi dan perbaikan terus menerus maka akan dapat selalu mencapai kepuasan pelanggan. Atau dalam arti lain, Astra Honda Motor harus selalu pada target pengembangan produk yang lebih mutakhir, inovasi teknologi, dan pengembangan yang berkelanjutan terhadap produknya.

    Strategi ceruk pasar PT ASTRA HONDA MOTOR

    Strategi ceruk pasar adalah strategi menjadi pemimpin pasar di pasar yang kecil (ceruk). Strategi ceruk pasar memungkinkan perusahaan dengan pangsa pasar kecil dibandingkan pasar keseluruhan dapat memperoleh laba besar. Strategi ini pada intinya melakukan spesialisasi, misalnya spesialisasi ciri produk, spesialisasi geografis, spesialisasi harga-kualitas, spesialisasi pelanggan, spesialisasi pelayanan, spesialisasi pemakai akhir, spesialisasi pesanan, spesialisasi produk atau lini produk, spesialisasi saluran, spesialisasi ukuran pelanggan dan spesialisasi vertical. Ceruk Pasar atau Niche Market juga dapat diartikan sebagai celah pasar yang dapat direbut oleh produsen/pedagang dari kompetitor yang memasarkan suatu produk sejenis sehingga jumlah konsumen semakin banyak lagi yang terjaring memanfaatkan / membeli produk mereka. PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan salah satu pemain dalam industri sepeda motor di tanah air. Untuk saat ini, pasar motor sport Honda terbesar masih ada di Pulau Jawa. persentasenya mencapai 50-60%. Selain di Pulau Jawa, pasar kedua terbesar adalah Sumatera dengan pangsa pasar 18-20%. Di segmen motor sport, pangsa pasar Honda tercatat 43,4 % sementara pada periode yang sama tahun lalu hanya 33,7%. Lonjakan pertumbuhan ini diraih PT AHM melalui penjualan Honda CB150R Street Fire yang terjual sebanyak 67.330 unit, diikuti Honda Verza 150 sebesar 41.466 unit, New Honda Mega Pro FI sebesar 14.139 unit, dan CBR series sebesar 1.162 unit.

    Komentar oleh floraarta | Mei 28, 2014 | Balas

  30. Selamat sore pak johanes ..
    Kami dari kelas M4A Reguler Mandiri

    Tugas 1

    KELOMPOK 2
    1. AYU NURLIANA (ERC1B012085)
    2. BAGUS SUTANTO (ERC1B012091)
    3. ADITYA SALIMARDANA (ERC1B012035)
    4. AHMAD SUBHAN (ERC1B012043)
    5. ERWIN SAPUTRA (ERC1B012071)

    Perumusan Strategi Perusahaan SO,WO,ST dan WT,serta strategi ceruk pasar dalam PT. DANONE AQUA

    1. Strategi SO
    •Brand Aqua Danone sangat kuat
    •Aqua Danone sebagai market leader bisnis air mineral (pangsa pasar 60%)
    •Memasarkan produk tidak susah, karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk
    •Kemasan Aqua semakin beragam ( dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon )
    •Menggunakan manajemen sumber daya air yang canggih. Sebagai bagian dari Grup Danone di seluruh dunia, AQUA mengikuti aturan yang dituangkan dalam Piagam Danone untuk manajemen sumber daya air untuk menjamin kualitas sumber-sumber mata airnya
    •Inovasi terbaru tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif, dan secara eksklusif dilengkapi segel transparan dengan hologram untuk menjamin terjaganya produk alami dari tiap tetes Aqua
    •Agen penjualan Aqua yang tersebar dimana-mana, karena untuk menjadi agen Aqua sangat mudah, hanya dengan pengambilan minimal 20 galon Aqua

    Kesimpulan :
    perusahaan danone perusahaan pertama yang memproduksi air mineral merek AQUA yang sangat terkenal sehingga pemasokannya sangat mudah baik dikota kota besar ataupun kecil sehingga produk tersebut dapat diterima dipasar atau dimasyarakat inovasinya beragam baik dalam bentuk gelas atau botol maupun galon.
    Kualitas airnya pun sangat bagus dan diproduksi secara higeanis.

    2. Strategi WO
    •Kendali pasokan / stok barang berada di tangan Principal / Main Distributor
    •Margin tipis
    •Diperlukan Modal Kerja yang cukup besar
    •Ketika musim hujan penjualan turun dan Arus Kas terbenam di Stok Barang.
    •Air mineral Aqua masih menggunakan proses Ozonisasi

    Kesimpulan :
    didalam perusahaan Danone memmpunyai kelemahan tersendiri disaat musim hujan penjualan air tersebut menurun dan modal yang terdapat dalam perusahaan tersebut terbenam karena stok barang yg menumpuk, distibutor juga memainkan peran dalam penjualan sehingga kemungkinan kerugian dapat dinminimalkan.

    3.Strategi ST
    •Jenjang menuju strata Distributor (margin cukup menggiurkan) terbuka lebar
    •Track record distribusi Aqua Danone bisa dipakai referensi untuk melebarkan sayap bisnis produk Danone Food (Biskuat dll)
    •Mempunyai peluang untuk merambah ke agen-agen kecil yang belum mempunyai pasar lokal
    •Sosialisasi ke masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi air mineral yang bersih dan higienis dimana Aqua memiliki semua kriteria yang dibutuhkan
    •Pemberian bantuan Aqua untuk wilayah terpencil merupakan salah satu promosi Aqua bahwa Aqua juga perduli terhadap sesama
    •Air PDAM yang sekarang sudah tidak memungkinkan untuk dikonsumsi, maka Pemerintah menganjurkan kepada masyarakat agar mengkonsumsi air mineral dalam kemasan
    •Aqua mempunyai kesempatan besar untuk bisa menembus pasar Internasional

    Kesimpulan :
    perusahaan danone Aqua memasok kedistributor mempunyai peluang yang sangat besar, sehingga dapat menarik pelanggan dengan mudah dan mensosialisasikan kepada msayarakat agar mengkonsumsi Aqua sangat mudah karena pada saat ini kualitas ait PDAM kurang baik. Dan Perusahaan tersebut juga mengadakan kegiatan peduli sesama didaerah terpecil.

    4.Strategi WT
    •Persaingan harga dengan sesama Agen / Sub Distributor / Distributor Aqua Danone dari wilayah lain (cross border)
    •Tidak dipasok produk / pencabutan lisensi keagenan Aqua Danone apabila melanggar aturan keagenan.
    •Mulai muncul produk-produk air mineral baru
    •Sekarang ini banyak bermunculan depo-depo air minum isi ulang dikawasan padat penduduk dimana harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding Aqua
    •Adanya kenaikan bahan baku untuk kemasan, seperti plastik untuk label dan bahan untuk pembuatan gallon
    •Tidak stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing
    •Melemahnya daya beli konsumen
    • Adanya penghapusan subsidi BBM bagi industri

    Kesimpulan :
    di perusahaan Danone tersebut bersaiang harga antara agen dan distributor sangat tinggi apalagi saat sekarang ini di tempat pemukiman penduduk sudah banyak terdapat air isi ulang sehingga penjualan Aqua sedikit menurun dan juga terkaitnya kenaikan bahan baku pembuatan kemasan tersebut dan konsumen lebih memilih air isi ulang tetapi bagi kalangan masyarakat yang mengetahui kualitas air yang bersih tetap memilih produk Aqua untuk dikonsumsi sehari- hari .

    Strategi ceruk pasar PT DANONE AQUA

    Ceruk pasar :
    Strategi ceruk pasar adalah strategi menjadi pemimpin pasar di pasar yang kecil (ceruk). Strategi ceruk pasar memungkinkan perusahaan dengan pangsa pasar kecil dibandingkan pasar keseluruhan dapat memperoleh laba besar. Strategi ini pada intinya melakukan spesialisasi, misalnya spesialisasi ciri produk, spesialisasi geografis, spesialisasi harga-kualitas, spesialisasi pelanggan, spesialisasi pelayanan, spesialisasi pemakai akhir, spesialisasi pesanan, spesialisasi produk atau lini produk, spesialisasi saluran, spesialisasi ukuran pelanggan dan spesialisasi vertikal. Strategi pemasaran yang asli tidak ditujukan di Indonesia . Tirto bermaksud untuk memapankan ceruk pasar kecil memasok air aman dan es pada orang asing di Indonesia. Satu hal yang mengejutkan, uji pemasaran di Terminal besar di Jakarta dan sepanjang jalan Pantura membuktikan bahwa orang-orang Indonesia ada kemauan untuk membeli air dalam botol. Berita tentang AQUA menyebar dari kota besar ke desa-desa kecil diseluruh pelosok tanah air. Tetapi perkiraan konsumen harus dipikirkan. Sementara perkiraan tersebut AQUA mengandung mineral sehat, sebenarnya tidak ada apa-apanya selain air dalam botol.Tidak dikarbonasi dan tidak pula dibumbui. Sejak semula, bagaimanapun, AQUA secara umum mengacu pada “Air Mineral AQUA” orang Indonesia tidak tahu bagaiman memperkirakan. Pada awalnya contoh promosi penjualan AQUA dilaksanakan pada pengunjung bioskop.Untuk memoles citra AQUA Tirto mencoba slogan bersih, bening, bebas bakteriuntuk empat tahun yang pertama. Penjualan tetap tertahan dibawah dua juta liter per tahun – tidak cukup apabila perusahaan telah menjadi distributor utama. Dalam tahun 1979 Tirto merubah slogan secara permanen menjadi air sehat setiap saat, sedikit penedekatan klinis. Berhasil, Slogan yang baru berpasangan dengan perkenalan dengan kemasan plastik yang baru, mendorong penjualan AQUA sampai lebih 13 juta liter di tahun 1983. AQUA melanjutkan untuk mengembangkan upaya pemasarannya ke pulau yang lain di Indonesia. Untuk memotong biaya transportasi, fasilitas produksi dioperasikan dengan lisensi yang memproduksi air dalam persyaratan AQUA telah dibuka di Manado, Sulawesi Utara, dan Medan, Sumatera Utara. Satu instalasi kecil mulai berproduksi airl SEHAT dalam botol di Brunei Darrussalam, satu negara minyak yang merdeka di pantai utara Borneo. Bukan suatu hal yang kecil,

    Komentar oleh bagus sutanto | Mei 30, 2014 | Balas

  31. Selamat malam Pak Jo kami dari kelompok 3 kelas M4A yang beranggotakan :
    1. RAHANDHANI SETYO PRATIWI ERC1B012029
    2. ANNISAA KUSUMA ERC1B012005
    3. HAFSAH DWI PUSPITASARI ERDANOVA ERC1B012011
    4. ANDRI ERC1B012083
    5. ZULFIKAR ERC1B010103
    Kelompok kami memilih perusahaan Panasonic sebagai perumusan Strategi Perusahaan SO,WO,ST dan WT,serta strategi ceruk pasar .

    Strategi SO (Strength-Opportunity)
    Strategy SO (Strength-Opportunity). Strategi ini menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk meraih peluang-peluang yang ada di luar perusahaan. Sehingga upaya yang dapat di tempuh adalah :
    -Memperkenalkan merek untuk pertumbuhan usaha dan perluasan pasar
    – memberikan kualitas produk yang tinggi dan terbaik,
    – selalu melakukan inovasi-inovasi hebat untuk produk-produknya
    – menciptakan produk terbaik bagi para konsumennya
    – menjadikan produk elektronik yang mudah tersedia dengan harga yang terjangkau untuk kebutuhan masyarakat banyak.
    – merupakan manufaktur kelas dunia di bidang produk elektronik, khususnya untuk kebutuhan konsumen awam, bisnis dan industri .
    Kesimpulan : sebagai perusahaan manufaktur yang bergerak pada bidang elektronik. Panasonic di Indonesia tetap merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari TV plasma, Kamera, AC, Kulkas, Mesin Cuci, dan lainnya.Panasonic selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi pra konsumennya sebagai upaya dari melestarikan budaya kedua perusahaan yang telah diterapkan oleh para pendirinya.
    Strategy WO (Weakness-Opportunity). Strategi ini bertujuan untuk memperkecil kelemahan-kelemahan internal perusahaan dengan memanfaatkan peluang-peluang eksternal. Sehingga upaya yang dapat di tempuh adalah :
    -strategy WO, yakni dengan mengadakan suatu kerjasama (joint venture) dengan perusahaan lain yang memiliki kompetensi.
    – pangsa pasar baru untuk meningkatkan profitabilitas
    -menaikkan margin inovasi produk untuk mengendalikan keuntungan
    -akuisisi teknologi baru untuk inovasi
    -memenuhi kebutuhan konsumen dan menjual produk berkuallitas dunia
    Kesimpulan : Pada saat Krisis berkepanjangan yang melanda Indonesia juga memilki dampak bagi PT Panasonic. Ekspor PT Panasonic ke pasar utamanya yaitu Timur Tengah– menurun dari 38% menjadi 27% dari total penjualannya. Pada saat yang sama, biaya produksi melambung karena naiknya harga bahan bakar, listrik dan telepon. Menurut estimasi National Gobel, biaya produksi meningkat 3 persen setiap tahunnya, dan hal ini tidak diimbangi oleh peningkatan daya beli konsumen. Namun PT Panasonic (PT Nasional Gobel) adalah salah satu pemain utama di industri elektronika yang pantang menyerah menghadapi tantangan tersebut. Bahkan dalam kurun waktu satu tahun, mereka berhasil meraih memperbesar pangsa pasarnya dari 10% menjadi 13%. Pada tahun 2002, PT Panasonic mampu mencapai pertumbuhan sebesar 15%.
    Strategy ST (Strength-Threat). Melalui strategy ini perusahaan berusaha untuk menghindari atau mengurangi dampak dari ancaman eksternal. Hal ini bukan berarti bahwa perusahaan yang tangguh harus selalu mendapatkan ancaman. Adapun yang merupakan ancamannya yaitu :
    -kompetisi intens pada pasar televisi berwarna
    – lingkungan bisnis yang sangat tidak pasti dan pasar yang semakin kompetitif
    – jika perusahaan tetap diam, akan mudah ketinggalan jaman
    – konsumen memiliki banyak pilihan.
    Kesimpulan : semakin banyak competitor dalam industry elektronik maka Panasonic harus mampu mempertahankan keunggulan lestarinya. Sehingga mempunyai nilai lebih dihati konsumen. Selain itu, Panasonic juga harus mampu terus berinovasi dalam produk-produknya sehingga konsumen tidak jenuh.
    Strategy WT (Weakness-Threat). Strategy ini merupakan taktik untuk bertahan dengan cara mengurangi kelemahan internal serta menghindari ancaman. Suatu perusahaan yang dihadapkan pada sejumlah kelemahan internal dan ancaman eksternal sesungguhnya dalam posisi yang berbahaya.

    -Diferensiasi untuk menghindari komoditas pasar yang serupa
    -Diversifikasi ke pangsa pasar baru
    -Investasi pada merek dan program loyalitas pelanggan

    Kesimpulan : Panasonic selalu berusaha menciptakan produk yang inovatif pada sentuhan desain dan teknologinya sehingga produk ini dapat dikembangkan secara maksimal sebab tidak adanya pesaing pada produk ini . Target pasar dalam beberapa wilayah juga menjadi penentu, Panasonic berusaha memhami dan beradaptasi dengan karakter pasar. Strategi segmentasi ini dilakukan agar tetap dapat bertahan ditengah persaingan yang kuat.

    Ceruk pasar (Niche Market)
    dipahami sebagai segmen pasar yang spesifik, dengan kata lain kita memasarkan barang/jasa untuk di jual kepada sebuah golongan konsumen yang sudah kita tetapkan/menentukan target market dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan.
    Ceruk pasar PT. Panaso Dua produknya – Toughbook CF-AX2 untuk notebook dan Toughpad FZ-G1 – untuk tablet – diperkenalkan melalui distributor barunya, PT Visi Mandiri Baru, di Jakarta pekan lalu (29/5/2013). Produk notebook dan tablet yang digunakan di luar ruangan, termasuk dalam kondisi ekstrim. Getaran, guncangan, udara dingin, paparan pasir, guyuran air hujan tidak akan mempengaruhi kinerja notebook dan tablet Panasonic itu. didesain supertangguh dengan lapisan alumunium alloy. Maka terjatuh dari ketinggian maksimal 120cm saat perangkat sedang menyala atau terinjak sampai bobot 100kg tidak akan membuatnya mogok bekerja. Strategi pasarnya adalah sektor B2B (business-to-business). Mereka mengincar ceruk pasar (niche market). Panasonic mengategorikan produknya dalam tiga tipe: fully-rugged, semi-rugged dan business mobile. Toughbook CF-AX2 yang berbobot 1,15kh termasuk dalam business-mobile, sedangkan Toughpad FZ-G1 tergolong fully-rugged. Pada tipe fully-rugged, seperti Toughbook CF-31/19/D1, tak ada slot terbuka satu pun di badan perangkat. Semuanya tersembunyi dalam slot yang terkunci

    Komentar oleh rahandhani setyo pratiwi | Juni 1, 2014 | Balas

  32. Saya perwakilan anggota kelompok 6 kelas M4B yang beranggotakan:
    1. Alief Rezki Indra – ERC1B012096
    2. Fadil Reza Pahlevi – ERC1B012006
    3. Bagas Dewandaru – ERC1B012104
    4. Fitri Dwi Hariyanti – ERC1B012092
    5. M. Luthfi – ERC1B012108

    Tugas mengenai Visi & Misi Kabupaten Sarolangun

    Visi & Misi
    VISI
    Visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Sarolangun Periode 2011 – 2016, adalah suatu kondisi yang akan dicapai Kabupaten Sarolangun lima tahun ke depan. Memperhatikan potensi, kondisi, permasalahan, tantangan dan peluang serta mempertimbangkan berbagai isu yang ada, maka visi Kabupaten Sarolangun yang akan diwujudkan pada tahapan kedua RPJP Daerah Kabupaten Sarolangun (Tahun 2011 – 2016) adalah :
    “SAROLANGUN LEBIH MAJU DAN SEJAHTERA”
    LEBIH MAJU
    Meningkatnya kemajuan pembangunan daerah dibidang sosial, ekonomi, politik dan hukum menuju kemandirian daerah.
    LEBIH SEJAHTERA
    Terciptanya kondisi yang lebih kondusif bagi tumbuh kembangnya partisipasi ekonomi, sosial, budaya masyarakat dalam mendukung pembangunan berkelanjutan
    MISI
    Agar Visi RPJMD Kabupaten Sarolangun Tahun 2011 – 2016 tersebut dapat diwujudkan, maka ditetapkan 5 (lima) misi sebagai berikut:
    1. Meningkatkan Infrastruktur Pelayanan Umum
    2. Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Dan Daerah
    3. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia
    4. Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik
    5. Meningkatkan Tata Kehidupan Masyarakat Yang Agamis, Berbudaya dan Harmonis

    Menurut kelompok kami, Visi dan Misi kabupaten sudah terpaparkan secara jelas dan menunjukkan progress yang positif sesuai dengan apa yang telah dilakukan pemerintah kota Sarolangun sampai saat ini.

    Komentar oleh Alief Rezki Indra | Juni 2, 2014 | Balas

  33. Selamat pagi Pak Jo.
    Saya dari kelas M4A Reguler Mandiri
    Tugas 1
    DANI PRATAMA PUTRA (ERC1B011020)
    Perumusan Strategi Perusahaan SO,WO,ST dan WT,serta strategi ceruk pasar dalam PT. TELKOM INDONESIA.
    A. Strength (Kekuatan)
    1. Telkom memiliki kekuatan finansial yang besar. Hal ini memudahkan Telkom untuk melakukan investasi peralatan telekomunikasi yang mahal. Selain itu, mereka juga telah memiliki jaringan dan infrastruktur yang luas mencakup segenap wilayah tanah air sehingga memudahkan untuk melakukan ekspansi dan penetrasi pasar.
    2. Sepanjang tahun 2008, jumlah pelanggan Perusahaan terus menunjukkan pertumbuhan yang pesat.
    3. Pilihan produk dan cakupan serta beragam jenis layanan yang ditawarkan merupakan keunggulan strategis yang dimiliki Telkom.
    4. Dari sisi keuangan, Telkom terus menunjukkan arus kas yang kuat dan rasio hutang terhadap ekuitas yang sehat.
    5. Sejumlah departemen dan instansi Pemerintah (tidak termasuk BUMN) membeli layanan Telkom sebagai pelanggan langsung, dengan termin yang dinegosiasikan secara komersil.

    B. Weakness (Kelemahan)
    1. Jumlah pekerjanya terlampau besar; sehingga kurang efisien dan boros dalam anggaran untuk gaji pegawainya.
    2. Langkah strategis merger & akuisisi, investasi & divestasi serta pengelolaan anak perusahaan mengandung peluang dan risiko yang dapat mempengaruhi performansi keuangan perusahaan.
    3. Kepentingan Pemegang Saham Pengendali dapat berbeda dengan kepentingan Pemegang Saham Telkom lainnya.
    4. Kebocoran Pendapatan berpotensi terjadi akibat kelemahan internal dan masalah eksternal dan jika terjadi dapat menimbulkan kerugian pada hasil usaha Telkom.

    C. Opportunity
    1. Industri telekomunikasi dan informasi akan terus memiliki peranan penting di Indonesia seiring pertumbuhan yang berkesinambungan sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia.
    2. Permintaan masyarakat yang tinggi akan akses internet merupakan pasar yang sangat potensial.
    3. Selain itu jumlah penduduk Indonesia yang besar, dan baru sedikit yang telah memiliki akses broadband internet, tentu merupakan peluang pasar yang sangat baik bagi pertumbuhan bisnis Telkom.

    D. Threats (Ancaman)
    1. Masyarakat semakin menuntut mobilitas dan fleksibilitas dari alat komunikasinya, telepon rumah “tradisional” tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
    2. Kondisi persaingan akan menjadi semakin ketat, para operator bertarung untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan yang jumlahnya makin kecil.
    3. Tidak ada jaminan bahwa situasi politik di Indonesia akan stabil atau Pemerintah akan menerapkan kebijakan ekonomi yang kondusif untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi atau yang tidak berdampak negatif terhadap kondisi regulasi telekomunikasi pada saat ini.
    4. Kemungkinan krisis keuangan global akan berdampak buruk secara material terhadap Telkom.
    5. Jaringan Telkom, khususnya jaringan akses kabel , dapat menghadapi potensi ancaman keamanan, seperti pencurian atau vandalisme yang dapat berdampak pada hasil usahanya.

    Kesimpulan
    Dari Analisis SWOT PT. TELKOM INDONESIA maka penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :
    1. Dalam sebuah perusahaan sangat penting untuk menjaga dan memelihara hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat. Karena fungsi Public Relations adalah menciptakan opini publik yang positif bagi perusahaan agar citra perusahaan yang baik tetap terjaga.
    2. Informasi yang diberikan Public Relations kepada publik internal, tidak terkesan melebih-lebihkan pendapat masyarakat luar terhadap perusahaan. Sehingga para karyawan / staf dapat melaksanakan tugasnya tepat sasaran atau sesuai target perusahaan. Dan informasi yang diberikan harus up to date agar kegiatan perusahaan tetap berjalan dengan lancar.
    3. Selalu mempertahankan semangat dan loyalitas karyawan/staf kepada perusahaan.
    4. Keinginan dan kebutuhan masyarakat, sebagai konsumen, sangat perlu diperhatikan demi mempertahankan perusahaan.
    5. Diterima tidaknya suatu perusahaan atau disukai tidaknya produksi perusahaan oleh masyarakat, salah satunya bergantung pada hasil kerja Public Relations sebuah perusahaan.

    Ceruk Pasar PT.TELKOM INDONESIA
    PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) terus menguatkan penetrasi pasar salah satu varian layanan internetnya, Speedy Multi Speed. Senior Manager Marketing and Sales Telkom Divre V Jawa Timur Gatot Indra mengatakan, sejak dipasarkan di Jatim bulan September lalu, jumlah pelanggan Speedy Multi Speed sudah mencapai 18.000 di Jawa Timur, atau sekitar 10% dari jumlah keseluruhan pelanggan.
    Jumlah ini diprediksi akan terus meningkat melihat respons pasar yang bagus dan tren kebutuhan internet masyarakat yang makin tinggi,” tutur Gatot, Senin (2/11/09)
    Menurut Gatot, pasar internet broadband di Indonesia masih sangat luas. Dengan jumlah pengguna internet di Indonesia berkisar 25 juta, masih sekitar 1% yang menggunakan akses broadband. Sementara itu, penetrasi internet pun di Indonesia juga masih terbilang kecil sekitar 11%, di bawah rata-rata penetrasi internet dunia yang angkanya 23,8%.
    Dari data seperti itu, peluangnya sangat besar, apalagi, jumlah pengguna Facebook dari Indonesia menempati urutan pertama di dunia,” katanya.
    Untuk menguatkan penetrasi pasar itulah, terang dia, pada November – Desember 2009, Telkom menggelar program promosi untuk pelanggan. dalam dua bulan tersebut, setiap pelanggan baru Speedy berhak mengikuti Speedy Point Reward. Sejumlah hadiah sudah disiapkan untuk para pelanggan.
    Mulai bulan Nopember ini pula, pelanggan akan lebih mudah mendapat pelayanan Speedy. Karena, proses-proses seperti TDS (test, dispatch, dan clearance) untuk memanage semua proses layanan purna jual Speedy bisa dilakukan di Telkom manapun. “Sehingga, kecepatan penanganan gangguan bagi pelanggan Speedy dapat lebih cepat,” tambah Communication Manager Telkom Divre V Djadi Soegiarto.
    Seperti diketahui, Jawa Timur dibagi ke dalam 5 area pelayanan besar, yaitu Surabaya Barat, Surabaya Timur, Malang , Madiun, dan Jember. “Ke depan layanan purna jual Speedy yang terpadu ini akan dikembangkan untuk seluruh wilayah Telkom Jawa Timur.

    Komentar oleh DANI PRATAMA PUTRA | Juni 9, 2014 | Balas

  34. Nama : Tiara Nopita Angraina
    Nim : ERC1B012008
    Kelas : M4B (Ekstensi)

    Pertanyaan nomor 5
    Dari pemaparan tersebut hal apa yang membuat anda optimis/sependapat dari kedua capres tersebut.
    Jawaban :
    Dari pemaran visi dan misi yang telah disampaikan pasangan capres dan cawapres pertama, hal yang membuat saya sependapat yaitu Demokrasi harus dipertahankan, dikembangkan, bagian dari cita-cita pendiri bangsa. Demokrasi kita masih banyak kekurangan, butuh pendidikan politik — baru merasakan punya hak untuk ikut pemilu tapi belum merasakan betapa pentingnya hak itu dilaksanakan dengan penuh pencerahan dan rasa tanggung jawab.
    jadi,menurut saya jika semua masyarakat telah memahami akan demokrasi, maka masyarakat akan sadar betapa pentingnya pemilu. Karena telah ikut berperan dalam menyalurkan aspirasi dan tanggung jawab mereka.
    Dari pemaran visi dan misi yang telah disampaikan pasangan capres dan cawapres kedua, hal yang membuat saya sependapat yaitu mereka mengatakan “Demokrasi buat kami adalah mendengar suara rakyat dan melaksanakannya” dan “pemimpinnya harus menghormati hak-hak asasi manusia”.
    Jadi, menurut saya, pemimpin haruslah mendengar dan mengerjakan apa yang didengar dengan baik dari rakyatnya. Gunanya untuk mendengarkan semua saran, ide-ide dari bawahannya untuk kemudian dicari yang terbaik untuk kepentingan bersama. Seorang pemimpin harus bekerja untuk rakyat, karena jika tidak ada rakyat atau anggota, dia tidak akan menjadi seorang pemimpin dalam organisasi ataupun negeri. Dan seorang pemimpin juga harus menghormati hak asasi manusia, karena berbicara mengenai hak tentunya tidak terlepaskan dari makna keseimbangan dan keadilan. Karena hak menyangkut perlakuan adil dankeseimbangan antara sesama dalam segala hal. Baik persamaan kedudukan dan hukum.

    Komentar oleh Tiara Nopita Angraina | Juni 13, 2014 | Balas

  35. NAMA : SITI ROHAYATUN
    NIM : ERC1B012088
    KELAS :M4B

    Soal no 2
    2. jelaskan startegi dari kedua pasangan capres dan cawapres tesebut
    Jawaban:

     Strategi dari pasangan capres dan cawapres no urut 1 yaitu :
    Prabowo memiliki strategi yakni meminta kepada seluruh masyarakat atau kader partai untuk sumbangsih dan berkorban kepada partai politiknya.”Artinya, masyarakat yang harus bersama menyumbangkan kepada partainya. Ini strategi yang kita minta,” kata Prabowo di acara debat kandidat calon presiden dan calon wakil presiden, Senin, (9/6/2014).

    Sementara, calon wakil presiden Hatta Rajasa mengakui dalam pembiayaan demokrasi memang sangat mahal. Maka dari itu, pemerintah harus mengevaluasi secara kritis terhadap cara dalam melaksanakan Pemilukada. Karena, legislatif yang tadi syarat dengan uang.

    “Oleh sebab itu, kami bertekad demokrasi harus sederhana, murah dan tidak membebani rakyat. Demokrasi harus menghasilkan putra-putri terbaik dari tingkat bupati sampai presiden. Jadi, demokrasi betul-betul dari rakyat untuk rakyat oleh rakyat,” tandasnya.[ris]
    Calon wakil presiden Hatta Rajasa juga mengatakan, ada tiga hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal itu.
    Pertama, ia akan meyakinkan kepada partai mitra koalisi jika presiden dan wakil presiden di Indonesia dipilih langsung oleh rakyat.
    Kedua, ia mengatakan, posisi menteri dan pejabat setingkat menteri ke depan akan diisi oleh orang-orang profesional di bidangnya. “Jangan menempatkan pemilihan SDM (sumber daya manusia) bagi menteri dan pejabat setingkat menteri berdasarkan alokasi jatah parpol. Itu namanya kabinet ahli,” ujarnya.
    Ketiga, Prabowo-Hatta akan mengevaluasi pelaksanaan pilpres, pileg, dan pilkada. Evaluasi itu diharapkan proses demokrasi ke depan akan jauh lebih murah. “Jadi, demokrasi yang betul-betul dari rakyat untuk rakyat menuju kemakmuran rakyat
     Strategi dari pasangan capres dan cawapres no urut 2 yaitu :
    Joko Widodo dan Jusuf Kalla, Darmawan Prasodjo, mengatakan, pasangan capres-cawapres No.2 itu memiliki strategi yang komprehensif untuk mengatasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) transportasi. Dia bilang, solusinya bukan menitikberatkan soal harga.“Titik berat Pak Jokowi adalah menyediakan energi murah, dan dalam waktu sama memperbaiki postur APBN,” katanya dalam sebuah diskusi strategi pertama adalah dengan mendorong konversi penggunaan BBM ke gas. Ini bukanlah hal baru, namun belum juga jalan. Menurutnya, masalah utamanya ada pada ketiadaan infrastruktur gas. Oleh karena itu, katanya, Jokowi-JK menawarkan solusi agar pembangunan infrastuktur gas menjadi lebih cepat, yaitu dengan memberikan insentif proyek infrastruktur gas.

    Strategi kedua, adalah menggunakan energi kerakyatan. Ini sama dengan yang dilakukan oleh Brazil, dimana banyak menggunakan ethanol produksi rakyat. daripada memberikan “sedekah” kepada negara kaya minyak, lebih baik jika impor energi dikurangi dan menjadikan rakyat sebagai pilar penyediaan energi nasional.

    Strategi kedua ini bukan tanpa kendala. Soal pricing juga harus diperhatikan. Selain soal harga, produksi rakyat ini juga harus mendapatkan jaminan pasar. Dia bilang, mungkin bisa dibangun lembaga semacam Bulog EBT (energi baru terbarukan).

    Sementara itu, strategi ketiga yang ditawarkan adalah soal penataan transportasi publik dan tata kota. Darmo menuturkan, 20 persen BBM bersubsidi diboroskan karena kemacetan. Nilai kerugian akibat kemacetan bisa mencapai Rp 40 triliun per tahun. “Ini kalau kita bisa menghemat 50 persennya saja, bisa hemat Rp 20 triliun,” katanya. Darmo optimistis, dengan strategi yang komprehensif tersebut, postur APBN akan lebih sehat, dan anggaran bisa dialokasikan untuk infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan, serta penciptaan lapangan kerja.

    Komentar oleh siti rohayatun | Juni 13, 2014 | Balas

  36. Nama : Yeli Elfia
    Nim : ERC1B012116
    Kelas: M4B
    Soal no 1
    Visi dan misi dari kedua capres dan cawapres
    Topik pemberantasan korupsi menjadi salah satu hal yang diandalkan pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden untuk menarik simpati masyarakat. Salah satunya dengan penguatan peran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menjalankan tugasnya.
    secara keseluruhan dua pasangan bakal capres-cawapres memiliki komitmen yang sama dalam mencegah dan menindak kasus korupsi. Keduanya ingin agar pemerintahan ke depan dapat berjalan lebih transparan dan akuntabilitas.
    Pasangan capres dan cawapres no urut 1
    lebih menitikberatkan pada penambahan personel penyidik. Selain itu, masih ada sejumlah penguatan tambahan untuk mencegah tindakan politisi yang ingin mengurangi wewenang KPK,
    Pasangan capres dan cawapres no urut 2
    ingin mengedepankan agar independensi KPK dalam upaya penegakan hukum dapat lebih terjaga.

    Komentar oleh yeli erlfia | Juni 13, 2014 | Balas

  37. NAMA : FITRI DWI HARYANTI
    NIM : ERC1B012092
    KELAS : M4B

    1. Deskripsikan visi dan misi kedua pasangan capres dan cawapres 1 dan 2?
    Jawaban:
    Visi dan misi pasangan capres dan cawapres no urut 1:
    Visi: Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat
    Misi:
    1. Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, aman dan damai, bermartabat, demokratis, berperan aktif dalam perdamaian dunia, serta konsisten melaksanakan Pancasila dan UUD 45.
    2. Mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, dan percaya diri menghadapi globalisasi.
    3. Mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial, dengan sumber daya manusia yang berakhlak berbudaya luhur; berkualitas tinggi: sehat, cerdas, kreatif dan trampil.
    Visi dan misi pasangan capres dan cawapres no urut 2:

    Visi: Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”

    Misi:
    1. Mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.
    2. Mewujudkan masyarakat maju, berkeseimbangan dan demokratis berlandaskan negara hukum.
    3. Mewujudkan politik luar negeri bebas-aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
    4. Mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera.
    5. Mewujudkan bangsa yang berdaya-saing.
    6. Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasiskan kepentingan nasional.
    7. Mewujudkan masyarakat yang berkperibadian dalam kebudayaan.

    Komentar oleh Fitri dwi haryanti | Juni 13, 2014 | Balas

  38. Nama : Nastika Saragih
    Nim : ERC1B012012
    Kelas : M4B

    2) Jelaskan strategi dari kedua pasangan capres dan cawapres ?
    Jawab :
    capres dan cawapres 1
    dari Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 1 menyatakan ingin menjadikan proses demokrasi di Indonesia lebih sederhana dan hemat.
    Memang, bukan rahasia umum lagi kalau biaya demokrasi di negeri ini sangat mahal apabila masyarakat mau ikut dalam kontestasi baik calon legislatif, bupati, gubernur maupun presiden.

    Dalam mengatasi hal tersebut, cpres 1 memiliki strategi yakni meminta kepada seluruh masyarakat atau kader partai untuk sumbangsih dan berkorban kepada partai politiknya.

    “Artinya, masyarakat yang harus bersama menyumbangkan kepada partainya. Ini strategi yang kita minta,” kata capres 1 di acara debat kandidat calon presiden dan calon wakil presiden, Senin, (9/6/2014).

    Sementara, calon wakil presiden 1 mengakui dalam pembiayaan demokrasi memang sangat mahal. Maka dari itu, pemerintah harus mengevaluasi secara kritis terhadap cara dalam melaksanakan Pemilukada. Karena, legislatif yang tadi syarat dengan uang.

    “Oleh sebab itu, kami bertekad demokrasi harus sederhana, murah dan tidak membebani rakyat. Demokrasi harus menghasilkan putra-putri terbaik dari tingkat bupati sampai presiden. Jadi, demokrasi betul-betul dari rakyat untuk rakyat oleh rakyat,”

    capres dan cawapres 2
    tim pasangan capres dan cawapres 2 menerapkan strategi good and bad cop dalam Debat Capres dan Cawapres, di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Senin (9/6/2014)
    Menurut dia, capres diposisikan sebagai good cop dengan menekankan berbagai prestasi yang diraihnya saat menjabat Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta. Sementara cawapres ditempatkan sebagai bad cop .

    Komentar oleh Nastika saragih | Juni 13, 2014 | Balas

  39. Nama :Yola Amelia
    Nim : ERC1B012080
    Kelas: M4B
    Soal no 2
    Strategi dari kedua pasangan capres dan cawapres
    Pasangan capres dan cawapres no urut 1
    Biaya demokrasi di Indonesia dalam pelaksanaan pemilihan umum baik kepala daerah maupun pemilihan presiden dan wakil presiden dinilai masih terlalu besar. Tak heran jika sejumlah posisi strategis di dalam pemerintahan menjadi bahan rebutan oleh partai politik mitra koalisi pasangan yang menang pada pemilu.
    ada tiga hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal itu. Pertama, ia akan meyakinkan kepada partai mitra koalisi jika presiden dan wakil presiden di Indonesia dipilih langsung oleh rakyat.
    Kedua, ia mengatakan, posisi menteri dan pejabat setingkat menteri ke depan akan diisi oleh orang-orang profesional di bidangnya. “Jangan menempatkan pemilihan SDM (sumber daya manusia) bagi menteri dan pejabat setingkat menteri berdasarkan alokasi jatah parpol. Itu namanya kabinet ahli,” ujarnya.

    Ketiga, akan mengevaluasi pelaksanaan pilpres, pileg dan pemilukada. Dengan evaluasi itu diharapkan proses demokrasi ke depan akan jauh lebih murah. “Jadi demokrasi yang betul-betul dari rakyat untuk rakyat menuju kemakmuran rakyat
    Pasangan capres dan cawapres no urut 2
    lebih diarahkan peningkatan kapasitas ekonomi kelautan (sumber daya dan fungsi laut) yang multisektor (perikanan, pariwisata bahari, pertambangan dan energi, industri maritim, transportasi laut, bangunan kelautan, dan jasa kelautan) dengan mengutamakan keberlanjutan pembangunan darat dan laut sebagai sebuah kesatuan.

    Sebagai contoh program untuk sumber daya pulih, dalam dokumen visi-misi disebutkan akan meningkatkan produksi perikanan menjadi 40-50 juta ton per tahun pada 2019. Jadi, pasangan ini akan membangun 100 sentra perikanan sebagai tempat pelelangan ikan, pemberantasan illegal fishing, penerapan best aqua-cultur practices, dan mendesain tata ruang wilayah pesisir

    Komentar oleh yola amelia | Juni 13, 2014 | Balas

  40. selamat malam Pak Johanes
    saya dari kelas M4A Reguler mandiri
    :
    TUGAS 1
    DELIUS PRANATA (ERC1B011028
    )
    Perumusan Strategi Perusahaan SO,WO,ST dan WT,serta strategi ceruk pasar dalam PT. PT Nestlé Indonesia

    A. STRENGTH (KEKUATAN)
    1. Nestle sebagai produsen susu formula terbesar di dunia
    2. Menjadi pemimpin pangsa pasar atau posisi no. 2 yang kuat di setiap kategori, PT Nestlé Indonesia juga menetapkan motto perusahaan mereka, yaitu “Passion for Our Consumers” Melalui motto ini, PT Nestlé Indonesia selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi konsumennya.
    3. Nestle merupakan Kepercayaan masyarakat terhadap keunggulan atau mutu produknya harus senantiasa dipertahankan sehingga animo masyarakat mengenai produk nestle adalah “sebagai susu unggulan yang kedua untuk bayi setelah asi (sebagai yang terbaik)”.
    4. menciptakan produk terbaik bagi para konsumennya
    5. menjadikan produk terbaik yang mudah tersedia dengan harga yang terjangkau untuk kebutuhan masyarakat luas

    B. WEAKNESS (KELEMAHAN)
    1. Nestle Juga memiliki beberapa kelemahan. Mereka menyatakan bahwa mereka adalah pemimpin pasar di Amerika Serikat mungkin menghalangi mereka untuk berinovasi. Mereka telah memproduksi yoghurt Yoplait selama bertahun-tahun, dan telah menawarkan serangkaian produk baru dalam beberapa tahun terakhir di departemen gizi. Bagaimanapun sebagian besar produk ini, sudah sangat umum, dan secara luas ditawarkan di Amerika Serikat.
    2. Nestle tidak menawarkan produk yang cukup dalam ligkup pasar yang lebih kecil. Mereka tidak masuk ke wilayah yang tidak banyak diketahui karena keberhasilan mereka di pasar yogurt.
    3. Terdapat kontaminasi terhadap pasokan untuk bahan makanan Nestle, khususnya e-coli. Merek adonan kue mereka,Toll House, ditarik dari pasar pada bulan Maret 2009 karena e-coli. Wabah tersebut menyebar di 28 negara bagian dan produk harus ditarik dari pasaran global. Nestlé belum mengetahui penyebab ini terjadi, dan masih terus menyelidikinya.

    C. OPPORTUNITY
    1. Harga bahan cokelat mentah yang melonjak; biaya susu murni naik 50% pada tahun 2008, ini memotong banyak margin keuntungan mereka dan efek ini berdampak pada konsumen, dengan menyusutkan kemasan dengan cara yang hampir terang-terangan, namun konsumen membayar dengan harga tetap untuk produk yang kurang.
    2. strategi unit bisnis (competitive strategy) yang menitik-beratkan pada upaya membangun keunggulan di setiap bidang usaha yang digeluti, dan strategi korporasi yang menentukan berbagai bisnis yang akan diusahakan termasuk pengelolaan keseluruhan portofolio bisnis perusahaan
    3. saat ini, Nestle terus meningkatkan investasinya dan memperluas pabrik maupun fasilitas bisnis lainnya di Asia Tenggara. Bahkan, dalam tiga tahun terakhir, kurang lebih Rp 5 triliun nilai investasi Nestle di kawasan ASEAN.

    D.THREATS (ANCAMAN)
    1. Pada Februari 2007 banyak pihak menggembar-gemborkan aksi boikot terhadap perusahaan makanan nestle. Karena diperkirakan 1,5 juta anak di Negara berkembang meninggal setiap tahunnya disebabkan kekurangan asupan asi. Disinyalir bahwa nestle adalah salah satu produsen yang melakukan pelanggaran persyaratan pemasaran makanan bayi yang dikeluarkan oleh Word Health Assembly.
    2. General Mills telah menjadi pesaing kuat Nestle dan mereka tidak kurang pengalaman dan kekuatan. Salah satu kekuatan yang mereka miliki adalah pengakuan merek mereka oleh konsumen. Salah satu dari tujuan utama mereka adalah untuk memberikan produk yang konsumen percayai dan bernilai, dan ternyata mereka berhasil. Kekuatan lain yang mereka miliki adalah distribusi mereka.
    3. Ancaman utama yang menantang General Mills adalah bahwa ada persaingan yang ketat antara pemain kelas atas di pasar yogurt dan hal sejenis. Gizi dan kesehatan menjadi begitu penting bagi konsumen di Amerika Serikat, dan di seluruh dunia. Seiring dengan meningkatnya persaingan ini untuk mendapatkan pangsa pasar.
    4. Mereka memiliki pesaing utama, seperti Hershey, Cadbury-Schweppes (dimiliki oleh Pepsi), Lindt dan Ghirardelli, Kellogg’s, Pos, Starbucks, Beech-Nut, Quaker, Kraft Foods, Dannon, Del-Monte, IAMS, eath’s best, Heinz, Frito -Lay (dimiliki oleh Pepsi).

    KOMENTAR:
    Dalam hal ini dapat saya katakan Sebagai penulis secara pribadi berdasarkan analisis diatas bahwa:
    1.Dalam pengembangan produk nestle mengaplikasikan Nutritional Profiling System untuk memastikan bahwa produk-produk yang dihasilkan memberikan nilai gizi yang baik untuk konsumen.
    2. menciptakan produk yang terpercaya secara Nasional maupun Internasional.
    3. Kuatnya tim pemasaran yang terjun ke desa-desa serta aktifnya upaya Nestlé menjaga mutu,serta, merebut kepercayaan dan kesetiaan para konsumen
    4. Nestle menerapkan strategi manajemen kontrol sistem yang terdesentralisasi, denagn mendelegasikan otoritas pengambilan keputusan di masing-masing unit bisnis sehingga keputusan-keputusan yang diambil sesuai dengan kondisi di masing-masing negara

    CERUK PASAR (NICHE MARKET)
    upaya untuk memperkenalkan produk perusahaan ke wilayah baru yang belum pernah dimasuki sebelumnya. Strategi ini dapat dijalankan dengan mencari pasar yang belu pernah tersentuh oleh pesaing dan mencari jaringan distribusi yang dapat diandalkan.suatu strategi untuk meningkatkan pangsa pasar (market share) suatu produk atau jasa yang sudah ada di pasar melalui usaha pemasaraan yang lebih aktif. Strategi untuk meningkatkan pangsa pasar dapat dilakukan melalui upaya pemasaran seperti memperluas jaringan distribusi, meningkatkan kegiatan promosi dan publisitas dan meningkatkan pelayanan. Memperluasan jaringan distribusi sangat penting dilakukan untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak. Saat ini PT Nestle Indonesia hanya memasarkan ke toko-toko dan swalayan. Untuk memperluas jaringan distribusi PT Nestle perlu memasarkan produk hingga ke pasar secara umum hingga tersebar merata ke seluruh Indonesia.
    Meningkatkan kegiatan promosi sangat penting dilakukan mengingat Susu bayi dan biskuit bayi merupakan produk yang memiliki banyak saingan.Promosi bisa dilakukan melalui menjadi media partner acara-acara anak-anak yang kemudian memperkenalkan keunggulan produk yang ditawarkan kepada konsumen. Promosi yang dilakukan selama ini lebih sudah cukup baik menggunakan segala jenis media seperti media televisi, off air dan media cetak, namun seiring berjalannya waktu persaingan semakin banyak maka perlu teknis promosi yang jauh lebih menarik dan meyakinkan konsumen. Kuatnya tim pemasaran yang terjun ke desa-desa serta aktifnya upaya Nestlé menjaga mutu, dengan mengganti kaleng- kaleng tua di toko-toko dan warung-warung dengan produk baru, merebut kepercayaan dan kesetiaan para konsumen. Karena permintaan konsumen Indonesia yang semakin meningkat, maka Nestlé secara resmi memulai berusaha di Indonesia pada tahun 1971 atas nama PT Food Specialities Indonesia.Nestlé Indonesia sekarang memiliki tiga pabrik.

    Komentar oleh DELIUS PRANATA | Juni 15, 2014 | Balas

  41. Selamat malam pak Johannes,
    saya dari kelas pagi manajemen M4B. 2012.
    Terimakasih pak.

    Nama : Rizki Amelia
    Nim : ERC1B012030
    Kelas : M4B

    Soal No 1
    Deskripsikan visi dan misi kedua capres, capres 1 dan capres 2

    Visi dan misi Capres 1

    capres 1 mendeklarasikan visi yang sepenuh-penuhnya menjadi maksud dan tujuan dari para Pendiri Bangsa, yaitu:
    visi
    Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat

    Dan untuk itu capres 1 akan mengemban MISI sebagai berikut :
    misi
    1. Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, aman dan damai, bermartabat, demokratis, berperan aktif dalam perdamaian dunia, serta konsisten melaksanakan Pancasila dan UUD 45.
    2. Mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, dan percaya diri menghadapi globalisasi.
    3. Mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial, dengan sumber daya manusia yang berakhlak berbudaya luhur; berkualitas tinggi: sehat, cerdas, kreatif dan trampil.

    Visi dan Misi Capres 2

    Untuk lima tahun kedepan, pemerintahan kami akan dipandu oleh visi sebagai berikut:
    visi
    Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

    Gotong royong merupakan intisari dari ideologi Pancasila 1 Juni 1945. Kami berkeyakinan bahwa tanggung jawab untuk membangun bangsa ke depan harus dilakukan dengan cara musyawarah dalam memutuskan dan gotong royong dalam kerja. Kekuatan rakyat adalah Gotong Royong, dimana rakyat secara bahu-membahu menyelesaikan berbagai hambatan dan tantangannya ke depan.

    Berdaulat adalah hakikat dari kemerdekaan, yaitu hak setiap bangsa untuk menentukan nasibnya sendiri dan menentukan apa yang terbaik bagi diri bangsanya. Oleh karena itu, pembangunan, sebagai usaha untuk mewujudkan kedaulatan sebagai negara merdeka, merupakan upaya membangun kemandirian.

    Namun, kemandirian yang dimaksudkan bukanlah kemandirian dalam keterisolasian, tetapi didasarkan pada kesadaran akan adanya kondisi saling ketergantungan dalam kehidupan bermasyarakat, baik dalam suatu negara maupun antar-bangsa. Kemandirian yang demikian adalah paham yang proaktif dan bukan reaktif atau defensif. Bangsa yang berdaulat dan mandiri adalah bangsa yang mampu mewujudkan kehidupan sejajar dan sederajat dengan bangsa lain. Oleh karena itu, untuk membangun kemandirian, mutlak diperlukan perkuatan kemampuan nasional di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. Kemampuan untuk berdaya saing menjadi kunci untuk mencapai kemajuan sekaligus kemandirian.

    Upaya untuk mewujudkan Visi Terwujudnya Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong-Royong itu akan ditempuh melalui misi sebagai berikut:

    Misi
    1.Mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.
    2.Mewujudkan masyarakat maju, berkeseimbangan dan demokratis berlandaskan Negara hukum.
    3.Mewujudkan politik luar negeri bebas-aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
    4.Mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera.
    5.Mewujudkan bangsa yang berdaya-saing.
    6.Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional
    7.Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan.

    Komentar oleh Rizki Amelia | Juni 15, 2014 | Balas

  42. Nama: Alief Rezki Indra
    NIM: ERC1B012096
    Kelas: M4B

    Soal nomor 7: Menurut Anda, kultur apa yang bisa ditonjolkan oleh bangsa Indonesia untuk dapat lebih maju?
    Menurut saya, Indonesia sudah dikenal dunia dengan budaya ramah dan sopan khas daerah Melayu. Ditambah lagi dengan banyaknya tempat wisata yang eksotis di Indonesia yang masih belum banyak diketahui bangsa asing maupun bangsa sendiri, akan lebih baik memajukan pariwisata Indonesia yang sudah ada dan dikembangkan lagi juga ditambah dengan kultur ramah masyarakat Indonesia ini akan memberikan poin yang baik terhadap wisatawan asing yang akan membuat Indonesia dikenal di dunia luas. Dari segi pariwisata ini akan secara tidak langsung memasarkan nama baik Indonesia sehingga membuat para investor asing tidak memandang sebelah mata kepada Indonesia dan akan memajukan sektor ekonomi secara tidak langsung.

    Komentar oleh Alief Rezki Indra | Juni 15, 2014 | Balas

  43. Selamat Siang Pak Johanes kami dari kelompok 7 kelas M4A yang beranggotakan :
    1. NILUS YOKI MASTER.N (ERC1B010119)
    2. IHSAN MAULANA (ERC1B010017)
    3. ABY EKA PRATAMA (ERC1B011093

    Kelompok kami memilih perusahaan CV.Dwira Jepara Furniture Indonesia.sebagai perumusan Strategi Perusahaan SO,WO,ST dan WT,serta strategi ceruk pasar .
    Strategi SO (Strength-Opportunity)
    Strategy SO (Strength-Opportunity). Strategi ini menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk meraih peluang-peluang yang ada di luar perusahaan. Sehingga upaya yang dapat di tempuh adalah :
    -Memperkenalkan merek untuk pertumbuhan usaha dan perluasan pasar
    – memberikan kualitas produk yang tinggi dan terbaik,
    – selalu melakukan inovasi-inovasi hebat untuk produk-produknya
    – menciptakan produk terbaik bagi para konsumennya
    – menjadikan produk elektronik yang mudah tersedia dengan harga yang terjangkau untuk kebutuhan masyarakat banyak.
    – merupakan manufaktur internasional di bidang furniture, khususnya untuk kebutuhan konsumen awam, bisnis dan industri .
    Kesimpulan : kami melayani pemesanan dalam furniture mebel / furniture untuk lokal dan juga mebel international / export . Kami sudah bekerjasama dengan pembeli mebel dari lokal hingga pembeli mebel manca negara . adapun pembeli barang mebel dari lokal adalah para pemilik toko mebel , showroom mebel di jepara indonesia , mebel furniture jepara indonesia , bisnis interior mebel dari jepara indonesia , kontraktor / contractor mebel jepara dan kontraktor / contractor fisik mebel furniture yang dimana mebel nya di supplay dari mebel products dari kami . dan pembeli mebel dari luar adalah semua dari toko mebel jepara , showroom mebel furniture jepara , Kontraktor / contractor mebel perhotelan , mebel kontraktor / contractor mebel hospital , kontraktor / contractor mebel pemerintahan dan kontraktor / contractor mebel untuk interior dari bangunan contractor ..
    Strategy WO (Weakness-Opportunity). Strategi ini bertujuan untuk memperkecil kelemahan-kelemahan internal perusahaan dengan memanfaatkan peluang-peluang eksternal. Sehingga upaya yang dapat di tempuh adalah :
    -strategy WO, yakni dengan mengadakan suatu kerjasama (joint venture) dengan perusahaan lain yang memiliki kompetensi.
    – pangsa pasar baru untuk meningkatkan profitabilitas
    -menaikkan margin inovasi produk untuk mengendalikan keuntungan
    -memenuhi kebutuhan konsumen dan menjual produk berkuallitas dunia
    Kesimpulan : Selain untuk penjualan retail kami supplier mebel jati juga bergerak dibidang kontraktor atau sub kontraktor untuk kebutuhan mebel / perabot furniture seperti kusen pintu kayu jati , kayu jati dll.Semua produk kami berkualitas export karena market utama kami adalah Eropa dan amerika.
    – jika perusahaan tetap diam, akan mudah ketinggalan jaman
    – konsumen memiliki banyak pilihan.
    Kesimpulan : semakin banyak competitor dalam industry mebel maka perusahaan kami harus mampu mempertahankan keunggulan lestarinya. Sehingga mempunyai nilai lebih dihati konsumen. Selain itu, kami juga harus mampu terus berinovasi dalam produk-produknya sehingga konsumen tidak jenuh.
    Strategy WT (Weakness-Threat). Strategy ini merupakan taktik untuk bertahan dengan cara mengurangi kelemahan internal serta menghindari ancaman. Suatu perusahaan yang dihadapkan pada sejumlah kelemahan internal dan ancaman eksternal sesungguhnya dalam posisi yang berbahaya.
    -Diferensiasi untuk menghindari komoditas pasar yang serupa
    -Diversifikasi ke pangsa pasar baru
    -Investasi pada merek dan program loyalitas pelanggan
    Kesimpulan : kami selalu berusaha menciptakan produk yang inovatif pada sentuhan desain dan kwalitas sehingga produk ini dapat dikembangkan secara maksimal sebab tidak adanya pesaing pada produk ini . Target pasar dalam beberapa wilayah juga menjadi penentu, kami berusaha memahami dan beradaptasi dengan karakter pasar. Strategi segmentasi ini dilakukan agar tetap dapat bertahan ditengah persaingan yang kuat.
    Ceruk pasar (Niche Market)
    dipahami sebagai segmen pasar yang spesifik, dengan kata lain kita memasarkan barang/jasa untuk di jual kepada sebuah golongan konsumen yang sudah kita tetapkan/menentukan target market dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan.
    Ceruk pasar; permintaan mebel furniture jati baik ukir maupun minimalis dalam jumlah banyak atau sedikit dan juga menerima untuk desain mebel furniture jati custom design . kami melayani untuk pembelian seluruh indonesia mebel furniture jati semua yang ada di katalog bahari . kami pun juga biasa melayani untuk pasar export ke berbagai penjuru dunia . produk-produk kami di antaranya seperti :
    mebel almari jati indonesia furniture , mebel kursi jati furniture jepara , mebel bed jati dan mebel tempat tidur jati furniture , mebel ayunan furniture , mebel tolet jati furniture , mebel bufet jati furniture , mebel pigura jati furniture , mebel nakas jati furniture , mebel jam hias jati furniture , mebel meja tamu jati furniture , mebel meja makan jati furniture , mebel Kursi Tamu Minimalis jati Furniture ,

    Komentar oleh aby eka pratama | Juni 16, 2014 | Balas

  44. NAMA : SITI ROHAYATUN
    NIM : ERC1B012088
    KELAS :M4B

    Soal no 2
    2. jelaskan startegi dari kedua pasangan capres dan cawapres tesebut
    Jawaban:

     Strategi dari pasangan capres dan cawapres no urut 1 yaitu :
    Presiden no urut 1 memiliki strategi yakni meminta kepada seluruh masyarakat atau kader partai untuk sumbangsih dan berkorban kepada partai politiknya.”Artinya, masyarakat yang harus bersama menyumbangkan kepada partainya. Ini strategi yang kita minta,” kata Presiden no urut 1 di acara debat kandidat calon presiden dan calon wakil presiden, Senin, (9/6/2014).

    Sementara, calon wakil presiden no urut 1 mengakui dalam pembiayaan demokrasi memang sangat mahal. Maka dari itu, pemerintah harus mengevaluasi secara kritis terhadap cara dalam melaksanakan Pemilukada. Karena, legislatif yang tadi syarat dengan uang.

    “Oleh sebab itu, kami bertekad demokrasi harus sederhana, murah dan tidak membebani rakyat. Demokrasi harus menghasilkan putra-putri terbaik dari tingkat bupati sampai presiden. Jadi, demokrasi betul-betul dari rakyat untuk rakyat oleh rakyat,” tandasnya.
    Calon wakil presiden no urut 1 juga mengatakan, ada tiga hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal itu.
    Pertama, ia akan meyakinkan kepada partai mitra koalisi jika presiden dan wakil presiden di Indonesia dipilih langsung oleh rakyat.
    Kedua, ia mengatakan, posisi menteri dan pejabat setingkat menteri ke depan akan diisi oleh orang-orang profesional di bidangnya. “Jangan menempatkan pemilihan SDM (sumber daya manusia) bagi menteri dan pejabat setingkat menteri berdasarkan alokasi jatah parpol. Itu namanya kabinet ahli,” ujarnya.
    Ketiga, calon presiden no urut 1 akan mengevaluasi pelaksanaan pilpres, pileg, dan pilkada. Evaluasi itu diharapkan proses demokrasi ke depan akan jauh lebih murah. “Jadi, demokrasi yang betul-betul dari rakyat untuk rakyat menuju kemakmuran rakyat
     Strategi dari pasangan capres dan cawapres no urut 2 yaitu :
    Calon presiden dan wakil presiden no urut 2 Darmawan Prasodjo, mengatakan, pasangan capres-cawapres No.2 itu memiliki strategi yang komprehensif untuk mengatasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) transportasi. Dia bilang, solusinya bukan menitikberatkan soal harga.“Titik berat calon presiden no urut 2 adalah menyediakan energi murah, dan dalam waktu sama memperbaiki postur APBN,” katanya dalam sebuah diskusi strategi pertama adalah dengan mendorong konversi penggunaan BBM ke gas. Ini bukanlah hal baru, namun belum juga jalan. Menurutnya, masalah utamanya ada pada ketiadaan infrastruktur gas. Oleh karena itu, katanya, calon presiden dan wakil presiden no urut 2 menawarkan solusi agar pembangunan infrastuktur gas menjadi lebih cepat, yaitu dengan memberikan insentif proyek infrastruktur gas.

    Strategi kedua, adalah menggunakan energi kerakyatan. Ini sama dengan yang dilakukan oleh Brazil, dimana banyak menggunakan ethanol produksi rakyat. daripada memberikan “sedekah” kepada negara kaya minyak, lebih baik jika impor energi dikurangi dan menjadikan rakyat sebagai pilar penyediaan energi nasional.

    Strategi kedua ini bukan tanpa kendala. Soal pricing juga harus diperhatikan. Selain soal harga, produksi rakyat ini juga harus mendapatkan jaminan pasar. Dia bilang, mungkin bisa dibangun lembaga semacam Bulog EBT (energi baru terbarukan).

    Sementara itu, strategi ketiga yang ditawarkan adalah soal penataan transportasi publik dan tata kota. Darmo menuturkan, 20 persen BBM bersubsidi diboroskan karena kemacetan. Nilai kerugian akibat kemacetan bisa mencapai Rp 40 triliun per tahun. “Ini kalau kita bisa menghemat 50 persennya saja, bisa hemat Rp 20 triliun,” katanya. Darmo optimistis, dengan strategi yang komprehensif tersebut, postur APBN akan lebih sehat, dan anggaran bisa dialokasikan untuk infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan, serta penciptaan lapangan kerja.

    Komentar oleh siti rohayatun | Juni 16, 2014 | Balas

  45. Selamat siang Pak Jo.
    Saya dari kelas M4B
    Nama : Riska Oktaliza
    Nim : ERC1B012046
    Kelas : M4B

    Pertanyaan nomor 5

    Dari pemaparan tersebut hal apa yang membuat anda optimis/sependapat dari kedua capres tersebut.
    Jawaban :
    Dari pemaparan visi dan misi yang telah disampaikan pasangan capres dan cawapres pertama hal yang membuat saya sependapat “Pemerintahan yang Kuat dan Stabil.” Dan keputusan kenaikan harga BBM hanya bisa dilaksanakan dengan koalisi parlemen yang kuat seperti yang dimiliki capres dan cawapres pertama. Maka pemerintahan yang kuat dan stabil adalah kunci untuk memastikan laju bisnis bisa terus berjalan dengan lancar.

    Dari pemaran visi dan misi yang telah disampaikan pasangan capres dan cawapres kedua, hal yang membuat saya sependapat yaitu stop subsidi BBM. Tiap tahun subsidi BBM sudah tembus ratusan triliun, dan sebagian besar dinikmati oleh pemilik mobil mobil mewah uang ratusan triliun lebih dari cukup untuk membangun membangun jalan raya, pelabuhan, listrik dan sekolah di penjuru Nusantara Subsidi BBM adalah masalah paling krusial bagi negeri ini. Dan capres dan cawapres kedua berani mengambil langkah tak populer, namun akan berdampak bagi masa depan puluhan tahun negeri ini : secara bertahap ia berjanji akan mengurangi subsidi BBM; dan menyalurkan ke rakyat kecil yang lebih pantas menerimanya.

    Jadi, menurut saya, saya setuju dihapuskan subsidi, kita harus belajar mandiri, contoh negara tetangga, thailand atau negara lainnya tanpa subsidi, akhirnya masyarakat disana lebih banyak menggunakan transportasi masal, dan untuk mencapai itu sarana trasportasi yang murah harus dibangun. Masyarakat juga harus diajarkan hidup hemat energy,untuk itu diperlukan pemerintahan yang kuat dan stabil untuk mencapainya.

    Komentar oleh Riska Oktaliza | Juni 16, 2014 | Balas

  46. Selamat sore pak Johannes,
    saya dari kelas pagi manajemen M4B. 2012.
    Terimakasih pak.

    Nama : Rizki Amelia
    Nim : ERC1B012030
    Kelas : M4B

    Soal No 1
    Deskripsikan visi dan misi kedua capres, capres 1 dan capres 2

    Visi dan misi Capres 1

    capres 1 mendeklarasikan visi yang sepenuh-penuhnya menjadi maksud dan tujuan dari para Pendiri Bangsa, yaitu:
    visi
    Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat

    Dan untuk itu capres 1 akan mengemban MISI sebagai berikut :
    misi
    1. Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, aman dan damai, bermartabat, demokratis, berperan aktif dalam perdamaian dunia, serta konsisten melaksanakan Pancasila dan UUD 45.
    2. Mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, dan percaya diri menghadapi globalisasi.
    3. Mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial, dengan sumber daya manusia yang berakhlak berbudaya luhur; berkualitas tinggi: sehat, cerdas, kreatif dan trampil.

    Visi dan Misi Capres 2

    Untuk lima tahun kedepan, pemerintahan kami akan dipandu oleh visi sebagai berikut:
    visi
    Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

    Gotong royong merupakan intisari dari ideologi Pancasila 1 Juni 1945. Kami berkeyakinan bahwa tanggung jawab untuk membangun bangsa ke depan harus dilakukan dengan cara musyawarah dalam memutuskan dan gotong royong dalam kerja. Kekuatan rakyat adalah Gotong Royong, dimana rakyat secara bahu-membahu menyelesaikan berbagai hambatan dan tantangannya ke depan.

    Berdaulat adalah hakikat dari kemerdekaan, yaitu hak setiap bangsa untuk menentukan nasibnya sendiri dan menentukan apa yang terbaik bagi diri bangsanya. Oleh karena itu, pembangunan, sebagai usaha untuk mewujudkan kedaulatan sebagai negara merdeka, merupakan upaya membangun kemandirian.

    Namun, kemandirian yang dimaksudkan bukanlah kemandirian dalam keterisolasian, tetapi didasarkan pada kesadaran akan adanya kondisi saling ketergantungan dalam kehidupan bermasyarakat, baik dalam suatu negara maupun antar-bangsa. Kemandirian yang demikian adalah paham yang proaktif dan bukan reaktif atau defensif. Bangsa yang berdaulat dan mandiri adalah bangsa yang mampu mewujudkan kehidupan sejajar dan sederajat dengan bangsa lain. Oleh karena itu, untuk membangun kemandirian, mutlak diperlukan perkuatan kemampuan nasional di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. Kemampuan untuk berdaya saing menjadi kunci untuk mencapai kemajuan sekaligus kemandirian.

    Upaya untuk mewujudkan Visi Terwujudnya Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong-Royong itu akan ditempuh melalui misi sebagai berikut:

    Misi
    1.Mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.
    2.Mewujudkan masyarakat maju, berkeseimbangan dan demokratis berlandaskan Negara hukum.
    3.Mewujudkan politik luar negeri bebas-aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
    4.Mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera.
    5.Mewujudkan bangsa yang berdaya-saing.
    6.Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional
    7.Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan.

    Komentar oleh rizki amelia | Juni 16, 2014 | Balas

  47. Nama : Herdyansyah Zs
    NIM : ERC1B012020
    Kelas : M4B

    pertanyaan nomor 1: deskripsikan visi dan misi kedua pasangan capres

    Visi dan misi Pasangan Nomor Urut 1

    Pasangan Nomor Urut 1 mendeklarasikan visi yang sepenuh-penuhnya menjadi maksud dan tujuan dari para Pendiri Bangsa, yaitu:
    Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat
    Dan untuk itu Pasangan Nomor Urut 1 akan mengemban MISI sebagai berikut:
    1. Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, aman dan damai, bermartabat, demokratis, berperan aktif dalam perdamaian dunia, serta konsisten melaksanakan Pancasila dan UUD 45.
    2. Mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, dan percaya diri menghadapi globalisasi.
    3. Mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial, dengan sumber daya manusia yang berakhlak berbudaya luhur; berkualitas tinggi: sehat, cerdas, kreatif dan trampil.

    Visi Misi Pasangan Nomor Urut 2

    Untuk lima tahun kedepan, pemerintahan kami akan dipandu oleh visi sebagai berikut:
    Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.
    Upaya untuk mewujudkan Visi Terwujudnya Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong-Royong itu akan ditempuh melalui misi sebagai berikut:
    1.Mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.
    2.Mewujudkan masyarakat maju, berkeseimbangan dan demokratis berlandaskan Negara hukum.
    3.Mewujudkan politik luar negeri bebas-aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
    4.Mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera.
    5.Mewujudkan bangsa yang berdaya-saing.
    6.Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional
    7.Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan.

    Komentar oleh herdyansyah zs | Juni 16, 2014 | Balas

  48. Saya dari kelas pagi manajemen M4B. 2012.
    Terimakasih pak.
    Nama : Liana Reza Pertiwi
    Nim : ERC1B012098
    Kelas : M4B

    Saya menjawab pertanyaan no 5.(Hal apa yang membuat anda optimis atu sependapat dari kedua capres)

    Saya sependapat dengan CAPRES DAN CAWAPRES NO URUT 1 sebagai pemimpin harus tegas dengan syarat tidak akan merorongrong anggaran Negara APBN dan APBD satu senpun untuk keperluan partai dan saya juga sependapat dengan no urut 1 yang mengatakan :
     Presiden dipilih langsung oleh rakyat oleh sebab itu presiden memegang mandat rakyat,bertanggung jawab kepada rakyat bukan tunduk kepada apa yang dimau oleh partai yang berkoalisi atau partai politik,oleh sebab itu harus tegas sesuai dengan visi dan misi,RPJM yang dikembangkan dan sesuai pembangunan jangka panjang.
     Jangan menempatkan pemilihan SDM,menteri,pejabat tinggi itu didasarkan pada alokasi kepada partai politik,harus tegas dijadikan budaya supaya siapapun presiden memberikan kesempatan kepada putra putri terbaik atau kepada kabinet ahli.
     Di dalam pembiayan harus melakukan evaluasi kritis terhadap pemilihan umum yang syarat dengan uang.Demokrasi harus sederhana,murah,tidak membebani rakyat dan harus meghasilkan putra putri terbaik dalam pemerintahan.Demokrasi yang betul-betul dari rakyat untuk rakyat dan betul menuju kemakmuran.

    Saya sependapat dengan CAPRES DAN CAWAPRES NO URUT 2 dengan yang mereka katakan:
     Partai politik harus ada rekuitmen politik yang baru sehingga siapa yang terbaik itulah yang harus diajukan seperti yang ada dipartai urut no 2 bukan ketua partai yang dipilih untuk jadi capres tetapi mengajukan anggotanya untuk menjadi capres karna ada rekam jejak dan prestasi.
     Keinginan membangun koalisi kerjasama yang ramping tidak usah banyak partai politik yang berkoalisi tetapi yang penting nanti bekerja mengkedepankan kepentingn rakyat bukan membagi-bagi menteri dan juga bukan membagi kursi.
     Dalam kampanye no urut 2 ingin mendapatkan pendanaan dari rakyat yang membuka rekening gotong royong yang di audit oleh lembaga kredibel sehingga tidak bisa dikekang oleh siapapun agar biaya terbuka secara transpran.

    Komentar oleh LIANA REZA PERTIWI | Juni 16, 2014 | Balas

  49. Nama :Dinda Tria Amanda
    NIM:ER1B012054
    Kelas :Manajemen 4B
    Pertanyaan : No 5(Dari pemaparan tersebut hal apa yang membuat anda sependapat dari kedua capres tersebutt)
    Jawab:
    Dari pasagan capres dan cawapres no1 dari misinya yang mengatakan bahwa mewujudkan indonesia yang adil dan makmur berkerakyatan dan sejahtera karena masyarakat indonesia semuanya belum merasakan kesejahteraan yang adil ,kesejahteraan hanya masih banyak dirasakan oleh kalangan orang kaya namun banyak rakyat kecil masih tidak sejahtera kehidupanya,masih banyak yang terlantar sehingga perlu diperhatikan kesejahteraanya.warga negara indonesia harus sejahtera sejahtera kesehatanya .kehidupanya,tempat tinggalnya dan pendidikanya, rakyat indonesia harus adil mendapatkan itu semua . serta dapat mewujudkan negara demokrasi sehingga seluruh rakyat indonesia dapat mengeluarkan seluruh anspirasinya karena sesuai dengan misinya bahwa demokrasi harus dipertahankan.

    Sedangkan dari pasangan cappres dan cawapres no 2 saya sependapat dengan misinya yang mengatakan mendengarkan suara rakyat dengan turun kelapangan dan melakukan musyawarah karena banyak suara rakyat yang tidak tersampaikan apa keinginan dari rakyat dilakukan dengan musyawarah untuk menentukan bagaimana membentuk negara ini bagaimana keinginan rakyat.pemimpin dipilih dari rakyat untuk rakyat .jadi pemimpin harus tahu bagimana isi hati rakyat dan ide –ide rakya serta saran rakyat t agar terwujudnya keadilan apa yang terbaik untuk negara dan rakyatnya.

    Komentar oleh Dinda tria amanda (ERC1bb012054) | Juni 16, 2014 | Balas

  50. Nama :Dinda Tria Amanda
    NIM:ERc1B012054
    Kelas :Manajemen 4B
    Pertanyaan : No 5(Dari pemaparan tersebut hal apa yang membuat anda sependapat dari kedua capres tersebutt)
    Jawab:
    Dari pasagan capres dan cawapres no1 dari misinya yang mengatakan bahwa mewujudkan indonesia yang adil dan makmur berkerakyatan dan sejahtera karena masyarakat indonesia semuanya belum merasakan kesejahteraan yang adil ,kesejahteraan hanya masih banyak dirasakan oleh kalangan orang kaya namun banyak rakyat kecil masih tidak sejahtera kehidupanya,masih banyak yang terlantar sehingga perlu diperhatikan kesejahteraanya.warga negara indonesia harus sejahtera sejahtera kesehatanya .kehidupanya,tempat tinggalnya dan pendidikanya, rakyat indonesia harus adil mendapatkan itu semua . serta dapat mewujudkan negara demokrasi sehingga seluruh rakyat indonesia dapat mengeluarkan seluruh anspirasinya karena sesuai dengan misinya bahwa demokrasi harus dipertahankan.

    Sedangkan dari pasangan cappres dan cawapres no 2 saya sependapat dengan misinya yang mengatakan mendengarkan suara rakyat dengan turun kelapangan dan melakukan musyawarah karena banyak suara rakyat yang tidak tersampaikan apa keinginan dari rakyat dilakukan dengan musyawarah untuk menentukan bagaimana membentuk negara ini bagaimana keinginan rakyat.pemimpin dipilih dari rakyat untuk rakyat .jadi pemimpin harus tahu bagimana isi hati rakyat dan ide –ide rakya serta saran rakyat t agar terwujudnya keadilan apa yang terbaik untuk negara dan rakyatnya

    Komentar oleh Dinda tria amanda | Juni 16, 2014 | Balas

  51. saya dari kelas pagi manajemen M4B
    terimakasih pak

    Nama :Desri Novia Nasution
    NIM : ERC1B012056
    Kelas : M4B

    Soal no 5 (hal apa yang membuat anda setuju atau sependapat dari kedua capres)

    Saya sependapat dengan pendapat capres no.1 mengenai korupsi yang terjadi di Indonesia ini.
    Pendapat bapak prabowo yang menyatakan bahwa salah satu penyebab terjadinya korupsi itu terjadi karna ketakutan dari pemimpin-pemimpin atau pejabat-pejabat itu sendiri. Takut masa depan atau pensiun mereka yang tidak terjamin. Misalnya sebagai contoh seorang bupati yang hanya bergaji 6-8 juta perbulan tidak mencukupi biaya mereka yang telah ia keluarkan ketika mencalonkan sebagai bupati atau walikota yang menghabiskan hingga bermilyaran rupiah. Begitu pula dengan para mentri-mentri dan pejabat lain sebagainya. Hal tersebut yang membuat seseorang berkorupsi. Oleh karna itu penegak hukum dan semua pejabat harus di jamin kehidupan nya. Dengan Strategi nya Penegakan hukum harus di perbaiki. Merekrut orang yang baik. Keterbukaan dan ketransparan dalam hal apapun.

    Komentar oleh Desri Novia Nasution (ERC1B012056) | Juni 16, 2014 | Balas

  52. NAMA : FADIL REZA PAHLEVI
    NIM : ERC1B012006
    KELAS : M4B
    Pertanyaan tentang visi dan misi calon presiden dan wakil presiden

    VISI DAN MISI PASANGAN CAPRES DAN CAWAPRES NOMOR URUT 2
    Salah satu program pasangan capres dan cawapres no 2 adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dengan meluncurkan Kartu Indonesia Pintar, kata Juru Bicara Tim Pemenangan pasangan tersebut Ferry Mursyidan Baldan.
    “Program itu antara lain dengan membebaskan biaya pendidikan sejak sekolah dasar (SD) hingga sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) atau wajib belajar 12 tahun,” kata Ferry, di Jakarta, Ahad.
    Menurut dia, no 2 secara cerdas memilih program Indonesia Pintar karena melihat sumber daya manusia Indonesia setelah 69 tahun merdeka masih sangat menyedihkan. “Wajib belajar 12 tahun itu membebaskan biaya pendidikan serta segala pungutan baik di sekolah negeri maupun swasta,” kata politisi Partai NasDem ini.
    Selain wajib belajar 12 tahun, no 2 juga menyiapkan beasiswa bagi siswa-siswi yang tidak mampu dan berprestasi untuk melanjutkan studi ke jenjang kesarjanaan. Jokowi-JK juga akan meningkatkan program magang kerja bagi siswa-siswi serta mahasiswa agar menjadi manusia yang memikiki ketrampilan praktis yang lebih baik.
    Untuk menjalankan program Indonesia Pintar, tentu saja no urut 2 tidak perlu belajar sebagai sesuatu yang baru karena Jokowi telah merintis model itu saat menjadi Gubernur? DKI Jakarta dengan program Jakarta Pintar.
    “Program tersebut sudah berjalan dua tahun dan berhasil,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem ini.
    Ia menambahkan, no urut 2 akan lebih mendayagunakan dana pendidikan 20 persen dalam APBN, untuk menjalankan program Indonesia Pintar.? No urut 2 menjadikan pendidikan sebagai jembatan untuk membangun karakter bangsa, etos kerja, serta produktivitas dan daya saing.
    “Jika kita berhasil membangun pendidikan yang berkualitas, maka kita akan mempunyai sumber daya yang sangat berguna bagi pembangunan demokrasi, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan umum
    Komentar.
    Saya sangat setuju dengan visi dan misi yg di usung pasangan capres dan cawapres no. urut 2. Karna dengan adanya atau berlakunya kartu indonesia sehat dan pintar ini bisa membentuk karakter masyarakat agar lebih baik lagi ke depanya, mendapat kesejahteraan kesehatan serta pendidikan yang yg layak bagi bangsa ini untuk lebih mensejaherakan rakyat dalam bidang kesehatan dan pendidikan,karna ini merupakan hal yg paling pokok yg di perlukan untuk seluruh masyarakat indonesia.

    Komentar oleh Fadil Reza Pahlevi | Juni 16, 2014 | Balas

  53. Nama : Cindy Junita Hutapea
    NIM / Kelas : ERC1B012052 / M4B
    Soal : “Deskripsikan VISI dan MISI kedua pasangan capres dan cawapres 1 dan 2!”

    Jawab:
    Visi dan Misi capres dan cawapres di bidang lingkungan hidup patut kita cermati. Menjelang Pilpres 2014, memilih pasangan capres dan cawapres pasangan no. urut 1 dan pasangan no. urut 2 yang prolingkungan merupakan sebuah keharusan. Salah satu indikator komitmen para pasangan capres-cawapres dalam program penyelamatan lingkungan hidup adalah melalui visi dan misi mereka.

    VISI pasangan no. urut 1 :
    VISI: Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat.

    MISI pasangan no. urut 1 :
    MISI:
    1. Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, aman dan damai, bermartabat, demokratis, berperan aktif dalam perdamaian dunia, serta konsisten melaksanakan Pancasila dan UUD 45.
    2. Mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, dan percaya diri menghadapi globalisasi.
    3. Mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial, dengan sumber daya manusia yang berakhlak berbudaya luhur berkualitas tinggi, sehat, cerdas, kreatif dan trampil.

    VISI pasangan no. urut 2 :
    VISI: Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

    MISI pasangan no. urut 2 :
    MISI:
    1. Mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.
    2. Mewujudkan masyarakat maju, berkeseimbangan dan demokratis berlandaskan negara hukum.
    3. Mewujudkan politik luar negeri bebas-aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
    4. Mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera.
    5. Mewujudkan bangsa yang berdaya saing.
    6. Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasis kepentingan nasional.
    7. Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan.

    Kedua pasang capres dan cawapres telah memuat isu-isu lingkungan hidup dalam visi misi mereka. Lingkungan hidup menjadi salah satu isu penting di Indonesia. Mengingat berbagai permasalahan lingkungan hidup di Indonesia. Kabut asap dan kebakaran hutan, konflik antara manusia dan satwa, kekeringan, banjir, dan bencana lain akibat rusaknya alam, hingga permasalahan hutan adat. Kesemuanya membutuhkan kejelasan dan ketegasan komitmen dari kedua pasang capres dan cawapres.

    Terimakasih Pak Jo

    Komentar oleh Cindy Junita H | Juni 16, 2014 | Balas

  54. Saya dari kelas pagi manajemen M4B
    Terima kasih pak

    Nama : Dwi Puspita
    NIM : ERC1B012010
    Kelas : M4B

    Saya menjawab pertanyaan nomor 5

    Saya optimis dan sependapat dengan capres nomor 1 dan capres 2 tentang korupsi yang terjadi di Indonesia. Indonesia merupakan negara tertinggi nomor 3 di dunia yang terkorup.

    Capres nomor 1:
    yang ingin memberantas korupsi dengan tanpa pandang bulu, siapa pun yang korupsi harus diberantas dengan tegas. Capres nomor 1 ingin menambah personil penyidik di dalam KPK agar KPK lebih mudah memberantas korupsi yang terlalu banyak terjadi di Indonesia ini, agar KPK tidak kekurangan lagi personil penyidik yang profesional.

    Capres nomor 2:
    Yang ingin memberantas korupsi tanpa pandang bulu, ingin lebih memperkuat orang-orang yang ada di dalam KPK, dari staf KPK, polisi, jaksa semuanya harus singkron, dengan itu siapa pun yang korupsi harus di adili dengan seadil-adilnya tanpa memandang siapun orang itu.

    Siapa pun yang terpilih dalam pemilihan capres dan cawapres nomor 1 atau nomor 2 visi misinya hampir sama yaitu memberantas korupsi. Tepati janji dan jangan membuat rakyat Indonesia kecewa. Buat para koruptor jera dan tidak ada lagi yang berani untuk korupsi.

    Komentar oleh Dwi Puspita | Juni 16, 2014 | Balas

  55. Saya dari kelas pagi manajemen M4B
    Nama : Bintang Puspa Sari
    NIM : ERC1B012004
    Kelas : M4B

    Visi dan misi

    Capres 1
    Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadianberlandaskan gotong royong

    Capres 2
    Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat.

    Demokrasi
    Capres nomor 2 dengan tegas ingin mempertahankansistem pemilihan langsung sesuai keinginan rakyat indonesia. Akan tetapi menurut caprea 2 penting diefisienkan pelaksanaan demokrasi dengan cara pemilihan serentak, sehingga pemilu hanya dua kali yaitu pemilihan legislatif dan pemilu eksekutif untuk memilih presiden/wakil presiden, gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, dan walikota/wakil walikota.

    Komentar oleh Bintang Puspa Sari | Juni 16, 2014 | Balas

  56. NAMA : MUHAMMAD DERI AGUSTIAN NIM : ERC1B012050 KELAS : M4B

    Soal nomor 2 jelaskan strategi dari ke 2 pasangan capres dan cawapres tersebut ?

    -Strategi capres dan cawapres nomor urut 1
    The Big Push Strategy

    “The big push strategy, dorongan besar,” ujar Prabowo

    Ia menegaskan pentingnya menutup kebocoran uang negara. Untuk membangun ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat dibutuhkan dana dan sumber daya.

    “Kami ingin menutup kebocoran itu, memangkas dan memangkas dan mengalirkan ke ekonomi kerakyatan,” imbuhnya.

    Ia akan membuka 2 juta hektar sawah dan bio etanol. Lahan yang bisa dipakai adalah bekas hutan yang rusak.

    “Satu hektar 6 orang (yang bisa bekerja), di sulawesi 1 hektar 12 orang. 77 juta hektar hutan rusak, sebagian hutan yang rusak diubah jadi lahan produksi,” imbuhnya.

    Ketua tim pemenangan pasangan bakal calon presiden-calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, Mahfud MD, mengungkapkan strategi yang akan dikembangkan timnya untuk memenangkan pasangan tersebut dalam Pilpres 2014. Mahfud mengatakan, strategi yang akan dilakukan ialah seperti strategi untuk berperang.

    “Seperti perang, serangan melalui darat dan udara,”

    Dengan “serangan darat”, lanjutnya, tim sukses akan menyentuh langsung konstituen dengan peta pemenangan yang telah dikantonginya. Adapun “serangan udara” dilakukannya melalui media massa.

    “Dengan peta yang sudah kita punyai ini, kita hitung kekuatannya berapa, kelemahannya berapa,” ujarnya.

    Mahfud ditunjuk langsung oleh Prabowo dan Hatta Rajasa sebagai ketua tim sukses dalam menghadapi pemilu presiden mendatang. Mahfud dinilai dapat memperkuat pemenangan dengan pengalaman dan jaringan pergaulannya yang luas.

    -strategi capres dan cawapres nomor urut 2
    pasangan capres-cawapres No.2 itu memiliki strategi yang komprehensif untuk mengatasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) transportasi. Dia bilang, solusinya bukan menitikberatkan soal harga.

    “Titik berat Pak Jokowi adalah menyediakan energi murah, dan dalam waktu sama memperbaiki postur APBN,” katanya dalam sebuah diskusi di Jokowi-JK Center.

    strategi pertama adalah dengan mendorong konversi penggunaan BBM ke gas. Ini bukanlah hal baru, namun belum juga jalan. Menurutnya, masalah utamanya ada pada ketiadaan infrastruktur gas. Oleh karena itu, katanya, Jokowi-JK menawarkan solusi agar pembangunan infrastuktur gas menjadi lebih cepat, yaitu dengan memberikan insentif proyek infrastruktur gas.

    “Hampir 10 tahun infrastuktur gas tidak terbangun. Masalahnya, tidak adanya political will. Internal rate return bangun infrastruktur gas itu hanya 5 persen. Sementara kalau pinjam ke perbankan, bunganya 12 persen, jadi (investor mikir) lebih baik duitnya ditiduri, dijadikan bantal,” ujarnya.

    Adapun strategi kedua, adalah menggunakan energi kerakyatan. Ini sama dengan yang dilakukan oleh Brazil, dimana banyak menggunakan ethanol produksi rakyat. Darmawan menuturkan, daripada memberikan “sedekah” kepada negara kaya minyak, lebih baik jika impor energi dikurangi dan menjadikan rakyat sebagai pilar penyediaan energi nasional.

    “Rakyat yang menghasilkan energi ini, dari singkong, sawit, kemiri. Dari sini kita menciptakan lapangan kerja, mengurangi kemiskinan,” katanya lagi.

    Strategi kedua ini bukan tanpa kendala. Soal pricing juga harus diperhatikan. Selain soal harga, produksi rakyat ini juga harus mendapatkan jaminan pasar. Dia bilang, mungkin bisa dibangun lembaga semacam Bulog EBT (energi baru terbarukan).

    Sementara itu, strategi ketiga yang ditawarkan adalah soal penataan transportasi publik dan tata kota. Darmo menuturkan, 20 persen BBM bersubsidi diboroskan karena kemacetan. Nilai kerugian akibat kemacetan bisa mencapai Rp 40 triliun per tahun. “Ini kalau kita bisa menghemat 50 persennya saja, bisa hemat Rp 20 triliun,” katanya.

    Darmo optimistis, dengan strategi yang komprehensif tersebut, postur APBN akan lebih sehat, dan anggaran bisa dialokasikan untuk infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan, serta penciptaan lapangan kerja.

    Di sisi lain, berkurangnya impor BBM juga akan menyeimbangkan neraca perdagangan Indonesia. Dia menjelaskan, NPI selalu defisit terbebani impor BBM. Pasalnya, meski produksi migas sama dengan konsumsi migas nasional, yakni sebanyak 2,3 juta barel per hari, namun, komposisi antara minyak dan gas berbeda. Rata-rata produksi gas sebesar 1,45 juta barel per hari diekspor, sedangkan konsumsi nasional hanya sekitar 800.000 barel per hari.

    Sementara itu, rata-rata produksi minyak sebesar 850.000 barel per hari, padahal konsumsinya mencapai 1,5 juta barel per hari.

    Komentar oleh M deri agustian (ERC1B012050) | Juni 16, 2014 | Balas

  57. Nama : Ezzy Zadella
    Nim : ERC1B012018
    Kelas : M4B

    soal no 1
    Deskripsikan visi dan misi kedua capres, capres 1 dan capres 2

    Visi dan Misi Capres Cawapres 1
    “ Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan maksmur serta Bermartabat”
    1. Mewujudkan Negara Kesatuan Indonesia yang aman, stabil, sejahtera, democratis, dan berdaulat, serta berperan aktif dalam menciptakan perdamaian dunia, serta konsistensi melaksanakan Pancasila dan UUD 1945
    2. Mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur, berakyatan,danmandiri.
    3. Mewejudkan Indonesia yang berkeadilan social, dengan sumberdaya manusia yang berakhlak, berbudi daya luhur, berkualitas tinggi; sehat cerdas kreatif dan terampil.

    Visi dan Misi Capres Cawapres 2
    Visi :
    Terwujudnya Indonesia Yang Berdaulat Mandiri dan Berkepribadian Gotong-Royong
    Misi:
    1. Mewujudkan keamana nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menompang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya maritime, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai Negara kepulauan.
    2. Mewujudkan masyarakat maju, berkeseimbangan dan demokrasi,Berlandaskan Negara Hukum.
    3. Mewujudkan politik luar negri yang Bebas-Aktif dan memperkuat jati diri sebagai Negara maritim.
    4. Mewujudkan kwalitas hidup manusia yang tinggi, maju dan sejahtera.
    5. Meweujudkan bangsa yg bedaya saing
    6. Mewujudkan Indonesia sebagai Negara maritime yang mandiri,maju kuat, dan berbasis kepentingan nasional.
    7. Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan

    Komentar oleh ezzy zadella | Juni 17, 2014 | Balas

  58. Selamat siang pak Johannes,
    Saya dari kelas pagi manajemen M4B,
    Nama : Shella Chintya Goemay
    Nim : ERC1B012044
    Kelas : M4B
    Saya akan menjawab pertanyaan nomor 1: (deskripsikan visi dan misi kedua pasangan capres)
    Visi dan misi Pasangan Nomor Urut 1
    Pasangan Nomor Urut 1 mendeklarasikan visi yang sepenuh-penuhnya menjadi maksud dan tujuan dari para Pendiri Bangsa, yaitu:
    Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat
    Dan untuk itu Pasangan Nomor Urut 1 akan mengemban MISI sebagai berikut:
    1. Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, aman dan damai, bermartabat, demokratis, berperan aktif dalam perdamaian dunia, serta konsisten melaksanakan Pancasila dan UUD 45.
    2. Mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, dan percaya diri menghadapi globalisasi.
    3. Mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial, dengan sumber daya manusia yang berakhlak berbudaya luhur; berkualitas tinggi: sehat, cerdas, kreatif dan trampil.
    Visi Misi Pasangan Nomor Urut 2
    Untuk lima tahun kedepan, pemerintahan kami akan dipandu oleh visi sebagai berikut:
    Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.
    Upaya untuk mewujudkan Visi Terwujudnya Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong-Royong itu akan ditempuh melalui misi sebagai berikut:
    1.Mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.
    2.Mewujudkan masyarakat maju, berkeseimbangan dan demokratis berlandaskan Negara hukum.
    3.Mewujudkan politik luar negeri bebas-aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
    4.Mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera.
    5.Mewujudkan bangsa yang berdaya-saing.
    6.Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional
    7.Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan.

    Komentar oleh shella chintya goemay | Juni 17, 2014 | Balas

  59. NAMA : FADIL REZA PAHLEVI
    NIM : ERC1B012006
    KELAS : M4B PAGI
    Pertanyaan tentang visi dan misi calon presiden dan wakil presiden

    VISI DAN MISI PASANGAN CAPRES DAN CAWAPRES NOMOR URUT 2
    Salah satu program pasangan capres dan cawapres no 2 adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dengan meluncurkan Kartu Indonesia Pintar, kata Juru Bicara Tim Pemenangan pasangan tersebut Ferry Mursyidan Baldan.
    “Program itu antara lain dengan membebaskan biaya pendidikan sejak sekolah dasar (SD) hingga sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) atau wajib belajar 12 tahun,” kata Ferry, di Jakarta, Ahad.
    Menurut dia, no 2 secara cerdas memilih program Indonesia Pintar karena melihat sumber daya manusia Indonesia setelah 69 tahun merdeka masih sangat menyedihkan. “Wajib belajar 12 tahun itu membebaskan biaya pendidikan serta segala pungutan baik di sekolah negeri maupun swasta,” kata politisi Partai NasDem ini.
    Selain wajib belajar 12 tahun, no 2 juga menyiapkan beasiswa bagi siswa-siswi yang tidak mampu dan berprestasi untuk melanjutkan studi ke jenjang kesarjanaan. Jokowi-JK juga akan meningkatkan program magang kerja bagi siswa-siswi serta mahasiswa agar menjadi manusia yang memikiki ketrampilan praktis yang lebih baik.
    Untuk menjalankan program Indonesia Pintar, tentu saja no urut 2 tidak perlu belajar sebagai sesuatu yang baru karena Jokowi telah merintis model itu saat menjadi Gubernur? DKI Jakarta dengan program Jakarta Pintar.
    “Program tersebut sudah berjalan dua tahun dan berhasil,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem ini.
    Ia menambahkan, no urut 2 akan lebih mendayagunakan dana pendidikan 20 persen dalam APBN, untuk menjalankan program Indonesia Pintar.? No urut 2 menjadikan pendidikan sebagai jembatan untuk membangun karakter bangsa, etos kerja, serta produktivitas dan daya saing.
    “Jika kita berhasil membangun pendidikan yang berkualitas, maka kita akan mempunyai sumber daya yang sangat berguna bagi pembangunan demokrasi, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan umum
    Komentar.
    Saya sangat setuju dengan visi dan misi yg di usung pasangan capres dan cawapres no. urut 2. Karna dengan adanya atau berlakunya kartu indonesia sehat dan pintar ini bisa membentuk karakter masyarakat agar lebih baik lagi ke depanya, mendapat kesejahteraan kesehatan serta pendidikan yang yg layak bagi bangsa ini untuk lebih mensejaherakan rakyat dalam bidang kesehatan dan pendidikan,karna ini merupakan hal yg paling pokok yg di perlukan untuk seluruh masyarakat indonesia.

    Komentar oleh Fadil Reza Pahlevi | Juni 17, 2014 | Balas

  60. NAMA : FEBRIADI
    NIM : ERC1B012120
    KELAS :M4B PAGI

    Capres dan cawapres no urut 1 mendeklarasikan visi yang sepenuh-penuhnya menjadi maksud dan tujuan dari para Pendiri Bangsa, yaitu:

    Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat

    Dan untuk itu no urut 1 akan mengemban MISI sebagai berikut:

    1. Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, aman dan damai, bermartabat, demokratis, berperan aktif dalam perdamaian dunia, serta konsisten melaksanakan Pancasila dan UUD 45.

    2. Mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, dan percaya diri menghadapi globalisasi.

    3. Mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial, dengan sumber daya manusia yang berakhlak berbudaya luhur; berkualitas tinggi: sehat, cerdas, kreatif dan trampil.
    KOMENTAR,
    saya sependapat karna pada intinya untuk memajukan kesejahteraan masyarakat guna mencapai indonesia lebih baik dan bangkit seperti macan asia.

    Komentar oleh febriadi | Juni 17, 2014 | Balas

  61. NAMA : FADIL REZA PAHLEVI
    NIM : ERC1B012006
    KELAS : M4B
    Pertanyaan tentang visi dan misi calon presiden dan wakil presiden

    VISI DAN MISI PASANGAN CAPRES DAN CAWAPRES NOMOR URUT 2
    Salah satu program pasangan capres dan cawapres no 2 adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dengan meluncurkan Kartu Indonesia Pintar, kata Juru Bicara Tim Pemenangan pasangan tersebut Ferry Mursyidan Baldan.
    “Program itu antara lain dengan membebaskan biaya pendidikan sejak sekolah dasar (SD) hingga sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) atau wajib belajar 12 tahun,” kata Ferry, di Jakarta, Ahad.
    Menurut dia, no 2 secara cerdas memilih program Indonesia Pintar karena melihat sumber daya manusia Indonesia setelah 69 tahun merdeka masih sangat menyedihkan. “Wajib belajar 12 tahun itu membebaskan biaya pendidikan serta segala pungutan baik di sekolah negeri maupun swasta,” kata politisi Partai NasDem ini.
    Selain wajib belajar 12 tahun, no 2 juga menyiapkan beasiswa bagi siswa-siswi yang tidak mampu dan berprestasi untuk melanjutkan studi ke jenjang kesarjanaan. Jokowi-JK juga akan meningkatkan program magang kerja bagi siswa-siswi serta mahasiswa agar menjadi manusia yang memikiki ketrampilan praktis yang lebih baik.
    Untuk menjalankan program Indonesia Pintar, tentu saja no urut 2 tidak perlu belajar sebagai sesuatu yang baru karena Jokowi telah merintis model itu saat menjadi Gubernur? DKI Jakarta dengan program Jakarta Pintar.
    “Program tersebut sudah berjalan dua tahun dan berhasil,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem ini.
    Ia menambahkan, no urut 2 akan lebih mendayagunakan dana pendidikan 20 persen dalam APBN, untuk menjalankan program Indonesia Pintar.? No urut 2 menjadikan pendidikan sebagai jembatan untuk membangun karakter bangsa, etos kerja, serta produktivitas dan daya saing.
    “Jika kita berhasil membangun pendidikan yang berkualitas, maka kita akan mempunyai sumber daya yang sangat berguna bagi pembangunan demokrasi, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan umum
    Komentar.
    Saya sangat setuju dengan visi dan misi yg di usung pasangan capres dan cawapres no. urut 2. Karna dengan adanya atau berlakunya kartu indonesia sehat dan pintar ini bisa membentuk karakter masyarakat agar lebih baik lagi ke depanya, mendapat kesejahteraan kesehatan serta pendidikan yang yg layak bagi bangsa ini untuk lebih mensejaherakan rakyat dalam bidang kesehatan dan pendidikan,karna ini merupakan hal yg paling pokok yg di perlukan untuk seluruh masyarakat indonesia.

    Komentar oleh febriadi | Juni 17, 2014 | Balas

    • NAMA : FADIL REZA PAHLEVI
      NIM : ERC1B012006
      KELAS : M4B
      Pertanyaan tentang visi dan misi calon presiden dan wakil presiden

      VISI DAN MISI PASANGAN CAPRES DAN CAWAPRES NOMOR URUT 2
      Salah satu program pasangan capres dan cawapres no 2 adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dengan meluncurkan Kartu Indonesia Pintar, kata Juru Bicara Tim Pemenangan pasangan tersebut Ferry Mursyidan Baldan.
      “Program itu antara lain dengan membebaskan biaya pendidikan sejak sekolah dasar (SD) hingga sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) atau wajib belajar 12 tahun,” kata Ferry, di Jakarta, Ahad.
      Menurut dia, no 2 secara cerdas memilih program Indonesia Pintar karena melihat sumber daya manusia Indonesia setelah 69 tahun merdeka masih sangat menyedihkan. “Wajib belajar 12 tahun itu membebaskan biaya pendidikan serta segala pungutan baik di sekolah negeri maupun swasta,” kata politisi Partai NasDem ini.
      Selain wajib belajar 12 tahun, no 2 juga menyiapkan beasiswa bagi siswa-siswi yang tidak mampu dan berprestasi untuk melanjutkan studi ke jenjang kesarjanaan. Jokowi-JK juga akan meningkatkan program magang kerja bagi siswa-siswi serta mahasiswa agar menjadi manusia yang memikiki ketrampilan praktis yang lebih baik.
      Untuk menjalankan program Indonesia Pintar, tentu saja no urut 2 tidak perlu belajar sebagai sesuatu yang baru karena Jokowi telah merintis model itu saat menjadi Gubernur? DKI Jakarta dengan program Jakarta Pintar.
      “Program tersebut sudah berjalan dua tahun dan berhasil,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem ini.
      Ia menambahkan, no urut 2 akan lebih mendayagunakan dana pendidikan 20 persen dalam APBN, untuk menjalankan program Indonesia Pintar.? No urut 2 menjadikan pendidikan sebagai jembatan untuk membangun karakter bangsa, etos kerja, serta produktivitas dan daya saing.
      “Jika kita berhasil membangun pendidikan yang berkualitas, maka kita akan mempunyai sumber daya yang sangat berguna bagi pembangunan demokrasi, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan umum
      Komentar.
      Saya sangat setuju dengan visi dan misi yg di usung pasangan capres dan cawapres no. urut 2. Karna dengan adanya atau berlakunya kartu indonesia sehat dan pintar ini bisa membentuk karakter masyarakat agar lebih baik lagi ke depanya, mendapat kesejahteraan kesehatan serta pendidikan yang yg layak bagi bangsa ini untuk lebih mensejaherakan rakyat dalam bidang kesehatan dan pendidikan,karna ini merupakan hal yg paling pokok yg di perlukan untuk seluruh masyarakat indonesia.

      Komentar oleh Fadil Reza Pahlevi | Juni 17, 2014 | Balas

  62. Selamat pagi Pak Jo.
    Saya dari kelas M4B
    Nama : Muhammad Fadlan
    Nim : ERC1B012014
    Kelas : M4B
    Pertanyaan nomor 2

    Strategi dari pasangan nomor urut 1 untuk Negara tentang perekonomian yaitu “Ekonomi kerakyatan”. Cawapres nomor urut 1 berjanji akan memajukan Indonesia di bidang ekonomi jika terpilih menjadi wakil presiden periode 2014-2019 beliau menegaskan, Indonesia harus mengedepankan esensi kemandirian sebagai suatu bangsa yang paling utama sebagai rohnya tidak boleh keluar dari Pancasila. Beliau kata “untuk meujudkan ekonomi kerakyatan harus ada keadilan, tidak boleh satu elemen masyarakat Indonesia saja yang menikmatinya, tidak boleh diskriminatif mereka harus memiliki akses yang sama terhadap sumber kemakmuran”.
    Strategi tersebut berbanding nyata dengan agenda dan program capres dan cawapres nomor urut 1, yaitu meningkatkan pendapatan dan kualitas pertunbuhan ekonomi, meningkatkan daya serap tenaga kerja, membangun industri untuk menguasai nilai tambah bagi perekonomian nasional, membangun dan mengembangkan industri transportasi nasional, mengambil kebijakan proaktif dalam menjaga kestabilan sector keuangan, serta membangun kawasan ekonomi khusus.
    Namun, pasangan nomor urut 2 memiliki sudut pandang yang boleh dikatakan bertolak belakang serta tetapi memiliki tujuan yang sama. Sebagai contoh pada pasangan nomor urut 2, pada visinya yaitu menurunkan tingkat kemiskinan bukan meningkatkan pendapatan perkapital. Contoh lainnya juga pada pada peningkatan rasio penerimaan pajak, namun pasangan capres nomor urut 2 adalah tidak memasukkan visi-misi bidang pendapatan Negara.
    Kedua pasangan capres dan cawapres tersebut sebenarnya memiliki integritas yang sama engan strategi yang sama dengan strategi-strategi yang mereka kembangkan untuk masyarakat Indonesia di bidang perekonomian. Di setiap strategi-strategi yang mereka tentu masih memiliki kekurangannya dan memiliki kelebihan masing-masing.

    Komentar oleh muhammad fadlan | Juni 17, 2014 | Balas

  63. saya dari kelas pagi M4B

    Nama : Rika adelita
    NIM : ERC1B012078
    Kelas : M4B

    Saya menjawab pertanyaan no 1.
    Deskripsikan visi dan misi kedua capres pasangan 1 dan 2 :

    VISI MISI NOMOR URUT 1

    Tentang kesehatan
    “Kami akan meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program ―Indonesia Pintar‘‘ dengan wajib belajar 12 Tahun bebas pungutan; peningkatan layanan kesehatan masyarakat dengan menginisiasi kartu ‘Indonesia Sehat‘‘; Serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan program ‘Indonesia Kerja‖ dan ‘Indonesia Sejahtera‘‘ dengan mendorong land reform dan program kepemilikan tanah seluas 9 Juta Hektar; program rumah kampung deret atau rumah susun murah yang disubsidi serta Jaminan Sosial untuk seluruh rakyat di tahun 2019″

    Pemberdayaan Perempuan dalam Politik dan Pembangunan
    “Kami berkomitmen untuk memperjuangkan kebijakan khusus untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan, perangkat dan alat kesehatan dan tenaga – khususnya bagi penduduk di pedesaan dan daerah terpencil sesuai dengan situasi dan kebutuhan mereka. Menyediakan system perlindungan sosial bidang kesehatan yang inklusif dan menyediakan jaminan persalinan gratis bagi setiap perempuan yang melakukan persalinan. Mengalokasikan anggaran negara sekurang-kurangnya 5% dari anggaran negara untuk penurunan AKI, Angka kematian bayi dan balita, pengendalian HIV dan AIDS, penyakit menular dan penyakit kronis.

    Berdikari dalam Bidang Ekonomi
    “Kami berkomitmen untuk membangun pemberdayaan Buruh, melalui, (1) pengendalian inflasi harus dlihat sebagai bagian integral dari perjuangan buruh, (2) Pembangunan perumahan untuk buruh di kawasan industri tidak dapat ditunda lagi, (3) APBN harus menjadi bagian penting dari pelayanan hak-hak buruh. (3) penambahan iuran BPJS kesehatan yang berasal dari APBN dan APBD perlu dilakukan, (4) Pelarangan kebijakan alih tenaga kerja di BUMN, (5) Mencipatakan pertumbuhan ekonomi yang terkait dengan penyerapan tenaga kerja, (6) mekanisme proteksi terselubung untuk melindungi tenaga kerja dalam pelaksanaan Masyarkat Ekonomi Asean., (7) Melakukan revisi terhadap UU 39/2004 tentang penempatan tenaga kerja Indonesia (TKI) dengan menekankan pada aspek perlindungan, (8) Mendukung pegesahan UU Tentang Sistem dan Komite Pengawas Ketenagakerjaan, UU Tentang Sistem Pengupahan dan Perlindungan Upah; UU Tentang Kesehatan, UU Tentang Keperawatan, UU Tentang Kebidanan;…”
    Perimbangan Pembangunan Kawasan
    Kami berkomitmen untuk membangun perimbangan pembangunan kawasan melalui; ….. (8) Implementasi pelayanan publik dasar yang prima melalui pembangunan 50.000 rumah sehat dan mengembangkan 6000 puskesmas dengan fasilitas rawat inap, (9) Implementasi sistem jaminan sosial nasional secara merata di seluruh Indonesia ….

    VISI MISI NOMOR URUT 2

    Meningkatkan Kualitas Pembangunan Sosial melalui program Kesehatan, sosial, Agama, Budaya dan olahraga.
    • Menjamin pelayanan kesehatan gratis bagi rakyat miskin melalui percepatan pelaksanaan BPJS Kesehatan.
    • Mengembangkan rumah sakit modern di setiap kabupaten dan kota.
    • Memberikan jaminan sosial untuk fakir miskin, penyandang cacat dan rakyat terlantar.
    • Meningkatkan peran PKK, Posyandu dan Puskesmas, dan mengembangkan program Keluarga Berencana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
    • Menggerakkan revolusi putih mandiri dengan menyediakan susu untuk anak-anak miskin di sekolah melalui peternakan sapi dan kambing perah.
    • Mewajibkan sarjana dan dokter yang baru lulus untuk mengabdi di daerah miskin dan tertinggal.

    Komentar oleh Rika Adelita | Juni 17, 2014 | Balas

  64. Saya dari manajem M4B dengan mata kuliah STR
    Nama : Mutia Amrina Rosyada
    Nim : ERC1B012126
    Kelas : M4B

    Soal No 1Deskripsikan visi dan misi kedua capres, capres 1 dan capres 2

    Visi dari capres pasangan 1 yaitu:
    Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat

    Dengan misi pasangan 1 sebagai berikut:
    1. Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, aman dan damai, bermartabat, demokratis, berperan aktif dalam perdamaian dunia, serta konsisten melaksanakan Pancasila dan UUD 45. 
    2. Mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, dan percaya diri menghadapi globalisasi. 
    3. Mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial, dengan sumber daya manusia yang berakhlak berbudaya luhur; berkualitas tinggi: sehat, cerdas, kreatif dan trampil.

    Visi capres pasangan 2
    1.Melunasi hutang luar negeri dan tidak menghutang lagi.
    2. Menyederhanakan Birokrasi
    3. Meninjau Kembali Otonomi Daerah
    4.menyederhanakan acara kenegaraan
    5. Mengratiskan biaya pendidikan dan kesehatan
    6. menghilangkan istilah miskin
    7. Memindahkan ibu kota negara
    8. Mengadakan Program Wajib Militer bagi Generasi Muda
    9. Koruptor dan pengedar narkoba dihukun mati

    Misi capres pasangan 2
    1.Mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan. 
    2.Mewujudkan masyarakat maju, berkeseimbangan dan demokratis berlandaskan Negara hukum.
    3.Mewujudkan politik luar negeri bebas-aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim. 
    4.Mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera.
    5.Mewujudkan bangsa yang berdaya-saing.
    6.Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional
    7.Mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam kebudayaan.

    Komentar oleh Mutia Amrina Rosyada | Juni 17, 2014 | Balas

  65. Nama : Muhamad luthfi
    Nim : ERC1B012108
    Kelas : M4B PAGI
    Saya ingin menjawab pertanyaan no. 2 tentang strategi visi dan misi capres dan cawapres
    Mengenai strategi visi-misi dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial. Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) mengapresiasi visi-misi Capres dan Cawapres nomor urut 1 yang bakal melakukan reformasi pada struktur ekonomi nasioanal secara masif ke sektor riil.
    Pasalnya, hal itu akan berimplikasi pada peningkatan daya saing sektor industri dan terserapnya lapangan pekerjaan yang besar. “Saya setuju dengan visinya capres nomor urut 1 bahwa ke depan ini akan mereformasi struktur perekonomian. Jadi akan mengakselerasi sektor riil. Berdampak besar pada terciptanya lapangan pekerjaan,”

    Problem di Indonesia saat ini masih bergantungnya struktur ekonomi di sektor perdagangan. Pertumbuhan ekonomi memang mengalami peningkatan, tapi arah dan strukturnya belum menunjukkan kualitas.

    Yang tumbuh hanya sektor-sektor biasa seperti perdagangan. Padahal kita punya 250 juta penduduk yang harus diberikan pekerjaan,.

    Ia menjabarkan, Indonesia perlu mengejar kertetinggalan dengan negara tetangga. Singapura contohnya, memiliki penduduk yang lebih kecil tapi mampu bertahan dengan struktur ekonomi dan kontribusi di sektor perdagangan. Namun ini tak bisa disamakan dengan Indonesia yang memiliki luas wilayah dan jumlah penduduk yang besar.

    .

    “Karena kita mempunyai penduduk besar maka mestinya sumber pertumbuhan atau kualitas pertumbuhan ini bagaimana memacu sektor riil. Sehingga mampu memiliki nilai tambah yang besar dan sekaligus bisa memberikan lapangan kerja yang besar,”

    Komentar oleh Muhamad Lutfhi | Juni 17, 2014 | Balas

  66. NAMA:FEBRIADI
    NIM :ERC1B012120
    KELAS:MB4 PAGI
    Saya menjawab soal no 1 visi dan misi
    Capres dan cawapres no urut 1 mendeklarasikan visi yang sepenuh-penuhnya menjadi maksud dan tujuan dari para Pendiri Bangsa, yaitu:

    Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat

    Dan untuk itu nomor urut 1 akan mengemban MISI sebagai berikut:

    1. Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, aman dan damai, bermartabat, demokratis, berperan aktif dalam perdamaian dunia, serta konsisten melaksanakan Pancasila dan UUD 45.

    2. Mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, dan percaya diri menghadapi globalisasi.

    3. Mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial, dengan sumber daya manusia yang berakhlak berbudaya luhur; berkualitas tinggi: sehat, cerdas, kreatif dan trampil.
    Komentar ; saya sangat setuju dengan visi dan misi yang diusung oleh pasangan no urut 1, karena saya melihat visi ini bertujuan untuk membangun indonesia yang lebih baik serta dengan perekonomian yang mensejahterakan rakyat indonesia, saya yakin dan percaya macan asia akan mengaung.

    Komentar oleh Muhamad Lutfhi | Juni 17, 2014 | Balas

  67. Saya dari kelas pagi M4B
    Nama : RINI
    Nim : ERC1B012070
    Saya menjawab pertanyaan nomor 1

    Capres 1 mendeklarasikan visi yang sepenuh-penuhnya menjadi maksud dan tujuan dari para Pendiri Bangsa, yaitu:
    Visi
    Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat
    Dan untuk itu capres 1 akan mengemban MISI sebagai berikut :
    Misi
    1. Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, aman dan damai, bermartabat, demokratis, berperan aktif dalam perdamaian dunia, serta konsisten melaksanakan Pancasila dan UUD 45.
    2. Mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, dan percaya diri menghadapi globalisasi.
    3. Mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial, dengan sumber daya manusia yang berakhlak berbudaya luhur; berkualitas tinggi: sehat, cerdas, kreatif dan trampil.
    Capres 2 mendeklarasikan visi misi nya:
    Visi
    Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”
    Misi
    Meningkatkan Kualitas Pembangunan Sosial melalui program Kesehatan, sosial, Agama, Budaya dan olahraga.
    • Menjamin pelayanan kesehatan gratis bagi rakyat miskin melalui percepatan pelaksanaan BPJS Kesehatan.
    • Mengembangkan rumah sakit modern di setiap kabupaten dan kota.
    • Memberikan jaminan sosial untuk fakir miskin, penyandang cacat dan rakyat terlantar.
    • Meningkatkan peran PKK, Posyandu dan Puskesmas, dan mengembangkan program Keluarga Berencana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
    • Menggerakkan revolusi putih mandiri dengan menyediakan susu untuk anak-anak miskin di sekolah melalui peternakan sapi dan kambing perah.
    • Mewajibkan sarjana dan dokter yang baru lulus untuk mengabdi di daerah miskin dan tertinggal.

    Komentar oleh Rika Adelita | Juni 17, 2014 | Balas

  68. Nama : Bagas dewandaru
    Nim : ERC1B012104
    Kelas : M4B

    Saya menjawab pertanyaan no 1

    program Prabowo Subianto bahwa semua kekayaan alam Indonesia harus dikuasai Indonesia sebenarnya dilakukan pemerintah saat ini yakni dengan penggalakan pembangunan industri hilir.
    Selain itu, kata dia, pemerintah sekarang sedang galak-galaknya pembangunan cluster industri teruma di luar Pulau Jawa.
    “Dan ke depan kita mempunyai program pembangunan industri andalan dan industri pendukung untuk mengolah dan mengamankan sumber daya alam Indonesia,

    program calon Jokowi Widodo (Jokowi) pembangunan tol laut yakni pengadaan dan memperbanyak kapal angkut barang di laut.
    “Program Pak Jokowi itu bagus dan kami dari Kemenperin siap melaksanakan kalau beliau terpilih. Pengadaan kapal laut dan perawatannya tugas Kemenperin sedang pengoperasiannya tugas Kementerian Perhubungan,” kata dia.
    Menurut Ansari, untuk pembangunan tol laut itu, pemerintah akan menyiapkan banyak kapal.
    Program Jokowi ini, kata dia, sudah sejalan dengan program Kementerian untuk tahun 2015 – 2035 yakni fokus pada pembangunan industri andalan yaitu industri prioritas yang akan berperan besar sebagai penggerak utama perekonomian di masa yang akan datang.
    Industri andalan tahun 2015 – 2035 itu yakni industri pangan; industri farmasi, kosmetik dan alat kesehatan; industri tekstil, alas kaki dan aneka; industri alat transportasi; industri elektronika dan telematika; dan industri pembangkit energi.

    Komentar oleh bagas dewandaru (ERC1B012104) | Juni 17, 2014 | Balas

  69. Nama : ROBBY PRATAMA
    Nim : ERC1B012042
    Kelas : M4B PAGI
    Salah satu program pasangan capres dan cawapres no urut 2 adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dengan meluncurkan Kartu Indonesia Pintar,
    “Program itu antara lain dengan membebaskan biaya pendidikan sejak sekolah dasar (SD) hingga sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) atau wajib belajar 12 tahun.
    Menurut capres no urut 1 secara cerdas memilih program Indonesia Pintar karena melihat sumber daya manusia Indonesia setelah 69 tahun merdeka masih sangat menyedihkan. “Wajib belajar 12 tahun itu membebaskan biaya pendidikan serta segala pungutan baik di sekolah negeri maupun swasta,”
    Selain wajib belajar 12 tahun, capres no urut 1 juga menyiapkan beasiswa bagi siswa-siswi yang tidak mampu dan berprestasi untuk melanjutkan studi ke jenjang kesarjanaan. Capres no urut 1 juga akan meningkatkan program magang kerja bagi siswa-siswi serta mahasiswa agar menjadi manusia yang memikiki ketrampilan praktis yang lebih baik.
    Komentar : Menurut pendapat saya visi dan misi yang diusung calon presiden dan calon wakil presiden no urut 1 memberikan hal yang positif dalam sektor pendidikan dan kesehatan, hal ini sangat membantu masyarakat indonesia dalam mencapai kesejahteraan, kesehatan dan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini, faktor kesehatan dan pendidikan merupakan hal yang paling utama dalam mensejahterakan masyarakat indonesia .

    Komentar oleh robby pratama | Juni 17, 2014 | Balas

  70. Nama : Rori Saputra
    Nim : ERC1B012036
    Kelas : M4B Pagi
    Soal nomor 2
    Pasangan capres – cawapres no 1 untuk bahasan kesejahteraan sosial, mereka akan memberikan paparan yang konkret dalam debat tersebut. Sebagai contoh soal revolusi susu dan makan telur. “Kalau kami, salah satu revolusi putih adalah memberikan minum susu dan makan telur
    Sedangkan di sektor kerakyatan, mereka akan memperhatikan para guru honorer karena mereka nantinya akan ada pengangkatan setiap tahun. Sedangkan untuk para petani dan nelayan, pihaknya akan membuat sistem perbankan yang khusus. Guru honorer yang ada sekitar 800 ribu orang akan diangkat dalam 1 periode pemerintahan. Mereka akan mendapatkan insentif Rp 4 juta dan itu langsung ditransfer. Kemudian membuat perbankan, petani dan nelayan dengan sistem pinjaman langsung. Itu basis kerakyatan
    pasangan capres-cawapres No.2 itu memiliki strategi yang komprehensif untuk mengatasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) transportasi. Dia bilang, solusinya bukan menitikberatkan soal harga.strategi pertama adalah dengan mendorong konversi penggunaan BBM ke gas. Ini bukanlah hal baru, namun belum juga jalan. Menurutnya, masalah utamanya ada pada ketiadaan infrastruktur gas. Oleh karena itu, katanya, capres-cawapres menawarkan solusi agar pembangunan infrastuktur gas menjadi lebih cepat, yaitu dengan memberikan insentif proyek infrastruktur gas. Adapun strategi kedua, adalah menggunakan energi kerakyatan. Ini sama dengan yang dilakukan oleh Brazil, dimana banyak menggunakan ethanol produksi rakyat. Strategi kedua ini bukan tanpa kendala. Soal pricing juga harus diperhatikan. Selain soal harga, produksi rakyat ini juga harus mendapatkan jaminan pasar.

    Komentar oleh robby pratama | Juni 17, 2014 | Balas

  71. Nama : Angga Febrinaldi
    Nim : ERC1B012100
    Kelas : M4B

    soal no 1

    Visi dan Misi Capres 1

    Visi
    Capres 1 mendeklarasikan visi yang menerjemahkan secara penuh maksud dan tujuan para pendiri bangsa, yaitu “Membangun Indonesia Yang Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur Serta Bermartabat”.

    Misi
    Pertama, mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang aman dan stabil, sejahtera, demokratis, dan berdaulat, serta berperan aktif dalam menciptakan perdamaian dunia, serta konsisten melaksanakan Pancasila dan UUD 1945.

    Kedua, mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, dan mandiri.

    Ketiga, mewujudkan Indonesia yang berkeadian sosial, dengan sumber daya manusia yang berakhlak, berbudaya luhur, berkualitas tinggi: sehat, cerdas, kreatif dan trampil.

    Untuk merealisasikan visi dan misi di atas, Capres 1 akan melaksanakan Agenda dan Program Nyata Untuk Menyelamatkan Indonesia. Berikut agenda dan program tersebut.

    1. Membangun perekonomian yang kuat, berdaulat, adil dan makmur.
    2. Melaksanakan ekonomi kerakyatan
    3. Membangun kembali kedaulatan pangan, energi dan sumber daya alam
    4. Meningkatkan kualittas sumber daya manusia dengan melaksanakan reformasi pendidikan
    5. Meningkatkan kualitas pembangunan sosial melalui program kesehatan, sosial, agama, budaya dan olahraga.
    6. Mempercepat pembangunan infrastruktur
    7. Menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup
    8. Membangun pemerintahan yang melindungi rakyat, bebas korupsi dan efektif melayani

    Visi dan Misi Capres 2

    Visi
    Pokok dari visi Capres 2 sebagai bakal capres dan cawapres adalah terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

    Misi
    Sementara, untuk mewujudkan visi tersebut, akan ditempuh melalui misi sebagai berikut.

    Pertama, mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumber daya maritim dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.

    Kedua, mewujudkan masyarakat maju, berkeseimbangan dan demokratis berlandaskan negara hukum.
    Ketiga, mewujudkan politik luar negeri bebas dan aktif dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.

    Keempat, mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera.

    Kelima, mewujudkan bangsa yang berdaya saing. Keenam, mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional. Dan ketujuh, mewujudkan masyarakat yang berkepribadian dalam budaya.

    Capres 2 juga menyertakan sembilan agenda prioritas untuk mewujudkan visi dan misi mereka. Agenda ini disebut sebagai Nawa Cita. Diklaim berisi sembilan program cita-cita menuju Indonesia hebat.

    Adapun sembilan agenda itu adalah:

    1. Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara.
    2. Membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.
    3. Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daaerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
    4. Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya.
    5. Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.
    6. Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional.
    7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.
    8. Melakukan revolusi karakter bangsa.
    9. Memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.

    Komentar oleh Angga Febrinaldi | Juni 17, 2014 | Balas

  72. Saya dari kelas pagi manajemen M4B
    Nama : Bintang Puspa Sari
    NIM : ERC1B012004
    Kelas : M4B

    Visi dan misi

    Capres 1
    Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadianberlandaskan gotong royong

    Capres 2
    Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat.

    Demokrasi
    Capres nomor 2 dengan tegas ingin mempertahankansistem pemilihan langsung sesuai keinginan rakyat indonesia. Akan tetapi menurut caprea 2 penting diefisienkan pelaksanaan demokrasi dengan cara pemilihan serentak, sehingga pemilu hanya dua kali yaitu pemilihan legislatif dan pemilu eksekutif untuk memilih presiden/wakil presiden,gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, dan walikota/wakil walikota.

    Komentar oleh BINTANG PUSPA SARI | Juni 17, 2014 | Balas

  73. You have brought up a very excellent details , thankyou for the post.

    Komentar oleh Tandra Arosemena | November 15, 2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: