Johannessimatupang’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

MANAJEMEN PEMASARAN SATRATEJIK KELAS SORE APRIL 2015


Laman ini diperuntukkan bagi peserta Manajemen Stratejik Kelas sore. Semua powerpoin pada laman ini harus diundun, dan tugas hanya mengunggah pada laman ini saja.

Sukses untuk semua

Tugas-1
Blog Pedoman tugas Analisis Pelanggan Mei 2015
blog-pedoman-tugas-analisis-pesaing-mei-2015
Powepoint
Developing Marketing Strategis

MPS (Analisis Pesaing) Mei 2010.p

MPS (Daya saing yg berkelanjutan)

MPS (definisi ulang manajemen pemasaran)

MPS (Strategi ofensif dan defensif)

Paran MPS 420 – April 2010 (3)
Power poin kuliah

SOAL UAS JUNI 2015
Soal Manajemen Pemasaran Stratejik Ekstensi Juni 2015

Mei 5, 2015 - Posted by | Uncategorized

9 Komentar »

  1. Kelompok 2
    Nama kelompok :
    1. Ezzy Zadella (ERC1B012018)
    2. Syaiful Aji (ERC1B012051)
    3. Tiara Nopita Angraina (ERC1B012008)

    • Nama perusahaan :
    Cafe KofeLuv
    • Alamat :
    Jalan GR. Djamin Datuk Bagindo no. 56C, Jambi 36142

    • Apakah ada keunikan pelayanan atau produk yang dihasilkan?
    Keunikan yang ditawarkan cafe kofeLuv yaitu menampilkan desain interior ala eropa dengan nuansa romantic untuk melengkapi kehangatan sajian kopi di cafe ini. kofeLuv menyediakan berbagai macam jenis kopi dengan citarasa kopi nusantara yang variatif dengan harga yang terjangkau. selain itu KofeLuv juga menawarkan kopi dengan beragam penyajiannya mulai dari diseduh biasa, disaring ala Vietnamese, hingga di vacuum ala Jepang. Menu kopi yang ditawarkan oleh KofeLuv diantaranya adalah cafe latte, vietnamesse, hot chocolate, java chip, espresso shot, americano, tokyo syphon filter, affogato, dan lain-lain.
    Selain menawarkan menu kopi, KofeLuv ini juga menawarkan beberapa makanan ringan untuk menemani pada saat minum kopi, diantaranya ada cupcakes, japanese pancake, waffle, lasagna, macaroni, pudding, maccarons. Semua makanan yang ada tersedia dalam ukuran mini dengan tujuan sebagai cemilan. Ketika memasuki bagian dalam cafe, aroma yang khas dari menu yang ditawarkan sudah tercium. Aroma kopi yang sedang di roster menandakan bahwa kopi yang digunakan adalah biji kopi asli dan bukan jenis kopi sasetan.

    • Kapan Cafe kofeLuv didirikan?
    Cafe kofeLuv berdiri sejak 24 Juli 2013. Walaupun masih baru dalm menjalankan usahanya, tetapi KofeLuv membuktikan bahwa usahanya tidak kalah saing dengan café lain yang sudah lama berdiri. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya konsumen yang datang di KofeLuv untuk merasakan keistimewaan kopi yang ditawarkan atau sebagai tempat bersantai bersama teman teman dan keluaraga. KofeLuv buka setiap hari dengan jam operasional mulai dari jam 10.00 sampai jam 22.00 untuk Senin sampai Jumat, sedangkan untuk Sabtu dan Minggu, buka pada jam 10.00 sampai jam 23.00.

    • Apakah independen buka cabang atau franchising diluar Jambi?
    Cafe KofeLuv belum mempunyai cabang atau franchising diluar Jambi. Untuk di daerah Jambi sendiri KofeLuv hanya ada di daerah Talang Banjar. Cafe ini oleh ownernya yang bernama Fernando Djohan.

    • Bagaimana respon pelanggan terhadap keunikan pelayanan yang dimaksud?
    Respon pelanggan sangat positif, rasa khas kopi yang ditawarkan kofeLuv yang berasal dari roster kopi sendiri dan seduhan kopi yang dilakukan oleh barista yang berpengalaman, membuat menu kopi di KofeLuv memiliki rasa yang khas. Selain itu respon pelanggan cukup beragam dari segi penyajian kopi, beberapa pelanggan memiliki pengalaman tersendiri atau merasa asing dengan penyajian kopi secara vacuum, tetapi ada pula yang bersikap biasa dalam menanggapi hal tersebut. Terdapat respon unik yang datang dari konsumen seperti ketika mereka merasa salah dalam memesan kopi sehingga merasakan kepahitan kopi yang sebenarnya, adapun yang telah sering menikmati kopi akan merasa wajar dengan rasa kopi yang pahit karena dia tau cara menikmati kopi tersebut. Respon yang baik juga datang untuk interior yang ada di KofeLuv, dibuktikan banyak pengunjung yang datang dan mengabadikan bagian tertentu yang ada di kofe Luv. Hal itu menunjukan bahwa interior cafe yang baik dan menarik untuk diabadikan.

    • Bagaimana praktik bauran pemasaran dilaksanakan? Komponen pemasaran apa saja yang menonjol dalm pengamatan tim anda?
    a. Dari segi produk KofeLuv menawarkan product variety yang berbeda daripada beberapa cafe lain. Kualitas dari produk yang ditawarkan sangat baik karena kopi yang disajikan adalah benar-benar dari biji kopi asli, dengan kopi dari beberapa daerah di Indonesia yang dikenal dengan kualitas biji kopinya seperti Aceh, Mandailing, Flores dan Toraja. Interio rdari Kofe Luv didesain ala coffe shop Eropa dengan mengombinasikan citarasa kopi nusantara. Fasilitas yang diberikan oleh KofeLuv adalah penyediaan Wi fi gratis dan musik yang lembut, sehingga konsumen betah untuk berlama-lama berada disana.
    b. Dari segi harga, cafe KofeLuv menawarkan harga yang bervariasi menurut kopi yang dipesan dan langsung disediakan oleh barista. Harga yang ditawarkan mulai dari 25.000 sampai dengan 50.000.
    c. Dari segi tempat atau lokasi, Lokasi cafe KofeLuv cukup strategis karena berposisi di pinggir jalan. Sehingga dapat mudah dilihat oleh orang-orang yang berlalu lalang.
    d. Dari segi promosi, promosi yang dilakukan oleh Kofe Luv adalah melalui beberapa jejaring social. Seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Dan situs web resmi yaitu, kofeluv.com. Dengan menggunakan media sosial, KofeLuv dapat selalu terhubung dengan seluruh masyarakat dan dapat mengetahui pendapat positif dan negatif yang diberikan oleh konsumen dengan cara memposting foto-foto dan membuat status tentang produk, personil, dan desain ruangan.

    • Dalam hal apa produk maupun jasa yang diamati dapat memenuhi kebutuhan pelanggan?
    Beberapa produk yang ditawarkan seperti kopi dan beberapa makanan ringan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Bagi beberapa pelanggan yang menyukai menu yang pernah ia nikmati di cafe luar kota, ia dapat temukan pula di KofeLuv ini.

    • Adakah pelanggan baru, pasar baru, atas produk maupun jasa yang diamati?
    Pelanggan baru merupakan tujuan utama dalam setiap bisnis yang dijalankan. Beberapa produk yang ditawarkan seperti kopi dan beberapa makanan ringan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Bagi beberapa pelanggan yang menginginkan menu yang pernah ia nikmati di café luar kota, ia dapat temukan pula di Kofe Luv ini.
    Kofe luv termasuk usaha yang masi terbilang baru semala penelitian klelompok kami kefe luv masi belum berencana untuk menambah pasar baru atau cabang, untuk jangka waktu sekarang lebih mengutamakan mengembangkan produk daripada menambah pasar baru.

    • Apakah insight(pandangan team) atas eksplorasi yang dilakukan oleh tim?
    Menurut team kami cafe KoveLuv merupakan cafe yang memiliki ciri khas dengan menawarkan menu utama kopi yang bervariasi. Sebagian menu yang dijual juga berbeda dengan menu yang ditawarkan oleh cafe lain, sehingga merupakan tempat yang dapat dijadikan referensi untuk dikunjungi bagi mereka yang menyukai minum kopi. Tidak hanya pengunjung yang menyukai kopi yang datang ke kofeLuv, konsumen yang kurang suka dengan kopi juga berkunjung untuk sekedar menikmati suasana cafe dan berkumpul besama teman dan keluarga, karena kofeLuv memiliki suasana yang nyaman dengan desain interior serba berwarna coklat dan dilengkapi fasilitas Wifi. Dengan menyediakan fasilitas wifi, konsumen yang menunggu pesanan dan menikmati kopi dapat searching dan browsing secara gratis serta menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang.
    Jika tampak dari luar, cafe KofeLuv memang terlihat kecil. karena cafenya cuma 1 ruko jadi memang tidak terlalu mencolok, selain itu rukonya juga berada di tengah-tengah ruko lain. Tetapi, menurut pendapat kelompok kami memang tidak perlu ruangan besar untuk bisa menikmati kopi yang enak dan suasana nyaman.

    Komentar oleh ezzy zadella | Mei 19, 2015 | Balas

  2. kelompok 4
    Nama:
    Bintang Puspa Sari (ERC1B012004 )
    Ibnu Ridho ( ERC1B012128 )

    ANALISIS PELANGGAN PADA USAHA FRANCHISING HEPITEA STORY THEHOK KOTA JAMBI

    1. Nama Perusahaan (HEPITEA STORY)
    Kami dari kelompok 4 (empat) ingin menganalisis pelanggan pada usaha Hepitea Story. Alasan kenapa kelompok ingin menganalisis usaha minuman dan makanan Hepitea Story ini dikarenakan, usaha Hepitea Story ini termasuk baru berdiri dan termasuk banyak pesaing yang serupa, tetapi tidak kalah dalam keramaian pelanggan yang datang kepada Hepitea Story. Hepitea story adalah jenis usaha minuman dan makanan ringan yang disukai oleh banyak anak kecil, remaja, bahkan dewasa. Hepitea story adalah salah satu usaha minuman dan makanan yang tidak jauh beda dengan pesaing serupa, Hepitea Story banyak keunggulan dibanding dengan usaha serupa lainnya. Dikarenakan alasan diatas, maka dari itu kami kelompok 4 (empat) sepakat atas penelitian pada usaha Hepitea Story, dan selama kami meneliti, kami diizinkan oleh pihak usaha Hepitea Story untuk menanyakan hal yang diizinkan untuk dipublikasikan. Selama penelitian usaha ini sangat memebantu dalam menjawab pertanyaan kelompok kami.

    2. Alamat
    Hepitea Story beralamat di Jl. Jendral Sudirman No.16E Thehok Kota Jambi. Alamat usaha ini sangat strategis dan terletak didekat tempat-tempat strategis seperti primagama thehok, lapangan honda, dan SD.28. usaha ini sangat baik karna terletak dipinggir jalan besar, dan sangat memudahkan pelanggan mencari lokasi usaha Hepitea Story ini.

    3. Keunikan Pelayanan dan Produk yang dihasilkan (HEPITEA STORY)
    Hepitea story memiliki keunggulan serta keunikan dari usaha yang serupa, keunggulan dan keunikan dari pelayanan memang tidak terlalu terlihat dan masih sama pelayanan dengan usaha lain yang serupa, keunggulannya dan keunikannya setiap pegawai harus memakai seragam khas Hepitea Story dan dilarang untuk memakai pakaian bebas. Dari segi pelayanan pada konsumen, menurut analisis kelompok kami tidak terlihat keunggulan bahkan keunikan yang diberikan. Usaha Hepitea Story memiliki keunggulan dan keunikan yang diberikan terlihat dari produk yang dihasilkan seperti minuman yang serba terbuat dari bahan tea, dan makanan ringan seperti sate salmon, takoyaki, chiken wings, dll, dan ada satu produk makanan yang paling unik yaitu, brownis dan redvelvet yang diletakkan didalam pot dan dihiasi bunga, diibaratkan sebagai tanah dari bunga tersebut, yang biasa disebut potcake. Ada puluhan pilihan minuman yang berdasarkan bahan tea yang ditawarkan pihak usaha Hepitea Story, tidak lupa dengan bermacam-macam variasi makanan dan dessert yang ditawarkan. Hepitea Story ini 100% HALAL dan semua agama boleh menikmati minuman dan makanan yang tersedia. Hepitea Story banyak menawarkan hal yang menarik diantaranya, diskon untuk para pelajar dan kartu stampel setiap pembelian 1 minuman varian apapun akan diberikan 1 cap jika, cap sudah mencapai 10 cap pihak usaha Hepitea Story menghadiahkan atau FREE 1 minuman varian apapun, dan dalam beberapa bulan kedepan ada penawran diskon bagi yang menunjunkan kartu bank sinarmas.
    Keunikan dan keunggulan dapat juga terlihat dari atmosphere Hepitea Story, atmosphere pada usaha ini sangat khas dengan tema hijau serta modern dengan hiasan pada setiap tembok yang ada didalam maupun diluar Hepitea Story, kursi dan meja pun di tata dengan serapi dan senyaman mungkin untuk pelanggan yang datang dan terdapat 1 kursi gantung yang menjadi unggul dan unik karena kursi gantung yang terdapat didalam hanya untuk diduduki 1 orang saja, sehingga setiap pelanggan yang datang terfokus dan ingin berfoto diatas kursi gantung tersebut sehingga berdampak positif pada usaha ini. Hepitea Story menyediakan bermacam mainan yang disediakan hanya untuk bermain saat berada diHepitea Story seperti, kartu UNO, UNO STACKO, dll. Tujuan Hepitea Story memberikan fasilitas permainan agar pelanggan tidak merasa bosan saat berada didalam Hepitea Story dan agar menjadikan Hepitea Story ini menjadi salah satu tempat nongkrong yang asik.
    Hepitea Story sangat menjaga kualitas dari produk yang dihasilkan, sehingga kulitas menjadi keunggulan dari usaha ini. Kulitas bagi Hepitea Story adalah bagian yang paling penting, karena kapuasan pelanggan hadir karena kulitas yang diberikan oleh usaha ini. Kualitas adalah suatu hal yang mahal yang dimana harus sangat dijaga sampai kapanpun.
    Keunggulan yang berbeda dari usaha ini dengan usaha lain yang serupa adalah, usaha ini berdiri sendiri diluar mall, sedangkan usaha yang serupa belum ada yang mendirikan diluar mall. Hepitea Story sangat besar peluangnya untuk mencari pelanggan yang lebih banyak dari usaha yang serupa.
    4. Tahun Berdiri dan Sejarah (HEPITEA STORY)
    Hepitea Story adalah usaha makanan dan minuman yang berasal dari Jakarta yang didirikan oleh sekelompok anak muda yang sangat kreatif, awal berdiri Hepitea Story ini tahun 2012 di Jakarta. Hepitea diindonesia baru mempunyai 2 outlet yaitu, Jakarta 1 outlet dan Jambi 1 outlet. Usaha ini harus lebih dikembangkan, karena usaha ini berasal dari Indonesia bukanlah usaha yang dibeli dari luar.
    Hepitea Story di Jambi adalah yang pertama, berdiri tanggal 8 desember 2014. Pemilik usaha ini adalah Yanti. Usah ini masih terbilang sangat baru tetapi, usaha ini sudah luamayan terkenal dijambi. Banyak sekali pelanggan yang dari daerah jauh pergi ke Hepitea Story. Hepitea Story ini sangatlah strategis tidak susah dicari alamatnya, karena usaha ini terletak ditengah kota yaitu di depan lapangan honda dan disebelah primagama thehok, tidak menyulitkan pelanggan baru yang datang. Menurut penelitian kami, lahan parkir yang masih kurang memenuhi kebutuhan pengunjung.

    5. Franchising (HEPITEA STORY)
    Usaha Hepitea Story ini adalah usaha franchising dan bukan berdiri sendiri/atas nama sendiri. Usaha ini membeli kontrak dengan pusat di Jakarta selama 5 tahun. Jika ada pesaing yang ingi membuka atas nama yan sama, pemilik tidak akan mengizinkan. Jadi usaha Hepitea Story ini akan menjadi usaha yang diiliki 1 orang saja di Jambi selama 5 tahun kedepan. Karena franchising yang pertama di Jambi adalah pemegang izin untuk di daerah Jambi.

    6. Respon Pelanggan Terhadap Keunikan dan Keunggulan (HEPITEA STORY)
    Pelanggan sangat antusias untuk mencoba menu baru yang ditawarkan pihak Hepitea Story, sejak dari awal pembukaan Hepitea Story tidak sepi akan pelanggan, dikarenakan menu yang sangat banyak dan bervariasi, serta tempat yang nyaman untuk singgah. Respon pelanggan yang datang sangat positif sehingga Hepitea Story dapat maju hingga sekarang. Pelanggan yang loyalpun sudah banyak ditemukan sejak awal berdirinya usaha ini. Hepitea Story sangat melayani dengan baik setiap pelanggan yang datang, dengan selalu tersenyum pada pelanggan yang datang. Pelanggan yang datang sangat merasa dihargai dengan adanya pelayanan yang baik dan sopan dari usaha ini. Tetapi ada kalanya setiap manusia mempunyai mood yang tidak baik, akan berdampak negatif pada usaha ini, tentunya pihak usaha Hepitea Story sudah mengantisipasi akan hal yang sering terjadi pada karyawan yang bekerja, dengan cara memberikan gaji yang selalu tepat waktu dan selalu perhatian pada karyawan yang bekerja. Pelanggan yang datang kebanyakan selalu berkelompok (geng) , ini termasuk salah satu respon positif untuk usaha ini dikarenakan setiap kelompok (geng) akan memilih tempat yang menyediakan minuman dan makanan yang enak serta dilengkapi tempat dan fasilitas yang nyaman. Banyak sekali pelanggan yang membeli ulang pada usaha ini sehingga usaha ini selalu mengembangkan menu-menunya.
    Adapun menu-menu yang favorit untuk pelanggan yaitu, potcake, takoyaki, chikencrispy. Banyak sekali pelanggan yang memesan makanan ini. Minuman dan makanan di Hepitea Story ini harganya sangat terjangkau. Sehingga anak sekolahanpun mampu untuk membelinya. Harga yang ditawarkan sangat sesuai dengan kulitas yang diberikan.

    7. Strategi Pemasaran serta Komponen Pemasaran (HEPITEA STORY)
    Strategi pemasaran yang dilakukan selama berdirinya Hepitea Story Jambi yaitu lewat media sosial. Kenapa pemasaran hanya di media sosial, karena menurut pemilik usaha ini, anak muda sekarang sangat tidak perhatian akan iklan yang berada dijalan, bahkan iklan didalam koran. Maka dari itu usaha ini belum mencoba pemasaran melalui media yang lainnya. Dikarenakan lebih mentargetkan anak muda Jambi.

    8. Bagaimana Produk dapat memenuhi Kebutuhan Pelanggan
    Usaha ini sangatlah mengutamakan kepuasan pelanggan. Usaha ini mempunyai misi yaitu selalu ready stok akan makanan dan minuman yang ada dimenu, sehingga tingkat ketidakpuasaan menurun. Dengan selalu menyediakan produk, pelanggan akan merasa puas dan tidak kecewa saat datang. Banyak pelanggan kecewa akan ketidaklengkapan produk yang ada dimenu.
    Visi dari usaha ini yaitu ingi lebih mengembangkan lagi usaha yang telah dibuat, dengan menambah outlet yang lebih dari sekarang.

    9. Pengembangan Pasar Baru mengenai Produk / Jasa (HEPITEA STORY)
    Untuk jangka waktu kedepan pastinya setiap pengusaha ingin memperluas usahanya dengan lebih mengembangkan usahanya. Tapi, untuk waktu setahun kedepan belum ada keinginan untuk menambah outlet bau, tetapi kalau produk selalu berkembang mengikuti pusat. Produk berkembang tidak bisa dipastikan waktunya.
    Hepitea Story ini berniat dan berharap usaha baru ini akan terus lebih berkemabng dari yang sekarang, bisa lebih dikenal oleh seluruh masyarakt indonesia.

    10. Kesimpulan Dari Team
    Kesimpulan yang dapat kelompok kami ambil yaitu usaha yang harus secara terus-menerus dikembangkan, menjaga kualitas produk serta nama usaha tersebut, menjaga respon dari pelanggan selalu positif terhadap produk yang ditawarkan, menjaga loyalitas pelanggan, dan lain sebagainya. Sebagai seorang pembisnis itu sangatlah susah, dikarenakan pelanggan itu sangat susah dicari, pelanggan tidak bisa datang dengan sendirinya tanpa ada hal yang menonjol dari suatu usaha teersebut. Pelanggan harus diberikan masukan positif akan usaha yang akan didirikan, karena promosi yang kecil akan berdampak sangat besar pada usaha.
    Pelayana adalah hal yang penting tetapi susah untuk dijalani karena setiap pegawai akan selalu mempunyai keterbatasan. Pelayanan dan kualitas adalah fondasi suatu usaha yang akan didirikan.

    Komentar oleh Bintang Puspa Sari | Mei 19, 2015 | Balas

  3. KELOMPOK 3
    ANGGOTA : YELLI ELFIA ERC1B012116
    RAHANDHANI SETYO PRATIWI ERC1B012029
    DIAN RETNO WULAN ERC1B012040
    NAMA PERUSAHAAN : Dine & Chat Caffe
    Alamat : Jl. Profesor Doktor Soemantri Bodjonegoro No. 1, Jambi
    (0741) 669090

    Apakah ada keunikan pelayanan atau produk yang dihasilakan?
    Dalam segi pelayanan,berdasarkan survey yang telah kami lakukan kami melihat ada keunikan tentang sistem pelayanan yang diterapkan di dine & chat caffe, yaitu karyawan atau server yang bertugas melayani tamu dari pintu masuk sampai dengan tamu pulang, setiap karyawan menjalani tugas semaksimal mungkin. Kunikan yang terdapat di dine and chat caffe, karyawan melakukan tamu seperti keluarga dirumah sendiri membantu anak kecil untuk duduk di kursi bayi, menangani keluhan tamu mengenai masakan dan selalu menebar seyum saat bertugas.
    Mengenai produk yang dihasilkan chef yang bertugas selalu melakukan inovasi dengan menghadirkan menu baru dengan varian rasa indo-cuisne, hal ini dapat kita lihat pada chef special atau menu off demain. Dine & Chat juga menyediakan berbagai menu mulai dari dessert, coffee hingga makanan berat.
    Tahun berdiri :
    Dine & Chat didirikan pada 26 february 2011
    Apakah independen, bukan cabang atau franchising daripada perusahaan di luar Jambi :
    Dine and chat caffe merupakan perusahaan yang independen. Dine & Chat merupakan perusahaan lokal yang berdiri sendiri di Jambi dan saat ini telah memiliki tiga cabang yaitu di WTC Batanghari Jambi dan Bengkulu.

    Bagaimana respon pelanggan terhadap keunikan pelayanan yang dimaksud:
    Konsumen yang datang di Dine & Chat sejauh ini merasa puas mengenai produk dan pelayanan yang diterapkan di dine and chat caffe. Cita Produk yang variatif membuat konsumen tidak merasa bosan. Mengenai variasi dessert dan makanan berat yang disediakan Dine & Chat memiliki tampilan yang unik dan cantik serta cita rasa yang lezat. Pada survey yang telah dilakukan, mengenai pelayanannya Contoh: karyawan cepat dalam melayani konsumen membantu dan melayani semua kebutuhan, seperti yang kami lihat ada konsumen yang membawa anak batita (bawah tiga tahun), karyawan sigap menawarkan kursi khusus untuk batita tersebut agar lebih nyaman saat duduk dan tidak mengalami kesulitan ketika makan. Selain itu orang tua batita juga merasa nyaman karena tidak kerepotan ketika anaknya menikmati makanan tersebut.

    Bagaimana praktik bauran pemasaran dilaksanakan? Komponen pemasaran apa saja yang menonjol dalam pengamatan tim anda?
    Mengenai komponen pemasaran yang menonjol dine & chat selalu melakukan inovasi dengan menghadirkan menu baru dengan varian rasa indo-cuisne, hal ini dapat kita lihat pada chef special atau menu off demain. Dine & Chat juga menyediakan berbagai menu mulai dari dessert, coffee hingga makanan berat, sehingga konsumen lebih banyak pilihan dalam menentukan pilihan makanan dan minumannya.. meskipun daya jual utamanya adalah kuliner, namun terdapat Fasilitas yang mendukung Dine & Chat menjadi pilihan tempat makan oleh para konsumen. Fasilitas yang diberikan oleh Dine & Chat adalah penyediaan Wi fi gratis dan musik yang lembut, serta lay out ruangan yang nyaman. Konsumen dapat meilih indoor atau outdoor ketika menikmati menu pilihannya . sehingga konsumen betah untuk berlama-lama berada disana.
    b. Dari segi harga, Dine & Chat menawarkan harga yang bervariasi harga yang ditawarkan mulai dari 25.000 sampai dengan 100.000 rupiah .
    c. Dari segi tempat atau lokasi, Lokasi Dine & Chat sangat strategis karena berlokasi di pinggir jalan dan dekat dengan sarana umum yang biasa digunakan masyarakat. Letaknya yang ada di pusat kota dan dekat dengan fasilitas umum menjadi Dine & Chat sebagai tempat makan pilihan remaja maupun orang tua.
    d. Dari segi promosi, promosi yang dilakukan oleh Dine & Chat adalah melalui beberapa jejaring social. Seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Dengan menggunakan media sosial, KofeLuv dapat selalu terhubung dengan seluruh masyarakat dan dapat mengetahui mengenai kelebihan yang diberikan oleh pihak Dine & Chat.

    Dalam hal apa produk maupun jasa yang diamati dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
    dalam hal jasa : biasanya custamer yang membawa anak kecil ataupun orang tua membutuhkan air panas untuk membuat susu atau meminum obat. Dalam jasa lain server juga melayani cutamer yang meminta tolong mengambil gambar (berfoto) di dine and chat caffe.

    Adakah pelanggan baru, pasar baru, atas produk maupun jasa yang diamati?
    Saat ini dine n chat membuka anak perusahaan baru di daerah jelutung Kota Jambi. Perusahaannya masih bergerak di bidang kuliner, yaitu cafe. Cafe yang terbaru dengan nama D’ Simon & Sons.

    Apakah insight (pandangan team) atas eksplorasi yang dilakukan oleh Tim:
    insight karena dine and chat caffe selalu berinovasi serta bereksploirasi terhadap kemajuan perusahaan. Hal ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam segi produk atau pun jasa.

    Komentar oleh rahandhani pratiwi | Mei 19, 2015 | Balas

  4. TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN STRATEGIK

    KELOMPOK: 1
    CHAROLINE LIDYA (ERC1B011111)
    FITRI DWI HARYANTI (ERC1B012092)
    MUHAMMAD ROSIDI (ERC1B012081)

    • Nama Perusahaan
    PT. Kerinci Pertama Motors

    • Alamat
    PT. Kerinci Pratama Motors beralamat di Jl. Kolonel Abunjani No. 10 Simpang III Sipin, Kota Baru, Jambi.

    • Apakah ada keunikan produk atau pelayanan yang dihasilkan?
    Keunikan pelayanan: Pelayanan terhadap pelanggan adalah no 1, pada saat pelanggan akan memasuki ruang showroom,pelanggan akan dibukakan pintu oleh tenaga marketing wanita (saler counter) dan disambut dengan salam selamat datang dari seluruh petugas sales counter, lalu pelanggan di arahkan untuk konsultasi sebelum pembelian dan disuguhi minuman seperti teh, kopi atau minuman kemasan.
    Keunikan produk: Mitsubishi selalu berinovasi meluncurkan produk kendaraan yang menghemat penggunaan bahan bakar namun tetap memiliki performa prima dan tangguh.

    • Tahun Berdiri
    PT. Kerinci Pertama Motors berdiri pada tahun 1990

    • Apakah independen, bukan cabang atau frenchising daripada perusahaan diluar jambi
    PT. Kerinci Pertama Motors adalah dealer resmi perusahaan Mitsubishi. Namun, kepemilikannya adalah group, bukan langsung dibawah PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors Mitsubishi pusat di Indonesia).

    • Bagaimana respon pelanggan terhadap pelayanan yg dimaksud
    Respon dari pelanggan sangat positif sehingga PT. Kerinci Pertama Motors Jambi mendapat pelanggan pelanggan yang setia dengan produk yang dipasarkan oleh PT. Kerinci Pertama Motors.

    • Bagaimana praktik bauran pemasaran dilaksanakan? Komponen pemasaran apa saja yang menonjol dalam pengamatan tim anda.
    Product: PT. Kerinci Pertama Motors menjual kendaraan Mitsubishi berupa kendaraan penumpang dan kendaraan niaga. Selain itu, PT. Kerinci Pertama Motors juga menjual onderdil (sparepart) dan jasa servis untuk kendaraan Mitsubishi.
    Place: Dari segi tempat, perusahaan terletak pada tempat yang sangat strategis dimana perusahaan terletak pada pusat keramaian kota yaitu di Jl. Kolonel Abunjani No. 10 Simpang III Sipin, Kecamatan Kota Baru, Jambi. Dengan posisi yang terletaktepat didekat tugu juang jambi membuat perusahaan mudah ditemukan, dari sisi bangunan kantor dibuat semenarik mungkin, agar dapat menarik perhatian pelanggan, terutama didalam dealer didesain seindah mungkin agar pelanggan merasakan kenyamanan sehingga pelanggan tertarik untuk berkunjung dan malakukan pembelian.
    Price: Kisaran produk urtama yang dijual PT. Kerinci Pertama Motors adalah antara 99 juta-800 juta.
    Promotion: perusahaaan gencar melakukan promosi untuk menarik pelanggan membeli produk yang dipasarkan biasanya dengan malakukan promosi seperti pameran, iklan billboard, dan juga dinner gathering.
    Menurut tim komponen pemasaran yang menonjol terletak pada product, place, harga, dan promosi.
    Product: Dalam memasaran produk perusahaan selalu memasarkan produk kendaraan yang di desain sesuai dengan kebutuhan konsumennya yaitu kendaraan penumpang dan kendaraan niaga.
    Price: PT. Kerinci Pratama Motors menawarkan harga yang relatif terjangkau yaitu kisaran harga sekitar 90juta-800juta namun dengan kualitas terbaik sehingga konsumen dapat membeli kendaraan yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan konsumen tersebut.
    Place: dari segi lokasi, PT. Kerinci Pratama Motors memiliki lokasi yang sangat strategis, yaitu tepat di pusat keramaian kota. Letak yang strategis membuat konsumen yang akan melakukan pembelian tidak akan mengalami kesulitan untuk menemukan dealer tersebut.
    Promotion: Dalam mempromosikan produknya PT. Kerinci Pratama Motors melakukan promosi melalui pameran-pameran yang dilakukan, iklan billboard, dan juga melakukan dinner gathering kepada konsumennya.

    • Dalam hal apa produk maupun jasa yang diamati dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
    Dalam hal pelayanan, kelengkapan acsessories, ketepatan waktu pengantaran produk ke pelanggan, ketepatan waktu servis dibengkel, dan kondisi kendaraan yang bersih saat diterima pelanggan.

    • Adakah produk baru, pasar baru, atas produk maupun jasa yang diamati
    Selalu ada pelanggan baru maupun pasar baru, mengingat Mitsubishi bukan hanya meluncurkan kendaraan penumpang namun juga kendaraan niaga yang sangat akan membantu pelanggan dalam menjalankan bisnisnya.

    • Apakah instinght (pandangan team) atas eksplorasi yang dilakukan oleh team.
    Menurut tim PT. Kerinci Pramata Motors sudah sangat memperhatikan kualitas pelayanan terhadap pelanggan, baik dari segi penjualan maupun setelah penjualan seperti pelayanan ganti oli secara gratis dan sebagainya.
    Perusahaan ini juga sangat memperhatikan pelanggan yang secara terus menerus melakuakn pembelian kendaraan dengan membuat acara gala dinner maupun pemberian kue ulang tahun saat pelanggan berulang tahun.

    Komentar oleh Fitri Dwi Haryanti | Mei 19, 2015 | Balas

  5. kelompok 4
    nama : Bintang Puspa Sari (ERC1B012004 )
    Ibnu Ridho ( ERC1B012128 )

    1. Nama Perusahaan (HEPITEA STORY)
    Kami dari kelompok 4 (empat) ingin menganalisis pelanggan pada usaha Hepitea Story. Alasan kenapa kelompok ingin menganalisis usaha minuman dan makanan Hepitea Story ini dikarenakan, usaha Hepitea Story ini termasuk baru berdiri dan termasuk banyak pesaing yang serupa, tetapi tidak kalah dalam keramaian pelanggan yang datang kepada Hepitea Story. Hepitea story adalah jenis usaha minuman dan makanan ringan yang disukai oleh banyak anak kecil, remaja, bahkan dewasa. Hepitea story adalah salah satu usaha minuman dan makanan yang tidak jauh beda dengan pesaing serupa, Hepitea Story banyak keunggulan dibanding dengan usaha serupa lainnya. Dikarenakan alasan diatas, maka dari itu kami kelompok 4 (empat) sepakat atas penelitian pada usaha Hepitea Story, dan selama kami meneliti, kami diizinkan oleh pihak usaha Hepitea Story untuk menanyakan hal yang diizinkan untuk dipublikasikan. Selama penelitian usaha ini sangat memebantu dalam menjawab pertanyaan kelompok kami.

    2. Alamat
    Hepitea Story beralamat di Jl. Jendral Sudirman No.16E Thehok Kota Jambi. Alamat usaha ini sangat strategis dan terletak didekat tempat-tempat strategis seperti primagama thehok, lapangan honda, dan SD.28. usaha ini sangat baik karna terletak dipinggir jalan besar, dan sangat memudahkan pelanggan mencari lokasi usaha Hepitea Story ini.

    3. Keunikan Pelayanan dan Produk yang dihasilkan (HEPITEA STORY)
    Hepitea story memiliki keunggulan serta keunikan dari usaha yang serupa, keunggulan dan keunikan dari pelayanan memang tidak terlalu terlihat dan masih sama pelayanan dengan usaha lain yang serupa, keunggulannya dan keunikannya setiap pegawai harus memakai seragam khas Hepitea Story dan dilarang untuk memakai pakaian bebas. Dari segi pelayanan pada konsumen, menurut analisis kelompok kami tidak terlihat keunggulan bahkan keunikan yang diberikan. Usaha Hepitea Story memiliki keunggulan dan keunikan yang diberikan terlihat dari produk yang dihasilkan seperti minuman yang serba terbuat dari bahan tea, dan makanan ringan seperti sate salmon, takoyaki, chiken wings, dll, dan ada satu produk makanan yang paling unik yaitu, brownis dan redvelvet yang diletakkan didalam pot dan dihiasi bunga, diibaratkan sebagai tanah dari bunga tersebut, yang biasa disebut potcake. Ada puluhan pilihan minuman yang berdasarkan bahan tea yang ditawarkan pihak usaha Hepitea Story, tidak lupa dengan bermacam-macam variasi makanan dan dessert yang ditawarkan. Hepitea Story ini 100% HALAL dan semua agama boleh menikmati minuman dan makanan yang tersedia. Hepitea Story banyak menawarkan hal yang menarik diantaranya, diskon untuk para pelajar dan kartu stampel setiap pembelian 1 minuman varian apapun akan diberikan 1 cap jika, cap sudah mencapai 10 cap pihak usaha Hepitea Story menghadiahkan atau FREE 1 minuman varian apapun, dan dalam beberapa bulan kedepan ada penawran diskon bagi yang menunjunkan kartu bank sinarmas.
    Keunikan dan keunggulan dapat juga terlihat dari atmosphere Hepitea Story, atmosphere pada usaha ini sangat khas dengan tema hijau serta modern dengan hiasan pada setiap tembok yang ada didalam maupun diluar Hepitea Story, kursi dan meja pun di tata dengan serapi dan senyaman mungkin untuk pelanggan yang datang dan terdapat 1 kursi gantung yang menjadi unggul dan unik karena kursi gantung yang terdapat didalam hanya untuk diduduki 1 orang saja, sehingga setiap pelanggan yang datang terfokus dan ingin berfoto diatas kursi gantung tersebut sehingga berdampak positif pada usaha ini. Hepitea Story menyediakan bermacam mainan yang disediakan hanya untuk bermain saat berada diHepitea Story seperti, kartu UNO, UNO STACKO, dll. Tujuan Hepitea Story memberikan fasilitas permainan agar pelanggan tidak merasa bosan saat berada didalam Hepitea Story dan agar menjadikan Hepitea Story ini menjadi salah satu tempat nongkrong yang asik.
    Hepitea Story sangat menjaga kualitas dari produk yang dihasilkan, sehingga kulitas menjadi keunggulan dari usaha ini. Kulitas bagi Hepitea Story adalah bagian yang paling penting, karena kapuasan pelanggan hadir karena kulitas yang diberikan oleh usaha ini. Kualitas adalah suatu hal yang mahal yang dimana harus sangat dijaga sampai kapanpun.
    Keunggulan yang berbeda dari usaha ini dengan usaha lain yang serupa adalah, usaha ini berdiri sendiri diluar mall, sedangkan usaha yang serupa belum ada yang mendirikan diluar mall. Hepitea Story sangat besar peluangnya untuk mencari pelanggan yang lebih banyak dari usaha yang serupa.
    4. Tahun Berdiri dan Sejarah (HEPITEA STORY)
    Hepitea Story adalah usaha makanan dan minuman yang berasal dari Jakarta yang didirikan oleh sekelompok anak muda yang sangat kreatif, awal berdiri Hepitea Story ini tahun 2012 di Jakarta. Hepitea diindonesia baru mempunyai 2 outlet yaitu, Jakarta 1 outlet dan Jambi 1 outlet. Usaha ini harus lebih dikembangkan, karena usaha ini berasal dari Indonesia bukanlah usaha yang dibeli dari luar.
    Hepitea Story di Jambi adalah yang pertama, berdiri tanggal 8 desember 2014. Pemilik usaha ini adalah Yanti. Usah ini masih terbilang sangat baru tetapi, usaha ini sudah luamayan terkenal dijambi. Banyak sekali pelanggan yang dari daerah jauh pergi ke Hepitea Story. Hepitea Story ini sangatlah strategis tidak susah dicari alamatnya, karena usaha ini terletak ditengah kota yaitu di depan lapangan honda dan disebelah primagama thehok, tidak menyulitkan pelanggan baru yang datang. Menurut penelitian kami, lahan parkir yang masih kurang memenuhi kebutuhan pengunjung.

    5. Franchising (HEPITEA STORY)
    Usaha Hepitea Story ini adalah usaha franchising dan bukan berdiri sendiri/atas nama sendiri. Usaha ini membeli kontrak dengan pusat di Jakarta selama 5 tahun. Jika ada pesaing yang ingi membuka atas nama yan sama, pemilik tidak akan mengizinkan. Jadi usaha Hepitea Story ini akan menjadi usaha yang diiliki 1 orang saja di Jambi selama 5 tahun kedepan. Karena franchising yang pertama di Jambi adalah pemegang izin untuk di daerah Jambi.

    6. Respon Pelanggan Terhadap Keunikan dan Keunggulan (HEPITEA STORY)
    Pelanggan sangat antusias untuk mencoba menu baru yang ditawarkan pihak Hepitea Story, sejak dari awal pembukaan Hepitea Story tidak sepi akan pelanggan, dikarenakan menu yang sangat banyak dan bervariasi, serta tempat yang nyaman untuk singgah. Respon pelanggan yang datang sangat positif sehingga Hepitea Story dapat maju hingga sekarang. Pelanggan yang loyalpun sudah banyak ditemukan sejak awal berdirinya usaha ini. Hepitea Story sangat melayani dengan baik setiap pelanggan yang datang, dengan selalu tersenyum pada pelanggan yang datang. Pelanggan yang datang sangat merasa dihargai dengan adanya pelayanan yang baik dan sopan dari usaha ini. Tetapi ada kalanya setiap manusia mempunyai mood yang tidak baik, akan berdampak negatif pada usaha ini, tentunya pihak usaha Hepitea Story sudah mengantisipasi akan hal yang sering terjadi pada karyawan yang bekerja, dengan cara memberikan gaji yang selalu tepat waktu dan selalu perhatian pada karyawan yang bekerja. Pelanggan yang datang kebanyakan selalu berkelompok (geng) , ini termasuk salah satu respon positif untuk usaha ini dikarenakan setiap kelompok (geng) akan memilih tempat yang menyediakan minuman dan makanan yang enak serta dilengkapi tempat dan fasilitas yang nyaman. Banyak sekali pelanggan yang membeli ulang pada usaha ini sehingga usaha ini selalu mengembangkan menu-menunya.
    Adapun menu-menu yang favorit untuk pelanggan yaitu, potcake, takoyaki, chikencrispy. Banyak sekali pelanggan yang memesan makanan ini. Minuman dan makanan di Hepitea Story ini harganya sangat terjangkau. Sehingga anak sekolahanpun mampu untuk membelinya. Harga yang ditawarkan sangat sesuai dengan kulitas yang diberikan.

    7. Strategi Pemasaran serta Komponen Pemasaran (HEPITEA STORY)
    Strategi pemasaran yang dilakukan selama berdirinya Hepitea Story Jambi yaitu lewat media sosial. Kenapa pemasaran hanya di media sosial, karena menurut pemilik usaha ini, anak muda sekarang sangat tidak perhatian akan iklan yang berada dijalan, bahkan iklan didalam koran. Maka dari itu usaha ini belum mencoba pemasaran melalui media yang lainnya. Dikarenakan lebih mentargetkan anak muda Jambi.

    8. Bagaimana Produk dapat memenuhi Kebutuhan Pelanggan
    Usaha ini sangatlah mengutamakan kepuasan pelanggan. Usaha ini mempunyai misi yaitu selalu ready stok akan makanan dan minuman yang ada dimenu, sehingga tingkat ketidakpuasaan menurun. Dengan selalu menyediakan produk, pelanggan akan merasa puas dan tidak kecewa saat datang. Banyak pelanggan kecewa akan ketidaklengkapan produk yang ada dimenu.
    Visi dari usaha ini yaitu ingi lebih mengembangkan lagi usaha yang telah dibuat, dengan menambah outlet yang lebih dari sekarang.

    9. Pengembangan Pasar Baru mengenai Produk / Jasa (HEPITEA STORY)
    Untuk jangka waktu kedepan pastinya setiap pengusaha ingin memperluas usahanya dengan lebih mengembangkan usahanya. Tapi, untuk waktu setahun kedepan belum ada keinginan untuk menambah outlet bau, tetapi kalau produk selalu berkembang mengikuti pusat. Produk berkembang tidak bisa dipastikan waktunya.
    Hepitea Story ini berniat dan berharap usaha baru ini akan terus lebih berkemabng dari yang sekarang, bisa lebih dikenal oleh seluruh masyarakt indonesia.

    10. Kesimpulan Dari Team
    Kesimpulan yang dapat kelompok kami ambil yaitu usaha yang harus secara terus-menerus dikembangkan, menjaga kualitas produk serta nama usaha tersebut, menjaga respon dari pelanggan selalu positif terhadap produk yang ditawarkan, menjaga loyalitas pelanggan, dan lain sebagainya. Sebagai seorang pembisnis itu sangatlah susah, dikarenakan pelanggan itu sangat susah dicari, pelanggan tidak bisa datang dengan sendirinya tanpa ada hal yang menonjol dari suatu usaha teersebut. Pelanggan harus diberikan masukan positif akan usaha yang akan didirikan, karena promosi yang kecil akan berdampak sangat besar pada usaha.
    Pelayana adalah hal yang penting tetapi susah untuk dijalani karena setiap pegawai akan selalu mempunyai keterbatasan. Pelayanan dan kualitas adalah fondasi suatu usaha yang akan didirikan.

    Komentar oleh bintang puspa sari dan ibnu ridho | Mei 19, 2015 | Balas

  6. Kelompok 5
    Nama Anggota :
    *. Andi ( ERC1B012060 )
    *. Tri Rahayu ( ERC1B012045)
    *. Heniyanti (ERC1B012007)
    Nama perusahaan : aroma kopi thua
    Alamat : Jalan Adam Malik Beringin V, Thehok Jambi Selatan Kota Jambi

    • Apakah ada keunikan pelayanan atau produk yang dihasilakan?
    Aroma Kopi Thua merupakan coffee shop yang dimana menyediakan kopi dari beberapa daerah di indonesia yang berkualitas seperti Dolok Sanggul, Flores & kopi lainnya. Selain itu lay out Aroma Kopi Thua di desain dengan nuansa tempat yang bernuansa modern klasik di padu dengan acesories benda-benda yang abstrak, dan life music instrument sehingga membuat kafe ini terlihat sangat unik dan nyaman sekali bagi konsumen yang sangat membutuhkan inspirasi dan ketenangan ataupun untuk mengobrol, tempat ini tidak di ragukan lagi. Selain itu makanan yang di sediakan juga sangat unik dan enak, di tambah dengan beraneka ragam jenis kopi dan minuman lainnya , yang memiliki varian rasa sesuai dengan minat konsumen, harga yang di tawarkan dapat terbilang murah, sehingga membuat para castemer merasa sangat nyaman untuk berada di cafe tersebut dalam jangka waktu yg lumayan lama.

    • Tahun berdiri
    Aroma Kopi Thua berdiri dari tanggal 05 Oktober 2014 sampai saat ini berjalan hampir satu tahun di kota jambi,

    • Apakah independen, bukan cabang atau franchising daripada perusahaan di luar Jambi
    Aroma Kopi Thua adalah usaha yang didirikan sendiri oleh pengusaha yang bernama Florence Ginting. Usaha ini merupakan usaha independen bukan franchising.

    • Bagaimana respon pelanggan terhadap keunikan pelayanan yang dimaksud.
    Respon pelanggan terhadap keunikan aroma kopi thua :
    Pelanggan yang datang ke aroma kopi thua kebanyakan hanya ingin mengobrol sesama teman atau pun rekan bisnis saja, karna mereka merasa sangat nyaman ketika
    Berbicara sambil menikmati makanan dan minuman yang benar-benar memiliki citra rasa yg berbeda, dan juga harga yang relative cukup murah serta disain ruangan yang benar-benar menjernihkan pemikiran bagi setiap pelanggan yang datang sehingga tempat ini merupakan tempat yang di faforitkan bagi setiap kalangan masyarakat kota jambi.

    • Bagaimana praktik bauran pemasaran dilaksanakan? Komponen pemasaran apa saja yang menonjol dalam pengamatan tim anda.
    Produk :
    a. Dari segi produk : aroma kopi thua menawarkan beraneka kopi tradisional dengan enam citarasa Nusantara seprti Dolok Sanggul, Flores & kopi lainnya. Selain kopi tradisional dan modern, kopi dari mancanegara, seperti dari Vietnam dan Thailand juga turut menghiasi menu di cafe yang mengedepankan kepuasan dan kenyamanan ini. Selain kopi, aroma kopi thua juga menyajikan menu makanan yang enak-enak, seperti nasi goreng, carbonara, sandwich. Fasilitas yang diberikan oleh aroma kopi thua adalah penyediaan Wi fi gratis, live music, dan fasilitas nonton bareng, sehingga konsumen betah untuk berlama-lama berada disana. Selain itu, aroma kopi thua juga pernah mengadakan event latte art se provinsi Jambi.
    b. Dari segi harga, aroma kopi thua menawarkan harga yang bervariasi menurut kopi yang dipesan dan langsung disediakan oleh barista. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 10.000 sampai dengan Rp 30.000.
    c. Dari segi tempat atau lokasi, Lokasi aroma kopi thua cukup strategis karena berposisi di pinggir jalan. Sehingga dapat mudah dilihat oleh orang-orang yang berlalu lalang.
    d. Dari segi promosi, promosi yang dilakukan oleh aroma kopi thua adalah melalui beberapa jejaring sosial. Seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Dengan menggunakan media sosial, diharapkan aroma kopi thua dapat selalu terhubung dengan seluruh konsumen.

    • Dalam hal apa produk maupun jasa yang diamati dapat memenuhi kebutuhan pelanggan?
    bagi pecinta kopi, mereka tidak hanya dapat menikmati kopi khas Jambi, tetapi juga dapat menikmati kopi dari berbagai daerah seperti produk yang ditawarkan pada aroma kopi thua seperti Dolok Sanggul, Flores & kopi lainnya. Sehingga konsumen tidak perlu jauh-jauh ke daerah asal kopi untuk sekedar menikmati kopi. Bagi beberapa pelanggan yang menyukai menu yang pernah ia nikmati di cafe luar kota, ia dapat temukan pula di aroma kopi thua.

    • Adakah pelanggan baru, pasar baru, atas produk maupun jasa yang diamati?
    pada aroma kopi thua, terdapat produk baru yaitu pada minuman seperti hot taro latte, choco peanut, dan cookies and cream. Sedangkan pada makanan berat ada spaghetti bolognese dan bread roll double. Selain itu, perintis aroma kopi thua juga memiliki gagasan untuk membentuk komunitas pecinta kopi. Sehingga melalui komunitas ini dapat tercipta pelanggan baru.

    • Apakah insight(pandangan team) atas eksplorasi yang dilakukan oleh tim?
    Menurut team kami, aroma kopi thua merupakan cafe yang tepat sebagai referensi bagi para pecinta kopi. Aroma kopi thua memiliki ciri khas dengan menawarkan menu utama kopi yang bervariasi, baik kopi tradisional maupun modern dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya pengunjung yang menyukai kopi yang datang ke aroma kopi thua, konsumen yang kurang suka dengan kopi juga berkunjung untuk sekedar menikmati suasana cafe dan berkumpul besama teman dan keluarga, karena aroma kopi thua memiliki suasana yang nyaman dengan desain interior yang menciptakan suasana hangat dan nyaman, serta dilengkapi fasilitas Wifi, live musik, serta nonton bareng. Hal ini merupakan strategi pasar yang dilakukan oleh mangement aroma kopi thua untuk menarik pelanggan.

    Komentar oleh tri rahayu | Mei 19, 2015 | Balas

  7. Kelompok 7
    nama anggota :
    – Richard Steven ( ERC1B012017)
    – Dian Hidayat ( ERC1B012130 )
    – Angga Febrinaldi ( ERC1B012100 )

    Koran Kompas vs Koran Sindo

    1.sasaran perusahaan Koran Kompas dan Sindo?

    Kompas : pada awal didirikan untuk melawan pers komunis. Pada mulanya KOMPAS terbit sebagai surat kabar mingguan dengan 8 halaman, lalu terbit 4 kali seminggu, dan hanya dalam kurun waktu 2 tahun telah berkembang menjadi surat kabar harian nasional dengan oplah mencapai 30.650 eksemplar.Tapi sekarang Kompas bertujuan untuk membuka cakrawala setiap lapisan masyarakat di Indonesia baik anak muda, pengusaha maupun orang tua.

    http://www.kompasgramedia.com/aboutkg/history

    Sindo : pasar local dengan tujuan memenuhi segala kebutuhan masyarakat Indonesia yang mempunyai keberagaman aktifitas dan kebutuhan, akan tetapi Koran Sindo memiliki target kelas menengah keatas yang sudah melek akan informasi dan mampu mencerna setiap informasi secara berimbang.

    http://mnc.okezone.com/corporate-history-milestones/id

    2.Strategi yang diterapkan untuk mencapai sasaran perusahaan ?

    Kompas : strategi Kompas dalam mencapai sasaran perusahaan adalah dengan mengikuti kemajuan teknlogi dan internet dengan memberika situs berita online dimana dapat diakses melalui smartphone atau perangkat elektronik lainnya. Selain itu perusahaan kompas melebarkan sayap dengan menghadirkan toko buku Gramedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mengenai membaca.

    http://konsultansolusi.com/tag/strategi-kompas/

    Sindo : perusahaan yang masih dibawah naungan MNC Group ini menghadirkan situs berita online yaitu Okezone dengan tujuan yang sama dengan kompas agar masyarakat dapat lebih update mengikuti berita yang terjadi di sekitar nya. Selain itu MNC group juga menghadirkan media cetak yang membahas rubric khusus seperti sepakbola, masak dan lainnya agar target pasar dan kepuasaan konsumen terjaga.

    http://mnc.okezone.com/corporate-history-milestones/id

    3.3 tahun ke depan, strategi apa yang diterapkan ?

    Kompas : Kompas mempunyai visi misi yaitu menjadi perusahaan yang terbesar, terbaik, terpadu dan tersebar di Asia Tenggara melalui usaha berbasis pengetahuan yang menciptakan masyarakat terdidik, tercerahkan, menghargai kebhinekaan dan adil sejahtera.Misi ini dimaknai bahwa Kompas Gramedia, tidak hanya memiliki orientasi usaha pada surat kabar atau toko buku saja. Namun, terkait dengan industri pengetahuan. Hal ini mengarahkan pada kompetensi yang dimiliki oleh Kompas Gramedia untuk menguatkan pada bisnis pengetahuan.
    Kompas Gramedia mengembangkan produk terkait dengan tabloid, majalah, penerbitan buku, toko buku, percetakan, multimedia, pelatihan, penyelenggaraan event atau kegiatan lain terkait dengan sharing informasi.Dengan demikian, kalau dikaitkan dengan segmen pasar, maka Kompas Gramedia akan menyasar pada semua konsumen yang membutuhkan produk pengetahuan yang berada di Asia Tenggara. Cakupan wilayah geografi tidak hanya terkait di Indonesia.

    http://manajemen.bisnis.com/read/20150227/237/407088/kiat-manajemen-apa-gunanya-misi-bagi-perusahaan-bisnis

    Sindo : Koran Sindo sebagai media cetak baru yang masuk ke persaingan media cetak tentu mempunyai visi misi tersendiri untuk mengembangkan produk perusahaan nya, Koran Sindo berupaya untuk tetap dapat menarik hati masyarakat sebagai surat kabar kaya berita dengan informasi yang jelas, detail, dan berita yang berimbang sesuai dengan fakta baik berita politik sampai olahraga sehingga masyarakat dapat mempercayai kualitas dari berita Koran Sindo ini.

    http://www.anneahira.com/koran-sindo.htm

    4.Dalam hal pencapain sasaran, apa saja yang dinilai berhasil, kaitkan ini dengan pertanyaan (1) ?

    Kompas : Pertama kali diterbitkan, Kompas hanya terdiri atas 4 halaman dengan iklan nan sangat minim, yakni 6 buah saja. Selanjutnya (1965), koran Kompas terbit sebagai koran mingguan nan memiliki 8 halaman. Kemudian, diterbitkan 4 kali dalam seminggu.
    Dan, dalam kurun waktu dua tahun saja, akhirnya koran Kompas menjadi salah satu surat kabar harian nasional nan memiliki oplah hingga 30.650 eksemplar. Kini, surat kabar Kompas memiliki sirkulasi oplah nan cukup besar dan didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia. Berita-berita nan teraktual dan berimbang membuat surat kabar ini sukses menjaring pembaca nan berasal dari berbagai kalangan. Ini menandakan Kompas berhasil merebut hati masyarakat dengan terus menghadirkan berita terbaik. kompas yang berupaya untuk membuka cakrawala pengetahuan masyarakat Indonesia terbukti berhasil memenangi berbagai penghargaan nasional maupun internasional sebagai bukti keberhasilannya di zaman modern ini seperti penghargaan tahun 2013, Harian Kompas meraih Roy Morgan Customer Satisfaction Awards 2013 untuk kategori koran. 2014, PT Kompas Media Nusantara mendapatkan Bronze Award pada acara Asian Media Award 2014 di Hongkong untuk kategori Foto Jurnalisme dengan judul foto ‘Jakarta Tak Berdaya’. Harian Kompas meraih dua penghargaan emas (gold winner) untuk kategori Surat Kabar Nasional Terbaik (The Best of National Newspaper) IPMA 2015 untuk edisi 16 Februari 2014 dan 20 Oktober 2014.

    http://id.wikipedia.org/wiki/Kompas_(surat_kabar)

    Sindo : Koran Sindo Raih 7 Penghargaan IPMA Prestasi membanggakan kembali diraih KORAN SINDO dalam ajang Indonesia Print Media Awards (IPMA) dan Indonesia Young Readers Awards (IYRA) yang diselenggarakan Serikat Perusahaan Suratkabar (SPS)tadi malam. KORAN SINDO berhasil meraih tujuh penghargaan. Tujuh penghargaan itu 4 di antaranya medali emas (gold winner), termasuk untuk kategori IYRA yang dikhususkan untuk pembaca muda, 1 medali perak (silver winner), dan 2 medali perunggu (bronze winner). Penghargaan menjadi bukti bahwa KORAN SINDO mampu memenuhi harapan-harapan pembacanya.

    http://www.koran-sindo.com/read/961605/149/koran-sindo-raih-7-penghargaan-ipma-1423366504

    5.Seberapa penting pencapaian sasaran kepada masing-masing perusahaan ?

    Kompas : Pencapaian sasaran dengan pemberian award / penghargaan adalah bukti eksistensi Koran Kompas masih ada di hati masyarakat Indonesia, selain itu sebagai bukti bahwa kerja keras seluruh staff dalam menghasilkan media surat kabar yang bermutu telah berhasil dan kerja keras itu terbayar dengan kepuasaan yang diraih dalam ajang IPMA.

    Sindo : menurut Pemimpin Redaksi KORAN SINDO Pung Purwanto. IPMA merupakan ajang adu kreasi sampul muka media cetak komersial se-Indonesia maka dari itu penghargaan ini bermakna tanggung jawab besar bagi KORAN SINDO untuk berbuat yang lebih baik lagi bagi masyarakat dan perusahaan media itu sendiri. ”Semoga penghargaan ini memacu kami untuk menghasilkan produk yang semakin kreatif, berkualitas, dan terbaik,” ujar Pung Purwanto.

    https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=8&cad=rja&uact=8&ved=0CEoQFjAH&url=http%3A%2F%2Fwww.koran-sindo.com%2Fread%2F961605%2F149%2Fkoran-sindo-raih-7-penghargaan-ipma-1423366504&ei=A0FkVba2AdCwuASypIGABw&usg=AFQjCNFwT3Bxqwq3p8Al0uwx0-gGCXD_1g

    6.Adakah fokus yang diterapkan perusahaan untuk mencapai sasaran?

    Kompas : Ya ada, Kompas Gramedia, tidak hanya memiliki orientasi/ fokus usaha pada surat kabar atau toko buku saja. Namun, terkait dengan industri pengetahuan. Hal ini mengarahkan pada kompetensi yang dimiliki oleh Kompas Gramedia untuk menguatkan pada bisnis pengetahuan. Karna media cetak Kompas berupaya untuk membuka cakrawala masyarakat Indonesia melalui membaca dan pengetahuan. Kompas Gramedia mengembangkan produk terkait dengan tabloid, majalah, penerbitan buku, toko buku, percetakan, multimedia, pelatihan, penyelenggaraan event atau kegiatan lain terkait dengan sharing informasi.

    http://manajemen.bisnis.com/read/20150227/237/407088/kiat-manajemen-apa-gunanya-misi-bagi-perusahaan-bisnis

    Sindo : Ya ada, surat kabar ini berfokus untuk memuaskan pembacanya dengan kaya berita 44 halaman. Koran ini mendapat perhatian khusus pada hati pembacanya karna sarat informasi dan menghibur adalah misi dan visi Koran Sindo kepada pembacanya sejak awal.

    http://www.anneahira.com/koran-sindo.htm

    7.Bagaimana praktik bauran pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk mencapai sasasaran?

    Kompas : bauran pemasaran yang dilakukan Kompas Gramedia adalah dengan menghadirkan toko buku Gramedia sebagai media pemasaran dari Koran Kompas tersendiri dan sebagai perwujudan dari visi misi Kompas yaitu mencerdaskan bangsa Indonesia melalui pengetahuan serta mendekatkan diri kepada masyarakat dengan menjawab kebutuhan di sekitar masyarakat mengenai kebutuhan akan bacaan. Selain itu Kompas juga hadir dalam dunia broadcasting dengan stasiun Kompas TV sebagai media tayangan yang memberikan tontonan bermanfaat serta mendidik bangsa. Selain itu Kompas Gramedia juga bekerja sama dengan toko buku local untuk proses penjualan dari harian Kompas itu sendiri.

    Sindo : MNC Group selaku induk dari Koran Sindo memasarkan produknya dengan proses distribusi yang cepat agar harian yang diterbitkan dapat ke sampai tangan konsumen tepat waktu. Selain itu Koran Sindo juga dipasarkan melalui media yang dimiliki MNC Group yaitu melalui media iklan elektronik maupun radio setempat agar masyarakat dapat lebih mengetahui Koran Sindo.

    8.Adakah kultur perusahaan dalam pemasaran yang membuat masing-masing perusahaan unggul?

    Kompas : perusahaan Kompas selalu mengedepankan unsur pengetahuan agar menghasilkan berita yang actual dan kredibel guna memuaskan pembaca yang membutuhkan. Selain itu sejalan dengan visi misi dari perusahaan Kompas Gramedia menjadi perusahaan yang terbesar, terbaik, terpadu dan tersebar di Asia Tenggara melalui usaha berbasis pengetahuan yang menciptakan masyarakat terdidik, tercerahkan, menghargai kebhinekaan dan adil sejahter sehingga perusahaan ini menginginkan masyarakat terus membuka pikiran untuk pengetahuan yang tidak ada batasnya.

    Sindo : media cetak ini mempunyai gaya jurnalisme kreatif dan terlihat fresh karena menyajikan topic hangat tersaji secara informatif tanpa mengabaikan unsur hiburan dan desain yang menarik. Selain itu penggunaan bahasa yang renyah dan sarat unsure partisipasi public menjadi kultur dan sifat Koran Sindo.

    9.Kemampuan apa yang dimiliki perusahaan sehingga mereka memiliki Kemampuan bersaing?

    Kompas : Media Cetak Kompas menggunakan bahasa yang baku dan formal sebagai bahasa yang digunakan dalam media cetaknya, hal ini dapat menjadi teladan bagi kaum muda untuk berbahasa yang sopan. Harian kompas selalu menyajikan berita-berita yang terkini, yang terjadi selama satu hari sebelumnya. Diri segi kebahasaannya, kompas memiliki suatu badan yang bertugas mengatur tentang kebahasaanya, sehingga bahasa yang digunakan merupakan bahasa yang memang benar-benar baik.

    Sindo : Koran Sindo hadir dengan sentuhan berbeda dengan Koran lainnya dimana berita yang dimuat selalu akurat , mendalam, penuh gaya , dan warna serta penggunaan bahasa yang lebih baik. Ditambah lagi dengan kreatifitas visual yang modern dan jauh dari unsure konservatif membuat Koran ini tampil elegan disbanding Koran lainnya.

    Komentar oleh Richard | Mei 26, 2015 | Balas

  8. Kelompok 6
    Nama : -Antar Eli Solala Gulo (ERC1B012019)
    -Muhammad Iqbal (ERC1B011123)
    1. Sasaran perusahaan Garuda dan Lion, bisa dilihar dari jumlah penumpang, destinasi, dan pasar sasaran hal lain yang dianggap oleh kelompok penting.
    Garuda :
    Sasaran Perusahaan :
    a.Menjadi “tuan rumah” di dalam negeri (penerbangan domestic) dan mampu berkompetensi setara dengan perusahaan penerbangan internasional lainnya.
    b.Menjadi “leading carrier” dalam penerbangan dalam negeri dan “flag carrier” dalam penerbangan internasional.
    c.Menjadi usaha yang bergerak di bidang “consumer service”

    Sumber :
    https://purubaya92.wordpress.com/2013/06/25/pt-garuda-indonesia-persero-tbk/

    Lion :
    Sasaran Perusahaan

    a.Menjadi merek yang kuat dan kompetitif dalam dunia penerbangan.
    b.menjadi usaha baru yang memberikan kontribusi bagi kesehatan penduduk, gaya hidup dan masyarakat yang berkelanjutan,
    c.Menjadi perusahaan penerbangan yang memberikan pelayanan terbaik.

    Sumber :
    https://tariecliple.wordpress.com/2012/11/06/garuda-vs-lion-air/

    2.Strategi yang diterapkan untuk mencapai sasaran perusahaan
    Garuda :
    Strategi yang dimiliki Garuda :
    a) Menambah Rute Domestik dan Internasional
    Garuda Indonesia menambah tujuan baik di dalam negeri maupun internasional dari 41 menjadi 62, dengan rute ekspansi mencakup Amsterdam, dengan transit di Dubai, pada tahun 2010. Penerbangan non-stop menggunakan pesawat Boeing 777-300ER dimulai pada tahun 2011. Rute lain ke berbagai belahan dunia seperti London, Frankfurt, Paris, Roma, Madrid, Los Angeles, serta kota lainnya akan dibuka kembali.
    b) Pergantian Logo
    Logo yang bersimbol burung ikonik diganti dengan Logo baru Garuda yang berupa sebuah ide baru seputar “sayap alam” yang bermakna menangkap semangat keramahan Indonesia dan profesionalisme.
    c) Skema Warna Baru
    Membuat skema warna baru pada sebuah Airbus A330-243. Ekor pesawat diubah menjadi nuansa warna biru yang berbeda beda dengan tulisan Garuda Indonesia di tengah dari masing masing sisi lambung pesawat.
    d) Seragam Baru, Kebaya Kartini
    Garuda Indonesia membuat seragam baru bagi pramugari / pramugaranya, untuk pramugari mengenakan kebaya tradisional dengan batik motif lereng dilengkapi dengan kebaya berwarna biru gaya Kartini di bagian atas. kostum tambahan bagi pramugari termasuk sebuah batik motif lereng berwarna jingga dengan kebaya berwarna jingga. Untuk pramugara memakai jas abu abu, kemeja biru dan dasi bermerek.
    e) Konsep Pelayanan Baru
    Pada konsep Garuda Indonesia Experience”, terlihat aspek dari kebudayaan, masakan, dan keramahan Indonesia. Mini Nasi Tumpeng Nusantara, tempe, dan jus martebe (markisa dan terong belanda), telah menjadi ciri khas masakan Garuda Indonesia.
    f) Sistem Hiburan Avod
    Garuda mulai berusaha mensejajarkan diri dengan maskapai-maskapai internasional dengan memperkenalkan sistem hiburan AVOD terbaru ( Audio Video on Demand ) dengan televisi di setiap kursi, terutama dalam armada jarak jauh. Garuda juga memperkenalkan kursi kelas bisnis yang dapat diubah menjadi tempat tidur pada penerbangan jarak jauh.
    g) Kelas Eksekutif
    Pesawat A330 (seri -200 dan -300) memiliki produk kelas eksekutif baru dengan Flat-Bed seats yang memiliki ruang kaki 74″ dan dapat disandarkan hingga 180 derajat. Kursi ini memiliki sandaran tangan 11 inci,layar sentuh LCD dengan AVOD di setiap kursi, colokan laptop pribadi, dan lampu baca pribadi.
    h) Kelas Ekonomi
    Tersedia di semua pesawat. Ruang kaki terdiri dari 30″ hingga 35″ tergantung jenis pesawat, dengan panjang kursi 17″. Pesawat Airbus A330-200, Airbus A330-300 aircraft dan Boeing 737-800 yang lebih baru memiliki kursi kelas ekonomi yang lebih baru yang menawarkan layar sentuh LCD 9-inci dengan AVOD.
    i) Garuda memasuki bursa saham
    Pada tanggal 11 Februari 2011. Garuda memulai IPO (Initial Public Offering) sebagai langkah awal menuju bursa saham. Pemerintah menyatakan bahwa harga saham Garuda adalah Rp.750 per saham dan mengurangi penawaran saham dari 9.362 lembar ke 6.3 lembar saham. Garuda Indonesia memutuskan mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia. Untuk menarik minat private equity, manajemen GIAA akan melakukan sejumlah aksi korporasi. Dua diantaranya adalah kuasi reorganisasi dan buyback saham.
    j) Memperoleh terminal khusus
    Garuda juga telah memperoleh terminal khusus atau dedicated terminal di Terminal 2E dan 2F Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Dalam waktu dekat, maskapai ini juga memperoleh dedicated terminal di Bandara Juanda Surabaya dan Ngurah Rai Denpasar sebagai syarat masuk ke aliansi global SkyTeam.
    k) layanan dan fasilitas bidang penjualan korporasi (corporate sales).
    PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) bekerjasama dengan PT Jababeka Tbk (KIJA) dalam hal layanan dan fasilitas bidang penjualan korporasi (corporate sales). Dengan jumlah penyewa lebih dari 1.500 perusahaan baik dalam negeri maupun internasional, menggunakan penerbangan Garuda untuk rute domestik maupun internasional dengan harga dan layanan khusus berupa tarif khusus perusahaan, prioritas pemesanan, city check-in dan kemudahan pembukuan group. Layanan tersebut tidak hanya mencangkup untuk perjalanan dinas, namun juga untuk perjalanan pribadi bagi karyawan Jababeka beserta keluarganya. Untuk terus menjadi maskapai terbaik, garuda juga terus berupaya memberikan kemudahan akses bagi para mitra korporasinya melalui fasilitas “Garuda Online Booking Corporate” dan juga melakukan pengembangan pasar korporasi di kantor cabang luar negeri.
    l) pelayanan di 28 touch point.
    Ke-28 touch point ini merupakan titik-titik di mana perusahaan bersentuhan dengan pelanggannya. Untuk tahap pre-journey, touch point-nya antara lain melalui website, call center, sales office, Garuda Frequent Flyer (GFF) center, dan service center. Di sini calon penumpang mulai berintraksi dengan perusahaan dimana pelanggan merasakan kenyamanan dengan suasana, greeting, senyum dan informasi yang diberikan.
    Lalu tahap kedua, pre-flight adalah layanan setelah konsumen membeli tiket. Di sini touch point-nya adalah penjualan tiket di bandara, customer service desk, GFF membership service, check-in service, transfer desk, executive lounge dan boarding gate.
    Tahap ketiga yaitu tahap in-flight, meliputi cabin service, cabin comfort, lavatory, on board catering, in-flight entertainment, amenity kit, dan sales on board.
    Keempat, tahap post-flight, meliputi: arrival assistant, hospitality desk (menangani penumpang yang butuh bantuan), baggage delivery, juga lost and found.
    Tahap kelima, terdapat post-journey, yakni customer affairs, loyalty program, misalnya dengan memberikan vocer belanja di merchant tertentu. Lebih spesifik lagi, di luar in-flight, pada greeting juga diperhatikan dengan menggunakan cirikhas Indonesia yang universal seperti menangkupkan tangan di dada. Yang menarik, untuk mencari greeting itu sampai mengundang budayawan dari Universitas Indonesia.
    m) Layanan Internasional
    Strategi yang diusung untuk penerbangan tujuan internasional, seperti Jepang, Taiwan, dan Cina, garuda merekrut pramugari asal negara mereka, agar paramugari dapat memahami bahasa mereka.
    n) Mendatangkan pesawat jet.
    Untuk memperkuat pasar domestik, pada tahun 2012 ini Garuda mendatangkan pesawat bermesin jet dengan kapasitas kursi di bawah 100 unit atau sub-100. Pengoperasian pesawat jet sub-100 bertujuan menjadikan Garuda berada di lini terdepan dalam program konektivitas yang dicanangkan pemerintah melalui Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI). Garuda akan menerbangkan pesawat jenis itu sebagai konektivitas antarwilayah atau antarkoridor ekonomi dan memperkuat layanan penerbangan di rute domestik.
    Sumber :
    https://tariecliple.wordpress.com/2012/11/06/garuda-vs-lion-air/

    Lion :
    Beberapa stategi pemasaran dari Lion Air diantaranya:
    • Low cost airline
    Bisa dikatakan Lion Air memberikan harga yang rendah kepada konsumen karena memang inilah strategi bisnis dari salah satu perusahaan penerbangan terkemuka di Indonesia.
    Jika dibandingkan dengan perusahaan penerbangan lainnya memang jauh harga yang ditawarkan Lion Air. Meskipun harga dari tiket pesawat Lion Air ini rendah namun kenyamanan dan keselamatan penumpang tetap diutamakan.
    • Kapasitas penumpang
    Dengan tarif harga penerbangan yang murah itu, Lion Air juga meningkatkan kapasitas penumpang untuk setiap pesawatnya.
    Dengan peningkatan kapasitas penumpang itu diharapkan konsumen bisa mendapatkan kursi sesuai dengan permintaan mereka. Karena banyaknya permintaan penerbangan dari konsumen ini juga menjadi faktor untuk peningkatan kapasitas penerbangannya.
    • Kemajuan Teknologi
    Lion Air sebagai salah satu perusahaan penerbangan swasta meningkatkan penjualannya dengan peningkatan teknologi pada rancangan atau desain untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada penumpangnya.
    Meskipun dengan tarif penerbangan yang rendah namun teknologi dari Lion Air tetap sama dengan teknologi yang digunakan pesawat berkelas lainnya dengan tarif tinggi.
    • High Service Quality
    Strategi pemasaran Lion Air lainnya adalah dengan pemberian service yang lengkap kepada setiap penumpang. Service tersebut ditempatkan pada setiap pesawat maupun pada home-base di setiap kota.
    Selain itu anda bisa melakukan reservasi lewat SMS, reservasi lewat internet dan berbagai kemudahan lainnya melalui internet dan teknologi lainnya.
    • Promosi
    Lion Air selain melakukan strategi harga yang rendah, ternyata Lion Air juga melakukan beberapa promosi pada media cetak,internet maupun pada media elektronik lainnya. Promosi ini sangat efektif untuk menarik lebih banyak konsumen. Dengan persaingan bisnis perusahaan penerbangan itulah Lion Air berupaya untuk melaksanakan beberapa strategi bagi perusahaan.
    Sumber : http://ahlimanajemenpemasaran.com/2013/07/strategi-pemasaran-lion-air/#sthash.fk7go3FV.dpuf

    3. 3 tahun ke depan, strategi apa yang diterapkan
    Garuda :
    • Melaksanakan usaha jasa angkutan udara yang memberikan kepuasan kepada pengguna jasa yang terpadu dengan industri lainnya melalui pengelolaan secara profesional dan didukung oleh sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi tinggi.
    • Menghasilkan keuntungan dengan jaringan domestik yang kuat untuk terus meningkatkan pangsa pasar domestik dan internasional bagi usahawan, perorangan, wisatawan dan kargo termasuk penerbangan borongan.
    • Memiliki bisnis unit yang mendukung produk inti untuk meningkatkan keuntungan serta menghasilkan pendapatan tambahan dari usaha unit pendukung tersebut.
    Sumber :
    https://purubaya92.wordpress.com/2013/06/25/pt-garuda-indonesia-persero-tbk/

    Lion :
    • Membangun Merek yang kuat melalui inovasi, kualitas, konsistensi,dan keunggulan kompetitif,
    • Pertumbuhan kualitatif melalui peningkatan jejaring dan tantangan-tantangan baru,
    • Mengembangkan nilai-nilai usaha baru yang memberikan kontribusi bagi kesehatan penduduk, gaya hidup dan masyarakat yang berkelanjutan,
    • Menyempurnakan kompetensi pembelajaran perusahaan melalui SDM yang kuat
    Sumber :
    http://www.lionwings.com/id/visi-mission

    4.Dalam hal pencapain sasaran, apa saja yang dinilai berhasil, kaitkan ini dengan pertanyaan (1)
    Garuda :
    Hal yang paling menentukan keberhasilan suatu strategi penerbangan ini terlihat dari kesatuan keseluruhan manajemen, karyawan, dan fasilitas yang ada dapat memberikan kepuasan bagi konsumen atas jasa yang diberikan. Dengan komitmen yang diusung garuda yakni sebagai full service airline. Pelayanan menjadi prioritas yang sangat diperhatikan bagi konsumen. Konsep pelayanan yang diberikan garuda terlihat sungguh-sungguh dan terdesain dengan rapi, yakni mengedepankan cirikhas Indonesia, hal ini dapat dilihat dari desain core product, supplementary product, bahkan pada front stage dan fasilitas yang ada.
    Sumber :
    https://tariecliple.wordpress.com/2012/11/06/garuda-vs-lion-air/

    Lion :
    Hal yang menentukan keberhasilan suatu strategi dari lion air terlihat dari kesatuan keseluruhan manajemen, karyawan, dan fasilitas yang ada dapat memberikan kepuasan bagi konsumen atas jasa yang diberikan. Dengan komitmen yang diusung lion yakni mengedepankan biaya yang ekonomis dan memiliki armada pesawat yang banyak dan keluaran terbaru, sehingga seluruh masyarakat termasuk masyarakat kelas menengah dapat juga merasakan terbang mengudara bersama lion air. Pelayanan menjadi prioritas yang sangat diperhatikan bagi konsumen. Keberhasilan juga terlihat dalam pelayanan dalam rute penerbangan yang banyak dalam 1 harinya dengan demikian dapat menjangkau banyak konsumen, dan mereka merasakan kemudahan keberbagai daerah tujuan dengan biaya yang terjangkau, apalagi untuk masyarakat kelas menengah kebawah, tentunya dengan ditunjang armada pesawat yang banyak dan mahir seperti pada strategi yang diterapkan lion air. Jadi pada prinsipnya strategi dapat berhasil dilihat dari kepuasan pelanggan, dan bagaimana perusahaan dapat memposisikan dirinya dengan memberikan pelayanan yang memang dibutuhkan oleh konsumen.
    Sumber :
    https://tariecliple.wordpress.com/2012/11/06/garuda-vs-lion-air/

    5.Seberapa penting pencapaian sasaran kepada masing-masing perusahaan
    Garuda :
    sangat penting, karna dengan adanya pencapaian sasaran dapat menjadikan diagram/ perhitungan persentase yang telah di capai selama jangka waktu periode yang telah di tentukan oleh pihak perusahaan. Dan untuk meningkatkan kualitas dan mutu berdasarkan dari persentase pencapaian yang telah di peroleh.

    Lion :
    Penting juga, agar dapat mengetahui seberapa banyak sasaran yang telah di capai oleh pihak perusahaan dan dapat dijadikan perubahan untuk mencapai peningkatan yang lebih banyak lagi, sehingga perusahaan dapat menjadikan hal peningkatan ini sebagai sarana motivasi bagi perusahaan.

    6.Adakah fokus yang diterapkan perusahaan untuk mencapai sasaran?
    Garuda :
    Ada, garuda fokus menjadi maskapai yang memiliki full service airline. Pelayanan menjadi prioritas yang sangat diperhatikan bagi konsumen. Konsep pelayanan yang diberikan garuda terlihat sungguh-sungguh dan terdesain dengan rapi, yakni mengedepankan ciri khas Indonesia, hal ini dapat dilihat dari desain core product, supplementary product, bahkan pada front stage dan fasilitas yang ada.

    Lion :
    Ada, Lion air memfokuskan agar setiap orang bisa mempunyai kesempatan terbang menembus langit nusantara dengan harga ekonomis. Lion air mengedepankan biaya yang ekonomis dan memiliki armada pesawat yang banyak dan keluaran terbaru, sehingga seluruh masyarakat termasuk masyarakat kelas menengah dapat juga merasakan terbang mengudara bersama lion air.
    Dengan mengusung strategi harga rendah, strategi yang dapat di lakuakan tanpa mengurangi kualitas pelayanan dan fasilitas yang ada, dan tetap menjaga keselamatan penumpang,

    7. Bagaimana praktik bauran pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk mencapai sasasaran?
    Garuda :
    Dengan cara meningkatkan tim marketing perusahaan dan meningkatkan pelayanan yang jauh lebih baik biasanya tidak diberikan oleh pihak persaing lainnya.

    Lion :
    Memberikan harga yang relatif lebih murah dari harga persaing dan meningkatkan kualitas agar konsumen merasa puas atas prubahan dan peningkatan kualitas jasa yang di berikan.

    8. Adakah kultur perusahaan dalam pemasaran yang membuat masing-masing perusahaan unggul?
    Garuda :
    Ada, Pada konsep Garuda Indonesia Experience”, terlihat aspek dari kebudayaan, masakan, dan keramahan Indonesia. Mini Nasi Tumpeng Nusantara, tempe, dan jus martebe (markisa dan terong belanda), telah menjadi ciri khas masakan Garuda Indonesia.

    Sumber :
    https://tariecliple.wordpress.com/2012/11/06/garuda-vs-lion-air/

    Lion :
    Ada, Budaya keterbukaan dibangun Lion Air, Rusdi Kirana sering melakukan pertemuan informal dengan bawahannya dan meminta ide-ide untuk pengembangan perusahaannya, Gaya dan tingkah laku keduanya menjadi inspirasi bagi karyawannya dan menjadikannya cerita yang dibicarakan berulang-ulang diantara karyawannya. Mereka seolah menjadi model yang dijadikan panutan bersama. Kepedulian terhadap karyawan sangat tinggi dan tidak terlalu mengedepankan formalitas, ini memperbolehkan sesama karyawan menikah tanpa ada rasa khawatir akan penyelewengan. Kondisi ini yang memudahkan kultur terbentuk dengan baik diantara staf Indonesia Lion Air.

    Sumber :
    http://milikyusry.blogspot.com/2013/04/makalah-budaya-organisasi.html

    9.Kemampuan apa yang dimiliki perusahaan sehingga mereka memiliki Kemampuan bersaing?
    Garuda :

    Pada garuda airlines:
    Dari sisi slogannya memberikan pelayanan premium yang pada penerapan dan implementasinya dibilang cukup baik. Selain itu keunikan yang dimiliki garuda terlihat pada logo baru dan nuansa warna biru yang awalnya bersimbol burung ikonik menjadi logo bersimbolkan sayap alam sangat didesain khusus dan menarik. Tampilan baru ini bermakna menangkap semangat keramahan indonesia dan profesinalisme yang dimiliki garuda. Keunikan lainnya terlihat dari seragam pramugari yang terinspirasi dari kebaya tradisional dengan batik motif lereng dan kebaya kartini berwarna biru, sedangkan untuk pramugaranya memakai jas abu abu, kemeja biru dan dasi bermerek. Garuda juga memiliki keunikan lainnya dibidang masakan berupa Mini Nasi Tumpeng Nusantara, tempe, dan jus martebe (markisa dan terong belanda), telah menjadi ciri masakan Garuda Indonesia.
    Deasin di dalam ruang peswat juga unik, seperti sistem hiburan AVOD terbaru ( Audio Video on Demand ) dengan televisi di setiap kursi, terutama dalam armada jarak jauh. Garuda juga memperkenalkan kursi kelas bisnis yang dapat diubah menjadi tempat tidur pada penerbangan jarak jauh. Untuk kelas eksklusif keunikan yang ditwarkan berupa produk dengan Flat-Bed seats yang memiliki ruang kaki 74″ dan dapat disandarkan hingga 180 derajat. Kursi ini memiliki sandaran tangan 11 inci,layar sentuh LCD dengan AVOD di setiap kursi, colokan laptop pribadi, dan lampu baca pribadi. Sedangkan pada kelas ekonomi Tersedia Ruang kaki terdiri dari 30″ hingga 35″ tergantung jenis pesawat, dengan panjang kursi 17″. Untuk pesawat jenis Airbus A330-200, Airbus A330-300 aircraft dan Boeing 737-800 terdapat kursi kelas ekonomi dengan layar sentuh LCD 9-inci dengan AVOD. Keunikan dari segi pelayanan misalnya pada waktu pelanggan datang ke kantor, ada greeting yang dilakukan staf di sana. Delay management pun sudah ditangani tim khusus. Selain itu, ada service recovery untuk menangani kekecewaan penumpang atas layanan yang kurang menyenangkan. Misalnya pada saat delay, Garuda juga bisa melakukan sesuatu yang bisa menghilangkan kekecewaan, misalnya kru kabin tiba-tiba menawarkan sesuatu seperti up-grade ke kelas bisnis. Tak hanya itu. Jika konsumen ketumpahan kopi oleh pramugari, misalnya, dulu hanya diberi permintaan maaf. Sekarang, ditawari free laundry di mana pun dia menginap. Tak hanya itu upaya yang dilakukan. Untuk memenuhi kenyamanan penumpang di beberapa penerbangan tujuan luar negeri, seperti ke Jepang, Taiwan dan Cina, Garuda merekrut pramugrari dari negara asal agar bisa menjadi pramugari yang memahami bahasa mereka.
    • full service yang diberikannya sangat baik, cepat dan memuaskan. Hal ini juga di tunjang oleh SDM dan fasilitas yang disediakan berkualitas dan berkompeten. Selain itu jasa yang diberikan terbilang unik dan memiliki keunggulan kompetitif.
    • Dibandingkan dengan perusahaan penerbanan domestik lainnya, keamanan penerbangan Garuda paling terjamin. Hal ini dikarenakan pengalaman yang dimiliki oleh pilot pesawat garuda yang menjadikan maskapai ini relatif aman dan paling sedikit mengalami kecelakaan. Jenis pesawat lebar membuat penerbangan tidak mengalami banyak goncangan ketika mengenai awan di udara, sehingga penumpang juga merasa lebih aman dan tidak merasa khawatir. Ruang tempat duduk juga lebar sehingga penumpang merasa nyaman.
    • Ketepatan waktu penerbangan sangat baik. Sehingga bagi penumpang yang memiliki jadwal padat hal ini merupakan faktor yang sangat pentin
    Sumber :
    https://tariecliple.wordpress.com/2012/11/06/garuda-vs-lion-air/

    Lion :
    Pada lion air:
    Sesuai dengan slogan yang diusungnya yakni “We Make People Fly”, setiap orang bisa mempunyai kesempatan terbang menembus langit nusantara, tentunya dengan harga ekonomis. Keunikan dari pesawat yang dimiliki yakni 178 pesawat Boeing seri terbaru yang terbilang canggih, sehingga Lion Air kini dapat menjangkau bahkan menguasai rute-rute ke berbagai daerah.
    Lion air mengedepankan biaya yang ekonomis dan memiliki armada pesawat yang banyak dan keluaran terbaru, sehingga seluruh masyarakat termasuk masyarakat kelas menengah dapat juga merasakan terbang mengudara bersama lion air.
    Dengan mengusung strategi harga rendah, strategi yang dapat di lakuakan tanpa mengurangi kwalitas pelayanan dan fasilitas yang ada, dan tetap menjaga keselamatan penumpang, misalnya dengan menggunakan pesawat yang berkapasitas besar namun berkinerja baik, dengan fasilitas yang baik pula. Dengan jumlah kursi yang disediakan cukup banyak dalan 1 kali penerbangan, tentunya dapat meminimalkan biaya. Selain itu juga merekrut karyawan yang kredibel dan memiliki keramahan kepada konsumen. Kemudian untuk makanan yang disediakan dengan memberikan makanan yang tidak terbilang murahan tetapi berkualitas dan menarik, namun juga diperhatikan faktor biaya.

    Sumber :
    https://tariecliple.wordpress.com/2012/11/06/garuda-vs-lion-air/

    Komentar oleh Antar eli solala gulo | Mei 26, 2015 | Balas

  9. Kelompok 8
    Analisa METRO TV Dan TV ONE

    • Andry Yakup (ERC1B012084)
    • Dwi Angga Retno (ERC1B012076)
    • Ratna Tri Wulandari (ERC1B012109)

    1. Sasaran perusahaan METRO TV dan TV ONE ?

    MetroTV adalah sebuah stasiun televisi swasta berita yang berkedudukan di Indonesia. MetroTV didirikan oleh PT Media Televisi Indonesia, resmi mengudara sejak 25 November 2000 di Jakarta. Metro TV dimiliki Media Group pimpinan Surya Paloh yang juga memiliki harian Media Indonesia dan Lampung Post.

    PT Media Televisi Indonesia merupakan anak perusahaan dari Media Group, suatu kelompok usaha media yang dipimpin oleh Surya Paloh, yang juga merupakan pemilik surat kabar Media Indonesia. PT Media Televisi Indonesia memperoleh izin penyiaran atas nama “MetroTV” pada tanggal 25 Oktober 1999. Pada tanggal 25 November 2000, pertama kali MetroTV mengudara dalam bentuk siaran ujicoba di 7 kota. Pada awalnya, hanya bersiaran 12 jam sehari, namun sejak tanggal 1 April 2001, MetroTV mulai mengudara selama 24 jam. Hanya mengandalkan 280 orang stasiun ini beroperasi pada awalnya. Tapi seiring perkembangan dan kebutuhan, MetroTV mempekerjakan lebih dari 900 orang, sebagian besar di ruang berita dan daerah produksi.

    https://id.wikipedia.org/wiki/MetroTV

    • Untuk membangkitkan dan mempromosikan kemajuan Bangsa dan Negara melalui suasana yang demokratis, agar unggul dalam kompetisi global, dengan menjunjung tinggi moral dan etika.
    • Untuk memberikan nilai tambah di industri pertelevisian dengan memberikan pandangan baru, mengembangkan penyajian informasi yang berbeda dan memberikan hiburan yang berkualitas.
    • Dapat mencapai kemajuan yang signifikan dengan membangun dan menambah asset perusahaan, untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para karyawannya dan menghasilkan keuntungan yang signifikan bagi pemegang saham.

    http://ongkoprasetyo.blogspot.com/2013/03/visi-dan-misi-metro-tv.html

    TVONE (sebelumnya bernama Lativi) adalah sebuah stasiun televisi swasta Indonesia. Berawal dari penggunaan nama Lativi, stasiun televisi ini didirikan pada tanggal 30 Juli 2002 oleh Abdul Latief dan dimiliki oleh ALatief Corporation. Pada saat itu, konsep penyusunan acaranya adalah banyak menonjolkan masalah yang berbau klenik, erotisme, berita kriminalitas dan beberapa hiburan ringan lainnya. Sejak tahun 2006, sebagian sahamnya juga dimiliki oleh Grup Bakrieyang juga memiliki stasiun televisi antv.

    Pada tanggal 14 Februari 2008, Lativi secara resmi berganti nama menjadi tvOne, dengan komposisi 70 persen berita, sisanya gabungan program olahraga dan hiburan. Abdul Latief tidak lagi berada dalam kepemilikan saham tvOne. Komposisi kepemilikan saham tvOne terdiri dari PT Visi Media Asia Tbk sebesar 49%, PT Redal Semesta 31%, Good Response Ltd 10%, dan Promise Result Ltd 10%. Direktur Utama tvOne saat ini adalah Ardiansyah Bakrie.

    https://id.wikipedia.org/wiki/TvOne

    • Menjadi stasiun TV Berita & Olahraga nomor satu.
    • Menayangkan program News & Sport yang secara progresif mendidik pemirsa untuk berpikiran maju, positif dan cerdas.
    • Memilih program News & Sport yang informatif dan inovatif dalam penyajian dan kemasan.

    http://www.tvonenews.tv/tvone/

    2. Strategi yang diterapkan untuk mencapai sasaran perusahaan ?
    Metro TV Menerapkan Strategi positioning televisi berita telah membuat Metro TV berada pada ceruk pasarnya tersendiri. Sebuah diferensiasi yang berhasil membedakannya dengan stasiun TV yang lain. Meskipun demikian, positioning ini memberikan konsekuensi perolehan revenue yang tidak semasif stasiun televisi general lainnya. Namun dengan melakukan penerapan strategi efisiensi biaya produksi, dimana ketergantungan dari pemasok sangat rendah, bisa menjadi alternatif bagi Metro TV guna meraih profit dan bertahan di persaingan industry pertelevisian saat ini.

    TVOne strategi manajemen tvone dalam membentuk image sebagai news and sport station. yang dilakukan dengan memfokuskan program pada berita dan informasi, dan menargetkan khalayak sasaran pada penonton menengah ke atas sesuai dengan strategi manajemen tvone. Proses pencitraan yang diobentuk tvone juga dinilai telah berhasil dalam membentuk citra yang diinginkan. Hal ini diindikasikan : pertama, dai hasil penelitian yang dilakukan AC Nielsen bahwa Tvone saat ini bergerak ke arah News dan sport. Diharapkan dengan perubahan yang terjadi Tvone dapat terus memberikan tayangan yang mendidik bagi masyarakat dan terus mempertahankan dasar xdan etika jurnalistik dalam penayangan berita yaitu, faktual, actual, dan berimbang.

    http://library.fikom.unpad.ac.id/digilib/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunpadfikom-gdl-loniskaagr-3306

    3. Dalam hal pencapain sasaran, apa saja yang dinilai berhasil, kaitkan ini dengan pertanyaan (1) ?
    MetroTV adalah sebuah stasiun televisi swasta berita yang berkedudukan di Indonesia. MetroTV didirikan oleh PT Media Televisi Indonesia, resmi mengudara sejak 25 November 2000 di Jakarta. Metro TV dimiliki Media Grouppimpinan Surya Paloh yang juga memiliki harian Media Indonesia dan Lampung Post.

    PT Media Televisi Indonesia merupakan anak perusahaan dari Media Group, suatu kelompok usaha media yang dipimpin oleh Surya Paloh, yang juga merupakan pemilik surat kabar Media Indonesia. PT Media Televisi Indonesia memperoleh izin penyiaran atas nama “MetroTV” pada tanggal 25 Oktober 1999. Pada tanggal 25 November 2000, pertama kali MetroTV mengudara dalam bentuk siaran ujicoba di 7 kota. Pada awalnya, hanya bersiaran 12 jam sehari, namun sejak tanggal 1 April 2001, MetroTV mulai mengudara selama 24 jam. Hanya mengandalkan 280 orang stasiun ini beroperasi pada awalnya. Tapi seiring perkembangan dan kebutuhan, MetroTV mempekerjakan lebih dari 900 orang, sebagian besar di ruang berita dan daerah produksi.
    Penghargaan atau pencapaian yang didapat

    Tahun Penghargaan Kategori Hasil
    2006 Panasonic Awards 2006[3]
    Pembaca Berita Terfavorit Nominasi
    2007 Panasonic Awards 2007[3]
    Nominasi
    2010 Panasonic Gobel Awards 2010
    Presenter Berita Terfavorit Nominasi
    2011 Panasonic Gobel Awards 2011
    Presenter Berita Terfavorit Nominasi
    Presenter Talkshow Terfavorit Nominasi
    2012 Panasonic Gobel Awards 2012
    Presenter Talkshow Berita & Informasi Terfavorit Nominasi
    2013 Panasonic Gobel Awards 2013[3]
    Presenter Berita & Informasi Terfavorit Nominasi
    Presenter Talkshow Berita & Informasi Terfavorit Nominasi
    2014 Panasonic Gobel Awards 2014
    Presenter Berita & Talkshow Berita Terfavorit Nominasi
    2015 Panasonic Gobel Awards 2015
    Presenter Talkshow Berita & Informasi Terfavorit Menang

    https://id.wikipedia.org/wiki/Najwa_Shihab

    Pencapaian Tvone
    Genap satu tahun usia tvOne. Sejak berdiri tanggal 14 Februari 2008, tvOne mulai membangun sebuah stasiun televisi yang fokus pada program-program News and Sport.

    Dalam waktu setahun kehadirannya, tvOne telah mampu menjadi stasiun televisi berita nomor 1. Berbagai pencapaian dalam segi rating dan keberhasilan finansial telah berhasil diraih tvOne. Sebuah kesuksesan yang luar biasa, sangat fenomenal sekaligus membanggakan.

    Dalam rangka menandakan seluruh pencapaian tersebut, tvOne akan melakukan acara “Peluncuran Bang One Show” yang ditayangkan Sabtu, 21 Februari 2009 pukul 19.00 WIb secara langsung di tvOne. Bang One Show merupakan sebuah gebrakan yang dilakukan tvOne dalam industri media. Bang One Show merupakan editorial policy dalam Redaksi News tvOne yang menggunakan animasi kartun yang diberi judul Bang One. “Format tayangan kartun seperti ini (di media cetak dikenal sebagai karikatur), merupakan yang pertama di Indonesia,” ujar tvone Corporate Communication Manager, Raldy Doy melalui keterangan pers yang diterima VIVAnews. Tayangan Bang One mengedepankan pandangan-pandangan yang berupa kritik maupun masukan terhadap berbagai peristiwa yang terjadi dalam masyarakat. “Dengan kemasan edukatif dan menghibur, Bang One menyajikan berbagai informasi bagi para pemirsa tvOne,” tuturnya.

    http://nasional.news.viva.co.id/news/read/31795-tvone_luncurkan__bang_one_show_

    4. Seberapa penting pencapaian sasaran kepada masing-masing perusahaan ?
    Metro tv: Pencapaian sasaran dengan pemberian award / penghargaan adalah bukti eksistensi atas keberhasilan dalam memberikan yang terbaik di hati masyarakat Indonesia, selain itu sebagai bukti bahwa kerja keras seluruh staff dalam menghasilkan media pertelevisian yang bermutu telah berhasil dan kerja keras itu terbayar dengan kepuasaan yang diraih dalam ajang Awards.

    TVone : Pentingnya pencapaian yang didapat tvone ialah selalu untuk menjadi motivasi bagi tvone dimana tvone telah menjadi tv yang baik di mata masyarakat. Dan pencapaian ini juga telah menjadi bukti tvone telah berhasil dari tv tv lain yang ada di Indonesia

    https://id.wikipedia.org/wiki/Najwa_Shihab

    Komentar oleh Dwi Angga Retno | Juni 25, 2015 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: