Johannessimatupang’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

METODE PENELITIAN PEMASARAN REGULER & MANDIRI NOV 2015


Semua pesrta Metode Penelitian Pemasaran harus mengunduh bahan kuliah pada halaman ini. Selanjutnya semua bentuk komunikasi hanya dilakukan melalui halaman ini saja, sehingga peserta harus berhati-hati dalam mengunggah tugasnya.

Pedoman Perkuliahan
Blog Pedoman Perkuliahan Penelitian Pemasaran Kelas Reguler dan Pagi November 2015
malhotra11 (Sampling)
malhotra10 (Kuesioner)
malhotra22 (Menyiapkan laporan)
Perhatikan File berikut Untuk persiapan Ujian Akhir Semester untuk semua kelas
Blog Pedoman Perkuliahan Penelitian Pemasaran Kelas Reguler dan Pagi Desember 2015
Citasi yang benar Maret 2015

Iklan

November 12, 2015 - Posted by | Uncategorized

79 Komentar »

  1. selamat malam Pak Johannes,
    Nama : Dhini Mardia
    Nim : C1B013063
    Kelas : manajemen B 2013
    Tugas: Ringkasan proposal tentatif

    Pengaruh Media Iklan Di Televisi Terhadap Sikap Dan Gaya Hidup Konsumen Wanita Pada Produk WARDAH

    Iklan sangat akrab dengan kehidupan manusia sehari-hari. Beragam iklan yang ditampilkan setiap hari di berbagai media dengan bermacam produk yang ditawarkan. Salah satunya iklan kosmetik wardah sangat erat kaitannya dengan sikap dan gaya hidup kalangan wanita yang menjadikan produk kosmetik wardah menunjang penampilannya sehari-hari. Dan iklan kosmetik Wardah di televisi yang menampilkan sebagian besar model-model cantik yang berhijab mampu merubah gaya hidup wanita yang pada awalnya tidak menggunakan hijab menjadi berhijab. Pada media televisi, iklan yang ditampilkan secara berkala dan pada waktu primetime maupun sibuk pun bisa mempengaruhi seseorang untuk mengisi waktu luangnya dan menimbulkan respon stimulus untuk menggunakan maupun membeli produk Wardah. Ketertarikan akan produk kosmetik Wardah melalui iklan di televisi yang ditayangkan secara berkala, dimana sebagian besar kalangan wanita suka menghabiskan waktunya di depan televisi sehingga mencerminkan adanya pengaruh yang kuat terhadap iklan kosmetik Wardah agar calon konsumen tersebut tertarik untuk menggunakannya. Sehingga produk kosmetik Wardah bisa saja mempengaruhi sikap dan gaya hidup konsumen wanita berubah melalui iklan yang ditayangkan menarik dan disamping itu iklan yang ditampilkan pun tidak membosankan.

    Hindari ide penelitian ini dari praktik plagiasi, kalau produknya sama, maka topiknya harus beda, silahkan diuji dari google scholar untuk memastikan bahwa ide penelitian itu original. Silahkan dikoreksi.

    Komentar oleh Dhini Mardia | November 18, 2015 | Balas

  2. selamat malam pak
    Nama : elisha
    Nim : c1B013047
    klas : manajemen B 2013
    tugas : ringkasan proposal tentatif

    ANALISIS PENGARUH ELEMEN-ELEMEN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA NOTEBOOK TOSHIBA DI JAMBI
    Merek merupakan janji penjual untuk secara konsisten memberikan keistimewaan, manfaat, dan jasa tertentu kepada pembeli (kotler,2002:460). Merek-merek terbaik memberikan jaminan mutu. Merek merupakan nilai tangible (berwujud) dan intangible (tak berwujud) yang terwakili dalam sebuah merek dagang (trademark) yang mampu menciptakan nilai dan pengaruh tersendiri di pasar bila diatur dengan tepat.
    Dengan berbagai merek yang beredar di pasaran, jelas akan mempengaruhi perilaku konsumen untuk memilih merek dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh penjual. Menurut engel (1994) perilaku konsumen merupakan tindakan-tindakan yang secara lansung terlibat dalam usaha untuk memperoleh, menggunakan, dan menentukan produk dan jasa, termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan-tindakan tersebut.
    Proses pengambilan keputusan pembelian pada setiap orang pada dasarnya adalah sama, namun proses pengambilan keputusan tersebut akan diwarnai oleh cirri kepribadian, usia, pendapatan dan gaya hidupnya. Pembelian dapat diartikan sebagai bagian dari perilaku konsumen yang bertujuan untuk menentukan proses pengembangan keputusan dalam membeli suatu barang atau jasa dimana individu terlibat secara langsung dalam mendapatkan dan mempergunakan barang dan jasa yang ditawarkan tersebut. Oleh karena itu, kesimpulan terbaik individu untuk melakukan pembelian terbentuk berdasarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Dengan semakin banyaknya jumlah pesaing dipasar, meningkatkan pula ketajaman persaingan di antara merek-merek yang beroperasi dipasar dan hanya merek yang memiliki ekuitas merek yang kuat yang akan tetap mampu bersaing, merebut, dan menguasai pasar. mengidentifikasi barang atau jasa penjual atau kelompok penjual dan untuk mendiferensikannya dari barang atau jasa pesaing.

    Silahakan ditulis proposal dalam waktu yang singkat, perhatikan ketentuan yang sudah disepakati.

    Komentar oleh elisha | November 18, 2015 | Balas

  3. Nama : Sausan Dwi Amanda
    Nim : C1B013070 (MGT B)
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif

    ANALSIS PENGARUH PENGGUNAAN E-BANKING BCA MOBILE TERHADAP KUALITAS DAN KEPUASAN LAYANAN NASABAH BCA CABANG JAMBI

    E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi pengkolaborasian mitra bisnis, dan pelayanan nasabah. Banyak perusahaan di dunia berkeinginan untuk menjadi pembangkit daya (power house) bisnis global melalui berbagai investasi besar dalam e-business, dan e-commerce. Perkembangan teknologi informasi, telekomunikasi, dan internet menyebabkan mulai munculnya aplikasi bisnis yang berbasis internet. Salah satu aplikasi yang mulai mendapat perhatian adalah Internet Banking. Salah satu bank komersial di Indonesia yang mengimplementasikan penggunaan sistem internet banking pada layanan jasa perbankan internet banking adalah Bank Central Asia (BCA). Adapun tingkat penggunaan internet banking BCA yang dikenal dengan nama BCA mobile. Respon positif terhadap fasilitas e-banking ini telah menciptakan peningkatan jumlah nasabah pada bank BCA. Yang kemudian menarik adalah, bagaimana strategi bank BCA untuk dapat mempertahankan keunggulan kompetitif produk e-banking BCA agar tidak tersalip oleh usaha duplikasi dan adopsi bank komersial yang lain.

    Ide bagus tapi pastikan bisa menemukan nasabah yg dijadikan responden.

    Komentar oleh sausan dwi amanda | November 18, 2015 | Balas

  4. Selamat malam pak.
    Nama : Mita Fitria
    Nim : C1B013101
    Kelas : Manajemen G 2013
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif
    Mata Kuliah : Metode Penelitian

    Judul : PENGARUH PEMAKAIAN HASHTAG DI INSTAGRAM DALAM MEMPROMOSIKAN DAN MEMASARKAN SUATU PRODUK..

    Sosial media adalah portal atau sarana pergaulan sosial secara online yang terhubung melalui koneksi internet. Sosial media mempunyai fitur-fitur yang menarik di antaranya website, jejaring sosial, wiki, blog dan masih banyak lagi. Pada zaman sekarang dari yang kecil hingga orang dewasa menggunakan sosial media. terutama facebook, twitter dan yang populer belakangan ini adalah Instagram. Instagram merupakan tempat sharing, like, dan berkomentar pada foto. selain dijadikan tempat sharing , Instagram juga merupakan salah satu alat mempromosikan dan memasarkan suatu produk. biasanya yang menggunakan instagram sebagai alat pemasaran adalah toko-toko online. Dalam setiap postingan foto produk yang di pasarkan dalam instagram selalu ditambahkan dengan komentar atau hashtag. Hashtag adalah sebuah kata atau sekelompok kata setelah tanda pagar. Hashtag di gunakan untuk memudahkan pengguna menemukan produk yang di cari, biasanya kata yang menggunakan hashtag otomatis akan di kelompokkan pada suatu tema yang sama. Misalnya “#PenjahitJambi”, maka jika para pengguna instagram menulis “penjahit jambi” otomatis akan keluar akun-akun pengguna instagram yang menggunakan kata-kata penjahit jambi sebagai sarana mempromosikan dan memasarkan produknya. Jadi bisa dikatakan hashtag merupakan sebuah kata kunci. Oleh sebab itu karena Sosial media, Instagram, Hashtag sangat populer pada zaman sekarang, maka saya tertarik untuk mencari tahu lebih detail tentang pengaruh hashtag terhadap permintaan konsumen. Untuk itu judul penelitian yang saya ambil adalah Pengaruh pemakaian Hashtag di Instagram dalam mempromosikan dan memasarkan suatu
    produk.

    Studi seperti ini baru, sehingga kalau dikatakan satu produk itu menjadi kelemhan karena harus dinyatakan produknya apa gitu. Kalau menggunakan satu produk, cakupannya malah bisa lebih dari 5. Kaji ulang dan silahkan menulis segera.

    Komentar oleh Mita Fitria | November 18, 2015 | Balas

    • selamat malam pak jo. maafkan saya atas keterlambatan membalas komentar bapak. terima kasih pak atas komentarnya, setelah saya mengkaji ulang ringkasan proposal tentatif , maka saya memutuskan memilih satu produk yang akan saya teliti yaitu celana katun.

      Nama : Mita Fitria
      Nim : C1B013101
      Kelas : Manajemen G-13
      Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif
      Mata Kuliah : Metode Penelitian

      Judul : Pengaruh Pemakaian Hashtag di Instagram dalam Mempromosikan dan memasarkan celana katun

      Sosial media adalah portal atau sarana pergaulan sosial secara online yang terhubung melalui koneksi internet. Sosial media mempunyai fitur-fitur yang menarik di antaranya website, jejaring sosial, wiki, blog dan masih banyak lagi. Pada zaman sekarang dari yang kecil hingga orang dewasa menggunakan sosial media. terutama facebook, twitter dan yang populer belakangan ini adalah Instagram. Instagram merupakan tempat sharing, like, dan berkomentar pada foto. selain dijadikan tempat sharing , Instagram juga merupakan salah satu alat mempromosikan dan memasarkan suatu produk. biasanya yang menggunakan instagram sebagai alat pemasaran adalah toko-toko online. Dalam setiap postingan foto produk yang di pasarkan di dalam instagram selalu ditambahkan dengan komentar atau hashtag. Hashtag adalah sebuah kata atau sekelompok kata setelah tanda pagar. Hashtag di gunakan untuk memudahkan pengguna menemukan produk yang di cari, biasanya kata yang menggunakan hashtag otomatis akan di kelompokkan pada suatu tema yang sama. Misalnya “#celanakatun”, maka jika para pengguna instagram menulis “celanakatun” otomatis akan keluar akun-akun instagram yang menggunakan kata-kata celana katun sebagai sarana mempromosikan dan memasarkan produknya. Jadi bisa dikatakan hashtag merupakan sebuah kata kunci. Dan kenapa saya memilih celana katun yang menjadi objek dari penelitian ini, karena beberapa tahun belakang celana katun menjadi salah satu celana favorit yang digemari oleh para wanita mulai dari kaum muda hingga orang dewasa. Celana ini bisa dipakai saat santai dan saat formal. Oleh sebab itu karena Sosial media, Instagram, Hashtag sangat populer pada zaman sekarang, maka saya tertarik untuk mencari tahu lebih detail tentang pengaruh hashtag pada celana katun terhadap permintaan konsumen. Untuk itu judul penelitian yang saya ambil adalah Pengaruh pemakaian Hashtag di Instagram dalam mempromosikan dan memasarkan celana katun.

      Komentar oleh Mitafitria (@mitafitria082) | Januari 1, 2016 | Balas

  5. Nama : Yessy Stevani
    Nim : C1B013104
    Kelas : Manajemen G 2013
    Tugas : PROPOSAL TENTATIF

    PENGARUH “IMPULSE BUYING” PADA PENJUALAN ONLINE
    (Study kasus di lingkungan fakultas ekonomi & bisnis jurusan manajemen Universitas Jambi)

    Pada proposal tentatif mengenai pengaruh impulse buying pada penjualan online, akan coba di dalami pada studi kasus mahasiswa di lingkungan FEB UNJA, yang wujud nyatanya hampir semua mahasiswa di anggap telah menjadi korban impulse buying, untuk itu sebagai seorang pemasar ada baiknya memanfaatkan keadaan dan kondisi tersebut untuk menjadi salah satu cara memasarkan produk atau jasa yang di tawarkan juga sebagai salah satu sarana menghadapi persaingan bisnis yang semakin marak dan beragam, dalam hal ini juga mencoba memanfaatkan tekhnologi dalam proses memasarkan produk tersebut.
    Terjadinya impulse buying pada konsumen umumnya adalah pertama produk yang memiliki harga yang rendah sehingga konsumen tidak perlu berfikir untuk menghitung persediaan/jumlah uang yang dikeluarkan, Kedua adalah produk-produk yang memiliki mass marketing, sehingga ketika berbelanja konsumen ingat bahwa produk tersebut tersebar pernah diiklankan di televisi. Ketiga adalah produk-produk dalam ukuran kecil dan mudah disimpan. Biasanya konsumen mengambil produk ini karena dianggap murah dan tidak terlalu membebani keranjang atau kereta belanjanya.
    Masalah yang menjadi dasar penelitian ini adalah adanya persaingan ketat yang terjadi di dalam dunia bisnis melalui internet yang kemudian menyebabkan konsumen semakin selektif dan mengurangi pembelian impulsif nya, dan adanya perbedaan dari hasil penelitian yang di lakukan untuk menilai faktor apa yang di lakukan konsumen dalam melakukan impulsif buying.

    Komentar oleh Yessy Stevani | November 18, 2015 | Balas

  6. NAMA : ILHAM PADILAH
    NIM : C1B013002
    KELAS : MANAJEMEN A 2013

    Tugas : Ringkasan Proposal tentatif

    PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN ALFAONLINE
    (Kasus : Alfamart Patimura 5 Simpang Rimbo Kecamatan Kota Baru Jambi)

    Sebuah perusahaan akan melakukan inovasi-inovasi baru untuk memberikan ke dan kepuasan terhadap pelanggan, terutama di dunia online atau e-commerce. Penjualan barang melalui media elektronik (e-commerce) seperti televisi, internet, ataupun jaringan komputer. Perusahaan memandang dengan penerapan e-commerce ini akan memberikan daya tarik yang berbeda bagi konsumen yang menginginkan hal yang instan dan secara cepat.
    PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, atau yang lebih dikenal dengan Alfamart, kembali memberikan gebrakan baru pada bidang e-commerce yang di beri tema Alfaonline.
    Alfaonline merupakan layanan berbelanja di minimarket Alfamart melalui media internet atau belanja online dengan alamat web http://www.alfaonline.com. Dengan kehadiran alfaonline ini diharapkan konsumen tidak perlu repot-repot lagi untuk pergi ke Alfamart, terjebak kemacetan di jalan raya, ataupun harus mengantri di kasir hanya untuk sekedar membeli kebutuhan sehari-hari.
    Beberapa kemudahan yang akan konsumen dapatkan dengan mengakses Alfaonline antara lain :
    1. Proses yang mudah
    2. Promo dan bonus menarik
    3. Keamanan transaksi terjamin

    Kalau mau dilanjuti, buat dulu studi kualitatif apakah di jambi untuk belanja di Alfamart sudah terbiasa?

    Komentar oleh ilham padilah | November 18, 2015 | Balas

  7. Selamat malam pak johanes.
    Nama : Risma Amelia Irani
    Nim : C1B013046
    Kelas : Manajemen B 2013
    Tugas : Proposal Tentatif

    ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN KARAOKE INUL VIZTA FAMILY OUTLET CABANG KOTA JAMBI
    Salah satu industri yang berkembang pesat di Indonesia saat ini adalah sektor hiburan. Berbagai tempat hiburan di daerah perkotaan terus bertambah, mulai dari tempat hiburan yang hanya dapat dinikmati mangsa pasar tertentu hingga yang dapat dinikmati semua golongan. Setiap tempat memiliki daya tarik tersendiri dan memiliki penikmatnya masing-masing. Kemajuan teknologi merupakan salah satu faktor pendukung berkembangnya tempat-tempat hiburan di daerah perkotaan, salah satunya adalah Karaoke. Karaoke berasal dari bahasa Jepang yaitu ‘kara’ dari kata karappo yang berarti kosong dan ’oke’ dari kata okesutura atau orkestra. Karaoke berarti sebuah musik orkestra yang kosong atau tidak dilengkapi dengan suara vokal. Meski awalnya hanya sekedar hiburan untuk melepas kepenatan, kini menjelma menjadi salah satu bagian yang dianggap mempunyai andil dalam perkembangan dunia musik.
    Pada prinsipnya karaoke adalah salah satu bentuk perdagangan jasa. Sebagai industri jasa setiap pengusaha karaoke berusaha untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi para tamunya. Yoeti (2004) mengungkapkan bahwa jasa adalah suatu produk yang tidak nyata (intangible) dari hasil kegiatan timbal balik antara pemberi jasa (producer) dan penHiburan karaoke di Kota Jambi hingga kini terus berkembang dan sudah menjadi kebutuhan apalagi saat waktu liburan dan akhir pekan. Tingginya minat masyarakat untuk memanfaatkan layanan jasa hiburan seperti karaoke dipicu kebutuhan tempat berkumpul atau karena adanya kebutuhan sesaat.erima jasa (customer) melalui satu atau beberapa aktivitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
    Kotler (2007) menjelaskan bahwa perkembangan manajemen pemasaran ke depan lebih banyak ditandai oleh jasa, karena semakin sulit bagi pemasar untuk memisahkan produk yang dapat dengan tegas membedakan atara barang atau jasa .Tujuan dari kegiatan pemasaran adalah secara umum diyakini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara memuaskan. Kepuasan pelanggan menjadi bagian penting yang harus diterapkan sambil mencapai tujuan lain yaitu pemposisian korporasi dimana ditemui persaingan yang ketar. Untuk itu, sangatlah penting bagi seorang manajer pemasaran untuk memahami mengapa dan bagaimana tingkah laku konsumen tersebut. Suatu perusahaan harus bisa mempengaruhi konsumen untuk bersedia membeli barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan (disamping barang lain) pada saat mereka membutuhkannya, karena dalam hidupnya manusia berusaha untuk selalu dapat memahami kebutuhannya. Selanjutnya, ia dihadapkan dengan produk lainya setelah mengambil keputusan, barulah konsumen akan membeli barang dan jasa yang dibutuhkannya. Pelayanan merupakan suatu kinerja penampilan tidak berwujud dan cepat hilang, lebih dapat dirasakan dari pada dimiliki, serta pelayanan lebih dapat berpartisifatif aktif dalam proses konsumsi jasa tersebut. Pada dasarnya tujuan dari pelayanan adalah untuk memberikan kepuasan kepada pemakai dalam penggunaan produk atau jasa.

    Ini sudah banyak dijadikan skripsi, kecuali ada sisi lain dari pelayanan objek yg sama.

    Komentar oleh Risma Amelia Irani | November 18, 2015 | Balas

  8. PENGARUH MEREK DAN NEGARA ASAL TERHADAP SIKAP KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK HANDPHONE DI KOTA JAMBI

    Selain membedakan satu produk dengan produk yang lain, merek juga memberi manfaat bagi konsumen diantaranya membantu mengidentifikasimanfaat yang ditawarkan dan kualitas produk. Konsumen lebih mempercayai produk dengan merek tertentu daripada produk tanpa merek meskipun manfaat yang ditawarkan sama. Merek merupakan sesuatu yang sangt penting bagi konsumen maupun produsen. Merek juga dapat meyakinkan konsumen bahwa mereka akan memperoleh suatu kualitas yang konsisten ketikamereka membeli suatu produk dengan merek tertentu. Dalam membentuk image sebuah merek, berarti konsumen akan memasuki dunia persepsi. Tidak mudah membentuk image sebuah merek, tetapi sekali terbentuk tidak mudah pula mengubahnya. Image yang dibentuk sebuah perusahaanbukanlah sekedar image, tetapi harus image yang jelas, bebeda dan secara relatif lebih unggul dibandingkan pesaing. Negara asal bisa menjadi faktor dalam pemilihan produk handphone. Negara asal dan merek akan merubah persepsi seseorang dalam pemilihan produk. Penelitian ini bertujuan mengetahui berapa besar pengaruh merek dan negara asal yang memproduksi handphone di jambi dalam keputusan pembelian dan apakah sikap yang ditunjukan konsumen saat memilih handphone di kota jambi.Penelitian ini akan menggunakan kuesioner dalam mencari data yang akan tersebar secara acak di kota jambi dan akan melibatkan 100 orang responden.

    Komentar oleh Dodi Putra Sirait (@Dodi_Sirait) | November 18, 2015 | Balas

    • Nama :DODI PUTRA SIRAIT
      NIM : C1B013045
      MANAJEMEN B 2013
      RINGKASAN PROPOSAL TENTATIF

      PENGARUH MEREK DAN NEGARA ASAL TERHADAP SIKAP KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK HANDPHONE DI KOTA JAMBI

      Selain membedakan satu produk dengan produk yang lain, merek juga memberi manfaat bagi konsumen diantaranya membantu mengidentifikasimanfaat yang ditawarkan dan kualitas produk. Konsumen lebih mempercayai produk dengan merek tertentu daripada produk tanpa merek meskipun manfaat yang ditawarkan sama. Merek merupakan sesuatu yang sangt penting bagi konsumen maupun produsen. Merek juga dapat meyakinkan konsumen bahwa mereka akan memperoleh suatu kualitas yang konsisten ketikamereka membeli suatu produk dengan merek tertentu. Dalam membentuk image sebuah merek, berarti konsumen akan memasuki dunia persepsi. Tidak mudah membentuk image sebuah merek, tetapi sekali terbentuk tidak mudah pula mengubahnya. Image yang dibentuk sebuah perusahaanbukanlah sekedar image, tetapi harus image yang jelas, bebeda dan secara relatif lebih unggul dibandingkan pesaing. Negara asal bisa menjadi faktor dalam pemilihan produk handphone. Negara asal dan merek akan merubah persepsi seseorang dalam pemilihan produk. Penelitian ini bertujuan mengetahui berapa besar pengaruh merek dan negara asal yang memproduksi handphone di jambi dalam keputusan pembelian dan apakah sikap yang ditunjukan konsumen saat memilih handphone di kota jambi.Penelitian ini akan menggunakan kuesioner dalam mencari data yang akan tersebar secara acak di kota jambi dan akan melibatkan 100 orang responden.

      Doni judulnya melebar, mana konsep merek mana konsep negara asal rancu. Tentukan judul yg lebih sesuai dg fenomena yg ditemukan.

      Komentar oleh Dodi Putra Sirait (@Dodi_Sirait) | November 18, 2015 | Balas

  9. Nama : Dio Faidalen
    Nim : C1B013057 (MGT B)
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif

    PRESEPSI MASYARAKAT TENTANG PENGGUNAAN MOBILE COMPUTER

    Berjalanya waktu makin pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari semakin penting. Komputer saat ini bukanlah kebutuhan tersier tapi seperti sudah menjadi kebutuhan sekunder masyarakat. Pengguna komputer kini makin berkembang. Tidak hanya orang dewasa namun pelajar dan anak-anak sudah paham dengan pemakaian komputer.
    Trend yang berkembang saat ini adalah komputer jinjing atau yang lebih dikenal sebagai notebook atau laptop. Dengan adanya notebook, masyarakat dapat lebih simpel menggunakan komputer di luar rumah atau kantor. Notebook membantu masyarakat yang mengharuskan bekerja dengan komputer namun dengan tingkat mobilitas yang tinggi.
    Dengan makin tingginya frekuensi permintaan dan penggunaan notebook oleh masyarakat, banyak produsen komputer memanfaatkan peluang untuk memproduksi notebook, dengan berbagai macam merek dan spesifikasi. Merek-merek notebook yang sudah awam di telinga masyarakat seperti HP, DELL, Asus, Acer, Lenovo, Toshiba, Axioo, MSI, Apple, dan masih banyak lagi. Dari kondisi tersebut di atas, dan semakin tingginya tingkat pendidikan dan kebutuhan masyarakat, maka membawa pengaruh terhadap perilaku konsumen dalam pembelian laptop. Di samping itu konsumen memiliki kebebasan dalam memilih produk. Untuk itu produsen memerlukan strategi dengan tujuan mencapai keunggulan bersaing dan memerlukan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk.

    Mobile computer itu apa?

    Komentar oleh Dio Faidalen | November 18, 2015 | Balas

  10. Nama : MUHAMMAD DENI
    Nim : C1B013086
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif

    Penelitian ini berjudul ‘Pengaruh Promosi Terhadap Brand Image Sabun Mandi lifebuoy
    Sabun adalah suatu produk yang merupakan hasil dari pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini.Diantara produk yang ramai, suatu perusahaan dituntut menawarkan produk dengan kelebihanya masing masing dengan cara memasarkan produk yang bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, mengembangkan produk, menetapkan harga produk dan mempromosikannya dengan baik.

    Penelitian ini tertuju pada sabun mandi merek lifebuoy. Penelitian ini dilakukan untuk menegetahui pengaruh promosi sabun mandi lifebuoy, yang meliputi aspek periklanan, dan promosi penjualan yang dapat dianalisis melalui perkembangan sabun lifebuoy tersebut, yang bisa dilihat dari pengaruh dan antusias konsumen. Selain itu untuk mengetahui manfaat dari sabun lifebuoy tersebut bagi konsumen , nilai, budaya, kepribadian, dan kelas pencitraan pengguna melalui sample dari suatu populasi dengan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Melalui determinasi penelitian ini dapat menegetahui proosi terhadap brand image sabun lifebuoy dan pengaruh faktor factor lain seperti aroma atau wangi, warna produk, kemasan, dan keawetan saat digunakan. Dari penelitian yang telah dilakukan agar dapat membuktikan dan menyimpulkan bahwa Promosi mempunyai pengaruh terhadap brand image sabun mandi lifebuoy

    Promosi di sini siapa yang melakukan dan bagaimana menemukan kebijakan promosi untuk kasus yang dimaksud?

    Komentar oleh Muhammad Deni | November 18, 2015 | Balas

  11. NAMA : RANDA RAFLI
    NIM : C1B013041
    KELAS : MANAGEMENT B 2013
    TUGAS : Ringkasan Proposal Tentatif

    ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN KUALITAS INTERNET SPEEDY REGULER DI JAMBI
    Seiring dengan perkembangan zaman yang pesat, kebutuhan manusia menjadi tidak terbatas. Dalam hal ini, perkembangan teknologi ikut mengalami perkembangan pesat, terutama internet. Peran internet sangat besar sebagai sumber dan pertukaran data informasi. Kebutuhan manusia yang tidak hanya menginginkan layanan voice saja, namun juga layanan berbasis data mendorong PT Telkom menyediakan layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broad band) menggunakan teknologi ADSL. Layanan akses internet tersebut dikenal dengan nama speedy. Telkom Speedy Speedy merupakan layanan broadband akses internet dari Telkom Indonesia berkualitas tinggi bagi perumahan serta SME (Small Medium Enterprise) (Speedy True Broadband: 2012). Pengertian l dari speedy adalah layanan akses internet end-to-end berkecepatan tinggi dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk., berbasis teknologi akses ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line), yang memungkinkan terjadinya komunikasi data dan suara secara bersamaan (simultan) melalui satu saluran telepon biasa (pada media jaringan akses kabel tembaga). Berbeda dengan layanan internet dengan koneksi dial-up (seperti TelkomNet Instan), Telkom Speedy menggunakan saluran telepon yang dapat dipergunakan untuk menelepon bersamaan dengan akses internet. Namun, untuk dapat menikmati fasilitas saluran telepon dan internet secara simultan, pelanggan speedy harus mempergunakan splitter yang dapat memisahkan saluran telepon dan saluran modem. Bergantung dari paket yang digunakan, Telkom Speedy memiliki kecepatan unduh antara 384 kbps dan maksimum hingga 3 Mbps, dan kecepatan unggah antara 96 kbps dan maksimum hingga 512 kbpsMeskipun banyak pesaing, PT Telkom diharapkan tetap menjamin kualitasnya untuk kepuasan pelanggan (customer satisfaction) agar dapat meningkatkan intensitas pemakaian telkom speedy. Dalam penulisan ini akan dilakukan analisis untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan internet speedy reguler di kota JAMBI

    Komentar oleh Randa Rafli | November 18, 2015 | Balas

  12. Nama: Desgita dwi Purdini
    Nim: c1b013065
    Manajemen B 2013
    PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK POND’S DIKOTA JAMBI
    Dunia bisnis menghadapi era baru persaingan global yang makin ketat yang disebabkan oleh globalisasi. Berbagai variasi merek, kemasan, harga serta kualitas produk semakin bermunculan.. Brand Equity adalah seperangkat asset dan liabilitas merek yang terkait dengan suatu merek, nama, simbol, yang mampu menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk atau jasa baik pada perusahaan ataupun pada pelanggan. Merek memegang peranan yang sangat penting, salah satunya adalah menjembatani harapan konsumen pada saat perusahaan menjanjikan sesuatu kepada konsumen .
    Produk Pemutih Kulit Pond’s bukan hanya sekedar menjadikan kulit wanita menjadi putih, namun juga membuat kulit berkilau cerah. Pond’s White Beauty memiliki vitamin B3, B6, E dan C sebagai penghilang racun, yang menetralisir noda-noda penyebab flek hitam yang terdapat di dalam lingkungan dan mengurangi penumpukan zat melanin, sehingga membuat kulit menjadi halus, bersih dan cerah. Produk ini juga membantu untuk menghidupkan kembali sel-sel mati dan mencegah timbulnya jerawat. wanita dapat terbantu mengembalikan serta meningkatkan kelembaban kulit dari lapisan paling luar sampai lapisan paling dalam untuk menghaluskan kulit, mengurangi kepudaran warna kulit, sebagai tanda-tanda penuaan dan mengurangi garis hitam di bawah lingkar bola, kantung mata
    Di kota jambi ekuitas merek ini memberikan rasa percaya diri kepada konsumen dalam mengambil keputusan pembelian, baik dari pengalaman masa lalu yang bisa menguatkan kepuasan konsumen dengan pengalaman menggunakannya. loyalitas merek adalah ukuran dari kesetiaan konsumen) yang merupakan inti dari Brand Equity yang menjadi gagasan sentral dalam pemasaran, karena hal ini merupakan suatu ukuran keterkaitan seorang konsumen pada sebuah merek karena memiliki latar belakang sampel yang berbeda dan indikator perilaku pasca beli menjadi indikator yang paling dominan dalam menjelaskan proses keputusan pembelian.Produk tersebut dipasarkan dengan harga yang relatif terjangkau bagi segmen remaja dan proses distribusi dilakukanmenggunakan jalur distribusi Unilever Indonesia sebagai produsen cons um ergoods yang telah memiliki jaringan distribusi yang kuat di seluruh Indonesia., sehingga produkPond’s mudah didapatkan di mana-mana dengan harga yang terjangkau ,memilikibanyak manfaat pada kult wanita .

    Brand Equity dan loyalitas sebaiknya menggunakan variabel antara.

    Komentar oleh desgita dwi purdini | November 18, 2015 | Balas

  13. Nama: Siti Silvia Latifah
    NIM: C1B013071 (MGT B 2013)
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif

    PENGARUH CITRA MEREK DAN SERVICESCAPE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA GERAI KOPI COFFEE TIME CABANG WTC JAMBI

    Seiring perkembangan zaman, gaya hidup masyarakat kota khususnya di Kota Jambi mengalami perubahan. Budaya minum kopi ternyata tidak lagi hanya disenangi oleh para laki-laki dewasa, namun sudah disengangi oleh semua kalangan dewasa maupun remaja. Kebiasaan minum kopi juga tidak hanya di rumah atau di warung kopi, kopi sudah bisa dinikmati di berbagai tempat, seperti cafe dan coffee shop. Bahkan, minum kopi atau hanya sekedar nongkrong di cafe-cafe menjadi anggapan kehidupan modern bagi beberapa kalangan.
    Dalam bauran pemasaran jasa ada tujuh aspek pokok yaitu product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence menurut Russel. Coffee Time sudah menerapkan berbagai strategi pemasaran mulai dari harga hingga physical evidence atau bukti fisik. Bukti fisik menjadi salah satu hal yang penting untuk diteliti. Penyampaian bukti fisik salah satunya adalah servicescape atau lingkungan jasa dan suasana penjualan.
    Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara citra merek dan servicescape terhadap keputusan pembelian konsumen. Selain itu, manfaat bagi coffee time untuk mengetahui bahwa keputusan pembelian konsumen juga dipengaruhi dari citra merek dan servicescape sehingga nantinya coffee time mau memperkuat citra mereknya dan memperhatikan servicespenya. lalu untuk masyarakat umum diharapkan agar bisa lebih cerdas untuk membuat keputusan pembelian.

    Komentar oleh Siti Silvia Latifah | November 18, 2015 | Balas

  14. Selamat Pagi Pak Jo,
    Salam Sejahtera

    Nama : RAFAELI ZEFANYA
    NIM : C1B013029
    Kelas : Manajemen A-2013

    Dengan ini saya menuliskan tugas yang Bapak berikan, yaitu ringkasan proposal tentatif sebagai berikut ;

    ANALISA PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP
    KEPUTUSAN PEMBELIAN
    ( Studi Produk Kosmetik Oriflame di Kota Jambi )

    Kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian sumber daya alam mengalami peningkatan di beberapa bagian dunia. Dewasa ini, munculnya pemanasan global menjadikan masyarakat semakin pandai dalam memilah dan mengonsumsi produk-produk yang dimungkinkan dapat meningkatkan level pemanasan global sehingga berpengaruh buruk pada kehidupan manusia. Pemanasan global merupakan suatu tahap peningkatan suhu rata-rata pada atmosfer, laut, dan daratan yang ada di bumi.
    Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) menyampaikan kepada publik mengenai keuntungan green marketing melalui produk ORIFLAME, dan (2) mengetahui pengaruh GREEN MARKETING terhadap keputusan pembelian produk ORFILAME.
    Dalam buku The Green Marketing Manifesto yang ditulis oleh Grant (2007:64) disebutkan tujuan pemasaran hijau dibagi dalam tiga tahap yaitu, green, yang memiliki tujuan ke arah komunikasi bahwa merek atau perusahaan memiliki sikap peduli terhadap lingkungan hidup. Kedua adalah greener, yang memiliki tujuan komersialisasi dan mengubah gaya konsumen dalam mengonsumsi atau memakai produk perusahaan. Ketiga adalah greenest, yang memiliki tujuan untuk mengubah budaya konsumen ke arah yang lebih peduli terhadap sumber daya alam.

    Demikanlah yang dapat saya sampaikan kepada Bapak. Saya berharap masukan dari Bapak untuk memperbaiki proposal yang saya buat. Terima kasih.

    Komentar oleh Rafaeli Zefanya | November 19, 2015 | Balas

  15. NAMA: NOVITA SARI
    NIM: C1B013064
    MANAJEMEN ‘B’ 2013
    TUGAS RINGKASAN PROPSAL TENTATIF

    PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH PADA PEREMPUAN MUSLIM DI JAMBI.

    Sekarang ini banyak kosmetik yang beredar di pasaran, baik produk buatan dalam negeri maupun produk buatan luar negeri. Tetapi seiring dengan banyaknya kosmetik yang beredar, pemahaman yang baik akan kehalalan produk yang akan di konsumsi mutlak diperhatikan sebelum membuat keputusan pembelian, jangan sampai salah dalam menentukan pilihan. Kehalalan kosmetik sangat penting tetapi terkadang sering sekali terlupakan. Kehalalan dan keharaman sebuah produk seringkali tidak jelas karena bercampur aduk dengan bahan yang diragukan kehalalannya. Hal ini menyebabkan beberapa macam produk menjadi meragukan dan tidak jelas status kehalalannya. Untuk itu perempuan muslim sebaiknya mencari informasi terhadap produk yang akan dibeli.
    Label halal yang terdapat pada kemasan produk kosmetik Wardah menjadi salah satu daya tarik mengapa kebanyakan para perempuan muslim memutuskan untuk membeli, menggunakan dan lebih mempercayai kosmetik tersebut dibandingkan dengan produk-produk kosmetik lain. Kosmetik Wardah dianggap sebagai salah satu produk kosmetik yang telah memenuhi syarat kehalalan sesuai dengan syariat islam. Dengan adanya kosmetik Wardah, maka para perempuan muslim tidak hanya sekedar melakukan pembelian saja tetapi juga tidak melupakan kodratnya sebagai seorang muslim.

    Komentar oleh novita sari | November 19, 2015 | Balas

  16. Nama : Anita Yasmin
    NIM : C1B013072
    Kelas : MGT B 2013
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif

    PERAN KONSEP GREEN MARKETING TERHADAP STRATEGI PEMASARAN BISNIS RUMAHAN GUNA MENINGKATKAN KUALITAS LINGKUNGAN DI KOTA JAMBI

    Kerusakan lingkungan saat ini telah menjadi isu global yang utama. Di banyak tempat di belahan bumi, polusi udara dan air telah mancapai level yang membahayakan. Kerusakan yang semakin parah mendorong kepedulian masyarkat unuk lebih peduli terhadap lingkungannya.
    Munculnya isu-isu mengenai pemanasan global, kerusakan lingkungan ini direspon oleh perusahaan-perusahaan besar yang inovatif yang telah membudayakan konsep bisnis baru yang lebih memperhatikan lingkungan yaitu adalah green marketing. Implementasi green marketing dapat memberikan kepuasan pelanggan dan juga memberikan manfaat bagi kondisi lingkungan maupun perusahaan. Selain itu, green marketing memberikan alternatif pilihan bagi konsumen.
    Pada dasarnya setiap manusia bertanggung jawab atas lingkungannya, Tidak hanya diterapkan diperusahaan-perusahaan besar, seharusnya konsep Green Marketing ini juga harus disosialisasikan kepada pebisnis rumahan yang mengelola bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM). Sehingga jika konsep ini dimulai dari Usaha Kecil dan menengah akan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik di Kota Jambi

    Komentar oleh Anita Yasmin | November 19, 2015 | Balas

  17. Nama : RIMBUN MANIHURUK
    Nim : C1B013085
    MGT G 2013

    Pentingnya Karyawan dalam Pembentukan Kepercayaan Konsumen Terhadap Perusahaan Jasa.

    Karyawan memiliki peran yang penting bagi keberhasilan organisasi. Organisasi yang berhasil adalah organisasi yang mampu memenuhi harapan konsumen. Namun bagaimana konsumen akan mempercayakan segala harapannya pada organisasi jasa masih menjadi pertanyaan yang menarik untuk dijawab. Berbagai riset trdahulu membuktikan bahwa kepercayaan merupakan kunci untuk mempertahankan hubungan jangka panjang antara organisasi dengan konsumen. Dalam kajian ini kami memproposisikan bahwa dimensi karyawan berperan dalam membentuk kepercayaan konsumen terhadap organisasi khususnya dalam bidang jasa. Karena karyawan mempunyai tindakan di luar pengetahuan para manejer. Konsumen begitu juga dalam menilai perusahaan jasa karena karyawan yg bekerja dalam organisasi tersebut.
    Dalam menjaga kepercayaan para konsumen, perusahaan jasa perlu memilih karyawan yang efektif dalam menjalankan tugasnya dan harus meneseleksi terlebih dahulu supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

    Komentar oleh Rimbun Manihuruk | November 19, 2015 | Balas

  18. Nama : Mita Fitria
    Nim : C1B013101
    Kelas : Manajemen G-13
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif
    Mata Kuliah : Metode Penelitian

    Judul : Pengaruh Pemakaian Hashtag di Instagram dalam Mempromosikan dan memasarkan suatu produk.

    Sosial media adalah portal atau sarana pergaulan sosial secara online yang terhubung melalui koneksi internet. Sosial media mempunyai fitur-fitur yang menarik di antaranya website, jejaring sosial, wiki, blog dan masih banyak lagi. Pada zaman sekarang dari yang kecil hingga orang dewasa menggunakan sosial media. terutama facebook, twitter dan yang populer belakangan ini adalah Instagram. Instagram merupakan tempat sharing, like, dan berkomentar pada foto. selain dijadikan tempat sharing , Instagram juga merupakan salah satu alat mempromosikan dan memasarkan suatu produk. biasanya yang menggunakan instagram sebagai alat pemasaran adalah toko-toko online. Dalam setiap postingan foto produk yang di pasarkan di dalam instagram selalu ditambahkan dengan komentar atau hashtag. Hashtag adalah sebuah kata atau sekelompok kata setelah tanda pagar. Hashtag di gunakan untuk memudahkan pengguna menemukan produk yang di cari, biasanya kata yang menggunakan hashtag otomatis akan di kelompokkan pada suatu tema yang sama. Misalnya “#PenjahitJambi”, maka jika para pengguna instagram menulis “penjahit jambi” otomatis akan keluar akun-akun instagram yang menggunakan kata-kata penjahit jambi sebagai sarana mempromosikan dan memasarkan produknya. Jadi bisa dikatakan hashtag merupakan sebuah kata kunci. Oleh sebab itu karena Sosial media, Instagram, Hashtag sangat populer pada zaman sekarang, maka saya tertarik untuk mencari tahu lebih detail tentang pengaruh hashtag terhadap permintaan konsumen. Untuk itu judul penelitian yang saya ambil adalah Pengaruh pemakaian Hashtag di Instagram dalam mempromosikan dan memasarkan suatu produk.

    Komentar oleh Mita Fitria | November 19, 2015 | Balas

  19. Nama : Yessy stevani
    Nim : C1B013104
    Kelas : Manajemen G 2013

    PENGARUH “IMPULSE BUYING” PADA PENJUALAN ONLINE

    (Study kasus di lingkungan fakultas ekonomi & bisnis jurusan manajemen Universitas Jambi)

    Pada proposal tentatif mengenai pengaruh impulse buying pada penjualan online, akan coba di dalami pada studi kasus mahasiswa di lingkungan FEB UNJA, yang wujud nyatanya hampir semua mahasiswa di anggap telah menjadi korban impulse buying, untuk itu sebagai seorang pemasar ada baiknya memanfaatkan keadaan dan kondisi tersebut untuk menjadi salah satu cara memasarkan produk atau jasa yang di tawarkan juga sebagai salah satu sarana menghadapi persaingan bisnis yang semakin marak dan beragam, dalam hal ini juga mencoba memanfaatkan tekhnologi dalam proses memasarkan produk tersebut.
    Terjadinya impulse buying pada konsumen umumnya adalah pertama produk yang memiliki harga yang rendah sehingga konsumen tidak perlu berfikir untuk menghitung persediaan/jumlah uang yang dikeluarkan, Kedua adalah produk-produk yang memiliki mass marketing, sehingga ketika berbelanja konsumen ingat bahwa produk tersebut tersebar pernah diiklankan di televisi. Ketiga adalah produk-produk dalam ukuran kecil dan mudah disimpan. Biasanya konsumen mengambil produk ini karena dianggap murah dan tidak terlalu membebani keranjang atau kereta belanjanya.
    Masalah yang menjadi dasar penelitian ini adalah adanya persaingan ketat yang terjadi di dalam dunia bisnis melalui internet yang kemudian menyebabkan konsumen semakin selektif dan mengurangi pembelian impulsif nya, dan adanya perbedaan dari hasil penelitian yang di lakukan untuk menilai faktor apa yang di lakukan konsumen dalam melakukan impulsif buying.

    Komentar oleh yessy stevani sinaga | November 19, 2015 | Balas

  20. Nama : Mita Fitria
    Nim : C1B013101
    Kelas : Manajemen G-13
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif
    Mata Kuliah : Metode Penelitian

    Judul : Pengaruh Pemakaian Hashtag di Instagram dalam Mempromosikan dan memasarkan suatu produk.

    Sosial media adalah portal atau sarana pergaulan sosial secara online yang terhubung melalui koneksi internet. Sosial media mempunyai fitur-fitur yang menarik di antaranya website, jejaring sosial, wiki, blog dan masih banyak lagi. Pada zaman sekarang dari yang kecil hingga orang dewasa menggunakan sosial media. terutama facebook, twitter dan yang populer belakangan ini adalah Instagram. Instagram merupakan tempat sharing, like, dan berkomentar pada foto. selain dijadikan tempat sharing , Instagram juga merupakan salah satu alat mempromosikan dan memasarkan suatu produk. biasanya yang menggunakan instagram sebagai alat pemasaran adalah toko-toko online. Dalam setiap postingan foto produk yang di pasarkan di dalam instagram selalu ditambahkan dengan komentar atau hashtag. Hashtag adalah sebuah kata atau sekelompok kata setelah tanda pagar. Hashtag di gunakan untuk memudahkan pengguna menemukan produk yang di cari, biasanya kata yang menggunakan hashtag otomatis akan di kelompokkan pada suatu tema yang sama. Misalnya “#PenjahitJambi”, maka jika para pengguna instagram menulis “penjahit jambi” otomatis akan keluar akun-akun instagram yang menggunakan kata-kata penjahit jambi sebagai sarana mempromosikan dan memasarkan produknya. Jadi bisa dikatakan hashtag merupakan sebuah kata kunci. Oleh sebab itu karena Sosial media, Instagram, Hashtag sangat populer pada zaman sekarang, maka saya tertarik untuk mencari tahu lebih detail tentang pengaruh hashtag terhadap permintaan konsumen. Untuk itu judul penelitian yang saya ambil adalah Pengaruh pemakaian Hashtag di Instagram dalam mempromosikan dan memasarkan suatu produk.

    Komentar oleh Mitafitria (@mitafitria082) | November 19, 2015 | Balas

  21. Nama : EGI SASTRA ANDIKA
    NIM : C1B013011
    Kelas : Manajemen A 13

    Pengaruh Retail Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Ritel Modern
    (Kasus : Alfamart Kota Jambi)

    Menurut Susanto, Ketua AP3MI (Assosiasi Perdagangan Pemasok Pasar Modern Indonesia), jumlah gerai usaha ritel tradisional di Indonesia hampir 2 juta lebih. Jumlah ini mulai terkikis oleh jumlah ritel modern yang jumlahnya hanya 80 ribuan gerai, tetapi memiliki perkembangan yang sangat cepat.

    Pesatnya perkembangan ritel modern di Indonesia tentunya memiliki faktor pendukung dibaliknya, dan faktor tersebutlah yang membuat setiap sisi dari ritel modern menjadi sebuah teknik pemasaran yang bisa dibilang berhasil menarik pelanggan. Faktor tersebut tidak lain adalah Retail Mix yang menjadi pandangan penting bagi setiap pebisnis di ritel modern. Retail Mix sebenarnya sebuah pengambangan dari Marketing Mix, dimana bauran ritel terdiri dari :
    • TEMPAT
    • DESAIN dan LAYOUT
    • HARGA
    • STOK BARANG
    • LAYANAN JASA
    • KOMUNIKASI
    • SUASANA

    Ketujuh faktor inilah yang akhirnya membuat keputusan pelanggan pada pembelian produk di ritel modern. Mulai dari pembelian pada fresh product, groceries dan personal care, kesemua hal tersebut tidak lepas dari satu dengan yang lain. Sehingga dengan paduan misalnya SUASANA (Atmosfir Toko) yang pas dengan kenyamanan dan suasana hati pelanggan, membuat pelanggan tak hanya membeli produk kebutuhan saat itu saja, namun bisa membengaruhi pelanggan hingga menjadi Impulse Buying-pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya.

    Ada banyak hal menarik lainnya yang perlu dibahas pada Retail Mix ini yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Mulai dari pengaturan produk, harga, layanan mandiri, penggunaan teknologi, jaminan kenyamanan belanja hingga layanan tambahan seperti layanan antargratis, online dll.

    Komentar oleh Egi Sastra Andika | November 19, 2015 | Balas

  22. Nama : EGI SASTRA ANDIKA

    NIM : C1B013011

    Kelas : Manajemen A 13

    Pengaruh Retail Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Ritel Modern

    (Kasus : Alfamart Kota Jambi)

    Menurut Susanto, Ketua AP3MI (Assosiasi Perdagangan Pemasok Pasar Modern Indonesia), jumlah gerai usaha ritel tradisional di Indonesia hampir 2 juta lebih. Jumlah ini mulai terkikis oleh jumlah ritel modern yang jumlahnya hanya 80 ribuan gerai, tetapi memiliki perkembangan yang sangat cepat.

    Pesatnya perkembangan ritel modern di Indonesia tentunya memiliki faktor pendukung dibaliknya, dan faktor tersebutlah yang membuat setiap sisi dari ritel modern menjadi sebuah teknik pemasaran yang bisa dibilang berhasil menarik pelanggan. Faktor tersebut tidak lain adalah Retail Mix yang menjadi pandangan penting bagi setiap pebisnis di ritel modern. Retail Mix sebenarnya sebuah pengambangan dari Marketing Mix, dimana bauran ritel terdiri dari :

    · TEMPAT

    · DESAIN dan LAYOUT

    · HARGA

    · STOK BARANG

    · LAYANAN JASA

    · KOMUNIKASI

    · SUASANA

    Ketujuh faktor inilah yang akhirnya membuat keputusan pelanggan pada pembelian produk di ritel modern. Mulai dari pembelian pada fresh product, groceries dan personal care, kesemua hal tersebut tidak lepas dari satu dengan yang lain. Sehingga dengan paduan misalnya SUASANA (Atmosfir Toko) yang pas dengan kenyamanan dan suasana hati pelanggan, membuat pelanggan tak hanya membeli produk kebutuhan saat itu saja, namun bisa membengaruhi pelanggan hingga menjadi Impulse Buying-pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya.

    Ada banyak hal menarik lainnya yang perlu dibahas pada Retail Mix ini yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Mulai dari pengaturan produk, harga, layanan mandiri, penggunaan teknologi, jaminan kenyamanan belanja hingga layanan tambahan seperti layanan antargratis, online dll.

    Komentar oleh Egi Sastra Andika | November 19, 2015 | Balas

  23. Nama : M. Rizky Mahaputra
    NIM : C1B013075
    Kelas : MGT B 2013
    Tugas : ringkasan proposal tentatif

    PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK JAMBI

    Bank adalah suatu lembaga keuangan yang fungsi utamanya adalah mengumpulkan dan menyalurkan dana, pembiayaan, meningkatkan faedah atas dana masyarakat (dengan memindahkan dari pihak yang kelebihan dana yang mungkin kurang faedahnya kepada pihak yang membutuhkan). Pengertian bank menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan ke masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
    Pada kondisi lingkungan bisnis saat ini yang cenderung terus berubah disertai dengan tingkat persaingan yang semakin tajam, setiap organisasi perusahaan, apapun bentuk dan jenisnya, serta siapapun pemiliknya akan dihadapkan pada permasalahan yang sama, yaitu masalah bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan secara berkesinambungan pada situasi yang dihadapi. Dalam jangka panjang, masalah kelangsungan hidup perusahaan di tentukan oleh dua hal pokok, yaitu tingkat adaptabilitas dan kemampuan berkembang. Sedangkan dalam jangka pendek, kedua hal tersebut pada dasarnya akan ditentukan oleh tingkat profitabilitas yang dapat dicapai perusahaan. Dengan demikian masalah kelangsungan hidup perusahaan pada akhirnya akan ditentukan oleh kemampuan perusahaan itu sendiri dalam memperoleh tingkat profitabilitas yang layak secara berkesinambungan, tidak terkecuali perusahaan jasa perbankan.
    Bank sebagai institusi bisnis yang nyata hidup, tidak dapat melepaskan diri dari dari masalah tersebut. Apalagi bila dikaitkan dengan peran yang diemban peran yang diemban perbankan dalam konteks kegiatan perekonomian, karena merupakan salah satu lokomotif pembangunan Indonesia. Pada dinamika suatu perekonomian, eksistensi sector perbankan memiliki peran yang sangat vital dan strategis. Dalam konteks ini peran utama perbankan bertindak sebagai lembaga lembaga intermediasi yang menjembatani antara pihak yang mempunyai kelebihan dengan pihak yang mengalami kekurangan serta membutuhkan dana agar mencerminkan kesehatan bank, sehingga bank yang sehat akan mencerminkan perekonomian yang sehat pula pada suatu suatu Negara, sedangkan bank yang kurang sehat menadakan bank kurang baik perekonomian suatu Negara
    Bank Jambi merupakan organisasi bisnis yang berorientasi kepada upaya memaksimalkan keuntungan guna memuaskan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders). Sebagai mana organisasi bisnis atau perusahaan lainnya, perusahaan ini memiliki budaya kerja sebagai pedoman bagi seluruh insan Bank Jambi dalam berkarya.

    Komentar oleh M. Rizky Mahaputra | November 19, 2015 | Balas

  24. Nama : Shandra Syah Putra
    Nim : C1B013012
    Kelas : Manajemen A
    Tugas : Ringkasan Profosal Tentatif

    PENGARUH FAKTOR SITUASIONAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA

    Di era globalisasi dan pasar bebas, berbagai jenis barang dan jasa dengan ratusan merek membanjiri pasar Indonesia. Persaingan antar merek setiap produk akan semakin tajam dalam merebut konsumen.Untuk dapat mengenal, menciptakan dan mempertahankan pelanggan, maka studi tentang perilaku konsumen sebagai perwujudan dari aktivitas jiwa manusia sangatlah penting. Perilaku konsumen (customer behaviour) memberikan wawasan dan pengetahuan tentang apa yang menjadi kebutuhan dasar konsumen, mengapa mereka membeli, dimana konsumen itu suka berbelanja, siapa yang berperan dalam pembelian, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu barang. Seperti yang terjadi di PT Sinar Sentosa Primatama Cab.Pal 6 Kota Baru Jambi, perusahaan selalu melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan penjualannya. Upaya-upaya tersebut antara lain melalui media iklan, peningkatan kualitas pelayanan, pemberian hadiah pada pelanggan serta mengetahui selera konsumen. Perusahaan menyadari, bahwa faktor psikologis saat ini memegang peranan penting dalam keputusan pembelian, meskipun faktor – faktor lain seperti budaya, sosial, pribadi juga berpengaruh pada keputusan pembelian.Kesadaraan ini berdasarkan pengamatan perusahaan, dimana sekarang sepedamotor dimiliki untuk kepentingan individu, bukan keluarga. Hal ini terlihat dimana dalam satu rumah yang anggota keluarganya lebih dari satu orang, terkadang ada lebih dari satu sepeda motor dengan merek yang berbeda, disesuaikan dengan selera pemakainya

    Komentar oleh shandra syah putra | November 19, 2015 | Balas

  25. NIM : C1B013011

    Kelas : Manajemen A 13

    Pengaruh Retail Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Ritel Modern

    (Kasus : Alfamart Kota Jambi)

    Menurut Susanto, Ketua AP3MI (Assosiasi Perdagangan Pemasok Pasar Modern Indonesia), jumlah gerai usaha ritel tradisional di Indonesia hampir 2 juta lebih. Jumlah ini mulai terkikis oleh jumlah ritel modern yang jumlahnya hanya 80 ribuan gerai, tetapi memiliki perkembangan yang sangat cepat.

    Pesatnya perkembangan ritel modern di Indonesia tentunya memiliki faktor pendukung dibaliknya, dan faktor tersebutlah yang membuat setiap sisi dari ritel modern menjadi sebuah teknik pemasaran yang bisa dibilang berhasil menarik pelanggan. Faktor tersebut tidak lain adalah Retail Mix yang menjadi pandangan penting bagi setiap pebisnis di ritel modern. Retail Mix sebenarnya sebuah pengambangan dari Marketing Mix, dimana bauran ritel terdiri dari :

    · TEMPAT

    · DESAIN dan LAYOUT

    · HARGA

    · STOK BARANG

    · LAYANAN JASA

    · KOMUNIKASI

    · SUASANA

    Ketujuh faktor inilah yang akhirnya membuat keputusan pelanggan pada pembelian produk di ritel modern. Mulai dari pembelian pada fresh product, groceries dan personal care, kesemua hal tersebut tidak lepas dari satu dengan yang lain. Sehingga dengan paduan misalnya SUASANA (Atmosfir Toko) yang pas dengan kenyamanan dan suasana hati pelanggan, membuat pelanggan tak hanya membeli produk kebutuhan saat itu saja, namun bisa membengaruhi pelanggan hingga menjadi Impulse Buying-pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya.

    Ada banyak hal menarik lainnya yang perlu dibahas pada Retail Mix ini yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Mulai dari pengaturan produk, harga, layanan mandiri, penggunaan teknologi, jaminan kenyamanan belanja hingga layanan tambahan seperti layanan antargratis, online dll.

    Komentar oleh Egi Sastra | November 19, 2015 | Balas

  26. selamat pagi bapak Johannes,
    selamat dan sejahtera untuk kita semua,
    saya :

    Nama : Ahmad Baiquni Alhakim
    NIM : C1b013009
    Kelas : Manajemen A 2013
    Mata Kuliah: Metode penelitian pemasaran
    Tugas : Ringkasan proposal Tentatif

    siswa bapak jurusan manajemen kelas A 2013,saya mau kabarin pak berikut adalah tugas ringkasan proposal Tentativ Metode penelitian pemasaran saya yang berjudul ;

    PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PROSES KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE CANDI MUARA JAMBI MUARO JAMBI

    Ringkasan pemikiran
    Candi muara jambi merupakan salah satu objek wisata yang terletak di desa Muaro Jambi, kecamatan Muaro Sebo, kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Candi muara jambi terletak di tepian sungai batang hari sekitar 26 Km arah timur kota jambi, candi ini memiliki luas 12 Km2 dengan panjang lebih dari 7 Km yang di proyeksikan luas candi ini sebesar 260 hektar. Kompleks candi ini merupakan kompleks candi terbesar di Indonesia bahkan terbesar di Asia Tenggara. Sejak tahun 2009, komplek Candi Muara Jambi ini telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai salah satu Situs Warisan Dunia.
    Kompleks candi Muara Jambi sekitar 110 candi yang telah dipugar atau ditemukan yang terbagi menjadi 39 kelompok candi. di perkirakan masih terdapat candi-candi lain yang masih terkubur di sekitar kompleks tersebut. Pemugaran-pemugaran candi tersebut dilakukan siktar tahun 1979 hingga tahun 1988, berikut adalah beberapa candi yang telah di pugar diantaranya: Candi Tinggi I dan II, Candi Gumpung, Candi Kedaton, Candi Astano, Candi Koto Mahligai, Candi Bukit Sengalo.
    Perjalanan untuk sampai ke lokasi dari pusat kota Jambi kearah Timur dapat di tempuh melalui jalur darat dan laut/air, jalur darat melewati jembatan Batanghari II menuju lokasi obyek wisata candi Muara Jambi memakan waktu sekitar 40 menit perjalanan. Untuk biaya tranportai darat seperti mobil di kenakan tarif sebesar Rp 300.000 – Rp 450.000 / hari. Sedangkan untuk motor/ ojek dikenakan tarif 45.000/ perjalanan sampai ke candi. Jalur air, menyusuri sungai Batanghari dengan menggunakan Speedboat atau Ketek dari Pelabuhan yang terdapat di pasar Angso Duo, dengan biaya sewa Rp 200.000-Rp 250.000,- per perahu.
    Marketing Mix adalah salah satu strategi pemasaran yang di gunakan oleh perusahaan. Marketing Mix atau bauran pemasaran dapat di kelompokkan menjadi empat kelompok variabel yang disebut 4P :produk, price, place, dan promotion. (Kotler, dkk, 2008). Namun untuk perusahaan jasa terdapat 7 unsur marketing mix (Marketing Mix-7p) yaitu: Produk, Price, Promotion, Place, Participant, Proces, dan Physical Evidence. (Zeithaml, dkk, 2000 dalam Lita, 2010). Bedasarkan teori diatas, maka penulis akan menganalisis pengaruh produk, price, place, promotion, orang, proces dan Physical Evidence terhadap keputusan berkunjung ke Candi Muara Jambi.
    Dalam hal ini sektor pariwisata merupakan indutri yang harus mendapatkan perhatian yang lebih, baik domestic maupun international. Selama ini sumbangan dari sektor pariwisata menempati posisi ke 3 setelah ekspor migas dan ekspor tekstil dan manufaktur. Sektor pariwisata juga mampu menghidupkan perekonomian masyarakat, baik dalam sektor jasa maupun industri barang-barang kerajinan (Himawan, 2004 dalam Lita, 2010). Dampak yang tidak nampaknya adalah nama kota/ kabupaten dan Negara menjadi salah satu referensi wisatawan untuk rekreasi.
    Candi merupakan suatu objek wisata yang memberikan hiburan berbeda dari tempat rekreasi yang lain. Selain sebagai tempat untuk berlibur atau rekreasi, museum memiliki fungsi sebagai tempat pembelajaran yang mengkhususkan ke disiplin ilmu sejarah dan kebudayaan yang tidak didapatkan di objek wisata lain. Akan tetapi fakta saat ini Candi Muara Jambi memiliki masalah sepi pengunjung, minat para wisatawan domestik maupun international sangat kecil. hal ini merupakan masalah yang sangat serius untuk di atasi, melihat Candi Mura Jambi merupakan komplek Candi terbesar di Asia Tengara. Berdasatkan masalah tersebut maka penulis berpikir perlu diadakannya penyediaan jasa yang sesuai dengan harapan konsumen dan penerapam program bauran pemasaran oleh pihak pengelola candi Muara Jambi, sehingga diperkirakan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Candi Muara Jambi. Apabila konsumen mempersepsikan bauran pemasaran jasa meliputi, product, price, promotion, place, process , people, dan physical evidence sesuai dengan harapannya, berbeda (unik) dan unggul dibandingkan dengan objek wisata di daerah lain maka diduga akan berpengaruh terhadap proses keputusan untuk mengunjungi objek wisata.

    demikian pesan ini saya sampaikan besar harapan saya akan kesediaan bapak untuk dapat menerima tugas ini, atas waktu dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih pak,
    selamat pagi, selamat dan sejahtera untuk kita semua.

    Komentar oleh ahmad baiquni alhakim | November 19, 2015 | Balas

  27. Yth. Bapak Johannes Simatupang
    Selamat pagi pak, salam sejahtera

    Nama : Uly Farida Parapat
    NIM : C1B013096
    Kelas : Manajemen G 2013

    Berikut ringkasan proposal tentatif saya.

    ANALISIS PENGARUH KOLABORASI BRAND TERHADAP NILAI JUAL PRODUK
    (Studi Kasus Produk Es Krim Walls dan Oreo)

    Brand suatu produk sangat melekat terhadap produk tersebut, seorang pemasar mampu membuat konsumen mengingat brand produk yang dipasarkan. Namun brand dari suatu produk bisa saja terlupakan karena adanya persaingan di antara pemasar dan tidak mampu bersaing dalam berinovasi dan berkreatifitas untuk mempromosikan produk atau mempertahankan brand tersebut. Oleh karena itu ada pebisnis atau perusahaan yang melakukan kolaborasi terhadap brand nya.
    Dalam dunia brand istilah koalisi lebih tepat dianalogikan dengan kolaborasi brand. Menurut Mohan Sahwney, professor Kello, sifat kolaborasi ini mutualisme yang seharusnya menguntungkan untuk menciptakan kreatifitas baru. Saat ini kolaborasi brand termasuk salah satu strategi mutualisme yang dapat dilakukan dengan saling bertukar gagasan dan penciptaan bersam sebuah produk, platform, maupun design baru. Beberapa bran dternama sekaligus marketleader pun melakukannya. Kolaborasi brand yang dilakukan suatu perusahaan bisa menjadi keuntungan bagi perusahaan tersebut apabila dapat membuat nilai jual produk baru tersebut menjadi tinggi. Namun, kolaborasi brand juga bisa menjadi strategi yang merugikan bagi perusahaan karena produk yang diciptakan tidak laku dipasaran. Oleh karena itu, saya memilih judul ini sebagai pembahasan saya di proposal tentatif.

    Komentar oleh uly farida | November 19, 2015 | Balas

  28. Nama : Jhony Apriadi Sitohang
    Nim : C1B013090 (Manajemen G’13)
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif
    Semakin berkembangnya teknologi yang ada tidak menutupi kemungkinan semakin berkembangnya fashion dan life style. Sehingga penampilan merupakan hal terpenting bagi konsumen apalagi dijaman sekarang. Dan salah satu bagian terpenting didalam penampilan selain baju, celana, atau aksesoris yang digunakan untuk membuat penampilan menarik, tatanan atau style rambut juga merupakan bagian penting didalam penampilan. Brand Pomade merupakan salah satu jenis minyak rambut yang sudah ada sejak lama dan menjadi pilihan konsumen ketika konsumen ingin membuat style rambut.
    Dan kepuasan konsumen adalah respon emosional terhadap evaluasi pengalaman mengkonsumsi produk. Hal ini merupakan hal terpenting untuk sebuah produk dapat membandingkan kualitas produknya dengan pesaingnya, kepuasan konsumen kunci keberhasilan produk, dan dari rasa kepuasan konsumen mampu mempengaruhi loyalitas brand,sehingga memotivasi Brand pomade menciptakan produk pomade terbaru dengan jenis-jenis yang banyak untuk memuat konsumen tidak bosan untuk memilih produk. Sehingga brand pomade mampu bersaing dan bertahan dalam persaingan pasar

    Komentar oleh Jhony Apriadi Sitohang | November 19, 2015 | Balas

    • JUDUL TUGAS
      ‘PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS MEREK MINYAK RAMBUT POMADE ‘

      Komentar oleh Jhony Apriadi Sitohang | November 19, 2015 | Balas

  29. Nama : EGI SASTRA ANDIKA

    NIM : C1B013011

    Kelas : Manajemen A 13

    Pengaruh *Retail Mix* terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Ritel
    Modern

    (Kasus : Alfamart Kota Jambi)

    Menurut Susanto, Ketua AP3MI (Assosiasi Perdagangan Pemasok Pasar Modern
    Indonesia), jumlah gerai usaha ritel tradisional di Indonesia hampir 2 juta
    lebih. Jumlah ini mulai terkikis oleh jumlah ritel modern yang jumlahnya
    hanya 80 ribuan gerai, tetapi memiliki perkembangan yang sangat cepat.

    Pesatnya perkembangan ritel modern di Indonesia tentunya memiliki faktor
    pendukung dibaliknya, dan faktor tersebutlah yang membuat setiap sisi dari
    ritel modern menjadi sebuah teknik pemasaran yang bisa dibilang berhasil
    menarik pelanggan. Faktor tersebut tidak lain adalah *Retail Mix *yang
    menjadi pandangan penting bagi setiap pebisnis di ritel modern. *Retail Mix*
    sebenarnya sebuah pengambangan dari *Marketing Mix*, dimana bauran ritel
    terdiri dari :

    · TEMPAT

    · DESAIN dan LAYOUT

    · HARGA

    · STOK BARANG

    · LAYANAN JASA

    · KOMUNIKASI

    · SUASANA

    Ketujuh faktor inilah yang akhirnya membuat keputusan pelanggan pada
    pembelian produk di ritel modern. Mulai dari pembelian pada *fresh product*,
    *groceries* dan *personal care*, kesemua hal tersebut tidak lepas dari satu
    dengan yang lain. Sehingga dengan paduan misalnya SUASANA (Atmosfir Toko) yang
    pas dengan kenyamanan dan suasana hati pelanggan, membuat pelanggan tak
    hanya membeli produk kebutuhan saat itu saja, namun bisa membengaruhi
    pelanggan hingga menjadi *Impulse Buying*-*pembelian yang tidak
    direncanakan sebelumnya*.

    Ada banyak hal menarik lainnya yang perlu dibahas pada Retail Mix ini yang
    mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Mulai dari pengaturan produk,
    harga, layanan mandiri, penggunaan teknologi, jaminan kenyamanan belanja
    hingga layanan tambahan seperti layanan antargratis, online dll.

    Komentar oleh egi sastra andika | November 19, 2015 | Balas

  30. Nama : Resi Afrida
    Nim : C1B013097 ( manajemen G’ 13)
    Tugas : ringkasan proposal tentatif

    Pengaruh Bintang Iklan Terhadap Produk pocarisweat

    Zaman modern ini perkembangan sebuah perusahaan dalam mengelurkan sebuah produk yang sama sangatlah berkembang pesat, untuk itu sebuah perusahaan dituntut untuk mengembangkan kreatifitas produk demi persaingan dengan perusahaan yang lain,iklan sangatlah menentukan atas penjualan produk,dimana faktor iklan sampai saat ini merupakan bukti pemasaran produk yang baik,dimana produk dapat dikenal oleh konsumen dengan baik,dan menarik perhatiaan konsumen lainnya. Untuk itu perusahaan di era modern ini dituntut untuk mengembangkan serta mengemas iklan dengan sebaik mungkin.Dalam penelitian ini saya membahas “pengaruh bintang iklan dalam produk pocarisweat” penelitian ini tertuju kepada perusahaan pocarisweat agar dapat mengetahui bagaimana proses periklanan yang dilakukan,mulai dari bintang iklan,bentuk iklan,kemasan,serta tema dan judul iklan yang dilakukan perusahaan pocarisweat , dengan anggaran perusahaan untuk iklan dimana perusahaan harus mampu menyeimbangkan antara harga produk dan jumlah biaya produksi perusahaan termasuk iklan.

    Komentar oleh Resi afrida | November 19, 2015 | Balas

  31. NAMA : DINI HARYATI
    NIM : C1B013114
    KELAS : MANAJEMEN G 2013
    TUGAS RINGKASAN TENTATIF

    Pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan
    Di era modern serta berkembang pesatnya perusahaan yang berdiri dengan brand image produk yang sama,sebuah perusahaan dituntut harus mampu memberikan kepuasaan kepada konsumen demi terciptanya sebuah pelanggan yang mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan.
    Perusahaan produk harus mampu memberikan kepuasaan yang terdiri dari berbagai macam faktor kepuasaan yang harus diterima dari sebuah produk. Selain hanya memasarkan produk demi mengenalkan produknya kepada konsumen, kepuasaan pelanggan akan timbul setelah mereka menggunakannya, untuk itu faktor yang harus di perhatikan demi kepuasan pelanggan tersebut meliputi dari ketahanan produk, citra rasa, promosi, citra serta peningkatan kualitas kelas pengguna, harga, tanggung jawab terhadap pengguna produk, kualitas pelayanan serta pengembangan produk yang terus diberi peningkatan.
    Penelitian ini tertuju kepada perusahaan teh botol sosro yang bertujuan mengetahui apa saja yang menjadi faktor kepuasaan konsumen tersebut sehingga menciptakan loyalitas pelanggan. Seperti yang tertera dalam simbol teh botol sosro yang berbunyi ‘apapun makananya minumanya teteh botol sosro ‘ yang menurut peneliti itu tersebut merupakan suatu proses pemasaran dalam bidang iklan.

    Komentar oleh dini haryati | November 19, 2015 | Balas

  32. Nama:panggita wijaya
    Nim: RRC1B013031
    manajemen ganjil (M5A)
    Tugas: ringkasan proposal tentatif
    “Hubungan Antara Kualitas layanan Dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Online Shop”

    Kegiatan online shop ini merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan keseluruh dunia melalui notebook, komputer ataupun handphone yang tersambut dengan layanan akses internet. Online Shop adalah salah satu bentuk perdagangan elektronik yang digunakan untuk kegiatan transaksi penjual ke penjual ataupun penjual ke konsumen.
    Mengikuti tren di bidang bisnis yang digeluti tidak hanya membuat Online shop mendapatkan banyak pengunjung, melainkan juga membuat penjual terhindar dari pemasaran produk yang sudah “ketinggalan zaman”. Hal ini juga membuat biaya pemasaran menjadi lebih efisien atau bahkan sama sekali tanpa biaya.Salah Salah satu media yang menampilkan Online Shop antara lain adalah blog. Blog merupakan layanan web gratis dimana pelaku usaha Online Shop menggunakan blog sebagai toko online yang untuk menjual sekaligus mempromosikan barang dan jasa yang tawarkan kepada calon konsumen karena, sifatnya yang mudah di kustomisasi oleh penggunanya, maka Online Shop melalui media blog cukup riskan karena pembeli cukup sulit mengetahui reputasi dari penjual. Biasanya penjual mengunggah bukti-bukti transfer yang dimiliki. Online shop ini tidak lepas dari persaingan bisnis sejenisnya oleh karna itu kuaitas pelayanan dan Harga merupakan hal yang selalu menjadi faktor utama dalam melakukan pembelian. Sebagus apapun kualitas produk tersebut namun harus disesuaikan dengan kemampuan untuk membeli.
    Loyalitas konsumen dapat dipengaruhi oleh kepuasan konsumen. Kepuasaan konsumen adalah perasaan senang kecewa sesorang setelah membandingkan antara kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang di harapkan (kotler dan keller,2009:177). Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan dengan harapannya. Seorang pelanggan jika merasa puas dengan nilai yang di berikan oleh produk atau jasa maka akan sangat besar kemungkinannya untuk menjadi pelanggan dalam waktu yang lama (Umar,2000:50). Kepuasan pelanggan juga merupakan sebuah tujuan usaha, karena kepuasaan tersebut akan
    menimbulkan perilaku dimasa yang akan datang bagi usaha tersebut. Jika suatu usaha tidak dapat membangun kepuasan pelanggan, maka usaha tersebut tidak akan dapat bertahan dan berkembang. Dengan demikian diyakini bahwa seluruh bagian dalam sebuah usaha mempunyai misi memberikan kepuasan secara maksimal kepada pelanggannya demi perkembangan usaha, juga sebagian dari strategi usaha untuk mempertahankan pelanggan dan mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya serta loyalitas pelanggan. Loyalitas lebih mengacu pada wujud perilaku dari unit-unit pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian secara terus menerus terhadap barang/jasa suatu perusahaan yang dipilih (Griffin, 2002:4).

    Komentar oleh panggita wijaya (@panggitawijaya) | November 23, 2015 | Balas

  33. Selamat pagi Pak Johannes,
    Nama : Risro Tamba
    Nim : RRC1B013087
    M.kuliah : Metode Penelitian Pemasaran
    Kelas : Manajemen A 2013 (M5A)
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif

    Judul: “ Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen pada produk ponsel Samsung di wilayah Jambi”
    Di era globalisasi ini, persaingan bisnis menjadi sangat tajam, baik dipasar Nasional maupun Internasional , akibatnya timbul persaingan dalam menawarkan produk-produk yang berkualitas dengan harga yang mampu bersaing dipasaran. Membuat suatu produk yang bermutu dan sanga digemari para konsumen merupakan suatu tantangan bagi para perusahaan. Tujuan dari penelitiian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen pada produk ponsel samsung.
    Kualitas mengandung banyak pengertian, beberapa contoh dari pengertian kualitas menurut Tjiptono (1996:55):
    1. Kesesuaian dengan persyaratan
    2. Kecocokan untuk pemakaian
    3. Perbaikan berkelanjutan
    4. Bebas dari kerusakan/cacat
    5. Pemenuhan kebutuhan pelanggan sejak awal dan setiap saat
    6. Melakukan segala sesuatu secara benar
    7. Sesuatu yang bisa membahagiakan pelanggan.
    Sedangkan menurut Kotler (1998:53): produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan. Jadi, pada dasarnya produk adalah segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan masyarakat atau konsumen.
    Pengertian Kualitas produk menurut Kotler dan Amstrong (2008) adalah: “ the ability of a product to perform its functions , it includes the product’s overall durability, reliability, precision, ease of operation and repair, and other valued attributes” yang artinya kemampuan sebuah produk dalam memperagakan fungsinya, hal itu termasuk keseluruan durabilitas, reliabilitas, ketepatan, kemudahan pengoperasian dan reparasi produk juga atribut produk lainnya.
    Kualitas produk juga merupakan pemahaman bahwa produj yang ditawarkan oleh penjual mempunyai nilai jual lebih yang tidak dimiliki oleh produk pesaing. Oleh karena itu suatu perusahaan berusaha untuk memfokuskan pada kualitas produk ponsel samsung dan membandingkannya dengan produk yang ditawarkan oleh pesaing.
    Minat beli konsumen adalah sesuatu yang berhubungan dengan rencana konsumen untuk membeli produk tertentu serta berapa banyak unit produk yang dibutuhkan pada periode tertentu. Minat beli konsumen timbul setelah adanya proses evaluasi alternatif dan didalam proses evaluasi, seseorang akan membuat suatu rangkaian pilihan mengenai produk yang hendak dibeli atas dasar merek maupun minat. Produk yang memiliki kualitas yang lebih baik akan memberikan customer value yang lebih baik. Secara sederhana customer value didefinisikan sebagai semua manfaat atau kualitas yang diperoleh oleh konsumen relatif terhadap pengorbanannya. Harga merupakan salah satu faktor penentu dalam pemilihan produk yang berkaitan dengan keputusan pembelian dalam membeli produk ponsel samsung tersebut. Ketika para konsumen memilih diantara produk-produk yang ada, konsumen akan mengevaluasi harga secara absolute tetapi dengan membandingkan beberapa standart harga sebagai referensi untuk melakukan pembelian produk ponsel samsung tersebut. Di Kota Jambi, banyak produk ponsel dengan berbagai merek dan harganya ada yang mahal dan ada juga yang lumayan murah, tetapi banyak juga produk ponsel yang mungkin kualitas produknya tidak bagus, harganya mahal tetapi kualitasnya tidak bagus. Tetapi jika kita lihat dikota Jambi bahkan mungkin dikota-kota yang lain, sangat banyak konsumen yang menggunakan produk ponsel samsung, karena perusahaan samsung dapat memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumennya, dan produk samsung tersebut banyak diminati oleh masyarakat dikota Jambi. Harga dari ponsel samsung tersebut banyak yang murah dan ada juga yang mahal tetapi kualitasnya bagus, karena produk samsung memiliki banyak tipe-tipe produk samsung, bukan Cuma satu tipe merek, tapi berbagai tipe merek telah diterbitkan oleh perusahaan samsung tersebut.
    Seorang konsumen akan membeli suatu produk jika harganya dipandang layak oleh mereka. Maka perusahaan samsung tersebut harus dapat memberikan harga produknya dengan baik atau harganya dapat disesuaikan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh para konsumen, sehingga produknya itu akan semakin diminati oleh para konsumen.
    Demikianlah proposal yang dapat saya sampaikan kepada bapak, saya berharap ada masukan dari bapak mengenai proposal yang saya buat ini, Terima kasih.

    Komentar oleh risro tamba | November 25, 2015 | Balas

  34. NAMA : APRILLIYANA
    NIM : RRC1B013063
    Prodi : Manajemen A 2013 (M5A)
    Reguler Mandiri
    Tugas : ringkasan proposal tentatif

    Merek adalah produk barang atau jasa yang dimensinya mendiferensiasikan atau memberikan batasan merek tersebut dengan beberapa cara dari produk atau jasa yang lainnya yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan yang sama. Nama merek dapat dilindungi melalui nama dagang terdaftar proses manufaktur dapat dilindungi melalui hak paten dan kemasan dapat melindungi melalui hak cipta dan rancangan hak milik. Hak milik intelektual ini memastikan bahwa perusahaan dapat berinventasi dengan aman dalam merek tersebut dan mendapatkan keuntungan dari sebuah aset yang berharga. Merek menandakan tingkat kualitas tertentu sehingga pembeli yang puas dapat dengan mudah memilih produk kembali. Loyalitas merek memberikan tingkat permintaan yang aman dan dapat diperkirakan bagi perusahaan, dan menciptakan penghalang yang mempersulit perusahaan lain untuk memasuki pasar.
    Ekuitas merek (brand equity) adalah nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa. Ekuitas merek dapat tercermin dalam cara konsumen berpikir,merasa,dan bertindak dalam hubungannya dengan merek dan juga harga,pangsa pasar, dan profitabilitas yang diberikan merek bagi perusahaan. Ekuitas merek berbasis pelanggan(customer-based brand equity) adalah pengaruh diferensial yang dimiliki pengetahuan merek atas respons konsumen terhadap pemasaran merek tersebut. Sebuah merek mempunyai ekuitas merek berbasis pelanggan yang positif ketika konsumen bereaksi lebih positif terhadap produk dan cara produk itu dipasarkan ketika merek tersebut teridentifikasi . Pemasar membangun ekuitas merek dengan menciptakan struktur pengetahuan merek yang tepat untuk konsumen yang tepat. Proses ini bergantung pada semua kontak yang berhubungan dengan merek baik dilakukan oleh pemasar maupun bukan.
    Terakhir kita dapat menghubungkan ekuitas merek dengan salah satu konsep pemasaran penting lainnya, Ekuitas Pelanggan (customer equity). Tujuan manajemen hubungan pelanggan (CRM) adalah menghasilkan ekuitas yang tinggi. Meskipun kita dapat menghitungnya cara berbeda, salah satu definisi ekuitas pelanggan adalah Jumlah dari nilai-nilai seumur hidup seluruh pelanggan. Nilai seumur hidup pelanggan dipengaruhi oleh pertimbangan pendapatan dan biaya yang berhubungan dengan Akusisi pelanggan, retensi dan penjualan silang.
    Ekuitas merek cenderung berfokus pada isu-isu strategis dalam mengelolah dan menciptakan serta meningkatkan kesadaran dan citra merek dengan pelanggan. Ekuitas pelanggan memberikan panduan praktis untuk aktivitas-aktivitas pemasaran yang spesifik.

    Komentar oleh aprilliyana | November 25, 2015 | Balas

  35. NAMA : ANDIKA DWI PRATAMA PAULUS SITORUS
    NIM : RRC1B013061
    PRODI : Manajemen A 2015
    TUGAS : Ringkasan proposal tentative

    PROPOSAL PEMASARAN

    PROPOSAL RENCANA PEMASARAN

    Produk ini saya buat untuk memberikan kenyamanan lebih kepada pemancing. Yaitu pancingan, walaupun produk ini bukan yang pertama di ciptakan. Tapi produk yang saya pasarkan adalah untuk memberikan kenyamanan lebih kepada pemancing yang telah jenuh dengan jenis pancingan yang telah ada. Semoga ciptaan saya ini bias bermanfaat bagi para pemancing yang ingin mendapatkan kemudahan.

    Keunggulan dari produk ini adalah:

    1 pancingan ini lebih minimalis, karna ringan dan memiliki lipatan yang berukuran kecil
    2 tahan dari tarikan ikan yang besar
    3. Memiliki tangkai lebih kekar, tidak mudah berkarat
    4. Warna dan motif yang elegan membuat lebih percaya diri saat menggunakan pancingan ini
    5. gulungan senar tidak mudah macet

    target dan segmentasi pasar produk ini dapat di gunakan oleh semua kalangan dan seluruh masyarakat. Khusus para pemancing

    Strategi pemasaran

    • Tujuan pemasaran
    Dalam memasarkan produk ini saya ingin para pemancing dapat di permudahkan dalam melakukan kegiatan memancing baik itu pemancing pemula maupun professional.

    • Tempat pemasaran
    Dalam memasarkan produk ini saya memasarkan dengan cara media iklan dan terjun langsung ke pasar. Produk ini dapat di beli di toko pancingan maupun supermarket besar

    • Kegiatan pemasaran
    Cara memasarkan produk ini yaitu dengan cara bersosialisasi membuka stand dan melakukan demo terhadap produk ini. Dan juga memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen.

    Komentar oleh andika dwi pratama paulus sitorus | November 25, 2015 | Balas

  36. Selamat malam pak Jo,
    Nama : Claudia Brillian Fanisya
    Nim : C1B013078
    Kelas : MANAJEMEN B
    Tugas: ringkasan proposal tentatif
    “Pengaruh cintra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian Tas Louis Vuitton tiruan pada wanita karir”.

    Di era Globalisasi yang semakin pesat, membuat orang berlomba-lomba untuk mengikuti tren yang ada, terutama tren fashion. Hanya dalam hitungan bulan, tren sudah berganti dengan yang baru. Pengaruh teknologi canggih, seperti internet dan saluran tv satelit, memudahkan orang memperoleh informasi yang luas dan cepat termasuk mengenai mode. Konsumen didorong untuk menyesuaikan diri dengan tren yang berlaku saat itu. Perkembangan cara pandang dan presepsi konsumen Indonesia tentang metode dan cara berpakian mendukung perkembangan pasar produk pakaian dan asesoris menjadi cukup pesat.
    Adanya kebutuhan masyarakat dan kondisi lingkungan yang meliputi berbagai hal, seperti, gaya hidup,ekonomi, sosial, politik dan budaya, ikut mendorong sekaligus mempengaruhi munculnya mode baru. Masyarakat Indonesia senang memperhatikan tren busana dan asesorisnya demi menyesuaikan diri dengan tren yang ada. Gaya hidup seperti ini berakibat pada tingginya permintaan terhadap produk fashion. Keadaan tersebut mendorong kepada para pengusaha retail harus benar-benar memahami apa yang diinginkan konsumen. Hal ini tentu akan menciptakan peluang lebar bagi para pelaku bisnis fashion.
    Wanita sebagai salah satu objek pemasaran tren dan fashion bagi peritel pakaian. Ditambah dengan wanita dizaman sekarang tidak lagi menjadi wanita yang hanya fakum dirumah, tetapi para wanita juga sudah mulai banyak yang bekerja diperkantoran, yang kita ketahui saat ini yaitu wanita karir. Wanita karir tentu akan lebih memperhatikan penampilan dan gaya karena mereka akan berhadapan langsung dengan publik. Hal ini tentu akan membuat wanita karir membutuhkan pakaian dan asesoris seperti tas dan sepatu untuk mendukung penampilan mereka.
    Saat ini beragam brand atau merek tas merupakan salah satu kebutuhan wanita karir untuk menjaga penampilan. Selain sebagai penunjang penampilan, tas juga mempengaruhi citra penggunanya. Beberapa desainer kelas dunia telah meluncurkan produk mereka seperti Louis Vuitton, Hermes, Gucci, hingga Marc Jacob. Harga tas yang ditawarkan oleh desainer tas kelas dunia tersebut bervariasi dengan kisaran puluhan hingga ratusan jutah rupiah. Karena harga brand original sangat mahal, mereka yang mampu membeli tas merek kelas dunia dianggap lebih bergengsi. Mereka juga diposisikan pada kelas sosial tertentu.
    Bagi mereka yang tidak bisa menjangkau brand original saat ini banyak bermunculan brand kualitas tiruan. Brand tiruan adalah sebuah barang keluaran produsen ternama dari luar negeri yang produknya secara fisisk mirip dengan brand original, seperti contohnya tas. Ada beberapa tingkatan dari brand tiruan, yaitu mulai dari yang murah hingga tiruan super yang mahal. Harga yang ditawarkan oleh produsen pemalsu jauh lebih rendah dari brand original. Sebagai contoh tas Louis Vuitton (LV) model Lockit GM dijual dengan kisaran harga Rp. 50juta, sedangkan untuk Lockit GM tiruan dijual mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

    Komentar oleh CLAUDIA BRILLIAN FANISYA | November 25, 2015 | Balas

  37. Nama : Mhd MartionoS
    NIM : RRC1B013030
    Kelas : Manajemen Genap (M5B)
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif

    PENGARUH GAYA HIDUP (LIFESTYLE) TERHADAP KOMITMEN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA FITNES PADA FACTORY FITNESS DI JAMBI

    Banyak orang yang tinggal dan bekerja di kota besar merasa bahwa program olahraga merupakan beban yang sangat sulit dilaksanakan mulai dari waktu, biaya, dan tempat. Sehingga keinginan untuk berolahraga sangatlah jarang, dan sekarang banyak bermunculan tempat kebugaran yang menyediakan fasilitas yang sangat banyak sehingga pelanggan nyaman dan betah untuk berolahraga, keputusan konsumen dalam memilih tempat kebugaran
    tersebut dipengaruhi oleh kelas dan fasilitas yang dipilih sehingga mencerminkan gaya hidupnya. Semakin mahal kelas dan fasilitas yang dipilih semakin tinggi pula gaya hidupnya, sebelum memutuskan untuk memilih pusat kebugaran biasanya calon pelanggan seringkali bertanya tentang fasilitas-fasilitas yang diperoleh dan berkaitan dengan keistimewaan fasilitas tempat kebugaran yang akan dipilihnya. Seorang pelanggan yang puas akan menjadi aset yang sangat bernilai bagi suatu organisasi.Dipertahankanya pelanggan yang puas, dapat mengurangi usaha mencari pelanggan baru dan memberikan umpan balik yang positif kepada organisasi. selain itu ada kepercayaan yang kuat bahwa kepuasan mempunyai hubungan positif dengan profibilitas, kepuasan sebenarnya merupakan sesuatu femomena yang psikologis yang berhubungan dengan perilaku,fenomena kesikapan yang berkorelasai dengan perilaku dibentuk oleh proses psikologis pelanggan, sehingga kepuasan pelanggan ini menarik untuk dikaji lebih jauh, terutama jika dikaitkan dengan variabel-variabel yang dapat membuat pelanggan puas seutuhnya kepada jasa tertentu. Mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan membina hubungan jangka panjang dengan pelanggan atau lebih dikenal dengan istilah relationship marketing.Relationship marketing merupakan pengenalan setiap pelanggan secara lebih dekat dengan menciptakan suatu komunikasi dua arah dengan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan. Factory Fitness adalah salah satu usaha jasa yang menawarkan bisnis kebugaran melalui berolahraga. Bisnis ini bermula karena permintaan pasar di mana konsumen menginginkan badan yang sehat dan bugar serta proposional sesuai dengan tinggi badan dan berat badan yang diinginkan Konsumen di dalam memilih dalam suatu produk jasa dipengaruhi oleh faktor perilaku.Karena suatu kebutuhan konsumen memutuskan menggunakan suatu produk, perkembangan trend memiliki tubuh yang sehat dan pentingnya kesehatan berkembang kalangan masyarakat dewasa ini yang mulai sadar akan kebutuhan badan yang sehat dan bugar menjadi dasar bagi pengusaha di bidang jasa alat kebugaran dan sarana fitness membidik pangsa pasar yang potensial ini. Namun untuk menghadapi persaingan di dalam merebut perhatian konsumen masih memiliki kendala dimana pada saat malam hari kondisi di Factory Fitness ini sangat ramai. Hal ini disebabkan karena para member di tempat ini adalah rata-rata mereka yang sudah bekerja sehingga di pagi sampai sore hari mereka tidak mempunyai waktu untuk berolahraga karena padatnya aktivitas. Setelah selesai bekerja itulah mereka langsung datang dan berolahraga sehingga kondisi nya lebih ramai di bandingkan dengan pagi ataupun siang hari. Sehingga para member yang melakukan aktivitas fitnessnya menjadi terhambat atau terbuang waktunya. Dan mereka kurang terbentuk kepercayaan dan komitmennya terhadap Factory Fitness. Sehingga komitmen pada jasa dan niat untuk melakukan penggunaan ulang terhadap jasa yang diberikan tersebut akan kurang terbentuk.

    Komentar oleh Martio Miftah | November 25, 2015 | Balas

  38. Nama: Hartoyo Natael Siagian
    NIM: C1B013106 (manajemen G 2013)
    Tugas: Ringkasan Proposal Tentatif
    “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan pada rumah makan RN mendalo, jambi”

    Kualitas pelayanan suatu perusahaan sangatlah penting, apabila kualitas pelayanan suatu perusahaan itu tidak begitu baik maka akan berdampak para pelanggan yang ingin menggunakan barang dan jasa dari perusahaan tersebut. Oleh sebab itu pentingnya kualitas pelayanan pada suatu perusahaan penyedia barang dan jasa maka perusahaan berlomba-lomba mengoptimalkan kualitas pelayanannya agar pelanggan tidak beralih kepenyedia barang danjasa yang lain. Penyedia barang dan jasa dalam bidang kuliner tentunya lebih mengutamakan cita rasa dan juga pelayanannya kepada para pelanggan sehingga diharapkan dengan kualitas pelayanan yang baik maka akan membuat pelanggan tersebut loyal kepada perusahaan. Selain untuk membuat pelanggan menjadi loyal, memberikan kualitas pelayanan yang baik juga untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan.
    Penelitian ini menggunakanan alisis jalur yang populasinya adalah seluruh pelanggan rumah makan RN mendalo, jambi. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Penelitian ini mengambarkan besaran pengaruh langsung kualitas pelayanan (X) terhadap loyalitas pelanggan (Y) dan pengaruh tidak langsung kualitas pelayanan (X) terhadap loyalitas pelanggan (Y) melalui kepuasan pelanggan (Z). Pengukurannya menggunakan skala Likert. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner dan dokumentasi.
    Pengaruh secara langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,410 dengan tingkat signifikansi 0,000.Besarnya pengaruh tidak langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebesar 0,086. R2sebesar 0,276 yang mana kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berkontribusi terhadap loyalitas sebesar 27,60%, sedangkan sisanya 72,40% loyalitas dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti.
    Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) untuk pimpinan diharapkan dapat mempertahankan kualitas pelayanananya, serta menambah fasilitas-fasilitas penunjang lainnya, seperti lahan parkir, pendingin ruangan, serta pengaturan fentilasi agar asap dari pembakaran sate tidak masuk ke dalam ruangan.(2) untuk penelitianselanjutnyadiharapkanpeneliti lain dapat menguji dengan variabel lain selain kepuasan pelanggan. (3) Untuk karyawan diharapkan mampu mempertahankan keramahaan dalam menyambut pelanggan serta melayani dengan baik.
    kualitas layanan, kepuasan, loyalitas.

    Komentar oleh Hartoyo Natael Siagian | November 25, 2015 | Balas

  39. Selamat siang pak,
    Nama:Didik juwiyanto
    Nim :RRC1B013013
    Prodi :Manajemen A 2013 (M5A)
    Tugas: Ringkasan Proposal Tentatif
    ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN PADA IKLAN FLEXY

    Seiring dengan kemajuan pesat dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi,bidang telekomunikasi juga mengalami kemajuan yang cukup pesat.Komunikasi merupakan suatu hal yang penting yang dianggap mampu membantu hidup manusia.Sejak ditemukannya alat komunikasi,gerak hidup manusia menjadi berubah lebih mudah dan terasa dekat.
    Semakin lama pola pikir konsumen berubah seiring perkembangan zaman.konsumen yang dulunya hanya menggunakan alat komunikasi,disebut telepon,kini mulai beralih menggunakan telepon seluler,sehingga perusahaan penyedia jasa layanan telekomunikasi dapat mengambil peluang baru dari ke ingin anak dingin an dan kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi pilihan-pilihan teknologi telekomunikasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Salah satunya telepon seluler yang berbasis teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) yang beroperasi mengunakan lisensi telepon saluaran tetap (Fixed Wireless) memiliki tarif jauh lebih rendah (sama dengan tarif telepon tetap fixed line) dibanding dengan tarif telepon seluler yang berbasis GSM.Teknologi CDMA juga menyediakan kapasitas suara dan komunikasi data,memungkinkan lebih banyak pelanggan untuk terhubung pada waktu bersamaan serta memungkinkan untuk tugas-tugas multimedia.Teknologi CDMA mengkonsumsi tenaga listrik yang kecil sehingga memungkinkan untuk memperpanjang daya tahan baterai dan waktu bicara dapat lebih lama.Selain itu,rancangan teknologi CDMA menjadikan CDMA aman dari upaya penyadapan.
    Produk dari TELKOM yang berkaitan dengan CDMA adalah TELKOMFLEXY.Flexy mulai memperkenalkan pada bulan desember 2002 dan secara komersial mulai diluncurkan Mei 2003.Flexy beroperasi pada dua frekuensi yaitu 1,9 GHz wilayah jakarta dan sekitarnya serta 800 MHz di daerah –daerah.Tantangan flexy semakin besar ketika perusahaan pesaing mulai memunculkan teknologi-teknologi terbaru (misalnya G3) dengan harga dibawah standart
    Salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan TELKOM untuk menawarkan produk FLEXY agar menarik minat konsumen terhadap produk tersebut adalah melalui iklan.Seiring pertumbuhan ekonomi, iklan menjadi sangat penting karena konsumen potensial akan memperhatikan iklan dari produk yang ia beli.Fungsi iklan selain sebagai promosi juga berfungsi (Kotler: 2000); menginformasikan suatu produk atau jasa ataupun profit perusahaan dan sebagai media untuk mengingatkan konsumen terhadap suatu produk atau jasa.
    Iklan mempengaruhi minat beli konsumen dalam tindakannya dan keyakinanya akan merek produk yang ditawarkan perusahaan.Peran iklan dalam mempengaruhi penjualan seperti yang terlihat dari berbagai teknik periklanan televisi dengan tingkat eksposur iklan memberikan image tersendiri bagi konsumen (Lutz: 1995).perusahaan berharap konsumen potensial akan berperilaku seperti yang diharapkan melalui iklan komersial nya.

    Komentar oleh didik juwiyanto | November 26, 2015 | Balas

  40. nama : suparman
    kls : mgt b 2013
    nim : c1b013068

    “ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN PERTALITE TERHADAP KUALITAS KEPUASAN PELANGGAN PERTAMINA”

    seiring dengan perkembangan zaman, semakin lama minyak semakin berkurang di dunia. pertamina adalah salah satu pemasar minyak di dunia, dan menguasai pasar minyak indonesia. pertamina baru – baru ini mengeluarkan produk yang mengedepankan kepentingan pelanggannya. Dengan harga yang terjangkau dan kualitas di atas rata – rata membuat produk ini banyak di minati oleh konsumen. Produk ini bernama PERTALITE minyak yang harga dipasaran Rp 8.300 dengan kualitas minyak yang baik, meskipun PERTALITE masih di bawa kualitas PERTAMAX tetapi PERTALITE memiliki ph 90 dan itu artinya PERTALITE mampu membuat kendaraan roda dua maupun roda empat menjadi lebih enteng dan lebih bertenaga.

    Komentar oleh Parman | Desember 1, 2015 | Balas

  41. NAMA : ROY SYAHRIZAL
    NIM : RRC1B013014
    KELAS : M5B (REGULER MANDIRI )
    TUGAS : RINGKASAN PROPOSAL TENTATIF

    “Pengaruh Pembayaran Kredit Terhadap Minat Pembelian Di Dealer Honda Jambi”

    Kehadiran bank yang menyediakan jasa kredit dijaman sekarang sangat membantu masyarakat guna meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Dalam memilih kredit pun nasabah dipengaruhi oleh berbagai hal terutama motif pembelian yang mendasari keputusan pembelian kredit.
    Dalam pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi itu semakin mendorong timbulnya persaingan yang semakin ketat di dunia usaha. Bidang usaha otomotif mempunyai persaingan yang ketat dan untuk menghadapi persaingan ini sehingga mengharuskan manajemen meningkatkan mutu produk dan pelayanan kepada konsumen. Keinginan konsumen membeli sepeda motor saat ini bukan hanya sekedar ingin memenuhi kebutuhan tetapi berkembang menjadi keinginan memperoleh kepuasan karena tidak terbatasnya keinginan dan kebutuhan manusia jika satu keinginan dapat dipenuhi maka akan timbul keinginan dan hasrat baru lainnya yang selalu dipenuhi agar dapat mencapai suatu tingkat kepuasan yang maksimal. Untuk itu perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk mobil yang dihasilkan agar sesuai dengan yang diharapkan konsumen yang secara tidak langsung akan mempengaruhi volume penjualan dan keuntungan bagi perusahaan, karena kepuasan konsumen secara tidak langsung akan mempengaruhi loyalitas terhadap suatu produk tersebut

    Komentar oleh roy syahrizal | Desember 4, 2015 | Balas

  42. NAMA : ROY SYAHRIZAL
    NIM : RRC1B013014
    KELAS : M5B (REGULER MANDIRI )
    TUGAS : RINGKASAN PROPOSAL TENTATIF

    “Pengaruh Pembayaran Kredit Terhadap Minat Pembelian Di Dealer Honda Jambi”

    Kehadiran bank yang menyediakan jasa kredit dijaman sekarang sangat membantu masyarakat guna meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Dalam memilih kredit pun nasabah dipengaruhi oleh berbagai hal terutama motif pembelian yang mendasari keputusan pembelian kredit.
    Dalam pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi itu semakin mendorong timbulnya persaingan yang semakin ketat di dunia usaha. Bidang usaha otomotif mempunyai persaingan yang ketat dan untuk menghadapi persaingan ini sehingga mengharuskan manajemen meningkatkan mutu produk dan pelayanan kepada konsumen. Keinginan konsumen membeli sepeda motor saat ini bukan hanya sekedar ingin memenuhi kebutuhan tetapi berkembang menjadi keinginan memperoleh kepuasan karena tidak terbatasnya keinginan dan kebutuhan manusia jika satu keinginan dapat dipenuhi maka akan timbul keinginan dan hasrat baru lainnya yang selalu dipenuhi agar dapat mencapai suatu tingkat kepuasan yang maksimal. Untuk itu perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk mobil yang dihasilkan agar sesuai dengan yang diharapkan konsumen yang secara tidak langsung akan mempengaruhi volume penjualan dan keuntungan bagi perusahaan, karena kepuasan konsumen secara tidak langsung akan mempengaruhi loyalitas terhadap suatu produk tersebut.

    Komentar oleh roy syahrizal | Desember 4, 2015 | Balas

  43. NAMA : ROY SYAHRIZAL
    NIM : RRC1B013014
    KELAS : M5B (REGULER MANDIRI )
    TUGAS : RINGKASAN PROPOSAL TENTATIF

    “Pengaruh Pembayaran Kredit Terhadap Minat Pembelian Di Dealer Honda Jambi”

    Kehadiran bank yang menyediakan jasa kredit dijaman sekarang sangat membantu masyarakat guna meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Dalam memilih kredit pun nasabah dipengaruhi oleh berbagai hal terutama motif pembelian yang mendasari keputusan pembelian kredit.
    Dalam pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi itu semakin mendorong timbulnya persaingan yang semakin ketat di dunia usaha. Bidang usaha otomotif mempunyai persaingan yang ketat dan untuk menghadapi persaingan ini sehingga mengharuskan manajemen meningkatkan mutu produk dan pelayanan kepada konsumen. Keinginan konsumen membeli sepeda motor saat ini bukan hanya sekedar ingin memenuhi kebutuhan tetapi berkembang menjadi keinginan memperoleh kepuasan karena tidak terbatasnya keinginan dan kebutuhan manusia jika satu keinginan dapat dipenuhi maka akan timbul keinginan dan hasrat baru lainnya yang selalu dipenuhi agar dapat mencapai suatu tingkat kepuasan yang maksimal. Untuk itu perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk mobil yang dihasilkan agar sesuai dengan yang diharapkan konsumen yang secara tidak langsung akan mempengaruhi volume penjualan dan keuntungan bagi perusahaan, karena kepuasan konsumen secara tidak langsung akan mempengaruhi loyalitas terhadap suatu produk tersebut.

    Komentar oleh Roy syahrizal | Desember 5, 2015 | Balas

  44. NAMA : ROY SYAHRIZAL
    NIM : RRC1B013014
    KELAS : M5B (REGULER MANDIRI )
    TUGAS : RINGKASAN PROPOSAL TENTATIF

    “Pengaruh Pembayaran Kredit Terhadap Minat Pembelian Di Dealer Honda Jambi”

    Kehadiran bank yang menyediakan jasa kredit dijaman sekarang sangat membantu masyarakat guna meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Dalam memilih kredit pun nasabah dipengaruhi oleh berbagai hal terutama motif pembelian yang mendasari keputusan pembelian kredit.
    Dalam pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi itu semakin mendorong timbulnya persaingan yang semakin ketat di dunia usaha. Bidang usaha otomotif mempunyai persaingan yang ketat dan untuk menghadapi persaingan ini sehingga mengharuskan manajemen meningkatkan mutu produk dan pelayanan kepada konsumen. Keinginan konsumen membeli sepeda motor saat ini bukan hanya sekedar ingin memenuhi kebutuhan tetapi berkembang menjadi keinginan memperoleh kepuasan karena tidak terbatasnya keinginan dan kebutuhan manusia jika satu keinginan dapat dipenuhi maka akan timbul keinginan dan hasrat baru lainnya yang selalu dipenuhi agar dapat mencapai suatu tingkat kepuasan yang maksimal. Untuk itu perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk mobil yang dihasilkan agar sesuai dengan yang diharapkan konsumen yang secara tidak langsung akan mempengaruhi volume penjualan dan keuntungan bagi perusahaan, karena kepuasan konsumen secara tidak langsung akan mempengaruhi loyalitas terhadap suatu produk tersebut

    Komentar oleh roy syahrizal | Desember 5, 2015 | Balas

  45. Selamat siang Pak Johannes,
    Nama : TOPAN HIDAYAT
    Nim : RRC1B013038
    Prodi : Manajemen B 2013 (M5B)
    Tugas : Ringkasan Proposal tentatif

    PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI POLITEKNIK JAMBI

    Pendidikan secara umum adalah segala upaya yang di rencanakan untuk mempengaruhi orang lain baik individu, kelompok, atau masyarakat sehingga mereka melakukan apa yang di harapkan oleh pelaku pendidikan. Fenomena yang terjadi selama ini di politeknik jambi dari tahun ke tahun terakhir ini selalu mengalami penurunan jumlah mahasiswa nya.

    Penurunan jumlah peminat kuliah di Politeknik Jambi mungkin di sebabkan oleh penerapan strategi bauran pemasaran jasa yang belum optimal. Strategi bauaran pemasaran jasa pendidikan di Politeknik Jambi terkait dengan produk (kualitas program studi yang ditawarkan), harga (biaya pendidikan), promosi (informasi yang akurat), tempat (lokasi yang terjangkau), karyawan (pelayanan), bukti fisik dan proses.

    Bauran pemasaran jasa tersebut mungkin berdampak pada kepercayaan merek dan keputusan mahasiswa untuk memilih kuliah di politeknik jambi. Hal ini karena masih terbatas nya penelitian yang dilakukan sebelumnya terhadap variabel-variabel tersebut.

    Demikian lah yang dapat saya sampaikan kepada bapak. Saya berharap masukan dari bapak dan tanggapan dari bapak tentang proposal yang saya buat. Terimakasih.

    Komentar oleh topanhidayat455@gmail.com | Desember 5, 2015 | Balas

  46. Nama : Wahyu Sella Tri Ningtias
    Nim : RRC1B013046
    Metode Penelitian kelas Reguler Mandiri

    Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelin Konsumen pada Hangout Cafe and Resto Jambi

    Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat kota pada saat ini mengalami perubahan gaya hidup (lifestyle). Salah satu manifestasi gaya modern saat ini adalah kebiasaan kelompok masyarakat tertentu yang menghabiskan waktunya nongkrong di café atau resto. Gaya hidup ini sesuai dengan karakter orang Indonesia yang gemar berkumpul. Melihat kondisi ini, banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba membuka usaha di bidang ini, yang menyebabkan masalah persaingan bisnis di bidang ini pun meningkat, hal ini dapat membuat gerah sebagian para pelaku bisnis untuk mengambil inisiatif agar bisa mempertahankan perlanggan lama dan juga mendatangkan pelanggan baru.
    Suatu perubahan paradigma pemasaran didorong oleh perubahan situasi dan kondisi masyarakat secara global. Perubahan tersebut meliputi pangsa pasar yang kian terpilih, keputusan pembelian yang kian selektif, berkembangnya masyarakat informative, perkembangan saluran distribusi, perubahan pola konsumsi yang menyebabkan banyak konsumen sangat selektif dalam menentukan keputusan pembeliannya.
    Melihat kondisi persaingan yang semakin ketat ini, setiap pelaku bisnis perlu meningkatkan kekuatan yang ada dalam perusahaannya dengan cara memunculkan perbedaan atau keunikan yang dimiliki perusahaan disbanding dengan pesaingnya untuk menarik minat beli konsumen. Menarik minat konsumen tidak selalu dengan memberikan promosi, potongan harga, doorprize. Tapi juga bisa menarik minat konsumen dengan memberikan atmosphere yang menyenangkan bagi konsumen. Untuk dapat menciptakan atmosphere yang menyenangkan, maka perlu dilakukan store atmosphere yang baik.
    Menurut Lovelock & Wright dalam Djudiyah (2013:28) kepuasan konsumen merupakan hasil perbandingan antara jasa yang dirasakan konsumen dengan jasa yang diharapkan konsumen. Jika konsumen merasa bahwa jasa actual yang diberikan lebih baik dari harapannya, mereka akan bahagia, akan tetapi bila lebih rendah dari harapannya maka individu akan kurang puas.
    Store atmosphere merupakan penciptaan suasana toko melalui visual, penataan cahaya, music dan aroma yang dapat menciptakan lingkungan pembelian yang nyaman sehingga dapat mempengaruhi presepsi dan emosi konsumen untuk melakukan pembelian. Keputusan pembelian konsumen adalah seleksi terhadap dua pilihan atau lebih. Dengan perkataan lain, pilihan alternative harus tersedia bagi seseorang ketika mengambil keputusan.
    Sutisna (2005) store atmosphere adalah “penataan ruang dalam (instore) dan ruang luar (outstore) yang dapat menciptakan kenyamanan bagi pelanggan.” Store atmosphere tidak hanya dapat memberikan suasana lingkungan pembelian yang menyenangkan saja, tetapi juga dapat memberikan nilai tambah terhadap produk yang dijual. Selain itu, store atmosphere juga dapat menciptakan citra khusus bagi suatu toko tertentu. Citra toko yang baik dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan untuk bertahan terhadap persaingan dalam membentuk pelanggan yang loyal.
    Hangout Café and Resto memiliki store atmosphere yang menggambarkan suasana seperti kafe yang gaul. Akan tetapi tempatnya pun didesain sedemikian rupa sehngga memberikan daya tarik tersendiri dan rasa nyaman, yang pada akhirnya akan merangsang konsumen unuk melakukan pembelian. Oleh karena itu, Store Atmosphere Hangout Café and Resto yang cuku menarik, membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian bagaimana pengaruh store atmosphere yang terdiri dari general interior, store layout, dan interior display mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

    Komentar oleh Wahyu Sella Tri Ningtias | Desember 11, 2015 | Balas

  47. NAMA : TOGARI SITOMPUL
    NIM :RRC1B013048
    PRODI :MANAJEMEN (pemasaran)NON REGULER
    KELAS :M5B

    “ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI MEDIA ONLINE SHOP TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA TEMPHOYAC JAMBI”
    Seiring kemajuan persaingan didalam dunia usaha, semakin terasa pula dunia era globalisasi pada saat ini, khususnya dalam lingkungan dunia usaha atau bisnis. Era globalisasi pada saat ini menuntut setiap manusia untuk berusaha, baik dalam kegiatan perekonomian atau kegiatan yang dapat menghasilkan sebuah karya yang saat ini memerlukan usaha yang serius dalam mendapatkan tempat pada masing- masing pasarnya.

    Dalam usaha mendapatkan bagian pasar, diperlukan strategi-strategi pemasaran, sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya. Dalam mencapai tujuan, diperlukan usaha untuk memaksimalkan semua peluang yang ada menjadi hal yang menguntungkan bagi perusahaan. Pemasaran merupakan proses yang menentukan

    perusahaan dalam memproduksi barang atau jasa yang menarik bagi konsumen dan strategi yang digunakan dalam penjualan adalah komunikasi yang menarik baik berupa promosi dalam pengembanganperusahaan (Temphoyac) harus berusaha mempengaruhi konsumen untuk menciptakan permintaan terhadap produk, kemudian dipelihara dan dikembangkan. Usaha tersebut salah satunya dapat dilakukan melalui kegiatan promosi yang merupakan salah satu unsur dari bauran pemasaran. Selain itu, dengan menggunakan promosi yang tepat, ketenaran merek (brand) yang selama ini telah diraih dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

    Temphoyac harus cepat tanggap dalam merumuskan strategi baru yang dapat membuat usaha ini memperoleh peningkatan bagian dari pangsa pasar dan bertahan dalam industri. Perusahaan pun senantiasa memperbaiki produk jasanya agar memiliki keunggulan dibanding pesaingnya. Strategi promosi online yang baik akan menunjang kemampuan untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas dari pelanggan lama.
    usaha.

    Komentar oleh Togari Sitompul | Desember 13, 2015 | Balas

  48. NAMA : TOGARI SITOMPUL
    NIM :RRC1B013048
    PRODI :MANAJEMEN (pemasaran)NON REGULER
    KELAS :M5B
    “ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI MEDIA ONLINE SHOP TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA TEMPHOYAC JAMBI”
    Seiring kemajuan persaingan didalam dunia usaha, semakin terasa pula dunia era globalisasi pada saat ini, khususnya dalam lingkungan dunia usaha atau bisnis. Era globalisasi pada saat ini menuntut setiap manusia untuk berusaha, baik dalam kegiatan perekonomian atau kegiatan yang dapat menghasilkan sebuah karya yang saat ini memerlukan usaha yang serius dalam mendapatkan tempat pada masing- masing pasarnya.
    Dalam usaha mendapatkan bagian pasar, diperlukan strategi-strategi pemasaran, sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya. Dalam mencapai tujuan, diperlukan usaha untuk memaksimalkan semua peluang yang ada menjadi hal yang menguntungkan bagi perusahaan. Pemasaran merupakan proses yang menentukan

    perusahaan dalam memproduksi barang atau jasa yang menarik bagi konsumen dan strategi yang digunakan dalam penjualan adalah komunikasi yang menarik baik berupa promosi dalam pengembanganperusahaan (Temphoyac) harus berusaha mempengaruhi konsumen untuk menciptakan permintaan terhadap produk, kemudian dipelihara dan dikembangkan. Usaha tersebut salah satunya dapat dilakukan melalui kegiatan promosi yang merupakan salah satu unsur dari bauran pemasaran. Selain itu, dengan menggunakan promosi yang tepat, ketenaran merek (brand) yang selama ini telah diraih dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

    Temphoyac harus cepat tanggap dalam merumuskan strategi baru yang dapat membuat usaha ini memperoleh peningkatan bagian dari pangsa pasar dan bertahan dalam industri. Perusahaan pun senantiasa memperbaiki produk jasanya agar memiliki keunggulan dibanding pesaingnya. Strategi promosi online yang baik akan menunjang kemampuan untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas dari pelanggan lama.
    usaha.

    Komentar oleh Togari Sitompul | Desember 13, 2015 | Balas

  49. NAMA : TOGARI SITOMPUL
    NIM :RRC1B013048
    PRODI :MANAJEMEN (pemasaran)NON REGULER
    KELAS :M5B
    “ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI MEDIA ONLINE SHOP TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA TEMPHOYAC JAMBI”
    Seiring kemajuan persaingan didalam dunia usaha, semakin terasa pula dunia era globalisasi pada saat ini, khususnya dalam lingkungan dunia usaha atau bisnis. Era globalisasi pada saat ini menuntut setiap manusia untuk berusaha, baik dalam kegiatan perekonomian atau kegiatan yang dapat menghasilkan sebuah karya yang saat ini memerlukan usaha yang serius dalam mendapatkan tempat pada masing- masing pasarnya.
    Dalam usaha mendapatkan bagian pasar, diperlukan strategi-strategi pemasaran, sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya. Dalam mencapai tujuan, diperlukan usaha untuk memaksimalkan semua peluang yang ada menjadi hal yang menguntungkan bagi perusahaan. Pemasaran merupakan proses yang menentukan

    perusahaan dalam memproduksi barang atau jasa yang menarik bagi konsumen dan strategi yang digunakan dalam penjualan adalah komunikasi yang menarik baik berupa promosi dalam pengembanganperusahaan (Temphoyac) harus berusaha mempengaruhi konsumen untuk menciptakan permintaan terhadap produk, kemudian dipelihara dan dikembangkan. Usaha tersebut salah satunya dapat dilakukan melalui kegiatan promosi yang merupakan salah satu unsur dari bauran pemasaran. Selain itu, dengan menggunakan promosi yang tepat, ketenaran merek (brand) yang selama ini telah diraih dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

    Temphoyac harus cepat tanggap dalam merumuskan strategi baru yang dapat membuat usaha ini memperoleh peningkatan bagian dari pangsa pasar dan bertahan dalam industri. Perusahaan pun senantiasa memperbaiki produk jasanya agar memiliki keunggulan dibanding pesaingnya. Strategi promosi online yang baik akan menunjang kemampuan untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas dari pelanggan lama.
    usaha.

    Komentar oleh Togari Sitompul | Desember 13, 2015 | Balas

  50. NAMA : TOGARI SITOMPUL
    NIM :RRC1B013048
    PRODI :MANAJEMEN (pemasaran)NON REGULER
    KELAS :M5B
    “ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI MEDIA ONLINE SHOP TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA TEMPHOYAC JAMBI”
    Seiring kemajuan persaingan didalam dunia usaha, semakin terasa pula dunia era globalisasi pada saat ini, khususnya dalam lingkungan dunia usaha atau bisnis. Era globalisasi pada saat ini menuntut setiap manusia untuk berusaha, baik dalam kegiatan perekonomian atau kegiatan yang dapat menghasilkan sebuah karya yang saat ini memerlukan usaha yang serius dalam mendapatkan tempat pada masing- masing pasarnya.
    Dalam usaha mendapatkan bagian pasar, diperlukan strategi-strategi pemasaran, sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya. Dalam mencapai tujuan, diperlukan usaha untuk memaksimalkan semua peluang yang ada menjadi hal yang menguntungkan bagi perusahaan. Pemasaran merupakan proses yang menentukan

    perusahaan dalam memproduksi barang atau jasa yang menarik bagi konsumen dan strategi yang digunakan dalam penjualan adalah komunikasi yang menarik baik berupa promosi dalam pengembanganperusahaan (Temphoyac) harus berusaha mempengaruhi konsumen untuk menciptakan permintaan terhadap produk, kemudian dipelihara dan dikembangkan. Usaha tersebut salah satunya dapat dilakukan melalui kegiatan promosi yang merupakan salah satu unsur dari bauran pemasaran. Selain itu, dengan menggunakan promosi yang tepat, ketenaran merek (brand) yang selama ini telah diraih dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

    Temphoyac harus cepat tanggap dalam merumuskan strategi baru yang dapat membuat usaha ini memperoleh peningkatan bagian dari pangsa pasar dan bertahan dalam industri. Perusahaan pun senantiasa memperbaiki produk jasanya agar memiliki keunggulan dibanding pesaingnya. Strategi promosi online yang baik akan menunjang kemampuan untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas dari pelanggan lama.

    Komentar oleh Togari Sitompul | Desember 13, 2015 | Balas

  51. NAMA: SAPARUDDIN
    NIM: RRC1B013040
    TUGAS: RINGKASAN PROPOSAL TENTATIF
    PENGARUH COMMUNITY MARKETING TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA KAWASAKI NINJA
    Pengaruh Community Marketing terhadap Loyalitas Merek pada Kawasaki Ninja Para produsen mengetahui dan mengerti bahwa membangun loyalitas konsumen tidak mudah, tidak cukup dengan menonjolkan manfaat produk saja. Salah satu aspek yang cukup penting dalam mengembangkan loyalitas konsumen adalah dengan membangun jejaring sosial antara konsumen dengan perusahaan. Di era pasar modern seperti yang terjadi saat ini, community marketing telah menjadi sesuatu pertimbangan yang penting dalam hal memasarkan suatu produk. Keberadaan komunitas telah dianggap penting oleh perusahaan karena dengan adanya komunitas, masyarakat menjadi lebih tahu mengenai produk mereka dan dapat membangun loyalitas antar anggota di komunitas yang bersangkutan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh community marketing terhadap loyalitas merek pada Kawasaki Ninja serta menganalisis tingkat loyalitas konsumen pada Kawasaki Ninja. Penelitian ini mengambil 20 responden dan menggunakan metode Judgmental Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Corrected Item Total Corelation dan Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak ada pengaruh yang signifikan community marketing terhadap loyalitas merek. 2) konsumen Kawasaki Ninja tergolong dalam kategori committed buyer.

    Komentar oleh saparudin | Desember 15, 2015 | Balas

  52. Nama : Samuel Dianta Sembiring
    NIM : C1B013107 (MGT G 2013)
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif
    “ANALISIS PENGARUH MEDIA IKLAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI TEH SIAP MINUM DALAM KEMASAN MEREK TEH GELAS”.

    Persaingan bisnis dalam era globalisasi semakin dinamis, komplek dan serta tidak pasti menyediakan peluang tetapi juga tantangan. Setiap perusahaan dalam industri ini berusaha untuk menarik perhatian (calon) konsumen melalui pemberian informasi tentang produk. Promosi merupakan salah satu media yang efektif sebagai salah satu sumber informasi yang diperlukan konsumen untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu produk. Melalui media promosi, perusahaan dapat menciptakan hubungan interaksi jangka panjang dan jangka pendek yang menguntungkan antara perusahaan dengan konsumen dalam memperkenalkan dan memasarkan produk dan hasilnya. Periklanan adalah segala bentuk penyajian dan promosi ide, barang, atau jasa secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran (Kotler, 2000). Iklan hanyalah salah satu contoh untuk mengenalkan produk atau jasa yang ingin dipasarkan kepada pasar sasaran. Namun iklan sangat berperan penting dalam dunia pemasaran.
    Dalam hal pengambilan keputusan membeli teh siap minum dalam kemasan sangat banyak faktor yang mempengaruhi konsumen, baik itu selera, kualitas produk, harga atau bahkan promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Promosi merupakan suatu hal yang penting yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk menarik perhatian, menimbulkan interest, menimbulkan minat untuk membeli dan akhirnya adanya tindakan dari konsumen.
    Salah satu produk teh siap minum dalam kemasan yaitu teh gelas yang merupakan salah satu produk minuman yang dikeluarkan oleh brand OT yang telah dikenal oleh masyarakat banyak melalui promosi dan salah satunya adalah periklanan. Sehingga penulis tertarik untuk mengetahui pengaruh media iklan terhadap pengambilan keputusan membeli teh siap minum dalam kemasan merek teh gelas.

    Komentar oleh Samuel Dianta Sembiring | Desember 16, 2015 | Balas

  53. selamat malam pak johanes,,,
    Nama : Diyan maya Sari
    Nim : ERC1B012090
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif
    Kelas : Manajemen genap

    Analisis keputusan pembelian dan penilaian konsumen Terhadap restoran vegetarian ”cempaka vegetarian” jambi.

    PENDAHULUAN

    1.1 Latar Belakang
    Pola dan gaya hidup (lifestyle) masyarakat Indonesia khususnya di wilayah perkotaan cenderung mengalami perubahan yang cukup signifikan terkait perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan serta teknologi. Salah satu hal yang dapat kita lihat adalah perubahan pola konsumsi masyarakat yang sejalan dengan peningkatan kebutuhan terhadap makanan yang berkualitas.
    Pergeseran pola konsumsi makanan tradisional ke makanan modern dalam era globalisasi saat ini disebabkan oleh beberapa hal seperti: (1) peningkatan pendapatan, (2) perubahan gaya hidup, dan (3) mobilitas yang tinggi di perkotaan, sehingga konsumen cenderung lebih memilih makanan modern. Hal ini disebabkan karena makanan modern dengan segala fasilitas terbaru dapat
    memberikan kepuasan atau alasan tersendiri dalam mengkonsumsinya (Sumarwan, 2002).
    Peningkatan pendapatan masyarakat Indonesia tentunya mendukung daya beli terhadap barang dan jasa, salah satunya ialah kelompok produk berupa makanan. Permintaan yang tinggi terhadap produk berupa makanan ini tentunya memberikan celah bagi bisnis makanan yang memiliki prospek cerah sebagai salah satu usaha menjanjikan dari segi ekonomi. Hal inilah yang pada akhirnya
    mendorong banyak pengusaha memilih fokus berinvestasi untuk menggeluti serta mengembangkan bisnis tersebut (Kombong, 2007).
    Restoran merupakan salah satu industri jasa boga yang mengalami perkembangan cukup pesat di Kota Jambi. Tren peningkatan ini berujung pada tingkat persaingan bisnis restoran yang juga semakin tinggi. Atmodjo (1995) menyatakan bahwa usaha restoran semakin berkembang karena beberapa alasan yaitu:
    1. Potensi pasar yang besar dan selalu bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk.
    2. Alat-alat perhidangan makanan, sistem kontrol serta pertolongan fisik yang telah berkembang sehingga membuat bisnis restoran semakin mudah, lancar dan menguntungkan.
    3. Meningkatnya tempat rekreasi yang mengakibatkan keadaan tertentu yang menambah alasan untuk makan di luar sehingga pasar pelayanan makanan akan semakin besar pula. Perkembangan jumlah restoran di Kota Jambi membawa dampak positif khususnya dalam bidang perekonomian. Semakin bertambahnya jumlah restoran akan mampu memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah. Restoran Vegetarian “Cempaka Vegetarian” merupakan salah satu restoran modern yang menyediakan berbagai jenis menu vegetarian yang berlokasi di Jl. Jl. Prof. H. M. O. Bafadhal No. 3 –A, Rt. 10/03, Kel. Sungai Asam, Kec. Ps. JambiTlp. 0741 20611 . Restoran ini adalah mitra dari Indonesia Vegetarian Society (IVS) yang merupakan lembaga vegetarian berjumlah 46 anggota di seluruh Indonesia dengan misi meningkatkan kualitas kehidupan manusia beserta lingkungan hidupnya sejalan dengan waktu. Gaya hidup masyarakat yang mulai beralih dari mengkonsumsi daging ke makanan vegetarian merupakan alasan lain
    restoran ini menapaki serta mengembangkan usaha tersebut. Hal ini didukung fakta bahwa ternyata hingga tahun 2001 jumlah penduduk vegetarian murni di seluruh dunia mencapai angka 17,4 juta orang. Jumlah tersebut bahkan meningkat menjadi 96,5 juta orang apabila di dalamnya termasuk juga penduduk vegetarian yang mengkombinasikan menunya dengan daging dan telur. Penduduk vegetarian di Indonesia sendiri secara keseluruhan pada tahun 2001 jumlahnya mencapai angka 2,7 juta orang dengan rata-rata pertumbuhan sebesar satu persen per tahun.Restoran Vegetarian “Cempaka Vegetarian” menyajikan berbagai menu vegetarian yang terbuat dari bahan-bahan berupa sayuran.
    vegetarian yang tidak mengandung bahan berupa daging, tetapi berupa sayuran yang penampakannya persis seperti menu umumnya yang terbuat dari daging.
    Beberapa restoran lain di Kota Jambi cenderung menyajikan makanan yang merupakan kombinasi sayuran dengan bahan makanan lain berupa daging. Hal ini dapat menjadi pesaing bagi Restoran Vegetarian “Cempaka Vegetarian” untuk mencapai misi mereka, serta menarik perhatian konsumen mengingat banyak restoran lain yang lokasinya berdekatan.

    Perumusan Masalah
    Pada tahun 2009 Restoran Vegetarian “Cempaka Baru” mengalami penurunan jumlah pengunjung sampai dengan 14 persen dibandingkan tahun 2010 Jumlah pengunjung pada tahun 2009 mencapai sebanyak 1000 orang sedangkan pada tahun 2010 jumlahnya menurun menjadi 850 orang. Angka ini
    masih jauh dari target awal yaitu sebesar 3500 orang per tahun. Hal ini tentunya berdampak besar terhadap jumlah pendapatan yang mengalami penurunan cukup signifikan. Kondisi ini tentunya harus dengan segera disikapi antara lain melalui berbagai pemahaman terhadap perilaku konsumen.
    Restoran Vegetarian “Cempaka vegetarian” dapat dikatakan berada dalam lingkungan yang cukup kompetitif. Hal ini dapat dilihat dari menjamurnya berbagai jenis restoran yang ada di sekitar lokasi restoran ini dengan menawarkan berbagai konsep dalam rangka merebut dan mempertahankan pasar. Persaingan yang tinggi dalam bisnis restoran mendorong pihak manajemen restoran berusaha memenuhi beragamnya pola konsumsi masyarakat dan merebut pangsa pasar sehingga dapat mempertahankan eksistensi mereka. Restoran Vegetarian “Cempaka Vegetarian” tentunya harus berusaha menyajikan makanan vegetarian yang berkualitas serta menunjukkan manfaat penting mengkonsumsi jenis makanan ini terutama dari aspek kesehatannya. Restoran vegetarian harus
    mampu mempertahankan berbagai faktor yang mempengaruhi konsumen, baik dari segi harga, rasa/aroma maupun kebersihan lingkungan. Animo masyarakat dalam mengkonsumsi makanan vegetarian yang mulai menunjukkan perkembangan positif merupakan salah satu faktor yang menunjukkan bahwa restoran vegetarian memiliki prospek yang baik kedepannya di Kota Jambi.
    Kotler (2003) mengatakan bahwa tiap-tiap perusahaan dan tawaran harus memperlihatkan gagasan besar yang khas ke dalam pikiran pasar sasaran; dan tiap-tiap perusahaan harus memimpikan fitur baru, layanan dan jaminan baru, hadiah khusus untuk para pengguna yang setia, serta kenyamanan dan kenikmatan baru. Para pesaing lebih cepat daripada sebelumnya dalam meniru ide yang bagus; karena itu perusahaan senantiasa perlu memikirkan fitur dan manfaat baru yang mampu memberi nilai tambah dalam rangka mendapatkan perhatian dan minat para konsumen yang kaya pilihan dan peka terhadap harga.Penelitian mengenai perilaku konsumen berguna bagi pihak manajemen
    dalam menentukan segmen pasar, menciptakan produk-produk baru yang sesuai dengan selera konsumen, serta mempertahankan bahkan meningkatkan pelayanan demi kepuasan konsumen. Hal ini akan sangat membantu pihak manajemen
    Berdasarkan uraian di atas, maka masalah yang dapat diangkat pada
    penelitian ini adalah:
    1. Bagaimana karakteristik dan proses keputusan pembelian konsumen Restoran
    Vegetarian “Cempaka Vegetarian”?.
    2. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan
    pembelian oleh konsumen Restoran Vegetarian “Cempaka Vegetarian”?.
    3. Bagaimana perumusan strategi pemasaran berdasarkan penilaian konsumen?.

    Tujuan Penelitian
    Berdasarkan perumusan masalah yang telah diuraikan di atas, maka tujuan
    penelitian ini adalah sebagai berikut:
    1. Mengidentifikasi karakteristik dan proses keputusan pembelian konsumen
    Restoran Vegetarian “Cempaka Vegetarian”.
    2. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengambilan
    keputusan pembelian oleh konsumen Restoran Vegetarian “Cempaka Vegetarian”.
    3. Merumuskan strategi pemasaran berdasarkan penilaian konsumen.

    Manfaat Penelitian
    Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi Restoran “Cempaka Vegetarian”
    sebagai sumber informasi untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen sehingga dapat disusun suatu strategi pemasaran yang tepat. Selain itu sebagai sarana melatih diri bagi penulis dalam memahami konsep perilaku konsumen di lapangan serta rekan-rekan mahasiswa lainnya sebagai bahan literatur dan referensi untuk penelitian selanjutnya.

    II. TINJAUAN PUSTAKA
    Definisi dan Jenis Restoran
    Restoran adalah salah satu jenis usaha jasa pangan yang bertempat di sebagian atau seluruh bangunan yang permanen, dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan, penyajian serta penjualan makanan dan minuman bagi umum di tempat usahanya (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, 2006). Restoran memiliki beberapa jenis atau bentuk. Menurut Torsina (2000), ada sepuluh jenis restoran orisinil yang ada di luar hotel, yaitu:
    1. Family Conventional
    Restoran tradisi untuk keluarga. Mengutamakan masakan enak, suasana, dan harga bersahabat. Biasanya pelayanan dan dekorasinya biasa-biasa saja.
    2. Fast Food
    Eat-In (makan di restoran) dan take Eat-In (makan di restoran) dan take out (dibungkus untuk dibawa pulang).
    3. Cafetaria
    Biasanya di dalam gedung-gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan, sekolah atau pabrik-pabrik.
    4. Gourmet
    Ini adalah restoran yang berkelas. Memerlukan suasana yang sangat nyaman dengan dekor yang artistik.
    5. Etnik
    Menyajikan masakan dari daerah (suku atau negara) yang spesifik misalnya: Jawa Timur, Manado, India dan Cina. Dekorasi tentu disesuaikan dengan etnik yang bersangkutan, bahkan pakaian seragam dari para pekerjanya juga bernuansa etnik.
    6. Buffet
    Biasanya swalayan, tetapi untuk wine, liquor atau bir bisa dilayani khusus. Ciri utama adalah berlakunya satu harga untuk makan sepuasnya apa yang disajikan pada buffet.
    7. Coffee Shop
    Coffee shop ditandai dengan cepatnya pelayanan makanan dan pergantian tempat duduk.
    8. Snack Bar
    Ruangan biasanya lebih kecil dan cukup untuk melayani orang-orang yang ingin makanan kecil/jajan, tetapi bisa memperoleh volume penjualan yang lumayan karena waktu makan ditambah dengan pesanan take out.
    9. Drive In / Thru or Parking
    Para pembeli yang memakai mobil tidak perlu turun dari mobilnya. Pesanan diantar hingga ke mobil untuk “eat in “ (sementara parkir) atau “take away”. Jenis makanan harus bisa dikemas secara praktis. Lokasi tentu harus sesuai untuk parkir mobil / motor.
    10. Specialty Restaurant
    Merupakan jenis restoran yang terletak jauh dari keramaian, tetapi menyajikan masakan khas menarik dan berkualitas serta ditujukan kepada turis atau orang-orang yang ingin mentraktir teman atau keluarganya dalam suasana yang lain dari pada yang lain.
    Restoran Vegetarian “Cempaka Vegetarian” merupakan perpaduan jenis restoran Family Conventional dan Gourmet dimana selain sebagai restoran keluarga yang mengutamakan cita rasa makanan juga mengedepankan suasana yang nyaman bergaya klasik oriental dengan standar penyajian bergengsi.

    2.2 Tinjauan Penelitian Terdahulu
    2.2.1 Penelitian Terdahulu Mengenai Perilaku Konsumen
    Parmana (2003) melakukan penelitian mengenai Analisis Keputusan Pembelian dan Sikap Konsumen Terhadap MER Furniture Center. Tujuan penelitian ini untuk menguraikan karakteristik umum konsumen dan tahapan proses keputusan pembelian produk serta menganalisis faktor-faktor yang
    dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian produk. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen dan memberikan rekomendasi strategi pemasaran.
    mempertahankan harga jual produk agar dapat tetap stabil serta memberikan potongan harga pada situasi tertentu.

    2.2.2 Penelitian Terdahulu Mengenai Analisis Faktor
    Soumokil (2005) menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap
    proses pengambilan keputusan mengunjungi Kafe Corica. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik umum konsumen, menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian serta menganalisis tingkat kinerja Corica berdasarkan kepentingan atau harapan konsumen.

    Daftar Pustaka
    DAFTAR PUSTAKA
    Atmodjo, M.W. 1995. Restaurant dan Segala Permasalahannya. Andi. Yogyakarta.
    Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. 2006. Hotel dan Akomodasi Pariwisata jambi.
    Engel, J. F., R. D. Blackwell dan P. W. Miniard. 1994. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid 1. Binarupa Aksara. Jakarta.
    . 1995. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid 2. Binarupa Aksara. Jakarta.
    Hanafy, E. 2007. Analisis Keputusan Pembelian dan Positioning Produk Ayam Panggang dan Steak di Hawkins, D. I., R. J. Best dan K. A. Coney. 1992. Consumer Behavior: Implications for Marketing Strategy. 5th Edition. Irwin Hornewood, Boston. USA.
    Irawan, H. 2003. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Gramedia. Jakarta.

    Komentar oleh dyan maya sari | Desember 17, 2015 | Balas

  54. Nama : Mira Rahayu
    NIM : ERC1B011090
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif
    Fakultas : Ekonomi dan Bisnis
    Jurusan : Manajemen (Reguler Mandiri)

    “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA BIMBINGAN BELAJA
    PRIMAGAMA QUANTUM KIDS CABANG KONI JAMBI”

    Perusahaan perlu mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam persaingan hal ini akan sangat membantu dalam mengenali diri, serta memanfaatkan setiap peluang yang ada dan menghindari atau meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Perubahan-perubahan pola pendidikan yang begitu cepat, silih berganti serta globalisasi di segala bidang termasuk bidang pendidikan, memunculkan banyak lembaga-lembaga bimbingan belajar bermunculan sehingga persaingan yang sangat ketat di bidang bisnis jasa pendidikan.Lembaga bimbingan belajar Primagama, yang mempunyai visi dan misi menjadi institusi pendidikan luar sekolah yang terkemuka, terunggul dan terbesar di Indonesia, merasakan dampak akibat banyaknya lembaga pendidikan yang bermunculan.
    Lembaga bimbel Primagama Quantum Kids yang telah berhasil merubah paradigma Matematika bagi anak-anak Sekolah Dasar yang menganggap Matematika sulit dan ditakuti oleh anak-anak menjadi subjek yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak-anak dengan menanamkan konsep Matematika otak kanan yang benar dan trik berhitung yang mudah dipahami serta dilakukan sejak dini, sejak anak masih berada di Sekolah Dasar dan anak harus diyakinkan bahwa mereka sebenarnya pandai. Akan tetapi seiring berkembangnya persaingan membuat semakin menjamurnya bisnis di bidang jasa seperti bimbingan belajar menimbulkan banyak sekali pilihan yang ditawarkan oleh berbagai lembaga bimbel yang menjadi suatu keharusan bagi bimbel Primagama Quantum Kids untuk bisa meningkatkan kualitas dan daya saing. Walaupun bernaung dibawah nama Primagama yang sudah 30 tahun menjadi barometer pendidikan ekstra sekolah tidak bisa sepenuhnya menjamin keberlangsungan bimbel ini jika tidak dibarengi dengan strategi-strategi yang inovatif, kreatif dan edukatif.
    1. Jenis Data
    Adapun jenis dan sumber data yang digunakan dalam penulisan proposal skripsi ini antara lain sebagai berikut:
    a. Data kuantitatif
    Adalah data yang dapat dihitung atau data yang berupa angka- angka meliputi jumlah siswa dan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh bimbel ini dalam beberapa tahun.
    b. Data kualitatif,
    Adalah data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak-pihak yang berkepentingan berupa data lisan dengan penjelasanmengenai pembahasan.
    2. Sumber Data
    Untuk menunjang kelengkapan pembahasan dalam penulisan proposalini, penulis memperoleh data yang bersumber dari :
    a. Data primer
    Data primer adalah merupakan data yang diperoleh secara langsung dari perusahaan berupa hasil pengamatan setempat dan perolehan dokumen perusahaan serta wawancara langsung pada pimpinan perusahaan maupun pada karyawan yang bersangkutan.
    b. Data sekunder
    Data sekunder adalah merupakan data yang tidak langsung yang diperoleh dari dokumen-dokumen.Dalam hal ini bersumber dari penelitian yang meliputi buku-buku bacaan yang berkaitan dengan judul penelitian dan data-data yang terkumpul.
    3. Metode Analisis Data
    Proses penyusunan perencanaan strategis melalui dua tahap analisis,yaitu:
    a. Tahap pengumpulan data (evaluasi faktor eksternal dan internal)
    b. Tahap analisis (Matriks SWOT, Matriks Internal Eksternal)
    4. Tahap pengambilan keputusan
    Tahap pengumpulan data adalah tahap yang pada dasarnya tidak hanya sekedar kegiatan pengumpulan data tetapi juga merupakan suatu kegiatanpengklasifikasian dan pra analisis dimana tahapini data dibagi menjadi dua bagian yaitu data internal dan data eksternal. Tahap analisis adalah setelah mengumpulkan semua informasi yangberpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan, tahap selanjutnya adalahmemanfaatkan semua informasi tersebutdalam model-model kuantitatif perumusan strategi, yaitu Matrik TOWSatau Matrik SWOT dan Matrik Internal Eksternal kemudian dari hasil yang ada maka ditentukan pengambilan keputusan yang tepat. Sebuah penelitian yang menunjukan bahwa kinerja penjualan perusahaan hasil dari strategi pemasaran perusahaan dapat ditentukan oleh kombinasi faktor internal dan eksternal. Kedua faktor tersebut harus dipertimbangkan dalamanalisis SWOT. Analisis SWOT membandingkan antara faktor internal dan ekternal.
    5. Definisi Operasional Variabel
    Untuk mengidentifikasikan teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini, maka definisi operasional yang dikemukakan adalah :
    1. Pemasaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan memasarkan suatu produk barang atau jasa antara produsen dan konsumen.
    2. Strategi pemasaran adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran yang memberikan paduan tentang kegiatan yang akandijalankan untuk mencapai tujuan pemasaran.
    3. SWOT (Strengths, Weaknesess, Opportunities, dan Threaths) adalah pendekatananalisis untuk menentukan formulasi strategi pemasaran perusahaan di masa mendatang.
    a. Strength (Kekuatan) adalah faktor-faktor internal perusahaan yang mendukung atau mempunyai keunggulan untuk pencapaian perkembangan pasaran.
    b. Weaknesess (Kelemahan) adalah faktor-faktor internal perusahaan yang menghambat atau membatasi perkembangan.
    c. Opportunities (Peluang) adalah faktor-faktor di luar lingkungan perusahaan yang menguntungkan dalam perkembangan.
    d.Threaths (Ancaman) adalah faktor-faktor di luar lingkungan perusahaan yang merupakan ancaman bagi perusahaan sehingga menghambat perkembangan.

    Komentar oleh Mira Rahayu | Desember 23, 2015 | Balas

  55. selamat malam pak jo. maafkan saya atas keterlambatan membalas komentar bapak. terima kasih pak atas komentarnya, setelah saya mengkaji ulang ringkasan proposal tentatif , maka saya memutuskan memilih satu produk yang akan saya teliti yaitu celana katun.

    Nama : Mita Fitria
    Nim : C1B013101
    Kelas : Manajemen G-13
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif
    Mata Kuliah : Metode Penelitian

    Judul : Pengaruh Pemakaian Hashtag di Instagram dalam Mempromosikan dan memasarkan celana katun

    Sosial media adalah portal atau sarana pergaulan sosial secara online yang terhubung melalui koneksi internet. Sosial media mempunyai fitur-fitur yang menarik di antaranya website, jejaring sosial, wiki, blog dan masih banyak lagi. Pada zaman sekarang dari yang kecil hingga orang dewasa menggunakan sosial media. terutama facebook, twitter dan yang populer belakangan ini adalah Instagram. Instagram merupakan tempat sharing, like, dan berkomentar pada foto. selain dijadikan tempat sharing , Instagram juga merupakan salah satu alat mempromosikan dan memasarkan suatu produk. biasanya yang menggunakan instagram sebagai alat pemasaran adalah toko-toko online. Dalam setiap postingan foto produk yang di pasarkan di dalam instagram selalu ditambahkan dengan komentar atau hashtag. Hashtag adalah sebuah kata atau sekelompok kata setelah tanda pagar. Hashtag di gunakan untuk memudahkan pengguna menemukan produk yang di cari, biasanya kata yang menggunakan hashtag otomatis akan di kelompokkan pada suatu tema yang sama. Misalnya “#celanakatun”, maka jika para pengguna instagram menulis “celanakatun” otomatis akan keluar akun-akun instagram yang menggunakan kata-kata celana katun sebagai sarana mempromosikan dan memasarkan produknya. Jadi bisa dikatakan hashtag merupakan sebuah kata kunci. Dan kenapa saya memilih celana katun yang menjadi objek dari penelitian ini, karena beberapa tahun belakang celana katun menjadi salah satu celana favorit yang digemari oleh para wanita mulai dari kaum muda hingga orang dewasa. Celana ini bisa dipakai saat santai dan saat formal. Oleh sebab itu karena Sosial media, Instagram, Hashtag sangat populer pada zaman sekarang, maka saya tertarik untuk mencari tahu lebih detail tentang pengaruh hashtag pada celana katun terhadap permintaan konsumen. Untuk itu judul penelitian yang saya ambil adalah Pengaruh pemakaian Hashtag di Instagram dalam mempromosikan dan memasarkan celana katun.

    Komentar oleh Mitafitria (@mitafitria082) | Januari 1, 2016 | Balas

  56. BAB I
    PENDAHULUAN
    A. Latar Belakang Masalah
    Semakin cepatnya perubahan dan perkembangan teknologi dan informasi menyebabkan persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. Hal tersebut dapat dilihat dengan semakin maraknya muncul produk produk baru dengan inovasi yang cemerlang. Dunia bisnis yang semakin kompetitif ini ditanggapi oleh sejumlah industri maupun perusahaan yang sudah pada level global. Salah satunya adalah industri dalam bidang telekomunikasi. Era globalisasi menuntut setiap orang untuk dapat berpikiran maju dan bergerak cepat. Ilmu pengetahuan teknologi dan informasi serta komunikasi yang terus berkembang di kehidupan sehari-hari dimana ditandai dengan perubahan yang sangat cepat di segala bidang khususnya pada bidang teknologi informasi. Handphone (telepon genggam) merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi informasi yang sangat dekat dengan kehidupan manusia. Hampir setiap orang memiliki dan mengikuti perkembanga handphone tersebut. Handphone pertama kali ditemukan pada tahun 1973 yang berfungsi sebagai alat komunikasi dan terus berkembang hingga sekarang menjadi bukan sekedar alat komunikasi, tetapi juga memiliki fungsi seperti komputer. Perkembangan handphone saat ini sangat bervariasi, banyak perusahaan dan merek handphone yang memiliki keunggulan dan fitur tersendiri untuk memenangkan persaingan. Pada tahun 2010 tercatat lebih dari 30 merek handphone yang beredar, merek-merek tersebut antara lain Alcatel, Blackberry, BenQ, Dopon, Daxian, Gigabyte, HP, K-Touch, LG, Modottel, Mitac, Mito, Motorola, Nokia, Nexian, O2, Palm, Panasonic, Phillips, Samsung, Sanex, Siemens, Sony Ericsson, Wellcom, Ztec, dan lain-lain (Eva Junita E T, 2010: 1). Dengan banyaknya merek yang beredar dipasar, hal tersebut akan menjadi perhatian konsumen dan konsumen akan lebih selektif dalam memilih handphone. Banyaknya merek handphone yang beredar di Indonesia selain menjadikan konsumen lebih selektif dalam memilih handphone. Konsumen yang sangat selektif dalam memilih dan sering mengikuti perkembangan handphone biasanya adalah konsumen yang memiliki kemampuan ekonomi menengah keatas salah satunya ialah mahasiswa. Mahasiswa sering mengikuti perkembangan handphone dikarenakan berbagai macam faktor, antaralain adalah sebagai kebutuhan karena mempermudah dalam mencari referensi meteri kuliah, atau sebagai hiburan ketika waktu senggang karena handphone yang memiliki teknologi yang tinggi mampu memuat permainan yang bagus, bahkan sebagai gengsi karena jika memiliki handphone berteknologi tinggi dan mahal akan terlihat seperti orang kaya dan dapat meningkatkan kepercayaan diri. Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi terdapat banyak mahasiswa yang memiliki handphone dengan berbagai merek dan negara asal handphone tersebut. Penelitian ini dianggap menarik dan penting karena dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat diketahui apakah merek berpengaruh terhadap sikap konsumen dalam memilih produk handphone.

    B. Rumusan Masalah
    Dari penjelasan-penjelasan yang terdapat pada latar belakang masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah merek mempengaruhi sikap konsumen dalam memilih produk handphone?

    C. Tujuan Penelitian
    Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui adanya pengaruh merek terhadap sikap konsumen dalam memilih produk handphone.

    D. Manfaat Penelitian
    1. Manfaat Teoritis Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai sikap konsumen dalam memilih produk handphone, terutama yang berkaitan dengan merek
    2. Manfaat empiris
    a. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi penelitian, khususnya penelitian yang bersangkutan dengan sikap konsumen dalam memilih produk handphone.
    b. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi penelitian selanjutnya

    Komentar oleh Dodi Putra Sirait (@Dodi_Sirait) | Januari 4, 2016 | Balas

    • Nama : DODI PUTRA SIRAIT
      Nim : C1B013045
      Kelas : Manajemen reguler B 2013
      Judul :PENGARUH MEREK TERHADAP SIKAP KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK HANDPHONE DI UNIVERSITAS JAMBI

      Komentar oleh Dodi Putra Sirait (@Dodi_Sirait) | Januari 4, 2016 | Balas

  57. NAMA : MHD MARTIONO S
    NIM :RRC1B013030
    KELAS : REGULER MANDIRI (M5B)
    RINGKASAN PROSPOSAL TENTATIF UAS 2016

    JUDUL PROPOSAL TENTATIF
    PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA FACTORY FITNESS DI KOTA JAMBI

    Dalam perkembangan selanjutnya, fitness center menjadi salah satu usaha yang prospektif dan banyak diminati dalam dunia bisnis.Kualitas barang dan jasa pelayanan yang ditawarkan perusahaan menjadi tolak ukur keunggulan daya saing perusahaan tersebut. Apabila konsumen merasa puas terhadap barang/jasa yang ditawarkan serta pelayanan yang diberikan maka hal ini akan memberikan respon positif dan cenderung akan melakukan pengulangan.Factory Fitness adalah salah satu tempat fitness center yang ada di Kota Jambi.Gaya hidup berolahraga di Fitness Center yang menambah ke segmen menengah ke bawah, dimanfaatkan oleh “Factory Fitness”. Usaha dibidang jasa fitness menawarkan harga yang terjangkau untuk daya beli segmen masyarakatnya yaitu golongan menengah ke bawah.Adapun permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah jaminan keselamatan para pelanggan dalam menggunakan alat, karena di Factory Fitness para pelanggan tidak mengenakan sepatu/sejenisnya saat melakukan kegiatan olahraga.Selain itu, alat yang digunakan pun sudah terlalu lama yang dikhawatirkan akan berdampak pada kenyamanan para pelanggan itu sendiri. Jumlah peralatan yang kurang atau tidak sebanding dengan banyaknya pelanggan yang ada berdasarkan uraian tersebut di atas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan kualitas pelayanan dan selanjutnya sebagai judul proposal skripsi adalah “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Factory Fitness di Kota Jambi
    Manfaat penelitian Dapat Mengetahui kepuasan para pelanggan dan loyalitas pelanggan dalam menggunakan Jasa Fitness di Factoy Fitness di Kota Jambi

    Pengertian Pemasaran
    Menurut Philip Kotler (1992) pemasaran adalah proses social dan manajerial dengan mana seorang dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai.
    PengertianKeandalan
    Keandalan adalah kemampuan memberikan layanan yang dijanjikan dengan segera, akurat, dan memuaskan(Tjiptono,2006).
    Pengertian Daya Tanggap
    Daya tanggap adalah keinginan dan kesediaan para karyawan untuk membantu para pelanggan dan memberikan layanan dengan tanggap(Tjiptono,2006).
    Pengertian Jaminan
    Jaminan yaitu mencangkup pengetahuan, kompetensi, kesopanan, dan sifat dapat dipercaya yang dimiliki ara karyawan,bebas dari bahaya fisik, risiko atau keragu-raguan(Tjiptono,2006).

    Komentar oleh Mhd MartionoS | Januari 6, 2016 | Balas

  58. Nama : Dio Faidalen
    Nim : C1B013057
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif

    DAMPAK PENGGUNAAN IKLAN BERBASIS INTERNET TERHADAP PRESEPSI KEGUNAAN DAN KEPERCAYAAN

    Ringkasan

    Dalam era yang sudah sangat maju ini media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis. Penggunaan internet yang terus berkembang membuat semua industri terlibat dalam gelombang pembangunan. Ekonomi digital menyebar melintasi batas internasional, khususnya model bisnis antara penyedia jasa iklan berbasis internet dengan individu pembeli atau Business to Consumer (B2C) telah menunjukkan peningkatan yang mengejutkan. Iklan berbasis internet (electronic commerce) merupakan salah satu hal yang saat ini sangat berkembang di masyarakat. Iklan berbasis internet didefinisikan sebagai transaksi ekonomi saat pembeli dan penjual bersama-sama melalui media elektronik dari internet membentuk kontrak perjanjian mengenai harga dan pengiriman barang atau jasa tertentu dan menyelesaikan transaksi melalui pengiriman dan pembayaran barang atau jasa sesuai kontrak (Guay dan Ettwein, 1998; Zwass,1996).
    Iklan berbasis internet dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, system manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Industri teknologi informasi melihat kegiatan iklan berbasis internet ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (Supply Chain Management), elektronik pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange atau EDI), dan lain-lain (Wikipedia, 2012). Teknologi Iklan berbasis internet tentunya akan terus berkembang seiring perkembangan jaman.
    Perkembangan teknologi iklan berbasis internet sangat membantu konsumen dan produsen dalam berbisnis. Banyak pihak yang merasa diuntungkan dengan adanya teknologi iklan berbasis internet ini sehingga dengan e commerce target pasar yang akan dijangkau sangat luas bahkan sampai ke luar negeri sekalipun (Nur Rahman, 2009). Banyaknya manfaat yang didapatkan apabila seorang individu atau perusahaan tersebut melakukan iklan berbasis internet, seperti dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia dan dapat dengan mudah memasarkan barang dengan biaya yang lebih murah dalam pemasarannya. Apalagi, dengan berkembangnya sistem telekomunikasi dan komputerisasi saat ini, tentu sangat menunjang kelancaran proses iklan berbasis internet ini. Namun, pada kenyataannya fasilitas ini tidak sepenuhnya digunakan oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia masih menyukai untuk melakukan transaksi secara tradisional atau face to face. Banyak dari individu yang menganggap bahwa terlalu besar risiko yang ditimbulkan apabila melakukan iklan berbasis internet tersebut.
    Pihak yang menjalankan iklan berbasis internet ini sendiri perlu untuk menelaah ulang dan perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi minat individu untuk menggunakan transaksi secara elektronik ini sehingga pihak yang menjalankan iklan berbasis internet atau pihak perusahaan akan lebih mengerti faktor-faktor yang menjadi masalah dan memperbaiki sistem yang ada.

    Komentar oleh Dio Faidalen | Januari 11, 2016 | Balas

  59. Nama : NOVITA SARI
    Nim : C1B013064
    Tugas : Ringkasan Proposal Tentatif

    Pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian cat kuku inglot pada perempuan muslim di kota jambi

    Ringkasan.

    Selama setahun belakangan trend cat kuku halal tengah digemari. Cat kuku halal merupakan bagian dari salah satu trend fashion yang sulit dihindari oleh perempuan muslim. salah satu cat kuku halal yang banyak digemari yakni inglot merupakan cat kuku yang pertama berlebel halal. Semakin banyak yang yakin bahwa cat kuku inglot ini benar-benar bisa menyerap air wudhu, setelah seorang muslim Shaykh Mustafa Umar, Director of Education & Outreach di Islamic Institute of Orange County di California memberikan label ‘halal’. Penggunaan cat kuku bagi muslimah memang dilarang. Zat anti-air dalam cat kuku dianggap sebagai penghalang ketika mereka hendak melaksanakan salat lima waktu. Namun tak mungkin membersihkan cat kuku menjelang salat dan memakai lagi cat kuku itu setelahnya. Sehingga sebagian dari muslimah pun memakai cat kuku ketika sedang berhalangan, semisal saat haid atau datang bulan. Tak bisa dipungkiri klaim “wudu friendly” dari inglot dapat menarik minat para muslimah penggemar cat kuku. Label halal yang terdapat pada cat kuku inglot menjadi salah satu daya tarik mengapa kebanyakan para perempuan muslim memutuskan untuk membeli, menggunakan dan lebih mempercayai cat kuku inglot tersebut dibandingkan dengan cat kuku lain. Dengan adanya label halal yang tercantum pada kemasan cat kuku inglot maka secara langsung akan memberikan pengaruh bagi konsumen muslim untuk menggunakan produk tersebut. Munculnya rasa aman dan nyaman dalam penggunaan akan membuat seseorang melakukan keputusan pembelian.

    Komentar oleh novita sari | Januari 12, 2016 | Balas

  60. Nama : Siti Silvia LAtifah
    Nim : C1B013071
    Kelas : Manajemen reguler B 2013
    Judul : PENGARUH CITRA MEREK DAN SERVICESCAPE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA GERAI KOPI COFFEE TIME CABANG WTC JAMBI

    BAB I
    PENDAHULUAN
    1.1 Latar Belakang Penelitian
    Era globalisasi ini dunia usaha semakin berkembang pesat, dengan banyaknya usaha-usaha baru yang bermunculan, sehingga mendorong suatu usaha untuk dapat bersaing. Sejalan dengan itu, berkembang pula suatu trend dimana tempat makan, restoran tidak hanya dijadikan tempat makan saja, namun juga banyak dijadikan tempat berkumpul, ‘kongkow’, mengadakan pertemuan singkat hingga sebagai tempat nonton bersama.
    Seiring perkembangan zaman pula, gaya hidup masyarakat kota khususnya di Kota Jambi mengalami perubahan. Budaya minum kopi ternyata tidak lagi hanya disenangi oleh para laki-laki dewasa, namun sudah disengangi oleh semua kalangan dewasa maupun remaja. Kebiasaan minum kopi juga tidak hanya di rumah atau di warung kopi, kopi sudah bisa dinikmati di berbagai tempat, seperti cafe dan coffee shop. Bahkan, minum kopi atau hanya sekedar nongkrong di cafe-cafe menjadi anggapan kehidupan modern bagi beberapa kalangan.
    Semakin banyaknya usaha dibidang restoran dan kuliner yang baru bermunculan, maka pemilik usaha kuliner harus lebih menyadari bahwa semakin banyak dan semakin beragam pula pilihan bagi konsumen.
    Gerai kopi Coffee Time adalah gerai kopi yang berdiri di Jambi sejak tahun 2009. Menurut manajer Coffee Time WTC Batanghari Jambi, setiap harinya pengunjung Coffee Time berjumlah sekitar 50 hingga 100an orang dan mencapai dua kali lipatnya pada akhir pekan. Dari tahun berdirinya Coffee Time hingga saat ini, Coffee Time mempunyai citra tersendiri bagi para konsumen kopi di Kota Jambi. Tidak hanya itu, lokasi Coffee Time yaitu bertempat di salah satu pusat perbelanjaan bergengsi di Jambi, tepatnya di depan bioskop 21 Cinema. Coffee Time menjadi salah satu gerai kopi yang sangat dikenal di Jambi. Coffee Time juga bekerjasama dengan beberapa komunitas, memberikan promo khusus bagi member komunitas, sehingga pengunjung Coffee Time akan selalu ramai.
    Coffee Time WTC Batanghari Jambi juga sangat mengedepankan kenyamanan konsumen terbukti dari tempat yang nyaman, interior yang bagus, musik, adanya tv dinding, adanya wifi gratis bagi pengunjung, kebersihan tempat, kursi atau sofa yang empuk, hingga tulisan di dinding “if you can’t stay, take me away” hal-hal tersebut menjadi ketertarikan sendiri bagi pengunjung untuk betah mampir di Coffee Time. Selain itu juga pengaruh lokasi Coffee Time yang strategis yaitu di depan bioskop 21 Cinema Jambi. Di Coffee Time sendiri juga menerapkan standar untuk mempekerjakan seorang barista. Dibutuhkan barista yang handal untuk membuat dan mendesain kopi-kopi yang menarik.
    Dari uraian-uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengangkat judul penelitian “Pengaruh Citra Merek dan Servicescape terhadap keputusan pembelian konsumen pada gerai kopi Coffee Time Cabang WTC Jambi”

    Komentar oleh Siti Silvia Latifah | Januari 12, 2016 | Balas

  61. Nama : M. Rizky Mahaputra
    Nim : C1B013075
    Kelas : Manajemen reguler B 2013
    Judul : PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN DAN NILAI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK JAMBI

    BAB I
    PENDAHULUAN

    1.1 Latar Belakang

    Bank adalah suatu lembaga keuangan yang fungsi utamanya adalah mengumpulkan dan menyalurkan dana, pembiayaan, meningkatkan faedah atas dana masyarakat (dengan memindahkan dari pihak yang kelebihan dana yang mungkin kurang faedahnya kepada pihak yang membutuhkan). Pengertian bank menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan ke masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

    Pada kondisi lingkungan bisnis saat ini yang cenderung terus berubah disertai dengan tingkat persaingan yang semakin tajam, setiap organisasi perusahaan, apapun bentuk dan jenisnya, serta siapapun pemiliknya akan dihadapkan pada permasalahan yang sama, yaitu masalah bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan secara berkesinambungan pada situasi yang dihadapi. Dalam jangka panjang, masalah kelangsungan hidup perusahaan di tentukan oleh dua hal pokok, yaitu tingkat adaptabilitas dan kemampuan berkembang. Sedangkan dalam jangka pendek, kedua hal tersebut pada dasarnya akan ditentukan oelh tingkat profitabilitas yang dapat dicapai perusahaan. Dengan demikian masalah kelangsungan hidup perusahaan pada akhirnya akan ditentukan oleh kemampuan perusahaan itu sendiri dalam memperoleh tingkat profitabilitas yang layak secara berkesinambungan, tidak terkecuali perusahaan jasa perbankan. Pelayanan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk kepentingan orang lain dan bukan sekedar bermaksud untuk melayani namun merupakan upaya untuk membangun suatu kerja sama jangka panjang dengan prinsip saling menguntungkan. Pelayanan yang baik adalah dapat mengerti keinginan pelanggan dan senantiasa memberikan nilai tambah di mata pelanggan.

    Bank Jambi merupakan organisasi bisnis yang berorientasi kepada upaya memaksimalkan keuntungan guna memuaskan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders). Sebagai mana organisasi bisnis atau perusahaan lainnya, perusahaan ini memiliki budaya kerja sebagai pedoman bagi seluruh insan Bank Jambi dalam berkarya.
    Pada umumnya selama ini nasabah setia Bank Jambi adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Daerah, dan bisa dikatakan sangat jarang sekali masyarakat umum yang menjadi nasabah pada Bank Jambi. Berdasarkan Suvey yang dilakukan oleh Hapzi (2008:4) PNS pun tidak saja menabung di Bank Jambi, tetapi ternyata mereka memiliki jasa simpanan di Bank lainnya, bahkan ironisnya bahwa Bank Jambi hanya untuk mengambil uang gajinya saja, kemudian dipindahkan lagi ke Bank lainnya. Hal ini tentu saja membuktikan bahwa persaingan antara perbankan di Jambi sangatlah tinggi

    Kepuasan nasabah sangat diperhatikan oleh perusahaan karena akan berdampak pada kinerja. Kotler dan Armstrong (2000) menyatakan bahwa, pelanggan yang merasa puas akan membeli ulang dan mereka akan memberi tahu orang lain mengenai pengalaman baik tentang produk itu. Kepuasan pelanggan berkontribusi pada sejumlah aspek krusial, seperti terciptanya loyalitas pelanggan, hreputasi perusahaan, berkurangnya elastisitas harga, berkurangnya biaya transaksi masa depan, dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas karyawan (Anderson, et al., Edvardson, et al., 2000; Tjiptono, 2004).

    Komentar oleh M. Rizky Mahaputra | Januari 12, 2016 | Balas

  62. nama: Dhini mardia
    nim : C1B013063
    kelas: manajemen b 2013 reguler
    Judul proposal tentatif “Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Accessories Naughty di WTC Mall Jambi”

    Persaingan bisnis diindonesia pada era sekarang sangat ketat, dimana berbagai bisnis kecantikan, accessories, pakaian hingga kuliner sudah banyak menarik perhatian konsumen. Dan para produsen dituntut untuk berkreatif dan berinovatif terhadap produk-produknya sehingga perusahaannya tetap bertahan untuk bersaing. Apalagi permintaan konsumen sekarang makin beragam untuk memenuhi kebutuhan kesehariaannya hingga personalnya, dengan begini perusahaan harus mempersiapkan strategi-strategi handal agar konsumen tertarik untuk berbelanja atau membeli produk-produk yang disediakan. Strategi perusahaan tidak hanya menonjolkan produk-produk yang ditawarkan saja atau kualitasnya saja, tetapi harus bisa meyakinkan konsumen bahwa produk yang di tawarkan mampu membuat konsumen untuk membelinya secara berkala. Dengan begitu dalam menghadapi persaingan bisnis diera sekarang produsen bisa melakukan dengan merancang desain Store atmosphere (suasana toko) dengan bentuk dan konsep baru serta ide-ide kreatif yang membangun citra toko sehingga membuat pengunjung merasa nyaman ketika berbelanja. Ide-ide yang kreatif dalam membentuk desain store atmosphere yang menarik perhatian konsumen sangat perlu diperhatikan seperti lingkungan fisik seperti warna, suara, cahaya, cuaca, dan pengaturan ruang dari orang perlu diperhatikan produsen, karena adanya lingkungan fisik yang menarik diharapkan mampu menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Perusahaan yang didukung oleh store atmosphere yang menarik dan membentuk ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan toko-toko yang lain harus menyesuaikannya dengan harga. Karena harga sangat menentukan keputusan konsumen untuk membeli produk atau hanya melihat-lihat saja. Apabila harga yang telampau tinggi dengan desain toko yang tidak menarik atau konsumen tidak nyaman pada saat terjadinya pembelian maka perusahaan akan kehilangan konsumennya. Dan sebaliknya apabila store atmosphere toko mampu membuat konsumen nyaman dalam melakukan pembeliannya, maka konsumen tidak lagi memperhatikan harga yang mahal atau murah. Kegiatan berbelanja oleh sebagian kalangan merupakan hal yang menarik dan menghilangkan setres, bukan hanya berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena berbelanja bisa menghilangkan kejenuhan, oleh karena itu store atmosphere yang menarik mampu menimbulkan stimulus konsumen untuk melakukan pembelian. Walaupun terkadang harga yang tercantum mahal, akan tetapi sebanding dengan kenyamanan yang didapat oleh para konsumen.
    Pada toko accessories Naughty dengan desain store atmosphere yang menarik, dimana Naughty Accessories adalah sebuah brand retail Fashion Accessories No.1 di Indonesia dengan visi Naughty “fashion accessories brand that change the world with heart” yang salah satu tokonya ada di Mall WTC Jambi dengan bernuansa pink yang telah memiliki cabang lainnya dikota-kota besar Indonesia. Didukung oleh desain yang pinky serta gambar-gambar kartun perempuan yang lucu dan suara musik yang asik dan nyaman untuk konsumen dalam melakukan pembelian. Toko Naughty ini sudah terkenal dikalangan remaja maupun ibu-ibu yang ingin memenuhi kebutuhan gayanya sehari-hari karena berbagai macam produk accessories dan tas-tas yang ditawarkan. Harga-harga yang ditawarkan cukup beragam sekali tergantung pada produknya. Dan toko Naughty ini harus memperhatikan pesaing-pesaingnya karena banyak toko-toko yang menjual accessories ditepi jalan yang mengundang perhatian konsumen untuk memutuskan melakukan kegiatan pembelian, karena Naughty juga harus memperhatikan harga-harga produknya agar bisa menjangkau kalangan bawah sehingga produk yang sama dijual atau imitasinya di toko-toko tepi jalan bisa saja menjadi bahan untuk konsumen memikirkan dua kali untuk memutuskan pembeliannya pada toko Naughty.
    Dengan demikian dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penulis tertarik untuk meneliti mengenai pengaruh store atmosphere dan harga terhadap keputusan pembelian pada toko Naughty di Mall WTC Jambi.

    Komentar oleh Dhini Mardia | Januari 12, 2016 | Balas

  63. nama : elisha
    nim : c1b013047
    kelas : manajemen b 2013 reguler
    judul proposal tentatif “ANALISIS PENGARUH ELEMEN-ELEMEN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA NOTEBOOK TOSHIBA DI JAMBI”

    BAB 1
    PENDAHULUAN
    A. Latar Belakang
    Merek merupakan janji penjual untuk secara konsisten memberikan keistimewaan, manfaat, dan jasa tertentu kepada pembeli (kotler,2002:460). Merek-merek terbaik memberikan jaminan mutu. Merek merupakan nilai tangible (berwujud) dan intangible (tak berwujud) yang terwakili dalam sebuah merek dagang (trademark) yang mampu menciptakan nilai dan pengaruh tersendiri di pasar bila diatur dengan tepat.Dengan berbagai merek yang beredar di pasaran, jelas akan mempengaruhi perilaku konsumen untuk memilih merek dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh penjual. Menurut engel (1994) perilaku konsumen merupakan tindakan-tindakan yang secara lansung terlibat dalam usaha untuk memperoleh, menggunakan, dan menentukan produk dan jasa, termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan-tindakan tersebut. Proses pengambilan keputusan pembelian pada setiap orang pada dasarnya adalah sama, namun proses pengambilan keputusan tersebut akan diwarnai oleh cirri kepribadian, usia, pendapatan dan gaya hidupnya. Pembelian dapat diartikan sebagai bagian dari perilaku konsumen yang bertujuan untuk menentukan proses pengembangan keputusan dalam membeli suatu barang atau jasa dimana individu terlibat secara langsung dalam mendapatkan dan mempergunakan barang dan jasa yang ditawarkan tersebut.
    Oleh karena itu, kesimpulan terbaik individu untuk melakukan pembelian terbentuk berdasarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Dengan semakin banyaknya jumlah pesaing dipasar, meningkatkan pula ketajaman persaingan di antara merek-merek yang beroperasi dipasar dan hanya merek yang memiliki ekuitas merek yang kuat yang akan tetap mampu bersaing, merebut, dan menguasai pasar. mengidentifikasi barang atau jasa penjual atau kelompok penjual dan untuk mendiferensikannya dari barang atau jasa pesaing.
    Menurut Aaker (1991) ekuitas merek adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah barang atau jasa kepada perusahaan atau para pelanggan perusahaan. Ekuitas merupakan aset tak berwujud yang penting. Ekuitas merek bisa dikelompokkan dalam lima elemen,yaitu kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek, dan aset-aset dari hak merek lain.
    Maraknya notebook yang beredar di Indonesia saat ini jelas menimbulkan persaingan ketat antara produsen satu dengan produsen lain. Hal ini bisa kita lihat dengan adanya berbagai merek yang ada di pasar seperti Acer, Dell, Axioo, HP, Compaq, Toshiba, Sony, Apple atau Samsung sebagai pemain baru, dan masih banyak lagi.

    Komentar oleh elisha | Januari 12, 2016 | Balas

  64. Selamat malam pak Johanes.
    saya akan mengirimkan tugas proposal tentatif untuk melengkapi tugas UAS.
    Nama : Risma Amelia Irani
    Nim : C1B013046
    Kelas : Management B 2013

    ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN KARAOKE INUL VIZTA CABANG KOTA JAMBI

    Pesatnya pertumbuhan industry music dan hiburan pada era yang sangat dinamis kini. Dapat dikatakan memiliki perkembangan yang sangat baik, adapun perkembangan industry music dan hiburan berdasarkan sejarah Indonesia, berkembangnya industri tersebut memilii beberapa unsure yang menentukan pertumbuhannya.
    Banyaknya perusahaan sudah mulai mengarahkan bisnisnya dalam memasarkan jasanya melalui internet dengan membuat aplikasi e-marketting. Dimana pemasaran melalui media internet dapat memangkas biaya dan waktu terhadap hubungan dengan para pelanggan karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan sajaselama adanya koneksi internet, seperti melakukan kegiatan pemasaran online. Manfaat dari penggunaan teknologi dalam suatu perusahaan itu sendiri juga akan dapat meningkatkan kinerja kerja dari segi kualitas yang ada. Dengan adanya peningkatan kinerja, maka akan menjadikan suatu keunggulan bersaing perusahaan terhadap para pesaingnya. Salah satu tempat hiburan yang sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi adalah tempat karaoke.

    Komentar oleh risma amelia irani | Januari 12, 2016 | Balas

  65. NAMA : RANDA RAFLI
    NIM : C1B013041
    KELAS : MANAGEMENT B 2013
    JUDUL : PENGARUH FITUR PRODUK TERHADAP LOYALITAS KARTU INTERNET PERDANA 3 (TRI) MAHASISWA UNIVERSITAS JAMBI

    BAB I
    PENDAHULUAN

    1. LATAR BELAKANG MASALAH
    Pada tahun 2015 sekarang ini selain makanan, minuman dan pakaian, telekomunikasi khusnya internet juga telah menjadi salah satu factor yang paling penting di era 2015 sekarang ini ,apalagi internet ,dengan internet kita dapat mengakses komunikasi dengan mudah. Di karenakan internet pada zaman sekarang ini telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi konsumen sehingga menyebabkan persaingan bisnis telekomunikasi yang sangat ketat yang dapat dilihat dari operator yang berlomba -lomba untuk menambah jumlah customer seperti (pro XL, Axis, im3, operator 3, esia, smart, telkom flexi dan lain-lain ) yang banyak bermunculan seiring dengan dibukanya kebebasan dan mereka menawarkan kelebihan fitur – fitur mengenai internet yang menggiurkan pelanggan,sebagai buktinya bahwa dapat dilihat perang penjualan Kartu Perdana Murah yang dilakukan para operator cukup marak. Konsumen merupakan aset perusahaan yang sangat penting, dan konsumen tersebut dapat menentukan bagaimana sukses atau tidaknya perusahaan dengan cara menghargai dan memuaskan pelanggan yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan. Pemasaran modern membutuhkan lebih dari sekadar pengembangan produk yang baik, pemberian harga yang menarik, dan membuatnya tersedia bagi pelanggan sasaran. Perusahaan kartu internet perdana harus memberikan fitur yang dapat memuaskan bagi para pelanggannya sehingga pelanggan tersebut dapat menjadi loyal kepada konsumen tersebut Sebelum pembelian kartu internet terdapat keluhan yang menyebabkan rasa loyalitas konsumen tersebut menjadi turun,adapun sebabnya yaitu: harga mahal, kuota sedikit, paket dibatasi berdasarkan jam tertentu.
    Oleh karena itu disini saya akan mengambil kartu internet 3 sebagai objek penelitian dikarenakan Tri memiliki beberapa fitur untuk mengatasi hal tersebut, seperti : masa aktif lama, harga terjangkau, kuota besar, kuota reguler (Full 24 jam) seperti paket perdana TRI Always On dengan kuota reguler yaitu tanpa dibatasi waktu sehingga anda bebas menggunakan kuota ini kapan saja. Bedasarkan hal tersebut,maka saya tertarik untuk memilih kartu internet 3 sebagai objek penelitian, untuk pengambilan lokasi penilitian saya mengambil daerah Mendalo Jambi luar kota dan daerah Telanai Pura sebagai lokasi penelitian sebagai objek penelitian saya, sehingga saya bisa menentukan apakah fitur Internet 3 tersebut mampu mempengaruhi loyalitas konsumen tersebut.

    Komentar oleh randa rafli | Januari 12, 2016 | Balas

  66. Nama : Uly Farida Parapat
    NIM : C1B013096
    Kelas : Manajemen G 2013
    Ringkasan Proposal Tentatif

    PENGARUH KOLABORASI BRAND TERHADAP EKUITAS MEREK DAN NILAI JUAL PRODUK
    (Studi Kasus Produk Es Krim Walls dan Oreo)

    Saat ini perusahaan pembuat merek atau pemasar di berbagai industri baik di Indonesia ataupun di luar negeri dihadapkan pada tantangan yang sangat beragam dalam membangun merek atau mempertahankan merek atas produknya. Produk yang ada di pasaran sudah semakin banyak tanpa disertai dengan inovasi yang berarti membuat konsumen bingung atas banyaknya pilihan. Dengan semakin terbukanya akses informasi untuk konsumen, pemasar juga dihadapkan pada rintangan baru dalam membangun hubungan yang berarti dengan konsumen. Tidak jarang merek menjadi lemah dan kehilangan nilainya dan perlahan-lahan kehilangan relevansinya.
    Dalam menghadapi tantangan di pasaran dan konsumen pemasar mempunyai banyak strategi yang bisa dilakukan seperti mengadakan promosi-promosi, memperbarui positioning perusahaan, hingga menawarkan beraneka ragam sub-brand ke pasar untuk mencoba menyediakan kebutuhan konsumen, termasuk dengan melakukan co-branding atau kolaborasi brand. Dalam dunia brand, istilah kolaborasi brand juga dikenal dengan koalisi. Menurut Mohan Sahwney, professor Kellog, sifat kolaborasi ini adalah mutualisme yang harusnya saling menguntungkan untuk menciptakan kreativitas yang baru yang dapat disuguhkan ke konsumen. Saat ini kolaborasi brand termasuk salah satu strategi mutualisme yang dapat digunakan untuk bertukar pikiran dalam menciptakan sebuah produk. Bila dilihat tujuan dari kolaborasi brand ini adalah untuk meningkatkan laba melalui penjualan, dan meningkatkan nilai ekuitas merek dengan menggabungkan kekuatan merek-merek yang berkolaborasi. Ekuitas merek sangat diperlukan oleh pemasar dan untuk perusahaannya karena menentukan apakah produk tersebut akan tetap bertahan atau tidak di pasaran. Dan juga kolaborasi dapat meningkatkan nilai jual produk apakah konsumen berniat untuk membeli karena inovasi dan kretivitasnya atau tidak.
    Ada beberapa variasi dari kolaborasi brand seperti kolaborsi brand vertikal (ingredient branding) dimana bahan pembuat atau komponen dari suatu produk memiliki merek tersendiri. Contohnya es krim Walls Selection dengan Oreo. Lalu, kolaborasi brand horizontal yang melibatkan dua merek atau lebih yang posisinya sejajar, bisa di kategori industri yang sama, contoh Sony dengan Ericsson, atau dari kategori yang berbeda seperti Apple iPod dengan Nike.
    Dalam penelitian ini yang membuat saya tertarik untuk membahas mengenai kolaborasi brand adalah, banyak konsumen yang tidak terlalu tahu bahwa ada produk yang mereknya berkolaborasi dan bahwa hal ini sengaja dilakukan oleh marketer sebagai salah satu strategi kreativitas perusahaannya. Dan saya memilih untuk membahas es krim Walls dan Oreo yang telah melakukan kolaborasi dan melihat hasilnya terhadap ekuitas merek dan nilai jualnya untuk masing-masing merek ataupun untuk produk hasil kolaborasi tersebut.

    Komentar oleh uly farida | Januari 12, 2016 | Balas

  67. Nama : Yessy stevani sinaga
    Nim : C1B013104
    KELAS : MANAJEMEN G 13
    JUDUL : PENGARUH “IMPULSE BUYING” PADA PENJUALAN ONLINE
    (Study kasus di lingkungan fakultas ekonomi & bisnis jurusan manajemen Universitas Jambi)

    BAB I
    PENDAHULUAN
    1.1 LATAR BELAKANG

    Indonesia adalah Negara berkembang yang menjadi target potensial dalam target pemasar baik itu produk maupun jasa, sebagai pemasar kita harus paham betul bagaimana keadaan masyarakat Indonesia, Masyarakat Indonesia memiliki sifat yang unik yaitu berfikir jangka pendek, suka produk luar Negeri, religius, gengsi, kuat di sub kultur, dan yang terparah adalah kurang menghargai lingkungan. Mereka biasanya suka bertindak gegabah dan terburu-buru dalam pengambilan keputusan, jika dalam hal belanja mereka sering menjadi “impulse buyer”.
    Impulse buying atau biasa di sebut unnplaned purchase adalah perilaku orang dimana orang tersebut tidak merencanakan sesuatu dalam berbelanja, Biasanya konsumen ini tidak memikirkan dahulu berapa harga, dan merek apa produk yang mereka beli, konsumen hanya akan membeli suatu produk atau jasa jika saat itu juga tanpa memikirkan penting tidaknya produk atau jasa tersebut nantinya, impulse buying bersifat sangat cepat, mendadak, spontan dan reflek, jadi dari keterangan yang di jabarkanj dapat disimpulkan bahwa impulse buying merupakan sesuatu yang alamian dan merupakan suatu kegiatan yang cepat kilat dapat terjadi tanpa memandang faktor usia, gender, dan uang saku yang dimiliki saat itu.
    Impulse buying terjadi dimana saja dan kapan saja tanpa sebenarnya konsumen tidak memikirkan produk tersebut dalam benak pikiran konsumen, Pekembangan teknologi yang semakin canggih saat ini telah membawa dampak transformasional pada beberapa aspek kehidupan termasuk dalam perkembangan dalam bisnis, Apalagi dengan adanya internet informasi yang dibutuhkan konsumen untuk suatu produk dan jasa tersedia dalam bentuk world wide web ( www) atau web, konsumen dapat langsung berhubungan dengan sumber informasi tanpa melalui perantara, perusahaan juga dapat melakukan iklan untuk merangsang konsumen sasaran dalam pengambilan keputusan dengan menggunakan WWW, mencari mengenai barang, jasa, harga, mutu produk, dan syarat pembayaranj melalui internet di sebut online shopping.
    Dalam hal ini yang coba di jelaskan adalah betapa berharganya media online yang ada dan pengaruh stimulus lingkungan melalui bentuk format media iklan, teks, gambar, serta audio visual secara online sebagai modifikasi, format yang di formulasikan adalah dengan cara menambah animasi gambar yang sebelumnya tidak gunakan. Kecenderungan impulse buying biasanya hanya digunakan oleh beberapa peneliti pada toko-toko khusus, dan supermarket, mall, dan lain sebagainya
    Terdapat beberapa macam kategori impulsif , yaitu di antaranya pembelian impulsif murni, pembelian impulsif karena ingatan, pembelian impulsif karena sugesti, dan pembelian impulsif yang di rencanakan. Konsumen selaku pengambil keputusan pembelian atau yang berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan tersebut, tentunya faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif buying harus sangat di pahami oleh pemasar, agar pengorbanan yang besar terutama pada promosi produk atau jasa tidak akan menjadi sia-sia, karena sebagai seorang pemasar kita harus menyediakan tempat rasa aman dan nyaman bagi konsumen agar konsumen dapat kembali lagi pada perusahaan.
    Beberapa macam dari barang-barang konsumen yang termasuk dalam produk impulsif yang paling sering di gunaka adalah pakaian, perhiasan, ornamen-ornamen, dan kemudian di kelompokkan menjadi impulsif tingii atau impulsif rendah.

    Komentar oleh YESSY STEVANI SINAGA | Januari 12, 2016 | Balas

  68. NAMA : MITA FITRIA
    NIM : C1B013101
    KELAS : MANAJEMEN G 2013
    JUDUL : PENGARUH PEMAKAIAN HASHTAG DI INSTAGRAM DALAM MEMPROMOSIKAN DAN MEMASARKAN CELANA KATUN

    BAB I
    Latar belakang
    Media sosial (sosial media) adalah portal atau sarana pergaulan sosial secara online yang terhubung melalui koneksi internet. Saat ini sosial media tidak bisa dipisahkan dengan manusia dan sudah menjadi gaya hidup. Instagram adalah salah satu aplikasi dari jejaring sosial yang mendunia. Akun Instagram merupakan salah satu alat untuk mempromosikan dan memasarkan sebuah produk. Biasanya yang menggunakan instagram sebagai alat pemasaran dan promosi adalah toko-toko online. Untuk memudahkan promosi dan memasarkan produk di Instagram biasanya pengguna menggunakan beberapa strategi yaitu peningkatan kualitas foto, kontes, dan hashtag. Pada dasarnya pengguna instagram dalam mempromosikan dan memasarkan produk lebih dominan menggunakan Hashtag.
    Hashtag adalah sebuah kata atau sekelompok kata setelah tanda pagar . Atau hashtag bisa juga dikatakan metadata. Tetapi untuk para pembisnis hashtag diartikan sebagai sebuah jalan untuk melibatkan produk atau merek yang mereka jual dengan target pasar. Hashtag biasanya di simbolkan dengan “#” (tanda pagar) dan disebut tagar. Penggunaan hashtag pada foto dan video di instagram bermaksud untuk memberi informasi terkait gambar atau video tersebut.
    Hashtag berpengaruh besar terhadap mempromosikan dan memasarkan suatu produk. Hashtag digunakan di dalam instagram untuk memudahkan pengguna menemukan produk yang dicari. Produk yang menggunakan hashtag setelah memposting foto otomatis akan dikelompokkan kedalam satu tema yang sama. Atau bisa di katakana hashtag merupakan kata kunci untuk mempermudah pencarian di instagram. hashtag bisa saja diciptakan sendiri oleh para pengguna. Untuk lebih memudahkan, brand biasanya menciptakan hashtag tersendiri. Contohnya “#CelanakatunJambi, #Celanakatunmurah, #Celanakatunstretch”.
    Hashtag bagi pengguna yang gemar berbisnis mempunyai satu keuntungan yaitu kemampuannya untuk mencari target marketing yang tepat dan hashtag terbukti mampu membangun sebuah brand bisnis. hashtag digunakan untuk memperoleh konsumen dan pelanggan dengan lebih targeted dan tepat. Tentunya hashtag pada bisnis jauh lebih efektif karena memberikan informasi yang saling relevan di antara produsen dan konsumen. Bagi para pembisnis online yang cenderung menggunakan hashtag mempunyai trik tersendiri untuk mamaksimalkan penggunaan hashtag yaitu menciptakan hashtag yang sifatnya berbeda atau belum pernah digunakan sebelumnya. Fitur hashtag juga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti untuk ajang personal branding. Untuk kegiatan personal branding pengguna biasanya tidak menggunakan hashtag secara berlebihan, karena hashtag yang muncul lebih dari tiga di postingan dianggap spam. Dengan menggunakan hashtag hanya pada satu situs yang memiliki fitur hyperlink otomotis pada hashtag.
    Setelah saya amati beberapa tahun belakangan celana katun menjadi salah satu celana paporit yang digemari oleh kaum wanita mulai dari kaum muda hingga orang dewasa. Celana ini bisa dipakai saat santai dan saat formal. Pencarian di instagram untuk #celanakatunmurah mencapai 112,993 kiriman. Setelah diamati dapat disimpulkan bahwa minat pembeli celana katun semakin meningkat dan banyak. Untuk itu karena celana katun semakin hari semakin diminati oleh para konsumen terutama wanita saya tertarik untuk mencari tahu lebih detail tentang pengaruh hashtag pada celana katun terhadap permintaan konsumen. Untuk itu judul penelitian yang saya ambil adalah pengaruh pemakaian Hashtag di Instagram dalam mempromosikan dan memasarkan celana katun.

    Komentar oleh Mita Fitria | Januari 12, 2016 | Balas

  69. selamat mala bapak Johannes,
    selamat dan sejahtera untuk kita semua,
    saya :

    Nama : Ahmad Baiquni Alhakim
    NIM : C1b013009
    Kelas : Manajemen A 2013
    Mata Kuliah: Metode penelitian pemasaran
    Tugas : bagian proposal tentatif

    siswa bapak jurusan manajemen kelas A 2013,saya mau kabarin pak berikut adalah tugas \ proposal Tentativ Metode penelitian pemasaran saya yang berjudul ;

    PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PROSES KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE CANDI MUARA JAMBI MUARO JAMBI

    BAB I
    PENADHULUAN
    1.1 Latar Belakang
    Candi muara jambi merupakan salah satu objek wisata yang terletak di desa Muaro Jambi, kecamatan Muaro Sebo, kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Candi muara jambi terletak di tepian sungai batang hari sekitar 26 Km arah timur kota jambi, candi ini memiliki luas 12 Km2 dengan panjang lebih dari 7 Km yang di proyeksikan luas candi ini sebesar 260 hektar. Kompleks candi ini merupakan kompleks candi terbesar di Indonesia bahkan terbesar di Asia Tenggara. Sejak tahun 2009, komplek Candi Muara Jambi ini telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai salah satu Situs Warisan Dunia.
    Kompleks candi Muara Jambi sekitar 110 candi yang telah dipugar atau ditemukan yang terbagi menjadi 39 kelompok candi.Pemugaran-pemugaran candi tersebut dilakukan siktar tahun 1979 hingga tahun 1988, berikut adalah beberapa candi yang telah di pugar diantaranya: Candi Tinggi I dan II, Candi Gumpung, Candi Kedaton, Candi Astano, Candi Koto Mahligai, Candi Bukit Sengalo.
    Perjalanan untuk sampai ke lokasi dapat di tempuh melalui jalur darat dan laut/air. Untuk biaya tranportasi darat seperti sewa mobil di kenakan tarif sebesar Rp 300.000 – Rp 450.000 / hari. Sedangkan untuk motor/ ojek dikenakan tarif 45.000/ perjalanan sampai ke candi. Jalur air, dengan menggunakan Speedboat atau Ketek, dengan biaya sewa Rp 200.000-Rp 250.000,- per perahu, setiba di candi konsumen akan di kenakan tarif sebesar Rp 3.000/ orang untuk tiket masuk ke dalam kompleks, sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan sendiri, akan di kenakan tarif sebeasar Rp 3.000/ motor dan Rp 15.000/mobil untuk tiket parkir.
    Marketing Mix adalah salah satu strategi pemasaran yang di gunakan oleh perusahaan. Marketing Mix atau bauran pemasaran dapat di kelompokkan menjadi empat kelompok variabel yang disebut 4P :produk, price, place, dan promotion. (Kotler, dkk, 2008).Bedasarkan teori diatas, maka penulis akan menganalisis pengaruh produk, price, place, promotion terhadap keputusan berkunjung ke Candi Muara Jambi.
    Dalam hal ini sektor pariwisata merupakan industri yang harus mendapatkan perhatian yang lebih, baik domestik maupun international. Selama ini sumbangan dari sektor pariwisata menempati posisi ke 3 setelah ekspor migas dan ekspor tekstil dan manufaktur. Sektor pariwisata juga mampu menghidupkan perekonomian masyarakat, baik dalam sektor jasa maupun industri barang-barang kerajinan (Himawan, 2004 dalam Lita, 2010). Dampak yang tidak nampaknya adalah nama kota/ kabupaten dan Negara menjadi salah satu referensi wisatawan untuk rekreasi.
    Candi merupakan suatu objek wisata yang memberikan hiburan berbeda dari tempat rekreasi yang lain. Selain sebagai tempat untuk berlibur atau rekreasi, candi memiliki fungsi sebagai tempat pembelajaran yang mengkhususkan ke disiplin ilmu sejarah dan kebudayaan yang tidak didapatkan di objek wisata lain. Akan tetapi fakta saat ini Candi Muara Jambi memiliki masalah sepi pengunjung, minat para wisatawan domestik maupun international sangat kecil. hal ini merupakan masalah yang sangat serius untuk di atasi, melihat Candi Mura Jambi merupakan komplek Candi terbesar di Asia Tengara. Berdasarkan masalah tersebut maka penulis berpikir perlu diadakannya penyediaan jasa yang sesuai dengan harapan konsumen dan penerapan program bauran pemasaran oleh pihak pengelola candi Muara Jambi, sehingga diperkirakan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Candi Muara Jambi. Apabila konsumen mempersepsikan bauran pemasaran jasa meliputi, product, price, promotion, place, process , people, dan physical evidence sesuai dengan harapannya, berbeda (unik) dan unggul dibandingkan dengan objek wisata di daerah lain maka diduga akan berpengaruh terhadap proses keputusan untuk mengunjungi objek wisata dalam hal ini adalah Candi Muara Jambi.
    1.2 Rumusan Masalah
    Sejak tahun 2009, komplek Candi Muara Jambi telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Melihat rute perjalanan yang cukup panjang serta pelayanan yang diberikan pihak pengelola candi maka penulis mencoba untuk melihat pengaruhnya terhadap keputusan berkunjung wisatawan, sebagai berikut :
    1.2.1 Apakah harga tiket masuk dapat berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Candi Muara Jambi ?
    1.2.2 Apakah peninkatan kualitas produk yang di berikan dapat mempengaruhi keputusan berkunjung konsumen ke Candi Muara Jambi ?
    1.2.3 Apakah peningkatan promosi dapat mempengaruhi minat berkunjung wisatawan ke Candi Muara Jambi?
    1.2.4 Apakah akses lokasi dapat mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan ke Candi Muara Jambi?
    1.3 Manfaat Penelitian
    Manfaat yang dapat dirumuskan dari dilakukannya penelitian ini terdiri dari
    dua kegunaan, yaitu kegunaan teoritis dan kegunaan praktis.
    1.3.1 Kegunaan Teoritis
    Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi
    perkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya dan bidang manajemen
    pada khususnya.
    1.3.2 Kegunaan Praktis
    a. Bagi Peneliti
    Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan
    pengalaman dalam praktek bidang manajemen. Selain itu juga diharapkan
    dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi mahasiswa dalam
    pembuatan penelitian atau kegiatan lain.
    b. Bagi pemerintah dan Pihak pengelola Candi Muara Jambi
    Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan saran perbaikan bagi pemerintah dan pihak pengelola Candi Muara Jambi dalam upaya meningkatkan minat berkunjung wisatawan.

    demikian pesan ini saya sampaikan besar harapan saya akan kesediaan bapak untuk dapat menerima tugas ini, atas waktu dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih pak,
    selamat malam, selamat dan sejahtera untuk kita semua.

    Komentar oleh ahmad baiquni alhakim | Januari 12, 2016 | Balas

  70. Selamat malam pak Johannes. Saya mahasiwa pada mata kuliah MEP Pemasaran.
    Nama : Egi Sastra Andika
    Nim : C1B013011
    Kelas : Manajemen A 13
    Tugas : Bagian proposal tentatif

    PENGARUH KUALITAS JASA DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA WORLD OF WATER CITRA RAYA CITY MENDALO-JAMBI

    BAB I
    PENDAHULUAN
    1.1 Latar Belakang Penelitian
    Zaman modern seperti ini, masyarakat dipenuhi banyak kegiatan keseharian. Kegiatan tersebut bermacam-macam bentuknya, salah satunya bentuk pekerjaan. Pekerjaan adalah kegiatan yang tidak bisa dielakkan oleh seseorang, sebab seseorang dituntut untuk bekerja dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam suatu pekerjaan, kita tidak lepas dari berbagai macam permasalahan. Untuk itu yang dibutuhkan adalah ketenangan dan refreshing untuk kesegaran otak.
    Citra Raya City hunian modern yang menyediakan berbagai macam fasilitas menarik dibalik penawaran utamanya (properti). Fasilitas tersebut berupa shopping mall, Rumah Sakit, Hotel, Water Park, Lapangan Golf, SPBU, Kebun Binatang, Sarana Pendidikan, Pergudangan, Sarana Rekreasi dan sarana umum lainnya. Sarana tersebut tidak lain adalah untuk memenuhi kepuasan penghuni/konsumen Citra Raya City.
    Hal yang menarik dari CRC yang rencana pembangunanya seluas 1000 hektar ini adalah WOW (World of Water). WOW adalah sarana rekreasi keluarga yang ada pada salah satu fasilitas dari CRC. Walaupun CRC belum siap sepenuhnya, WOW yang berada dilahan seluas 7 hektar yang baru dikembangkan seluas 3,5 hektar ini sudah bisa dikunjungi sebagai tempat rekreasi keluarga. WOW dianggap bisa menjadi pelepas suntuk dan kebosanan dari berbagai macam masalah pekerjaan serta sebagai tempat rekreasi akhir pekan. Sebab WOW menyediakan wahana untuk semua umur, mulai dari anak-anak hingga dewasa yang dijamin akan menghibur setiap konsumen.
    Untuk memenuhi kepuasan konsumen, WOW menyediakan beberapa arena sesuai dengan usia atau kebutuhan. Seperti Toba Poll/Terrefic Semi Olimpic yang diperuntukkan untuk kolam renang dewasa, Batanghari Lazy River kolam arus sepanjang 350 meter yang mengelilingi pulau diwaterpark, Linow Water Castel Kiddy Poll untuk anak-anak, Masurai Tower yang menjulang antara hamparan hijau diwaterpark, D’Plam Resto untuk penyuka kuliner, Maldives Island yang dapat digunakan untuk ulang tahun, gathering, atau team building, terakhir Cabana merupakan fasilitas untuk istirahat.
    Dengan berbagai macam fasilitas arena diWOW (World of Water) seperti yang telah dipaparkan diatas, diharapkan bisa memenuhi kepuasan serta loyalitas pelanggan. Namun, pada zaman yang memiliki berbagai macam olah pikir ini, apakah kepuasan pelanggan hanya bisa terpenuhi dengan Jasa yang diberikan saja ? Lantas bagaimana dengan pelayanan (serviceble) yang disertakan. Untuk itu penulis tertarik untuk mengangkat judul “PENGARUH KUALITAS JASA DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA WORLD OF WATER CITRA RAYA CITY MENDALO-JAMBI”.

    Komentar oleh Egi sastra andika | Januari 12, 2016 | Balas

  71. Nama : Claudia Brillian Fanisya
    NIM : C1B013078
    KELAS : MGT B
    TUGAS : Ringkasan Proposal Tentatif

    Di era Globalisasi yang semakin pesat, membuat orang berlomba-lomba untuk mengikuti tren yang ada, terutama tren fashion. Hanya dalam hitungan bulan, tren sudah berganti dengan yang baru. Pengaruh teknologi canggih, seperti internet dan saluran tv satelit, memudahkan orang memperoleh informasi yang luas dan cepat termasuk mengenai mode. Konsumen didorong untuk menyesuaikan diri dengan tren yang berlaku saat itu. Perkembangan cara pandang dan presepsi konsumen Indonesia tentang metode dan cara berpakian mendukung perkembangan pasar produk pakaian dan asesoris menjadi cukup pesat.
    Adanya kebutuhan masyarakat dan kondisi lingkungan yang meliputi berbagai hal, seperti, gaya hidup,ekonomi, sosial, politik dan budaya, ikut mendorong sekaligus mempengaruhi munculnya mode baru. Masyarakat Indonesia senang memperhatikan tren busana dan asesorisnya demi menyesuaikan diri dengan tren yang ada. Gaya hidup seperti ini berakibat pada tingginya permintaan terhadap produk fashion. Keadaan tersebut mendorong kepada para pengusaha retail harus benar-benar memahami apa yang diinginkan konsumen. Hal ini tentu akan menciptakan peluang lebar bagi para pelaku bisnis fashion.
    ​Wanita sebagai salah satu objek pemasaran tren dan fashion bagi peritel pakaian. Ditambah dengan wanita dizaman sekarang tidak lagi menjadi wanita yang hanya fakum dirumah, tetapi para wanita juga sudah mulai banyak yang bekerja diperkantoran, yang kita ketahui saat ini yaitu wanita karir. Wanita karir tentu akan lebih memperhatikan penampilan dan gaya karena mereka akan berhadapan langsung dengan publik. Hal ini tentu akan membuat wanita karir membutuhkan pakaian dan asesoris seperti tas dan sepatu untuk mendukung penampilan mereka.
    ​Saat ini beragam brand atau merek tas merupakan salah satu kebutuhan wanita karir untuk menjaga penampilan. Selain sebagai penunjang penampilan, tas juga mempengaruhi citra penggunanya. Beberapa desainer kelas dunia telah meluncurkan produk mereka seperti Louis Vuitton, Hermes, Gucci, hingga Marc Jacob. Harga tas yang ditawarkan oleh desainer tas kelas dunia tersebut bervariasi dengan kisaran puluhan hingga ratusan jutah rupiah. Karena harga brand original sangat mahal, mereka yang mampu membeli tas merek kelas dunia dianggap lebih bergengsi. Mereka juga diposisikan pada kelas sosial tertentu.
    ​Bagi mereka yang tidak bisa menjangkau brand original saat ini banyak bermunculan brand kualitas tiruan. Brand tiruan adalah sebuah barang keluaran produsen ternama dari luar negeri yang produknya secara fisisk mirip dengan brand original, seperti contohnya tas. Ada beberapa tingkatan dari brand tiruan, yaitu mulai dari yang murah hingga tiruan super yang mahal. Harga yang ditawarkan oleh produsen pemalsu jauh lebih rendah dari brand original. Sebagai contoh tas Louis Vuitton (LV) model Lockit GM dijual dengan kisaran harga Rp. 50juta, sedangkan untuk Lockit GM tiruan dijual mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
    ​Ada terdapat banyak perbedaan antara tas brand original dengan tas brand tiruan adalah tas brand original memiliki jahitan yang sempurna di tiap bagian, tidak ada satupun benang yang longgar atau tidak rapi karena semua produk diawasi dengan ketat. Tas brand original memiliki label, tanggal produksi, dan kartu garansi. Sedangkan tas brand tiruan tidak memiliki jahitan yang rapi, ukuran logo pada tas biasa tanpa ada ukiran atau pahatan, dan bagian resleting hanya menggunakan resleting biasa sehingga sulit untuk membuka atau menutupnya.
    ​Berdasarkan uraian diatas, maka akan diangkat “Pengaruh cintra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian Tas Louis Vuitton tiruan pada wanita karir”.

    Komentar oleh Claudia Brillian Fanisya | Januari 12, 2016 | Balas

  72. Selamat pagi pak johannes, berikut ringkasan penelitian dalam pemenuhan tugas UAS saya.
    Nama : Anita Yasmin
    Nim : C1B013072
    Kelas : Manajemen reguler B 2013
    Judul :PERAN KONSEP GREEN MARKETING TERHADAP STRATEGI PEMASARAN BISNIS RUMAHAN GUNA MENINGKATKAN KUALITAS LINGKUNGAN DI KOTA JAMBI

    Ringkasan :
    Kerusakan lingkungan saat ini telah menjadi isu global yang utama. Di banyak tempat di belahan bumi, polusi udara dan air telah mancapai level yang membahayakan. Kerusakan yang semakin parah mendorong kepedulian masyarkat unuk lebih peduli terhadap lingkungannya.
    Munculnya isu-isu mengenai pemanasan global, kerusakan lingkungan ini direspon oleh perusahaan-perusahaan besar yang inovatif yang telah membudayakan konsep bisnis baru yang lebih memperhatikan lingkungan yaitu adalah green marketing. Implementasi green marketing dapat memberikan kepuasan pelanggan dan juga memberikan manfaat bagi kondisi lingkungan maupun perusahaan. Selain itu, green marketing memberikan alternatif pilihan bagi konsumen.Pada dasarnya setiap manusia bertanggung jawab atas lingkungannya, Tidak hanya diterapkan diperusahaan-perusahaan besar, seharusnya konsep Green Marketing ini juga harus disosialisasikan kepada pebisnis rumahan yang mengelola bisnis UKM.
    Mengetahui Di Kota Jambi terdapat banyak UKM yang mampu untuk melaksanakan konsep Green Marketing didalam bisnisnya dan Kota Jambi beberapa tahun belakangan ini tampak jelas mengalami penurunan kualitas lingkuan menurut Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Jambi . Konsep Green Marketing ini menjadi penting selain untuk meningkatakan kualitas output perusahaan juga berimbas positif kepada lingkungan.

    Peran Green marketing terhadap Bisnis Rumahan :
    Green marketing merupakan konsep yang makin menarik bagi akademisi, praktisi, pembuat aturan publik, konsumen serta masyarakat yang peduli terhadap lingkungan. Alasan mengapa konsep ini menjadi sangat penting untuk diaplikasikan oleh perusahaan merupakan alasan sederhana yang sudah diketahui sejak dahulu, yaitu keterbatasan sumberdaya.
    Dalam literatur ekonomi dinyatakan, bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan alat pemenuhan kebutuhan atau sumber daya yang terbatas. Sumberdaya yang ada didunia, baik sumberdaya alam ataupun bukan, jumlahnya terbatas. Eksploitasi sumberdaya yang semena-mena dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang pada akhirnya menurunkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
    Dari sudut pandang pemasar sendiri, keterbatasan sumberdaya membuat perusahaan mencari cara baru untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Konsep green marketing merupakan suatu alternatif yang dapat digunakan pemasar dalam melaksanakan aktivitas pemasaran dengan memanfaatkan sumberdaya yang terbatas secara efisien dan efektif.

    Komentar oleh Anita Yasmin | Januari 12, 2016 | Balas

  73. nama:desgita dwi purdini
    nim:c1b013065
    manajemen b reguler 2013
    judul :ANALISIS PENGARUH ILMU MENJUAL BARANG BAJU BATIK TERHADAP KONSUMEN DIBATIK BERKAH KOTA JAMBI

    BABA 1 PENDAHULUAN

    Latar belakang
    Pembuatan barang-barang untuk mencukupi kebutuhan hidup dan untuk dipertukarkan yang dilakukan oleh manusia primitive merupakan titik tolak adanya suatu perniagaan.para saudagar kemudian mengembangkan kegiatan tukar-menukar tersebut menjadi suatu usaha.dengan adanya mengakibatkan berubahnya cara-cara perniagaan.proses perubahan perniagaan terjadi dari kepentingan setempat(local)melebar ketingkat daerah(regional),dari tingkat nasional ke tingkat internasional.tiga unsure utama dalam jual beli yaitu penjual,barang,pembeli.pentingnya peranan yang di pegang oleh para penjual mengharuskan para usahawan mendaptkan tenaga ahli yang cakap dan terampil di bidang penjualan.disamping berusaha untuk dapat menjual barang dengan laba yang besar penjual juga hraus pandai mencetak langganan-langganan baru.
    Batik adalah seni menggambar untuk menghias kain dengan motif tertentu. Membatik merupakan keterampilan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya bangsa Indonesia. Pada awalnya, batik hanya digunakan oleh kalangan bangsawan dengan aturan yang sangat ketat. Artinya, tidak semua orang boleh memakai kain batik, terutama pada motif-motif tertentu yang ditetapkan sebagai motif larangan bagi kalangan rakyat biasa. Namun, seiring dengan perkembangan seni membatik, kain batik juga bisa dipakai oleh orang yang berada di luar lingkungan kerajaan.Kebutuhan akan batik di setiap daerah sangat penting karena batik bisa jadi untuk identitas daerah itu sendiri. Sekarang ini, seluruh masyarakat In¬donesia sudah mengenal batik dan sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengenakan batik di setiap aktivitasnya. Batik di Indone¬sia sudah terkenal sampai manca negara dan batik juga sudah memasuki pasar Internasional. Salah satu usaha pembuatan batik yang ada di daerah Jambi seperti Toko Batik Berkah, Toko Batik ini telah menjual dan memproduksianekabatik. usaha ini berdiri tahun 1990, awalnya hanya belajar dan mencoba-coba untuk membuat batik. Pemasarannya hanya di sekitar rumah dan kantor-kantor.
    “Setelah memiliki modal, pada tahun 2000 mendirikan usaha toko pembuatan batik yang diberi nama Toko Batik Berkah.Toko batik yang membuat berbagai macam batik mulai dari batik cap, batik tulis dan batik printing. Bahan-bahan seperti kain dasar putih diambil dari Jakarta dan peroses pembuatan batiknya di toko sendiri. Harga batik per meternya dibandrol mu¬lai Rp70 ribu-Rp 1jutaan dan harga batik yang sudah jadi dibandrol mulai dari Rp100 ribu hingga Rp 1,2 juta. toko Batik Berkah ini sekarang telah memiliki 6 cabang, namun yang masih berjalan 4 toko dan memiliki 10 karyawan. Pemasaran batik sampai ke luar kota seperti Jogja, Bali dan Ja¬karta bahkan sampai ke luar negeri. Toko Batik Berkah ini juga sering mengikuti pameran di berbagai kota besar di Indonesia dan luar negeri untuk mempromosi¬kan produk-produk batiknya.
    Langkah yang diambil untuk kemajuan usaha toko pembuatan batik ini dengan menerapakan kedisiplinan pada seluruh karyawan, ramah pada setiap pen¬gunjung yang datang dan mengikuti setiap ajang pam¬eran.Dengan demikian dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penulis tertarik untuk meneliti mengenai ANALISIS ILMU MENJUAL SUATU BARANG BAJU BATIK TERHADAP KONSUMEN DI KOTAJAMBI(STUDI KASUS TOKO BATIK BERKAH )

    Komentar oleh desgita dwi purdini | Januari 13, 2016 | Balas

  74. NAMA : AMALIA SOLEHA SYAIHU
    NIM : C1B013048
    KELAS : Manajemen B
    TUGAS : Ringkasan Proposal Tentatif

    ANALISIS KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA KECANTIKAN KLINIK ERHA DAN PRODUK LEPAS (WARDAH) PADA REMAJA WANITA KOTA JAMBI

    BAB I
    PENDAHULUAN

    1.1 Latar Belakang Masalah

    Seiring dengan kemajuan era modern zaman sekarang dunia kecantikan pun mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kecantikan merupakan sesuatu hal yang sekarang sangat penting diperhatiakan saat ini. Bayangkan saja wanita bisa mengeluarkan uang sebanyak mungkin hanya untuk mendambakan wajah yang cantik.
    Gaya hidup kaum wanita pada saat ini sangat menuntut untuk lebih memperhatikan penampilan, untuk itu perawatan kulit sangat penting bagi setiap orang. Terlebih lagi untuk mengatasi berbagai keluhan yang menyebabkan masalah pada kulit yang dapat mengurangi kecantikan, maka itu setiap orang membutuhkan produk dan perawatan yang tepat.
    Saat ini telah banyak bermunculan skin care (perawatan kecantikan kulit) yang menawarkan berbagai macam produk dan jasa kecantikan. Contohnya saja ERHA SKIN CARE yang sudah ada dijambi. Hal ini didorong oleh semakin banyak dan kompleknya kebutuhan dan keinginan konsumen dalam hal perawatan kecantikan. ERHA SKIN CARE menawarkan berbagai macam produk dan jasa perawatan kulit dengan harga yang bersaing. Kualitas pelayanan dan produk yang sudah tidak diragukan lagi ,kemudahan yang diberikan menjadi salah satu pemicu ERHA SKIN CARE di Jambi dapat menjadi pilihan di Jambi.

    Wanita diindonesia pada saat ini memiliki kualitas sumber daya manusia yang baik maka wanita sebagai konsumen memiliki daya beli yang baik pula. Daya beli yang baik akan menyebabkan adanya proses pengambilan keputusan konsumen yang lebih selektif untuk menggunakan skin care yang terpercaya dan dapat dibuktikan hasilnya seperti ERHA SKIN CARE tersebut. Dengan banyaknya produk dan dokter yang tersedia di ERHA SKIN CARE konsumen dapat memilih sendiri apa yang dibutuhkan diantarnya yaitu konsumen akan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan, keinginannya dan daya belinya seperti harga. Dan biasanya konsumen akan memilih produk dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau pula. Dan kemampuan menciptakan nilai supaya konsumen dapat loyal terhadap perusahaan tergantung dari bagaimana komitmen perusahaan terhadap kualitas yang dapat memenuhi kebutuhan kepuasaan konsumen.
    Dan keberhasilan suatu perusahaan ERHA SKIN CARE ditentukan oleh kemampuan manjemen perusahaan dalam memanfaatkan peluang yang terdapat dimasyarakat. Pada dasarnya untuk memenangkan persaingan yang terjadi dipasar,setiap perusahaan harus mampu memberikan kepuasaan bagi setiap konsumen yang nantinya diharpkan bahwa kepuasan yang dirasakan oleh konsumen akan terjadi secara berulang-ulang yang akan menghasilkan pelanggan yang loyal mengingat dijambi bukan hanya terdapat Erha clinic skin care saja tapi sudah banyak clinic kecantikan lain yang memenuhi persaingan pasar. Banyak faktor yang dapat menciptakan suatu loyalitas pelanggan seperti harga, produk, kualitas, pelayanan, penanganan komplain dan citra perusahaan. Kemampuan sebuah perusahaan seperti Erha clinic untuk memenagkan persaingan tidak hanya terletak pada produk yang mereka tawarkan tetapi kadang konsumen memilih perusahaan yang sudah mereka anggap mampu memberikan respon yang cepat, menekankan keramah-tamahan yang dapat dipercaya dan ketetapan waktu karyawannya dalam memberikan pelayanan. Contohnya Erha clinic mempunya karyawan yang tanggap dengan konsumen dan dapat cepat merespon jika ada konsumen yang tidak sesuai dengan layanan yang diberikan. Bagi klinik Erha skin care salah satu faktor penentu kesuksesan dalam menciptakan loyalitas adalah kepuasaan pada penanganan keluhan dan kepuasan terhadap kualitas yang diberikan dan pelayanan pasca pembeliaan. Konsumen loyal dimaknai sebagai konsumen yang melakukan pembelian berulang (repeat costumer) dan dikatakan sebagai konsumen setia. Loyalitas pelanggan merupakan aset yang paling berharga bagi perusahaan ERHA Clinic skin care,maka dari itu perusahaan harus menyesuaikan dan mengikuti apa yang diinginkan oleh pelanggan. Bahkan semakin banyaknya skin care yang ada dijambi menyebabkan adanya persaingan yang ketat. Maka dari itu salah satu strategi yang efektif dalam mengatasi hal ini adalah melalui kualitas tetap terbaik dan harga yang terjangkau.

    Produk yang diperjualkan dapat dikatakan berkualitas jika sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Kecendrungan masyarakat untuk memnuhi kebutuhan akan mempercantik diri didukung oleh kualitas yang baik dan itu sangat penting. Karna mempertahankan kualitas yang baik merupakan kunci keberhasilan pemasaran produk dimana produk yang baik yang ditawarkan oleh Erha Clinic skin care akan menimbulkan keputusan membeli dan nantinya akan berdampak pada peningkatan loyalitas yang akan memberikan keuntungan dan menjaga kelangsungan hidup suatu perusahaan skin care seperti Erha klinik skin care di Jambi.
    Selain itu Kosmetik merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi seorang wanita. Disadari atau tidak, dalam kesehariannya wanita tidak bisa lepas dari kosmetik. Produk perawatan tubuh ini digunakan oleh sebagian besar wanita mulai dari pagi hari hingga malam hari. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang berusaha memenuhi kebutuhan akan kosmetik dengan berbagai macam inovasi produk. Inovasi produk kosmetik dilakukan oleh produsen untuk memperoleh kepercayaan konsumen terhadap produk kosmetik yang diproduksi.
    Dalam upaya memenuhi kebutuhannya, wanita akan memilih produk kosmetik yang dapat memberikan kepuasan tertinggi. Secara khusus, faktor yang menciptakan kepuasan tertinggi bagi setiap orang akan berbeda, tetapi secara umum faktor seperti produk itu sendiri, harga produk, dan cara untuk mendapatkan produk seringkali menjadi pertimbangan bagi seorang konsumen. Seorang konsumen yang rasional akan memilih produk dengan mutu yang baik, harga terjangkau dan mudah didapat. Mutu produk yang diinginkan oleh konsumen menyangkut manfaatnya bagi pemenuhan kebutuhan dan keamanannya bagi diri konsumen, sehingga konsumen merasa tenang lahir dan batin dalam menggunakan produk tersebut.

    Untuk memenuhi keinginan konsumen agar tenang lahir dan batin dalam mengkonsumsi suatu produk, perusahaan harus mencantumkan keterangan-keterangan yang berhubungan dengan produk. Keterangan-keterangan tersebut dapat berupa komposisi produk, masa berlaku produk, Wardah adalah merek kosmetik yang telah mendapatkan sertifikasi halal dari LP POM MUI serta memberikan jaminan kebaikan produk.Apalagi bahan baku yang digunakan untuk produk kosmetik wardah sangat aman dan halal sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Adanya label halal pada produk Wardah akan membantu kedua belah pihak, baik produsen yang memproduksi maupun konsumen yang mengkonsumsi. Selain itu, adanya label halal akan melindungi pengusaha dari tuntutan konsumen dikemudian hari, serta akan melindungi konsumen dari keraguan dalam menggunakan produk. Tidak hanya itu saja, adanya label halal dapat meningkatkan kepuasan konsume,serta bisa memperkuat dan meningkatkan image produk. Dengan demikian, adanya label halal secara langsung maupun tidak akan mempengaruhi persepsi konsumen yang tentunya juga berakibat pada keputusan pembelian produk.

    1.2 RUMUSAN MASALAH

    Dari latar belakang masalah, perumusan dalam penelitian ini adalah :

    1. Apa yang menyebabkan para remaja dikota jambi lebih memakai jasa kecantikan klinik erha skin care msupun produk lepas wardah ?
    2. apa keuntungan yang didapat oleh remaja wanita kota jambi dengan
    memakai jasa kecantikan klinik erha skin care maupun produk lepas wardah?

    2.1 TUJUAN PENELITIAN

    Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :

    1. Untuk mengetahui perbedaan skin care erha dan produk Wardah.
    2. Untuk mengetahui penyebab remaja kota Jambi lebih memilih skin care Erha dibandingkan produk Wardah.
    3. Untuk mengetahui apakah keadaan ekonomi berpengaruh dalam pemilihan skin care Erha dan produk wardah pada remaja kota Jambi.

    2.2 MANFAAT PENELITIAN
    Maanfaat penelitian:
    1. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para wanita khususnya untuk lebih baik memilih perawatan kecantikan yang tersedia seperti skin care Erha dan produk Erha.
    2. Dan diharapkan penelitian ini dapat menjadi pertimbangan untuk wanita supaya bisa lebih selektif memilih skin care atau produk lepas lainnya seperti wardah dengan harga yang sesuai dan kebutuhan kulit yang sesuai diinginkan sehigga dapat memberikan kepuasan pelanggan yang baik dengan harga,produk atau perawatan yang telah disediakan.

    Komentar oleh Amalia Soleha Syaihu | Januari 13, 2016 | Balas

  75. NAMA : ILHAM PADILAH
    NIM : C1B013002
    TUGAS : PROPOSAL TENTATIF

    Selamat siang pak johannes, berikut adalah tugas dari proposal tentatif saya yang berjudul :

    PENGARUH KUALITAS PRODUK, LOKASI DAN LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN RUMAH MAKAN BASUO DI KOTA JAMBI

    1.1 Latar Belakang
    Bisnis khususnya di bidang usaha rumah makan, merupakan industri jasa yang fluktuatif, karena tinggi rendahnya tingkat pengunjung rumah makan sangatlah dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor dari dalam rumah makan itu sendiri yaitu fasilitas-fasilitas apa saja yang dimiliki oleh rumah makan dan kualitas pelayanannya. Sedangkan ayang dimaksud dengan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar perusahaan yang mencakup faktor sosial, ekonomi, dan kebijakan-kebijakan pemerintah. Penigkatan berbagai fasilitas dan jasa pelayanan jasa rumah makan ternyata dapat memperkuat persaingan di kalangan para pengelolaa rumah makan dalam usaha menjaring konsumen dan mempertahankan para pengunjung.
    Jasa rumh makan merupakan akomodasi komersial yang memyediakan jenis layanan (service). Persaingan antar pengusaha rumah makan, dapat dilihat dengan adanya berbagai macam fasilitas yang di tawarkan oleh pihak rumah makan kepada para konsumen, seperti jasa catering, pesn antar, maupun nasi kotak. Mereka akan berusaha memberi nilai tambah yang berbeda terhadap produk jasa serta pelayanan yang diberikan kepada para konsumen. Hal ini dilakukan karena adanya kenyataan bahwa konsumen yang tidak puas terhadap barang atau jasa dari perusahaan lain yang mampu memuaskan kebutuhan para pengunjung.
    Pada era gobalisasi sekarang ini, paradigma tentang rumah makan dan restaurant telah berubah, bukan saja menyediakan hidangan makanan dan minuman saja, tetapi juga menawarkan berbagai pelayanan. Selain memuaskan rasa lapar para pengunjung, usaha rumah makan juga menyediakan suasana nyaman, tenang dalam menyantap hidangan. Disamping sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan utama yaitu makan dan minum, restauran dan rumah makan juga digunakan sebagai temapat untuk berkumpul, bersosialisasi, bertukar pikiran, memperluas jaringan dan bahkan menjadi salah satu pertemuan bisnis anatar pengusaha eksekutif. Sehingga dapat dikatakan kebiasaan makan dan minum diluar rumah telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern dan bertambah luas dari fungsi utamanya.
    Berdasarkan adanya perubahan-perubahan pada perilaku konsumen, dan semakin kuatnya persaingan dalam menjaring pangsa pasar, pemilik usaha dituntut untuk harus memperhatikan dan mengetahui apa yang menjadi kebutuhnan dan keinginan konsumen, sehingga pemilik usaha harus bisa membuat strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan produk sehingga akan memberikan suatu daya tarik kepada konsumen untuk menempatkan tempat usahanya sebagai pilihan utama dalam keputusan pembeliannya. Keputusan pembelian yang dilakuakn oleh konsumen merupakan tujuan utama dari para pengusaha rumah makan, sehingga akan memberikan keuntungan dan akan membuat usaha tersebut dapat bertahan dari persaingan yang ada. Dengan adanya keputusan pembelian oleh konsumen para pemasar akan dapat membangun kepercayaan, dan komitmen konsumen dan serta meningkatkan kepuasan konsumen melalui kualitas produk, penetapan lokasi yang baik disertai dengan kualitas pelayanan yang prima pada akhirnya akan dapat membentuk loyalitas dari para konsumen.
    Rumah makan Basuo merupakan salah satu rumah makan yang terletak disamping pusat perbelanjaan Jamtos ( Jambi Town Square). Rumah makan ini menyajikan berbagai macam makanan dengan lauk yang bervariasi yang bisa dipesan sesuai dengan keinginan. Meskipun banyak ruamah makan yang sejenis namun tetap saja rumah makan ini memiliki pengunjung lebih banyak dari rumah makan lain.
    Menurut Hurriyati (2005:129) loyalitas pelanggan adalah komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk atau jasa terpilih secara konsisten dimasa yang akan datang, meskipun pengaruh situasi dan usaha-usaha pemasaran mempunyai potensi untuk menyebabkan perubahan perilaku.
    Selanjutnya, menyadari peran penting konsumen terhadap keuntungan, perusahan berupaya mencari cara agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Hal ini pula yang dilakukan oleh rumah makan Basuo yang memberikan jasa makanan yang dituntut secara terus menerus untuk kian menigkatkan kualitas produk, penempatan lokasi serta menigkatkan kualitas layanan agar jumlah pelanggan semakin banyak.
    Menurut Tjiptono (2008:95) produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan. Dari uraian diatas dapat diketahui bahwa produk bukan hanya sesuatu yang berwujud (tangible) seperti makanan, pakaian, buku dan sebagainya, akan tetapi produk juga merupakan sesuatu yang tidak berwujud (intangible) seperti pelayanan jasa. Konsumen bukan hanya membeli produk itu sendiri tetapi pada inti sebenarnya konsumen membeli manfaat (benefit) dari produk yang bersangkutan. Jadi perusahaan yang bijak akan menjual manfaat produk sekaligus prodk itu sendiri untuk memenuhi kebutuhnan dan keinginan konsumen.
    Kualitas produk adalah faktor penentu kepuasan konsumen setelah melakukan pembelian dan pemakaian terhadap suatu produk. Dengan kualitas produk yang baik maka keinginan dan kebutuhan konsumen terhadap produk akan terpenuhi.
    Selanjutnya faktor lokasi atau tempat juga merupakan faktor utama yang menentuksn keberhasilan bisnis. Suatu lokasi dapat disebut strategis apabila berada dipusat kota, kepadatan populasi, kemudahan mencapainya menyangkut kemudahan transfortasi umum, kelancaran arus lalu lintas dan arahnya membingungkan konsumen, serta kelanacaran para pejalan kaki dan sebagainya.
    Kualitas peayanan juga menjadi salah satu kunci utama keberhasilan. Hal tersebut serasi dengan kualitas pelayanan menurut Tjiptono (2005) dimana kulitas pelayanan adalah upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketetapan penyampaiannya untuk mengimbangi harapan pelanggan. Dengan adanya kualitas prodk dan kualitas pelayanan yang baik dan didukung dengan strategi penempatan lokasi yang tepat tentu juga akan memepengaruhi kepercayaan konsumen yang menimbulkan rasa loyal.

    Komentar oleh Ilham padilah | Januari 17, 2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: