Johannessimatupang’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

MANAJEMEN PEMASARAN LANJUTAN KELAS PAGI MARET2015


Halaman ini diperuntukkan untuk peserta Manajemen Pemasaran Lanjutan kelas pagi. Semua tugas harus diunggah di halaman ini saja. Semua powerpoin diunduh dan dibundle pada map pribadi.

MJP 220 Kuliah 1 Maret 2015
Kuliah-2 S1 Maret 2015
MJP 220 Bab 3 – Maret 2012

MJP 220 Bab 4 – Maret 2012

MJP 220 Bab 5 – Maret 2012

MJP 220 Bab 6 – Maret 2012

MJP 220 Bab 10 – Mei 2010

MJP 220 Bab 11 – Mei 2010

MJP 220 Bab 12 – Mei 2010
MJP 220 Bab 12 – Mei 2010

MJP 220 Bab 13 – Mei 2010

MJP 220 Bab 14 – Mei 2010

MJP 220 Bab 15 – Mei 2010

Maret 13, 2015 - Posted by | Uncategorized

10 Komentar »

  1. Salam sejahtera Pak Johannes.

    Saya Rafaeli Zefanya – C1B013029 – kelas A manajemen pemasaran 2013 pagi.
    Seperti yang telah dipelajari kemarin, ada 1 buah produk yang fenomenal menurut saya Pak.
    Produk yang membentuk suatu komunitas contohnya adalah LINE.
    Saat ini Line Indonesia telah membentuk komunitas line untuk orang-orang Indonesia yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri. Pengguna produk mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Komunitas ini berguna untuk saling mengakrabkan para pengguna aplikasi ini.
    Produk Line dapat dinikmati oleh semua orang pada gadget dan laptop. Dengan mudah dan asyik, para konsumen disajikan dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Konsumen juga dapat bermain game dan belanja on-line.
    Program pembaruan pemasaran dilakukan dengan :
    1. Iklan Line “Nic & Mar”
    2. Iklan Line “Get Rich”
    3. Penambahan emotion
    4. FItu-fitur lainnya

    Demikian yang dapat saya bagi dengan teman-teman kelas pemasaran pagi. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

    Komentar oleh Rafaeli Zefanya | Maret 17, 2015 | Balas

  2. Selamat malam bapak johannes,
    Selamat dan sejahtera untuk kita semua.
    saya ahmad baiquni alhakim, nim:c1b013009
    Siswa bapak jurusan manajemen kelas A mata kuliah MJP 220
    Berikut adalah usulan produk yang akan saya amati pak, sebagai pemenuhan tugas mata kuliah MJP 220, adapun produk yang sedang saya amati adalah “Shampoo Head and Shoulders”. Berikut adalah deskripsi tentang produk ini :
    “Head and Shoulders adalah sebuah produk yang dihasilkan oleh Perusahaan manufaktur P&G (Porcter & Gamble), yang berkonsentrasi pada segment pasar shampoo bagi penderita Hair fall dan Dandruff, dengan produk mereka yang terkenal “shampoo anti hairfall dan anti dandruff.
    Formula Head & Shoulders kini adalah hasil dari pengetahuan selama 50 tahun dan berkat semua cara yang diketahui H&Ssehingga shampoo ini tidak terasa atau berbau seperti shampoo anti-ketombe, perawatan kulit kepala yang lainnya.
    Para ilmuwan H&S adalah yang pertama mengidentifikasi penyebab ketombe, dan ilmuwan pertama yang menggunakan bahan-bahan aktif seperti, Zinc Pyrithione, untuk mengobati ketombe. H&S tahu bahwa ZPT efektif, tapi H&S hanya belum tahu mengapa?. Sekarang, ilmuwan Head & Shoulders sudah menemukan bagaimana ZPT bekerja pada level molekuler.
    Penelitian sudah menunjukkan bahwa setelah satu minggu pemakaian head and shoulders, tanda-tanda ketombe berkurang secara dramatis dan keadaan kulit kepala secara keseluruhan bertambah baik.

    Formula H&S mengobati gejala sekaligus penyebabnya, membuat konsumen memiliki kulit kepala yang sehat dan rambut yang terlihat indah. Inilah alasan mengapa sembilan dari 10 ahli dermatologis di World Congress of Dermatology merekomendasikan pemakaian Head & Shoulders jika rambut Anda berketombe, dan tujuh dari 10 menggunakan shampoo tersebut.
    Pada tahun 1961, John F. Kennedy menjadi Presiden, Head & Shoulders diluncurkan di Amerika Utara, memperkenalkan bahan aktif, ZPT ke masyarakat untuk pertama kalinya, pada tahun 1969 Uji coba klinis pertama menunjukkan ZPT sama efektifnya dalam teknologi shampoo ketombe dengan resep lama pengobatan anti-ketombe, pada tahun1971 Ilmuwan Head & Shoulders adalah yang pertama kali menemukan bahwa kedua organisme Malassezia Globosa dan molekul yang disebut lipids adalah hal-hal yang diperlukan bagi ketombe untuk berkembang.
    Pada tahun 1977 Ketika Komputer Apple pertama dipasarkan, Ilmuwan Head & Shoulders menemukan struktur molekul tepat dari ZPT menggunakan analisis struktur Kristal, pada tahun 1981 Head & Shoulders meluncurkan produk pertamanya diMeksiko dan terus melebarkan sayap ke pasar dunia selama tahun 80-an, termasuk Tiongkok, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Belanda. Pada tahun 1985 Inilah tahun pertama kalinya Head & Shoulders shampoos mengeluarkan produk untuk jenis rambut yang berbeda, seperti berminyak atau rambut kering diperkenalkan ke masyarakat. Pada tahun 1990 Head and Shoulders meluncurkan produk secara mendunia saat memasuki tahun 90-an, dimulai dengan:
    1. 1990SEMENANJUNG ARAB
    2. 1992FEDERASI RUSIA, MESIR, DAN POLANDIA
    3. 1993KROASIA
    4. 1995ESTONIA DAN NORWEGIA
    5. 1996FINLANDIA
    6. 1997INDIA
    Pada tahun 2002 Ilmuwan Head & Shoulders menemukan bahwa orang-orang yang berketombe secara signifikan memiliki kulit kepala yang meradang lebih banyak dari yang tidak berketombe. Pada tahun 2005 Untuk pertama kalinya, ilmuwan head & shoulders mempersembahkan tiga faktor yang diperlukan untuk menghancurkan ketombe:
    “MINYAK YANG TERDAPAT PADA KULIT KEPALA ANDA DISEBUT SEBUM, ORGANISME MALASSEZIA GLOBOSA RENTAN TERHADAP REAKSI KULIT”.
    Pada tahun 2007 Suatu terobosan yang signifikan terjadi ketika ilmuwan Head & Shoulders mengurutkan susunan gen Malassezia Globosa. Pada tahun 2009 Dalam sebuah studi, ilmuwan Head & Shoulders menemukan hubungan antara ketombe dan kualitas rambut, yang artinya menanggulangi ketombe juga dapat meningkatkan keindahan dan rasa rambut. Pada tahun 2011 Pada tahun perayaan ke-50, head & shoulders menjadi pusat perhatian pada World Congress of Dermatology.
    Sembilan dari 10 ahli dermatologi pada kongres tersebut mengatakan mereka akan merekomendasikan head & shoulders produk anti-ketombe yang ampuh.

    Demikian pesan ini saya sampaikan, besar harapan saya akan kesediaan bapak untuk dapat menerima usulan produk ini.
    Terima kasih saya ucapkan atas waktu dan kesempatannya pak,
    Selamat malam, selamat dan sejahtera untuk kita semua.

    Komentar oleh ahmadbaiqunialhakim | Maret 23, 2015 | Balas

  3. selamat malam bapak johannes,
    selamat dan sejahtera untuk kita semua,
    saya ahmad baiquni alhakim nim:c1b013009 siswa bapak jurusan manajemen kelas A mata kuliah MJP220, berikut adalah daftar judul topik artikel yang akan kami lanjutkan penyusunannya dalam smester ini:
    1.customer relationship marketing
    2.green marketing
    3.Public services marketing
    4.online marketing
    5.LPSE(Lembaga pengadaan produk dan jasa secara elektronik)
    demikian pesan ini kami sampaikan, besar harapan kami akan kesediaan bapak untuk dapat menerima dan menambah Topik dan judul Artikel ini di karenakan peserta mata Kuliah MJP220 berjumlah 6 orang. mohon maaf atas segala kekurangannya pak,
    atas waktu dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih,
    selamt malam pak,
    selamat dan sejahtera untuk kita semua.

    Komentar oleh ahmadbaiqunialhakim | Maret 23, 2015 | Balas

  4. Salam sejahtera Pak Johannes.
    Saya Rafaeli Zefanya
    Nim : C1B013002
    Kelas A manajemen pemasaran lanjutan pagi
    Berikut adalah produk yang saya rekomendasikan. Produk yang menurut saya paling baik di semua kalangan. Yaitu sepatu Converse All Star. Bermula The Converse Rubber Company dibuka untuk bisnis pada tahun 1908 oleh Marquis M. Converse. Sepatu ini pada awalnya di produksi untuk kalangan atletik agar bisa di produksi secara terus menerus. Namun semakin lama semakin berkembang, hingga saat ini bisa dikatakan merk sepatu ini paling banyak di guanakan di perguruan tinggi oleh mahsiswa, dan para siswa-siswa Sekolah menengah atas sampai siswa sekolah dasar. Keunggulan dari sepatu ini adalah di buat dari bahan kanvas yang kuat dan tidak mudah sobek, serta sol karet yang fleksibel, empuk dan tahan lama. Converse sangat cocok digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari. Yang juga membuat sepatu ini laris di kalangan remaja adalah produk sepatu ini selalu mengeluarkan gaya dan warna baru yg membuat para konsumen tidak bosan dan juga dengan gaya sepatu yg simple sehingga mudah dan terasa nyaman dipakai begitupun saya sebab saya sudah lama memakai sepatu produk All Star Converse ini.
    Berikut adalah produk sepatu Converse yang baru di luncurkan :
    • Chuck Taylor All Star Leather
    • Chuck Taylor All Star Hi-Ness
    • Chuck Taylor All Star Dark Wash Neons
    • Chuck Taylor All Star and Chuck Taylor All Star Platform Zip
    Demikian pak produk yang saya usulkan, besar harapan saya agar bapak dapat memberi koreksi atad produk yang saya usulkan ini.
    Terima kasih atas waktu dan kesempatan, salam sejahtera

    Komentar oleh ilham padilah | Maret 26, 2015 | Balas

  5. Mohon maaf atas kesalahan nama yang di tugas produk saya kirim pak. ini adalah tugas yang telah di sunting.

    Salam sejahtera Pak Johannes.
    Saya Ilham Padilah
    Nim : C1B013002
    Kelas A manajemen pemasaran lanjutan pagi
    Berikut adalah produk yang saya rekomendasikan. Produk yang menurut saya paling baik di semua kalangan. Yaitu sepatu Converse All Star. Bermula The Converse Rubber Company dibuka untuk bisnis pada tahun 1908 oleh Marquis M. Converse. Sepatu ini pada awalnya di produksi untuk kalangan atletik agar bisa di produksi secara terus menerus. Namun semakin lama semakin berkembang, hingga saat ini bisa dikatakan merk sepatu ini paling banyak di guanakan di perguruan tinggi oleh mahsiswa, dan para siswa-siswa Sekolah menengah atas sampai siswa sekolah dasar. Keunggulan dari sepatu ini adalah di buat dari bahan kanvas yang kuat dan tidak mudah sobek, serta sol karet yang fleksibel, empuk dan tahan lama. Converse sangat cocok digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari. Yang juga membuat sepatu ini laris di kalangan remaja adalah produk sepatu ini selalu mengeluarkan gaya dan warna baru yg membuat para konsumen tidak bosan dan juga dengan gaya sepatu yg simple sehingga mudah dan terasa nyaman dipakai begitupun saya sebab saya sudah lama memakai sepatu produk All Star Converse ini.
    Berikut adalah produk sepatu Converse yang baru di luncurkan :
    • Chuck Taylor All Star Leather
    • Chuck Taylor All Star Hi-Ness
    • Chuck Taylor All Star Dark Wash Neons
    • Chuck Taylor All Star and Chuck Taylor All Star Platform Zip
    Demikian pak produk yang saya usulkan, besar harapan saya agar bapak dapat memberi koreksi atad produk yang saya usulkan ini.
    Terima kasih atas waktu dan kesempatan, salam sejahtera

    Komentar oleh ilham padilah | Maret 26, 2015 | Balas

  6. Selamat sore Pak Jo, salam sejahtera.
    Saya adalah mahasiswa bapak pada mata kuliah Manajemen Pemasaran semester 4.
    Nama saya Egi Sastra Andika dari kelas Manajemen A angkatan 2013 dengan NIM : C1B013011
    Dalam tugas kuliah identifikasi produk kali ini saya ingin mengulas sebuah produk minuman yang menurut saya fenomenal dari masa ke masa akan kesegarannya, dan di akui oleh dunia yaitu Coca-cola (minuman bersoda).
    Coca-cola adalah sebuah produk yang mungkin sudah dikenal oleh banyak orang secara global, coca-cola diciptkan pada tahun 1886 oleh seorang apoteker Atlanta, Dr. John S. Pemberton yang ingin menuntaskan rasa penasarannya. Hanya karena rasa ingin tahu, membuat ia ingin menciptaan sebuah minuman ringan dengan rasa yang khas bersoda yang dianggapnya akan terasa menarik dilidah setiap penikmatnya. Dia mulai membuat sirup yang memiliki rasa yang unik, lalu membawanya ke sebuah apotek lingkungan yang kemudian dicampurkan dengan air yang berkarbonasi dan dianggap sangat baik oleh mereka atas sampel tersebut. Pemegang buku Dr. Pemberton, Frank M. Robinson, dikreditkan dengan penamaan minuman “Coca-Cola” serta merancang merek dagang, naskah yang berbeda, masih digunakan sampai sekarang.
    Tak hanya berakhir dengan rasa ingin tahu semata, ternyata mereka ingin melihat lebih jauh lagi dan membuat minuman coca-cola ini menjadi trend disetiap kalangan dan disetiap masyarakat dunia. Dan coca-cola membuat misi atas apa yang mereka buat, antara lain :
    * Untuk menyegarkan dunia …
    * Untuk menginspirasi momen optimis dan kebahagiaan …
    * Untuk menciptakan nilai dan membuat sesuatu yang berbeda…
    Kemudian cocal-cola juga mempunyai visi :
    Visi ini berfungsi sebagai kerangka kerja untuk Roadmap dan membimbing setiap aspek bisnis dengan menjelaskan apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan dalam rangka untuk terus mencapai berkelanjutan, pertumbuhan yang berkualitas.
    * Orang: Jadilah tempat yang bagus untuk bekerja di mana orang terinspirasi untuk menjadi yang terbaik yang mereka bisa.
    * Portfolio: Bawa ke dunia portofolio merek minuman berkualitas yang mengantisipasi dan memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat.
    * Mitra: Peliharalah jaringan dari pelanggan dan pemasok, bersama-sama kita buat bersama, nilai bertahan.
    * Planet: Jadilah seorang warga negara yang bertanggung jawab yang membuat perbedaan dengan membantu membangun dan mendukung masyarakat yang berkelanjutan.
    * Profit: Maksimalkan kembali jangka panjang untuk pemilik saham ketika sedang memperhatikan tanggung jawab kami secara keseluruhan.
    * Produktivitas: Jadilah organisasi yang sangat efektif, ramping dan bergerak cepat.

    Nilai hidup
    Nilai-nilai ini berfungsi sebagai kompas untuk tindakan dan menggambarkan bagaimana cara bersikap di dunia.

    * Kepemimpinan: Keberanian untuk membentuk masa depan yang lebih baik
    * Kolaborasi: leverage jenius kolektif
    * Integritas: Jadilah nyata
    * Akuntabilitas: Jika menjadi, itu terserah saya
    * Passion: Berkomitmen dalam hati dan pikiran
    * Perbedaan: Sebagai inklusif sebagai merek
    * Kualitas: Apa yang kita lakukan, kita lakukan dengan baik

    Fokus di Pasar
    * Fokus pada kebutuhan konsumen, pelanggan dan mitra waralaba
    * Keluar ke pasar dan mendengarkan, mengamati dan belajar
    * Memiliki pandangan dunia
    * Fokus pada eksekusi di pasar setiap hari
    * Jadilah tak pernah puas penasaran

    Kerja Cerdas
    * Bertindak dengan urgensi
    * Tetap responsif terhadap perubahan
    * Memiliki keberanian untuk mengubah arah bila diperlukan
    * Tetap konstruktif ketidakpuasan
    * Bekerja secara efisien

    Bertindak Seperti kami
    * Bertanggung jawab atas tindakan dan kelambanan kami
    * Aset sistem Steward dan fokus pada nilai bangunan
    * Reward orang untuk mengambil risiko dan menemukan cara yang lebih baik untuk memecahkan masalah
    * Belajar dari hasil kita – apa yang berhasil dan apa yang tidak
    Jadilah Merek
    * Rekomendasi kreativitas, semangat, optimisme dan menyenangkan
    Dengan adanya visi dan misi tersebut, membuat coca-cola hanya memperhatikan akan minuman saja, namun juga memperhatikan setiap jiwa yang bergabung dengannya, fantasticnya visi misi ini mengokohkan coca-cola pada prinsip optimisme mereka, dan membuktikan bahwa coca-cola yang tadinya dijual untuk 5 sen per gelas. Selama tahun pertama, penjualan rata-rata sederhana sembilan porsi per hari di Atlanta. Hari ini, porsi harian Coca-Cola minuman diperkirakan 1,9 miliar secara global. Woww ..
    Dizaman yang serba modern ini tentunya coca-cola tidak ingin terpinggirkan oleh berbagai macam produk minuman pendatang baru yang tentunya diciptakan oleh para ahli. Coca-cola semakin memperkaya cita rasanya dan melakukan berbagai macam pemasaran serta mempromosikannya keseluruh penjuru dunia. Untuk itu sekarang coca-cola tersedia dengan berbagai versi yang saat ini terkenal dengan New Coke, Diet Coke, Coca-cola Zero, Cherry Coke, Vanilla Coke, Coca-cola with Lime dan Raspberry Coke.
    Namun di Indonesia yang pada awalnya masuk pada tahun 1927 ini, saat ini hanya tersedia Coca-cola, Diet Coke, Coca-cola Zero yang diproduksi oleh PT.Coca-cola Bottling Indonesia, hanya tiga versi Coca-cola. Akankag coca-cola mendatangkan versi baru di Indonesia ? itu adalah salah satu yang ditunggu.
    Untuk mengokohkan keinginan pelanggan akan kesegaran coca-cola, mereka menarik pelanggan dengan membuat berbagai macam iklan, baik diiklankan distasiun Televisi atau dimanapun itu. Untuk itu jika kita pernah mendengarkan beberapa slogan yang membuat kita selalu ingat dengan coca-cola jika mendengar kata-kata ini : Minoemlah Coca-cola, Minumlah Coca-cola, Coca-cola, Tentu !!!, Always Coca-cola, Semangat Coca-cola, Segarkan Harimu, Segarnya Mntap itu Coca-cola,Hidup ala Coca-cola, Brrr…Hidup ala Coca-cola, Brrr…Ekpresi hidup ala coca-cola, Buka Coca-cola Buka Semangat baru, Buka semangat baru, Segarkan semangatmu, Buka Semanga,Teman serut.Slogan-slogan ini dihadirkan coca-cola mulai dari 1927 hingga sekarang..
    Membuat kita selalu ingat dengan Coca-cola bukan ? kesegarannya membuat para penikmatnya ingin lagi, dan lagi.
    Itu lah tadi segelintir dari pengenalan produk Coca-cola yang sudah dikenal oleh penduduk dunia diberbagai benua dari dulu hingga sekarang. Coca-cola … Teman seruuuu !!!

    Komentar oleh Egi Sastra Andika | Maret 26, 2015 | Balas

  7. Diatas adalah produk yang saya usulkan, besar harapan saya agar bapak dapat mengoreksi atas produk yang saya usulkan ini,
    Terima kasih salam sejahtera.

    Komentar oleh Egi Sastra Andika | Maret 26, 2015 | Balas

  8. Nama : RAFAELI ZEFANYA
    NIM : C1B013029
    Kelas : Manajemen A 2013 – pagi
    Mata kuliah : MJP 220A

    Selamat Sore Pak Johannes
    Berikut adalah produk yang saya sarankan untuk ditelaah bersama. Nama produknya adalah PASTA GIGI PEPSODENT.

    HYSTORY
    Pada tahun 1920-an, penjualan Pasta Gigi Pepsodent mengalami keterpurukan. Namun perusahaan Pepsodent memberikan alternatif kesempatan. Pasta Gigi Pepsodent mendapat sponsor dari program serial untuk membuat debut jaringan di NBC Blue Network dengan seri AMOS’n ANDY. Keberhasilan seri itu menyelematkan kepunahan Pasta Gigi Pepsodent. Tentu jaringan radio tersebut memiliki peran besar dalam kesuksesan sekarang.

    IDENTITY OF PRODUCT
    PEPSODENT adalah pasta gigi yang paling terkenal dan tertua di Indonesia, sejak awal keberadaannya selalu memberikan lebih dari sekedar kemanjuran dasar. Pepsodent merupakan produk dari Perusahaan Manufaktur Unilever. Pepsodent adalah pasta gigi pertama di Indonesia yang kembali meluncurkan pasta gigi berflorida pada tahun 1980-an dan satu-satunya pasta gigi di Indonesia yang secara aktif mendidik dan mempromosikan kebiasaan menyikat gigi secara benar melalui program sekolah dan layanan pemeriksaan gigi gratis. Sejak itu Pepsodent telah melengkapi jajaran produknya mulai dari pembersihan dasar hingga pasta gigi dengan manfaat lengkap. Pepsodent telah menjadi market leader dan menguasai pasar untuk produk pasta gigi. Saat ini produk Pepsodent memiliki bermacam – macam varian yaitu klasik, herbal, whitening, complete care dan anak – anak. Selama brand mix-nya kuat akses ke konsumen menjadi makin mudah. banyak masyarakat Indonesia yang belum mengerti cara menyikat gigi dengan benar. Di situlah Pepsodent menangkap peluang untuk menyosialisasi sekaligus memberi pengetahuan mengenai kesehatan gigi. Tujuannya, meningkatkan kesehatan gigi dan mulut bangsa Indonesia

    SEGMENTATING
    Nama Pepsodent dapat menjadi pilihan pertama yang melintas dibenak hampir seluruh masyarakat Indonesia. Target pasar produk Pepsodent ini adalah konsumen semua usia, baik mulai anak-anak sampai dewasa. Pepsodent mengelompokkan produknya berdasarkan usia.

    Produk untuk produk anak-anak antara lain:
    a. Kids
    b. Gigi Susu Strawberry
    c. Gigi Susu Orange

    Produk untuk dewasa antara lain ;
    a. Complete 12
    b. Complete Care
    c. Herbal
    d. Sensitive
    e. Whitening
    f. White
    g. White Now

    Pepsodent memasarkan produknya melalui :
    1. media periklanan
    2. media cetak seperti bilboard atau majalah
    3. dan Pepsodent memperkenalkan produknya melalui event-event yang memberikan pengetahuan bersikat gigi

    TARGETING
    Targeting pada Pepsodent adalah dua digit angka pertumbuhan meskipun timbul persaingan ketat di kategori utama. Home dan Personal Care secara keseluruhan tumbuh 11,2%. Kategori produk kami termasuk sukses dalam penjualannya. Marjin laba usaha masih memuaskan yang mencapai 20,3% dari penjualan. Pada dasarnya laba bersih sedikit dibawah tahun-tahun sebelumnya disebabkan oleh marjin yang lebih rendah dan adanya selisih nilai tukar mata uang asing (keuntungan Rp 8 miliar di tahun 2005 dan Rp 34 miliar di tahun 2004 dengan pergerakan sebesar Rp 26 miliar). Tahun 2012 laba per saham mencapai Rp 189 per saham.

    POSITIONING
    Pepsodent yang dulu juga membangun positioning statement “Gigi Putih” saat ini telah berhasil melakukan repositioning dengan “Perlindungan Gusi” dan “Perlindungan Gigi Berlubang”. Perubahan ini bukan semata – mata kata-kata yang diubah, namun produsen telah memikirkan perubahan kuantitatif target pasar dan segmen pasar yang dibidik, tentu ketika seseorang mencapai usia tua dengan gigi berlubang sangatlah tidak nyaman, sehingga Pepsodent menjadi jawabannya.

    Pada produk Pepsoden diferensiasi yang utama adalah :
    1. Pepsodent adalah merek terkemuka di sebagian besar negara Asia dengan Indonesia dan India sebagai pasar terbesar.
    2. Pada tahun 2005 Pepsodent merupakan satu-satunya merek pasta gigi yang diakui oleh FDI, Federasi Gigi Dunia, di samping asosiasi dokter gigi di dalam negeri.
    3. Pepsoden anak ikut bersaing dalam produk Pasta gigi anak.

    Kelebihan Pasta Gigi Pepsodent :
    – Brand pepsodent sudah lama di Indonesia sehingga sebagian besar orang sudah mengetahui kualitas dari pepsodent. Pepsodent memiliki banyak variasi, mulai dari Pepsodent untuk anak, whitening, herbal, hingga sensitive expert. Produk pepsodent mudah didapat karena dijual di supermarket dan minimarket di berbagai kota di Indonesia.
    – Harganya pun relatif terjangkau.
    – Pepsodent pun senantiasa bekerja sama dengan PDGI untuk mempromosikan brandnya.

    Sekian penjelasan tentang Pasta Gigi Pepsodent yang saya sampaikan. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

    Komentar oleh Rafaeli Zefanya | Maret 26, 2015 | Balas

  9. Salam Sejahtera Pak Jo,
    Saya adalah salah satu mahasiswa yang bapak bombing dalam Manajamen Pemasaran semester 4
    Nama : Shandra Syah Putra NIM : C1B013012
    Dalam tugas kuliah identifikasi produk, saya ingin mengulas produk air mineral yang cukup fenomenal di Indonesia.yaitu AQUA
    Berikut kilasan kesuksesan Aqua dalam menerjang pasar yang ada di Indonesia:
    Aqua Group didirikan oleh Almarhum Tirto Utomo, warga asli Wonosobo pada tahun 1973. Tirto Utomo atau Kwa Sien Biauw (lahir di Wonosobo, 9 Maret 1930 – meninggal 16 Maret 1994 pada umur 64 tahun) adalah pengusahaIndonesia. Lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini dikenal sebagai pendiri Aqua Golden Mississipi pada tahun 1973. Pada 16 Maret 1994, ia meninggal dunia dan dimakamkan di pemakaman warga Tionghoa di dekat Hotel Kresna, Wonosobo.

    Padahal sebelumnya Tirto Utomo juga bekerja di Pertamina. Tetapi untuk fokus pada bisnisnya, ia melepaskan pekerjaannya di Pertamina.
    Ide mendirikan perusahaan AMDK timbul ketika Tirto bekerja sebagai pegawai pertamina pada awal tahun 1970-an. Ketika itu Tirto bertugas menjamu delegasi sebuah perusahaan Amerika Serikat. Namun jamuan itu terganggu ketika istri ketua delegasi mengalami diare yang disebabkan karena mengonsumsi air yang tidak bersih. Tirto kemudian mengetahui bahwa tamu-tamunya yang berasal dari negara Barat tidak terbiasa meminum air minum yang direbus, tetapi air yang telah disterilkan.

    Awalnya orang sinis dengan ide Tirto Utomo untuk menjual air minum kemasan botol yang harga per botol awalnya sama dengan harga 1 liter bensin Premium. Namun Tirto Utomo yakin, pada masa yang akan datang Indonesia akan kekurangan air bersih yang siap untuk diminum, sehingga idenya ini terus dia lanjutkan dan tidak memikirkan komentar sinis orang. Pada awalnya market Aqua adalah orang-orang asing yang ada di Indonesia, karena mereka yakin air kemasan lebih steril dan aman daripada air tanah dan air PDAM. Dengan mendirikan pabrik air minuman dengan mesin yang canggih di Bekasi, sehingga orang asing lebih percaya dengan minuman air kemasan ini.

    Tirto dan saudara-saudaranya mulai mempelajari cara memproses air minum dalam kemasan. Ia meminta adiknya, Slamet Utomo untuk magang di Polaris, sebuah perusahaan AMDK yang ketika itu telah beroperasi 16 tahun di Thailand. Tidak mengherankan bila pada awalnya produk Aqua menyerupai Polaris mulai dari bentuk botol kaca, merek mesin pengolahan air, sampai mesin pencuci botol serta pengisi air.

    Awalanya Aqua bernama Puritas, kemudian seorang konsultan Tirto, , Eulindra Lim, mengusulkan untuk menggunakan nama Aqua karena cocok terhadap imej air minum dalam botol serta tidak sulit untuk diucapkan. Ia setuju dan mengubah merek produknya dari Puritas menjadi Aqua. Dua tahun kemudian, produksi pertama Aqua diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dengan harga jual Rp.75, hampir dua kali lipat harga bensin yang ketika itu bernilai Rp.46 untuk 1.000 ml.

    Aqua berasal dari bahasa Latin yang artinya air, dimana pada awalnya di jual untuk orang asing, tetapi kemudian Tirto Utomo melihat pasar masyarakat Indonesia juga memiliki potensi, sehingga dia menjual air kemasan botol ukuran kecil dan ditempatkan di terminal-terminal bus di Jakarta dan sekitarnya, serta sepanjang jalan pantura Jawa Tengah. Hal ini ternyata sukses, membuat Aqua diminati oleh para supir-supir bus dan penumpang, serta masyarakat lainnya. Hal ini menunjukkan, bahwa masyarakat Indonesia sangat membutuhkan air mineral botol yang bersih.

    Kesuksesan Aqua, menarik beberapa perusahaan lain untuk membuat nama di air mineralnya dengan nama Aqua. Bahkan jika kita berniat membeli air mineral kemasan botol, selalu menyebut dengan mau membeli Aqua, padahal yang diberikan kadangkala bukan merek Aqua, tetapi itulah Aqua sudah menjadi brand image yang baik di mata konsumen.

    Komentar oleh shandrasyahputra | Maret 26, 2015 | Balas

  10. Selamat malam bapak johannes,
    Selamat dan sejahtera untuk kita semua.
    saya Winda Cahyani, nim: C1B013037
    Siswi bapak jurusan manajemen kelas A mata kuliah MJP 220
    Berikut adalah usulan produk yang akan saya amati pak, sebagai pemenuhan tugas mata kuliah MJP 220, adapun produk yang sedang saya amati adalah “ADIDAS”. Berikut adalah deskripsi
    tentang produk ini:

    Adidas adalah sepatu buatan Jerman. Perusahaan ini didirikan oleh Adolf Dassler. Nama Adidas berasal dari nama pendirinya, yaitu “Adi” dari kata Adolf dan “Das” dari kata Dassler, sehingga bila digabung akan menjadi nama Adidas. Adidas mulai memroduksi sepatu pada tahun 1920-an di Herzogenaurach, dekat Nuremberg, Jerman. Adik dari Adolf, yaitu Rudolf Dassler, mendirikan perusahaan serupa yang diberi nama Puma, yang saat ini menjadi salah satu kompetitor Adidas. Pada Agustus 2005, Adidas mengakuisisi salah satu rivalnya, yaitu Reebok, dalam upaya untuk memperketat persaingan dengan kompetitor terbesarnya, Nike. Saat ini, Adidas telah mengglobalisasi dan menguasai di bidang industri produk olahraga dan menawarkan portofolio yang begitu luas di seluruh dunia. Strategi yang dimiliki oleh Adidas sangat simple, yaitu memperkuat brand secara terus menerus dan melakukan improvisasi posisi kompetitif.
    Adidas merupakan merk sepatu yang cukup banyak diminati oleh berbagai orang. Adidas merupakan salah satu brand yang turut mengikuti perkembangan jaman dan merealisasikan keinginan para konsumennya. Adidas selalu menyesuaikan dengan apa yang sedang menjadi tren / ikon yang terjadi saat itu atau mengantisipasi apa yang akan menjadi tren kedepannya. Karena itu, Adidas dengan sigap selalu menganalisa perkembangan pasar, khususnya para kalangan remaja. Adidas selalu mengembangkan produknya seperti menyediakan berbagai pilihan warna dan desain yang menarik di mata konsumennya.
    Adidas mampu menjaga produknya berada di lini terdepan dalam perkembangan industri ini dan berbagai upaya pengembangan produk dilakukan secara konsisten untuk menjaga keunggulan kompetitif dalam persaingan pasar. Hal ini terbukti nyata dengan pengembangan Adidas miCoach Speed Cell yang mengintegrasikan sepatu olahraga dengan perangkat elektronik untuk membantu pemakainya berolahraga dengan lebih baik. Sampai saat ini Adidas masih berada pada tahap maturity yang diharapkan terus bertahan sampai waktu yang tidak dapat ditentukan.
    Sebuah brand sepatu yang memiliki singkatan “All Day I Dream About Sport” ini sangat sadar bahwa brand meaning dari sebuah produk itu sangatlah penting seperti pada kasus adidas ini dimana mereka memiliki beberapa dimensi brand meaning seperti Brand Identification Markers dimana Adidas terkenal dengan logonya yang memiliki 3 strip tebal dengan segitiga sebagai pelengkap diatasnya, lalu dari dimensi product attribute dan benefit dimana mereka dianggap sebagai brand yang memiliki sepatu-sepatu olahraga yang berkualitas, dan menjangkau konsumen dari 16-30 tahun dan 30-45 tahun sebagai dimensi age, ini diperlukan karena untuk menjangkau pasar yang dituju sebuah produk harus berusaha keras untuk menyampaikan apa nilai-nilai yang dijual oleh mereka.
    Adidas juga memiliki kelebihan lain dalam hal konsistensi identitas produk. Sejak sepatu pertama yang diproduksi oleh Adolf Dassler, terdapat ciri khas berupa tiga garis di sisi sepatu yang merefleksikan logo Adidas. Setiap produk sepatu Adidas hingga saat ini masih konsisten menggunakan logo tersebut. Bahkan, dalam perkembangan logo pada masa selanjutnya, Adidas tidak meninggalkan ciri utamanya berupa tiga garis yang berbentuk seperti gunung yang melambangkan tantangan dan komitmen untuk selalu menjadi brand perlengkapan olahraga terbaik. Segala konsistensi identitas produk ini, baik dalam hal kegunaan produk maupun identitas visual mampu membangun Adidas menjadi salah satu brand unggulan dalam industri perlengkapan olahraga berkualitas tinggi.
    Tapi adidas harus tetap peka akan perkembangan agar bisa terus menjadi brand utama dari kompetitornya terberatnya, yakni NIKE, karena nike sudah mampu menyamai kualitas produk ADIDAS dari segi Teknologi, Penjualan, Persaingan Sponsor Kostum Klub ,Persaingan Sponsor Pemain, Persaingan sepatu andalan masing – masing, dan Persaingan Kostum Timnas.

    Demikian informasi produk yang dapat saya sampaikan, besar harapan saya akan kesediaan bapak untuk dapat menerima dan mengomentari usulan produk ini.
    Terima kasih saya ucapkan atas waktu dan kesempatannya pak,
    Selamat malam, selamat dan sejahtera untuk kita semua.

    Kalau judul seperti di atas, kecenderungannya untuk Thesis. Tapi kalau hendak menulis makalah cukup dengan data sekunder, dengan mempelajari segmentasi ADIDAS. Misalnya dengan judul ANALISIS SEGMENTASI SEP\ATU OLAHRAGA ADIDAS. Silahkan di tulis.

    Komentar oleh Winda Cahyani | April 7, 2015 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: