Johannessimatupang’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

MANAJEMEN PEMASARAN STRATEJIK KELAS SORE SEPTEMBER 2014


Halaman ini diperuntukkan untuk kelas Manajemen Straterjik Kelas Ekstensi. Semua file dibagian ini wajib diunduh, dicetak dan dikumpul pada satu map warna kuning. Setiap map diberi identitas, Nama, No Mahasiswa. Selanjutnya semua tugas selain diunggah di halaman ini, juga dicetak dan disimpan di map. Sukses untuk anda.
UTS
Soal UTS MPS Ekstensi November 2014

Tugas 1
Tugas-1 MPS Kualitatif Research Oktober 2014
Analisis Portofolio Mei 2010

MPS (Analisis Pesaing) Mei 2010.p

MPS (Daya saing yg berkelanjutan)

MPS (Strategi ofensif dan defensif)

Paran MPS 420 April 2010 (1)

Paran MPS 420 – April 2010 (2)

Paran MPS 420 – April 2010 (3)

September 24, 2014 - Posted by | Uncategorized

6 Komentar »

  1. LATIHAN I MATA KULIAH MANAJEMEN PEMASARAN
    Nama : Shinta Karolin
    NIM : P2C214041
    Kelas Malam Magister Manajemen

    1.
    Siapa yang tak kenal dengan Starbucks? Merek yang besar lewat ‘warung’ kopinya ini memang sudah dikenal oleh seantero penjuru dunia. Tapi ternyata di balik kesuksesan merek berlogo perempuan berambut panjangi tu, ada beberapa hal yang menjadi kunci sukses dalam berbisnis bagi mereka. Salah satunya adalah inovasi untuk menghindari kebosanan para pelanggannya.
    Beberapa inovasi yang dilakukan oleh Starbucks:
    – Melek teknologi, didedikasikan untuk kalangan menengah keatas Starbuck tidak hanya harus mampu menyuguhkan apa keinginan konsumen, tapi juga mengimbangi pergerakan kalangannya, salah satunya strategi yang akan diterapakan adalah dengan melengkapi dapurnya dengan mesin kopi berbasi internet. Keunggulannya adalah, mesin kopi ini bias terkoneksi dengan internet dengan pengaturan suhu digital, serta bias melacak preferensi pelanggan dan memantau kinerja mesin kopi.
    – Merambah dunia teh, Starbuck yang hingga kini terkenal dengan kopi kopinya mulai berencana untuk tidak hanya bergelut di dunia kopi, tapi juga teh.
    – Merombak menu makanan, meski identik dengan kopi, tentu pelanggan juga butuh makanan sebagai teman minumnya.
    Tidak hanya produk utama anda yang wajib diinovasikan, tapi juga menu tambahan serta beberapa hal yang dapat mempengaruhi kenyamanan pelanggan.
    Salah satu visi dan misi yang dimiliki Starbuck yaitu menjadi yang terbaik di tingkat dunia sehingga Starbuck berusaha menentukan segementasi dan target – target konsumen yang akan dibidik sebelum meraka meluncurkan sebuah produk. Starbuck sendiri menargetkan ingin menjad itempat ketiga bagi konsumen setelah rumah dan tempat kerja. Setelah itu Starbuck mempertimbangkan nilai yang paling kuat dan menciptakan kreatif marketing yang didasarkan pada kondisi segmen pasar yang ditentukan memilih untuk menciptakan variasi produk yang kualitasnya terjaga, menanamkan brand image yang cukup kuat melalui logo perusahaan yang digunakan, serta menggunakan produk promosi (merchandise) untuk memperkuat citra perusahaan yang dibangun.
    Selanjutny adalah strategi positioning untuk membangun loyalitas konsumen. Ketika konsumen mulai mengenal dan mempercayai produk yang dimiliki Starbuck memiliki strategi pemasaran Starbuck drive thru yang memeudah kan para konsumen untuk mendapatkan secangkir kopi panas tanpa harus turun dari kendaraan mereka, melengkapi produk dengan atribut unik untuk menarik minat konsumen serta membuka gerai hingga 24 jam nonstop untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya.
    2
    Terdapat empat hal yang akan menjadi fokus MEA pada tahun 2015 yang dapat dijadikan suatu momentum yang baik untuk Indonesia. Pertama, negara-negara di kawasan Asia Tenggara ini akan dijadikan sebuah wilayah kesatuan pasar dan basis produksi. Dengan terciptanya kesatuan pasar dan basis produksi maka akan membuat arus barang, jasa, investasi, modal dalam jumlah yang besar, dan skilled labour menjadi tidak ada hambatan dari satu negara ke negara lainnya di kawasan Asia Tenggara.
    Kedua, MEA akan dibentuk sebagai kawasan ekonomi dengan tingkat kompetisi yang tinggi, yang memerlukan suatu kebijakan yang meliputi competition policy, consumer protection, Intellectual Property Rights (IPR), taxation, dan E-Commerce. Dengan demikian, dapat tercipta iklim persaingan yang adil; terdapat perlindungan berupa sistem jaringan dari agen-agen perlindungan konsumen; mencegah terjadinya pelanggaran hak cipta; menciptakan jaringan transportasi yang efisien, aman, dan terintegrasi; menghilangkan sistem Double Taxation, dan; meningkatkan perdagangan dengan media elektronik berbasis online.
    Ketiga, MEA pun akan dijadikan sebagai kawasan yang memiliki perkembangan ekonomi yang merata, dengan memprioritaskan pada Usaha Kecil Menengah (UKM). Kemampuan daya saing dan dinamisme UKM akan ditingkatkan dengan memfasilitasi akses mereka terhadap informasi terkini, kondisi pasar, pengembangan sumber daya manusia dalam hal peningkatan kemampuan, keuangan, serta teknologi.
    Keempat, MEA akan diintegrasikan secara penuh terhadap perekonomian global. Dengan dengan membangun sebuah sistem untuk meningkatkan koordinasi terhadap negara-negara anggota. Selain itu, akan ditingkatkan partisipasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara pada jaringan pasokan global melalui pengembangkan paket bantuan teknis kepada negara-negara Anggota ASEAN yang kurang berkembang. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan industri dan produktivitas sehingga tidak hanya terjadi peningkatkan partisipasi mereka pada skala regional namun juga memunculkan inisiatif untuk terintegrasi secara global.
    Berdasarkan ASEAN Economic Blueprint, MEA menjadi sangat dibutuhkan untuk memperkecil kesenjangan antara negara-negara ASEAN dalam hal pertumbuhan perekonomian dengan meningkatkan ketergantungan anggota-anggota didalamnya. MEA dapat mengembangkan konsep meta-nasional dalam rantai suplai makanan, dan menghasilkan blok perdagangan tunggal yang dapat menangani dan bernegosiasi dengan eksportir dan importir non-ASEAN.
    Bagi Indonesia sendiri, MEA akan menjadi kesempatan yang baik karena hambatan perdagangan akan cenderung berkurang bahkan menjadi tidak ada. Hal tersebut akan berdampak pada peningkatan eskpor yang pada akhirnya akan meningkatkan GDP Indonesia. Di sisi lain, muncul tantangan baru bagi Indonesia berupa permasalahan homogenitas komoditas yang diperjualbelikan, contohnya untuk komoditas pertanian, karet, produk kayu, tekstil, dan barang elektronik (Santoso, 2008). Dalam hal ini competition risk akan muncul dengan banyaknya barang impor yang akan mengalir dalam jumlah banyak ke Indonesia yang akan mengancam industri lokal dalam bersaing dengan produk-produk luar negri yang jauh lebih berkualitas. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan defisit neraca perdagangan bagi Negara Indonesia sendiri.
    Dengan hadirnya ajang MEA ini, Indonesia memiliki peluang untuk memanfaatkan keunggulan skala ekonomi dalam negeri sebagai basis memperoleh keuntungan. Namun demikian, Indonesia masih memiliki banyak tantangan dan risiko-risiko yang akan muncul bila MEA telah diimplementasikan. Oleh karena itu, para risk professional diharapkan dapat lebih peka terhadap fluktuasi yang akan terjadi agar dapat mengantisipasi risiko-risiko yang muncul dengan tepat. Selain itu, kolaborasi yang apik antara otoritas negara dan para pelaku usaha diperlukan, infrastrukur baik secara fisik dan sosial(hukum dan kebijakan) perlu dibenahi, serta perlu adanya peningkatan kemampuan serta daya saing tenaga kerja dan perusahaan di Indonesia. Jangan sampai Indonesia hanya menjadi penonton di negara sendiri di tahun 2015 mendatang.

    Komentar oleh Shinta Karolin | September 29, 2014 | Balas

  2. PENGAMATAN TERHADAP KARAOKE KELUARGA HAPPY PUPPY JAMBI
    NAMA ANGGOTA
    TRI AGUSTINI. RRC1B0313006
    RIZWANDI. RRC1B0313002

    Kapan berdiri happy puppy ?
    Konsep Karaoke Keluarga untuk pertama kalinya diperkenalkan di Indonesia oleh Santoso dengan didirikannya Happy Puppy Self-Service Family Karaoke Box pada tanggal 14 Nopember 1992 di Surabaya. Konsep di Happy Puppy selalu diperbaiki seiring perkembangan jaman. Masyarakat Indonesia tidak terbiasa dengan konsep swalayan dan lebih memilih dilayani. Demikian juga komputerisasi masuk ke segala aspek operasi termasuk pemilihan dan memainkan lagu. 
    Karaoke Keluarga mendapat sambutan yang baik dari masyarakat Indonesia. Dari Surabaya, Santoso mengembangkan jaringan Karaoke Keluarga ke Jakarta, Semarang, Samarinda, Balikpapan, Makassar, Yogjakarta, Cibubur, Pontianak, Manado, Serpong dll.
    Pada bulan Januari 2004, Santoso Setyadji dan Happy Puppy Karaoke Keluarga dianugerahi Sertifikat Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Pelopor Karaoke Keluarga di Indonesia.
    Kenapa memilih usaha karaoke ( bernyanyi)
    Karena bernyanyi tidak mengenal musim sehingga kita tidak perlu kuatir suatu waktu manusia bosan bernyanyi. Bernyanyi adalah hiburan pertama yang dianugerah oleh Tuhan YME untuk manusia dan akan terus diminati manusia sepanjang peradabannya. Manusia dilengkapi dengan kemampuan menciptakan lagu yang dinyanyikan dengan cara yang berbeda-beda dari jaman ke jaman. Lagu-lagu baru ini akan selalu membuat manusia untuk bernyanyi.

    Sudah ada brapa cabang?
    Untuk happy puppy sudah mempunyai 110 cabang diseluruh Indonesia, pak santoso selain membuka happy puppy, dia juga membuka happupuppy,sukasuka dan semuanya bergerak dalam bisnis jasa hiburan
    sistim happy puppy ini kan cabang atau waralaba,

    apakah happy puppy jambi ini franchise?
    Ya, happy puppy jambi adalah franchise

    Untuk perhitungan royaltinya bagaimana pak?
    Untuk perhitungan royaltinya setiap franchise itu dikenakan 6% dari total omset yang diterima setiap bulannya.

    Misalnya pak, kalau saya berminat untuk membuka usaha karaoke happy puppy,kira2 berapa investasi yang saya butuhkan?
    Biaya pendirian sebuah outlet di luar penguasaan tempat (minimal 5 tahun), bangunan, perubahan struktur bangunan, peningkatan daya listrik, pengadaan generator listrik cadangan dan perijinan adalah kurang lebih Rp 6,75 Milyar untuk kapasitas 30 ruangan bernyanyi. Sebagai dasar perhitungan penyediaan dana investasi, Peminat harus mempersiapkan dana sebesar Rp 225 Juta untuk satuan kapasitas ruangan karaoke (Juni 2014).
    Biaya satuankapasitas tersebut bukan semata-mata barang-barang yang dapat dilihat mata dari sebuah ruangan, tetapi merupakan biaya-biaya keseluruhan dari proses pembuatan partisi sampai outlet tersebut siap dioperasikan secara komersial. Dalam biaya satuan kapasitas, biaya bagian-bagian investasi yang manfaatannya digunakan oleh seluruh ruangan, misalnya Toilet, Dapur, Shopfront, Biaya Lisensi dll. dibagikan ke masing-masing ruangan karaoke.
    Idealnya, diperlukan 2 buah ruko dengan lebar masing-masing 5m dan luas bangunan seluruhnya antara 1000m2. Lama pembangunan outlet diperkirakan 8 bulan.

    mohon maaf sebelumnya pak, yang kita semua tau kalau yang namanya karaoke itu biasanya menyediakan wanita pendamping atau lady eskot, apakah karaoke happy puppy menyediakannya?
    Tidak, karaoke happy puppy kan karaoke keluarga,jadi tidak menyediakan wanita pendamping

    kan tadi bapak bilang kalau karoke happy puppy ini adalah karaoke keluarga, apakah yang datang kesini itu harus satu keluarga?
    Ya tentu saja tidak,Karaoke Keluarga itu maksud sya adalah hiburan karaoke minus pernik-pernik hiburan malam yang selama ini dikenal di Indonesia. Konsep ini bermaksud mengembalikan pengertian hiburan karaoke ke pengertian aslinya, yaitu hiburan bernyanyi. Jadi mereka yang datang ke happy puppy boleh datang sendiri,bersama keluarga ataupun dengan teman baik,rekan kerja dsb.

    apakah pengunjung terjamin privasinya pak,misalnya yang datang kesini ada muda mudi untuk menghindari hal-hal yang tidak diingikan?
    Ruangan karaoke di Happy Puppy adalah ruangan dengan tingkat privacy yang terbatas. Jendela besar tembus pandang secara tidak langsung akan membatasi privacy pengunjung. Untuk menjaga citra hiburan keluarga, Happy Puppy tidak bisa memberikan privacy yang sebebas-bebasnya.

    sekarang kita lanjutkan mengenai harga room untuk di happy puppy ini gimana pak, kan yang dengar dari teman-teman kalau di happy puppy ini mahal?
    Tidak, biaya berkaraoke di Happy Puppy terbilang cukup murah apalagi bila pengunjung datang pada jam-jam Happy Hour di mana masing-masing outlet Happy Puppy memberikan diskon yang menarik.

    berapa harga sewa ruangan untuk di karaoke happy puppy?
    Untuk ruangan yang standar saja,seperti small kita kenakan biaya 60rb, kalau kamu datangnya pas jam happy hours itu kita ksh diskon 50%,jadi 30rb dan harga tersebut sudah termasuk ppn

    memangnya jam happy hours itu apa pak?jam dapat diskon 50% ya?
    Happy hours adalah jam-jam tertentu dimana harga sewa ruangan diberikan diskon menarik. Dan untuk happy puppy jambi itu diskon 50%,tapi itu tergantung kebijakan masing2 outlet

    untuk system pemilihan lagunya gmn pak?
    Untuk happy pupy skita sudah menggunakan system pemilihan lagu touchscreen,dan semunaya sudah terkomputerisasi.

    apakah pengunjung happy puppy boleh membawa makanan atau minuman dari luar?
    Secara umum pengunjung dilarang membawa makanan dan minuman dari luar. Untuk alasan khusus makanan dan minuman dari luar dapat dikonsumsi di Happy Puppy dengan biaya khusus.

    apakah happy puppy memiliki program member ship?
    Ya, Happy Puppy mempunyai program membership yang dinamakan Puppy Club!. Program ini akan memberi manfaat bagi anggotanya berupa diskon 10%, program reward berhadiah dan fasilitas penyimpanan lagu favorit yang dapat diakses di seluruh outlet Happy Puppy.

    Bagaimana cara menjadi anggota puppyclub?
    Kamu hanya perlu mengisi foam yang sudah disediakan dan membayar adm 100rb dan kamu akan langsung mendapatkan diskon 10% setiap kali transaksi

    Apakah member puppy club berlaku untuk diseluruh Indonesia?
    Ya, Puppy Club! Berlaku di semua outlet Happy Puppy maupun Suka-Suka Karaoke.

    Untuk harga menu makanan minumannya gmn pak?apakah pernah ada yang komplain mengenai hal itu?

    Dulu waktu kita baru-baru buka si ada,tapi sekarang sudah berkurang bahkan tidak ada, karena semua harga yang kita tawarkan disini sudah termasuk ppn,jadi harga yang tertera dibuku menu sm dengan harga yang akan mereka bayarkan saat dikasir,jadi mereka tidak perlu lagi memikirkan ppnnya

    Kira-kira apa si pak yang membedakan happy puppy dengan tempat karaoke keluarga lainnya?
    yang pasti kalau kita nyanyi yang dicarikan pasti soundsistemnya ya,disini kualitas soudsistemnya yang terbaik yang kita berikan ke pelanggan,
    happy puppy juga sudah mempunyai aplikasi android yaitu joypad? Dimana pelanggan bisa memilih lagu lewat android, aplikasinya bs di download dari googleplay ataupun playstore
    kebersihan, disini kita sangat mengutamakan kebersihan karma saya menekankan kepada karyawan kebersihan itu nomor Saturday
    pelayanan, pelayanan yang baik tentunya akan membuat pelanggan atau konsumen menjadi puas dan diharapkan bisa loyal
    happy puppy juga berupaya untuk memberikan kesejahteraan terhadap karyawan, dimana kita memiliki yayasan suryani setiadji, dimana setiap anak dari karyawan yang berprestasi kita akan memberikan beasiswa

    Kalau disebut karoke keluarga apa atributnya, misalna dari jumlah kursi, mik yg digunakan, sound system, lagu yang tersedia, panduan, dll yg dinilai menjadi atribut Karoke dimaksud.

    Komentar oleh RIZWANDI | Oktober 21, 2014 | Balas

  3. Tugas : Riset Kualitatif pada duck tale.
    Kelompok : 3 (tiga)
    Nama K. : Melisa Amanda
    : Hasan Basri
    a. Kapan berdirinya?
    Duck tale berdiri pada tanggal 12 agustus 2014, di mana duck tale memiliki konsep yang berbeda dari restoran-restoran lainnya. Dan restoran ini merupakan satu-satunya di kota jambi yang memiliki ciri khas tersendiri.
    b. Apakah Cabang dari tempat lain?
    Duck tale merupakan bukan cabang dari suatu tempat, karna duck tale berdiri sendiri dan pemiliknya hanya satu orang, tentu duck tale ini sendiri merupakan murni di konsepkan oleh pemilikinya sendiri. Untuk tempat, nama, menu utama, suasana, dan lain-lain.
    c. Alasan memilih nama Duck tale?
    Alasan mereka memilih nama ini duck tale, karena menu utama yang di utamakan adalah bebek, jadi mereka hanya mengambil nama bebek dari bahasa lain.
    d. Alasan mereka memilih menu utama bebek?
    Tentu restoran ini banyak menghasilkan menu-menu lainnya, tetapi menu yang paling di unggulkan dari restoran ini adalah bebek, mereka sendiri bilang kenapa memilih bebek dari pada yang lainnya, karna untuk kota jambi sendiri restoran yang mengutamakan menu bebek sangat jarang.
    e. Siapa yang melatih karyawan!
    Untuk karyawan sendiri di lakukan trening selama satu bulan, dan juga di dalam penerimaan karyawan harus mengutamakan mengalaman di bidangnya, masing-masing dari mereka minimal memilki pengalaman satu tahun.
    f. Strategi promosi yang di lakukan duck tale?
    Karena tempat makannya baru berdiri, duck tale melakukan promosi menggunakan media cetak agar di kenal kosumen.

    Persepsi pelanggan terhadap restoran duck tale!
    a. Harga.
    Konsumen merasa untuk harga pada restoran ini cukup terjangkau, karna mereka berpendapat, harga dan makanannya cukup sebanding. Dan pelanggan merasa dengan harga yang di tetapkan duck tale masi tergolong normal.
    b. Menu.
    Mereka berpendapat soal menu sangat baik, meskipun di tempat lain ada juga yang menjual masakan bebek, tetapi duck tale ini memiliki cita rasa tersendiri yang dirasakan pelanggan dan mereka merasa terpuaskan dengan cita rasanya.
    c. Suasana.
    Untuk suasana sendiri pelanggan sangat menyukai suasananya, karena memiliki ciri yang berbeda dari restoran lainnya, duck tale memiliki tempat makan yang bersuasana seperti taman-taman alam bebas yang sangat indah.
    d. Lokasi.
    Soal lokasi pelanggan merasa tempatnya kurang pas, karna lokasinya yang jauh dari jalan utama, dan pelanggan merasa agak susa untuk mencari alamat restoran tersebut.

    Hal yang menarik dari laporan ini adalah bahwa Duck Tale bukan cabang dari perusahaan manapun. Dalam diskusi dan penjelasan kemudian diketahui bahwa Duck Tale dengan menu khusus Bebek disajikan dg suasana yang berbeda. Suasana yang berbeda ini dalam pemasaran dikenal dengan SERVICESCAPE. Sebagai studi pendahuluan, ini memberi “insight” bahwa bidang pemasaran yang dekat dengan bisnis ini adalah SERICESCAPVE oleh karena itu, hal ini bisa dijadikan topik penelitian, bahkan lebih dari satu topik. Sukses selalu.

    Komentar oleh hasan basri | Oktober 22, 2014 | Balas

  4. TUGAS WAWANCARA PADA KAFE ‘MIE CHARGER’ JAMBI.
    Oleh:
    Nabilla Tri Andarasari (RRC1B0313003)
    M. Andi Ricardo (RRC1B0313009)

    21 Oktober 2014,
    Hasil wawancara kelompok kami kepada Mas Ricky Alfredo – owner salah satu Kafe yang sedang ‘happening’ diantara anak-anak muda kota Jambi, yaitu Mie Charger:

    1. Kapan berdiri Mie charger (MC)?
    Mie Charger cabang Jambi berdiri pada tgl 7 Juni 2014

    2. Konsep apa yang ditawarkan dari restoran/kafe ini? Mengapa banyak menggunakan warna merah pada design kafe?
    Konsep yang di tawarkan adalah tempat tongkrongan anak muda maupun keluarga dengan harga yg murah, nyaman, dan nikmat.
    Seperti slogannya adalah “Nikmat sampai mimpi, kongkow sampai lemas”
    Konsep dasar warna MC adalah merah kuning dan hitam, warna merah yang dominan sengaja digunakan karena secara psikologis warna merah dapat meningkatkan selera/nafsu makan.

    3. Fasilitas dan menu apa saja yang ditawarkan? Apa yang menjadi menu unggulan?
    Menu yang disediakan di kafe ini beraneka ragam, mulai dari makanan berat seperti nasi dan mie, sampai dengan makanan-makanan cemilan seperti roti bakar, pangsit roll dan sebagainya. begitupula dengan minuman, aneka jus teh, maupun minuman-minuman kemasan. Untuk menu unggulan kami yaitu olahan Mie goreng dengan kepedasan yang memiliki level, mulai dari level satu yang menggunakan 1 sampai 3 sendok sambal, level dua menggunakan 4-8 sendok sambal, dan level 3 yang menggunakan 8-15 sendok cabai. Ada juga level custom yaitu level yang dipesan khusus oleh konsumen, biasanya ini dijadikan perlombaan diantara komunitas atau kelompok tertentu untuk dijadikan hiburan.
    MC menyediakan permainan-permainan seperti gaple atau domino dan juga berbagai macam jenis chargeran yang dapat digunakan konsumen dengan cuma-cuma.
    Sedangkan untuk fasilitas wifi atau hotspot masih dalam proses karena belum tersedianya saluran telepon dari pihak telkomsel.
    MC menyediakan alat music untuk menghibur pengunjung, akan tetapi bukan hanya homeband yg dapat bermain music dan menyanyi, para pengunjung pun diperbolehkan. Karena MC ingin konsumen merasa senyaman mungkin seperti berada di basecamp atau rumah sendiri.

    4. Apa filosofi dari nama ‘mie charger’?
    Karena pada awalnya owner hobi ‘kongkow-kongkow’, dan setiap orang jaman sekarang pasti setidaknya membawa satu gadget, jadi sering kali terjadi kehabisan batrai pada gadget yang dibawa. Sehingga MC mempunyai ide untuk menyediakan terminal listrik disetiap meja dan menyediakan berbagai macam charger yang dapat digunakan secara cuma-cuma oleh pelanggan, sehingga pelanggan tidak perlu lagi merasa was-was karena kehabisan daya batrai gadget ketika ingin ‘nongkrong’ dlam waktu yang panjang.

    5. Siapa yang menjadi pasar sasaran mie charger?
    Anak2 muda, anak-anak gaul, komunitas club, orang tua pun juga apalagi yang suka berkumpul untuk main gaple atau domino karena MC menyediakan permainan tersebut yang dapat dipinjam oleh pelanggan juga secara cuma-cuma.

    6. Sudah ada berapa cabang? kenapa memilih membuka cabang dijambi?
    Totalnya terdapat dua gerai di Sumatra yaitu di Palembang yang pertama dan di Jambi merupakan cabang dari MC Palembang. Kenapa lebih memilih membuka cabang di Kota Jambi karena; Pertama Jambi lebih dekat dengan Palembang, yang kedua karena owner memiliki kerabat yang tinggal di Jambi jadi lebih gampang untuk memonitor bisnis ini.

    7. Apakah design interior di setiap cabang disamakan?
    Untuk interior tidak sama persis, tetapi konsepnya yang harus sama.

    8. Apakah mie charger merukapan usaha keluarga atau franchise?
    MC merupakan usaha keluarga. Yg pertama mempunyai gagasan yaitu kakak sulung dari owner, yang juga membangun MC Palembang. Sedang MC cabang Jambi dimiliki oleh kakak kedua owner.

    9. Apakah mie charger mempunyai management staff atau owner yang merangkap menjadi manajer dan pengatur keuangan?
    MC mempunyai staff dan pegawai di bidang nya masing-masing, termasuk accounting. Agar semuanya dapat terkontrol dengan baik.

    10. Dari harga berapa sampai harga berapa menu yang ditawarkan?
    minuman dan makanan mulai dari harga 4.000 rupiah sampai 20.000 rupiah, dan 35.000 untuk shisa.

    11. Apakah ada pelatihan untuk karyawan/chef?
    Tidak ada pelatihan khusus untuk pegawai ataupun waitress, hanya ada pengarahan SOP dan pemilihan kriteria-kriteria khusus bagi waitress, waitress yang diterima harus orang-orang yang supel dan ramah pada pelanggan. Untuk koki ada pelatihan selama 1 minggu.

    12. Resep-resepnya didapat darimana?
    Resep yang digunakan adalah resep asli dari keluarga.

    13. Bagaimana cara manajemen mie charger menangani komplain pelanggan?
    MC mempunyai konsep tempat yg nyaman bagi kaula muda, dengan kriteria pegawai yang supel dan gaul, pegawai maupun owner sangat dekat dengan konsumen sehingga jika ada komplain biasanya konsumen langsung saja menyampaikannya dengan owner, pegawai, waitress ataupun staff yang bertugas dan dengan cepat biasanya langsung dapat ditangani.

    14. Apakah mie charger sudah punya pelanggan tetap?
    Dengan konsep kafe ‘tongkrongan’ seperti ini owner merasa bahwa MC memang harus mempunyai pelanggan tetap, dan yang sekarang menjadi pelanggan tetap biasanya adalah anak-anak muda yang mempunyai komunitas ataupun ‘geng’ yang suka kumpul-kumpul untuk sekedar minum atau ngemil.

    15. Apa perbedaan mie charger dengan kafe-kafe lainnya di Jambi?
    Yang ditawarkan MC adalah konsep tempat ‘nongkrong’ dengan merangkul club dan komunitas, disini pihak komunitas dapat menitipkan banner club mereka dan pasti akan dipajang. Mereka juga dapat menjadikan MC sebagai basecamp jikalau ada rapat komunitas dan event-event lainnya.

    16. Adakah event-event khusus yang diadakan di mie charger? jika ada, event apa? diadakan berapa kali sebulan?
    Sudah dilaksanakan kompetisi gaple di MC tetapi owner menyatakan kedepannya akan lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang akan diadakan demi menarik minat pengunjung.
    Setiap malam juga diadakan live music, band-band atau grup musik akustik asal jambi dapat menyalurkan bakatnya disini. Sering juga diadakan ‘nobar’ atau nonton bareng untuk pertandingan-pertandingan bola klub-klub besar atau ‘big match’ dan ‘final match’.

    17. Apakah event yang diadakan berpengaruh besar dalam menarik minat pengunjung?
    Event-event yang diadakan sangat berpengaruh bagi minat pengunjung, karena diadakannya event tersebut juga merupakan salah satu strategi marketing untuk menarik minat konsumen dan sebagai media pengenalan bagi masyarakat Jambi karena MC tergolong kafe baru di Jambi.

    18. Apa yang menjadi visi dan misi Mie Charger?
    Pada MC cabang Jambi mempunyai visi dan misi utk merubah pola pikir anak2 muda Jambi. Karena sekarang anak muda di Jambi suka sekali ‘nongkrong’ ke kafe-kafe bandrek pinggiran atau trotoar jalanan, karena dari segi harga MC menawarkan harga yang sama dengan ‘kafe-kafe trotoar’ tersebut namun menawarkan fasilitas dan hiburan yang jauh lebih menarik, termasuk juga dari segi kualitas makanan, kenyamanan dan kebersihan tempat.

    19. Kenapa masyarakat Jambi harus nyobain makan di mie charger?
    Bagi penikmat pedas silahkan cobain dsini. Karena MC mempunyai menu olahan mie dengan level pedas yg dapat disesuaikan dengan selera konsumen, level tertinggi dapat membuat ‘kuping panas’, serta menu-menu beragam lainnya yang juga menarik.

    20. Planning atau rencana jangka pendek maupun jangka panjang untuk Mie charger?
    Untuk perencanaan jangka pendek MC berencana menarik pasar konsumen seluas-luasnya dikota Jambi dan Palembang, melakukan promosi yang maksimal sehingga angka ketidakpuasan atau komplain konsumen dapat ditekan hingga sekecil-kecilnya.
    Rencana jangka panjang yang ingin dicapai adalah Mie Charger ingin memperluas gerai ke kota- kota lain baik di Sumatra maupun pulau- pulau lainnya dan menjadi salah satu produk frenchise ternama di Indonesia.

    Jadi kesimpulan yang dapat diambil adalah Mie Charger memiliki pasar konsumen yang luas, karena produk unggulan yang disukai berbagai kalangan usia maupun gender yaitu Berbagai olahan Mie. Menyediakan konsep tempat makan yang cozy dan menyenangkan bagi pengunjung dengan adanya berbagai macam permainan dan live musik. Dengan disediakannya terminal listrik dan chargeran berbagai macam merk produk gadget pun menjadi daya tarik tersendiri, karena gadget baik laptop, tablet maupun handphone telah menjadi salah satu barang yang paling penting bagi setiap individu di jaman modern seperti sekarang.

    Komentar oleh Nabilla Tri Andarasari | Oktober 22, 2014 | Balas

  5. MANAJEMEN STRATEJIK

    Nama : Citra Nur Sabrina
    Wahyu firmansayah
    Nim : RRC1B0313007
    RRC1B0313006

    PENELITIAN TENTANG KOPI OEY
    PERTANYAAN :
    Soal Jawaban
    1. Kapan Berdiri Kopi oey ? 8 desember 2013
    2. Apakah Kopi Oey membuka cabang selain di kota Jambi ? Iya, ada beberapa di kota besar Jakarta, Bandung, Palembang Bandar Lampung , Surabaya,Bogor Dll
    3. Bagaimana hubungan induk yang ada di jambi dengan cabang yang lain ? Sangat baik, karena cabang dan induk saling bekerja sama dalam menjalankan usaha kopi oey dan juga saling menguntungkan satu sama lain
    4. Apakah kopi oey ini merupakan Frenchise ? Iya, karena kopi oey ini bekerja sama dengan usaha yang lain
    5. Berapakah persen royalty yang di dapat oleh usaha kopi oey ? Tidak bisa di jawab karena di luar kewenangan oleh kami sendiri dan hanya owner yang lebih mengetahui royalty yang di dapat
    6. Dalam usaha kopi oey ini siapa yang melatih karyawan agar konsumen nyaman dengan usaha kopi oey ini ? Manager yang melatih karyawan kopi oey supaya mereka bias lebih baik bekerja dan konsumen puas dengan pelayanan yang di berikan dan para karyawan kopi oey di training langsung di Jakarta bersama Pak Bondan sendiri
    7. Bagaimana persepsi pelanggan terhadap penetapan harga kopi oey? Pelanggan tidak kecewa dengan harga yang di berikan karena harga yang di tawarkan usaha kopi oey ini relatif terjangkau dan bisa di minati oleh semua kalangan mau muda ataupun tua
    8. Mengapa dinamakan kopi oey bukannya kopitiam ? Karena kopitiam berarti kedai karena kedai kopi di sebut chiafa thien orang-orang dulu dan strata china menyebutnya sebagai ‘kopi tiam ‘oey adalah terinspirasi dari nama bondan winarma adalah dari nama marga “oey” oey-narno dalam aksara tionghoa di tulis sebagai “huang “ yang artinya “koening”nama perusahaan terdaftar sebagai pt kopitiam oey indonesia tetapi berhubungan satu dan lain hal karena tidak lagi boleh memakai nama kopitiam

    9. Selain dari kopi oey menu lain apa yang menjadi best seller ? Dari segi minuman yang menjadi anadalan yaitu koffie soesoe indotjina karena koffie merupakan kopi yang sangat pekat dan sangat di sukai oleh kalangan terutama kalangan usia yang tua dan makanan yaitu sego ireng yang merupakan nasi hitamn yang di campur rempah-rempah yang menggugah selera dan maknyos
    10. Mengapa mengambil lokasi di depan mesjid al-falah ? Karena lokasi ini merupakan lokasi yang strategis
    11. Mengapa usaha kopi oey ini bertemakan nuansa cina ? Karena kopi oey berbeda dengan usaha lain karena terinspirasi dari era zaman indo china yang apabila kita memasuki kawasan kopi oey kita seakan-akan bernostalgia dengan tempo dulu yang semua bangunannya persis seperti sejarah tempo dulu kopi oey ini sebenarya bukan pemilik dari keturunan cina tetapi di miliki oleh orang islam yang menghargai sejarah tempo dulu dengan di tambahkan dengan music keroncong dan lampu-lampu yang menyerupai lampu Teplon china
    12. Keunikan apa yang dimiliki oleh kopi oey usaha yang lain ? Yaitu nuansa cina tempo dulu yang membuat kita merasa pada zaman dahulu dengan alunan music keroncong dan fsilitas-fasilitas yang di berikan dan juga ruangan yang nyaman
    13. Strategi pemasaran apa yang anda gunakan untuk menghadapi para pesaing dalam mengembangkan usaha kopi oey ini ? Yaitu dengan mengutamakan pelayanan dan kenyamanan yang di berikan oleh para pegawai kopi oey agar konsumen puas dan juga bisa kembali datang ke tempat kopi oey
    14. Apakah ada keluhan yang di alami pelanggan ? Ada, yaitu makanan yang terlalu manis dan juga menu yang di berikan menggunakan bahasa tempo dulu yang belum di mengerti
    15. Apakah kedai kopi ini memang sudah ada sejak dulu ? Kopi oey sebenarnya murni kreasi baru di ciptakan dengan sekreatif mungkin supaya membangkitkan nostalgia dan suasana seperti tempo dulu dengan bersantai sejarah yang bangunan lama yang ada di kopi oey ini
    16. Apa perbedaaan kopi oey dengan usaha restaurant lainya ? Kebanyakan kopi yang ada di jalan adalah kopi dan minuman lain ,makanaan tersebut di sediakan dalam ragam yang terbatas karena dapurnya tidak memiliki kapasitas dapur yang tidak besar tidak seperti dapur restaurant yang memiliki kapasitas besar yang ada di kopi oey seperti yang kami teliti dam membuat nuansa kopi oey menjadi lebih adem dan nyaman
    17. Mengapa usaha kopi oey ini tempatnya dapurnya kecil dan tidak besar ? Karena bila dapurnya besar suasana khas kopitiam bias hilang memang tidak mudah membuat aroma makan atau restoran yang menyediakan makanan yang banyak dan tempat yang besar pihak kopi oey dapat menjual dengan harga yang tinggi

    18. Bila ada seorang pelanggan ingin membuka usaha sama seperti kopi oey. Apakah bisa join? Ada ,yaitu menghubungi via telepon atau email di kopi oey

    Komentar oleh citra nur sabrina dan wahyu firmansyah | Oktober 22, 2014 | Balas

  6. Nama : Muhammad Pajrin
    Nim : RRC1B0313001
    PENELITIAN PANGERAN KARAOKE BABY ROCK

    1.Kapan Berdirinya ?
    Pangeran karaoke Baby Rock berdiri pada tanggal 20 Oktober 2012 yang terletak di Hotel Novita jambi lanta 4. Pangeran Karaoke selain menjadi pasilitas dari pada hotel untuk melayani tamu-tamu hotel juga untuk pengunjung dari kalangan luar hotel, akan tetapi konsep yang di tawarkan untuk kalangan menegah ke atas, terlihat dari jumlah pengunjung yang datang.
    2. Sudah ada berapa cabang
    Untuk saat ini pangeran karaoke belum mempunyai cabang karena pangeran karaoke khusus mempasilitas hotel Novita.
    3. fasilitas pangeran karaoke
    Pangeran karaoke mempunyai 13 room standar untuk saat ini dan 2 room utuk room vip yang berkapasitas 20 orang room – room pangeran karaoke di beri nama –nama Negara seperti Indonesia , Swiss , Itali ,Jepang dan lain-lain. Selain itu pangeran karaoke mempunyai ruang hall yang sangat luas sehingga banyak juga pengunjung yang mengadakan acara di sana seperti ulang tahun dan lain-lain.
    4. Harga
    Untuk harga room di pangeran karaoke untuk room vip ada yang Rp 120.000 per jam dan ada Rp 160.000 perjam akan tetapi minimal harus buka 2 jam stiap pembukaan room, untuk room standar ada juga yang Rp 70.000 perjamnya, pangeran karaoke juga member promo untuk room-room tertentu hanya dengan minimal belanja Rp 300.000 untuk roomnya di geratiskan.
    5. Siapa yang melatih karyawan
    Untuk pelatihan karyawan biasanya karyawan di beri pelatihan/ training terlebih dahulu selama 3 bulan apabila sudah bagus karyawan baru di angkat, selain itu karyawan juga melakukan training di tempat-tempan lain .

    Komentar oleh fajrin | Oktober 29, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: