Johannessimatupang’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

TUGAS PESERTA PELATIHAN AA MARET 2015


Pedoman tugas.
1. Pilih 1-2 kali pertemuan dari rencana RPS yang dijadikan topik secara online.
2. Buat perintah bagaimana tugas itu diselesaikan.
3. Tulis identitas secara benar.

Maret 25, 2015 - Posted by | Uncategorized

27 Komentar »

  1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Nama : Adhe Saputra
    Prodi : Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
    Fakultas : Ilmu Keolahragaan
    Mata Kuliah : Sepakbola
    Topik : 1. Small Side Games
    2. Ball Fealing

    1. Small Side Games

    Tujuan Pembelajaran : Pada akhir pertemuan ini mahasiswa ;
    1. Menyebutkan defenisi small side games
    2. Menjelaskan macam-macam small side games
    4. Mengkonsep pola gerakan small side games
    5. Mengaudiovisualkan konsep pola gerak small side games
    6. Menguasai small side games

    Cara Penyelesaian :
    – Mencari referensi dari buku-buku dan internet
    – Diskusi perkelompok
    – Membuat audio visual pola gerak small side games

    2. Ball Fealing

    Tujuan Pembelajaran : Pada akhir pertemuan ini mahasiswa ;
    1. Menyebutkan defenisi ball fealing
    2. Menjelaskan dan menguraikan ball fealing
    3 Mengkonsep pola gerakan ball fealing
    4. Mengkonsep pola gerakan ball fealing
    5. Mengaudiovisualkan konsep pola gerak ball fealing
    6. Menguasai ball fealing

    Cara Penyelesaian :
    – Mencari referensi dari buku-buku dan internet
    – Diskusi perkelompok
    – Membuat Audio visual pola gerak ball fealing

    Komentar oleh Adhe Saputra | Maret 26, 2015 | Balas

  2. NAMA : RAHMAD PERWIRA A, SH., MH.
    FAKULTAS HUKUM
    MATA KULIAH : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
    TOPIK : 1. MEMBANGUN NEGARA BERKEADABAN
    2. KONSTITUSI DAN TATA PERUNDANG-UNDANGAN INDONESIA

    1. MEMBANGUN NEGARA BERKEADABAN (PERTEMUAN II)

    TUJUAN PEMBELAJARAN :
    A. MENJELASKAN DEFENISI DAN TEORI-TEORI TERBENTUKNYA NEGARA
    B. MENYEBUTKAN UNSUR-UNSUR NEGARA
    C. MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA WARGA NEGARA DENGAN NEGARA

    CARA MENYELESAIKANNYA:
    A. MENCARI REFERENSI TERKAIT MATERI POKOK BAIK BERUPA BUKU MAUPUN JURNAL DI INTERNET
    B. MEMOTIVASI DENGAN MEMBERIKAN BEBERAPAN CONTOH YANG TERKAIT MATERI POKOK
    C. DISKUSI KELOMPOK

    2. KONSTITUSI DAN TATA PERUNDANG-UNDANGAN (PERTEMUAN III)

    TUJUAN PEMBELAJARAN :
    A. MENYEBUTKAN DEFINISI KONSTITUSI
    B. MENGURAIKAN KLASIFIKASI KONSTITUSI
    C. MENJELASKAN SEJARAH PERUBAHAN KONSTITUSI INDONESIA

    CARA MENYELESAIKANNYA:
    A. MENCARI REFERENSI TERKAIT MATERI POKOK BAIK BERUPA BUKU MAUPUN JURNAL DI INTERNET
    B. DISKUSI KELOMPOK
    C. AUDIO VISUAL TENTANG SIDANG MPR DENGAN AGENDA AMANDEMEN UUD 1945

    Komentar oleh RAHMAD PERWIRA A | Maret 26, 2015 | Balas

  3. Nama : Ahmad Muzaffar. S. Pd,. M. Pd
    Prodi : Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
    Fakultas : Ilmu Keolahragaan
    Mata Kuliah : Senam Dasar

    Pertemuan I

    Topik Bahasan : Sejarah Perkembangan Senam di Dunia dan di Indonesia

    Tujuan Pembelajaran : Pada akhir pertemuan mahasiswa
    – Memahami sejarah perkembangan senam di dunia dan di indonesia,
    – Menyebutkan macam-macam senam secara umum
    – menjelaskan senam prestasi, senam sekolah, dan senam masyarakat

    deskripsi singkat : dalam pertemuan ini anda akan mempelajari sejarah perkembangan senam di dunia maupun di indonesia serta macam-macam senam dalam kategori senam prestasi, senam masyarakat (kesegaran Jasmani), dan senam sekolah
    ini bermanfaat untuk di terapkan serta membiasakan hidup sehat

    bahan bacaan
    – Agus Mahendra (2001) pembelajaran Senam, Direktorat Jendral Olahraga, Depdiknas, Jakarta
    – Mahmudi Soleh (1992) Olahraga Pilihan senam , DekDikBud. Jakarta
    – Keith, Russel (1989) Coaching Certification Manual, Ontario : Canadian
    Gymnastics Federation

    bacaan tambahan
    – Schembri, Gene (1983) Introductory Gymnastics, Sydney : Australian
    Gymnastics Federation

    pertanyaan
    – apa fungsi senam prestasi dan senam kesegaran jasmani ?
    – sebutkan macam macam senam prestasi, senam masyarakat, dan senam sekolah?
    – jelaskan manfaat senam untuk kesehatan?

    tugas ;
    – mengidentifikasi perkembangan senam prestasi, senam masyarakat, senam di sekolah khusus didaerah jambi
    – dokumentasi
    – buatlah laporan tentang perkembangan senam prestasi, senam masyarakat, senam sekolah khususnya daerah jambi

    cara penyelesaian tugas
    – menyimak materi yang dosen berikan
    – membaca kembali buku atau pedoman-pedoman lain tentang senam
    – mendatangin tempat tempat senam prestasi ( gedung senam PERSANI kotabaru ) senam masyarakat di hari minggu pagi ( GOS kambang, GOR kota baru, KONI, Taman RIMBA, DLL seta Pada Hari JUMAT pagi di INTANSI seperti di Universitas Jambi di rektorat senam bersama.
    – membawa kamera atau video untuk dokumentasi
    – bertanya kepada orang yang bisa mebuat laporan, membaca buku tentang cara membuat laporan, mencari informasi tentang cara membuat laporan di google.

    pertemuan II

    Topik Bahasan :Senam Lantai

    Tujuan Pembelajaran : Pada akhir pertemuan mahasiswa
    -menyebutkan nama macam-macam bentuk gerakan senam lantai
    -menguraikan cara pelaksanaan/melakukan gerakan senam lantai ( roll depan, roll belakang, handstand, headstad, tiger stong, rondoff,

    deskripsi singkat : dalam pertemuan ini anda akan mempelajari senam lantai mulai dari macam-macam bentuk gerak/element dasar senam lantai serta cara pelaksanaanya/melakuaknnya ini bermanfaat untuk pertemuan selanjutnya dalam praktek dilapangan cara melakukan gerak/element dasar senam seperti roll depan, roll belakang, handstand, headstand, tiger strong, rondoff.

    bahan bacaan
    – Agus Mahendra (2001) pembelajaran Senam, Direktorat Jendral Olahraga, Depdiknas, Jakarta
    – Mahmudi Soleh (1992) Olahraga Pilihan senam , DekDikBud. Jakarta
    – Keith, Russel (1989) Coaching Certification Manual, Ontario : Canadian
    Gymnastics Federation
    – Men’s Technical Committee (2006) Code of Points, Moutier : Federation
    Internationale de Gymnastique

    bacaan tambahan
    – Schembri, Gene (1983) Introductory Gymnastics, Sydney : Australian
    Gymnastics Federation
    -Young, Jenny (1991) Gymanastics What’s In It : Paragon Printers
    Federation

    pertanyaan
    – sebutkan macam macam gerakan senam lantai?
    – Jelaskan macam-macam gerakan senam lantai ?
    – bagaimana bentuk rangkaian senam lantai ?

    tugas

    -buatlah cara pelaksanaan semua gerakan senam lantai mulai dari sikap awal, pelaksanaan dan sikap akhiran
    – carilah point point penilaian untuk gerakan senam lantai

    cara penyelesaian tugas
    – menganalisis gerakan bentuk senam lantai dari atlet atau dari video gerakan senam lantai (www.youtube.com)
    – mencari informasi dari pelatih senam tentang penilaian point geraka senam lantai (coach luluk, coach rodi PERSANI Jambi)

    terima kasih

    salam sejatera pak JO….

    Komentar oleh ivan ahmad muzaffar | Maret 26, 2015 | Balas

  4. Nama Dosen : Ely Yuliawan
    Mata Kuliah :Atletik
    Topik Bahasan : Lari sprint 100 meter
    Pertemuan ke 2

    Tujuan Pembelajaran Umum : Mahasiswa dapat memahami, menjelaskan dan melakukan gerak dasar lari sprint 100 meter dengan baik dan benar

    Tujuan pembelajaran khusus :
    1. mahasiswa dapat memahami gerak dasar lari sprint 100 meter
    2. mahasiswa dapat menjelaskan gerak dasar lari 100 meter
    3. mahasiswa dapat melakukan gerak dasar lari 100 meter

    Sub Pokok Bahasan
    1. gerak dasar lari 100 meter
    2. kemampuan lari 100 meter

    Proses pembelajaran :
    Menyimak penjelasan dosen, bertanya dan menjawab, melakukan gerak dasar lari 100 meter.

    Tugas dan evaluasi :
    1. mencari beberapa latihan tentang kecepatan lari
    2. melakukan lari 100 meter

    ____________________________________________________________________________________________

    Pertemuan ke 3
    Topik Bahasan : Lompat jauh

    Tujuan Pembelajaran Umum : Mahasiswa dapat memahami, menjelaskan dan melakukan gerak dasar lompat jauh dengan baik dan benar

    Tujuan pembelajaran khusus :
    1. mahasiswa dapat memahami gerak dasar lompat jauh
    2. mahasiswa dapat menjelaskan gerak dasar lompat jauh
    3. mahasiswa dapat melakukan gerak dasar lompat jauh

    Sub Pokok Bahasan
    1. gerak dasar lompat jauh
    2. kemampuan lompat jauh

    Proses pembelajaran :
    Menyimak penjelasan dosen, bertanya dan menjawab, melakukan gerak dasar llompat jauh

    Tugas dan evaluasi :
    1. mencari beberapa bentuk latihan tentang lompat
    2. melakukan lompat jauh

    Komentar oleh ely yuliawan | Maret 26, 2015 | Balas

  5. Nama : Mahya Ihsan
    Fakultas : Sains dan Teknologi
    Program studi : Biologi

    Mata Kuliah : Sistematika Tumbuhan Tinggi
    Program studi : Biologi
    Semester : 4
    SKS : 3

    Capaian Pembelajaran: Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup ilmu
    taksonomi, mendeskripsikan kepentingan ilmu taksonomi pada berbagai bidang ilmu lainnya,
    mengkomunikasikan cara meggunakan prosedur yang digunakan dalam identifikasi
    tumbuhan, membandingkan berbagai metode penggunaan kunci dalam identifikasi
    tumbuhan, mempraktekkan cara koleksi tumbuhan yang benar, mengidentifikasi dan
    mengklasifikasikan tumbuhan dengan benar serta membuat herbarium standar dari koleksi
    tumbuh-tumbuhan tersebut.

    Minggu Ke : 12

    Kemampuan Akhir yang diharapkan :
    Mahasiswa mampu mengidentifikasi tumbuhan yang termasuk dalam kelas Dicotyledoneae dan membedakannya dengan kelas Monocotyledoneae, mengetahui pembagian kelas dan ciri umum & khusus kelas dicotyledoneae, memanfaatkan media pembelajaran secara online, melaporkan tugas secara online pada alamat/e-mail yang sudah ditentukan, mensimulasikan (mempresentasikan) tugas yang diberikan.

    Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) :
    Kelas Dicotyledoneae, Fitografi tumbuhan dicotyledoneae, sub kelas dicotyledoneae serta ciri umum dan ciri khusus (Rosoideae dan Asteridae), Penyebaran dicotyledoneae di dunia dan di Indonesia, jenis bermanfaat bagi manusia dan lingkungan.

    Bentuk Pembelajaran :
    Ceramah, Survey lapangan, Searching internet, Diskusi kelas, presentasi (simulasi)

    Waktu Belajar :
    150 menit

    Kriteria Penilaian (indikator) :
    Portofolio, Review jurnal, simulasi (Presentasi) hasil

    Bobot nilai :
    10% nilai tugas, 20% nilai Praktikum, 30% nilai UTS, 40% nilai UAS

    Tugas Mahasiswa :
    1. Peserta dibagi dalam 4 kelompok, sesuai dengan topik bahasan dan sub topik bahasan
    2. Mengkoleksi tumbuhan disekitar kampus yang termasuk dalam kelas dicotyledoneae sesuai dengan topik yang
    diberikan kepada masing-masing kelompok.
    3. Membuat deskripsi, determinasi dan fitografi dengan memanfaatkan google dan beberapa situs terkait untuk
    mengeksplorasi informasi tambahan (Penyebaran di dunia, manfaat bagi manusia dan lingkungan di berbagai
    negara)
    4. Melaporkan hasilnya secara online pada halaman/e-mail yang telah ditentukan.
    5. Upload paling lambat 30 Maret 2015.

    Minggu Ke : 13

    Kemampuan Akhir yang diharapkan :
    Mahasiswa mampu mengidentifikasi tumbuhan yang termasuk dalam kelas Monocotyledoneae, mengetahui pembagian kelas dan ciri umum & khusus kelas monocotyledoneae, memanfaatkan media pembelajaran secara online, melaporkan tugas secara online pada alamat/e-mail yang sudah ditentukan, mensimulasikan (mempresentasikan) tugas yang diberikan.

    Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) :
    Kelas Monocotyledoneae, Fitografi tumbuhan monocotyledoneae, sub kelas monocotyledoneae serta ciri umum dan ciri khusus (Liliaceae, Orchidaceae, Graminae, Arecaceae, dll), Penyebaran monocotyledoneae di dunia dan di Indonesia, jenis bermanfaat bagi manusia dan lingkungan.

    Bentuk Pembelajaran :
    Ceramah, Survey lapangan, Searching internet, Diskusi kelas, presentasi (simulasi)

    Waktu Belajar :
    150 menit

    Kriteria Penilaian (indikator) :
    Portofolio, Review jurnal, simulasi (Presentasi) hasil

    Bobot nilai :
    10% nilai tugas, 20% nilai Praktikum, 30% nilai UTS, 40% nilai UAS

    Tugas Mahasiswa :
    1. Peserta dibagi dalam 4 kelompok, sesuai dengan topik bahasan dan sub topik bahasan
    2. Mengkoleksi tumbuhan disekitar kampus yang termasuk dalam kelas monocotyledoneae sesuai dengan topik
    yang diberikan kepada masing-masing kelompok.
    3. Membuat deskripsi, determinasi dan fitografi dengan memanfaatkan google dan beberapa situs terkait untuk
    mengeksplorasi informasi tambahan (Penyebaran di dunia, manfaat bagi manusia dan lingkungan di berbagai
    negara)
    4. Melaporkan hasilnya secara online pada halaman/e-mail yang telah ditentukan.
    5. Upload paling lambat 7 April 2015.

    Komentar oleh Mahya Ihsan | Maret 27, 2015 | Balas

  6. Nama : Helga Dwi Fahyuan, S.Si., M.Si.
    Fakultas : Sains dan Teknologi
    Program studi : Fisika

    Mata Kuliah : Fisika Material
    Program studi : Fisika
    Semester : 4
    SKS : 3

    Minggu Ke : 9 – 10

    Kemampuan Akhir yang diharapkan :
    Mampu mempraktekkan, merincikan, menguji, menganalisis sifat material dan struktur internalnaya: Sifat listrik, sifat magnet, sifat optik, sifat termal dan sifat mekanik bahan.

    Bahan Kajian :
    Sifat material dan struktur internalnya: Sifat listrik, sifat magnet, sifat optik, sifat termal dan sifat mekanik bahan.

    Bentuk Pembelajaran :
    Bedah jurnal, praktek, diskusi, presentasi (simulasi)

    Waktu Belajar :
    2 x 150 menit

    Kriteria Penilaian (indikator) :
    Ketelitian, kerapian dalam bekerja di labor, ketepatan analisis, kelengkapan penyajian, kemampuan komunikasi, kemampuan kerja sama , simulasi (Presentasi) hasil

    Bobot nilai :
    10%

    Pedoman Mengerjakan Tugas :
    1. Peserta dibagi dalam 5 kelompok, masing-masing kelompok mencari satu jurnal internasional di bidang material
    2. Bedah jurnal tersebut, pelajari dan pahami.
    3. Praktekkan di labor dengan mengubah beberapa indikator dari jurnal tersebut.
    4. Lakukan bimbingan terstruktur dengan dosen pengampu.
    5. Lakukan diskusi kelompok untuk membahas hasil praktek saudara/i
    6. Sajikan dalam bentuk makalah dan buat PPT serta presentasikan di depan kelas.
    7. Makalah dan PPT dapat di upload di blok dosen pengampu, setelah dilakukan revisi.
    8. Dikumpul paling lambat 2 hari setelah presentasi dilakukan.

    Jambi, 27 Maret 2015
    Dosen Pengampu,

    Helga Dwi Fahyuan, S.Si., MSi.

    Komentar oleh Helga Dwi Fahyuan, S.Si., M.Si. | Maret 27, 2015 | Balas

  7. Nama : Bunga Permatasari, S.H., M.H.
    NIK : 201401082001
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Prodi Ilmu Pemerintahan
    Mata Kuliah Hukum Tata Negara

    Topik Bahasan : Konsep Dasar HTN
    Tujuan Pembelajaran Umum : Memahami Konsep Dasar HTN
    Tujuan pembelajaran khusus :
    1. Membedakan istilah HTN
    2. Merumuskan definisi HTN
    3.Menyebutkan ruang lingkup HTN
    4.Menyebutkan objek HTN
    Sub Pokok Bahasan:
    1. Istilah HTN
    2. Definisi HTN
    3.Ruang Lingkup HTN
    4.Objek HTN
    Proses pembelajaran : Ceramah dan diskusi
    Penugasan:
    1. Buatlah Bagan ruang lingkup HTN
    2. Cari definisi hukum tata negara menurut para ahli dan berikan analisa saudara.

    Topik Bahasan : Sumber HTN
    Tujuan Pembelajaran Umum : Menerapkan Sumber HTN dalam kasus hukum
    Tujuan pembelajaran khusus :
    1. Merumuskan definisi sumber HTN
    1. Menyebutkan beberapa sumber HTN
    2. Menjelaskan Sumber HTN Indonesia
    3. Mendekripsikan penerapan sumber HTN Indoneisa
    4. Memberikan contoh mengenai konvensi ketatanegaraan.
    Sub Pokok Bahasan :
    1. Definisi sumber HTN
    2.Beberapa Sumber HTN
    3.Sumber HTN Indonesia
    4. Konvensi Ketatanegaraan
    Proses pembelajaran : ceramah dan diskusi
    Penugasan:
    1. Cari kasus hukum tentang hak uji materiil peraturan perundang-undangan dan berikan analisa saudara terhadap kasus tersebut.

    Komentar oleh bunga Permatasari | Maret 27, 2015 | Balas

  8. Nama : Ira Kusuma Dewi,S.Si,M.T
    Fakultas : Sains dan Teknologi
    Program studi : Teknik Geofisika

    Mata Kuliah : Geologi Dasar
    Program studi : Teknik Geofisika
    Semester : 2
    SKS : 3
    Minggu Ke : 5

    Kemampuan Akhir yang diharapkan :
    Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis batuan beku, mengetahui proses terbentuknya batuan beku, mendeskripikan tekstur serta struktur dari batuan beku, Mengklasifikasi jenis-jenis batuan beku, memanfaatkan media pembelajaran secara online, melaporkan tugas secara online pada alamat/e-mail yang sudah ditentukan, mempresentasikan tugas yang diberikan.

    Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) :
    Batuan Beku :
    a. Tekstur
    b. Klasifikasi
    c. Struktur

    Bentuk Pembelajaran :
    Ceramah, Survey lapangan, Searching internet, Diskusi kelas, presentasi (simulasi)

    Waktu Belajar : 150 menit

    Kriteria Penilaian (indikator) : Portofolio, Review jurnal, Presentasi hasil

    Bobot nilai : nilai tugas 10 %

    Pedoman Mengerjakan Tugas :
    1. Peserta dibagi dalam 7 kelompok
    2. Carilah 1 jenis batuan beku untuk 1 kelompok
    3. Buatlah deskripsi ciri-ciri dari jenis batuan beku tersebut
    4. Deskripsi batuan ditampilkan dalam bentuk laporan
    5. Laporkan hasilnya secara online pada halaman/e-mail yang telah ditentukan.
    6. Upload paling lambat 2 April 2015.

    Minggu Ke : 6

    Kemampuan Akhir yang diharapkan :
    Mahasiswa mampu menjelaskan proses terjadinya sedimentasi pada batuan, mendeskripsikan batuan sedimen, menjelaskan klasifikasi batuan sedimen, menjelaskan struktur batuan sedimen, menjelaskan fasies dan lingkungan pengendapan dan memanfaatkan media pembelajaran secara online, melaporkan tugas secara online pada alamat/e-mail yang sudah ditentukan, mempresentasikan tugas yang diberikan.

    Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) :
    Batuan sedimen
    a. Proses Litifikasi dan Diagenesa
    b. Tekstur batuan sedimen
    c. Klasifikasi batuan sedimen
    d. Hukum pengendapan
    e. Struktur batuan sedimen
    f. Fosil

    Bentuk Pembelajaran :
    Ceramah, Survey lapangan, Searching internet, Diskusi kelas, presentasi (simulasi)

    Waktu Belajar :
    150 menit

    Kriteria Penilaian (indikator) :
    Portofolio, Review jurnal, Presentasi hasil

    Bobot nilai :
    nilai tugas 10%

    Tugas Mahasiswa :
    1. Peserta dibagi dalam 7 kelompok
    2. Carilah 1 jenis batuan sedimen untuk 1 kelompok
    3. Buatlah deskripsi ciri-ciri dari jenis batuan sedimen tersebut
    4. Deskripsi batuan ditampilkan dalam bentuk laporan
    5. Laporkan hasilnya secara online pada halaman/e-mail yang telah ditentukan.
    6. Upload paling lambat 2 April 2015

    Komentar oleh Ira Kusuma Dewi,S.Si,M.T | Maret 27, 2015 | Balas

  9. Nama : Mahya Ihsan
    Fakultas : Sains dan Teknologi
    Program studi : Biologi

    Mata Kuliah : Sistematika Tumbuhan Tinggi
    Program studi : Biologi
    Semester : 4
    SKS : 3

    Capaian Pembelajaran: Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup ilmu taksonomi, mendeskripsikan kepentingan ilmu taksonomi pada berbagai bidang ilmu lainnya, mengkomunikasikan cara meggunakan prosedur yang digunakan dalam identifikasi tumbuhan, membandingkan berbagai metode penggunaan kunci dalam identifikasi tumbuhan, mempraktekkan cara koleksi tumbuhan yang benar, mengidentifikasi dan mengklasifikasikan tumbuhan dengan benar serta membuat herbarium standar dari koleksi tumbuh-tumbuhan tersebut.

    Minggu Ke : 12

    Kemampuan Akhir yang diharapkan :
    Mahasiswa mampu mengidentifikasi tumbuhan yang termasuk dalam kelas Dicotyledoneae dan membedakannya dengan kelas Monocotyledoneae, mengetahui pembagian kelas dan ciri umum & khusus kelas dicotyledoneae, memanfaatkan media pembelajaran secara online, melaporkan tugas secara online pada alamat/e-mail yang sudah ditentukan, mensimulasikan (mempresentasikan) tugas yang diberikan.

    Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) :
    Kelas Dicotyledoneae, Fitografi tumbuhan dicotyledoneae, sub kelas dicotyledoneae serta ciri umum dan ciri khusus (Rosoideae dan Asteridae), Penyebaran dicotyledoneae di dunia dan di Indonesia, jenis bermanfaat bagi manusia dan lingkungan.

    Bentuk Pembelajaran :
    Ceramah, Survey lapangan, Searching internet, Diskusi kelas, presentasi (simulasi)

    Waktu Belajar :
    150 menit

    Kriteria Penilaian (indikator) :
    Portofolio, Review jurnal, simulasi (Presentasi) hasil

    Bobot nilai :
    10% nilai tugas, 20% nilai Praktikum, 30% nilai UTS, 40% nilai UAS

    Tugas Mahasiswa :
    1. Peserta dibagi dalam 4 kelompok, sesuai dengan topik bahasan dan sub topik bahasan
    2. Mengkoleksi tumbuhan disekitar kampus yang termasuk dalam kelas dicotyledoneae sesuai dengan topik yang diberikan kepada masing-masing kelompok.
    3. Membuat deskripsi, determinasi dan fitografi dengan memanfaatkan google dan beberapa situs terkait untuk mengeksplorasi informasi tambahan (Penyebaran di dunia, manfaat bagi manusia dan lingkungan di berbagai negara)
    4. Melaporkan hasilnya secara online pada halaman/e-mail yang telah ditentukan.
    5. Upload paling lambat 30 Maret 2015.

    Minggu Ke : 13

    Kemampuan Akhir yang diharapkan :
    Mahasiswa mampu mengidentifikasi tumbuhan yang termasuk dalam kelas Monocotyledoneae, mengetahui pembagian kelas dan ciri umum & khusus kelas monocotyledoneae, memanfaatkan media pembelajaran secara online, melaporkan tugas secara online pada alamat/e-mail yang sudah ditentukan, mensimulasikan (mempresentasikan) tugas yang diberikan.

    Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) :
    Kelas Monocotyledoneae, Fitografi tumbuhan monocotyledoneae, sub kelas monocotyledoneae serta ciri umum dan ciri khusus (Liliaceae, Orchidaceae, Graminae, Arecaceae, dll), Penyebaran monocotyledoneae di dunia dan di Indonesia, jenis bermanfaat bagi manusia dan lingkungan.

    Bentuk Pembelajaran :
    Ceramah, Survey lapangan, Searching internet, Diskusi kelas, presentasi (simulasi)

    Waktu Belajar :
    150 menit

    Kriteria Penilaian (indikator) :
    Portofolio, Review jurnal, simulasi (Presentasi) hasil

    Bobot nilai :
    10% nilai tugas, 20% nilai Praktikum, 30% nilai UTS, 40% nilai UAS

    Tugas Mahasiswa :
    1. Peserta dibagi dalam 4 kelompok, sesuai dengan topik bahasan dan sub topik bahasan
    2. Mengkoleksi tumbuhan disekitar kampus yang termasuk dalam kelas monocotyledoneae sesuai dengan topik yang diberikan kepada masing-masing kelompok.
    3. Membuat deskripsi, determinasi dan fitografi dengan memanfaatkan google dan beberapa situs terkait untuk mengeksplorasi informasi tambahan (Penyebaran di dunia, manfaat bagi manusia dan lingkungan di berbagai negara)
    4. Melaporkan hasilnya secara online pada halaman/e-mail yang telah ditentukan.
    5. Upload paling lambat 7 April 2015.

    Komentar oleh Mahya Ihsan | Maret 27, 2015 | Balas

  10. Nama : Boy Indrayana, S.Pd M.Pd
    Nim : 198112152008121001
    Fak : Ilmu Keolahragaan
    Jur : Pendidika Olahraga dan Kesehatan

    RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

    Mata Kuliah : Atletik Dasar
    Kode Mata Kuliah : Por
    SKS : 3
    Waktu Pertemuan : 3 x 50 menit
    Pertemuan ke- : 1

    A. Tujuan Instruksional
    1. Umum :
    1. Mahasiswa mampu menerapkan dan mengenal dasar-dasar gerakan Atletik dalam bentuk permainan.
    2. Mahasiswa mampu mengenal metode pembelajaran Atletik yang dimodifikasi yang disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangan anak.
    3. Mahasiswa mampu menerapkan teori dan peraktik pembelajaran Atletik di Sekolah Dasar

    2. Khusus : – Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian Atletik Dasar pada siswa Sekolah Dasar.

    B. Pokok Bahasan : – Pengertian dan Manfaat materi Atletik pada siswa Sekolah Dasar

    C. Sub Pokok Bahasan : – Pengertian Atletik Dasar
    – Tujuan Mempelajari Atletik Dasar

    D. Kegiatan Belajar Mengajar

    Tahap Kegiatan pengajar Kegiatan mahasiswa Evaluasi / Tugas Media dan alat pengajaran
    Pendahuluan • Perkenalan
    • Menjelaskan garis besar pelaksanaan perkuliahan menyangkut bobot SKS, waktu tatap muka, metode evaluasi, bobot penilaian, literatur, team teaching, dll.
    • Memaparkan pokok-pokok bahasan yang akan diberikan selama satu semester dan keterkaitan antara pokok-pokok bahasan tersebut
    • Memaparkan kompetensi dalam TIU dan TIK untuk pertemuan ke-1
    Memperhatikan

    Memperhatikan

    – Infokus

    Penyajian • Menjelaskan pengertian Atletik Dasar
    • Menjelaskan makna pengajaran Atletik Dasar.
    • Menjelaskan dan memperagai bentu-bentuk model pembelajaran dalam Atletik Dasar Pada gerak jalan, lari, yang sesuai dengana tingkatan kelas pada siswa SD Mengemukakan pendapat secara lisan

    Memperhatikan

    Memperhatikan

    Memperhatikan Merangkum model pembelajaran gerak dasar Jalan dan Lari Infokus

    Penutup • Menutup pertemuan :
    – Mengevaluasi (merangkum)
    – Tanya jawab (penilaian)
    – Penguatan (tugas)
    – Memberikan gambaran perkuliahan yang akan datang
    – Doa Meperhatikan dan merespon pertanyaan yang diberikan. Infokus

    RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

    Mata Kuliah : Atletik Dasar
    Kode Mata Kuliah : Por
    SKS : 3
    Waktu Pertemuan : 3 x 50 menit
    Pertemuan ke- : 2

    A. Tujuan Instruksional
    1. Umum :
    1. Mahasiswa mampu menerapkan dan mengenal dasar-dasar gerakan Atletik dalam bentuk permainan.
    2. Mahasiswa mampu mengenal metode pembelajaran Atletik yang dimodifikasi yang disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangan anak.
    3. Mahasiswa mampu menerapkan teori dan peraktik pembelajaran Atletik di Sekolah Dasar

    2. Khusus : – Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian Atletik pada siswa Sekolah Dasar

    B. Pokok Bahasan : – Dasar gerakan jalan dan lari

    C. Sub Pokok Bahasan : – Jalan/Lari kedepan
    – Jalan/Lari kebelakang
    – Lari angkat paha
    – Jalan/lari silang ke samping
    – Lari langkah kuda
    – Jalan/lari membawa benda
    – Jalan/lari lintasan berkelok
    – Jalan/lari naik turun tangga.

    D. Kegiatan Belajar Mengajar

    Tahap Kegiatan pengajar Kegiatan mahasiswa Evaluasi / Tugas Media dan alat pengajaran
    Pendahuluan • Doa
    • Mengabsensi
    • Menjelaskan pokok bahasan dari materi gerak dasar dalam Atletik Dasar
    • Pemanasan
    – Joging
    – Statis
    – Dinamis
    Memperhatikan

    Memperhatikan

    – Infokus

    Penyajian • Menjelaskan perinsip dasar gerak pada siswa SD kelas rendah (I dan II)
    • Menberikan contoh gerakan dasar jalan, dan lri,
    • Memberikan variasi gerakan dasar jalan dan lari dengan menggunakan media
    • Memberikan bentuk permainan yang sesuai dengan gerak dasar jalan dan lari. Mendengrkan dan memperhatikan.
    Melakukan serta mendemonstrasikan gerakan dengan cara berkelompok

    Merangkum model pembelajaran gerak dasar Jalan dan Lari dalam bentuk video dan gambar – Kardus
    – Kun
    – Kayu palang
    – Bendera
    – Ban bekas

    Penutup • Menutup pertemuan :
    – Mengevaluasi (merangkum)
    – Tanya jawab (penilaian)
    – Penguatan (tugas)
    – Memberikan gambaran perkuliahan yang akan datang
    – Doa Meperhatikan dan merespon pertanyaan yang diberikan.

    Komentar oleh boyindrayana | Maret 27, 2015 | Balas

  11. Dosen Pengampu Matakuliah : Alek Oktadinata, S. Pd, M. Pd
    Prodi : Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
    Fakultas : Ilmu Keolahragaan
    Matakuliah : Pencak Silat
    Topik : 1. Sejarah dan Perkembangan Pencak Silat
    2. Belaan Dasar dan Serangan Tangan
    Topik 1. Sejarah dan Perkembangan Pencak Silat
    1.Materi matakuliah
    a.Sejarah awal mula terbentuknya pencak silat
    b.Perkembangan pencak silat pada jaman kerajaan nusantara
    c.Perkembangan pencak silat pada jaman penjajahan
    d.Perkembangan pecak silat setelah kemerdekaan Indonesia samapi dengan sekarang

    2.Tujuan Perkuliahan
    a.Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah awal mula terbentuknya pencak silat
    b.Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan pencak silat pada jaman kerajaan nusantara
    c.Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan pencak silat pada jaman penjajahan
    d.Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan pecak silat setelah kemerdekaan Indonesia samapi dengan sekarang

    3.Tugas mahasiswa dalam pertemuan ini adalah
    a.Mahasiswa mencari informasi tentang sejarah olahraga pencak siilat dan perkembangan olahraga pencak silat di Indonesia.
    b.Mahasiswa berdiskusi untuk menyimpulkan sejarah olahraga pencak siilat dan perkembangan olahraga pencak silat di Indonesia
    c.Mahasiswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok

    4.Kegiatan Mahasiswa
    a.Mahasiswa mencari literatur atau reverensi tentang sejarah olahraga pencak silat di Indonesia dan perkembangan olaharga pencak silat baik melalui media online maupun media cetak.
    b. Mahasiswa membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 2-3 orang dan belajar secara inquri untuk menyimpulkan sejarah olahraga pencak siilat dan perkembangan olahraga pencak silat di Indonesia

    Topik 2. Belaan Dasar dan Serangan Tangan
    1.Materi matakuliah Belaan dasar pencak silat
    a.Tangkisan (dalam, luar, bawah, dan atas)
    b.Hindaran (belakang, sisi/ samping, dan serong)
    c.Elakan (belakang, sisi/ samping, atas, dan bawah)

    2.Tujuan Perkuliahan
    Mahasiswa dapat menjelaskan dan melakukan gerakan belaan dasar pencak silat yang meliputi tangkisan, hindaran, dan elakkan.
    3.Tugas mahasiswa dalam pertemuan ini adalah
    Mahasiswa melakukan latihan belaan dasar pencak silat (tangkisan, hindaran, dan elakkan).
    4.Kegiatan Mahasiswa
    a.Mahasiswa mencari literatur atau reverensi tentang belaan dasar pencak silat baik melalui media online maupun media cetak.
    b.Mahasiswa membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 2-3 orang dan belajar secara inquri dalam latihan dasar pencak silat (tangkisan, hindaran, dan elakkan)

    Komentar oleh Alek Oktadinata | Maret 27, 2015 | Balas

  12. Nama peserta : Ave Olivia Rahman
    Fakultas Kedokteran & Ilmu Kesehatan
    Prodi Pendidikan Dokter

    1. TUGAS MATA KULIAH : INTERAKSI OBAT
    Tugas ini untuk mahasiswa yang mengikuti blok 2.3 TA 2014/2015
    Tujuan Pembelajaran : mahasiswa memahami dan menganalisis mekanisme interaksi obat yang dapat terjadi.

    Petunjuk :
    a. Buatlah makalah mengenai mekanisme interaksi antara dua obat. Pilihlah dua obat yang akan dikaji interaksinya.
    b. Tugas ini merupakan tugas individual.
    c. Pasangan obat yang sudah dipilih oleh seorang mahasiswa, tidak boleh dijadikan tema oleh mahasiswa lainnya.
    d. Tuliskan daftar pustaka yang digunakan sebagai sumber penulisan. Sumber berasal dari sumber-sumber yang bersifat ilmiah.
    e. Tuliskan nama dan NIM anda secara lengkap dan benar
    f. Paling lambat dikumpulkan/upload TGL 10 APRIL 2015.

    SELAMAT MENGERJAKAN!!
    SALAM SUKSES

    2. TUGAS MATA KULIAH : PENGOBATAN RASIONAL
    Tugas ini untuk mahasiswa yang mengikuti blok 2.3 TA 2014/2015
    Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa memahami dan menganalisis perbedaan pengobatan rasional dan irasional.

    Petunjuk :
    a. Buatlah makalah dengan tema pengobatan rasional dan kajian salah satu contoh pengobatan irasional.
    b. Tugas ini merupakan tugas kelompok. Bentuklah kelompok dengan anggota 5—7 orang per kelompok.
    c. Tuliskan daftar pustaka yang digunakan sebagai sumber penulisan. Sumber berasal dari sumber-sumber yang bersifat ilmiah.
    d. Tuliskan nama dan NIM anggota kelompok dengan lengkap dan benar.
    e. Tugas dikumpulkan/upload paling lambat dikumpulkan tgl 30 april 2015.

    SELAMAT MENGERJAKAN!!
    SALAM SUKSES

    Komentar oleh ave olivia | Maret 27, 2015 | Balas

  13. Nama : Riri Maria Fatriani, S.Sos., M.Si
    Prodi : Ilmu Pemerintahan
    Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Mata Kuliah : Sistem Politik Indonesia

    PERTEMUAN I

    Topik Bahasan : Mekanisme Kerja Sistem Politik David Easton
    Tujuan Pembelajaran : Pada akhir pertemuan mahasiswa
    • Menjelaskan defenisi sistem politik menurut David Easton
    • Menjelaskan mekanisme sistem politik menurut David Easton
    • Menguraikan unsur-unsur dari sistem politik David Easton

    Deskripsi singkat : Dalam pertemuan ini mahasiswa akan mempelajari defenisi sistem politik D. Easton, Mekanisme Sistem Politik D. Easton dan Unsur-unsur dari sistem politik D. Easton. Informasi ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang Defenisi Sistem Politik D. Easton dan Mekanisme Sistem Politik D.Easton

    Bahan Bacaan
    David Easton, 1988, Kerangka Kerja Analisis sistem politik , Bina Aksara
    Arbi Sanit, 2002, Sistem Politik Indonesia, Rajawali, Jakarta.
    Mochtar Mas’oed dan Colin Mac Andrew (Eds), 1982, Perbandingan Sistem Politik, Gadjah Mada Univessity Press, Yogyakarta.

    Bacaan Tambahan
    Nazaruddin Sjamsuddin, 1993, Dinamika Sistem Politik Indonesia, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
    Rusadi Kantaprawira, 1980, Sistem Politik Indonesia: Suatu Model Pengantar, Sinar Baru, Bandung.
    S.P. Varma, 1999, Teori Politik Modern, Rajawali Press, Jakarta.

    Pertanyaan
    • Apa definisi Sistem Politik menurut D. Easton ?
    • Apa saja unsur-unsur Sistem Politik D. Easton ?
    • Bagaimana mekanisme Sistem Politik D. Easton ?

    Tugas
    • Buatlah Resume bacaan tentang Sistem Politik
    • Cari Jurnal Ilmiah mengenai Sistem Politik
    • Tugas Individu
    • Tugas tersebut di unggah hanya melalui halaman ini saja
    • Paling lambat tugas di unggah pada tanggal 17 April 2015

    Cara Penyelesaian Tugas
    • Memperhatikan materi yang dosen jelaskan
    • Menuliskan setiap sumber yang jelas jika mengutip dari buku, atau karya ilmiah lainnya
    • Membaca kembali buku atau referensi yang relevan tentang sistem politik
    • Mencari informasi tentang Jurnal Ilmiah Sistem Politik melalui internet
    • Mengumpulkan tugas tepat waktu

    PERTEMUAN II

    Topik Bahasan : Analisa Dimensi Sistem Politik
    Tujuan Pembelajaran : Pada akhir pertemuan mahasiswa
    • Menjelaskan Struktur politik
    • Menguraikan Fungsi dari setiap dimensi sistem politik
    • Menganalisis Dimensi Sistem Politik

    Deskripsi singkat : Dalam pertemuan ini mahasiswa akan menjelaskan struktur politik, fungsi sistem politik dan menganalisis dimensi sistem politik. Informasi ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang menganalisa Dimensi Sistem Politik.

    Bahan Bacaan
    David Easton, 1988, Kerangka Kerja Analisis sistem politik , Bina Aksara
    Chilcote, Ronald H., 2007, Teori Perbandingan Politik, PT. Rajagrafindo Persada
    Mochtar Mas’oed dan Colin Mac Andrew (Eds), 1982, Perbandingan Sistem Politik, Gadjah Mada Univessity Press, Yogyakarta.

    Bacaan Tambahan
    Nazaruddin Sjamsuddin, 1993, Dinamika Sistem Politik Indonesia, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
    S.P. Varma, 1999, Teori Politik Modern, Rajawali Press, Jakarta.

    Pertanyaan
    • Apa saja struktur Sistem Politik ?
    • Bagaimana fungsi Sistem Politik ?
    • Bagaimana analisis dimensi Sistem Politik ?

    Tugas
    • Buatlah Resume bacaan tentang analisis Sistem Politik
    • Cari Jurnal Ilmiah mengenai Analisis Dimensi Sistem Politik
    • Tugas ini sifatnya individu
    • Tugas tersebut dirangkum dalam presentasi menggunakan media power point
    • Tugas di unggah pada halaman ini saja
    • Tugas dikumpulkan paling lambat tanggal 24 April 2015

    Cara Penyelesaian Tugas
    • Memperhatikan materi yang dosen jelaskan
    • Menuliskan setiap sumber yang jelas jika mengutip dari buku, atau karya ilmiah lainnya
    • Membaca kembali buku atau referensi yang relevan tentang sistem politik
    • Mencari informasi tentang Jurnal Ilmiah Sistem Politik melalui internet
    • Mengumpulkan tugas tepat waktu

    Terima kasih
    Salam Sejahtera Pak JO….

    Komentar oleh Riri Maria | Maret 27, 2015 | Balas

  14. Nama : Niken Rarasati
    Fakultas : Sains dan Teknologi
    Program Studi : Matematika
    Mata Kuliah : Logika Matematika

    Pertemuan 1

    Tujuan Pembelajaran
    Mahasiswa menjelaskan definisi himpunan, membedakan himpunan dan bukan himpunan, merumuskan notasi pembentuk himpunan dan interval dengan baik dan benar, membandingkan himpunan hingga dan tak hingga, menentukan himpunan semesta yang mungkin dari beberapa himpunan yang ada (yang diberikan), membentuk solusi dari persamaan dan pertidaksamaan yang terdapat pada suatu interval.

    Bahan Kajian : Konsep Dasar Himpunan

    TUGAS
    1. Buatlah resume dari bahan kajian pertemuan 1.
    2. Buatlah resume tentang relasi antar himpunan dan berikan contohnya.
    3. Tuliskan daftar pustaka yang digunakan sebagai sumber penulisan.
    4. Tugas ini merupakan tugas individu.
    5. Tuliskan nama dan NIM anda secara lengkap dan benar.
    6. Tugas diunggah pada halaman ini paling lambat tanggal 5 April 2015.

    Pertemuan 2

    Tujuan Pembelajaran (Akhir Pertemuan):

    Mahasiswa menjelaskan definisi subset dan superset, menentukan subset yang mungkin dari suatu himpunan, menerangkan definisi subset sejati, membandingkan subset sejati dan bukan subset sejati, membuktikan dua buah himpunan dikatakan sama, menentukan himpunan kuasa dari suatu himpunan, membuktikan suatu pernyataan tentang relasi antar himpunan.

    Bahan Kajian : Relasi Antar Himpunan

    TUGAS
    1. Kerjakan Latihan Bab 7 pada buku Bridge to Abstract Mathematics, Ronald P. Morash. No: 1-9. Hal: 234-235.
    2. Tugas ini merupakan tugas kelompok yang beranggotakan 3 orang. Tentukan ketua dari tiap kelompok.
    3. Tuliskan nama dan NIM anggota kelompok secara lengkap dan benar.
    4. Tugas dikirim ke email yang telah ditentukan paling lambat tanggal 20 April 2015.

    Komentar oleh Niken Rarasati | Maret 28, 2015 | Balas

  15. Nama : Dr. Novalina, SP, MSi
    Prodi : Agroekoteknologi
    Fakultas : Pertanian
    Mata Kuliah : Rancangan Penelitian

    Pertemuan 2 :
    Topik Bahasan : Konsep Dasar Penelitian Percobaan
    Deskripsi singkat: Dalam pertemuan ini akan dibahas tentang ciri dasar penelitian percobaan, 3 hal penting pada penelitian percobaan (perlakuan, respon, kondisi lingkungan-keadaan obyek penelitian), unsur-unsur utama rancangan percobaan, jenis-jenis rancangan percobaan, ciri perancangan percobaan yang baik dan cara merancang suatu percobaan.
    Tujuan Perkuliahan : Pada akhir pertemuan ini diharapkan mahasiswa dapat:
    1. Membedakan penelitian percobaan dengan jenis penelitian lainnya
    2. Menjabarkan tentang rancangan perlakuan, rancangan respon, rancangan lingkungan
    3. Menguraikan tentang unsur utama rancangan percobaan
    4. Menjelaskan jenis-jenis rancangan percobaan
    5. Menerapkan langkah-langkah merancang suatu percobaan

    Bahan Bacaan :
    Gaspersz, V. 1991. Metode Perancangan Percobaan untuk Ilmu-ilmu Pertanian, Teknik dan Biologi. Armico. Bandung
    Steel R.G.D, J. H. Torrie. 1993. Prinsip dan Prosedur Statistika. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
    Sudjana. 1996. Metode Statistika. Tarsito. Bandung

    Bahan Tambahan : Berbagai sumber dari internet

    Tugas :
    1. Setiap mahasiswa membuat resume tentang keterkaitan latar belakang masalah dengan perlakuan dan respon
    2. Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok membuat satu usulan penelitian percobaan dengan kerangka tulisan sebagai berikut:
    Bab I. Pendahuluan
    a. Latar Belakang
    b. Perumusan Masalah
    c. Hipotesis
    d. Tujuan Penelitian

    Bab II Metodologi Penelitian
    a. Tempat Penelitian : (Laboratorium/Rumah Kaca/Lapangan)
    b. Bahan dan Alat
    c. Metodologi Penelitian : Perlakuan, Rancangan Percobaan (RAL/RAK), Variabel yang diamati
    d. Denah Percobaan

    Tugas dikumpulkan dan dipresentasikan di kelas pada pertemuan ke-5

    Cara Penyelesaian Tugas:
    • Membuat ringkasan materi
    • Melakukan observasi, bertanya pada kakak kelas dan banyak membaca (buku, jurnal dan sumber dari internet)
    • Diskusi
    • Presentasi

    Pertemuan 3
    Topik Bahasan : Rancangan Acak Lengkap
    Deskripsi singkat : Dalam pertemuan ini akan dibahas tentang kelebihan dan kekurangan RAL; pengacakan dan denah rancangan untuk RAL; model linier, tabulasi data dan analisis ragam untuk RAL; asumsi-asumsi pokok yang mendasari analisis ragam dan teladan penerapan.
    Tujuan Perkuliahan : Pada akhir pertemuan ini diharpakan mahasiswa dapat:
    1. Menjelaskan kelebihan dan kekurangan RAL
    2. Mendemonstrasikan proses pengacakan dengan sistem undian, tabel acak dan Microsoft Excell
    3. Menuliskan dan menguraikan model linier untuk RAL
    4. Membuat tabulasi data untuk RAL
    5. Melakukan analisis ragam baik secara manual maupun dengan SPSS
    6. Membuat tabel sidik ragam dan penarikan kesimpulan

    Tugas : Mahasiswa secara berkelompok diberikan contoh data penelitian RAL dan ditugaskan untuk melakukan analisis ragam secara manual dan dengan SPSS pada contoh data yang diberikan (setiap kelompok diberikan contoh data yang berbeda).

    Cara penyelesaian tugas ;
    1. Membuat catatan penting dari materi yang disampaikan dosen
    2. Mempraktekkan ketika diberikan contoh data
    3. Diskusi kelompok
    4. Install SPSS pada laptop masing-masing mahasiswa sebelum pertemuan ke-3

    Bahan Bacaan :
    Gaspersz, V. 1991. Metode Perancangan Percobaan untuk Ilmu-ilmu Pertanian, Teknik dan Biologi. Armico. Bandung
    Steel R.G.D, J. H. Torrie. 1993. Prinsip dan Prosedur Statistika. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
    Sudjana. 1996. Metode Statistika. Tarsito. Bandung

    Bahan Tambahan : Berbagai sumber dari internet
    Manual SPSS

    Komentar oleh Dr. Novalina, SP, MSi | Maret 28, 2015 | Balas

  16. Nama : Sri Mulyati, S.Si., M.Si.
    Fakultas : Sains dan Teknologi
    Program studi : Fisika
    Mata Kuliah : Fisika Material

    Program studi : Fisika
    Semester : 4
    SKS : 3

    Minggu Ke : 6 – 7

    Tujuan Pembelajaran :
    Mahasiswa mampu mengkomunikasikan, menjelaskan, menganalisis dan terampil memilah struktur defect dalam material.

    Bentuk Pembelajaran :
    Bedah jurnal, praktek, diskusi, presentasi (simulasi)
    Waktu Belajar :
    2 x 150 menit

    Bobot Nilai: 10%

    Kriteria Penilaian :
    Ketelitian, kerapian dalam bekerja di labor, ketepatan analisis, kelengkapan penyajian, kemampuan komunikasi, kemampuan kerja sama , simulasi (Presentasi) hasil

    Memberi perintah :
    1. Peserta dibagi dalam 6 kelompok, masing-masing kelompok mencari satu jurnal di bidang material.
    2. Bedah jurnal tersebut, pelajari dan pahami.
    3. Praktekkan di labor dengan mengubah beberapa variabel dari jurnal tersebut.
    4. Lakukan bimbingan terstruktur dengan dosen pengampu.
    5. Sajikan dalam bentuk makalah dan buat PPT serta presentasikan di depan kelas.
    6. Makalah dan PPT dapat di kirim ke halaman/email dosen pengampu.
    7. Kirim paling lambat tanggal 11 April.

    Komentar oleh Sri Mulyati | Maret 28, 2015 | Balas

  17. Nama : Dwi Nurul Amalia SP.,M.Si
    Prodi : Agribisnis
    Fakultas : Pertanian
    Mata Kuliah : Ekonomi Pertanian

    Pertemuan I
    A. Topik Bahasan : Peranan sumber daya alam dalam pengembangan pertanian

    B. Tujuan pembelajaran umum : Mahasiswa mampu menjelaskan peranan sumber alam dalam pengembangan pertanian

    C. Tujuan pembelajaran khusus :
    1. Mahasiswa dapat menggambarkan peranan tanah dalam pengembangan pertanian
    2. Mahasiswa dapat menjelaskan peranan iklim dalam pengembangan pertanian
    3. Mahasiswa dapat menganalisis peranan air dalam pengembangan pertanian
    4. Mahasiswa dapat menguraikan beberapa permasalahan SDA dalam pengembangan pertanian

    D. Sub Pokok Bahasan
    1. Peranan tanah dalam pengembangan pertanian
    2. Peranan iklim dalam pengembangan pertanian
    3. Peranan air dalam pengembangan pertanian
    4. Permasalahan SDA dalam pengembangan pertanian

    E. Proses pembelajaran ;
    Mahasiswa menyimak penjelasan dosen, berdiskusi, mengadakan tanya jawab dan menganalisis permasalahan SDA dalam pengembangan pertanian
    F. Tugas
    1. Review jurnal tentang pengelolaan SDA yang mendukung eco-green dalam pembangunan pertanian
    2. Buatlah diagram alur tahap pengelolaan SDA dalam mendukung eco-green dalam pembangunan pertanian

    G. Cara penyelesaian tugas
    1. Menyimak materi dari dosen pengampu
    2. Membaca referensi yang diberikan
    3. Mencari 1 (satu) jurnal ilmiah pada laman https://search.ebscohost.com/ tentang pengelolaan SDA yang mendukung eco-green
    4. Mereview jurnal dengan menambahkan teori dan membandingkan dengan jurnal lain terkait
    5. Membuat diagram alur berdasarkan referensi dan jurnal yang telah di review

    Pertemuan II
    A. Topik Bahasan : Permintaan dan penawaran hasil pertanian

    B. Tujuan pembelajaran umum : Mahasiswa mampu menjelaskan konsep permintaan dan penawaran hasil pertanian

    C. Tujuan pembelajaran khusus :
    1. Mahasiswa dapat menganalisis konsep permintaan dan penawaran hasil pertanian
    2. Mahasiswa dapat menggambarkan kurva permintaan dan penawaran hasil pertanian
    3. Mahasiswa dapat menjelaskan mekanisme pasar produk pertanian
    4. Mahasiswa dapat menentukan tingkat harga pasar komoditi pertanian

    D. Sub Pokok Bahasan
    1. Konsep permintaan dan penawaran hasil pertanian
    2. Kurva permintaan dan penawaran hasil pertanian
    3. Mekanisme pasar produk pertanian
    4. Tingkat harga pasar komoditi pertanian

    E. Proses pembelajaran ;
    Mahasiswa menyimak penjelasan dosen, berdiskusi, mengadakan tanya jawab dan menganalisis mekanisme pasar produk pertanian menggunakan konsep permintaan dan penawaran
    F. Tugas
    Buatlah kurva permintaan komoditi jagung Provinsi Jambi tahun 2014 menggunakan data jumlah produksi dan harga jagung bulanan dari laman : http://jambiprov.go.id/images/jambi_angka/2202jda2014_bab5.pdf

    G. Cara penyelesaian tugas
    1. Menyimak materi dari dosen pengampu
    2. Membaca referensi yang diberikan
    3. Mendownload data jumlah produksi dan harga jagung bulanan dari laman :
    http://jambiprov.go.id/images/jambi_angka/2202jda2014_bab5.pdf
    4. Membuat kurva permintaan komoditi jagung Provinsi Jambi tahun 2014 menggunakan data diatas
    5. Menginterpretasi kurva permintaan menggunakan konsep dari referensi terkait

    H. Bahan bacaan
    1. Rahim. A dan Hastuti, D.R.D. 2007. Pengantar, Teori, dan Kasus Ekonomi
    Pertanian. Seri Agriwawasan. PT. Penebar Swadaya. Jakarta.
    2. Soekartawi (2005), Ekonomi Pertanian: Teori dan Aplikasi, Rajawali Press,
    Jakarta.
    3. Mubyarto. 1991. Sumber Daya Alam Untuk Pertanian. LP3ES. Jakarta

    Komentar oleh Dwi Nurul Amalia | Maret 28, 2015 | Balas

  18. Tugas : ICT
    Nama : Nofrans Eka Saputra
    NIP : 19841112201401002
    Fakultas : Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
    Program studi : Psikologi

    Mata Kuliah : Psikologi Perkembangan
    Program studi : Psikologi
    Semester : 1
    SKS : 3

    Capaian Pembelajaran: Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup psikologi perkembangan yaitu pertumbuhan dan perekmbangan, membandingkan berbagai pendekatan psikologi perkembangan menurut para ahli, membandingkan berbagai metode penelitian psikologi perkembangan, mempraktekkan cara memberikan diagnosa gangguan perkembangan

    Minggu Ke : 13

    Kemampuan Akhir yang diharapkan :
    Mahasiswa mampu mengidentifikasi perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan, mengetahui perbedaan tahapan perkembangan menurut Freud, Piaget, dan Erikson, memanfaatkan media pembelajaran secara online, melaporkan tugas secara online pada alamat/e-mail yang sudah ditentukan, mensimulasikan (mempresentasikan) tugas yang diberikan.

    Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) :
    Ruanglingkup pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis, tahapan erogeunous zone, tahapan psikososial, tahapan kognitif.

    Bentuk Pembelajaran :
    Diskusi kelas, Survey lapangan, Searching internet, presentasi (simulasi)

    Waktu Belajar :
    150 menit

    Kriteria Penilaian (indikator) :
    Portofolio, Review jurnal, simulasi (Presentasi) hasil

    Bobot nilai :
    10% nilai tugas, 20% nilai Praktikum, 30% nilai UTS, 40% nilai UAS

    Tugas Mahasiswa :
    1. Peserta dibagi dalam 4 kelompok, sesuai dengan topik bahasan dan sub topik bahasan
    2. Mengkoleksi tumbuhan disekitar kampus yang termasuk dalam kelas dicotyledoneae sesuai dengan topik yang diberikan kepada masing-masing kelompok.
    3. Membuat deskripsi, analisa, assessment / diagnosa dengan memanfaatkan google dan beberapa situs terkait untuk mengeksplorasi informasi tambahan
    4. Melaporkan hasilnya secara online pada halaman/e-mail yang telah ditentukan.
    5. Upload paling lambat 28 April 2015.

    Minggu Ke : 14

    Kemampuan Akhir yang diharapkan :
    Mahasiswa mampu mengidentifikasi gangguan perkembangan khas, mengetahui teknik prevensi dan intervensi gangguan perkembangan, memanfaatkan media pembelajaran secara online, melaporkan tugas secara online pada alamat/e-mail yang sudah ditentukan, mensimulasikan (mempresentasikan) tugas yang diberikan.

    Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) :
    Gangguan perkembangan retardasi mental, autism, hiperaktifitas, gangguan bicara, serta ciri umum dan ciri khusus yang dimiliki penderita, prevensi dan intervensi seperti terapi kognitif dan perilaku, treatment neurobehaviour.

    Bentuk Pembelajaran :
    Ceramah, Survey lapangan, Searching internet, Diskusi kelas, presentasi (simulasi)

    Waktu Belajar :
    150 menit

    Kriteria Penilaian (indikator) :
    Portofolio, Review jurnal, simulasi (Presentasi) hasil

    Bobot nilai :
    10% nilai tugas, 20% nilai Praktikum, 30% nilai UTS, 40% nilai UAS

    Tugas Mahasiswa :
    1. Peserta dibagi dalam 4 kelompok, sesuai dengan topik bahasan dan sub topik bahasan
    2. Melakukan survey ke sekolah luar biasa dengan melakukan observasi sesuai topik yang diberikan kepada masing-masing kelompok.
    3. Membuat deskripsi, assessment/ diagnosa dan bentuk prevensi dan intervensi dengan memanfaatkan google dan beberapa situs terkait untuk mengeksplorasi informasi tambahaan
    4. Melaporkan hasilnya secara online pada halaman/e-mail yang telah ditentukan.
    5. Upload paling lambat 30 April 2015.

    Komentar oleh Nofrans Eka Saputra | Maret 28, 2015 | Balas

  19. Nama : Niken Rarasati
    Fakultas : Sains dan Teknologi
    Program Studi : Matematika
    Mata Kuliah : Logika Matematika

    Pertemuan 1
    Tujuan Pembelajaran
    Mahasiswa menjelaskan definisi himpunan, membedakan himpunan dan bukan himpunan, merumuskan notasi pembentuk himpunan dan interval dengan baik dan benar, membandingkan himpunan berhingga dan tak berhingga, menentukan himpunan semesta yang mungkin dari beberapa himpunan yang ada (yang diberikan), membentuk solusi dari persamaan dan pertidaksamaan yang terdapat pada suatu interval.
    Bahan Kajian
    Konsep Dasar Himpunan
    TUGAS
    1. Buatlah resume dari bahan kajian pertemuan 1.
    2. Buatlah resume tentang relasi antar himpunan dan berikan contohnya.
    3. Tuliskan daftar pustaka yang digunakan sebagai sumber penulisan.
    4. Tugas ini merupakan tugas individu.
    5. Tuliskan nama dan NIM anda secara lengkap dan benar.
    6. Tugas diunggah pada halaman ini paling lambat tanggal 5 April 2015.

    Pertemuan 2
    Tujuan Pembelajaran (Akhir Pertemuan)
    Mahasiswa menjelaskan definisi subset dan superset, menentukan subset yang mungkin dari suatu himpunan, menerangkan definisi subset sejati, membandingkan subset sejati dan bukan subset sejati, membuktikan dua buah himpunan dikatakan sama, menentukan himpunan kuasa dari suatu himpunan, membuktikan suatu pernyataan tentang relasi antar himpunan.

    Bahan Kajian
    Relasi Antar Himpunan
    TUGAS
    1. Kerjakan Latihan Bab 7 pada buku Bridge to Abstract Mathematics, Ronald P. Morash. No: 1-9. Hal: 234-235.
    2. Tugas ini merupakan tugas kelompok yang beranggotakan 3 orang. Tentukan ketua dari tiap kelompok.
    3. Tuliskan nama dan NIM anggota kelompok secara lengkap dan benar.
    4. Tugas dikirim ke email yang telah ditentukan paling lambat tanggal 20 April 2015.

    Komentar oleh Niken Rarasati | Maret 28, 2015 | Balas

  20. Tugas : ICT
    Nama : Nofrans Eka Saputra
    NIP : 19841112201401002
    Fakultas : Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
    Program studi : Psikologi

    Mata Kuliah : Psikologi Perkembangan
    Program studi : Psikologi
    Semester : 1
    SKS : 3

    Capaian Pembelajaran: Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup psikologi perkembangan yaitu pertumbuhan dan perekmbangan, membandingkan berbagai pendekatan psikologi perkembangan menurut para ahli, membandingkan berbagai metode penelitian psikologi perkembangan, mempraktekkan cara memberikan diagnosa gangguan perkembangan

    Minggu Ke : 13

    Kemampuan Akhir yang diharapkan :
    Mahasiswa mampu mengidentifikasi perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan, mengetahui perbedaan tahapan perkembangan menurut Freud, Piaget, dan Erikson, memanfaatkan media pembelajaran secara online, melaporkan tugas secara online pada alamat/e-mail yang sudah ditentukan, mensimulasikan (mempresentasikan) tugas yang diberikan.

    Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) :
    Ruanglingkup pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis, tahapan erogeunous zone, tahapan psikososial, tahapan kognitif.

    Bentuk Pembelajaran :
    Diskusi kelas, Survey lapangan, Searching internet, presentasi (simulasi)

    Waktu Belajar :
    150 menit

    Kriteria Penilaian (indikator) :
    Portofolio, Review jurnal, simulasi (Presentasi) hasil

    Bobot nilai :
    10% nilai tugas, 20% nilai Praktikum, 30% nilai UTS, 40% nilai UAS

    Tugas Mahasiswa :
    1. Peserta dibagi dalam 4 kelompok, sesuai dengan topik bahasan dan sub topik bahasan
    2. Mengkoleksi tumbuhan disekitar kampus yang termasuk dalam kelas dicotyledoneae sesuai dengan topik yang diberikan kepada masing-masing kelompok.
    3. Membuat deskripsi, analisa, assessment / diagnosa dengan memanfaatkan google dan beberapa situs terkait untuk mengeksplorasi informasi tambahan
    4. Melaporkan hasilnya secara online pada halaman/e-mail yang telah ditentukan.
    5. Upload paling lambat 28 April 2015.

    Minggu Ke : 14

    Kemampuan Akhir yang diharapkan :
    Mahasiswa mampu mengidentifikasi gangguan perkembangan khas, mengetahui teknik prevensi dan intervensi gangguan perkembangan, memanfaatkan media pembelajaran secara online, melaporkan tugas secara online pada alamat/e-mail yang sudah ditentukan, mensimulasikan (mempresentasikan) tugas yang diberikan.

    Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) :
    Gangguan perkembangan retardasi mental, autism, hiperaktifitas, gangguan bicara, serta ciri umum dan ciri khusus yang dimiliki penderita, prevensi dan intervensi seperti terapi kognitif dan perilaku, treatment neurobehaviour.

    Bentuk Pembelajaran :
    Ceramah, Survey lapangan, Searching internet, Diskusi kelas, presentasi (simulasi)

    Waktu Belajar :
    150 menit

    Kriteria Penilaian (indikator) :
    Portofolio, Review jurnal, simulasi (Presentasi) hasil

    Bobot nilai :
    10% nilai tugas, 20% nilai Praktikum, 30% nilai UTS, 40% nilai UAS

    Tugas Mahasiswa :
    1. Peserta dibagi dalam 4 kelompok, sesuai dengan topik bahasan dan sub topik bahasan
    2. Melakukan survey ke sekolah luar biasa dengan melakukan observasi sesuai topik yang diberikan kepada masing-masing kelompok.
    3. Membuat deskripsi, assessment/ diagnosa dan bentuk prevensi dan intervensi dengan memanfaatkan google dan beberapa situs terkait untuk mengeksplorasi informasi tambahaan
    4. Melaporkan hasilnya secara online pada halaman/e-mail yang telah ditentukan.
    5. Upload paling lambat 30 April 2015.

    Komentar oleh Nofrans Eka Saputra | Maret 28, 2015 | Balas

  21. Nama : Dhigna Luthfiyani Citra Pradana
    Fakultas : Sains dan Teknologi
    Program studi : Farmasi

    Mata Kuliah : Anatomi dan Fisiologi Manusia I
    Program studi : Farmasi
    Semester : 2
    SKS : 2

    Capaian Pembelajaran: Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi sel, mekanisme aktivitas sel, peran sel dalam potensial aksi, mekanisme potensial aksi, kaitan peran sel dan potensial aksi dengan organ. Informasi ini akan bermanfaat untuk pengantar pemahaman ketika mempelajari anatomi dan fisiologi manusia.
    Minggu Ke : 2

    Kemampuan Akhir yang diharapkan :
    Mahasiswa mampu menjelaskan struktur dan fungsi sel, mekanisme aktivitas sel, peran sel dalam potensial aksi, mekanisme potensial aksi, kaitan peran sel dan potensial aksi dengan organ, memanfaatkan media pembelajaran secara online, melaporkan tugas secara online di edmodo.

    Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) :
    Struktur dan fungsi sel, mekanisme aktivitas sel, peran sel dalam potensial aksi, mekanisme potensial aksi, kaitan peran sel dan potensial aksi dengan organ.

    Bentuk Pembelajaran :
    Ceramah, Searching internet, Diskusi kelas

    Waktu Belajar :
    100 menit

    Kriteria Penilaian (indikator) :
    Review jurnal

    Bobot nilai :
    15% nilai tugas, 40% nilai UTS, 45% nilai UAS

    Tugas Mahasiswa :
    1. Peserta dibagi dalam 8 kelompok, dengan judul jurnal yang berbeda setiap kelompok
    2. Membuat review jurnal mengenai peran sel dalam potensial aksi pada organ tubuh manusia
    3. Setiap mahasiswa melaporkan hasilnya secara online dalam group farmasi unja 2014 di edmodo dengan upload hasil review jurnal.
    4. Upload paling lambat 3 April 2015.

    Minggu Ke : 3

    Kemampuan Akhir yang diharapkan :
    Mahasiswa mampu menunjukkan anatomi dan fisiologi sistem skeletal meliputi otot dan rangka dengan memanfaatkan media pembelajaran secara online, melaporkan tugas secara online pada edmodo, mempresentasikan tugas yang diberikan.

    Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) :
    Anatomi otot jantung, anatomi otot polos, anatomi otot lurik, fisiologi otot jantung , fisiologi otot polos, fisiologi otot lurik, anatomi dan fisiologi rangka manusia.

    Bentuk Pembelajaran :
    Ceramah, Searching internet, Diskusi kelas, presentasi

    Waktu Belajar :
    100 menit

    Kriteria Penilaian (indikator) :
    Portofolio, Presentasi

    Bobot nilai :
    15% nilai tugas, 40% nilai UTS, 45% nilai UAS

    Tugas Mahasiswa :
    1. Peserta dibagi dalam 8 kelompok sesuai sub topic bahasan
    2. Membuat portofolio anatomi dan fisiologi system skeletal
    3. Setiap mahasiswa melaporkan hasilnya secara online dalam group farmasi unja 2014 di edmodo dengan upload hasil review jurnal.
    4. Upload paling lambat 10 April 2015.

    Komentar oleh Dhigna Luthfiyani Citra Pradana | Maret 28, 2015 | Balas

  22. Nama : Samsidar, S.Si, M.Si
    Fakultas : Sains dan Teknologi
    Program Studi : Fisika

    Mata Kuliah : Metode Gravity
    Program Studi : Fisika
    Semester : 4
    SKS : 3 SKS

    Capain Pembelajaran : Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu menjelaskan keunggulan Metode Gravity dibandingkan dengan metode eksplorasi lainya, Mehami konsep Metode Gravity, mengiinterpretasikan anomaly bawah permukaan dengan pendekatan fisis, memodelkan bentuk anomaly bawah permukaan dengan pendekatan fisis, melakukan pengukuran dilapangan dengan menggunakan alat Gravity, mengolah dan menginterpretasikan hasil pengukuran lapangan dengan alat Gravity.

    Pertemuan ke : 5 dan 6

    Kemempuan Akhir yang diharapkan:
    Mahasiswa mampu menguraikan secara fisis dengan pendekatan konsep Gravitasi untuk memecahkan solusi anomali bawah permukaan dengan berbagai bentuk anomala. Mahasiswa memodelkan dengan program matlab atau program lainya bentuk anomaly bawah permukaan dan manganalisis hasil pemodelan dengan pendekatan fisis. Memanfaatkan jurnal – jurnal terbaru secara online untuk memecahkan pemodelan anomaly bawah permukaan dengan prinsip gravitasi. Melaporkan hasil pemodelan anomaly bawah permukaan secara online dengan waktu yang sudah ditentukan. Mempersentasikan hasil pemodelan anomaly bawah permukaan.

    Bahan Kajian ( Materi Pembelajaran):
    Model anomali bola (penguraian secara fisis dengan pendekatan matematis dan tampilan hasil pemodelan), Model anomali silnder, model anomaly silinder kecil dan vertical, model anomali gabungan bola dan silinder kecil vertical, Countour mapping dan tafsiran anomaly bawah permukaan.

    Bentuk Pembelajaran:
    Ceramah, study lapangan, Searching internet, Pemodelan, Diskusi kelas, persentasi.

    Waktu belajar : 2 x 120 menit

    Kriteria Penilaian (Indikator) :
    Portofolio, Persentasi hasil.

    Bobot Nilai :
    40% Nilai Tugas, 30% UTS dan 30% UAS

    Tugas Mahasiswa :
    1. Peserta diberikan tugas secara mandiri
    2. Carilah minimal 2 model anomali yang diiginkan
    3. Pecahkan model yang telah dipilih dengan pendekatan fisis
    4. Lakukan pemodelan dengan menggunakan matlab atau program lainya
    5. Laporkan hasil pemodelan secara online ke e-mail
    6. Upload tugas pemodelan paling lambat 9 April 2015

    Komentar oleh samsidar | Maret 28, 2015 | Balas

  23. NAMA : FATONAH,S.S.,M.I.KOM.
    FAKULTAS : ILMU BUDAYA (FIB)
    PRODI : SASTRA INDONESIA
    MATA KULIAH : STRATEGI KOMUNIKASI

    PERTEMUAN : 2

    TUJUAN PEMBELAJARAN:
    Tujuan Pembelajaran Umum: Memahami ilmu komunikasi.
    Tujujuan Pembelajaran Khusus: Pada akhir pertemuan ini mahasiswa dapat;
    1. Mendemostrasikan komunikasi insani
    2. Menjelaskan definisi dan ruang lingkup ilmu komunikasi
    3. Menguraikan bentuk dan jenis komunikasi.
    4. Memaparkan komunikasi yang efektif.

    POKOK BAHASAN : ILMU KOMUNIKASI

    DESKRIPSI SINGKAT : Mata kuliah strategi komunikasi merupakan mata kuliah yang membahas tentang karakteristik individu sebagai pelaku komunikasi. Strategi Komunikasi amat esensial buat pencapaian keberhasilan komunikasi dalam berbagai bidang bermasyarakat. Dalam pertemuan ini anda akan mempelajari bermacam-macam bentuk, jenis, tujuan, fungsi dan pentingnya komunikasi dalam strategi komunikasi. Informasi ini akan bermanfaat untuk diterapkan serta membiasakan komunikasi yang efektif dalam kehidupan sehari-hari.

    SUB BAHASAN :
    a. Pengertian dan ruang lingkup ilmu komunikasi
    b. Bentuk dan jenis komunikasi
    c. Tujuan dan fungsi komunikasi
    d. Pentingnya strategi komunikasi

    METODE PEMBELAJARAN : Ceramah, tanya jawab dan diskusi.

    PENUGASAN :
    1. Buat simulasi komunikasi insani.
    2. Buat bagan pola komunikasi yang efektif antar pribadi.
    3. Buat review jurnal ilmu komunikasi.

    CARA PENYELESAIAN PENUGASAN:
    1. Mahasiswa berpasangan membuat simulasi komunikasi insani.
    2. Mahasiswa secara individu menyelesaikan tugas membuat bagan pola komunikasi efektif.
    3. Mahasiswa diberi waktu 1 minggu untuk mereview jurnal ilmu komunikasi.

    PERTEMUAN : 3

    TUJUAN PEMBELAJARAN:
    Tujuan Pembelajaran Umum: Memahami strategi komunikasi yang efektif.
    Tujujuan Pembelajaran Khusus: Pada akhir pertemuan ini mahasiswa dapat;

    1. Menjelaskan definisi dan ruang lingkup strategi komunikasi
    2. Menguraikan komponen strategi komunikasi.
    3. Memaparkan pendekatan strategi komunikasi efektif.
    4. Memaparkan faktor pendukung strategi komunikasi yang efektif.

    POKOK BAHASAN : STRATEGI KOMUNIKASI EFEKTIF

    DESKRIPSI SINGKAT : Mata kuliah strategi komunikasi merupakan mata kuliah yang membahas tentang karakteristik individu sebagai pelaku komunikasi. Strategi Komunikasi amat esensial buat pencapaian keberhasilan komunikasi dalam berbagai bidang bermasyarakat. Dalam pertemuan ini anda akan mempelajari ruang lingkup, komponen, pendekatan, dan faktor pendukung strategi komunikasi. Informasi ini akan bermanfaat untuk diterapkan serta membiasakan strategi berkomunikasi yang efektif dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai tujuan komunikasi.

    SUB BAHASAN :
    a. Pengertian dan ruang lingkup strategi komunikasi
    b. Komponen strategi komunikasi
    c. Pendekatan dalam strategi komunikasi
    d. Faktor pendukung strategi komunikasi

    METODE PEMBELAJARAN : Ceramah, tanya jawab dan diskusi kelompok.

    PENUGASAN :
    1. Buat bagan strategi komunikasi yang efektif.
    2. Buat audio visual strategi komunikasi dalam menawarkan prodak/jasa.
    3. Buat makalah tentang strategi komunikasi yang efektif dalam menawarkan prodak/jasa..

    CARA PENYELESAIAN PENUGASAN;
    1. Mahasiswa membuat tugas individu bagan strategi komunikasi efektif
    2. Mahasiswa secara team membuat tugas audio visual strategi komunikasi dalam menawarkan prodak/jasa (waktu penyelesaian 1 minggu).
    3. Mahasiswa kerjasama team membuat makalah dari strategi komunikasi dalam penawaran produk/jasa (waktu penyelesaian 1 minggu).

    Komentar oleh Fatonah,S.S.,M.I.Kom. | Maret 28, 2015 | Balas

  24. Nama : Ummi Mardhiah Batubara, M.Si
    Fakultas : Sains dan Teknologi
    Program Studi : Biologi

    Mata Kuliah : Biologi Sel
    Program Studi : Biologi
    Semester : 2
    SKS : 2
    Capaian Pembelajaran: Setelah mengikuti perkuliahan Biologi Sel, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman secara komprehensif tentang konsep dan prinsip dari struktur serta fungsi sel terkait fungsi organel sehingga mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis bahwa sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil dari mahluk hidup serta mekanisme yang terjadi di dalam sel.
    Bentuk Pembelajaran :Ceramah, diskusi kelas, diskusi kelompok, dan tanya jawab
    Waktu Belajar :2 x 50 menit
    Kriteria Penilaian (indikator) :
    Simulasi hasil belajar (UTS dan UAS), tugas (review jurnal, makalah dan portofolio), kuis dan keaktifan pada saat diskusi kelompok dan diskusi kelas.
    Bobot Penilaian: Simulasi hasil belajar (UAS dan UTS) 70 %, Tugas 10 %, Kuis 10 %, Keaktifan 10 %

    Pertemuan : Minggu ke IV
    Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) : Struktur dan Fungsi organel Retikulum Endoplasma (RE) dan Badan Golgi
    Kemampuan akhir yang diharapkan :
    1. Mengetahui struktur dan fungsi organel RE dan Badan Golgi.
    2. Menyebutkan perbedaan RE halus dan kasar.
    3. Menganalisis mekanisme sintesa materi yang terjadi dalam RE.
    4. Menganalisis mekanisme proses fungsional yang terjadi dalam badan golgi.
    5. Menjelaskan komponen badan golgi.

    Tugas Mahasiswa :
    Menyelesaikan soal tentang Materi perkuliahan di kelas
    1.Jelaskan prinsip dasar kerja organel RE ?
    2.Kenapa RE berperan sebagai pabrik biosintesis ?
    3.Jelaskan struktur dasar badan golgi ?
    4.Jelaskan peranan badan golgi sebagai pusat pengiriman dan penerimaan ?
    5.Tugas dikirim melalui e-learning dengan format penulisan Ms. Word, Times New Roman spasi 1,5, waktu pengiriman tugas berakhir sebelum jam 00.00 WIB.

    Pertemuan : Minggu ke V
    Bahan Kajian (Materi Pembelajaran) : Struktur dan Fungsi Organel Lisosom dan Vakuola
    Kemampuan akhir yang diharapkan :
    1. Mengetahui struktur dan fungsi organel lisosom dan vakuola.
    2. Menjelaskan mekanisme proses fungsional yang terjadi dalam lisosom dan vakuola.
    3. Memahami komponen lisosom dan vakuola.
    4. Menganalisis mekanisme terjadinya proses pencernaan dalam sel oleh lisosom.

    Tugas Mahasiswa :
    1.Membuat resume tentang materi di kelas.
    2.Resume dikirim melalui e-learning dengan format penulisan Ms. Word, Times New Roman spasi 1,5, waktu pengiriman tugas berakhir sebelum jam 00.00 WIB.
    3.Mencari 1 jurnal ilmiah nasional yang berkaitan dengan peran lisosom dan vakuola di dalam sel hewan.

    Komentar oleh Ummi Mardhiah Batubara | Maret 28, 2015 | Balas

  25. Nama : Reka Seprina, S.Pd.,M.Pd
    Prodi : Pendidikan Sejarah
    Fakultas : FKIP
    Mata Kuliah : Pengantar Sejarah Indonesia

    Pertemuan I

    Topik Bahasan : Terbentuknya Indonesia Modern
    1. Asal usul Nama Indonesia
    2. Warisan yang beragam (geografi, etnik, agama, bahasa dll)
    3. Masa lalu dalam masa kini : perkara-perkara yang belum selesai.

    Deskripsi singkat : Dalam pertemuan ini mahasiswa akan pembahasan tentang tema-tema pokok tentang Sejarah Indonesia Kontemporer, khusunya berkenaan dengan isu-isu utama yang mempengaruhi perkembangan Indonesia modern seperti mempelajari asal usul Nama Indonesia, warisan yang beragam (geografi, etnik, agama, bahasa, budaya dll), Masa lalu dalam masa kini: perkara-perkara yang belum selesai. Informasi ini berguna untuk memahami pengaruh peristiwa sejarah terhadap terbentuknya Indonesia modern

    Tujuan Pembelajaran : Pada akhir pertemuan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:
    1. Mendeskripsikan sejarah Indonsia terhadap kondisi Indonesia hari ini
    2. Mengenal konsep-konsep dan model-model telaahan sejarah Indonesia secara selektif
    3. mengidentifikasi berbagai isu-isu sosial dalam perspektif sejarah

    Bahan Bacaan
    1. Kuntowijoyo. 1994. Demokrasi dan Budaya Birokrasi. Yogyakarta: Bentang
    2. Legge, J.D. 1976. Indonesia. Sydney: Prentice-Hall of Australia, Pty, Ltd. 19 2nd Ed.
    3. Ricklefs, M.C. 1981. Sejarah Indonesia Modern. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press
    4. Sartono Kartodirdjo. 1977. Sejarah Nasional Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
    5. Soekmono R. 1957. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia. Yogyakarta: Kanisius

    Quis/Evaluasi
    1. Indonesia, nama yang asal usulnya terlupakan! Benarkan itu atau hanya isu belaka..? coba jelaskan!
    2. Jelaskan gagasan yang terkandung dalam setiap nama Indonesia?
    3. Bagaimana interpretasi Indonesia di mata dunia?
    4. Bila dilihat dari budayanya, indonesia bisa dikatakan negara paling kaya dibandingkan dengan negara lain? Kenapa bisa dikatakan demikian?
    5. Jelaskan berbagai kasus peristiwa sejarah yang masih dipertentangkan sampai sekarang?

    Tugas
    1. Mencari artiket-artikel mengenai nasionalisme dalam masyarakat pada saat ini?
    2. Membuat 1 – 3 topik artikel mengenai peristiwa sejarah yang masih dipertentangkan sampai sekarang?
    3. Membuat Membuat powerpoint dan kemudian dipersentasikan

    Pertemuan II

    Topik Bahasan : Konsep Masyarakat Majemuk Dalam Indonesia Modern
    1. Pengertian Masyarakat Majemuk
    2. Bentuk-bentuk (budaya) pinjaman dan Local Genius
    3. Feodalisme Modern

    Deskripsi singkat : Dalam pertemuan ini mahasiswa akan pembahasan tentang tema-tema pokok tentang Sejarah Indonesia Kontemporer, khusunya berkenaan dengan isu-isu utama yang mempengaruhi perkembangan Indonesia modern seperti Pengertian Masyarakat Majemuk, Bentuk-bentuk (budaya) pinjaman dan Local Geniu, Feodalisme Modern. Informasi ini berguna untuk memahami pengaruh peristiwa sejarah terhadap terbentuknya Indonesia modern

    Tujuan Pembelajaran : Pada akhir pertemuan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:
    1. Mendeskripsikan tentang masyarakat majemuk
    2. Mengidentifikasi bentuk-bentuk (budaya) pinjaman dan Local Genius
    3. Mengenal Bentuk Feodalisme Modern di lingkungan sehari-hari.

    Bahan Bacaan
    1. Kuntowijoyo. 1994. Demokrasi dan Budaya Birokrasi. Yogyakarta: Bentang
    2. Legge, J.D. 1976. Indonesia. Sydney: Prentice-Hall of Australia, Pty, Ltd. 19 2nd Ed.
    3. Ricklefs, M.C. 1981. Sejarah Indonesia Modern. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press
    4. Sartono Kartodirdjo. 1977. Sejarah Nasional Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
    5. Soekmono R. 1957. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia. Yogyakarta: Kanisius

    Pertanyaan
    1. Apa yang dimaksud dengan local genius? Bagaimana hubungan local genius dengan budaya lokal?
    2. Mengapa interaksi sosial sangat sulit terjadi pada masyarakat majemuk seperti di Indonesia?
    3. Bangsa Indonesia kaya akan budaya, tapi kemana local genius bangsa ini pada saat masa sekarang ini? Coba jelaskan!!
    4. Kenapa sistem feodal masih tertanam pada sistem pemerintahan di Indonesia sampai sekarang? Sebutkan contohnya

    Tugas
    1. Mencari informasi mengenai perkembangan kemajemukan yang ada di Indonesia saat ini.
    2. Membuat artikel mengenai konflik sosial yang berhubungan dengan kemajemukan serta upaya dalam meminimalisir terjadinya konflik di lingkungan masyarakat majemuk.
    3. Membuat Membuat powerpoint dan kemudian dipersentasikan

    Terima Kasih Pak Johannes

    Komentar oleh REKA SEPRINA | Maret 28, 2015 | Balas

  26. Nama : Restina Bemis, M.Si
    Fakultas : Sains dan Teknologi
    Program Studi : Kimia
    Mata Kuliah : Sintesis Anorganik
    SKS : 2

    Pertemuan 1 : Metode Sol-Gel
    Tujuan Pembelajaran
    Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian sol-gel, tahapan yang terjadi pada proses sol-gel dalam sintesis anorganik, mennetukan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses sol-gel, menyebutkan kelebihan dan kekurangan dari metode sol-gel.

    TUGAS
    1. Membentuk kelompok dengan anggota maksimal 4 orang.
    2. Mencari Jurnal Ilmiah yang membahas tentang proses sintesis anorganik dengan menggunakan metode sol-gel.
    3. Membuat makalah berdasarkan jurnal yang telah dipilih.
    4. Makalah dikirim ke email paling lambat 2 hari sebelum persentasi.
    5. Mempersentasikan jurnal pada pertemuan ke empat.

    Bahan Bacaan :
    1. Lalena, John N, David A. Cleary, et al.1996. Inorganic materials synthesis and fabrication. A JOHN WILEY & SONS, INC., PUBLICATION.
    2. Atkins Peter, T.L. Overton, J.P. Rourke, M.T. Weller, and F.A. Armstrong. 2010. Inorganic Chemistry, Fifth Edition.
    3. Jurnal Ilmiah tentang Sintesis Anorganik

    Pertemuan 2 : Metode Hidrotermal
    Tujuan Pembelajaran
    Mahsiswa dapat menjelaskan pengertian hidrotermal, tahapan yang terjadi pada proses hidrotermal dalam sintesis anorganik, menenetukan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses hidrotermal, menyebutkan kelebihan dan kekurangan dari metode hidrotermal.

    TUGAS
    1. Membentuk kelompok dengan anggota maksimal 4 orang.
    2. Mencari Jurnal Ilmiah yang membahas tentang proses sintesis anorganik dengan menggunakan metode sol-gel.
    3. Membuat makalah berdasarkan jurnal yang telah dipilih.
    4. Makalah dikirim ke email paling lambat 2 hari sebelum persentasi.
    5. Mempersentasikan jurnal pada pertemuan ke empat.

    Bahan Bacaan :
    1. Lalena, John N, David A. Cleary, et al.1996. Inorganic materials synthesis and fabrication. A JOHN WILEY & SONS, INC., PUBLICATION.
    2. Atkins Peter, T.L. Overton, J.P. Rourke, M.T. Weller, and F.A. Armstrong. 2010. Inorganic Chemistry, Fifth Edition.
    3. Jurnal Ilmiah tentang Sintesis Anorganik

    Komentar oleh restina bemis | Maret 29, 2015 | Balas

  27. Nama : Nirwan Il Yasin, M.Hum

    Prodi : Ilmu Sejarah

    Fakultas : Ilmu Budaya

    Mata Kuliah : Sejarah Keluarga

    Pertemuan II

    Topik Bahasan : Bentuk-bentuk Keluarga

    Tujuan Pembelajaran : Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan :

    a.Menjelaskan pengertian, ruang lingkup, metode, dan manfaat dilakukannya kajian mengenai sejarah keluarga.
    b.Menjelaskan konsep-konsep dan bentuk-bentuk keluarga, terutama yang ada dalam masyarakat Indonesia,
    khususnya masyarakat Minangkabau.
    c.Menjelaskan mengenai struktur dan fungsi keluarga, terutama yang ada dalam masyarakat Indonesia,
    khususnya masyarakat Melayu Jambi.
    d.Menjelaskan pola-pola hubungan yang terdapat dalam keluarga, baik dalam keluarga inti maupun dalam
    keluarga luas.

    Deskripsi Mata kuliah : Mata kuliah ini berisikan tentang konsep keluarga dan keluarga sebagai topik kajian, bentuk-bentuk keluarga, pola hubungan dalam keluarga, struktur dan fungsi keluarga, faktor-faktor penyebab perubahan keluarga, sistem kekerabatan, sistem perkawinan.

    Daftar Bacaan :
    Amir B. (et al.). 1986. Dampak Modernisasi terhadap Hubungan Kekerabatan Daerah Sumatera Barat. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
    Boestami (et al.). 1992. Kedudukan dan Peranan Wanita dalam Kebudayaan Suku Bangsa Minangkabau. Esa. Padang.
    Fakih, Mansoer. 2003. Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta.
    Goode, William J. 1983. Sosiologi Keluarga. Bina Aksara. Jakarta.
    Habsjah, Atashendartini. “Jender dan Pola Kekerabatan”. dalam T.O. Ihromi (ed.). Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
    Herskovits, Melville J. 1999. “Organisasi Sosial: Struktur Masyarakat” dalam T.O. Ihromi (ed.). Pokok-pokok Antropologi Budaya. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
    Ihromi, T.O. 1995. Kajian Wanita dalam Pembangunan. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta. Junus, Umar. 2002. “Kebudayan Minangkabau”. dalam Koentjaraningrat (ed.). Manusia dan Kebudayan di Indonesia. Djambatan. Jakarta.
    Karim, Erna. 1999. “Tinjauan Sosiologi mengenai Perceraian”. dalam T.O. Ihromi (ed.). Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
    Bacaan tambahan :
    Kodiran. 2002. “Kebudayaan Jawa”. dalam Koentjaraningrat (ed.). Manusia dan Kebudayan di Indonesia. Djambatan. Jakarta.
    Koentjaraningrat. 1984. “Celapar : Sebuah Desa di Jawa Tengah Bagian Selatan”. dalam Koentjaraningrat (ed.). Masyarakat Desa di Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.
    Koentjaraningrat. 1994. Kebudayaan Jawa. Balai Pustaka. Jakarta.

    Pertanyaan :

    1.Apa makna, dan pengertian, ruang lingkup, metode, dan manfaat dilakukannya kajian mengenai sejarah
    keluarga?….
    2.Sebutkan bentuk ragam sejarah keluarga di Indonesia ?…..
    3.Jelaskan manfaat Sejarah keluarga dalam kehidupan bermasyarakat dalam harmonisasi KeIndonesiaan ?…

    Tugas :

    1.Mengidentifikasi Perkembangan sejarah Keluarga di Indonesia khususnya wilayah melayu Jambi tiap kabupaten
    dan kota di Provinsi jambi.
    2.Buat laporan Tentang perkembangan Sejarah Keluarga dengan studi pemetaan di wilayah Jambi

    Cara Penyelesaian Tugas :
    1.Menyimak Materi yang diberikan Dosen
    2.Membaca buku-buku dan juga pedoman lain tentang sejarah keluarga
    3.Membuat kelompok untuk turun kelapangan mendata wilayah penelitian, dengan melakukan wawancara untuk
    medapatakan bentuk-bentuk sejarah keluarga di di Jambi.
    4.Membawa alat komunikasi video
    5.Membaca buku tentang bagaimana cara membuat laporan penelitian, di buku dan juga di Google.

    Pertemuan III

    Topik Bahasan : Struktur dan Fungsi Keluarga

    Tujuan Pembelajaran : Pada Akhir Pertemuan Mahasiswa

    a.Menjelaskan pengertian sosialisasi, pembentukan kepribadian, media sosialisasi, tahap-tahap sosialisasi dalm
    keluarga, dan peran orangtua dalam sosialisasi.
    b.Menjelaskan bentuk-bentuk stratifikasi keluarga atau kelas-kelas keluarga dalam masyarakat, baik dalam
    masyarakat tradisional maupun dalam masyarakat modern.
    c.Menjelaskan konsep, analisis, persoalan seputar gender seperti emansipasi dan gerakan feminisme dalam
    perspektif gender dan kaitannya dengan keluarga.
    d.Menjelaskan bentuk-bentuk sistem kekerabatan dalam masyarakat yang dianut oleh keluarga sebagai
    pendukungnya.
    e.Menjelaskan bermacam-macam sistem perkawinan yang terdapat dalam masyarakat, mulai dari proses pelamaran,
    pertunangan, pernikahan, sampai pola menetap setelah menikah.

    Deskripsi Mata kuliah : Mata kuliah ini berisikan tentang sistem kekerabatan, sistem perkawinan, sistem perceraian, stratifikasi keluarga, sosialisasi dalam keluarga, hukum keluarga dalam Islam, dan penerapannya di beberapa negara, serta contoh kasus keluarga tradisional di Indonesia.

    Daftar Bacaan :
    Mansur, M. Yahya, et al. 1988. Sistem Kekerabatan dan Pola Pewarisan. PT. Pustaka Grafika Kita. Jakarta.
    Newman, David M. & Liz Grauerholz. 2002. Sociology of Families Second Edition. Pine Forge Press. Thousand Oaks.
    Pontjosutirto, Sulardjo. 1993. “Upacara Ruwat di Jawa”. dalam Koentjaraningrat (ed.). Ritus Peralihan di Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.
    Sanderson, Stephen K. 2003. Makro Sosiologi: Sebuah Pendekatan Terhadap Realitas Sosial Edisi Kedua. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.
    Setyawati, Lugina. 1999. “Hubungan Antargenerasi dan Beberapa Masalahnya”. dalam T.O. Ihromi (ed.). Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
    Soe’oed, R. Diniari F. 1999. “Proses Sosialisasi”. dalam T.O. Ihromi (ed.). Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

    Bacaan Tambahan :
    Suhendi, Hendi & Ramdani Wahyu. 2001. Pengantar Studi Sosiologi Keluarga. Pustaka Setia. Bandung.
    Suleeman, Evelyn. 1999. “Hubungan-hubungan dalam Keluarga”. dalam T.O. Ihromi (ed.). Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
    Suma, Muhammad Amin. 2004. Hukum Keluarga Islam di Dunia Islam. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.
    Suparlan, Parsudi. 1995. Orang Sakai di Riau Masyarakat Terasing dalam Masyarakat Indonesia. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
    Worsley, Peter, et al. 1991. Pengantar Sosiologi Sebuah Pembanding Jilid 1. Tiara Wacana. Jakarta.

    Pertanyaan :
    1.Sebutkan bentuk-bentuk stratifikasi keluarga atau kelas-kelas keluarga dalam masyarakat, baik dalam masyarakat
    tradisional maupun dalam masyarakat modern?

    2.Jelaskan konsep, analisis, persoalan seputar gender seperti emansipasi dan gerakan feminisme dalam perspektif
    gender dan kaitannya dengan keluarga?

    3.Bagaimana macam-macam sistem perkawinan yang terdapat dalam masyarakat, mulai dari proses pelamaran,
    pertunangan, pernikahan, sampai pola menetap setelah menikah?….

    Cara Penyelesaian Tugas :
    1. Menyimak Materi yang diberikan Dosen
    2. Membaca buku-buku dan juga pedoman lain tentang sejarah keluarga
    3. Membuat kelompok untuk turun kelapangan mendata wilayah penelitian, dengan melakukan wawancara untuk
    medapatakan bentuk-bentuk sejarah keluarga di di Jambi.
    4. Membawa alat komunikasi video
    5. Membaca buku tentang bagaimana cara membuat laporan penelitian, di buku dan juga di Google.
    6. Untuk Penelitian awal di Jambi Sebarang Kota Jambi sebagai wilayah yang secara historis tempat pola
    masyarakat awal di kota Jambi.
    7. Mendiskusikan hasil penelitian di Seberang Kota Jambi untuk di tindak lanjuti sebagai pembelajaran dan
    masukan untuk pemerintah Kota Jambi khusnya Provinsi Jambi umumnya.

    Terima Kasih

    Salam Sukses selalu Pak Dr. Johannes, S.E., M.Si

    Komentar oleh NIRWAN IL YASIN., M.Hum | Maret 29, 2015 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: