Johannessimatupang’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

LATIHAN BI DAN PENULISAN ILMIAH KELAS II A


Halaman ini diperuntukkan untuk kelas BI dan penulisan ilmiah kelas II Reguler Mandiri. Semua tugas diunggah pada halaman ini saja sesuai dengan kelas peserta. Powerpoin yang tersedia harus diunduh. SUKSES UNTUK SEMUA.

Powerpoin Kuliah
BI Arti Fungsi dan Ragam Bahasa Indonesia
BI EYD Bahasa Indonesia yang disempurnakan

Pedoman Penulisan Esai Blog Pedoman Penulisan Esay Maret 2016

CARA MENCITASI

Citasi yang benar April 2016

DAFTAR NILAI PESERTA 4 KELAS

Copy of DPNA-IND107B – Bahasa Indonesia dan Tehnik Penulisan Ilmiah (3 (Recovered) Copy of DPNA-IND107A – Bahasa Indonesia dan Tehnik Penulisan Ilmiah (3.00 SKS) – 20152 – (Prodi – 61201)Copy of DPNA-IND107B – Bahasa Indonesia dan Tehnik Penulisan Ilmiah (3 (Recovered)Copy of DPNA-IND107B – Bahasa Indonesia dan Tehnik Penulisan Ilmiah (3.00 SKS) – 20152 – (Prodi – 61201)Copy of DPNA-IND107B – Bahasa Indonesia dan Tehnik Penulisan Ilmiah (3 (Recovered)

Maret 10, 2016 - Posted by | Uncategorized

22 Komentar »

  1. MENINGKATNYA PENULIS DAN PEMBACA RUANG ONLINE DI ERA GLOBALISASI
    Oleh : Annisaa (RRC1B013089) M2A

    Beberapa tahun yang lalu mudah sekali untuk menemukan orang-orang yang mencurahkan isi hatinya di dalam sebuah buku diary. Ketika mengalami kejadian yang berarti, atau kejadian-kejadian yang melibatkan perasaan, entah perasaan senang ataupun sedih orang-orang dengan antusias menuangkannya dalam lembaran-lembaran buku diary mereka. Dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, semua kalangan dan umur dapat dengan leluasa menulis isi hati mereka. Diary merupakan hal yang sangat pribadi, bahkan banyak buku diary yang memiliki kunci dan gembok kecil dengan tujuan agar dapat terhindar dari tangan-tangan usil yang bisa saja membuka buku diary tanpa sepengetahuan pemiliknya. Kalaupun buku diary tersebut tidak memiliki kunci dan gembok, sang pemilik buku diary akan menyimpannya dengan hati-hati, di tempat tertentu, tersembunyi dari orang lain. Karena isi buku diary sangat beragam, begitu banyak momen yang mungkin tidak ingin dibagi dengan orang lain entah karena malu atau alasan lainnya, diary seringkali menjadi tempat curahan hati yang paling baik, diary tidak akan membicarakan cerita-cerita menggelikan kepada siapapun, diary akan tetap diam dan menyimpan semua cerita dengan baik.

    Di era globalisasi ini, sudah sangat jarang ditemukan orang-orang yang menulis buku diary. Tentunya masih ada segelintir orang yang menulis buku diary, namun jumlahnya menurun drastis. Bahkan anak-anakpun jarang sekali menggunakan buku diary, tidak seperti beberapa tahun yang lalu anak-anak gemar menulis tentang kejadian dalam hari-hari mereka. Ada banyak faktor yang dapat mengurangi penggunaan diary dalam kehidupan di era modern ini. Faktor utama tentunya perkembangan zaman, seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya kebutuhan manusia, teknologi berkembang begitu pesat, terutama dalam bidang informasi dan komunikasi. Misalnya, munculnya smartphone dengan berbagai merk yang memungkinkan penggunanya untuk menikmati fitur-fitur canggih yaitu penggunaan internet yang semakin cepat dan praktis, permainan-permainan online yang semakin beragam, hingga munculah jejaring sosial yang membuat orang-orang dapat terhubung satu sama lain tanpa sebuah batas. Dengan jejaring sosial semua orang dapat terhubung dengan rekan, teman, keluarga, partner bisnis bahkan dengan siapapun. Jejaring sosial mulai terkenal ketika munculnya Friendster, MySpace hingga akhirnya munculah Facebook yang merupakan gebrakan besar bagi dunia jejaring sosial, selain itu ada pula Tumblr, semacam blog namun dengan fitur yang menarik dan lebih sylish sangat cocok untuk anak muda.

    Munculnya berbagai macam jejaring sosial ini membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya, dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Namun, remaja cenderung menjadi pengguna yang paling aktif dalam menggunakan jejaring sosial. Bahkan, seringkali remaja memposting terlalu banyak hal di jejaring sosial, dari mulai kegiatan sehari-hari hingga cerita pribadi mereka. Itulah mungkin salah satu mengapa buku diary mulai ditinggalkan. Mereka lebih memilih untuk menuliskan cerita hidupnya di jejaring sosial, dan mereka tidak lagi menyembunyikannya, mereka dengan sengaja membiarkan orang-orang membaca atau memngunjungi jejaring sosial miliknya.

    Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan pengguna blog terbesar kedua di dunia setelah Inggris versi WordPress. Dalam enam bulan belakangan ini, setidaknya 143.108 log telah di-hosting oleh pengguna. Di samping itu, Bahasa Indonesia juga tercatat sebagai bahasa ketiga terbesar yang banyak digunakan di seluruh dunia menurut WordPress setelah Inggris dan Spanyol, yang berturut-turut menempati urutan pertama dan kedua. Hal ini menunjukkan bahwa minat penulis blogger di Indonesia dikatakan meningkat sangat pesat tiap tahunnya. Dan boleh dikatakan sebagian pengguna atau penulis blogger berasal dari kalangan remaja dan dewasa hal ini terbukti dari data yang telah diuraikan diatas.

    Kemajuan teknologi ditambah banyaknya ruang online yang memfasilitasi penulis dalam wadah aktualisasi nya memberikan banyak manfaat bagi para penulis yang ingin menuangkan ide-idenya yang terhalang oleh rendahnya minat pembaca saat ini. Karena pada umumnya pembaca sangat bosan dengan tulisan-tulisan yang dibuat dalam bentuk novel,cerpen,buku dan lainnya. Dengan kemajuan teknologi inilah membuat para pembaca mulai tertarik lagi untuk membaca karena dikemas dalam bentuk berbeda yaitu seperti blogger,wordpress, tumblr dan lainnya. Tak dipungkiri lagi dewasa ini telah menunjukkan bahwa penulis dan pembaca di media online sangat meningkat pesat di tiap tahunnya.

    Komentar oleh Annisaa (RRC1B013089) M2A | Maret 30, 2016 | Balas

    • assalamualaikum…gimana sih kak caranya ngirim artikel kita ke web pak jon ni.makasih sebelumnya kakūüôā

      Komentar oleh fia | Mei 1, 2016 | Balas

    • Nama : Fia Alawiyah
      Nim : C1B015014
      Kelas : Manajemen A
      Sumber : Buku, Kamus, Berita, Rekan, dan Internet

      PERAN MAHASISWA WIRAUSAHA DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA
      Aktifitas kewirausahaan kini menjadi pilihan yang diminati kaum muda,khususnya mahasiswa. Mereka menciptakan organisasi untuk komunikasi sebagai wadah bisnis. Organisasi ini terbentuk karena adanya motivasi tersendiri bagi mahasiswa yang entrepreneur. Enterpreneur menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) didefinisikan‚ÄĚSebagai orang yang pandai mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkanya‚ÄĚ. Peran Dosen juga penting dalam memotivasi enterpreneur mahasiswa akan hal ini, sebab berwirausaha itu adalah hal yang menarik dan dapat membuat masa depan lebih gemilang dibandingkan menjadi pegawai biasa.
      Mahasiswa wirausaha dapat mengurangi pengangguran di Indonesia,penyebabnya karena minimnya lapangan pekerjaan. Angka pengangguran di Indonesia bertambah, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah pengangguran di Indonesia pada Agustus 2015 sebanyak 7,56 juta orang, bertambah 320 ribu orang dibandingkan dengan periode yang selama tahun lalu 7,24 juta jiwa.
      Dapat kita lihat sekarang ini, banyak sekali masalah dibidang ekonomi mengenai pengangguran dan kemiskinan. Masalah pengangguran dan kemiskinan di Indonesia sering dijumpai, masalah ini tidak bisa dianggap remeh saja. Karena dengan banyaknya masyarakat miskin dapat mempengaruhi kebutuhan untuk membiayai pendidikan. Jangankan biaya pendidikan, biaya untuk kebutuhan sehari-hari sulit untuk didapatkan. Dengan tidak adanya pendidikan dan keahlian maka akan terciptalah pengangguran dimana-mana.
      Peran mahasiswa wirausaha dapat memberi perubahan Indonesia, perubahan dengan cara kewirausahaan inilah yang dapat membuka lapangan kerja baru untuk mengatasi masalah pengangguran. Dengan cara itu diharapkan peran mahasiswa membangun perekonomian Indonesia. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengambil judul makalah mengenai ‚ÄúPERAN MAHASISWA WIRAUSAHA DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA‚ÄĚ.

      Komentar oleh Fia Alawiyah | Mei 2, 2016 | Balas

  2. ‚ÄĘ Nama : Dion Sofando
    ‚ÄĘ Nim : RRC1B015029
    ‚ÄĘ Kelompok : 4
    ‚ÄĘ Topik : Pelecehan seksual
    ‚ÄĘ Sub Topik : Dampak pelecehan seksual terhadap korban

    ‚ÄúDampak pelecehan seksual terhadap korban‚ÄĚ
    Kasus pelecehan seksual atau kekerasan seksual mungkin sudah marak terjadi di sekitar kita dan banyak berita nya di televisi maupun media social, dan kasus nya sangat beragam mulai dari kasus saiful jamil maupun kasus pelecehan terhadap anak ‚Äď anak di sekolah Jakarta internasional school(JIS) yang di lakukan oleh guru kepada murid nya ini di sebab kan karena korban ‚Äď korban tidak mampu melawan.
    Mereka tidak mampu melawan karena bakal di beri sesuatu yang sangat mengiurkan seperti kasus saiful jamil korban nya yang di berikan janji untuk di jadikan asisten diri nya serta korban ‚Äď korban jis diberi nilai bagus atau merasa takut karena bakal di marahi oleh guru mereka dan di beri hukuman yang akan mendapatkan tindak kekerasan oleh pelaku tersebut ketidak mampuan ini lah yang membuat korban ‚Äď korban pelecehan seksual makin banyak dan kurang nya sex education oleh orang tua terhadap anak karna anak ‚Äď anak tidak tau mana bagian vital yang tidak boleh di pegang oleh orang lain serta dapat melawan dan berteriak agar orang sekitar dapat menolong
    Bentuk kekerasan dan pelecehan seksual itu sendiri antara lain pelaku memaksa korban untuk memegang bagian tubuh nya sendiri,atau pun bagian tubuh pelaku, dan bagian tubuh anak lain. Pelaku mempertunjukan atau memperlihatkan bagian tubuhnya (termasuk alat kelamin) kepada korban secara cabul, dan tidak pantas. Pelaku memegang, meraba, atau mengelus alat kelamin korban.
    Dampak yang dirasakan oleh korban pelecehan seksual itu antara lain dampak psikologis korban akan mengalami trauma yang mendalam,selain itu stres yang di alami korban dapat menganggu mentalnya.dampak fisik seperti pendarahan di alat vital korban nya maupun faktor utama penularan penyakit menular seksual, korban juga merasa malu terhadap lingkungan sekitar dan tidak mau bergaul dengan orang lain dan bermain dengan teman nya akan tetapi kita seharusnya memberi mereka motivasi dan dukungan moral untuk bangkit dan menjalani kehidupan nya seperti normal.
    Apa penyebab banyak nya korban anak ‚Äď anak terhadap kasus pelecehan seksual?
    Penyebab nya adalah kurang nya didikan sex education, anak mudah percaya terhadap orang yang baru di kenal nya, anak mudah di beri iming ‚Äď iming misalnya akan di berikan coklat maupun permen serta tidak mampu melawan di karenakan fisik nya yang kecil dan tenaga nya yang kalah dengan orang dewasa atau pelaku.
    Bagaimana cara menghindari tindak pelecehan seksual dan cara melawan nya?
    Kita harus berteriak kalo pelaku melakukan pelecehan kalo daerah sekitar ramai kalau pun kita di suatu tempat sepi kita harus memukul korban seperti memukul selangkangan nya dan lari untuk mendapatkan pertolongan.

    Komentar oleh Dion Sofando | Maret 30, 2016 | Balas

  3. Nama: Yesa Riska Tiara
    Nim: RRC1B015013
    Kelompok: 6
    Topik: Laut China Selatan
    Sub Topik: Laut China Selatan Wilayah Yang Penting

    Laut China Selatan Wilayah Yang Penting

    Laut Cina Selatan salah satu wilayah penting di Dunia. Wilayah ini terdapat di kawasan benua ASIA. Wilayah ini dikatakan penting karena di wilayah ini terjadi perdagangan terbesar didunia. Itu artinya wilayah ini sangat berpengaruh bagi dunia. Bukan hanya itu saja, wilayah laut china selatan yang memiliki beberapa pulau ini mempunyai kekayaan alam yang banyak, baik didarat kepulauannya maupun didasar lautannya. Itu yang menyebabkan wilayah ini sangat penting bagi beberapa negara khususnya negara yang sangat dekat dengan wilayah Ini.
    Indonesia salah satu negara yang dekat dengan wilayah Laut China Selatan ini. Salah satu pulau Indonesia terdapat diperaiaran Laut China Selatan. Pulau Natuna adalah pulau yang letaknya diperairan Laut China Selatan. Beberapa hari ini, Indonesia dikejutkan dengan konflik yang terjadi di perairan Laut China Selatan. China mengklaim bahwa Kepulauan Natuna adalah milik mereka, bahkan mereka telah membuat peta dan memasukan Kepulauan Natuna kedalam wilayah mereka. Padahal Natuna dengan sangat jelas milik Indonesia dan salah satu wilayah yang sangat penting bagi Indonesia.
    Sebagai warga Negara Indonesia seharusnya kita harus melindungi Kepulauan Natuna dengan sangat ketat. Karna kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang terdapat disana sangat berlimpah ruah. Baik didarat maupun dasar laut, sumber daya alamnya sangat banyak. Itu salah satu hal membuat kita harus mementingan wilayah yang sedang diklaim oleh Negara China. Walaupun awalnya negara kita sangat netral atas terjadinya konflik sengketa yang dibuat oleh China dengan beberapa negara. Seharusnya sedari awal kita harus berhati-hati. Tapi, apa mau dikata semuanya sudah terjadi. Dan ketika China membuat konflik tentang wilayah milik negara Indonesia. Kita harus menentang dengan keras.
    Pemerintah Indonesia memang sudah bertindak cepat atas sengketa yang dilakukan oleh China terhadap kepulauan natuna yang mengklaim bahwa kepulauan tersebut milik Negara China. Tapi, sebaiknya kita perlu berhati-hati terhadap Negara China. Jika dengan enaknya saja dia bisa membuat peta dan memasukan wilayah Kepulauan Natuna menjadi wilayahnya. Bisa saja nanti China melakukan hal yang lebih berani lagi untuk mengklaim Kepulauan Natuna sebagai wilayahnya. Hal itu bisa saja terjadi, karna tujuan China ingin menguasai seluruh wilayah perairan Laut China Selatan. Dengan dia memiliki seluruh wilayah tersebut dia bisa menguasai dunia, karna Laut China Selatan adalah jalur perdagangan terbesar didunia.
    Apabila Kepulauan Natuna yang banyak terdapat SDA yang berlimpah diambil alih oleh China. Indonesia akan banyak kehilangan hal-hal penting yang terdapat di Kepulauan Natuna. Kita tau bahwa Kepulauan Natuna adalah penghasil gas terbanyak di Asia Pasifik bahkan dunia. Yang terjadi jika Kepulauan Natuna diambil bukan hal-hal penting yang terdapat disana saja kita akan kehilangan. Tapi, wilayah kita semakin berkurang dan tak hanya itu SDA yang terdapat di kepulauan natuna akan dimiliki negara china itu artinya pendapatan ekonomi kita akan berkurang. Karna kita tidak memiliki lagi pendapatan dari sumber daya alam yang terdapat di Natuna. Jadi sebagai warga negara indonesia kita harus bersatu mempertahankan salah satu pulau kita tersebut, bukan saja Pemerintah dan Angkatan Militer yang melindungi kepulauan tersebut semua warga negara harus berperan penting melindungi Kepulauan Natuna yang sangat penting di Indonesia.Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan Kepulauan Natuna asalkan kita bersatu.

    Komentar oleh Yesa Riska Tiara | Maret 31, 2016 | Balas

  4. Nama : Melia Junita Sari
    NIM : RRC1B015063
    Kelas : M2A Manajemen
    Mata Kuliah : Bahasa Indonesia dan Teknik Penulisan Ilmiah
    Kelompok : 6
    Tugas -1
    LAUT CHINA SELATAN
    DAMPAK KONFLIK SANGKETA LAUT CHINA SELATAN
    Ancaman dan tantangan keamanan terbesar di Asia Tenggara saat ini adalah memanasnya konflik laut China Selatan yang terjadi di beberapa negara ASEAN yaitu Malaysia, Philipina, Vietnam, Brunei dengan China dan Thaiwan. Konflik wilayah laut China Selatan di akibatkan oleh negara China yang seenaknya mengklaim wilayah sana sini. Hal ini disebabkan wilayah laut China Selatan yang memiliki beberapa pulau ini mempunyai keyaan alam yang melimpah ruah baik di daratan maupun di dasar lautnya. Hal inilah yang menyababkan konflik yang terjadi antara negara-negara yang bersangkutan dan akan memberikan dampak terhadap negara tersebut.
    Indonesia meskipun sangketa laut China Selatan berstatus non claimant states, Indonesia merupakan salah satu negara yang terlibat konflik laut China Selatan. Salah satu pulau Indonesia terdapat diperairan laut China Selatan yaitu kepulauan natuna. China mengklaim bahwa kepulauan natuna adalah milik mereka dan bahkan dengan beraninya mereka telah memasukkan kepulauan natuna kedalam wilayah mereka. Padahan kepulauan natuna tersebut murni milik Indonesia dan tidak bisa diganggugugat. Hal ini akan memberikan dampak yang buruk terhadap negara Indonesia.
    Dampak yang terjadi pada Indonesia terhadap konfik laut China Selatan adalah akan berdampak terhadap ketahanan nasional. Ketahan nasional merupakan kekuatan nasioanl dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar, karena dapat membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Maka dari itu kita sebagai warga negara Indonesia harus menjaga dan melindungi kepulauan natuna dengan sangat ketat agar tidak diambil alih oleh negara China.
    Konflik yang terjadi dengan negara Amerika Serikat juga akan memberikan dampak terhadap negara tersebut. Tetapi dampak yang dirasakan oleh negara tersebut justru membawa dampak yang positif. Dengan adanya konflik di wilayah laut China Selatan banyak negara lain yang ingin bekerjasama dengan Amerika Serikat .Bahkan Amerika Serikat ingin membina hubungan yang baik dengan China demi untuk kepentingan kedua negara tersebut. Meskipun China yang telah menyebabkan konflik antara kedua negara tersebut.
    Oleh karena itu, konflik yang terjadi antara laut China Selatan harus segera terselesaikan dengan baik agar China tidak seenaknya menguasai wilayah laut China Selatan yang bukan miliknya dan menguasai seluruh kekayaan alam yang ada pada laut tersebut. Dan hal ini juga bertujuan agar tidak ada lagi negara-negara lain yang terkena dampaknya ,apalagi seperti terkena dampak yang negatif. Cara penyelesaian konflik tersebut bisa dengan penggunaan kekuatan militer dan menyelesaikan konflik tersebut secara hukum .

    Komentar oleh Melia Junita Sari | Maret 31, 2016 | Balas

  5. TUGAS KE : 1
    NAMA : RAMADHAN DWI PUTRA
    NIM : RRC1B015077
    JURUSAN : MANAJEMEN
    MATA KULIAH : BAHASA INDONESIA DAN METODE PENULISAN ILMIAH
    TOPIK : TEKNOLOGI BARU MASALAH BARU
    SUB BAHASAN : MUDAHNYA MENEMUKAN KONTEN YANG BERBAU PORNO DAN SEKS

    Porngrafi sudah tidak asing lagi bagi kita, bahkan akibat dari kemajuan teknologi. konten yang berbau pornografi semakin mudah di akses oleh semua orang baik orang dewasa maupun orang dewasa pada saat ini. Dahulu oraang akan lebih sulit untuk menemukan sesuatu yang berbau porno bahkan itu adalah hal yang sangat tabu, akan tetapi pada saat ini semakin banyaknya orang mengakses situs-situs yang mengandung pornografi bahkan anak-anak pun dapat mengaksesnya karna terlalu bebas nya dalam dunia teknologi khususnya internet.

    Memang pada saat ini banyaknya situs-situs yang diblokir oleh pemerintah guna mencegah orang-orang untuk mengakses laman tersebut, akan tetapi tidak semua situs yang ada di internet telah diblokir dan mudahnya orang untuk mengupload dalam blognya sehingga banyaknya situs-situs yang tidak terblokir oleh pemerintah sehingga mudah orang untuk melihat ataupun mengunduh konten-konten tersebut.

    Akibat dari banyaknya melihat atau menonton konten-konten pornografi akan menyebabkan kecanduan, dan bahkan faktanya efek dari kecanduan tersebut lebih parah dari kecanduan narkoba. Bagi orang dewasa hal ini mungkin masih dapat ‚Äúdikendalikan‚ÄĚ, akan tetapi anak-anak yang melihat pornografi tersebut maka mentalya akan terganggu, dimana anak akan ketagihan melihat pornografi dan yang lebih parahnya mereka akan mencoba apa yang sering mereka lihat.

    Dampak lain dari keseringan melihat konten pornografi adalah merebaknya tindak kejahatan seperti pemerkosaan, pelecehan seksual, dan lain sebagainya. Orang yang sering melihat pornografi akan melakukan segala hal untuk memuaskan nafsu bejat nya akibat dari tidak terkontrolnya nafsu dikarenakan film prono yang sering dilihatnya,sehingga akan berdampak buruk bagi orang disekitarnya.

    Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka kita seharusnya bisa mengontrol diri dari semua hal-hal yang bersifat negatif, bagi anak-anak agar tidak terpengaruh dalam hal pergaulan pornografi, jadi peran orangtua sangatlah penting bagi perkembangan anak jangan sampai mereka bebas menggunakan internet dan orang tua harus selalu mendampingi anak dalam mengakses internet maupun menonton film. Pemerintah pun harus lebih banyak memblokir situs-situs dan me-sensor tv swasta yang mengandunng unsur-unsur porno dan seks.

    Komentar oleh RAMADHAN DWI PUTRA | Maret 31, 2016 | Balas

  6. TUGAS : 1
    NAMA : RAKAWI SAPUTRA
    NIM : RRC1B015033
    JURUSAN : MANAJEMEN S1
    MATA KULIAH : BAHASA INDONESIA DAN METODE PENULISAN ILMIAH
    TOPIK : KEKERASAN TERHADAP ANAK
    SUB PEMBAHASAN : PERKEMBANGAN TEKNOLOGI YANG TAK STABIL MEMICU TERJADINYA
    KEKERASAN TERHADAP ANAK

    Saat ini , semakin canggih penggunaan teknologi, perkembangan zaman semakin tidak terkendali . Salah satunya kekerasan terhadap anak kecil. Jika kita menimbang dan mengimbau begitu banyak korban anak yang telah dibunuh oleh orang tua kandungnya sendiri , bahkan saat ia balita , orang tua tega membuangnya.
    Kasus seperti ini sering sekali kita temukan di daerah-daerah terdekat, bahkan dengan adanya teknologi saat ini akan semakin mudah terjadinya kekerasan , seperti kasus pencabulan terhadap anak kecil, penculikan lalu dianiaya bahkan di bunuh.
    Seperti yang saya ketahui kasus ini juga kerap sekali dilakukan oleh ibu kandungnya sendiri karena hal kecil, sebagai contoh : anaknya masih kecil  ļmerengek- rengek , menangis meminta pertolongan ibunya karena sedang sakit. Ibunya, justru acuh tidak memperhatikan anaknya bahkan apabila anaknya tersebut semakin keras menangis ia memukul anak nya dengan benda yang berbahaya bahkan menimbulkan bekas luka yang permanen .
    Semua ini disebabkan oleh ‚Äúbroken home  ļ perekonomian keluarga , kemiskinan atau kebingungan seorang seperti  ļ single parent  ļ untuk merawat anak tanpa ada seorang ayah pasti akan sangat kesusahan , oleh karena itu kebanyakan orang tua melampiaskan rasa marah terhadap anaknya sendiri, atau bahkan karena gangguan jiwa yang ada pada diri orang tuanya, sehingga anak anak kandungnya sendiri tidak terurus, tidak bisa menikmati kebahagian seperti anak yang lainnya dan kerap kita temui anak – anak kecil yang lari kekerasan orang tuanya . Mereka pergi dan memilih untuk pergi seperti mengamen, mengemis. Di situlah sebagai anak tidak pernah merasakan ataupun mendapatkan HAK yang seharusnya ia miliki.
    Dalam kasus seperti ini kita bisa berpendapat bahwa seharusnya orang tua di luar-luar sana harus bisa mengontrol emosinya , dan sebagai orang tua juga harus juga mengerti bahwa usia anak masih ingin merasakan kegembiraan dan kasih sayang orang tua. Dan apabila orang tua tidak bisa mengasuh anaknya karena faktor ekonomi , salah satu jalan titipkan di PANTI ASUHAN agar mereka terurus dengan baik . Tetapi apabila orang tua sudah bersikap kasar atau bahkan menganiaya anaknya sampai meninggal itu harus di laporkan kepada polisi agar di beri sanksi dan hukuman .

    Komentar oleh rakawi saputra | Maret 31, 2016 | Balas

  7. NAMA : MARDONI
    NIM : RRC1B015055
    MATA KULIAH : BAHASA INDONESIA DAN METODE PENULISAN ILMIAH KELAS (A)
    JURUSAN : MANAJEMEN S1
    TOPIK : SENGKETA LAUT CINA SELATAN (KELOMPOOK 6)
    SUB BAHASAN : PENYELESAIAN KONFLIK LAUT CINA SELATAN

    Konflik di kawasan laut Cina Selatan menjadi salah satu bahasan dalam pertemuan tingkat tinggi Negara-negara ASEAN. Hal ini mengakibakan perdebatan sejumlah Negara yang terlibat dalam konflik tersebut, konflik yang terjadi dikarenakan kawasan laut Cina Selatan sangat berperan penting dalam lalu lintas perdagangan dunia. Namun dengan masalah konflik yang terjadi lalu lintas perdagangan dunia antar perbatasan laut Cina ini menjadi agak terhambat. Akibatnya Negara yang terlibat menderita sehingga mereka enggan melakukan perdagangan karena mereka merasa dirugikan.
    Banyak dampak yang dapat ditimbulkan oleh permasalahan yang terjadi akibat konflik laut Cina Selatan ini, terutama dampaknya pada Negara-negara yang bersangkutan. Seharusnya Negara yang bersangkutan dapat berfikir secara realistis apa yang mereka lakukan jangan sampai melanggar perbatasan atau melakukan pelanggaran terhadap Negara tetangga, apalagi jika sebelumnya Negara tersebut dianggap telah menjadi saudara mereka sendiri. Apakah mereka mampu tidak melanggar apa yang telah diatur dalam Undang-undang Negara mereka.semua yang dilanggar oleh Negara-negara tetangga mereka harusnya mampu dipertanggung jawabkan oleh Negara yang melanggar tersebut. Dengan kata lain perlunya kesadaran dari setiap Negara yang bersangkutan.
    Penyelesaian konflik tentang masalah ini seharusnya dilakukan secara terstruktur dengan baik dan bagi si pelanggar seharusnya diberikan efek jera sehingga mereka yang ingin melakukan pelanggaran akan merasa enggan bahkan tidak jadi melakukan hal yang melanggar Undang-undang negara tersebut. Contohnya saja jika ada kapal asing yang ingin melakukan pencurian ikan (illegal fishing) di daerah lautan Indonesia, kapal tersebut langsung di tangkap dan dibakar oleh menteri perikanan Indonesia. Dengan adanya peraturan perundangan-undangan yang telah diatur seharusnya menjadikan mereka lebih takut dan tunduk agar tidak melakukan hal yang sama lagi.
    Namun Indonesia tidak terlibat dalam konflik karena wilayah perairan laut Indonesia tidak berbatasan langsung dengan kawasan yang sedang menjadi rebutan tersebut. Tetapi Indonesia membantu mendorong penyelesaian masalah laut Cina Seatan ini. Sejumlah Negara yang terlibat dalam konflik memperebutkan kawasan tersebut adalah Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Taiwan.
    Potensi konflik tidak saja mempengaruhi stabilitas dan keamanan Negara-negara yang berada disekitarnya. Semua Negara yang berada dipinggiran Pasifik Barat baik Negara-negara kecil maupun Negara-negara yang sudah maju tetap mempunyai kepentingan yang cukup besar bagi stabilitas dan keamanan regional di laut Cina Selatan. Karena betapapun juga laut Cina Selatan, adalah merupakan wilayah jalur laut bagi navigasi internasional dan merupakan wilayah pelintasan yang paling ramai. Jalur laut bagi navigasi internasional serta sebagai wilayah pelintasan yang paling ramai di Pasifik ditambah dengan bobot konflik sengketa teritorial syarat telah menciptakan kawasan laut Cina Selatan, merupakan kawasan yang rawan dipandang dari sudut stabilitas da keamanan regional, baik Asia Tenggara maupun Asia Pasifik.

    Komentar oleh Mardoni | Maret 31, 2016 | Balas

  8. Nama : INDRA KURNIAWAN
    Nim : RRC1B013019
    Topik : PROYEK HAMBALANG
    Sub bahasan : KORUPSI YANG SUDAH MENJADI BUDAYA

    Berawal sejak indonesia masih berupa kerajaan-kerajaan korupsi sudah berjalan karena tahta raja diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang.
    Wajar memang jika kita memahami budaya sebagai suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
    Namun kata budaya berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah artinya hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia, Jika demikian, korupsi bukan budaya karena budaya bersifat positif sedangkan korupsi bersifat negatif.
    Korupsi budaya terjadi karena lemahnya kontrol sosial pengabaian terhadap upaya mementingkan pribadi diatas kepentingan publik pada saat mereka mempunyai kedudukan atas mandat publik baik langsung maupun tak langsung.
    Obat yang paling mujarab untuk memberantas korupsi adalah mendidik moral kususnya kejujuran, kesadaran bahwa korupsi itu salah serta tegaknya hukum agar korupsi di indonesia tidak terus merajalela dan tidak menyebabkan kerugian negara.

    Komentar oleh indra kurniawan | Maret 31, 2016 | Balas

  9. NAMA: ALAN YULIANZA
    NIM : RRC1B015021
    MATA KULIAH : BAHASA INDONESIA DAN PENULISAN ILMIAH
    JURUSAN : MANAJEMEN (A)
    TUGAS : ESAY (1)
    TOPIK : BAHAYA MEROKOK
    SUB TOPIK : PENYEBAB KERUSAKAN LINGKUNGAN AKIBAT MEROKOK

    Merokok merupakan salah satu penyebab bumi menjadi tempat yang semakin tidak layak untuk ditinggali. Hal ini disebabkan karena pemanasan global yang disebabkan dengan rusaknya lingkungan. Salah satu hal penyebab kerusakan lingkungan adalah merokok.
    Asap karbon dioksida ini dapat menyebabkan efek rumah kaca, ketika gelombang panas dari matahari masuk kedalam bumi dan terperangkap didalamnya karena ada karbon dioksida yang menahan mereka untuk diam didalam bumi sehingga bumi dapat menjadi lebih panas.
    Racun yang di keluarkan oleh rokok ini kemudian akan berbaur dengan udara yang ada disekitarnya, dan secara tidak langsung ini akan merusak udara yang ada disekitar orang yang merokok
    Dampak negatif yang lebih besar tidak hanya terhadap perokok tetapi juga orang-orang yang berada disekitarnya akan mengalami resiko buruk lebih tinggi dari pada perokok aktif. Oleh karna itu janganlah merokok di sembarang tempat, tempat-tempat umum, seperti terminal, kendaraan umum, tempat kerja. Ruang tunggu dan fasilitas umum lainnya.
    Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka kita seharusnya bisa mengontrol diri dari kebiasaan merokok dan tidak hanya itu pemerintah pun harusnya bertindak tegas misalnya dengan menaikkan harga rokok sehingga peminat untuk membeli rokok berkurang, seperti halnya yang sudah diterapkan di negara-negara lain

    ‚ÄÉ

    Komentar oleh ALAN YULIANZA | Maret 31, 2016 | Balas

  10. NAMA : M. GERY SEPTIAN
    NIM : RRC1B013088
    JURUSAN : MANAJEMEN
    KELOMPOK : 5
    TOPIK : “KEMACETAN DI JAKARTA “
    “PENYEBAB DAN DAMPAK KEMACETAN DI JAKARTA “

    Kota Jakarta yang merupakan pusat pemerintahan dan Perekonomian negara indonesia tentunya tidak pernah luput dari msalah-masalah dan problem yang datang silih berganti,selain banjir ada lagi satu masalah yang sangat menggangu warga jakarta maupun warga daerah lain yang beraktifitas dijakarta yaitu kemacetan lalu lintas,kemacetan sangatlah merugikan dan menghambat semua aktifitas manusia,dan tentu sangat merugikan,kerugian yang diakibatkan oleh kemacetan di kota jakarta mencapai 28 trilyun pertahun,28 trilyun bukanlah angka yang sedikit jika berlangsung terus-menerus dan tentunya akan sangat merugikan negara. Permasalahan kemacetan Jakarta telah menjadi permasalahan yang lumrah namun belum terpecahkan hingga kini. Berbagai aspek telah terkena imbasnya sehingga menyebabkan pemborosan dan penggunaan energi secara tidak efisien. Akibatnya pembangunan dan mobilisasi masyrakat terganggu yang berdampak pada menurunnya produktivitas dalam berbagai bidang pekerjaan.Tidak hanya masyarakat Jakarta saja yang kewalahan, masyarakat luar Jakarta yang bermata pencarian di Ibu Kota pun ikut menjadi korban dari permasalahan kemacetan Jakarta yang tidak kunjung selesai. Hal ini merupakan hal vital yang dapat menghambat proses pembangunan masyrakat Jakarta pada khususnya dan daerah ‚Äď daerah disekitarnya.
    Penyebab kemacetan dijakarta disebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya adalah jalan raya, kendaraan dan manusia. Penyebab pertama adalah kurangnya pelebaran jalan sehingga membuat pengendara menjadi macet dan juga kondisi serta daya tampung dari jalan raya tersebut kurang dikarenakan berlebihnya kapasitas kendaraan yang dimilki oleh warga jakarta. Kedua adlah kendaraan,sudah tidak dipungkiri jakarta memang memiki kendaraan yang padat dan beragam, hal ini lah yang menyebabkan kemacetan yang terjadi dikarenakan tingkat kesadaran akan kapasitas kendaraan yang harus dimiliki kurang yang membuat bertambahnya volume kendaraan semakin bertambah. Ketiga adalah manusia,tentu saja jakarta merupakan kota terpadat yang dihuni oleh manusia dikarenakan jakarta merupakan tujuan dari seluruh kota yang ada untuk mengadu nasib sehingga banyaknya manusia yang datang setiap tahunnya membuat tingkat kemacetan dijakarta semankin menjadi lebih tinggi.
    Dampak yang ditimbulkan oleh kemacetan dijakarta pasti menimbulkan kerugian, kerugian tersebut sampai sekarang belum bisa dihitung banyaknya dikarenakan banyaknya kemungkinan dan variabelnya. Tidak semua dampak kemacetan itu bersifat negatif walaupun sebenarnya sangat merugikan, dampak negatif itu sendiri beragam diantaranya terganggunya aktivitas, boros BBM, strees dan kelelahan serta terganggunya kualitas udara yang disebabkan polusi. Dampak positifnya adalah kurangnya tingkat kecelakaan yang terjadi dikarenakan kendaraan menjadi lambat serta rezeki bagi PKL untuk berjualan di sepanjang jalan.
    Alternatif penyelesaian kemacetan dijakarta sekarang ini telah dilakukan dan dijalankan akan tetapi kemacetan belum juga terselesaikan. Sebenaranya penanggulangan kemacetan itu sendiri sudah dibuat program yang baik oleh pemprov DKI, tetapi yang membuat kemacetan semakin parah adalah gaya berkendara dari si pengendara sendiri yang membuat kemacetan semakin parah, kenapa saya bilang begitu karena tingkat kesadaran akan kemacetan itu sendiri belum tumbuh dalam pengendara itu sendiri, yang dilakukan hanya mengeluh karena kemacetan akan tetapi tidak sadar akan sikap berkendara merekalah yang membuat kemacetan semakin parah, contoh kendaraan yangnaik trotoar, ugal ugalan serta tidak mematuhi peraturan lalu lintas itu sendiri

    Komentar oleh m. gery septian | Maret 31, 2016 | Balas

  11. Tugas ke-1
    Nama : YOGA ADE PERMANA
    NIM : RRC1B015048
    Mata kuliah : Bahasa Indonesia dan Teknik Penulisan Ilmiah
    Tema : Teknologi Baru Masalah Baru
    Topik: Aplikasi Jejaring Sosial Meracuni Generasi Muda
    Akhir-akhir ini di Indonesia, banyak jenis teknologi baru yang masuk dalam pasar lokal. Dari teknologi transportasi maupun alat komunikasi yang biasa kita gunakan sehari-hari. Contoh alat komunikasi seperti Handphone yang menjadi sarana komunikasi yang cepat dan mudah digunakan. Handphone sendiri sudah banyak inovasi dan kecanggihan masing-masing sesuai jenis, tipe ataupun merek. Dahulunya handphone hanya digunakan untuk SMS dan telepon ke teman, keluarga maupun kerabat jauh. Tetapi handphone sekarang merupakan teknologi baru yang telah menjadi kebutuhan primer khususnya bagi rakyat Indonesia.
    Handphone di jaman modern seperti sekarang ini sangat di senangi oleh remaja, karena sudah memiliki aplikasi atau software yang berteknologi canggih. Salah satu kecanggihan yang dapat kita jumpai yaitu aplikasi jejaring sosial media. Sosial media sendiri biasa digunakan oleh para wartawan untuk menyampaikan liputan ataupun berita kejadian yang sedang terjadi. Tetapi sekarang, semua orang bisa menyampaikan pendapatnya maupun kegiatan sehari-hari di sosial media. Sosial media sudah menjadi tempat mengekpresikan diri dengan menginstal aplikasi yang sudah di sediakan, seperti BBM, LINE, Facebook, instagram dan masih banyak lagi.
    Dari semua aplikasi yang ada di sosial media ini, pastinya banyak kelebihan maupun kekurangannya. Kelebihannya aplikasi ini, kita bisa menghubungi teman, keluarga kita dalam jarak jauh dengan cepat. Selain itu, kita bisa mengetahui kegiatan serta melihat tatap muka langsung ke orang yang dalam jarak jauh, aplikasi ini terdapat di menu tampilan LINE yang sering kita sebut video call.
    Kekurangan dari aplikasi jejaring sosial yaitu handphone kita bisa terkena virus. Bukan hanya handphone yang bisa terkena virus, tetapi para pengguna juga bisa terkena virus sosial. Virus sosial, merupakan tindakan yang tidak beretika dan menjadikan para penggunannya lupa kewajibannya sendiri.
    Dari data yang ada, bahwa pengguna sosial media terbanyak yaitu para remaja. Para remaja ini, merupakan generasi bangsa yang harus dijaga maupun di lindungi oleh bahayanya media. Karena kurangnya pengawasan orang dewasa ataupun orang tua, hal ini para remaja banyak yang terlena akan canggihnya sosial media di handphonenya. Para remaja yang kurang pengawasan orang tua, akan lupa kewajibannya sebagai pelajar, sehingga generasi muda kita akan terbodohi oleh sosial media yang di persalahgunakan. Salah satu contoh di jejaring sosial Facebook, seorang remaja memperlihatkan tindak asusila di bawah umur. Hal ini sangatlah merusak etika maupun identitas negara kita yang memiliki etika yang baik dan benar di mata negara lain.

    Komentar oleh Yoga Ade Permana | Maret 31, 2016 | Balas

  12. NAMA : M. GERY SEPTIAN
    NIM : RRC1B013088
    JURUSAN : MANAJEMEN
    KELOMPOK : 5
    TOPIK : “KEMACETAN DI JAKARTA “
    “PENYEBAB DAN DAMPAK KEMACETAN DI JAKARTA “

    Kota Jakarta yang merupakan pusat pemerintahan dan Perekonomian negara indonesia tentunya tidak pernah luput dari msalah-masalah dan problem yang datang silih berganti,selain banjir ada lagi satu masalah yang sangat menggangu warga jakarta maupun warga daerah lain yang beraktifitas dijakarta yaitu kemacetan lalu lintas,kemacetan sangatlah merugikan dan menghambat semua aktifitas manusia,dan tentu sangat merugikan,kerugian yang diakibatkan oleh kemacetan di kota jakarta mencapai 28 trilyun pertahun,28 trilyun bukanlah angka yang sedikit jika berlangsung terus-menerus dan tentunya akan sangat merugikan negara. Permasalahan kemacetan Jakarta telah menjadi permasalahan yang lumrah namun belum terpecahkan hingga kini. Berbagai aspek telah terkena imbasnya sehingga menyebabkan pemborosan dan penggunaan energi secara tidak efisien. Akibatnya pembangunan dan mobilisasi masyrakat terganggu yang berdampak pada menurunnya produktivitas dalam berbagai bidang pekerjaan.Tidak hanya masyarakat Jakarta saja yang kewalahan, masyarakat luar Jakarta yang bermata pencarian di Ibu Kota pun ikut menjadi korban dari permasalahan kemacetan Jakarta yang tidak kunjung selesai. Hal ini merupakan hal vital yang dapat menghambat proses pembangunan masyrakat Jakarta pada khususnya dan daerah ‚Äď daerah disekitarnya.
    Penyebab kemacetan dijakarta disebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya adalah jalan raya, kendaraan dan manusia. Penyebab pertama adalah kurangnya pelebaran jalan sehingga membuat pengendara menjadi macet dan juga kondisi serta daya tampung dari jalan raya tersebut kurang dikarenakan berlebihnya kapasitas kendaraan yang dimilki oleh warga jakarta. Kedua adlah kendaraan,sudah tidak dipungkiri jakarta memang memiki kendaraan yang padat dan beragam, hal ini lah yang menyebabkan kemacetan yang terjadi dikarenakan tingkat kesadaran akan kapasitas kendaraan yang harus dimiliki kurang yang membuat bertambahnya volume kendaraan semakin bertambah. Ketiga adalah manusia,tentu saja jakarta merupakan kota terpadat yang dihuni oleh manusia dikarenakan jakarta merupakan tujuan dari seluruh kota yang ada untuk mengadu nasib sehingga banyaknya manusia yang datang setiap tahunnya membuat tingkat kemacetan dijakarta semankin menjadi lebih tinggi.
    Dampak yang ditimbulkan oleh kemacetan dijakarta pasti menimbulkan kerugian, kerugian tersebut sampai sekarang belum bisa dihitung banyaknya dikarenakan banyaknya kemungkinan dan variabelnya. Tidak semua dampak kemacetan itu bersifat negatif walaupun sebenarnya sangat merugikan, dampak negatif itu sendiri beragam diantaranya terganggunya aktivitas, boros BBM, strees dan kelelahan serta terganggunya kualitas udara yang disebabkan polusi. Dampak positifnya adalah kurangnya tingkat kecelakaan yang terjadi dikarenakan kendaraan menjadi lambat serta rezeki bagi PKL untuk berjualan di sepanjang jalan.
    Alternatif penyelesaian kemacetan dijakarta sekarang ini telah dilakukan dan dijalankan akan tetapi kemacetan belum juga terselesaikan. Sebenaranya penanggulangan kemacetan itu sendiri sudah dibuat program yang baik oleh pemprov DKI, tetapi yang membuat kemacetan semakin parah adalah gaya berkendara dari si pengendara sendiri yang membuat kemacetan semakin parah, kenapa saya bilang begitu karena tingkat kesadaran akan kemacetan itu sendiri belum tumbuh dalam pengendara itu sendiri, yang dilakukan hanya mengeluh karena kemacetan akan tetapi tidak sadar akan sikap berkendara merekalah yang membuat kemacetan semakin parah, contoh kendaraan yangnaik trotoar, ugal ugalan serta tidak mematuhi peraturan lalu lintas itu sendiri

    Komentar oleh m. gery septian | Maret 31, 2016 | Balas

  13. NAMA : REZY NANDA N
    NIM : RRC1B013058
    KELOMPOK : 5 (LIMA)
    TUGAS : 1
    TOPIK : KEMACETAN JAKARTA
    SUB TOPIK : PENGUATAN PERAN DISHUB TERHADAP KEMACETAN JAKARTA.

    Pemerintah DKI Jakarta telah menetapkan program 3 in 1 sebagai salah satu cara untuk mengurangi permasalahan kemacetan di kota tersebut. Program ini mulai diberlakukan di Jakarta setelah terbentuknya SK Gubernur No. 4104/2003 tentang penetapan kawasan pengendalian lalu lintas dan kewajiban mengangkut paling sedikit 3 orang penumpang perkendaraan pada ruas-ruas jalan tertentu di provinsi DKI Jakarta.[4] Kendaraan roda empat yang melalui daerah-daerah protokol seperti di Jalan Sisingamaradja dan juga Jalan Jend. Sudirman diharuskan mengangkut minimal 3 penumpang ke dalam kendaraannya. Jalur-jalur protokol dipilih sebagai tempat untuk memberlakukan program tersebut karena di daerah-daerah tersebut terdapat pusat kegiatan perkantoran dan juga bisnis sehingga akan ada banyak arus kendaraan yang menuju daerah tersebut. Beberapa tahun setelah diberlakukannya program 3in1 di Jakarta ternyata tidak efektif. Kemacetan masih terjadi di daerah tersebut.

    Dengan adanya 3in1 di daerah tersebut ternyata menimbulkan polemik baru yaitu hadirnya joki 3in1. Joki-joki ini mencoba memanfaatkan program tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Pengguna mobil dapat memanfaatkan jasa mereka agar dapat melalui jalur 3in1 terutama bagi mobil yang tidak berisi minimal 3 orang di dalamnya. Dengan adanya joki dan juga pengguna mobil yang memanfaatkan jasa mereka memperlihatkan bahwa program 3in1 yang dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan Jakarta terbukti tidak efektif dan tidak ada partisipasi dari masyarakat. Razia yang kerap kali dilakukan oleh Satpol PP juga ternyata tidak menghentikankan joki 3in1 untuk beroperasi. Joki telah menjadi salah satu pekerjaan yang dapat membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup.

    Tidak adanya partisipasi dari masyarakat setempat membuat program tersebut tidaklah efektif untuk dijalankan. Penggunaan mobil tetap saja terlihat menumpuk di daerah-daerah protokol tersebut. Hasbi Hasibuan selaku Sekretaris Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengatakan bahwa jumlah kendaraan pribadi tersebut mengangkut 49,7% perpindahan manusia per hari dan sekitar 600.000 unit kendaraan yang mengangkut lebih kurang 1,2 juta orang dari Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi menuju Jakarta.

    Komentar oleh Rezy Nanda N | Maret 31, 2016 | Balas

  14. NAMA : REZY NANDA NASUTION
    NIM : RRC1B013058
    KELOMPOK : 5
    TOPIK : KEMACETAN DI JAKARTA
    SUB TOPIK : PERAN DEPARTEMEN PU DALAM MENGATASI KEMACETAN JAKARTA

    PERAN DEPARTEMEN PU DALAM MENGATASI KEMACETAN JAKARTA

    Kemacetan di daerah ibu kota telah menjadi penyakit kronis sejak awal tahun 1990-an, dengan kecenderungan yang semakin mengkhawatirkan. Berbagai solusi ditawarkan, namun tidak satupun berjalan efektif untuk mengatasinya, karena solusi yang ditawarkan (misal: jalur 3-in-1, jalur khusus bus, perbaikan jalan, dan pembangunan jalan tol) cenderung terpilah-pilah (parsial), tidak sistematis, dan tidak kontinu.
    Departemen Pekerjaan Umum (PU) sebagai pembina urusan jalan merupakan salah satu pihak yang menjadi sasaran complain masyarakat yang bertubi-tubi tentang persoalan kemacetan tersebut. Fakta ini dapat dipahami mengingat saat ini 90% angkutan penumpang maupun barang bertumpu pada jaringan jalan yang ada.Tidak dapat dipungkiri bahwa jalan sejauh ini merupakan harapan terbesar masyarakat ibukota, daerah sekitarnya, bahkan nasional, untuk mendukung kegiatan sosial ekonominya.
    Dengan pembebanan yang ada tersebut, jalan merupakan ground transport infrastructure yang sangat vitaldalam mewujudkan sasaran pembangunan nasional, yakni untuk :Mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dengan target yang telah ditetapkan antara 6 hingga 8%pertahun.
    Mempercepat terjadinya pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, serta pengentasan kemiskinan bagi tidak kurang dari 36 juta jiwa yang hidup dengan penghasilan di bawah US $ 2per hari.Menciptakan lapangan kerja langsung (buruh, supplier material, sektor informal, dan sebagainya) dan tidak langsung (pedagang pasar, penambang galian C, pengusaha restoran, pengusaha BBM, dll).
    Memperkuat kesatuan dan persatuan nasional.Namun, permasalahan kemacetan sangatlah kompleks. Kajian singkat ini berupaya untuk menyajikan anatomi kemacetan ditinjau dari faktor-faktor penyebab, dampak yang ditimbulkan, konsep-konsep untuk mengatasi kemacetan, serta peran yang dapat dimainkan oleh Departemen Pekerjaan Umum sebagai kontribusi untuk mengatasi kemacetan.

    Komentar oleh rezy ananda nasution | Maret 31, 2016 | Balas

  15. Nama : INDRA KURNIAWAN
    Nim : RRC1B013019
    Topik : KORUPSI HAMBALANG
    Sub bahasan : KORUPSI YANG SUDAH MENJADI BUDAYA

    Berawal sejak indonesia masih berupa kerajaan-kerajaan korupsi sudah berjalan karena tahta raja diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang.
    Wajar memang jika kita memahami budaya sebagai suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
    Namun kata budaya berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah artinya hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia, Jika demikian, korupsi bukan budaya karena budaya bersifat positif sedangkan korupsi bersifat negatif.
    Korupsi budaya terjadi karena lemahnya kontrol sosial pengabaian terhadap upaya mementingkan pribadi diatas kepentingan publik pada saat mereka mempunyai kedudukan atas mandat publik baik langsung maupun tak langsung.
    Obat yang paling mujarab untuk memberantas korupsi adalah mendidik moral kususnya kejujuran, kesadaran bahwa korupsi itu salah serta tegaknya hukum agar korupsi di indonesia tidak terus merajalela dan tidak menyebabkan kerugian negara.

    Komentar oleh indra kurniawan | Maret 31, 2016 | Balas

  16. Nama : INDRA KURNIAWAN
    Nim : RRC1B013019
    Topik : KORUPSI HAMBALANG
    Sub bahasan : KORUPSI YANG SUDAH MENJADI BUDAYA

    Berawal sejak indonesia masih berupa kerajaan-kerajaan korupsi sudah berjalan karena tahta raja diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang.
    Wajar memang jika kita memahami budaya sebagai suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
    Namun kata budaya berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah artinya hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia, Jika demikian, korupsi bukan budaya karena budaya bersifat positif sedangkan korupsi bersifat negatif.
    Korupsi budaya terjadi karena lemahnya kontrol sosial pengabaian terhadap upaya mementingkan pribadi diatas kepentingan publik pada saat mereka mempunyai kedudukan atas mandat publik baik langsung maupun tak langsung.
    Obat yang paling mujarab untuk memberantas korupsi adalah mendidik moral kususnya kejujuran, kesadaran bahwa korupsi itu salah serta tegaknya hukum agar korupsi di indonesia tidak terus merajalela dan tidak menyebabkan kerugian negara.

    Komentar oleh indra kurniawan | Maret 31, 2016 | Balas

  17. NAMA : M. GERY SEPTIAN
    NIM : RRC1B013088
    JURUSAN : MANAJEMEN
    KELOMPOK : 5 kelas A
    TOPIK : “KEMACETAN DI JAKARTA “
    “PENYEBAB DAN DAMPAK KEMACETAN DI JAKARTA “
    Kota Jakarta yang merupakan pusat pemerintahan dan Perekonomian negara indonesia tentunya tidak pernah luput dari msalah-masalah dan problem yang datang silih berganti,selain banjir ada lagi satu masalah yang sangat menggangu warga jakarta maupun warga daerah lain yang beraktifitas dijakarta yaitu kemacetan lalu lintas,kemacetan sangatlah merugikan dan menghambat semua aktifitas manusia,dan tentu sangat merugikan,kerugian yang diakibatkan oleh kemacetan di kota jakarta mencapai 28 trilyun pertahun,28 trilyun bukanlah angka yang sedikit jika berlangsung terus-menerus dan tentunya akan sangat merugikan negara. Permasalahan kemacetan Jakarta telah menjadi permasalahan yang lumrah namun belum terpecahkan hingga kini. Berbagai aspek telah terkena imbasnya sehingga menyebabkan pemborosan dan penggunaan energi secara tidak efisien. Akibatnya pembangunan dan mobilisasi masyrakat terganggu yang berdampak pada menurunnya produktivitas dalam berbagai bidang pekerjaan.Tidak hanya masyarakat Jakarta saja yang kewalahan, masyarakat luar Jakarta yang bermata pencarian di Ibu Kota pun ikut menjadi korban dari permasalahan kemacetan Jakarta yang tidak kunjung selesai. Hal ini merupakan hal vital yang dapat menghambat proses pembangunan masyrakat Jakarta pada khususnya dan daerah ‚Äď daerah disekitarnya.
    Penyebab kemacetan dijakarta disebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya adalah jalan raya, kendaraan dan manusia. Penyebab pertama adalah kurangnya pelebaran jalan sehingga membuat pengendara menjadi macet dan juga kondisi serta daya tampung dari jalan raya tersebut kurang dikarenakan berlebihnya kapasitas kendaraan yang dimilki oleh warga jakarta. Kedua adlah kendaraan,sudah tidak dipungkiri jakarta memang memiki kendaraan yang padat dan beragam, hal ini lah yang menyebabkan kemacetan yang terjadi dikarenakan tingkat kesadaran akan kapasitas kendaraan yang harus dimiliki kurang yang membuat bertambahnya volume kendaraan semakin bertambah. Ketiga adalah manusia,tentu saja jakarta merupakan kota terpadat yang dihuni oleh manusia dikarenakan jakarta merupakan tujuan dari seluruh kota yang ada untuk mengadu nasib sehingga banyaknya manusia yang datang setiap tahunnya membuat tingkat kemacetan dijakarta semankin menjadi lebih tinggi.
    Dampak yang ditimbulkan oleh kemacetan dijakarta pasti menimbulkan kerugian, kerugian tersebut sampai sekarang belum bisa dihitung banyaknya dikarenakan banyaknya kemungkinan dan variabelnya. Tidak semua dampak kemacetan itu bersifat negatif walaupun sebenarnya sangat merugikan, dampak negatif itu sendiri beragam diantaranya terganggunya aktivitas, boros BBM, strees dan kelelahan serta terganggunya kualitas udara yang disebabkan polusi. Dampak positifnya adalah kurangnya tingkat kecelakaan yang terjadi dikarenakan kendaraan menjadi lambat serta rezeki bagi PKL untuk berjualan di sepanjang jalan.
    Alternatif penyelesaian kemacetan dijakarta sekarang ini telah dilakukan dan dijalankan akan tetapi kemacetan belum juga terselesaikan. Sebenaranya penanggulangan kemacetan itu sendiri sudah dibuat program yang baik oleh pemprov DKI, tetapi yang membuat kemacetan semakin parah adalah gaya berkendara dari si pengendara sendiri yang membuat kemacetan semakin parah, kenapa saya bilang begitu karena tingkat kesadaran akan kemacetan itu sendiri belum tumbuh dalam pengendara itu sendiri, yang dilakukan hanya mengeluh karena kemacetan akan tetapi tidak sadar akan sikap berkendara merekalah yang membuat kemacetan semakin parah, contoh kendaraan yangnaik trotoar, ugal ugalan serta tidak mematuhi peraturan lalu lintas itu sendiri

    Komentar oleh m. gery septian | April 2, 2016 | Balas

  18. NAMA : WD ANGGARA
    NIM : RRC1B015067
    MATA KULIAH : BAHASA INDONESIA DAN METODE PENULISAN ILMIAH
    KELOMPOK : 1
    JURUSAN : MANAJEMEN S1
    TOPIK : MASALAH NARKOBA
    SUB BAHASAN :KETERGANTUNGAN NARKOBA MEMBUAT ORANG TIDAK PRODUKTIF

    Narkoba tidak saja berkaitan dengan masalah kriminalitas,tetapi juga menyangkut masalah produktifitas.dalam hal ini pengguna narkoba sesungguhnya adalah orang yang berada diantara dua pikiran yaitu alam sadar dan alam bawah adar mereka,dengan kata lain jika mereka mengkonsumsi mengkonsumsi narkoba mereka berada dialam bawah sadar mereka yaitu dinamakan halusinasi yang mengkibatkan apa yang mereka rasakan atau mereka perbuat benar-benar terjadi dialam bawah sadar mereka dikarenakan efek yang sangat kuat yang mereka rasakan,sehingga dengan kata lain mereka merasa gembira untuk sesaat,mereka meraa permasalahan yang terjadi sudah terselesaikan,misalnya seorang anak yang berada dikeluarga yang tiak harmonis yang terjerumus zat berbahaya itu dia merasakan apa yang diinginkan dapat terwujud,permasalahan keluarga yang tadinya semakin sulit untuk diterima olehnya sudah terselesaikan saat dia mengkonsumsi barang tersebut merusak baik itu fisik maupun kejiwaannya dan memperburuk suatu keadaan.
    Didalam hal ini narkoba merupakan zat adiktif yang apabila dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan ketergantungan terhadap sipengguna. Dengan kata lain narkoba mengakibatkan suatu efek yang membuat sipengguna merasakan sesuatu yang dia inginkan apat terwujudkan saat itu saja,sesuatu yang belum pernah dia rasakan dapat dia rasakan saat itu saja,permasalahan yang terus menghantuinya terasa mudah untuk diselesaikan sampai pada puncaknya dia merasakan kenyamanan mengkonsumsi zat tersebut dan ingin terus menerus menggunakannya.
    Bangsa yang maju diawali oleh pemuda yang produktif, dapat kita lihat saat ini bahwa bangsa indonesia sekarang sedang berada dalam keterpurukan pemuda yang produktif,dari tahun ketahun jumlah pemakai narkoba semakin bertambah hal ini menggabarkan semakin tidak produktifnya pemuda saat ini. Narkoba menjadikan para pemuda semakin malas, semakin takut untuk memulai sesuatu, semakin merasa dirinya benar, semakin malas untuk berkarya dan semakin terpuruk dan terserumus. Hal ini perlu kita tindak lanjuti agar semua itu dapat kita hilangkan dan dapat kita kembalikan lagi pemuda yang berjiwa nasional yang tinggi dan pemuda yang memerangi zat berbahaya tersebut.
    Mengenai berbagai macam bahaya yang dapat ditimbulkan saat mengkonsumsi narkoba terutama yaitu masalah produktifitas.peran keluarga,lingkungan masyarakat dan pemerintah sangat diperlukan dikarenakan narkoba sekarang sudah masuk kesemua aspek,barang haram ini semakin hari semakin merusak moral anak bangsa bahkan pejabat negara pun ikut andil dalam mengkonsumsinya dengan kata lain kita semua harus memerangi dan menghilangkan sampai keakar-akarnya agar tidak ada lagi anak bangsa yang terjerumus ke dalam lingkungan yang apabila sudah masuk jalan keluarnya sangat sulit untuk didapatkan.
    Ada begitu banyak cara untuk menanggulangi bahaya narkoba yaitu dengan sosialisasi kesemua bidang aspek masyarakat baik itu disekolahan,universitas,perkumpulan-perkumpulan,iklan tntang bahaya narkoba,memeberikan pidana seberat-beratnya kepada sipengedar dan pemakai. Dan hal yang paling efektif untuk menanggulangi masalah zat berbahaya ini adalah dengan cara mengajarkan agama. Agama merupakan suatu hal yang paling penting dikarenakan didalamnya banyak pembelajaran baik itu moral, perilaku, hal yang dilarang dan masih banyak lagi. Jika seseorang sudah diberikan agama yang kokoh maka kecil kemungkinan zat tersebut tidak akan masuk dan merusak moral dan membuat mereka menjadi pribadi yang baik tanpa narkoba.

    Komentar oleh WD Anggara | April 7, 2016 | Balas

  19. Nama : Fia Alawiyah
    Nim : C1B015014
    Kelas : Manajemen A
    Sumber : Buku, Kamus, Berita, Rekan, dan Internet

    PERAN MAHASISWA WIRAUSAHA DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA
    Aktifitas kewirausahaan kini menjadi pilihan yang diminati kaum muda,khususnya mahasiswa. Mereka menciptakan organisasi untuk komunikasi sebagai wadah bisnis. Organisasi ini terbentuk karena adanya motivasi tersendiri bagi mahasiswa yang entrepreneur. Enterpreneur menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) didefinisikan‚ÄĚSebagai orang yang pandai mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkanya‚ÄĚ. Peran Dosen juga penting dalam memotivasi enterpreneur mahasiswa akan hal ini, sebab berwirausaha itu adalah hal yang menarik dan dapat membuat masa depan lebih gemilang dibandingkan menjadi pegawai biasa.
    Mahasiswa wirausaha dapat mengurangi pengangguran di Indonesia,penyebabnya karena minimnya lapangan pekerjaan. Angka pengangguran di Indonesia bertambah, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah pengangguran di Indonesia pada Agustus 2015 sebanyak 7,56 juta orang, bertambah 320 ribu orang dibandingkan dengan periode yang selama tahun lalu 7,24 juta jiwa.
    Dapat kita lihat sekarang ini, banyak sekali masalah dibidang ekonomi mengenai pengangguran dan kemiskinan. Masalah pengangguran dan kemiskinan di Indonesia sering dijumpai, masalah ini tidak bisa dianggap remeh saja. Karena dengan banyaknya masyarakat miskin dapat mempengaruhi kebutuhan untuk membiayai pendidikan. Jangankan biaya pendidikan, biaya untuk kebutuhan sehari-hari sulit untuk didapatkan. Dengan tidak adanya pendidikan dan keahlian maka akan terciptalah pengangguran dimana-mana.
    Peran mahasiswa wirausaha dapat memberi perubahan Indonesia, perubahan dengan cara kewirausahaan inilah yang dapat membuka lapangan kerja baru untuk mengatasi masalah pengangguran. Dengan cara itu diharapkan peran mahasiswa membangun perekonomian Indonesia. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengambil judul makalah mengenai ‚ÄúPERAN MAHASISWA WIRAUSAHA DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA‚ÄĚ.

    Komentar oleh fia alawiyah | Mei 2, 2016 | Balas

  20. Nama: Pipin Mamura
    Nim : C1B015025
    Kelas : Manajemen A
    Sumber : Buku dan Internet

    PENGARUH MOTIVASI MAHASISWA TERHADAP ORGANISASI
    Pengaruh motivasi mahasiswa terhadap organisasi adalah dimana keingginan mahasiswa tersebut tidak dapat dipenuhi karena tidak memiliki motivasi terhadap minat untuk menggikuti organisasi.Motivasi seperti yang kita ketahui adalah suatu dorongan atau penyemangat hidup untuk pribadi kita. Dorongan yang selalu membawa ke hal-hal yang positif, motivasi menjadi sesuatu yang penting untuk di pahami oleh para mahasiswa karna motivasi merupakan faktor pendorong mengapa individu atau sumber daya manusia dalam organisasi berperilaku dan bersikap dengan pola tertentu ,termasuk juga terkait dengan kinerja yang ditunjukkan oleh individu tersebut.
    Pengaruh positif,dengan mengikuti organisasi mahasiswa dapat mengaktualisasikan dirinya,selain itu mahasiswa juga akan memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah ikut organisasi dan mampu membangun karakter mahasiswa yang matang berpikir,pandai dalam bersosialisasi.
    Pengaruh negatif,walaupun pada kenyataan memang tidak semua mahasiswa mau menjadi aktivis dan mempunyai kepedulian terhadap perkembangan yang terjadi di dalam maupun luar kampus tapi gerakan aktivis yang peduli sudah mewarnai dinamika mahasiswa dikampus.
    Yang termasuk faktor pendorong kepada kepuasan dalam pekerjaan (motivating factors)adalah berbagai kebutuhan yang terdapat dalam seseorang yang menuntut untuk terpenuhi sehingga jika dipenuhi akan mendorong tercapainya kepuasan seseorang dalam pekerjaan nya.banyak bakat mahasiswa tidak berkembang karena tidak memiliki motif yang sesuai dengan bakat nya,maka lepaslah tenaga yang luar biasa sehingga tercapai hasil-hasil belajar yang semula tidak terduga. Berdasarkan uraian penulis mengambil judul makalah ‚ÄúPENGARUH MOTIVASI MAHASISWA TERHADAP ORGANISASI‚ÄĚ

    Komentar oleh Pipin Mamura | Mei 2, 2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: