Johannessimatupang’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

PELATIHAN PEMANFAATAN ICT DALAM PEMBELAJARAN DI PT


Tugas Peserta.
1. Tuliskan nama, unit kerja dan mata kuliah yg diampu.
2. Jelaskan potensi dan kendala pembelajaran secara online (e-learning)
3. Tuliskan pendapat anda seberapa penting pembelajaran secara online sesuai dengan mata kuliah yg anda kelola.
4. Tuliskan kesiapan anda menyelenggarakan pembelajaran secara online

SUKSES MENYERTAI ANDA
Powerpoin

Presentasi Pemanfaatan ICT dalam Perancangan Pembelanjaran April 2014
menulis-artikel-tanpa-plagiat-zulkarnaen-november-2012

Iklan

April 21, 2014 - Posted by | Uncategorized

27 Komentar »

  1. (1) Nama: Yulhenli Thabran, Unit Kerja: FKIP, PBS Bahasa Inggris, Mata Kuliah yang diampu: Writing IV.
    (2) Jelaskan potensi dan kendala pembelajaran secara online (e-learning): Pembelajaran akan sangat menyenangkan apabila dosen dan mahasiswa dapat menjalaninya dengan lebih santai. Metode pembelajaran konvensional sudah saatnya untuk ditinggalkan karena sudah tidak lagi bisa mengikuti perkembangan zaman yang canggih di era digital seperti sekarang ini. Alangkah sangat membosankannnya proses pembelajaran bila dosen hanya menggunakan white board dan buku teks dalam proses pembelajaran. Dengan hadirnya banyak perangkat keras dan lunak elektronik akan membuat penyiapan materi, penyajian dan evaluasinya akan lebih baik dan menyenangkan. Untuk penggunnaaun e-learning, terus terang saya belum bisa melaksanakannya dengan maksimal. Banyak kendala yang harus diatasi terlebih dahulu seperti masih banyak mahasiswa yang belum melek teknologi dan masih ada yang belum memiliki komputer atau laptop sendiri. Bila mereka harus mengerjakan tugas melalui interntet meraka harus pergi ke warnet. Di kampus kita jaringan internetnya masih harus terus diperbaiki dari waktu ke waktu. Begitu banyak komunitas kampus yang akan menggunakan internet tetapi infrastrukturnya belum maksimal. Kendala utamanya adalah susah untuk konek ke internet dan sangat lama untuk loading bila kita membuka suatu halam di web apalagi untuk keperluan lain seperti mengirim tugas dengan e-mail.
    (3) Tuliskan pendapat anda seberapa penting pembelajaran secara online sesuai dengan mata kuliah yg anda kelola. Mata kuliah yang saya ampu sarat sekali dengan tugas-tugas. Saya akan sangat gembira bila ada software atau program yang bisa membantu saya untuk memilih materi, menyajikannya dan mengevaluasi kemampuan mahasiswa saya dalama menulis dengan menggunakan bahasa Inggris. Bila ada perangkat lunak atau softwarenya akan lebih mudah saya memeriksa tata bahasa, diksi, gaya bahasa dan tingkat kejujuran mereka dalam pengkutipan pendapat orang lain. Untuk saat ini semua itu masih saya lakukan dengan manual.
    (4) Tuliskan kesiapan anda menyelenggarakan pembelajaran secara online. Saya sangat siap untuk menyelanggarakan pembelajaran secara online karena saya punya laptop sendiri dan punya koneksi internet di rumah dengan berlangganan speedy. Saya akan sangat berterima kasih bila bapak Jo dan teman-teman bapak bisa membimbing saya dalam penggunaan ICM untuk proses pembelajaran di kelas. Mudah-mudahan pelatihan yang bapak gagas di MM bisa sedikit banyak mengatasi permasalahan yang saya hadapi di kelas baik dalam merancangnya, menyajikan dan mengevaluasinya.

    Terima Kasih Pak Jo.

    Komentar oleh Yulhenli Thabran | April 22, 2014 | Balas

  2. selamat pagi Pak Jo…..salam sejahtera
    saya adalah peserta pelatihan AA mau mengumpulkan tugas.

    Jawaban :
    1. Nama : RIRI OKTARI ULMA
    Unit kerja : FAKULTAS PERTANIAN
    Mata kuliah yang diajarkan : PemasaranAgribisnis, EkonomiMikro(Agribisnis)

    2. Potensiyang dapatdiperolehdaripembelajaran e-learningadalah :
    Di masamendatang, arusinformasiakansemakinmeningkatmelaluijaringan internet yang bersifat global di seluruhduniadanmenuntutsetiapindividuuntukmampuberadaptasidengantrend tersebut, jikatidakmakaakanketinggalaninformasi-informasiterbaru. Materipembelajaran yang semakinmeningkat yang dapat di aksesmelalui internet merupakansalahsatupelayananpembelajaran yang majudanberkelanjutanbaikdalamdimensiwaktudanruangtanpabatasanmateri.Potensi yang diperolehdaripembelajaransecara online antaralainadalahKreativitasdankemandirianbelajardalampeningkatanwawasan yang lebihluassertamengefektifkandanmengefisienkanpembelajaran.

    Kendalayang terjadidaripembelajaran e-learning:
    Kendalaawal yang dihadapidaripembelajaran e-learning adalahpemahamantentang e-learning itusendiri.Jikapemahamanawaldarisistempembelajaraninitelahdapatdipahamimakainfrastrukturpembelajaran e-learning menjadiaspekselanjutnyadalam proses tersebut, kesiapanperangkatsepertikomputerdanjaringan internet sertaperlengkapan multimedia lainnyaitusendirimerupakansuatukomponenpentingdaripembelajaranitusendiri. Kendala lain yang ditimbulkanadalahsalahsatuteoribelajaryaituHumanistikadalahmemanusiakanmanusiadan e-learning kurangmemanusiakanmanusiadikarenakantidakadanyainteraksiatau feedback dan Tanya Jawabsehinggaterkesansepertihidupdalamdunianyasendiritanpaada proses sosialisasidenganmanusia lain.

    3. Pentingnyapembelajaransecaraonline atau e-learning dalammatakuliah yang sayakelola,salahsatunyaadalahefisiensibaiksecarawaktu, tempatdanpembagiantugas yang dapatdikerjakanbersamaan (multitask), jadimahasiswadapatmengaksesinformasisecaracepatdansustainable. Efektifitaspenyerapanmateribelajarpundiharapkandapatmeningkatdikarenakanmenjadikanpembelajaraninidapatmembantupesertadidiklebihmandiri, sehinggapesertadidiklebihberperanaktifdalampembelajarandanpendidikmenjadifasilisator.

    4. Untukpenyelenggaranpembelajaranberbasis online atau Electronic Learning untuksayasendirimembutuhkanwaktudanpersiapan yang cukup, dikarenakanpembelajaranberbasis web membutuhkansitus yang berisiseluruhmateriKuliah yang sayakeloladanterinterkoneksidengansitusuniversitasdimanatempatsayamengajar, sehingga proses upload materidanizinmembuat blog materikuliah yang tepatdansesuaidengankurikulumbelajarmembutuhkanperencananaan, ketelitian, kesiapansecarawaktudanreferensimateri. Untukpenerapannyasendirimenurutsayamanfaatdari proses pembelajaraninisangatbaikdansayasiapuntukmenjalankannyasesuaidenganketentuandariuniversitastempatsayamengajardanKurikulum yang berlakutentunyabiladidukungdengansaranadanprasarana yang memadai.

    terimakasih Pak Jo.
    salam

    RIRI

    Komentar oleh riri | April 23, 2014 | Balas

  3. 1. Ardhiyan Saputra, SP, M.Si unit kerja di Fakultas Pertanian mata kuliah yang diampu salah satunya Ekonomi Mikro
    2. Menurut pendapat saya potensi pemanfaatan ICT dalam pembelajaran di perguruan tinggi sangat besar dan terbuka lebar. Salah satu hal dapat dilihat dari kemudahan mengakses internet baik yang disediakan oleh provider dengan biaya yang relataif murah maupun yang terdapat di fasilitas umum yang disediakan secara gratis. Selain itu hampir sebagian besar alat komunikasi yang dimiliki oleh civitas akademika berbasis android yang sangat mendukung pemanfaatan ICT tersebut. Informasi yang ingin dicari mengenai sesuatu hal dapat dengan mudah didapat dengan cepat. Pada beberapa perguruan tinggi penggunaan ICT dalam mendukung kegiatan pembelajaran sudah mulai dilakukan, misalnya untuk beberapa mata kuliah dikemas dalam bentuk VCD atau yang di-upload di website. Kemudahan lain yang dapat diperoleh dari pemanfaaran ICT ini adalah interaksi antara dosen dan mahasiswa dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka secara langsung, mahasiswa dapat saling bertukar dan berbagi informasi dan dapat mengakses bahan kuliah setiap saat sehingga mahasiswa akan lebih memantapkan penguasaan terhadap materi kuliah yang diberikan. Kendala dalam pembelajaran secara online saya pikir hampir tidak ada jika semua sarana infrastruktur penunjang dan sumberdaya manusia baik pengelolanya (teknisi IT) maupun yang menjalankannya (mahasiswa dan dosen) sudah siap untuk menjalankan pembelajaran secara online.
    3. Mata kuliah yang saya kelola terdiri dari yang sifatnya kualitatif dan kuantitatif. Saya pikir untuk mata kuliah yang bersifat kualitatif dan hanya menjelaskan teori tentu saja pemanfaatan media belajar secara online dapat dilakukan akan tetapi untuk mata kuliah yang sifatnya kuantitatif, pembelajaran secara online belum sepenuhnya bisa diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar karena ada beberapa materi yang memerlukan penjelasan lebih detail seperti dengan pendekatan grafik dan matematik sehingga interaksi secara langsung akan lebih tepat.
    4. Secara pribadi saya sendiri siap untuk menyelenggarakan pembelajaran secara online dan saya akan berusaha secara maksimal untuk menambah kapasitas saya dalam menerapkannya. Pembelajaran secara online ini akan menjadi trend yang pembelajaran yang up-date sehingga kita sebagai tenaga pendidik harus mampu mengikuti perkembangan teknologi agar tidak dibilang dosen yang GAPTEK (gagap teknologi).

    Komentar oleh Ardhiyan Saputra | April 23, 2014 | Balas

  4. 1. Nama:Rustam, Unit Kerja: FKIP Universitas Jambi, Mtk yg Diampu: Metode Penelitian Bahasa dan Sintakasis
    2. Potensi yang saya miliki sangat minim tentang teknologi komputer dan kendala pembelajaran secara online (e-learning) adalah sarana internet yang terbatas, kemampuan operasional e-learning juga masih terbatas dan kemampuan mahasiswa juga sangat minim
    3. Petingnya pembelajaran secara online pada mata kuliah saya sangat penting . kepetingan itu terdeskripsi dari tujuan pembelajaran, yaitu mahasiswa diharapkan mampu memahmi konsep-konsep metode penelitian bahasa secara global dari berbagai para ahli dari suduk pandang penelitian bahasa-bahasa dunia dan akan dikaitkan dengan penelitian bahasa yang ada di Indonesia. Dalam pembelajaran mata kuliah : menggunakan e-mail, dan saat mengajar langsung mengkonekannya ke internet, itupun sangat terbatas, pernah menggunakan blogs, sekarang tidak lagi.
    4. Kesiapannya saya: memiliki laptop, infokus, dan spedy di rumah.

    Komentar oleh rustam | April 23, 2014 | Balas

  5. selamat pagi Pak Jo….salam sejahtera
    bersama ini saya kumpulkan tugas Pelatihan AA saya sebagai berikut :
    Jawaban :
    1. Nama : RIRI OKTARI ULMA
    Unit kerja : FAKULTAS PERTANIAN
    Mata kuliah yang diajarkan : Pemasaran Agribisnis, Ekonomi Mikro (Agribisnis)

    2. Potensi yang dapat diperoleh dari pembelajaran e-learning adalah :
    Di masa mendatang, arus informasi akan semakin meningkat melalui jaringan internet yang bersifat global di seluruh dunia dan menuntut setiap individu untuk mampu beradaptasi dengan trend tersebut, jika tidak maka akan ketinggalan informasi-informasi terbaru. Materi pembelajaran yang semakin meningkat yang dapat di akses melalui internet merupakan salah satu pelayanan pembelajaran yang maju dan berkelanjutan baik dalam dimensi waktu dan ruang tanpa batasan materi. Potensi yang diperoleh dari pembelajaran secara online antara lain adalah Kreativitas dan kemandirian belajar dalam peningkatan wawasan yang lebih luas serta mengefektifkan dan mengefisienkan pembelajaran.

    Kendala yang terjadi dari pembelajaran e-learning :
    Kendala awal yang dihadapi dari pembelajaran e-learning adalah pemahaman tentang e-learning itu sendiri. Jika pemahaman awal dari sistem pembelajaran ini telah dapat dipahami maka infrastruktur pembelajaran e-learning menjadi aspek selanjutnya dalam proses tersebut, kesiapan perangkat seperti komputer dan jaringan internet serta perlengkapan multimedia lainnya itu sendiri merupakan suatu komponen penting dari pembelajaran itu sendiri. Kendala lain yang ditimbulkan adalah salah satu teori belajar yaitu Humanistik adalah memanusiakan manusia dan e-learning kurang memanusiakan manusia dikarenakan tidak adanya interaksi atau feedback dan Tanya Jawab sehingga terkesan seperti hidup dalam dunianya sendiri tanpa ada proses sosialisasi dengan manusia lain.

    3. Pentingnya pembelajaran secara online atau e-learning dalam mata kuliah yang saya kelola, salah satunya adalah efisiensi baik secara waktu, tempat dan pembagian tugas yang dapat dikerjakan bersamaan (multitask), jadi mahasiswa dapat mengakses informasi secara cepat dan sustainable. Efektifitas penyerapan materi belajarpun diharapkan dapat meningkat dikarenakan menjadikan pembelajaran ini dapat membantu peserta didik lebih mandiri, sehingga peserta didik lebih berperan aktif dalam pembelajaran dan pendidik menjadi fasilisator.

    4. Untuk penyelenggaran pembelajaran berbasis online atau Electronic Learning untuk saya sendiri membutuhkan waktu dan persiapan yang cukup, dikarenakan pembelajaran berbasis web membutuhkan situs yang berisi seluruh materi Kuliah yang saya kelola dan terinterkoneksi dengan situs universitas dimana tempat saya mengajar, sehingga proses upload materi dan izin membuat blog materi kuliah yang tepat dan sesuai dengan kurikulum belajar membutuhkan perencananaan, ketelitian, kesiapan secara waktu dan referensi materi. Untuk penerapannya sendiri menurut saya manfaat dari proses pembelajaran ini sangat baik dan saya siap untuk menjalankannya sesuai dengan ketentuan dari universitas tempat saya mengajar dan Kurikulum yang berlaku tentunya bila didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.
    terima kasih, Pak Jo

    Komentar oleh riri oktari ulma | April 23, 2014 | Balas

  6. 1. Nama : Haerul Pathoni, S.Pd, M.PFis
    Prodi : Pendidikan Fisika FKIP UNJA
    Mata Kuliah : Alat ukur listrik, Elektronika 1 dan Elektronika 2, Metode Eksperimen Fisika.
    2. Mata kuliah yang saya ampu agak susah untuk menggunakan e-learning. Hal karena mata kuliah ini banyak menggunakan penjelasan fisika dan matematika serta praktikum laboratorium. Namun, dalam pembuatan silabus, materi ajar, kunci jawaban kuis atau ujian serta posting nilai mahasiswa bisa di upload di blog. Hal ini memudahkan dalam adminstrasi perkuliahan saja.
    3. Pembelajaran online menurut saya sangat penting untuk komunikasi administrasi perkuliahan dengan mahasiswa. Pemberian tugas secara online malah akan menyulitkan dosen memantau perkembangan psikomotorik mahasiswa. Namun, saya tidak bisa pungkiri bahwa pembelajaran online juga penting dalam matakuliah-matakuliah yang bersifat teori.
    4. kami siap melakukan perkuliahan secara online selama hal ini bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa. Selama ini kami sudah aktif di blog dan jejaring sosial lainnya. Untuk tugas dalam pembuatan makalah, biasanya saya meminta mahasiswa mengirim softcopy ke email.

    TERIMA KASIH PAK !

    Komentar oleh haerul pathoni | April 23, 2014 | Balas

  7. Selamat Pagi Pak Dr. Johannes, SE, MSi.

    Ini saya kirimkan tugas saya mengenai PEMANFAATAN ICT DALAM PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI

    1. Nama: Riana Anggraini, S.Hut. MSi.
    Unit Kerja: Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan, Universitas Jambi
    Mata Kuliah yang Diampu: Ilmu Kayu, Teknologi Hasil Hutan, Pemanenan Hasil Hutan

    2. Potensi dan Kendala Pembelajaran secara on-line (e-learning)
    Pembelajaran secara on-line (e-learning) merupakan salah satu bentuk pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communications Technology) (ICT) yang diterapkan di bidang pendidikan. Potensi yang diperoleh dari pembelajaran secara online yaitu:
    a. Dapat meningkatkan kualitas pendidikan karena belajar tidak diharuskan dengan tatap muka, tidak dibatasi dengan ruang dan waktu, melainkan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
    b. Penggunaan internet sebagai teknologi dalam pembelajaran memberikan informasi dalam segala hal yang tidak terbatas dan dapat dikembangkan untuk pengembangan pendidikan.
    c. Penerapan belajar bersama, karena tidak hanya dosen sebagai sumber, melainkan mahasiswa bisa juga memberikan sumber atau tambahan suatu ilmu. Mahasiswa dapat memanfaatkan dan mengembangkan, analisis dan sintesis pengetahuan dari informasi yang diperoleh melalui jaringan internet.

    Selain potensi yang diperoleh dari pembelajaran on-line (e-learning), masih mempunyai kendala dalam penerapan pembelajaran ICT ini, yaitu:
    a. Keterbatasan fasilitas sarana dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi seperti akses untuk membuka internet.
    b. Keterbatasan kecakapan dalam mengoperasikan komputer, menggunakan berbagai program baik aplikasi maupun bahasa pemprograman.
    c. Keterbatasan keterampilan dan kemauan dalam menggali informasi dari internet, mengolah, dan memanfaatkannya.

    3. Pembelajaran secara online dalam pembelajaran pada mata kuliah yang saya kelola sangatlah penting karena salah satu strategi pembelajaran untuk memperoleh potensi peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menganalis lebih pengetahuan mengenai mata kuliah yang saya kelola. Penggunaan ICT sebagai alat yang efektif dalam pembelajaran dan mata kuliah yang saya kelola dalam hal:
    a. Memberikan mahasiswa sebuah cara untuk menangani data dan informasi yang efektif misalnya melalui penggunaan database dan lembar kerja.
    b. Merancang masalah-masalah yang menantang mahasiswa yang untuk berpikir secara logis, sebagai contoh memberikan akses internet untuk mendapatkan masalah-masalah, ide-ide, dan konteks-konteks ilmu pengetahuan yang dipelajari.
    c. Mendukung mahasiswa mempresentasikan dan menginterpretasikan informasi dalam berbagai cara sebagai contoh penggunaan paket graph drawing atau pengunaan media presentasi.
    d. Mengembangkan keterampilan dosen untuk membuat media belajar mengajar.
    e. Memotivasi dosen merancang aktivitas kontekstual untuk mahasiswa melalui penggunaan sumber-sumber yang ditemukan di internet.
    f. Meningkatkan motivasi mahasiswa dengan mempromosikan pelibatan aktif mereka dalam pembelajaran.

    4. Kesiapan saya dalam menyelenggarakan pembelajaran secara online yaitu:
    a. Menerapkan pembelajaran berbasis multimedia (teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara, dan video) sehingga dapat menyajikan materi pelajaran yang lebih menarik, tidak monoton, dan memudahkan dalam penyampaian.
    b. Mengubah sifat alami pekerjaan dan tempat kerja dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada melalui jaringan internet. Untuk itu, sistem pendidikan harus bereaksi serta menyesuaikan diri terhadap perubahan ini. Menyediakan pendidik dengan peralatan baru yang handal untuk meningkatkan peluang pembelajaran bagi mahasiswa dan peluang pengembangan profesi bagi pendidik, sehingga mengubah metodologi untuk penyampaian layanan pendidikan.

    Sekian dan Terima Kasih

    Komentar oleh Riana Anggraini | April 23, 2014 | Balas

  8. Selamat Pagi Pak Jo…Salam Super!!:-)
    Dengan ini Saya peserta AA mengirimkan tugas yang diberikan oleh Bapak..
    NAMA : FERI TIONA PASARIBU, M.Pd
    UNIT KERJA : PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS JAMBI
    MATA KULIAH YANG DIAMPU :
    1. KAPITA SELEKTA SEKOLAH MENENGAH
    2. MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

    1. Potensi dan kendala pembelajaran secara online.
    Potensi pembelajaran secara online:
    • Mahasiswa akan lebih mudah mengakses informasi apa saja yang diinginkan, tanpa harus berpindah tempat atau mencari sumber-sumber lain seperti buku yang pasti lebih up to date dengan pembelajaran online bisa dijadikan perpustakaan yang penuh dengan ilmu-ilmu baru.
    • Mahasiswa juga dapat berinteraksi atau berkomunikasi atau mungkin bertukar ide atau pikiran dengan teman, orang yang mungkin belum dikenal baik dari rumpun ilmu yang sama atau bukan bahkan pakar-pakar ilmu pengetahuan.
    • Pembelajaran online dapat dijadikan sebagai pembelajaran formal dan informal, menciptakan proses pembelajaran secara kelompok atau belajar bersama sesuai dengan poin dua sehingga lebih nyaman dalam berkomunikasi khususnya dalam proses peningkatan pembelajaran, serta biaya dapat dengan sangat murah untuk mengakses informasi apapun yang diinginkan.
    Kendala pembelajaran secara online:
    • System dalam pengaksesan informasi. Tidak semua mahasiswa dapat dengan mudah mengakses informasi secara online karena keterbatasan jaringan/network (seperti modem, penyediaan wifi, dll). Fasilitas yang kurang mendukung.
    • Interaksi antara mahasiswa dengan dosen, mahasiswa dengan mahasiswa pasti akan berkurang sehingga dosen tidak maksimal dalam memberikan penilaian yang bersifat afektif maupun psikomotor sedangkan penilaian itu harus memperhatikan ketiga aspek. Secara tidak langsung dapat mengabaikan aspek akademik dan aspek social dari pembelajaran.
    • Tidak semua dosen dapat dikatakan mampu atau menguasai ICT apalagi untuk menerapkannya dalam proses pembelajaran karena secara teknis pembelajaran dengan ICT dosen masih belum maksimal.
    • Baik dosen maupun mahasiswa kurang memahami bahasa computer sehingga motivasi untuk belajar apalagi dengan pembelajaran secara online sangat kurang.

    2. Seberapa penting pembelajaran secara online sesuai dengan mata kuliah kapita selekta sekolah menengah.
    Mata kuliah yang saya ampu adalah gabungan dari tiga mata kuliah yang kurikulum sebelumnya dipisah yaitu aljabar, geometri, dan trigonometri. Namun sekarang digabung menjadi satu mata kuliah yaitu kapita selekta sekolah menengah yang materinya dipilih dari materi/topik-topik matematika di SMP dan SMA atau materi yang paling pokok yang disesuaikan dengan kebutuhan/masalah yang ada di lapangan. Jadi dengan banyaknya topik/materi yang mungkin sudah dilupakan oleh mahasiswa selama di bangku sekolah, diharapkan dengan adanya pembelajaran online dapat membantu bahkan sangat perlu diterapkan oleh mahasiswa dan dosen. Mahasiswa akan lebih mudah mengakses materi, membahas soal-soal atau masalah yang lebih up to date, sehingga tidak perlu membawa semua buku matematika ke kampus apalagi untuk mahasiswa yang berasal dari daerah.
    Selain mata kuliah tersebut di atas, saya juga mengampu media pembelajaran matematika. Pada mata kuliah ini bahkan sangat dianjurkan mahasiswa dapat menggunakan pembelajaran online karena pada mata kuliah ini mahasiswa dapat berpikir danmemiliki kreatifitas dalam pembuatan media pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan ICT dan disesuaikan dengan masalah yang ada di lapangan. Dengan pembuatan media pembelajaran khususnya yang berbasis ICT misalnya penggunaan software, mahasiswa menggunakan pembelajaran online untuk belajar dan menggunakan software tersebut.

    3. Kesiapan dalam menyelenggarakan pembelajaran online.
    • Merubah mind set terhadap perubahan dan perkembangan ICT dan menjadikannya sebagai bagian yang multitask.
    • Lebih berpikir bahwa belajar itu bukan cuma milik mahasiswa tetapi dosen juga perlu menambah atau penyegaran ilmu dengan adanya pembelajaran online.
    • Mengajak mahasiswa lebih kepada pembelajaran online seperti pengerjaan tugas/ pengumpulan laporan dan pendalaman materi yang akan berimplikasi kepada hubungan social/ interaksi antara dosen maupun mahasiswa lebih nyaman, dan pengapresiasian dosen lebih terbuka kepada mahasiswa.
    • Adanya sikap yang selalu ingin berubah bukan fixed mind set terhadap potensi dari pembelajaran online.

    Komentar oleh Feri Tiona Pasaribu | April 23, 2014 | Balas

  9. Semangat Pagi Pak,
    berikut saya kirimkan tugas AA

    terima kasih..
    Jelpa P.

    Tugas Pelatihan Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran di ICT

    1. Nama = Jelpa Periantalo
    Unit kerja = Program Studi Psikologi – Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
    Mata kuliah = Psikometri

    2. Potensi
    Konsep dapat dijelaskan melalui pemanfaatan ICT

    Kendala
    Mahasiswa harus praktik langsung tentang konsep yang diajarkan baik menggunakan software maupun penurunan konsep.

    3. Seberapa penting pembelajaran online
    Tidak begitu penting. Mata kuliah ini sebaiknya diajarkan dengan cara konvensional. Mata kuliah ini merupakan salah satu roh di alat ukur Psikologi. Alat ukur akan digunakan baik untuk penelitian maupun praktik psikolog. Mata kuliah ini termasuk mata kuliah sulit di Psikologi. Kuliah dengan cara konvensional membuat pemahaman konsep lebih matang. Mahasiswa dapat bertanya langsung kepada dosen tentang konsep tersebut. Mata kuliah ini juga menuntut praktik dari konsep.

    4. Kesiapan pembelajaran
    Sejauh ini, saya belum siap untuk melakukan pembelajaran online untuk mata kuliah ini.

    Komentar oleh Jelpa Periantalo | April 23, 2014 | Balas

  10. Jawaban :
    1. Nama : AHMAD RIDUAN
    Unit kerja : FAKULTAS PERTANIAN
    Mata kuliah yang diajarkan : DASAR – DASAR AGRONOMI

    2. Potensi yang dapat diperoleh dari pembelajaran e-learning adalah :
    Perkembangan arus informasi dan teknologi yang semakin pesat, dapat memacu peningkatan system pembelajaran yang lebih efisien dan efektif. Sistem pembelajaran secara online (e-learning) dalam mata kuliah yang saya asuh (Dasar-dasar Agronomi) pada semester III dengan jumlah mahasiswa rata-rata tiap semester diikuti oleh ± 200 orang mahasiswa sangat potensial untuk dilakukan, karena akan memudahkan dalam proses belajar mengajar, baik dalam kegiatan tatap muka dan diskusi, maupun kegiatan evaluasi . Sistem pembelajaran secara online (e-learning) juga sangat membantu dalam mengatasi kendala waktu dan ruang sehingga dapat memaksimal pencapaian tujuan dalam proses belajar mengajar itu sendiri.

    Kendala yang terjadi dari pembelajaran e-learning :
    System pembelajaran secara online ini sangat efisien dan efektif dalam segi pemanfaatan waktu dan ruang jika didukung oleh jaringan internet yang baik. Oleh karena itu kendala yang mendasar dalam pembelajaran secara online (e-learning) adalah kesiapan system jaringan internet yang memadai (signal dan kecepatan internet). Disamping itu juga kesiapan alat pendukung multimedia (perangkat computer) serta SDM menjadi kedala terutama untuk mahasiswa pada semester awal (semester III) maupun dosen pengampu yang belum memahami proses pembelajaran secara online (e-learning).

    3. Pentingnya pembelajaran secara online atau e-learning dalam mata kuliah yang saya asuh adalah dapat mengefisienkan proses belajar mengajar dari segi penggunaan waktu dan ruang serta dapat memudahkan dalam kegiatan evaluasi belajar mengajar (ex: pembagian tugas individu/kelompok, UTS dan UAS, diskusi kelompok dll). Jika pembelajaran secara online atau e-learning dapat berjalan dengan baik maka diharapkan proses transfer ilmu dalam berjalan dengan baik sehingga dapat membantu peserta didik lebih aktif dan mandiri sedangkan dosen atau pendidik dapat bertindak hanya sebagai fasilisator.

    4. Penyelenggaran pembelajaran berbasis online atau Electronic Learning pada mata kuliah yang asuh masih belum siap karena diperlukan kesiapan dalam segi :
     Perangkat software dan hardware baik dari pihak pendidik maupun peserta didik.
     SDM (mahasiswa dan Dosen) yang memahami secara teknis dalam proses pembelajaran secara online.
     Jaringan internet yang sangat memadai (signal dan kecepatan)
    Untuk saat sekarang hanya sebagian kecil mahasiswa maupun dosen yang sudah memahami secara detail dalam pelaksanaan pembelajaran secara online. Untuk fasilitas pendukung juga masih belum memadai terutama perangkat keras (computer) untuk peserta didik serta jaringan internet yang masih belum optimal.

    Komentar oleh ahmad riduan | April 23, 2014 | Balas

  11. Akbar Kurnia Putra
    Fakultas Hukum Universitas Jambi
    Hukum Internasional

    Potensi e-Learning
    1. Kegiatan Belajar Mengajar menjadi lebih efektif. Artinya, metode konvensional yang selama ini membudaya tidaklah menjadi halangan dalam memajukan dunia pendidikan melalui metode e-learning;
    2. Komunikasi Tanpa Batas dapat dilakukan tanpa harus mengurangi esensi pengajaran di dalam kelas;
    3. Transformasi ilmu dapat terus dilakukan sekalipun mahasiswa tidak dapat hadir di kelas;
    4. Fleksibel atas waktu;
    5. Memperkuat Interaksi antara dosen dan mahasiswa selama proses kegiatan belajar mengajar diselenggarakan

    Kendala e-Learning:
    1. Jangkauan e-learning terbatas sesuai dengan ketersediaan infrakstruktur;
    2. Sosialisasi terbatas;
    3. Human Resources yang terbatas;
    4. Gagap Teknologi;
    5. Tidak Membudaya

    Pentingnya e-Learning:
    1. Pada rumpun Ilmu Hukum khususnya pada bidang kajian Hukum Internasional, pada tataran teori dan praktek haruslah selalu update;
    2. Tidaklah mungkin mempelajari turunan mata kuliah Hukum Internasional seperti Hukum Laut Internasional tanpa mengandalkan sisi visual dari materi yang disampaikan;
    3. Dunia yang semakin sempit membuat perkembangan informasi dan teknologi akan mudah dan saling bersinggungan. Hal tersebut memungkinkan media e-learning menjadi vital untuk dikuasai;

    Kesiapan e-Learning:;
    1. Tidak lagi menggunakan metode konvensional dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas selama ditunjang oleh infrakstruktur dan resources yang memadai.

    Komentar oleh akbar kurnia | April 23, 2014 | Balas

  12. 1. Nama peserta : Fadliyana Ekawaty,S.Kep.,Ners
    Unit Kerja : PSIK FKIK Universitas Jambi
    Mata Kuliah yang diampu : Keperawatan Anak

    2. Potensi dan kendala pembelajaran secara online (e-learning)
    Potensi : mengerti pembelajaran secara online, pernah di ajarkan dan pernah mengikuti pembelajaran secara online melalui video confrence
    Kendala : sulit mengembangkan pembelajaran secara online di prodi karena basic mahasiswa tidak semua mempunyai penguasaan IT, Dalam kurilulum prodi belum ada mata kuliah yang khusus membahas IT dalam kesehatan khususnya keperawatan sehingga mahasiswa tidak terpapar dengan IT, fakultas koneksi jaringan internet kurang stabil, tidak pernah ada sosialisasi IT untuk mahasiswa.

    3. Pentingnya pembelajaran secara online sesuai dengan mata kuliah yang diampu
    Pembelajaran keperawatan secara online merupakan suatu media pembelajaran yang berbasis tekhnologi informasi. Pentingnya pembelajaran secara online ini adalah bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan yang up to date bagi mahasiswa, juga dapat memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan belajar secara aktif dan mandiri melalui website. Saat ini Ilmu keperawatan terus berkembang, jadi dengan adanya pembelajaran secara online mahasiswa mampu dapat mengetahui penemuan-penemuan terbaru tentang kasus-kasus penyakit dan intervensi keperawatan yang dapat mereka lakukan sesuai dengan evidance based, mereka dapat melakukan konsultasi langsung dengan ahlinya atau mereka dapat langsung mencari informasi dari perpustaan online, atau bagi mahasiswa yang berhalangan hadir untuk mengikuti proses kuliah di waktu tertentu mereka juga dapat melihat proses perkuliahan tersebut secara online melalui internet atau blok pemberi materi. sehingga output yang diharapkan mereka dapat memberikan asuhan keperawatan yang profesional bagi pasien/klien.

    4. Kesiapan menyelenggarakan pembelajaran secara online
    Untuk menyelenggarakan pembelajaran secara online:
     Dosen harus menguasai pembelajaran secara online
     Dosen harus mengidentifikasi karakteristik mahasiswa
     Pastikan koneksi internet stabil
     Mendesain pembelajaran online sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
     Dosen harus mengajarkan mahasiswa bagaimana melakukan pembelajaran secara online, agar jangan sampai ketika dosen mengajarakan pembelajaran mahasiswa secara online tapi mahasiswa nya tidk mengerti
     Mengevaluasi keberhasilan pembelajaran secara online

    Komentar oleh Fadliyana Ekawaty | April 23, 2014 | Balas

  13. Selamat pagi Pak Jo… Salam Sejahtera…
    1. Nama saya Elizabeth Siregar, Fakultas Hukum / Hukum Pidana, mata kuliah yang saya ampu adalah Hukum Pidana, Hukum Pidana Lanjutan, Kebijakan Hukum Pidana, Hukum Penitensier, Kapita Selekta Hukum Pidana.

    2. Pembelajaran antara dosen dan mahasiswa tidak terbatas ruang dan waktu. Efisiensi waktu, efisiensi biaya, efisieni tenaga. Dosen lebih nyaman, mahasiswa juga aman.

    kendala e-learning dalam pembelajaran terkait dengan kenyataan di fakutas saya adalah, sarana yang kurang mendukung yaitu koneksi internet yang lamban malah kadang tidak bisa akses, sosialisasi ataupun pelatihan yang juga masih minim bagi para dosen.

    3. Untuk mata kuliah yang saya ampu, pembelajaran e-learning penting sekali. Contohnya pada mata kuliah Kapita Selekta Hukum Pidana, mata kuliah yang dimana mahasiswa harus selalu menggali masalah-masalah hukum terpilih yang bisa cepat didapat melalui akses internet.

    4. Kesiapan saya dalam menyelenggarakan pembelajaran e-learning adalah bahwa saya siap untuk melaksanakan pembelajaran e-learning dalam setiap pembelajaran yang saya lakukan. Dan tentunya, juga harus didukung pihak fakultas, dengan menyediakan sarana, dukungan, dan juga mungkin perlu diadakan pelatihan maupun sosialisasi bagi dosen maupun mahasiswa

    Komentar oleh elizabeth siregar | April 23, 2014 | Balas

  14. Dear Pak Jo,

    1. Nama : Raja Sharah Fatricia, SE, M.Sc
    Unit Kerja : Fakultas Ekonomi
    Mata Kuliah : Bisinis Internasional
    2. Potensi pembelajaran online
    – Memudahkan access informasi ilmu pengetahuan
    – Mahasiswa menjadi lebih sadar akan teknologi
    – Lebih efisien dan efektif karena bisa diakses kapan saja dan dimana saja.
    – Membuat mahasiswa lebih mandiri
    Kendala pembelajaran online
    – Mahasiswa masih ada yang belum melek internet
    – Mahasiswa masih ada yang mempunya pola pikir conservative, dan menganggap kalau belajar harus tatap muka
    – Kita tidak bisa attached secara afektif terhadap mahasiswa
    – Kurang interaksi secara langsung dengan mahasiswa
    – Internet di Unja mendalo sering sering down
    3. Pembelajaran online sangat penting dalam mendukung mata kuliah yang saya ampu. Hal ini disebabkan mata kuliah yang saya ampu bersifat internasional dan mewajibkan mahasiswa mempunyai wawasan yang memadai secara global. Untuk itu mereka membutuhkan internet untuk bisa connect dengan dunia luar.

    4. I’m ready to conduct e-learning as long as I can receive many benefits from it. Next to that, I have done some of it. For example, Students are obliged to send their assignments by email. I often use youtube channel, in order to give an audiovisual learning to students.

    Komentar oleh Raja Sharah Fatricia | April 23, 2014 | Balas

  15. Pak Dr.Yohanes S yang terhormat,
    Bersama ini saya kirimkan tugas peserta AA.
    Nama: Nazarudin,S.Si,M.Si,PhD
    Unit Kerja: Prodi Pendidikan Kimia FKIP
    Pembelajaran secara online (e-learning) mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengembangkan proses belajar mengajar, khususnya belajar mengajar di perguruan tinggi. Dengan menggunakan pembelajaran secara online, sumber belajar, evaluasi belajar, serta interaksi antara mahasiswa dan dosen bisa terjadi tanpa dibatasi oleh dinding ruang kelas. Selain itu, proses pembelajaran secara online dapat menghemat anggaran biaya pendidikan dengan mengurangi pemakaian kertas, mengurangi pemakaian ruang kelas yang berarti mengurangi konsumsi energi lisrtik, mengurangi konsumsi energi bahan bakar untuk transfortasi, mengurangi konsumsi air. Pengurangan anggaran biaya ini dengan sendirinya berimplikasi kepada penghematan sumber daya alam, dan efesiensi penggunaan sumber daya manusia. Terkait dengan penghematan sumber daya alam, proses ini akan memberikan andil yang memadai pada proses pembangunan yang berkelanjutan, suatu pembangunan yang mengutamakan pelestarian lingkungan.
    Kendala pembelajaran secara online, khususnya di Universitas Jambi, adalah akses internet yang belum stabil, software dan hardware yang sudah lama tidak diupgrading, pemeliharaan yang belum optimal. Permasalahan lainnya adalah kemampuan ICT para dosen dan mahasiswa yang belum merata, masih ditemukan ketimpangan yang cukup besar yang mengakibatkan proses belajar online tidak bisa berjalan lancar.
    Pada mata kuliah yang saya ampu, pembelajaran secara online sangat membantu proses belajar mengajar yang saya lakukan. Saya sudah berusaha membuat pembelajaran online pada tahun 2000 dengan membuat homepage, namun pada waktu itu akses internet di Indonesia khususnya Jambi belum bisa diandalkan, sehingga homepage tersebut tidak bisa berjalan dengan baik sehingga homepage tersebut tidak aktif dan akhirnya mati. Pada tahun 2008 saya membuat blog yakni blog dengan alamat http://nazarudinchemsit.blogspot.com dan tahun 2012 saya membuat blog lagi dengan alamat http://bangnzn.blog.co.uk, namun blog ini tidak memuaskan saya, maka pada awal tahun ini, saya membuat website berbayar dengan alamat dr-naz.com. Semoga website saya yang terakhir ini bisa terus berjalan lancar dan bisa digunakan untuk proses belajar mengajar online secara terus menerus.

    Komentar oleh Nazarudin | April 23, 2014 | Balas

  16. Salam pagi penuh semangat…
    Saya dr. Miftahurrahmah dari fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan program studi pendidikan dokter.adapun mata kuliah yang saya ampu adalah farmakologi

    1.Potensi pembelajaran secara online
    mata kuliah farmakologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang respon tubuh terhadap obat dan nasib obat didalam tubuh serta efek yang ditimbulkan. Multiple konsep tentang satu golongan obat sehingga memerlukan pemahaman yang mendalam agar mahasiswa memiliki satu persepsi yang sama dalam memilih obat secara rasional sesuai dengan keadaan pasien.oleh sebab itu denga menggunakan metode pembelajaran e-learning dapat menfasilitasi mahasiswa dalam memahami konsep-konsep dalam ilmu farmakologi.

    2.Kendala pembelajaran secara online
    Di departemen farmakologi, kami mempunyai banyak keinginan untuk hal-hal berupa inovasi pembelajaran farmakologi. Semua ide-ide inovasi ini diharapkan sebagai salah satu cara untuk menfasilitasi mahasiswa dalam memahami konsep farmakologi.salah satu inovasi yang ingin kami kembangkan adalah video animasi bidang farmakologi.namun kami memiliki banyak keterbatasan diantaranya dana dan human source.

    3.pentingnya e learning
    Mata kuliah farmakologi membutuhkan e learning sebagai fasilitasi untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa.

    4.kesiapan e learning
    Secara pribadi saya dan teman-teman di departemen farmakologi siap melakukan e learning.

    Komentar oleh miftahurrahmah | April 23, 2014 | Balas

  17. Selamat siang Pak Dr Johannes

    Nama : Ulyarti, STP, MSc
    Unit Kerja : Fakultas Teknologi Pertanian
    Mata kuliah yang diampu : Metabolisme Komponen Pangan

    Pembelajaran secara online memiliki potensi yang besar untuk diterapkan. Dengan menggunakan media online, interaksi antara pengajar dan peserta didik dapat dibina lebih intensif tanpa harus meluangkan waktu lebih banyak, misalnya peserta didik dapat menyerahkan tugas-tugas di luar jam kerja atau diluar kantor. Selain itu pembimbingan belajar juga dapat dilakukan di sela waktu dimana pengajar berada diluar kantor. Dengan menggunakan media online, pengajar dapat dengan mudah mengidentifikasi peserta didik yang lebih awal mengerjakan tugas, lebih sering berkonsultasi. Selain itu data dari peserta didik dapat disimpan dengan lebih rapih dibandingkan dengan menyimpan dalam bentuk tercetak.
    Namun, pembelajaran secara online masih terkendala untuk diterapkan di tempat saya mengajar. Di kampus Pondok Meja, jaringan internet belum dibangun sehingga mahasiswa hanya bisa belajar online di luar kampus saja, padahal, mereka memiliki waktu luang disela-sela menunggu jam kuliah, makan siang, atau jam istirahat di kampus.
    Dalam proses belajar mengajar mata kuliah metabolisme komponen pangan yang saya ampu, banyak materi yang lebih mudah dimengerti dengan melihat gambar yang interaktif. Bila pengajaran dilakukan secara online, mahasiswa bisa dibimbing untuk berlayar di situs-situs internet yang menyediakan materi tersebut secara interaktif. Selain itu, mahasiswa dapat juga secara konstruktif membangun sendiri proses belajarnya dengan memilih sendiri mana bagian yang lebih menarik perhatiannya untuk didalami lebih jauh.
    Kalau ditanya kesiapan…saya siap, dengan bantuan dari kolega dan dukungan dari pihak Fakultas maupun Universitas, tentunya.

    Terima kasih

    Komentar oleh ulyarti | April 23, 2014 | Balas

  18. 1. Mukhsin, Fak Pertanian Universitas Jambi, Budidaya Tanaman Pangan
    2. Potensi Pembelajaran secara online
    – Pembelajaran secara online memungkinkan dilakukan kerena lembaga telah menyediakan fasilitas internet dengan daya 50 Mbt dengan adanya fasilitas tersebut proses pembelajaran dapat dilakukan.
    – Ditinjau dari aspek tenaga pengajar setiap tenaga pengajar sudah semestinya melakaksanakan penganjaran secara online sesuai tuntut zaman.
    – Dari aspek mahasiswa pada saat ini sebagian besar mahasiswa telah memiliki laptop, netbook dll
    Kendala yang yang mungkin terjadi dalam pembelajaran secara online
    – terbatasnya fasilitas internet sehingga proses pembelajaran tidak dapat berlangsung sebagaimana mestinya.
    – Dari aspek tenaga pengajar ada sebahagian tenaga pengajar yang tidak mau malakukan prsoses pembalajaran secara online
    – Sedangkan dari pihak mahasiswa tidak semua mahasiswa memiliki laptop, netbook iped dll

    3. Pembelajaran secara online untuk mata kuliah yang diempu cukup penting hal ini disebabkan karena materi yang disampaikan sebagian besar berubah sesuai perkembangan ilmu pengetehaun dan teknologi. Dengan pembelajaran secara online mahasiswa dapat mengetahui sampai sejauh mana perkembangan teknologi yang digunakan dalam meningkatkan hasil tanaman pengan
    4. Untuk penyelenggaran pembelajaran secara online perlu persiapan yang matang baik dari materi yang disampaikan maupun sarana dan prasarana yang diperlukan.

    Komentar oleh mukhsin | April 23, 2014 | Balas

  19. I. Identitas
    Nama : Fadzlul, S.Psi., M.Psi., Psikolog.
    Unit Kerja : Prodi. Psikologi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UNJA
    Mata Kuliah yang Diampu : Psikologi Sosial
    II. Potensi dan kendala pembelajaran secara online (e-learning)
    – Potensi : Potensi pembelajaran secara online di lingkungan UNJA cukup baik, karena berbagai fasilitas sudah mulai dipenuhi oleh pihak rektorat, begitu juga dengan SDM nya. Kalau dilihat dari fasilitas tersebut, setiap dosen tentu saja memiliki kemudahan dalam hal mengakses teknologi terutama yang berhubungan dengan proses belajar dan pembelajaran. Hal ini merupakan keniscayaan, di mana dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, maka setiap pengajar harus bisa menangkapnya sebagai peluang untuk meningkatkan kualitas pengajarannya agar menghasilkan sistem pembelajaran yang efektif dan efisien serta menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan humanis. Dengan melihat potensi yang ada tersebut maka diharapkan masing-masing dosen bisa memanfaatkannya secara maksimal.
    – Kendala: Adapun kendala yang ditemukan diantaranya adalah: fasilitas yang disediakan terkadang tidak mencukupi untuk kebutuhan dosen yang ada, SDM dosen yang ada belum siap untuk menerima kemajuan teknologi yang begitu pesat, sehingga cenderung tidak ingin mengupgrade pengetahuannya terutama yang berhubungan dengan pengajaran, tidak adanya keinginan bagi beberapa dosen yang keluar dari comfort zone yaitu di mana ada sebagian dosen yang terkadang sudah merasa nyaman dengan sistem yang konvensional.
    III. Pentingkah pembelajaran online:
    Menurut saya sangat penting, karena mau tidak mau kita harus mengikuti teknologi yang ada agar tidak ketinggalan zaman, namun kalau untuk sekarang mungkin masih perlu belajar banyak dan kesiapan yang matang baik dari penyedian (fasilitas), dari SDM dosennya maupun dari kesiapan mahasiswa dalam pembelajaran secara online. Jadi untuk bisa menerapkan sistem online yang lebih maksimal perlu dilakukan secara bertahap dan tentu saja adanya itikad bersama untuk kemajuan bersama
    IV. Kesiapan dalam pembelajaran online
    – Sudah ada laptop dan perangkat lainnya yang dapat digunakan dalam pembelajaran online
    – Di kampus sudah ada wifi meskipun terkadang sinyalnya kurang maksimal, sehingga masih menggunakan modem pribadi
    – Memiliki keinginan belajar untuk meningkatkan keterampilan berteknologi terutama dalam usaha meningkatkan kualitas pembelajaran

    Komentar oleh Fadzlul, S.Psi., M.Psi., Psikolog. | April 23, 2014 | Balas

  20. Nama : Arsyad AR,
    Unit Kerja : Fak.Pertanian Unja
    MK yang diampu : Kesuburan Tanah

    1. Jelaskan potensi dan kendala pembelajaran secara online (e-learning)
    2. Tuliskan pendapat anda seberapa penting pembelajaran secara online sesuai dengan mata kuliah yg anda kelola.
    3. Tuliskan kesiapan anda immenyelenggarakan pembelajaran secara online

    Jawaban:
    Potensi pemblajaran secara online adalah, memudahkan pengajaran, waktu tersedia 24 jam, di mana saja dosen berada dapat memberi kuliah dan mengajar secara maya,mahasiswa dengan mudah meng akses pelajaran dan soal yang kita tulis, dsb
    kendala bila infra strukutr dari media tersebut belum tersedia, bandwidth masih lemah, lamban, kapasitas kurang, sumber daya manusia dalam hal ini kaum dosen masih belum up to date/ lemah

    Pentingnya pembelajaran secara online pada mata kuliah yang diajarkan adalah : bila kita tidak punya waktu, terlalu sibuk atau kesempatan jumpa dgn mahasiswa jarang, tentu dgn online bisa jumpa di dunia maya, bahan kuliah dapat diakses dan dibaca serta di download, tugas mhs dapat diupload dan kita dimanapun dapat mengoreksi.

    kesiapan menyelenggarakan pembelajaran secara online: bila tim teaching dapat bekerja sama pembelajaran secara online dapat dilakukan, tetapi karena tidak semua tim teaching mengerti ttg pembuatan blog di internet, sehingga sampai saat ini belum dilaksanakan. saya dkk belum menyiapkan cara menempatkan materi secara online, hal tsb karena: gapteks,komunikasi dosen dan sumber /provider belum lancar, pelatihan belum secara menerapkan, atasan kurang mendukung secara ikhlas dan berbuat banyak.hanya dosen tertentu punya alat media pengajaran. harus ada leader yang menggerakan dan memberi contoh dan pelajaran agar semua dosen yang gaptek dapat belajar secara rutin dan melaksanakan dgn teratur dan dispilin

    Komentar oleh arsyad | April 23, 2014 | Balas

  21. 1. Tuliskan nama, unit kerja dan mata kuliah yang di ampu

    – Nama : Ns. Yuliana, S.Kep
    – Unit Kerja : Program Studi Ilmu Keperawatan FKIK UNJA
    – Mata Kuliah : Keperawatan Dasar III

    2. Jelaskan potensi dan kendala pembelajaran secara online ( e-learning )
    Potensi : – Mahasiswa dapat mengakses buku – buku pelajaran yang mereka
    butuhkan
    – Mahasiswa bisa mencari bahan – bahan kuliah yang mereka butuhkan
    – Membuat pembelajaran lebih menarik dan brmakna
    Kendala : – Sarana dan prasarana untuk pembelajaran online yang tidak
    mendukung
    – Kurang nya motivasi dalam menyelenggarakan pembelajaran secara online
    – Banyaknya informasi elektronik yang belum diketahui

    3. Tuliskan pendapat anda seberapa penting pembelajaran secara online sesuai dengan mata kuliah yang anda kelola

    Sangat penting ,karena bisa membuat mahasiswa untuk belajar mencari informasi – informasi yang baru tentang konsep – konsep keperawatan dan mengajarkan banyak hal pada mahasiswa dalam meningkatkan mutu pendidikan , dan membuat mahasiswa tambah aktif dalam pembelajaran. sehingga rasa keingintahuan untuk mencari informasi pada mahasiswa tambah tinggi.

    4. Tuliskan kesiapan anda menyelenggarakan pembelajaran secara online

     Dengan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan ,dan berusaha untuk belajar terus menerus dalam meningkatkan keahlian karena banyak tehnologi baru yang harus di pelajari
     Karena ilmu yang bersifat elektronik sifatnya harus dicoba karena tanpa mencoba kita tidak akan bisa.

    Komentar oleh yuliana | April 23, 2014 | Balas

  22. Salam Pak Jo…

    1. Saya salah satu peserta Pelatihan Applied Aproach (AA):
    Nama : Yernisa
    Unit Kerja : Fakultas Teknologi Pertanian UNJA
    Matakuliah yang diampu : Teknologi Pengolahan Minyak dan Lemak

    Berikut jawaban Saya atas tugas yang Bapak berikan berkaitan dengan materi “Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran di PT”:

    2. Potensi dan Kendala Pembelajaran secara online (e-learning)

    a. Potensi
    o Infrastruktur di bidang Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) telah tersedia dan tersebar luas tidak hanya di kota-kota besar tapi juga menjangkau daerah kabupaten.
    o Akses internet tidak sulit/mudah didapatkan dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Akses tersebut dapat diperoleh dari fasilitas yang dibangun oleh suatu lembaga (institusi) maupun tempat-tempat umum yang tersedia untuk publik atau dapat diperoleh melalui jaringan telekomunikasi secara mandiri oleh setiap orang, seperti menggunakan jaringan telkom dan gsm oleh pribadi.
    o Mahasiswa sebagai pengguna sudah melek teknologi.
    o Device sudah semakin confort dan praktis, seperti HP, tablet, BB, IPAD, dll dengan harga yang tidak lagi terlalu mahal.
    o Notebook dan perangkat lainnya telah dilengkapi dengan Wifi sebagai standar minimal.

    b. Kendala
    o Infrastruktur yang tersedia masih belum memadai khususnya bandwitch dan kecepatan transfer yang masih rendah.
    o Masih ada orang yang masih berpikir konvensional dan tidak mau melakukan perubahan terhadap cara pembelajaran.
    o Masih kurangnya support dari pimpinan institusi dalam penerapan pembelajaran online.
    o Pelatihan pemanfaatan ICT dalam pembelajaran untuk dosen dan mahasiswa masih kurang.
    o Penyusunan bahan ajar yang mampu mengakomodasi metode pembelajaran konvensional/tradisional/tatap muka

    3. Pendapat mengenai seberapa penting pembelajaran secara online pada matakulian Teknologi Minyak dan Lemak:
    Pembelajaran matakuliah “Teknologi Minyak dan Lemak” secara online menurut saya sangat penting. Matakuliah ini mempelajari mulai dari sumber bahan baku, teknologi produksi hingga produk-produk aplikasinya. Cakupan matakuliah ini cukup luas sehingga tidak mungkin dipaparkan hanya dalam tatap muka. Dengan pembelajaran secara online memungkinkan proses pembelajaran dilakukan dalam waktu yang lebih banyak. Melalui penugasan-penugasan tertentu memungkinkan mahasiswa untuk mengikuti perkembangan terkini mengenai teknologi pengolahan minyak dan lemak ini.

    4. Kesiapan dalam penyelenggaraan pembelajaran secara online:
    Saya memiliki keinginan untuk menyelenggarakan pembelajaran matakuliah saya secara online. Kemampuan dasar tentang internet telah saya miliki begitu pula dengan mahasiwa saya (menurut pengamatan saya, karena secara tidak langsung saya telah memberikan tugas-tugas yang mengharuskan mereka harus menggunakan fasilitas internet) serta telah memiliki akses internet yang diusahakan pribadi (internet modem dan tablet). Akan tetapi, saya masih memerlukan pengetahuan lebih lanjut tentang pengembangan konten belajar yang sesuai untuk digunakan dalam sistem pembelajaran dengan online (e-learning) agar tujuan matakuliah dapat tercapai dan memerlukan pengalaman-pengalaman dari orang yang pernah mengimplementasikan e-learning dalam pengajarannya.

    Demikian jawaban Saya, terimakasih dan salam sukses selalu..

    Komentar oleh yernisa | April 23, 2014 | Balas

  23. 1. Nama, unit kerja dan mata kuliah yg diampu
    a. Nama : Dewi Fortuna, S.TP, M.P
    b. Unit Kerja : Fakultas Teknologi Pertanian
    c. Mata Kuliah : Teknologi Pengemasan dan Penyimpanan
    2. Potensi dan Kendala Pembelajaran secara online (e-learning)
    a. Potensi
    i. Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah berkembang pesat
    ii. Universitas Jambi mulai menambah kapasitas internet
    iii. Pembelajaran elearning lebih menarik dan fleksibel
    b. Kendala
    i. Terbatasnya sarana dan prasarana pendukung pembelajaran secara online seperti
    1. tersedianya komputer atau netbook
    2. jaringan internet gratis jika tidak mahasiswa harus menyiapkan biaya tambahan untuk dapat
    mengakses internet,
    3. laboratorium internet yang bisa digunakan bebas oleh mahasiswa karena tidak semua mahasiswa
    memiliki fasilitas tersebut
    ii. Diperlukan waktu yang lebih banyak untuk menghasilkan materi dan media pendukung yang berkualitas,
    tidak monoton
    iii. Tidak semua dosen dan mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan
    multimedia yang mendukung pembelajaran online
    iv. Tidak semua dosen mau belajar mendalami pengetahuan dan keterampilan tersebut
    v. Minimnya dukungan dari institusi
    vi. Perlunya pelatihan yang termanajemen dengan baik sehingga sistem untuk pembelajaran online dapat
    terlaksana dengan baik
    3. Penting pembelajaran secara online sesuai dengan mata kuliah yg anda kelola.
    a. Pembelajaran dapat dilakukan dimana dan kapan saja
    b. Meningkatkan wawasan mahasiswa dengan mencari referensi lain yang terbarukan
    c. Memberikan animasi yang berkenaan dengan pengemasan dan penyimpanan hasil pertanian
    d. Mahasiswa lebih terbayang mengenai pengemasan dan penyimpanan hasil pertanian
    4. Kesiapan dalam menyelenggarakan pembelajaran secara online dengan menyiapkan :
    a. Belajar software yang berkaitan dengan elearning seperti Adobe Flash Player , Ispring, WonderShare
    Quiz Creator dll
    b. Perangkat Pembelajaran seperti Silabus, Rencana pembelajaran dll
    c. Bahan ajar dan Modul mata kuliah
    d. Materi per pertemuan sesuai dengan Satuan Ajar Pembelajaran (SAP)
    e. Materi dalam bentuk digital (ppt, pdf dll)
    f. Animasi-animasi berkenaan dengan materi yang disampaikan
    g. Membuat Assesment berupa tugas, materi diskusi, kuis/latihan setiap materi per pertemuan
    h. Soal UTS dan UAS atau Remedial dengan berbagai versi seperti pilihan ganda, benar atau salah dan
    essai

    Komentar oleh Dewi Fortuna | April 23, 2014 | Balas

  24. Selamat siang Mr.Jo…..

    1. Nama: Eddy Pahar Harahap, Kantor PBS FKIP, mata kuliah: Menulis FEATURE, Menulis Berita, Fonologi
    2. Mata kuliah menulis feature termasuk jenis menulis kreatif. Mahasiswa sebagai penulis pemula dalam menghasilkan tulisan tulisan kreatif tentunya memerlukan konsultasi terjadwal dengan dosen. Kendala yang dihadapi dalam pembimbingan secara online yakni sarana online itu sendiri, khusunya di kediaman mahasiswa.
    3. Beberapa mata kuliah yang diampuh, pembelajaran secara online sangat dibutuhkan sebagai sumber pengayaan materi pembelajaran dan memotivasi mahsiswa untuk lebih berekpresi dalam pengembangan tugas-tugas mata kuliah tersebut
    4. Kesiapan menyelenggarakan pembelajaran online yang dihampuh dalam beberapa mata kuliah masih terbatas pada beberapa materi yang sesuai dengan pemilihan materi pengembangan pembelajaran secara efektif.

    Komentar oleh Eddy Pahar Harahap | April 23, 2014 | Balas

  25. 1. Nama : Mukhlash Abrar, Unit Kerja : FKIP Program Studi Bahasa Inggris, Mata Kuliah : Speaking
    2. Pembelajaran online (e-learning) sangat berpotensi untuk dilakukan di perguruan tinggi, khususnya Universitas Jambi. Hal ini dikarenakan lebih mudahnya akses internet dengan adanya provider yang memberikan tarif murah untuk paket internet atau beberapa koneksi yang bersifat gratis (free). Selain itu, gadget seperti laptop, notebook, android, serta smartphone bukanlah hal yang tidak lazim di gunakan oleh mahasiswa dan dosen. Kedua alasan tersebut merupakan potensi diimplementasikannya pembelajaran online di Universitas Jambi. Sedangkan kendala pembelajaran online adalah keinginan dosen dan mahasiswa untuk menimplementasikannya. Sebagian dosen cenderung menggunakan metode pembelajaran konvensional karena hal itu lebih mudah untuk dilakukan. Alasan lain yaitu tidak adanya kurikulum yang standar untuk pembelajaran online (e-learning).
    3. Dikarenakan mata kuliah speaking merupakan salah satu mata kuliah skill dalam program studi bahasa Inggris, pembelajaran online merupakan cukup penting untuk diimplementasikan. Hampir di setiap materi pembelajaran, mahasiswa dan dosen mengimplementasikan pembelajaran online dengan memutar video, mengunduh dan mengunggah video kecakapan berbahasa Inggris.
    4. Secara pribadi saya siap melaksanakannya selama hal itu bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa serta adanya standar kurikulum yang jelas. Dan saya akan berusaha memaksimalkan kapasitas saya dalam menerapkan pembelajaran online.
    Thank you very much 

    Komentar oleh Mukhlash Abrar | April 23, 2014 | Balas

  26. Tugas Peserta Pelatihan Applied Approach (AA)

    1. Tuliskan nama, unit kerja dan mata kuliah yg diampu.
    N a m a : Dr. Lizawati, S.P. M.Si
    Unit Kerja : Fakultas Pertanian Universitas Jambi
    Mata Kuliah yang diampu : Fisiologi Tumbuhan

    2. Jelaskan potensi dan kendala pembelajaran secara online (e-learning)
    Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information Communication and Technology (ICT) di era globalisasi saat ini sudah menjadi kebutuhan yang mendasar dalam mendukung efektifitas dan kualitas proses pendidikan. Sistem pembelajaran secara online membuat proses belajar menjadi lebih efektif, karena peluang siswa untuk berinteraksi dengan dosen, teman maupun bahan ajar terbuka lebih luas. Mahasiswa dapat berkomunikasi dengan dosen kapan saja demikian juga sebaliknya. Sifat komunikasinya bisa tertutup antara satu siswa dengan dosen atau bersama-sama melalui papan buletin. Melalui e-learning dosen atau mahasiswa dimungkinkan untuk tetap dapat mengajar atau belajar sekalipun tidak hadir secara fisik di dalam kelas. Kegiatan belajar menjadi sangat fleksibel karena dapat disesuaikan dengan ketersediaan waktu dosen atau mahasiswa. Kegiatan pembelajaran terjadi melalui interaksi mahasiwa dengan sumber belajar yang tersedia dan dapat diakses melalui internet. Fleksibelitas kegiatan pembelajaran dimungkinkan terjadi melalui pemanfaatan teknologi komputer dan internet. Sistem pembelajaran e-learning ini tidak diperlukan adanya tambahan perangkat lunak tertentu di komputer yang akan digunakan, asal komputer tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas koneksi dengan internet. Kegiatan e-learning lebih bersifat demokratis dibandingkan dengan kegiatan sistem pembelajaran yang biasa (konvensional), karena peserta didik memiliki kebebasan dan tidak merasa khawatir atau takut untuk mengajukan pertanyaan atau pendapat.
    Wildasvky (2001) melaporkan bahwa adanya kritikan terhadap sistem pembelajaran e-learning ini, yaitu: di samping daerah jangkauan kegiatan e-learning yang terbatas (sesuai dengan ketersediaan infrastruktur), frekuensi kontak secara langsung antara sesama siswa maupun antara siswa dengan nara sumber sangat minim, demikian juga dengan peluang siswa yang terbatas untuk bersosialisasi.

    3. Tuliskan pendapat anda seberapa penting pembelajaran secara online sesuai dengan mata kuliah yg anda kelola.
    Menurut saya sistem pembelajaran secara online untuk mata kuliah yang diasuh, saya rasakan cukup penting karena saya dapat menugaskan siswa saya untuk bekerja dalam beberapa kelompok untuk mengembangkan tugas yang diberikan. Peserta didik yang menggarap tugas kelompok ini dapat bekerjasama melalui fasilitas homepage atau web. Selain itu, peserta didik sendiri dapat saling berkontribusi secara individual atau melalui diskusi kelompok dengan menggunakan e-mail.

    4. Tuliskan kesiapan anda menyelenggarakan pembelajaran secara online
    Untuk menyiapkan pembelajaran sistem online, biasanya saya telah menyiapkan power point per bahan ajar dan tugas-tugas yang akan dikerjakan oleh siswa serta soal-soal untuk evaluasi.

    Demikian Pak Jo jawaban saya
    Terimakasih, Salam.

    Komentar oleh Lizawati | April 23, 2014 | Balas

  27. 1. Nama :Drs.Andiopenta Purba, M.Hum. M.Div. FIB Sastra Indonesia Universitas Jambi. Mata Kuliah yang diampu : Sosiolinguistik.
    2. Pembelajaran e-learning di perguruan tinggi pada dasarnya efisien dan efektif. Hal ini mudah dilakukan di mana, kapan dan tidak mahal pada jaman sekarang, mengingat mudahnya akses internet. Dosen yang penuh dengan kegiatan tri darma serta kegiatan-kegiatan lain membuat waktu untuk bertemu dengan mahasiswa terbatas. Keterbatasan itu dapat teratasi dengan pembelajaran e-learning. Namun demikian, bukan berarti tidak ada kendala.Kurangnya sarana dan prasarana internet serta peralatan terkait menjadi kendala utama.Di samping itu kesiapan dosen dan mahasiswa juga perlu diperhatikan.
    3.. Pentingnya pembelajaran e-learning terutama untuk mata kuliah sosiolingistik pada prodi sastra indonesia, memudahkan mahasiswa memperoleh bahan ajar dari berbagai sumber, serta umpan balik, komentar sera masukan antara mahasiswa dan dosen.
    4. Dalam menerapkan pembelajaran e-learning ini, saya pikir sudah saatnya diterapkan. Sesungguhnya saya sebagai doesn sudah siap, demikian juga mahasiswa saya sudah siap. Selama ini saya sudah coba beberapa bagaian tugas mahasiswa diakses dari internet, dan dikirim lewat email.
    Terima kasih, syalom.

    Komentar oleh Andiopenta Purba | April 23, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: