Johannessimatupang’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

LATIHAN MANAJEMEN STRATGIK KELAS PAGI DAN SORE JANUARI 2017


Halaman ini diperuntukkan  sebagai latian untuk  Manajemen Stratejik kelas pagi dan sore. Semua peserta mengunggah tugas hanya pada halaman ini saja.  Demikian untuk dilaksanakan. Sukses untuk semua.

pembagian-tugas-mj-stratejik-februari-2017

Semua kelompok  harus memperhatikan struktur makalah  sebagaimana pada file berikut.

pedoman-penulisan-makalah-manajemen-stratejik-februari-2017

SOAL MIDSEESTER APRIL 2017

Soal Manajemen Stratejik Kelas Malam dan Pagi April 2017

 

https://docs.google.com/forms/d/1uIcUov6NZjeQanV2jFZq6OeXbECHHJaR8zpLpa-cx9Y/prefill

 

 

Februari 9, 2017 - Posted by | Uncategorized

33 Komentar »

  1. Selamat Sore Pak,
    pak kami dari kelompok 7 dengan anggota :
    1. Apri yansa
    2. Iskar Subekti
    3. Ilham Kurnia
    4. Heki Handika Saputra

    Mau bertanya pendapat bapak tentang judal kami yaitu :
    Peran Strategi bagi satu pemerintah daerah : Optimalisasi pemanfaatan kawasan budi daya untuk mendukung pengembangan ekonomi daerah

    Terima Kasih.

    Komentar oleh Apri Yansa | Februari 28, 2017 | Balas

  2. Selamat sore pak , saya Fradita Maulida (rrc 1b 014 092) perwakilan dari kelompok 9 manajemen stratejik kelas malam , mendapat tema makalah “Perencanaan Strategis Untuk Organisasi Non-Laba” objek penelitiannya di RSUD Raden Mataher Jambi .

    Komentar oleh Fradita maulida | Maret 2, 2017 | Balas

  3. Selamat sore pak,
    Nama: APRI YANSA,
    Nim : RRC1B014008
    prodi : Manajemen.
    Kelas Sore (G)
    saya ingin mengumpulkan tugas manajemen stratejik

    Soal STR
    1. Rumuskan dengan kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka.
    2. Jelaskan kompetensi tersebut apakah mudah ditiru atau tidak.
    3. Tunjukan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin 1.

    1. Rumusan Tentang Kompetensi dan Perusahaan “TUPPERWARE”

    Tupperware Brands Corporation yang berpusat di Orlando Amerika Serikat adalah perusahaan multinasional yang memproduksi serta memasarkan produk plastik berkualitas untuk keperluan rumah tangga yang memberikan solusi praktis untuk gaya hidup sehat dan modern. Produk-produknya yang inovatif menjaga mutu bahan makanan maupun minuman yang disimpan di dalamnya serta memberikan solusi dalam pengolahan bahan makanan dengan praktis dan simple.
    Dengan sistem penjualan langsung (direct selling), Tupperware berkembang dan berada di lebih dari 100 negara. Di banyak Negara, di antara perusahaan direct selling lain Tupperware berhasil menempati ranking atas.
    Berkat penemuannya yang gemilang tahun 1937 di Amerika & dikembangkan tahun 1946, Earl Tupper melahirkan berbagai produk innovatif bermerek Tupperware. Kehadirannya mempermudah dan memperindah kehidupan para ibu rumah tangga di Amerika.
    Home Party Tupperware yang dikenal sebagai Tupperware Party adalah cara penjualan yang unik, informatif dan menghibur. Cara ini pertama kali diperkenalkan oleh Brownie Wise.
    Kejeliannya memanfaatkan teknologi membuat Tupperware tanggap dengan berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat. Diperkirakan hampir setiap 2,3 detik diselenggarakan Tupperware Party di salah satu sudut dunia. Tupperware selalu melahirkan produk baru berkualitas yang innovatif, berdesain unik dengan warna – warni yang khas, trendy dan menarik.
    Bahan yang digunakan Tupperware tentu memiliki kualitas terbaik, aman bagi kesehatan, serta ramah lingkungan. Tupperware bahkan telah memenuhi ketentuan FDA, EFSA, dan FS.
    Sesuai dengan komitmennya dalam memberi kepuasan maksimal kepada semua pencinta dan penggunanya, Tupperware tak ragu untuk memberikan garansi seumur hidup (sesuai pemakaian normal). Secara resmi Tupperware dipasarkan di Indonesia tahun 1991. PT. Alif Rose di Jakarta merupakan Distributor resmi pertama Tupperware, dan kini sudah lebih dari 73 Distributor resmi yang tersebar di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.
    Didukung lebih dari 200.000 tenaga penjual independen, produk Tupperware berhasil menembus berbagai kalangan. Pelatihan dan bimbingan yang diberikan merupakan bekal untuk menjadi tenaga penjual yang tangguh. Meski terdiri dari berbagai latar belakang ekonomi dan pendidikan, namun ada satu persamaannya yaitu bisa menyisihkan waktu untuk keluarga, sekaligus memiliki karir dan penghasilan yang sangat memuaskan.

    2. Penjelasan Tentang Produk Yang Bisa Ditiru atau Tidak
    Menurut pendapat saya produk ataupun kompetensi dari Tupperware sulit bagi perusahaan lain untuk meniru produk tersebut. Karena produk Tupperware dibuat dari bahan yang aman digunakan untuk pemakaian berulang-ulang, dimana bahan tersebut adalah bahan yang terbuat dari low-density polyetlene (LDPE atau plasti tipe 4) dan Polipropilene (PP atau plastik tipe 5).
    Sedangkan produk lain masih banyak yang menggunakan bahan berbahaya seperti Polikarbonat (Plastik tipe 7), yang dapat melepaskan bahan kimia berbahaya atau yang dikenal dengan hormone disrupting chemical Bisphenol A (BPA) ke dalam makanan setelah penggunaan berulang – ulang.
    Selain BPA, terdapat juga zat – zat kimia lain yang biasa ditemukan pada berbagai wadah plastik di produk lain. Wadah plastik yang dibuat dari polietilen tereftalat (PET atau PETE, atau plastik tipe 1) seperti yang biasanya terdapat pada botol minuman air mineral yang akan berefek karsinogenikbila digunaan lebih dari sekali. Juga ada beberapa wadah plastik yang terbuat dari polivinil klorida (PVC, atau plastik tipe 3) yang dapat melepaskan zat – zat penyebab kanker. Dan ada beberapa wadah plastik yang terbuat dari polistirena (PS, atau plastik tipe 6 yang sering disebut dengan nama Styrofoami).memiliki efek yang sangat berbagaya bagi kesehatan. Styreneyang merupakan bahan dasar dari Styrofoam dapat berinteraksi dengan kulit, mata, bahkan dapat menyebabkan gangguan pernapasan, depresi, efek kelelahan, gangguan ginjal, serta kerusakan sistem saraf pusat.
    Betapa banyak wadah plastik di sekitar kita yang ternyata memiliki efek berbahaya bagi kesehatan. Parahnya, seringkali kita mengabaikan hal ini dengan berbagai alasan seperti ingin praktis, mengirit biaya, atau karena minimnya pengetahuan kita tentang hal di atas. Karena itu, sudah saatnya kita lebih peduli terhadap kesehatan baik diri kita, anak-anak kita, orang tua dan semua orang yang kita sayangi. Sesuatu yang praktis dan murah tidak selamanya baik. Memilih wadah plastik yang aman adalah investasi jangka panjang bagi kesehatan kita dan keluarga.

    Terimakasih pak.

    Komentar oleh Apri yansa | Maret 8, 2017 | Balas

  4. selamat sore pak, saya mahasiswa unja telanai kelas sore (G)
    Nama: Wulandari
    Nim : RRC1B014093
    prodi : Manajemen.
    ingin mengumpulkan tugas manajemen stratejik.

    Soal STR
    1. Rumuskan dengan kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka.
    2. Jelaskan kompetensi tersebut apakah mudah ditiru atau tidak.
    3. Tunjukan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin 1.

    1. Rumusan Tentang Kompetensi dan Perusahaan “Coca-Cola”
    Diciptakan pertama kali di bulan Mei 1886, oleh Dr. John S. Pemberton di Atlanta, Georgia. Nama “Coca-Cola” sebenarnya merupakan ide dari Frank Robinson, yang menjadi pemegang pembukuan Dr. Pemberton, yang kemudian menggambarkannya dalam bentuk teks script yang melayang, yang menjadi sangat terkenal hingga saat ini. Nama Coca-Cola sendiri sebenarnya berasal dari campuran bahan minuman tersebut yaitu stimulant cocaine, yang dicampur dengan kola nuts (yang merupakan bahan caffeine). Percaya atau tidak, awalnya Dr. Pemberton mengklaim bahwa Coca-Cola dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk morphine addiction, dyspepsia, neurasthenia, sakit kepala, dan impotensi dan dijual seharga 5cent per gelar.
    Pemberton terinspirasi atas kesuksesan cocawine Perancis Vin Mariani, yang dibuat oleh Angelo Mariani. Penjualan pertama dilakukan di Atlanta, Georgia di sebuah farmasi bernama Jacob Pharmacy pada tanggal 7 Mei 188, dan dalam delapan bulan pertama, terjual sebanyak sembilan minuman setiap harinya. Dr. Pemberton memasang iklan pertama kali pada tanggal 29 Mei di Jurnal Atlanta untuk produk minuman. Total penjualan yang berhasil dilakukan oleh Dr. Pemberton pada tahun pertama sebanyak $50, namun pengeluaran pada tahun tersebut mencapai $70, sehingga mengalami kerugian saat itu. Kini, produk Coca-Cola dikonsumsi lebih dari 834 juta per hari.
    Tahun 1887, Dr. Pemberton menjual sebagian saham perusahaannya kepada Asa Griggs Candler, yang menjadikannya sebagai sebuah perusahaan berbadanhukum Coca Cola Corporation di tahun 1888. Di tahun yang sama, Pemberton menjual sahamnya kedua kalinya kepada tiga orang pebisnis, yaitu J.C. Mayfield, A.O. Murphey, dan E.H. Bloodworth. Sementara itu, anak Dr. Pemberton, yaitu Charley Pemberton mulai menjual minuman buatannya sendiri. Hingga pada saat itu, ada tiga macam produk Coca- Cola, yang dijual oleh tiga perusahaan yang berbeda, berada di pasaran.
    Menaklukkan Amerika
    Di tahun 1891, Asa Candler yang merupakan pemilik dari bisnis Coca-Cola yang telah dijalankannya selama lima tahun, berhasil mendapatkan $2.300, kemudian sempat mencoba beberapa jenis produk lainnya, namun kemudian menghentikan serta memfokuskan diri sepenuhnya pada minuman yang berhasil membuatnya menjadi seorang pebisnis yang sukses. Candler mendaftarkan trademark “Coca-Cola” pada kantor paten Amerika dan membayar dividen pertamnya sebanyak $20 di tahun 1893. Candler secara pribadi selalu melibatkan diri dalam proses pencampuran setiap tetes sirup yang dibuatnya. Formula rahasiatersebut dikenal dengan sebutan “7X”, dan hanya diketahui oleh beberapa rekanan yangsangat dipercaya.
    Dalam waktu tiga tahun kemudian, seiring dengan perkembangan dunia periklanan dan promosi saat itu, seperti penggunaan souvenir, kalender yang menampilkan gambar perempuan muda dan tidak terhitung berbagai hal yang baru, Coca-Cola berhasil menembus ke setiap negara bagian Amerika Serikat. Logo Coca-Cola menyebar dan dapat ditemukan di seluruh penjuru dinding di Amerika, yang bila dihitung secara kasar mencapai 2,5 juta kaki persegi. Candler berhasil membuat masyarakat untuk mencoba minumannya dan mereka membelinya. Sejarah membuktikan bahwa apa yang dilakukannya benar yaitu dengan membentuk persepsi bahwa minumannya lebih dari sekadar suatu minuman bersoda.
    Pada saat itu juga, sebuah toko permen di Mississippi yang terkesan dengan besarnya permintaan terhadap minuman ini, mencoba membotolkan dan menaruhnya di depan tokonya. Idenya adalah seharusnya masyarakat bisa membawa minuman penyegar kemanapun mereka pergi. Tahun 1899, pembotolan skala besar dilakukan oleh dua orang Chattanooga, entrepreneur dari Tennesse, yang membeli hak untuk membotolkannya (seharga satu dollar) dan menjual Coca-Cola di seluruh Amerika Serikat. Apa yang dilakukan ini menjadi pelopor dari suatu jaringan produksi dan distribusi terbesar di seluruh dunia. Tulisan Coca-Cola (spencerian script), biasanya disertai dengan kata “drink”, mulai memenuhi sisi-sisi berbagai bangunan dan gudang di seluruh Georgia, segera setelah Coca- Cola Company terbentuk. Di tahun 1960an, saat dunia periklanan berubah dan arti lain dari periklanan mulai bermunculan, Coca-Cola pun mulai bergerak ke penggunaan metode- metode promosi yang lebih modern hingga kini.
    2. Penjelasan Tentang Produk Yang Bisa Ditiru atau Tidak
    Sistem distribusi Coca-cola merupakan salah satu sistem distribusi terbaik. Armada distribusi Coca-cola mampu menyalurkan barang hingga daerah pelosok. Hal ini tidak lepas dari banyaknya produk yang dimiliki dan distribusikan secara bersamaan, yang akhirnya berimbas pada minimumnya biaya distribusi dan dapat membuat Coca-cola memiliki cost advantage.
    Selain itu, Coca-Cola juga memiliki bottling network yang luas serta kuat. Hubungan diantara mereka cukup kuat dimana perusahaanbottler tidak diperbolehkan untuk ikut mengemas merk – merk baru dari pesaing baru yang memproduksi barang yang relatif sama dengan product line yang diusung oleh Coca – Cola. Kemudian, ketersedian produk mereka juga didukung oleh kedudukan kompetitif mereka terhadap retailer atas para pesaingnya. Dalam hal ini, Coca-Cola mampu memberikan margin yang lebih tinggi kepadar etailer guna menjual produk-produk mereka dibandingkan para pesaingnya
    3. Sebutkan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi dari coca-cola
    Persaingan dan Perang Merek Coca Cola vs Pepsi Cola
    Perang merek antara dua merek raksasa ini benar-benar bikin semua orang di dunia pemasaran menahan nafas, mengerinyitkan dahi dan lalu garuk-garuk kepala. Sejak dua merek tersebut dilahirkan, masing-masing pada tahun 1886 dan 1903, hampir bisa dikatakan persaingan keduanya sudah dimulai. Saling sikut dan perang iklan, baik iklan cetak dan video. Mereka berambisi bisa meraih dominasi pasar minuman ringan berkarbonasi. Bisa dimaklumi kalau terkadang masalah etika pun dikesampingkan

    Pepsi Cola ditemukan oleh Caleb Bradham, seorang ahli farmasi dari New Bern, North Carolina. Seperti ahli farmasi kebanyakan pada saat itu, dia juga memasang dispenser minuman bersoda di toko obatnya. Dia menjual minuman bersoda ciptaannya sendiri. Minuman ciptaannya yang paling populer bernama “Brad’s drink” terbuat dari air, gula, vanilla, pepsin dan biji cola. “Brad’s drink”, di buat pada musim panas tahun 1898, dan kemudian berubah nama menjadi “Pepsi Cola” setelah pepsin dan biji cola digunakan dalam resepnya. Nama Pepsi Cola didaftarkan pada tanggal 16 Juni 1903.
    Sesudah 17 tahun sejak kesuksesannya, Caleb Bradham harus kehilangan Pepsi Cola karena kekalahannya di pasar saham. Dia percaya bahwa harga gula akan naik, tetapi ternyata sebaliknya sehingga diapun bangkrut dalam sekejap. Hal ini berakibat bangkrutnya Pepsi Cola pada tahun 1923.
    Tahun 1931, Pepsi Cola di beli oleh presiden Loft Candy Company yang bernama Charles G. Guth dan melakukan perubahan pada formula minuman tersebut. Tahun 1940, sejarah dibuat dengan di buatnya jingle iklan pertama yang disiarkan secara nasional.
    Jingle lagu yang berjudul “Nickel Nickel” yang ditayangkan untuk Pepsi Cola menaikkan harga saham pepsi cola dan jumlah saham. “Nickel Nickel” menjadi hit dan direkam dalam 55 bahasa.Tahun 1964, untuk pertamakalinya Diet Pepsi diperkenalkan..
    coca cola memilki strategi pemasaran yang lebih baik dan menjangkau hingga daerah-daerah. jalur pengiklanan produknyapun lebih banyak dibanding dengan pepsi cola. Pepsi cola biasanya terkenal di daerah atau negara-negara seperti Amerika dan Argentina. Padahal jika dinilai dari segi rasa pepsi lebih unggul dibanding coca cola. selain itu kelebihan dari aspek lain coca cola memilki beberapa kelebihan lain dibanding produk yang lain, salah satunya yaitu Coca Cola Company brand loyalty tebesar.
    Perbedaannya, coca cola company adalah perusahaan yang hanya terfokus menghasilkan produk minuman. Sedangkan Pepsi cola selain menghasilkan minuman juga menghasilkan berbagai jenis makanan ringan lain.

    Terimakasih pak.

    Komentar oleh Wulandari | Maret 8, 2017 | Balas

  5. Nama : Fradita Maulida
    NIM : RRC 1B 014 092
    Kelas : M 6 G (Kelas Sore)
    Matkul : Manajemen Stratejik
    Tugas : Tugas Individu

    A. Rumuskan dengan kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kompentesi mereka ?

    Perusahaan IKEA

    Dimana perusahaan IKEA ini menyediakan berbagai macam produk perabotan rumah tangga / furniture kreatif , bukan hanya itu konsep IKEA sendiri adalah perusahaan ini bukan hanya menyediakan berbagai macam produk perabotan rumah tangga tetapi juga perusahaan ini berkembang berdasarkan nilai dengan kecintaan untuk hidup didalam rumah . di mana perusahaannya memberikan ide atau menawarkan berbagai rancangan yang di desain dengan baik dalam merancang perabotan rumah tangga yang fungsional . sehingga konsumen datang tidak hanya untuk mencari atau membeli perabotan rumah tangga , dari sana konsumen justru banyak sekali mendapat kan ide desain interior dan juga konsmen disana dapat melihat langsung atau merasakan langsung produk yang dipamerkan , siehingga konsumen merasakan sedang berada dirumah karena didesain seperti rumah sendiri . IKEA dapat dilihat atao diakses dari internet atau akun resmi nya sendiri dan ada catalog . Strategi ini juga memudah kan konsumen untuk berbelanja di perusahaan IKEA itu sendiri. Prinsip IKEA adalah mengurangi harga dengan berbagai cara tanpa mengurangi kualitas.

    B. Jelaskan kompetensi tersebut apakah mudah ditiru / tidak ?

    Menurut saya kompetensi yang dimiliki oleh perusahaan IKEA sulit untuk ditiru karena perusahaan IKEA membuka pabrik sekaligus ruang pamer produk-produknya . karena IKEA mendesign furniture yang sangat modern dan fungsional . ada beberapa hal yang dilakkan oleh ikea yaitu ikea menjalankan bisnis dengan tingkat efisiensi dan efektifitas yang tinggi. Hal ini bisa dilihat dengan lhan konsumen yang harus merakit sendiri barang yang telah dbeli. Semua aktivitas inti yang dilakukan oleh kea terkoneksi satu sama lain dan dilakukan secara konsisten sehingga model bisnisnya sulit ditiru oleh banyak pesaing. Ikea juga melakukan aktivitas berdasarkan pengelompokan yang tidak umum . pengelompokkan ini kemudian diterapkan dalam pembuatan catalog produk.

    C. Tunjukkan perusahaan saingan , apakah perusahan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin (a) ?

    Pesaing IKEA adalah produsen mebel local , Perum perhutani juga akan mendirikan anak usaha yang khusus menangani bisnis mebel tapi masih dalam proses pembangunan , dimana kompetensi dari IKEA tersebut menurut saya akan sulit ditiru karena perusahaan IKEA dikenal dengan rancangan yang modern dan berprnsip mengurangi harga dengan berbagai cara tanpa mengurangi kualitas . selalu ada inovasi baru , sehingga IKEA dapat bertahan lama dan juga perusahaan ritel ini sudah banyak cabang nya di berbagai di Negara-negara lainya.

    Komentar oleh fradita maulida | Maret 8, 2017 | Balas

  6. Selamat malam pak, saya ingin mengumpulkan tugas individu manajemen stratejik.
    Nama : FIRNA AULIA
    NIM: RRC1B014004
    PRODI : Manajemen kelas sore (G)

    Soal STR
    1. Rumuskan dengan kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka.
    2. Jelaskan kompetensi tersebut apakah mudah ditiru atau tidak.
    3. Tunjukan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin 1.

    Jawaban

    1. Merumuskan Kompetensi PT. FABER CASTELL

    PT. FABER CASTELL adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang menghasilkan alat-alat tulis kebutuhan sekolah dan perkantoran. Yang terdiri dari produk untuk anak-anak , seniman , sekolah dan kantor, dan produk untuk gaya hidup. Perusahaan ini telah lama berdiri di EROPA. Dengan sejarah yang dimiliki perusahaan ini, membuat nama Faber Castell sudah dikenal masyarakat dunia. Perusahaan ini memiliki reputasi dalam kualitas produk dan terkenal dengan sistem distribusi yang yang ketat terhadap barang-barang dagangan, kebijakan pengambilan produk, kenyamanan berbelanja, dan kelengkapan variasi alat tulis sehingga semakin lama perusahaan ini semakin berkembang dan memiliki posisi pemimpin pasar.
    Sebagai perusahaan berjenis bisnis keluarga Faber-Castell sangat menghargai kinerja dengan tulus, dan tidak seenaknya merekrut dan memberhentikan rekanan atau karyawan. Tidak go public, dengan alasan lebih mudah mengambil keputusan jangka panjang. Berorientasi pada kualitas produk untuk mencapai benefit to your coustumer. Kelebihan Faber-Castell adalah satu-satunya perusahaan yang menggunakan cat berbahan dasar air, yang ramah lingkungan untuk semua pensil kayu yang diproduksi di Eropa. Pensilnya tidak mudah patah dan hitam nya pas.
    Di Indonesia salah satu produk pensil Faber Castell 9000 2B sangat dibutuhkan untuk pendidikan khususnya bagi pelajar pada saat ujian nasional karena kelebihannya yaitu Pensil Castell 9000 adalah Kategori pensil hitam dengan kualitas tertinggi dari Faber-Castell. Untuk Keperluan Ujian, gunakan Pensil Castell 9000 dengan Grade 2B, karena dirancang khusus untuk ujian dan pasti terbaca Komputer (Mesin OMR). Selain itu, Pensil Castell 9000 2B ini dirancang dengan Lead yang lebih besar dari pensil lain, yaitu dengan diametr 2.8 mm sehingga tidak akan patah jika terjatuh. Pensil ini memiliki kualitas terbaik dan telah teruji OMR (Optical Mark Reading) dan DMR (Digital Mark Reading) yang digunakan untuk mengkoreksi lembar jawaban ujian.

    2. Kompetensi mudah ditiru atau tidak.

    Untuk bentuk fisik produk PT. Faber Castell sangat bisa ditiru oleh perusahaan atau pesaing lainnya. Tetapi keunggulan yang sudah dijelaskan pada poin no 1 tersebut tidak bisa ditiru karena kompetensi itu hanya PT. Faber Castell yang bisa menerapkannya. Meskipun bisa ditiru tapi kualitas dan keaslian dari produk tersebut tidak bisa ditiru. Misalnya masyarakat indonesia khusus nya pelajar rata-rata memakai produk faber castell karena merek produk tersebut sudah mendunia dan kualitasnya yang terbaik yang membuat masayarakat loyal terhadap merek tersebut. Jadi meskipun ada produk lain yang muncul masyarakat tetap memakai produk faber castell.
    Kompetensi perusahaan faber castell yaitu berdasarkan akar, sejarah, pengalaman perusahaan dan belajar secara terus-menerus untuk membentuk masa depan kita sendiri dengan semangat kewirausahaan. Hal ini menjamin pengetahuan untuk mempertahankan atau membangun kepemimpinan yang solid, kredibilitas yang tinggi, komunikasi dan jaringan distribusi global yang kuat berdasarkan kemitraan yang adil. perusahaan merasa memiliki kewajiban yang konsisten dan komitmen terhadap masyarakat dan lingkungan. Berlatih untuk meningkatkan tanggung jawab sosial kami dalam perusahaan, dengan mitra bisnis dan masyarakat. Memprioritaskan dan terus mencari proses yang ramah lingkungan dan bahan-bahan untuk berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan. Dan menjadi yang terdepan dalam mengantisipasi tren masa depan dan dampak untuk mencapai kewajiban kami dan jaminan yang berkelanjutan.

    3. Sebutkan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi dari faber castell

    Perusahaan saingan feber castell banyak dan Produk faber castell ini sudah meluas diseluruh masyarakat indonesia. Tidak heran pensil 2b tersebut bisa ditiru yaitu dengan membuat pensil 2b palsu yang tidak bisa dipakai untuk ujian. Dengan adanya kasus pensil palsu tersebut membuat masyarakat indonesia berpindah alih ke pensil yang lain. Apalagi sekarang banyak macam produk pensil hitam seperti Steadler, Stabilo, Jacko, dan yang baru sekarang adalah pensil Grebeel, jadi masyarakat mudah untuk membeli pensil lain.
    Perusahaan harus membuat strategi agar bisa meningkatkan produk tersebut agar sulit untuk dipalsukan. Persaingan di dalam industri penyedia alat tulis kantor dan sekolah sudah lumayan ketat. Pada umumnya perusahaan mengandalkan pada kualitas dan pelayanan. Yang menjadi competitor utama dari faber castell adalah produk-produk yang berasal dari perusahaan cina. Sampai saat ini kualitas produk faber castell masih lebih baik, Dalam menanggapi persaingan saat ini perusahaan Faber castell tidak hanya menjual produk namun juga menjual konsep.
    Perusahaan saingan tersebut saat ini belum mampu untuk meniru kompetensi produk faber castell karena pensil-pensil yang dijual dipasaran tersebut belum bisa dibuktikan keamanan dan kenyamanan dalam pemakaian nya dibandingkan dengan produk faber castell. Perusahaan Faber Castell ini tidak pernah mengurangi kualitas terhadap pelayanan terhadap konsumen. Karena itu PT. Faber Castell selalu menjadi pemimpin dalam hal pelayanan di dalam industri yang digelutinya. Pelayanan yang luar biasa terdapat pada pelayanan penjualan yang didukung oleh kebijakan perusahaan dan investasi perusahaan dalam penyediaan fasilitas dan personil yang berkemampuan tinggi.
    PT. Faber Castell selalu memaksimalkan kepuasan pelanggannya dengan menyediakan berbagai keperluan alat tulis kantor dan sekolah dengan solusi keuangan yaitu harga terjangkau dengan kuliatas yang bagus. Salah satu kunci keberhasilannya adalah memprioritasnkan kepuasan pelanggan terhadap produk-produk faber castell karena terbukti dari zaman dulu sampai sekarang produk faber castell masih menjadi pemimpinn dalam industri penyediaan alat tulis kantor di Indonesia khususnya meskipun banyak nya merek baru seperti greebel yang konsep nya menyerupai faber castell, tetapi produk faber castell sangat dipercaya kualitas dan keunggulannya dibanding saingannya tersebut.

    Terimakasih pak.

    Komentar oleh Firna Aulia | Maret 8, 2017 | Balas

  7. Selamat Malam Pak. Saya mahasiswa unja telanai kelas sore (G) ingin mengumpulkan tugas manajemen stratejik.
    Nama: EKI JASMERI
    Nim : RRC1B013065
    prodi : Manajemen

    1. Rumusan Tentang Kompetensi dan Perusahaan “Minyak goreng sanco”

    Minyak sawit dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaan salah satunya sebagai bahan baku minyak goreng karena keunggulan sifat yang dimilikinya yaitu tahan oksidasi dengan tekanan tinggiBagian yang paling popular untuk diolah dari kelapa sawit adalah buah. BAgian daging buah menghasilkan minyak kelapa sawit mentah yang diolah menjadi bahan baku minyak goreng dan berbagai jenis turunannya SunCo dibuat dengan teknologi mutakhir dengan melalui 5 tahapan proses yakni 3 kali proses pemurnian dan 2 kali proses penyaringan sehingga menghasilkan minyak goreng yang baik dengan bukti-bukti yaitu
    – Bening , Langsung dapat dibuktikan secara Visual / lihat secara langsung. Rahasia beningnya Sunco berasal dari buah kelapa sawit segar yang langsung diolah.
    – Tidak mudah menghitam , minyak yang digunakan berkali-kali untuk penggorengan biasanya cepat hitam, tetapi karena SunCo minyak yang bagus dan bening maka tidak cepat hitam dibandingkan dengan minyak lain. Warna bening adalah bukti minyak goreng yang baik karena tidak cepat hitam atau teroksidasi sehingga memnimalkan risiko kanker.
    – Tidak mudah membeku, Seperti kita ketahui Minyak goreng dapat beku pada suhu yang dingin. akan tetapi minyak goreng sunco tidak mudah beku karena sudah melewati 5 tahap proses yaitu 2xpenyaringan dan 3x pemurnian sehingga menghasilkan minyak goreng yang sangat bening,encer dan hasilnya minyak goreng sunco sulit untuk membeku.
    – Mudah mengalir atau seperti air , fusnginya adalah karena minyak goreng sunco cair dan mudah mengalir maka ketika menggoreng dengan sunco maka hasil gorengan/masakan akan lebih kering ketika ditiriskan. hal ini disebabkan karena sisa minyak tadi mengalir turun sehingga tidak menempel di masakan.
    – Hemat , Dengan beningnya minyak sunco maka minyak tersebut tidak cepat hitam dan minyak tersebut dapat digunakan
    berkali-kali sehingga jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan minyak goreng yang lain yang bila dipakai 3x sudah hitam dan berubah warna.
    SunCo adalah minyak goreng pertama dengan For tifikasi Vitamin A dari Jerman, Vitamin A tidak hilang pada waktu dipanaskan. Ini bisa dibuktikan dengan alat uji (teknologi dari Jerman). Vitamin A yang ada ini mengandung nutrisi penting bagi tubuh, yang berfungsi meningkatkan imunitas tubuh sehingga mencegah terkena penyakit.Tidak heran pada Januari 2012, SunCo menerima penghargaan Peduli Gizi 2012 Fortifikasi Vitamin A pada Minyak Goreng. Jadi memang memilih minyak goreng yang baik itu berbanding lurus dengan pilihan untuk hidup sehat.
    SunCo merupakan Pelopor Minyak goreng dengan Fortifikasi Vitamin A dari Germany sehingga membantu mencukupi kebutuhan vitamin A bagi tubuh. Dengan menggunakan alat uji dari Germany, terbukti vitamin A pada minyak goreng SunCo tidak hilang pada saat pemanasan dan masih tetap ada setelah penggorengan. Fortifikasi adalah suatu upaya dalam meningkatkan mutu gizi bahan pangan dengan sengaja menambahkan satu atau lebih zat gizi mikro ( vitamin, mineral, dll ) pada bahan pangan atau produk pangan.

    2. Penjelasan Tentang Produk Yang Bisa Ditiru atau Tidak

    Produk minyak goreng di indonesia ini sudah banyak merek-merek lain yang sudah lama beropersi tetapi keunggulan yang seperti point pertama hanya produk sanco saja yang menerapkan hal tersebut. Hal yang dilakukan oleh suatu perusahaan komoditi produk minyak goreng agar berbeda dengan produk yang satu dengan yang lainnya adalah melakukan diferensiasi pada atribut produknya. Dimana hal ini bertujuan agar bisa menarik perhatian konsumen sehingga suatu produk minyak goreng harus menampilkan perbedaan sehingga dilirik oleh konsumen. Maka dari itu agar berbeda dengan minyak goreng lain sunco menciptakan strategi yang berbeda dengan produk pesaingnya.

    3. Sebutkan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi dari SunCo

    Sejak Tropical masuk ke pasar minyak goreng dengan menonjolkan atribut ”2X penyaringan”, kondisi persaingan cukup terpengaruh. Atribut ”2X penyaringan” mampu membuat Tropical menggerus pangsa pasar pemain-pemain yang lebih dulu bercokol seperti Bimoli. Dengan atribut ini, Tropical ingin menciptakan persepsi kalau minyak gorengnya sehat bagi jantung. Ini diperkuat Tropical dengan menggandeng Yayasan Jantung Indonesia sebagai TPO (Third Party Organization) endorser. Kehadiran Tropical membuat pesaing-pesaing minyak goreng lain tidak mau kalah. Mereka khawatir kalau konsumen beralih ke Tropical gara-gara atribut penyaringan ini. Untuk itu, Bimoli yang termasuk pemain agresif di dalam industri minyak goreng menonjolkan atribut PMP atau ”Pemurnian Multi Proses”. Pemakaian atribut ”Multi” (multi berarti banyak), seolah ingin mengungguli penyaringan Tropical yang hanya dua kali.
    Sania sebagai pemain minyak goreng juga berupaya tampil ke depan. Sania mengklaim jika minyak gorengnya juga “2X penyaringan”. Sayang, penonjolan atribut “2X penyaringan” saja tidak cukup karena Tropical sudah lebih dulu memakainya. Sania maju dengan mengunggulkan atributnya yang baru yaitu “tanpa bahan pengawet”. Sania mengklaim dirinya sebagai satu-satunya minyak goreng yang tidak memakai bahan pengawet dan juga sama seperti Tropical yang memanfaatkan TPO (Third Party Organization) endorser.
    Dari penjelasan diatas kompetensi yang dimiliki sunco tidak bisa ditiru perushaaan lain karena setiap perusahaan mempunyai strategi nya masing-masing.

    Terimakasih Pak.

    Komentar oleh Eki Jasmeri | Maret 8, 2017 | Balas

  8. Selamat sore pak,
    Nama: ISKAR SUBEKTI
    Nim : RRC1B014009
    prodi : Manajemen.
    Kelas Sore (G)
    saya ingin mengumpulkan tugas manajemen stratejik

    Soal STR
    1. Rumuskan dengan kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka.
    2. Jelaskan kompetensi tersebut apakah mudah ditiru atau tidak.
    3. Tunjukan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin 1.

    1. Rumusan Tentang Kompetensi dan Perusahaan “Rockstar games”
    Rockstar games adalah sebuah pengembang permainan vidoe multinasional yang berkantor pusat di New York City, saat ini dimiliki Take-Two Interactive setelah membeli pengembang permainan video asal britania, perusahaan ini terkenal karena seri permainan yang mereka ciptakan yaitu seperti Grand Theft Auto (GTA), Mac Payne, L.A. Noire, The Warriors, Bully, Manhunt, Midnight Club, State of Emergency, dan Red Dead.
    Rockstar juga terkenal karna dalam serial gamenya selalu menyertakan dunia terbuka atau sering disebut “Open Word” dan kebebasan menjelajah di dalam gamenya. Perusahaan ini memiliki sejumlah studio yang telah dakuisisi dan ganati nama dan studio yang didirikan sendiri.
    Rockstar Games didirikan di New York pada tahun 1998 oleh produsen permainan video Britania Raya Sam Houser, dan Houser, Terry Donovan, Jami King dan Gary Foreman, kantor pusat Rockstar Games (biasa disebut Rockstar NYC) terletak di Broadway di SoHO, New York City, bagian dari Take-Tho Interactive. Kantor New York City ini berisi departemen pemasaran, hubungan masyarakat, dan pengembangan produk.
    Rockstar dalam gamenya sangat jarang sekali gagal dan selalu mendapatkan nilai rating yang tinggi, ini berkat strategi yang dijalankan oleh Rockstar itu sendiri yang pengembang video game lain tidak bisa atau bahkan sulit menirunya. Co-Founder Rockstar Dan Houser mengatakan ada 4 strategi yang dijalankan Rockstar yaitu :
    1. Break The Rules
    Jika biasa game lain memberikan tema yang baik, berbeda dengan Rockstar yang memasukan berbagai elemen kejahatan seperti narkoba, pembunuhan, serta kriminal lainya, tapi game – game tersebut contohnya GTA V bukan diperuntukan untuk anak dibawah umur tapi diperuntukan kepada orang dewasa. Elemen – elemen kejahatan tersebut lah yang Rockstar delivery kedalam sebuah game mereka mematahkan aturan – aturan yang ada pada dunia game mereka memberikan kebebasan penuh kepada terhadap para playernya untuk bermain dengan bebas sehingga menciptakan peraturan baru dalam sebuah dunia game. Co-Founder Rockstar Dan Houser mengatakan “Buatlah sesuatu yang dipertanyakan orang karna dengan itu karena dengan itu kalian sudah membuat sesuatu yang baru”. Rockstar selalu saja melawan arus bahkan sangat sering diboikot di bebara negara karena gamenya yang teralalu kriminal, tapi karena boikot tersebut gamenya yaitu GTA V semakin naik popularitasnya alias promosi gratis. Hal baru selalu dilakukan oleh Rockstar dan selalu membuat arus sendiri, juga sering melakukan teknik marketing yang diluar kebiasaan game developer lain, yang biasanya game developer lain membuat sebuat trailer tapi berbeda dengan Rockstar yang membuat mural di tempat – tempat umum bahkan dikonser musik. Yang mereka incar adalah pandangan kreatif dari para playernya.
    2. Give The Costumers What They Want
    Rockstar menawarkan pengalam baru yang tidak bisa dilakukan atau sulit dilakukan di dunia nyata yaitu kebebasan kriminal yang tidak disakijikan di game – game dari developer lain. Tindakan yang dilakukan Rockstar tersebut bukan asal – asalan tapi mereka melakukan research terhadap kebiasa orang yang menghabiskan waktunya untuk menonton olahraga MME, Tinju, Film aksi, Film Horror, dan perkelahian jalanan di youtube. Dari Research inilah yang diyakini oleh Rockstar bahwa gamers sudah bosan dengan good ending, tapi butuh sesuatu yang lebih juga baru itu semua lah yang diberikan oleh Rockstar dan tidak bisa developer lain berikan.
    3. Don’t Be Afraid To Kill Your Bad Things
    Maksud dari pernyataan ini adalah bagaiman Rockstar membunuh ide – ide lama dan menciptakan ide – ide baru yang masih segar. Rockstar memiliki pemikiran tidak mau berdiam di zona nyaman mereka, mereka mau keluar dari zona nayaman mereka dan menemukan hal – hal baru. Berbeda dengan developer lain yang mempertahankan konsep mereka yang begitu – begitu saja hanya ada perubahan pada grafik dan fitur – fitur saja.
    4. Take Pride In The Entire Experience
    Dalam strategi ini Rockstar slalu mengembangkan detail pada setiap gamenya. Rockstar ingin membuat pandangan lebih pada produk gamenya yang membuat para gamer bangga telah memainkan game – game mereka. Rockstar menghabiskan waktu yang lamu dalam melakukan research pada pembuatan gamenya karena itu mereka selalu berkonsistensi. Seperti dalam pembuatan GTA V yang melibatkan delapan studio, lebih dari 1000 halaman skrip, Pengambilan suara yang berbulan – bulan, berjalan – jalan dengan polisi sekitar, melakukan interview dengan agen FBI, dengan agen rahasia, para gangster, mafia untuk relevansi dan keakuratan gamenya.

    2. Penjelasan Tentang Produk Yang Bisa Ditiru atau Tidak
    Produk yang tidak bisa atau sangat sulit ditiru dari Rockstar adalah game karena memang mereka merupakan developer game. Developer game lain sulit untuk meniru Rockstar karena Rockstar berbeda mereka memasukan elemen – elemen yang unik kedalam game mereka yang seperti kriminalitas, para pemain game dari Rockstar disugukan dengan game yang menambahkan kreatifitas atau kebebasan kepada para pemainya. Seperti game GTA V yang dimana merupakan game yang bergenre Open Word dimana para pemain sangat bebas melalukan sesuat yang mereka inginkan dalam game tersebut yang tidak bisa dilakukan dalam game – game lain.
    Rockstar juga sangat memperhatikan game yang mereka buat seperti GTA V dimana dalam game tersebut bahkan para pemain bisa membeli makanan, potong rambut dan masih banyak lagi, yang juga membuat Rockstar sulit ditiru adalah Rockstar selalu memberikan hal – hal yang baru pada game mereka. Yang tidak dengan developer lain yang hanya mengupgrade game mereka seperti hanya meningkatkan grafis, alur cerita yang ditambah sedikit, dll.

    3. Perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin 1.
    Banyak sekali developer – developer game di duni ini seperti contohnya EA, Ubisoft, Konami, Square Enix dan masih banyak lagi tetapi sulit bagi mereka untuk meniru Rockstar karena Rockstar mempunyai stragi yang strategi mereka itu sangatlah unik, yang mungking membuat developer lain tidak cocok dengan strateginya.

    Terima Kasih Pak.

    Komentar oleh Iskar Subekti | Maret 9, 2017 | Balas

  9. Selamat siang pak jo, ini saya mahasiswa sore mau mengumpulkan tugas matakuliah STR134G
    NAMA : CANDRA
    NIM : RRC1B014027

    Soal STR
    1. Rumuskan dengan kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka.
    2. Jelaskan kompetensi tersebut apakah mudah ditiru apa tidak.
    3. Tunjukan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa menurun kompetensi sebagai mana pada poin 1.

    1). Rumusan tentang kompetensi dan perusahaan ‘’SOPHIE’’

    Sophie Martin adalah perusahaan Multi Level Marketing (MLM) yang didirikan oleh sepasang suami istri berkebangsaan Perancis yang datang ke Indonesia, yaito Bruno Hasson dan Sophie Martin. Perusahaan Sophie Martin pertama kali diperkenalkan pada 1995.

    Nama Sophie Martin diambil dari nama pemilik perusahaan ini. Sophie lahir di Paris pada 1969. Ia menyelesaikan pendidikannya di Academic Des Beaux Art Paris, kemudian memulai karirnya dengan bekerja pada ayahnya yang merupakan seorang importir tas Italia yang terkenal sejak tahun 1970-1990. Tas yang diproduksi mendapat sambutan baik dari masyarakat dan lambat laun penjualannya semakin pesat. Oleh sebab itu, Bruno Hasson merekrut karyawan, menyewa gedung, dan menerapkan sistem penjualan langsung dengan memanfaatkan tenaga penjual yang diberi insentif untuk menjual produk Sophie Martin. Selanjutnya Sophie Martin dipasarkan melalui sistempemasaran berjenjang (MLM) dengan merekrut anggota sebagai mitra untuk memasarkan produk-produk Sophie hingga ke pelosok Nusantara.

    Sophie Martin kemudian memperluas bisnisnya keluar negeri dengan membuka kantor perwakilan di Manila, Filipinapada tahun 2002. Kemudian pada tahun 2008, perusahaan ini menerapkan strategi merk Sophie Paris, di mana Sophie Martin menjadi bagian dari merek Sophie Paris yang memayungi beberapa merek di bawahnya .

    Tahun 2009, Sophie Paris membuka perwakilan di Casablanca, Maroko, dan pada 2010 berhasil melebarkan bisnis hingga ke Vietnam, serta Malaysia pada tahun 2012.

    Keahlian Sophie dalam mendesain produk fashion terutama tas dan didukung kepiawaian Bruno Hasson dalam meletakkan dasar-dasar manajemen menjadikan Sophie Martin berkembang pesat dalam waktu kurang lebih sepuluh tahun.

    Seiring dengan perkembangannya, Sophie Martin mengadakan perubahan besar pada merknya, yaitu menjadi Sophie Paris. Jika dulu, katalog berjudul Sophie Martin, maka saat ini nama katalog tersebut adalah Sophie Paris. Nama Sophie Martin sendiri tetap dipakai menjadi salah satu merk produk disamping Son, IN2(XS), dan Sophie Kids

    2). Penjelasan tentang produk yang bisa ditiru atau tidak

    Menurut saya produk (perusahaan) “SOPHIE PARIS” sulit untuk perusahaan lain meniru perusahaan Sophie Paris karena bahan yang dibuat dalam sophie paris aman dan dapat dipakai untuk semua kalangan baik pria maupun wanita mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, ibu-ibu, bahkan bapak-bapak, Dan harganyapun juga terjangkau.

    Adapun jenis-jenis produk yang dipasarkan oleh perusahaan sophie paris, yaitu Tas, Sepatu, Jam tangan, Pakaian, alat-alat kosmetik, dll.
    Dari jenis-jenis produk tersebut salah satunya kosmetik-kosmetik yang disediakan sophie paris seperti lipstick, blush on, eyeshadow, two way cake dan compact powder dll memiliki keunggulan dari produk-produk kosmetik lainnya salah satunya pada kosmetik-kosmetik ini berlebel halal dan aman bagi siapapun yang menggunakannya serta sangat puas dengan hasilnya karena sapuan bedak yang halus dan natural membuat yang memakainya menjadi percaya diri. sedangkan produk lain masih banyak menggunakan bahan kosmetik yang berbahaya seperti:

    1. Bahan kosmetika wajah yang mengandung Mercury

    Bahan kimia seperti Mercury, sering kita temui hampir di setiap jenis produk kosmetika atau produk pemutih wajah. Bahan kimia seperti mercury ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan dan kelangsungan regenerasi bagi kulit wajah. Bahan mercury ini bersifat racun dan perlu waktu lama untuk mengeluarkan dari dalam tubuh. Contoh bahaya yang diakibatkan dari penggunaan kosmetik yang mengandung mercury adalah kanker kulit dan flek hitam yang akan semakin memperbesar pori-pori di sekitar wilayah kulit wajah. Selain itu bahaya mercury bagi seorang wanita yang sedang mengandung adalah memperlambat pertumbuhan janin bahkan dapat menyebabkan keguguran.

    2. Bahan kosmetika wajah yang mengandung Hydroquinone

    Hydroquinone merupakan salah satu bahan kosmetik yang juga digunakan dalam campuran produk-produk kosmetika. Hydroquinone memang dipercaya dapat membantu seseorang untuk mendapatkan wajah yang cantik, indah menawan. Manfaat dari Hydroquinone sendiri dapat mencerahkan kulit wajah dan mengatasi wajah dari bintik atau flek hitam akibat bekas jerawat. Namun hasil penelitian membuktikan bahwa kosmetika yang mengandung hydroquinone bila terus digunakan akan menimbulkan efek samping negatif yang mengakibatkan kerusakan kulit wajah, dan lebih jauh lagi apabila digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama hydroquinone dapat menyebabkan kanker kulit.

    3. Bahan kosmetika wajah yang mengandung Rhodamin B

    Begitu banyak jenis bahan kimia yang dicampur dalam setiap jenis produk kosmetika, namun campuran bahan kimia biasanya paling sering ditemui pada bedak dan alas bedak. Salah satu bahan kimia yang berbahaya yang juga digunakan sebagai campuran produk kosmetika adalah Rhodamin B. Rhodamin B merupakan zat pewarna sintetis yang umumnya sering digunakan untuk pewarna bahan tekstil. Rhodamin B ini biasanya digunakan para industri produk kecantikan sebagai tambahan pewarna pada lipstik dan blush on (pewarna pipi), hal ini disebabkan karena Rhodamin B cukup memberikan ketahanan warna pada pipi dan bibir serta membuat wajah terlihat merah merona. Akan tetapi Rhodamin B ini sebenarnya cukup berbahaya bila digunakan dalam waktu yang cukup lama yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.

    4. Bahan kosmetiak wajah yang mengandung Komedogenik

    Kmedogenik adalah salah satu bahan utama yang paling banyak digunakan pad produk kosmetika untuk memelihara kecantikan wajah. Namun dari hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli kimia bahwa bahan kosmetika yang mengandung komedogenik ini bila digunakan akan menyebabkan timbulnya komedo dan kelainan pada kulit wajah.

    5. Bahan kosmetika wajah yang mengandung Propylene Glycol

    Propylene Glycol merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk mengentalkan bahan-bahan kosmetik. Zat propylene Glycol mudah ditemui pada produk kecantikan seperti dalam bentuk pembersih muka, pelembab muka, dan produk kosmetik yang awalnya bersifat cair. Namun zat propylene glycol ini dapat menyebabkan kelembapan kulit yang alami menjadi terganggu dan mudah terkonatminasi kuman, dan bakteri. Bahkan dalam suatu pemeriksaan produk kosmetik, zat tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan fungsi hati.

    6. Bahan kosmetika wajah yang mengandung Diethanolamine (DEA),
    Triethanolamine (TEA) dan Monothanolamine (MEA)

    Pada umumnya ketiga tersebut banyak digunakan dalam bentuk produk perawatan wajah. Namun ketiga bahan tersebut cukup berbahaya karena dapat mengakibatkan meningkatnya resiko terjadinya kanker ginjal dan hati.

    7. Bahan kosmetika wajah yang mengandung pewarna buatan

    Pewarna atau yang disebut juga coal tar derivative digunakan di berbagai jenis produk kecantikan sebagai warna dasar. Dampak negatif dari pewarna buatan hampir sama dengan bahan kosmetik yang mengandung komedogenik, yakni dapat menimbulkan komedo yang mudah sekali datang terutama bagi seseorang yang memiliki tekstur dan jenis kulit wajah yang sensitif, berminyak dan mudah berjerawat.

    8. Bahan kosmetik yang mengandung Isopropyl Alcohol

    Isopropyl Alcohol merupakan bahan campuran kosmetika yang sudah umum dan sering sekali digunakan oleh para produsen kosmetika dalam berbagai jenis produk kosmetika yang mereka jual dipasaran bebas. Isopropyl Alcohol ini digunakan sebagai bahan pelarut. Isopropyl Alcohol mempunyai dampak negatif karena dapat menyebabkan penuaan dini lebih cepat dan menimbulkan iritasi pada kulit, terutama bagi seseorang yang memiliki jenis kulit wajah sensitif. Selain itu Isopropyl Alcohol ini juga dapat merusak lapisan asam kulit sehingga memudahkan bakteri dan kuman dapat berkembang biak dan tumbuh subur di lapisan kulit dalam.

    Komentar oleh CANDRA | Maret 9, 2017 | Balas

  10. Selamat siang Pak Jo, maaf mengganggu, berikut saya sampaikan Tugas Individu Manajemen Stratejik

    Nama : Husaini
    Nim : RRC1B014104
    Kelas : Sore (RM Ekstensi)
    Mata Kuliah : Manajemen Strategi (STR)134
    Dosen : DR. JOHANNES, SE, M.Si

    Perusahaan PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk.
    1. Bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka ?
    2. Jelaskan kompetensi tersebut apakah mudah ditiru atau tidak ?
    3. Tunjukkan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin (1) ?

    Penyelesaian
    Pada tugas Manajemen Strategi semester VI ini saya tertarik untuk mengenal lebih jauh salah satu perusahaan yang produknya sangat popular dari jaman ke jaman disetiap kalangan. Perusahaan tersebut adalah PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk. AQUA merupakan merek minuman yang sudah terpercaya hingga puluhan tahun sebagai merek terbaik. Terbukti AQUA sudah menerima berbagai penghargaan yang merupakan wujud kepercayaan dan kepuasan konsumen, antara lain: Indonesian Best Brand Award (penghargaan untuk merek terbaik Indonesia) dari tahun 2003-2004, Indonesian Customer Satisfaction Award (penghargaan untuk merek yang memberikan kepuasan tertinggi kepada konsumennya) dari tahun 2003 dan Indonesian Golden Brand Award di tahun 2005-2007.
    1. Kompetensi Perusahaan
    Kompetensi dari Perusahaan adalah bahwa tidak hanya menyediakan air minum biasa bagi masyarakat melainkan air minum yang sehat bagi masyatrakat untuk kategori air mineral (AQUA). Hal tersebut sesuai dengan visi dan misinya.
    Visi :
    AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.
    Misi :
    AQUA selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak Indonesia).
    Selain itu, AQUA juga mampu untuk bertransformasi mengikuti perkembangan jaman di setiap masanya. Pada kategori air mineral banyak sekali inovasi-inovasi bentuk yang dihasilkan untuk menarik perhatrian pelanggan. Selain itu, produk ini juga semakin berkembang, tidak hanya air mineral namun mampu berinovasi dan berkembang pesat sampai kepada minuman isotonik-isotonik seperti Aqua Reflection, Aqua 50, dan minuman isotonik Mizone.

    2. Kompetensi tersebut bisa ditiru tetapi butuh waktu yang sangat panjang untuk menyaingi dan setara dengan Perusahaan ini.
    Mengapa ?
    Salah satu alasanya ditinjau dari salah satu produk Air Mineral (AQUA) yang memiliki strategi yang sangat baik seperti setiap kali sebuah perusahaan harus mengevaluasi kinerjanya, serta melakukan serangkaian perbaikan, agar tetap tumbuh dan dapat bersaing. Seperti; Meningkatkan jangkauan pemasaran ke suluh Indonesia dan mancanegara, Mencari sumber-sumber air di wilayah Indosesia dan International, Melakukan lisensi pada setiap produk, Menigkatkan dukungan dan kepercayaan masyarakat terhadap air minum dalam kemasan, Memberikan layanan ke masyarakat sekitar sumber air, dan Meningkatkan kontrol distribusi produk dan pasokan dari pihak ke tiga dan pemasok distributor.
    Berikut analisis SWOT Perusahaan :
    Kekuatan
    1. Keahlian dalam cita rasa Indonesia
    2. Produksi rendah biaya
    3. Jangkauan distribusi luas
    4. Kecepatan dalam menjalankan konsumen
    5. Brand yang sudah terkenal Kelemahan
    1. Terlalu banyak brand yang dikeluarkan
    2. Terlalu banyak inovasi rasa yang dibuat oleh DANONE
    3. Permintaan pasar yang belum terpenuhi
    Peluang
    1. Melakukan ekspansi keluar negri
    2. Melakukan join dengan perusahaan yang memiliki produk yang sejenis
    3. Melalukan diversifikasi terhadap produk lain Ancaman
    1. Ketatnya persaingan yang dilakukan pesaing dalam hal iklan maupun inovasi
    2. Tidak fokus terhadap satu jenis produk AQUA

    Strategi Dan Keunggulan Perusahaan.
    Seiring dengan perkembangan zaman, khususnya di era globalisasi dan teknologi informasi, pola manajemen perusahaan di Indonesia harus menyesuaikan sistem dan lebih terbuka terhadap perubahan. Kebanyakan perusahaan di Indonesia, baik perusahaan besar, menengah dan kecil, didirikan dan dikembangkan oleh keluarga atau pribadi.
    Mengingat tajamnya kompetisi dan luasnya skala persaingan dewasa ini, maka perusahaan harus dikelola secara modern, terbuka tanpa harus kehilangan sifat dan citra kekeluargaannya. Salah satu caranya adalah dengan go publik. Pada dasarnya go publik merupakan suatu proses untuk meningkatkan partisipasi masyarakat melalui permanent capital formation, yang menuntut adanya transparansi dan disclosure yang wajib dilakukan oleh perusahaan.
    Adapun tujuan dari go publik yaitu memperoleh modal dari masyarakat dengan cara menjual sedikit mungkin surat berharga dengan harga yang mahal sebab dengan membagi kepemilikan dengan masyarakat yang tidak terlalu besar, modal yang besar tetap bisa diperoleh. Selain itu, tujuan terpenting dari go publik lainnya adalah memperbaiki struktur modal menjadi lebih sehat (Widoatmodjo, 2004: 32).
    Penerapan strategi dalam tata kelola perusahaan
    AQUA memegang saham lebih dari 62% dari pasar botol di Indonesia, negara berpenduduk terbanyak kelima didunia. Memegang tampuk pimpinan menjadi sulit. Ada beberapa rintangan yang effektif untuk masuk dalam industry air dalam botol. Teknologi air dalam botol tidak terlalu sulit dan kebutuhan modal tidak terlalu berlebihan. Pemasaran menyediakan keunggulan bersaing yang utama diantara pembuat air dalam botol. Penyaluran yang efisien dan pengiklananan untuk membedakan dan memproduksi satu kesetiaan pada merek adalah kunci sukses.
    Pembedaan telah menjadi tujuan pertama. Dalam satu penggelaran pemasaran yang cemerlang, dia telah memberi nama produknya dengan AQUA (Nama Latin untuk “Air”. Orang asing di Indonesia, sasaran asli pemasaran , dapat mengerti apa arti kata itu. Lebih dari 300 bahasa dipakai di Indonesia dan kepekaan suku sangat penting. Pemilihan bentuk nama Latin dalah netral , dan tidak ada kepentingannya dengan kelompok suku tertentu. Sebaga bonus AQUA adalah kata yang mudah untuk diucapkan untuk pembicara setiap bahasa.
    Strategi pemasaran yang asli tidak ditujukan di Indonesia, tetapi dimaksukan untuk memapankan ceruk pasar kecil memasok air aman dan es pada orang asing di Indonesia. Satu hal yang mengejutkan, uji pemasaran di Terminal besar di Jakarta dan sepanjang jalan Pantura membuktikan bahwa orang-orang Indonesia ada kemauan untuk membeli air dalam botol. Berita tentang AQUA menyebar dari kota besar ke desa-desa kecil diseluruh pelosok tanah air. Tetapi perkiraan konsumen harus dipikirkan. Sementara perkiraan tersebut AQUA mengandung mineral sehat, sebenarnya tidak ada apa-apanya selain air dalam botol.Tidak dikarbonasi dan tidak pula dibumbui. Sejak semula, bagaimanapun, AQUA secara umum mengacu pada “Air Mineral AQUA” orang Indonesia tidak tahu bagaiman memperkirakan. Pada awalnya contoh promosi penjualan AQUA dilaksanakan pada pengunjung bioskop.
    Untuk memoles citra AQUA , slogan sangat penting. Slogan pertama yang dicobakan adalah slogan bersih, bening, bebas bakteriuntuk empat tahun yang pertama. Penjualan tetap tertahan dibawah dua juta liter per tahun – tidak cukup apabila perusahaan telah menjadi distributor utama. Dalam tahun 1979 Tirto merubah slogan secara permanen menjadi air sehat setiap saat, sedikit penedekatan klinis. Berhasil, Slogan yang baru berpasangan dengan perkenalan dengan kemasan plastik yang baru, mendorong penjualan AQUA sampai lebih 13 juta liter di tahun 1983.

    3. Perusahaan Kompetitor (PT Tirta Sukses Perkasa / CLUB)
    Perusahaan tersebut dapat menjadi perusahaan kompetitor dengan perusahaan AQUA. Alasannya adalah karena produk air mineral yang dihasilkan hampir sama. Perusahaan ini juga didukung oleh Perusahaan besar yaitu Indofood Asahi Sukses Beverage dahulu diberi nama PT Tirta Bahagia (1986) sampai akhirnya berubah nama menjadi PT. Tirta Sukses Perkasa di tahun 2014 sampai sekarang.
    Walaupun perusahaan ini telah berdiri lama, namun sangat sulit untuk meyaingi perusahaan AQUA dikarenakan AQUA selalu memberikan inovasi baik dari segi rasa maupun bentuk. Selain itu, perusahaan kompetitor hanya terfokus kepada air mineral saja.
    Alternatif Strategi Perusahaan AQUA Dalam Menghadapi Persaingan
    AQUA menggunakan seluruh media untuk iklannya. Bis, taxi, TV, radio, koran, dan majalah membawakan logo dan slogan biru AQUA yang berbeda. Dalam menjaga kesehatannya, mengangkat citra, AQUA secara aktif mendukung penyelenggaraan atletik internasional seperti pada jalur dan lapangan, mendaki gunung, angkat berat. Pada maraton yang populer dan balapan 10.000 meter truk-truk AQUA menyediakan pelari yang kelelahan dengan pancuran air segar. Sebagai bagian dari hubungan masyarakat, AQUA juga membuka pabriknya untuk dikunjungi masyarakat untuk meyakinkan masyarakat pelanggan bahwa AQUA diproduksi dengan cara yang higienis dengan fasilitas, personel, dan manajemen yang utama.
    Sementara pengiklanan dan humas “menarik” AQUA melalui saluran-saluran distribusi, promosi eceran lokal dan potongan harga “mendorong” produksi pada pelanggan. Pelayanan adalah krusial dalam bisnis air. Ada pusat-pusat distribusi AQUA di Indonesia, dijalankan oleh PT. Wirabuana Intrent, distributor tunggal produk-produk AQUA. Truk-truk AQUA yang selalu siap sedia dimana saja kapan saja memastikan pengiriman yang handal pada outlet eceran dan perusahaan-perusahaan yang menyediakan pendingin air AQUA untuk karyawannya. Penerbangan besar seperti Garuda Indonesia, Penerbangan Nasional Indonesia, menawarkan AQUA pada penumpangnya. Pelanggan-pelanggan ini membutuhkan pelayanan yang segera dan handal. Pendingin air kantoran yang kosong atau rusak menciptakan citra yang buruk dan penerbangan membutuhkan pengiriman tepat waktu.
    AQUA melanjutkan untuk mengembangkan upaya pemasarannya ke pulau yang lain di Indonesia. Untuk memotong biaya transportasi, fasilitas produksi dioperasikan dengan lisensi yang memproduksi air dalam persyaratan AQUA telah dibuka di Manado, Sulawesi Utara, dan Medan, Sumatera Utara. Satu instalasi kecil mulai berproduksi airl SEHAT dalam botol di Brunei Darrussalam, satu negara minyak yang merdeka di pantai utara Borneo. Bukan suatu hal yang kecil.

    Komentar oleh Husaini | Maret 9, 2017 | Balas

  11. Selamat siang Pak Jo,sejaktera untuk kita semua.maaf mengganggu waktu Bapak…berikut saya sampaikan Tugas Individu Manajemen Stratejik

    TUGAS MANAJEMEN STRATEJIK (PT: AXIS TELEKOM INDONESIA)
    )
    PROGRAM EKONOMI dan BISNIS
    DOSEN : DR. JOHANNES, SE, M.Si

    NAMA : AROFIK
    NIM : RRC1B014109
    KELAS : EKONOMI MANAJEMEN (EKSTENSI SORE – MALAM)

    Soal:

    1. Rumuskan dengan kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kopetensi mereka?
    JAWAB :
    PT.AXIS TELEKOM INDONESIA bergerak pada bidang telekomunikasi,dengan produk utamanya Axis,axis merupakan operator GSM Nasional yang pertumbuhannya sangat cepat di Indonesia serta tergolong tarif yang sangat murah saat ini di banding operator lainnya, perusahaan AXIS memiliki sistem pendekatan dengan penawaran yang berbeda kepada pelanggannya Hingga saat ini, Axis sudah mengembangkan jaringan 2G dan 3G nya ke hampir seluruh penjuru kota di Indonesia.,Perusahaan Mereka menantang norma pasar di mana menghadirkan penawaran yang apa adanya tanpa syarat dan ketentuan yang disembunyikan seperti halnya operator-operator lain. Produk Axis sendiri diluncurkan sekitar bulan April 2008 dengan cakupan wilayah Jawa dan Bali pada awal Axis beroperasi. Tetapi saat ini, hampir 80 % lebih jangkauan Axis meliputi daerah-daerah di Indonesia, seperti Sumatera, Sulawesi, Lombok, Bali dan lain sebagainya. Menurut catatan, AXIS sudah tersedia di 400 kota di seluruh penjuru Indonesia. Axis diklaim sebagai operator terbesar keempat dari telkomsel,xl dan indosat dalam hal jangkauan wilayah..
    Kerjasama yang inovatif dan investasi yang berkelanjutan mempercepat ekspansi perusahaan dan memposisikan AXIS sebagai brand nasional.
    2. Jelaskan Kopetensi tersebut apakah mudah ditiru atau tidak
    JAWAB : pt.axis merupakan perusahaan komunikasi yang tujuan utamanya memberikan jangkauan jaringan luas terhadap memaksimalkan terciptanya kepuasan pelanggan,menurut saya tidak mudah di tiru karna memang hampir semua pesaing tujuan utamanya sama yaitu memaksimalkan terhadap pelanggan tetapi hanya axis yang berani memberikan penawaran transparan,sehingga sulit bagi perusahaan komunikasi lain untuk menirunya
    3. Tunjukkan Perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru Kopetensi sebagaimana pada poin (a)
    JAWAB : telkomsel,xl,indosat. persaingan antara keempat operator telekomunikasit merupakan satu tujuan utama focus terhadap pelanggan,dan menurut saya pt.axis telekom kompetensi nya tidak bisa di tiru karna dimana memberikan penawaran yang transparan.serta Kerjasama yang inovatif dan investasi yang berkelanjutan mempercepat ekspansi perusahaan dan memposisikan AXIS sebagai brand nasional.

    Demikian Pak Jo
    Terimakasih untuk waktu dan tugas dari Bapak
    Saya harap Bapak bisa tanggapi.

    Komentar oleh arofik | Maret 9, 2017 | Balas

  12. Selamat sore Pak Jo
    Berikut Saya Kirimkan tugas Manajemen Stratejik

    Nama : Heidi Choirisya
    Nim : RRC1B014101
    Kelas : Sore (RM Ekstensi)

    Tugas STR Individu
    a.) Rumuskan dengan Kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka?
    Jawab :
    Perusahaan Apple Inc.
    Kompetensinya adalah menjadi perusahaan terbaik dunia dengan produk yang beragam, dan dengan persepsi produk yang bermutu tinggi

    b.) Jelaskan kompetensi tersebut apakah mudah ditiru atau tidak?
    Jawab :
    Tidaklah mudah untuk mengimitasi atau meniru kehebatan Apple yang punya skill sekaligus model bisnis yang sanggup mengikat beberapa produk mulai dari music player (iPod), PC yang keren (MacBook), aplikasi yang elegan untuk memainkan dan mengorganisasi file musik (iTunes), termasuk toko-toko online berisi lagu-lagu dari seluruh studio rekaman terkemuka (iTunes Music Store) dalam satu simpul.

    c.) Tunjukkan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin (a)
    Jawab :
    Perusahaan pesaingnya adalah SAMSUNG, dimana Samsung juga memproduksi gadget dan gadget yang dihasilkan samsung juga tidak kalah bagus dari apa yang di hasilkan Apple, tetapi dengan skill dan kemampuan Steve Jobs dalam urusan software serta desain, membuat Apple meninggalkan para pesaing dengan produk-produknya yang lebih inovatif.

    Sekian dan Terima Kasih.

    Komentar oleh Heidi Choirisya | Maret 9, 2017 | Balas

  13. Selamat sore Pak Jo, berikut saya sampaikan Tugas Individu Manajemen Stratejik Tentang “Kompetensi Perusahaan”

    Nama : Daud Marojahan Sinambela
    Nim : RRC1B014110
    Jurusan : Manajemen
    Kelas : Sore (RM Ekstensi)
    Mata Kuliah : Manajemen Stratejik (STR134)
    Dosen : Prof. JOHANNES SIMATUPANG, SE, M.si

    Peusahaan Apple Inc.
    Pertanyaan:
    1. Bagaimana Perusahaan merumuskan kompetensi mereka?
    2. Jelaskan kompetensi tersebut apakah mudah ditiru atau tidak?
    3. Tunjukkan perusahaan saingan apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada point 1

    Penyelesaian 1.
    Pada Tugas Individu Manajemen Stratejik tentang kompetensi suatu perusahaan yang saya teliti ini, ada satu perusahaan yang pepuler dari tahun 1970an sampai sekarang ini yang membuat saya tertarik yaitu Prusahaan Apple Inc. Peusahaan Apple, Inc.(sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan yang terletak di daerah Silicon Valley, Cupertino, California, yang bergerak dalam bidang teknologi komputer. Apple membantu bermulanya revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya Apple II dan memajukannya sejak tahun 1980-an hingga sekarang dengan Macintosh.

    Kompetensi Perusahaan Apple Inc adalah apple bukan menghasilkan komputer dan handphone, tetapi Apple membawa pengalaman komputasi pribadi terbaik kepada siswa-siswa,pendidik-pendidik profesional kreatif dan konsumen di seluruh dunia melalui inovati, software,hardware dan persembahan internet, apple juga mempermudah sistem pembayaran via perangkat mobile yang didukung sejumlah bank kenaaman dan penerbit kartu kredit kelas kakap lelui sitem Android Pay.

    Penyelesian 2.
    Perusahaan Apple adalah satu-satunya produk yang tidak bisa ditiru, ini terbukti dari segi teknologi dan desain yang ditampilkan memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu produknya yaitu Iphone 5S,6 dan 6 Plus adalah Smartphone Android yang terbaik memliki sistem sensor sidik jari yang sangat fungsional, dan juga terdapat fitur TouchID bisa digunakan sistem keamanan perangkat dan pembayaran via Apple Pay, TouchID juga dinilai sangat akurat.

    Penyelesaian 3.
    Perusahaan saingan apple salah satunya Yaitu Perusahaan samsung electronics. Alasannya adalah karena perusahaan tersebut juga meniru, salah satunya juga membuat camera kit. Mesikpun perusahaan samsung meniru produk Apple dari segi desain seperti produk Camera Kit, tentunya dari segi kualitas Apple sangatlah berbeda dengan samsung dari segi camera, Apple memiliki kualitas kamera yang sangat tinggi DSLR diantara camera lainnya sedangkan samsung memiliki kulaitas NFC.
    Apple terus berusaha agar konsumen merasa puas, mudah memahami karena produk yang dipakai sangat sederhana yang memudahkan penggunannya cepat mengerti dalam pemakaian produk apple serta Apple membuat penggunannya merasa nyaman.

    Komentar oleh daud marojahan | Maret 9, 2017 | Balas

  14. Selamat Sore Pak Jo,
    Berikut Saya kirimkan tugas Individu Manajemen Stratejik

    Nama : MUHAMMAD SUBHAN
    Nim : RRC1B014102
    Kelas : sore (RM Ekstensi)

    a.) Rumuskan dengan kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka?
    Jawab :
    Perusahaan ADIDAS
    Kompetensi intinya adalah bukan hanya merupakan perusahaan penghasil sepatu, melainkan produk-produk perlengkapan olahraga lainnya
    b.) Jelaskan kompetensi tersebut, apakah mudah ditiru atau tidak?
    Jawab :
    Tidak mudah ditiru, sebab ADIDAS selalu memiliki teknologi yang baru dan mempuni sehingga bisa mempertahankan eksistensi nya didunia perlengkapan olahraga, (apparel)
    c.) Tunjukkan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin (a)
    Jawab :
    Perusahaan pesaingnya adalah NIKE, perusahaan ini bisa saja meniru ADIDAS, sebab perusahaan ini juga bergerak dibidang perlengkapan olahraga, tetapi diantara kedua perusahaan ini sama-sama mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing, salah satu contoh persaingan mereka seperti persaingan kostum klub, Nike maupun Adidas sama-sama menggaet tim-tim besar Eropa yang satu sama lain dapat dikatakan saling bermusuhan. Ketika Argentina digaet Adidas. Brazil digaet oleh Nike. Di Eropa Adidas menggaet Jerman, Spanyol, Perancis, sedangkan Nike menggaet Portugal dan Belanda.

    Terima Kasih.

    Komentar oleh Muhammad Subhan | Maret 9, 2017 | Balas

  15. Selamat Sore Pak Jo,
    berikut Saya kirimkan Tugas Manajemen Stratejik

    Nama: Apri Yansa
    Nim : RRC1B014008
    Kelas: Reguler Mandiri (Malam)

    Soal STR
    1. Rumuskan dengan kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka.
    2. Jelaskan kompetensi tersebut apakah mudah ditiru atau tidak.
    3. Tunjukan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin 1.

    1. Rumusan Tentang Kompetensi dan Perusahaan “TUPPERWARE”

    Tupperware Brands Corporation yang berpusat di Orlando Amerika Serikat adalah perusahaan multinasional yang memproduksi serta memasarkan produk plastik berkualitas untuk keperluan rumah tangga yang memberikan solusi praktis untuk gaya hidup sehat dan modern. Produk-produknya yang inovatif menjaga mutu bahan makanan maupun minuman yang disimpan di dalamnya serta memberikan solusi dalam pengolahan bahan makanan dengan praktis dan simple.
    Dengan sistem penjualan langsung (direct selling), Tupperware berkembang dan berada di lebih dari 100 negara. Di banyak Negara, di antara perusahaan direct selling lain Tupperware berhasil menempati ranking atas.
    Berkat penemuannya yang gemilang tahun 1937 di Amerika & dikembangkan tahun 1946, Earl Tupper melahirkan berbagai produk innovatif bermerek Tupperware. Kehadirannya mempermudah dan memperindah kehidupan para ibu rumah tangga di Amerika.
    Home Party Tupperware yang dikenal sebagai Tupperware Party adalah cara penjualan yang unik, informatif dan menghibur. Cara ini pertama kali diperkenalkan oleh Brownie Wise.
    Kejeliannya memanfaatkan teknologi membuat Tupperware tanggap dengan berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat. Diperkirakan hampir setiap 2,3 detik diselenggarakan Tupperware Party di salah satu sudut dunia. Tupperware selalu melahirkan produk baru berkualitas yang innovatif, berdesain unik dengan warna – warni yang khas, trendy dan menarik.
    Bahan yang digunakan Tupperware tentu memiliki kualitas terbaik, aman bagi kesehatan, serta ramah lingkungan. Tupperware bahkan telah memenuhi ketentuan FDA, EFSA, dan FS.
    Sesuai dengan komitmennya dalam memberi kepuasan maksimal kepada semua pencinta dan penggunanya, Tupperware tak ragu untuk memberikan garansi seumur hidup (sesuai pemakaian normal). Secara resmi Tupperware dipasarkan di Indonesia tahun 1991. PT. Alif Rose di Jakarta merupakan Distributor resmi pertama Tupperware, dan kini sudah lebih dari 73 Distributor resmi yang tersebar di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.
    Didukung lebih dari 200.000 tenaga penjual independen, produk Tupperware berhasil menembus berbagai kalangan. Pelatihan dan bimbingan yang diberikan merupakan bekal untuk menjadi tenaga penjual yang tangguh. Meski terdiri dari berbagai latar belakang ekonomi dan pendidikan, namun ada satu persamaannya yaitu bisa menyisihkan waktu untuk keluarga, sekaligus memiliki karir dan penghasilan yang sangat memuaskan.

    2. Penjelasan Tentang Produk Yang Bisa Ditiru atau Tidak
    Menurut pendapat saya produk ataupun kompetensi dari Tupperware sulit bagi perusahaan lain untuk meniru produk tersebut. Karena produk Tupperware dibuat dari bahan yang aman digunakan untuk pemakaian berulang-ulang, dimana bahan tersebut adalah bahan yang terbuat dari low-density polyetlene (LDPE atau plasti tipe 4) dan Polipropilene (PP atau plastik tipe 5).
    Sedangkan produk lain masih banyak yang menggunakan bahan berbahaya seperti Polikarbonat (Plastik tipe 7), yang dapat melepaskan bahan kimia berbahaya atau yang dikenal dengan hormone disrupting chemical Bisphenol A (BPA) ke dalam makanan setelah penggunaan berulang – ulang.
    Selain BPA, terdapat juga zat – zat kimia lain yang biasa ditemukan pada berbagai wadah plastik di produk lain. Wadah plastik yang dibuat dari polietilen tereftalat (PET atau PETE, atau plastik tipe 1) seperti yang biasanya terdapat pada botol minuman air mineral yang akan berefek karsinogenikbila digunaan lebih dari sekali. Juga ada beberapa wadah plastik yang terbuat dari polivinil klorida (PVC, atau plastik tipe 3) yang dapat melepaskan zat – zat penyebab kanker. Dan ada beberapa wadah plastik yang terbuat dari polistirena (PS, atau plastik tipe 6 yang sering disebut dengan nama Styrofoami).memiliki efek yang sangat berbagaya bagi kesehatan. Styreneyang merupakan bahan dasar dari Styrofoam dapat berinteraksi dengan kulit, mata, bahkan dapat menyebabkan gangguan pernapasan, depresi, efek kelelahan, gangguan ginjal, serta kerusakan sistem saraf pusat.
    Betapa banyak wadah plastik di sekitar kita yang ternyata memiliki efek berbahaya bagi kesehatan. Parahnya, seringkali kita mengabaikan hal ini dengan berbagai alasan seperti ingin praktis, mengirit biaya, atau karena minimnya pengetahuan kita tentang hal di atas. Karena itu, sudah saatnya kita lebih peduli terhadap kesehatan baik diri kita, anak-anak kita, orang tua dan semua orang yang kita sayangi. Sesuatu yang praktis dan murah tidak selamanya baik. Memilih wadah plastik yang aman adalah investasi jangka panjang bagi kesehatan kita dan keluarga.
    3. Perusahaan Pesaing
    Moorelife dan Tulipwae, dua perusahaan ini bisa dibilang sebagai perusahaan pesaing, dimana kedua perusahaan ini juga bergerak dibidang penyedia tempat makanan dan minuman (praktis) ,tetapi jika dibandingkan dengan Moorelife dan Tulipware, masyarakat lebih menyukai Tupperware karena produknya yang lebih beragam dan Inovatif.

    Terima Kasih.

    Komentar oleh Apri Yansa | Maret 9, 2017 | Balas

  16. Selamat Sore Pak Jo, maaf mengganggu, berikut saya sampaikan Tugas Individu Manajemen Stratejik

    Nama : APRI YANSA
    Nim : RRC1B014008
    Kelas : Sore (Reguler Mandiri)
    Mata Kuliah : Manajemen Strategi (STR)134
    Dosen : DR. JOHANNES, SE, M.Si

    Soal STR
    1. Rumuskan dengan kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka.
    2. Jelaskan kompetensi tersebut apakah mudah ditiru atau tidak.
    3. Tunjukan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin 1.

    1. Rumusan Tentang Kompetensi dan Perusahaan “TUPPERWARE”

    Tupperware Brands Corporation yang berpusat di Orlando Amerika Serikat adalah perusahaan multinasional yang memproduksi serta memasarkan produk plastik berkualitas untuk keperluan rumah tangga yang memberikan solusi praktis untuk gaya hidup sehat dan modern. Produk-produknya yang inovatif menjaga mutu bahan makanan maupun minuman yang disimpan di dalamnya serta memberikan solusi dalam pengolahan bahan makanan dengan praktis dan simple.
    Dengan sistem penjualan langsung (direct selling), Tupperware berkembang dan berada di lebih dari 100 negara. Di banyak Negara, di antara perusahaan direct selling lain Tupperware berhasil menempati ranking atas.
    Berkat penemuannya yang gemilang tahun 1937 di Amerika & dikembangkan tahun 1946, Earl Tupper melahirkan berbagai produk innovatif bermerek Tupperware. Kehadirannya mempermudah dan memperindah kehidupan para ibu rumah tangga di Amerika.
    Home Party Tupperware yang dikenal sebagai Tupperware Party adalah cara penjualan yang unik, informatif dan menghibur. Cara ini pertama kali diperkenalkan oleh Brownie Wise.
    Kejeliannya memanfaatkan teknologi membuat Tupperware tanggap dengan berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat. Diperkirakan hampir setiap 2,3 detik diselenggarakan Tupperware Party di salah satu sudut dunia. Tupperware selalu melahirkan produk baru berkualitas yang innovatif, berdesain unik dengan warna – warni yang khas, trendy dan menarik.
    Bahan yang digunakan Tupperware tentu memiliki kualitas terbaik, aman bagi kesehatan, serta ramah lingkungan. Tupperware bahkan telah memenuhi ketentuan FDA, EFSA, dan FS.
    Sesuai dengan komitmennya dalam memberi kepuasan maksimal kepada semua pencinta dan penggunanya, Tupperware tak ragu untuk memberikan garansi seumur hidup (sesuai pemakaian normal). Secara resmi Tupperware dipasarkan di Indonesia tahun 1991. PT. Alif Rose di Jakarta merupakan Distributor resmi pertama Tupperware, dan kini sudah lebih dari 73 Distributor resmi yang tersebar di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.
    Didukung lebih dari 200.000 tenaga penjual independen, produk Tupperware berhasil menembus berbagai kalangan. Pelatihan dan bimbingan yang diberikan merupakan bekal untuk menjadi tenaga penjual yang tangguh. Meski terdiri dari berbagai latar belakang ekonomi dan pendidikan, namun ada satu persamaannya yaitu bisa menyisihkan waktu untuk keluarga, sekaligus memiliki karir dan penghasilan yang sangat memuaskan.

    2. Penjelasan Tentang Produk Yang Bisa Ditiru atau Tidak
    Menurut pendapat saya produk ataupun kompetensi dari Tupperware sulit bagi perusahaan lain untuk meniru produk tersebut. Karena produk Tupperware dibuat dari bahan yang aman digunakan untuk pemakaian berulang-ulang, dimana bahan tersebut adalah bahan yang terbuat dari low-density polyetlene (LDPE atau plasti tipe 4) dan Polipropilene (PP atau plastik tipe 5).
    Sedangkan produk lain masih banyak yang menggunakan bahan berbahaya seperti Polikarbonat (Plastik tipe 7), yang dapat melepaskan bahan kimia berbahaya atau yang dikenal dengan hormone disrupting chemical Bisphenol A (BPA) ke dalam makanan setelah penggunaan berulang – ulang.
    Selain BPA, terdapat juga zat – zat kimia lain yang biasa ditemukan pada berbagai wadah plastik di produk lain. Wadah plastik yang dibuat dari polietilen tereftalat (PET atau PETE, atau plastik tipe 1) seperti yang biasanya terdapat pada botol minuman air mineral yang akan berefek karsinogenikbila digunaan lebih dari sekali. Juga ada beberapa wadah plastik yang terbuat dari polivinil klorida (PVC, atau plastik tipe 3) yang dapat melepaskan zat – zat penyebab kanker. Dan ada beberapa wadah plastik yang terbuat dari polistirena (PS, atau plastik tipe 6 yang sering disebut dengan nama Styrofoami).memiliki efek yang sangat berbagaya bagi kesehatan. Styreneyang merupakan bahan dasar dari Styrofoam dapat berinteraksi dengan kulit, mata, bahkan dapat menyebabkan gangguan pernapasan, depresi, efek kelelahan, gangguan ginjal, serta kerusakan sistem saraf pusat.
    Betapa banyak wadah plastik di sekitar kita yang ternyata memiliki efek berbahaya bagi kesehatan. Parahnya, seringkali kita mengabaikan hal ini dengan berbagai alasan seperti ingin praktis, mengirit biaya, atau karena minimnya pengetahuan kita tentang hal di atas. Karena itu, sudah saatnya kita lebih peduli terhadap kesehatan baik diri kita, anak-anak kita, orang tua dan semua orang yang kita sayangi. Sesuatu yang praktis dan murah tidak selamanya baik. Memilih wadah plastik yang aman adalah investasi jangka panjang bagi kesehatan kita dan keluarga.

    3. Tunjukan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin 1.
    Perusahaan pesaingnya adalah MOORELIFE Dan TULIPWARE, dimana kedua produk tersebut juga memproduksi tempat makanan dan minuman seperti hal nya TUPPERWARE, TUPPERWARE juga tidak kalah bagus dari apa yang di hasilkan kedua produk tersebut, tetapi dengan skill dan kemampuan mereka dalam menguruskan bahan-bahan yang aman serta desainnya sangat bagus, maka membuat TUPPERWARE meninggalkan para pesaing dengan produk-produknya yang lebih inovatif.

    Komentar oleh Apri yansa | Maret 9, 2017 | Balas

  17. selamat sore Pak Jo
    berikut saya kirimkan tugas Manajemen Stratejik

    Nama : Apri Yansa
    Nim : RRC1B014008
    Kelas : Reguler Mandiri (Malam)

    Soal STR
    1. Rumuskan dengan kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka.
    2. Jelaskan kompetensi tersebut apakah mudah ditiru atau tidak.
    3. Tunjukan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin 1.

    1. Rumusan Tentang Kompetensi dan Perusahaan “TUPPERWARE”

    Tupperware Brands Corporation yang berpusat di Orlando Amerika Serikat adalah perusahaan multinasional yang memproduksi serta memasarkan produk plastik berkualitas untuk keperluan rumah tangga yang memberikan solusi praktis untuk gaya hidup sehat dan modern. Produk-produknya yang inovatif menjaga mutu bahan makanan maupun minuman yang disimpan di dalamnya serta memberikan solusi dalam pengolahan bahan makanan dengan praktis dan simple.
    Dengan sistem penjualan langsung (direct selling), Tupperware berkembang dan berada di lebih dari 100 negara. Di banyak Negara, di antara perusahaan direct selling lain Tupperware berhasil menempati ranking atas.
    Berkat penemuannya yang gemilang tahun 1937 di Amerika & dikembangkan tahun 1946, Earl Tupper melahirkan berbagai produk innovatif bermerek Tupperware. Kehadirannya mempermudah dan memperindah kehidupan para ibu rumah tangga di Amerika.
    Home Party Tupperware yang dikenal sebagai Tupperware Party adalah cara penjualan yang unik, informatif dan menghibur. Cara ini pertama kali diperkenalkan oleh Brownie Wise.
    Kejeliannya memanfaatkan teknologi membuat Tupperware tanggap dengan berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat. Diperkirakan hampir setiap 2,3 detik diselenggarakan Tupperware Party di salah satu sudut dunia. Tupperware selalu melahirkan produk baru berkualitas yang innovatif, berdesain unik dengan warna – warni yang khas, trendy dan menarik.
    Bahan yang digunakan Tupperware tentu memiliki kualitas terbaik, aman bagi kesehatan, serta ramah lingkungan. Tupperware bahkan telah memenuhi ketentuan FDA, EFSA, dan FS.
    Sesuai dengan komitmennya dalam memberi kepuasan maksimal kepada semua pencinta dan penggunanya, Tupperware tak ragu untuk memberikan garansi seumur hidup (sesuai pemakaian normal). Secara resmi Tupperware dipasarkan di Indonesia tahun 1991. PT. Alif Rose di Jakarta merupakan Distributor resmi pertama Tupperware, dan kini sudah lebih dari 73 Distributor resmi yang tersebar di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.
    Didukung lebih dari 200.000 tenaga penjual independen, produk Tupperware berhasil menembus berbagai kalangan. Pelatihan dan bimbingan yang diberikan merupakan bekal untuk menjadi tenaga penjual yang tangguh. Meski terdiri dari berbagai latar belakang ekonomi dan pendidikan, namun ada satu persamaannya yaitu bisa menyisihkan waktu untuk keluarga, sekaligus memiliki karir dan penghasilan yang sangat memuaskan.

    2. Penjelasan Tentang Produk Yang Bisa Ditiru atau Tidak
    Menurut pendapat saya produk ataupun kompetensi dari Tupperware sulit bagi perusahaan lain untuk meniru produk tersebut. Karena produk Tupperware dibuat dari bahan yang aman digunakan untuk pemakaian berulang-ulang, dimana bahan tersebut adalah bahan yang terbuat dari low-density polyetlene (LDPE atau plasti tipe 4) dan Polipropilene (PP atau plastik tipe 5).
    Sedangkan produk lain masih banyak yang menggunakan bahan berbahaya seperti Polikarbonat (Plastik tipe 7), yang dapat melepaskan bahan kimia berbahaya atau yang dikenal dengan hormone disrupting chemical Bisphenol A (BPA) ke dalam makanan setelah penggunaan berulang – ulang.
    Selain BPA, terdapat juga zat – zat kimia lain yang biasa ditemukan pada berbagai wadah plastik di produk lain. Wadah plastik yang dibuat dari polietilen tereftalat (PET atau PETE, atau plastik tipe 1) seperti yang biasanya terdapat pada botol minuman air mineral yang akan berefek karsinogenikbila digunaan lebih dari sekali. Juga ada beberapa wadah plastik yang terbuat dari polivinil klorida (PVC, atau plastik tipe 3) yang dapat melepaskan zat – zat penyebab kanker. Dan ada beberapa wadah plastik yang terbuat dari polistirena (PS, atau plastik tipe 6 yang sering disebut dengan nama Styrofoami).memiliki efek yang sangat berbagaya bagi kesehatan. Styreneyang merupakan bahan dasar dari Styrofoam dapat berinteraksi dengan kulit, mata, bahkan dapat menyebabkan gangguan pernapasan, depresi, efek kelelahan, gangguan ginjal, serta kerusakan sistem saraf pusat.
    Betapa banyak wadah plastik di sekitar kita yang ternyata memiliki efek berbahaya bagi kesehatan. Parahnya, seringkali kita mengabaikan hal ini dengan berbagai alasan seperti ingin praktis, mengirit biaya, atau karena minimnya pengetahuan kita tentang hal di atas. Karena itu, sudah saatnya kita lebih peduli terhadap kesehatan baik diri kita, anak-anak kita, orang tua dan semua orang yang kita sayangi. Sesuatu yang praktis dan murah tidak selamanya baik. Memilih wadah plastik yang aman adalah investasi jangka panjang bagi kesehatan kita dan keluarga.
    3. Perusahaan Pesaing
    Moorelife dan Tulipware, dua perusahaan ini bisa dibilang sebagai perusahaan pesaing, dimana kedua perusahaan ini juga bergerak dibidang penyedia tempat makanan dan minuman (praktis), kedua perusahaan ini juga menghasilkan produk-produk yang bagus, tetapi jika dibandingkan dengan Moorelife dan Tulipware, masyarakat lebih menyukai Tupperware karena produknya berkualitas, lebih beragam dan lebih Inovatif

    Komentar oleh Apri Yansa | Maret 9, 2017 | Balas

  18. selamat Sore Pak Jo,
    Berikut Saya kirimkan tugas Individu Manajemen Stratejik

    Nama : ricky ishadi
    Nim : RRC1B014094
    Kelas : sore (RM Ekstensi)
    Perusahaan Printer Canon Dengan Printer Epson

    A.Bagaimana Perusahaan Merumuskan Kompetensi Mereka ?
    Seiring dengan kemajuan zaman dan era globalisasi, sekarang ini masyarakat membutuhkan kepraktisan dalam melakukan sesuatu. Tidak terkecuali dalam bidang penggambaran dan optik. Sekarang ini banyak terdapat berbagai macam produk untuk bidang penggambaran yang menggunakan teknologi yang canggih. Seperti kamera digital, printer, scanner dan mesin fotocopy.Canon adalah sebuah merek dagang di yang berada di lebih dari 180 negara dan daerah di seluruh dunia. Amerika dikelola oleh Canon AS, Eropa, Rusia, Afrika dan Timur Tengah oleh Canon Eropa, Asia, kecuali Jepang, Cina oleh Canon, dan Canon Oseania oleh Australia. Jepang yang ditangani oleh Canon Marketing Jepang. Canon memperhatian setiap kebutuhan pelanggan, Canon berkomitmen untuk menyediakan solusi dan layanan yang menjamin kepuasan tertinggi.
    Untuk segmen kamera digital, Canon merupakan salah satu produsen kamera digital berkualitas tinggi. Canon merupakan pelopor untuk kemera digital dengan menggunakan teknik 35 mm focal-pesawat-rana kamera, yang diproduksi dalam bentuk prototipe. Brand Canon sudah sangat familiar di telinga konsumennya, khusunya di bidang teknik penggambaran dan optik. Canon pertama didirikan pada tahun 1934. akan tetapi merek canon terkenal oleh masyarakat di seluruh dunia sekitar tahun 1946.
    Canon hadir merubah situasi pasar dengan menciptakan kamera pertama yang harganya relatif murah dari pada harga kamera lain pada waktu itu.Segmentasi pasar Canon sangat luas. Pada umumnya bersegmentasi pada seluruh segmen yang ada di dalam pasar. Karena produk yang diciptakan oleh Canon ini sangat beragam dan sesuai dengan tingkat kebutuhan konsumen. Untuk kamera digital, Canon menciptakan kamera digital untuk para pemula. Akan tetapi, untuk para fotografer profesional, Canon juga menciptak berbagai jenis produk yang sesuai untuk digunakan dalm bidang fotografi. Canon memilih target untuk seluruh segmen karena Canon ingin merek brand caon bisa dipakai pada seluruh tingkatan segmen.Segmentasi pasar produk canon yang lain yaitu printer adalah terbagi dalam 2 segmen yaitu untuk printer rumahan dan printer kantor. Canon menciptakn berbagai tipe printer yang cocok dipakai untuk segmen kantor, sekolah, dan di rumah. Biasanya untuk segmen perkantoran dan sekolah, canon menyediakan piliha tipe printer dengan kecepatan tinggi. Sedangkan untuk segmen rumahan, canon menyediakan tipe printer dengan kualitas warna yang bagus dan tinta tahan hingga puluhan tahun.Segementasi pasar dalam mesin fotocopy canon juga terbagi dalam 2 segmen. Yaitu adalah dari kalangan usaha atau bisnis dan untuk perkantoran.
    Untuk segemen usaha atau bisnis seperti percetakan dan fotocopy. Canon menyedikan tipe mesin fotocopy yang berkulitas tinggi. Canon menciptak 2 jenis printer, yaitu mesin fotocopy hitam putih dan mesin fotocopy berwarna.Canon sangat pendai dalam membaca situasi pasar. Dalam penelitian dan pengembangan produknya, Canon terus pursues Litbang yang terkait dengan teknologi dasar yang menopang perusahaan kedepan, kekuatan teknologi yang ada dalam berbagai produk mereka sangat kompetitif untuk bersaing dengan pesaing lainnya dalam pasar.
    Canon juga mengembangkan system daur ulang terhadap produk-produknya. Daur ulang ini tergantung pada rute dan koleksi teknologi daur ulang.Canon secara proaktif dalam pengumpulan dan daur ulang berbagai produk-produknya. Dari segi servis yang diberikan kepada pelanggan, Canon telah berada di posisi yang sangat baik. Canon mengembangkan sistem yang mencakup daerah pusat panggilan di samping dengan bantuan informasi online. Canon selalu berusaha untuk segera memenuhi kebutuhan pelanggan.
    Dalam penjualan dan pemasaran produknya, Canon memperluas jaringan pemasaran dan Canon adalah sebuah merek dagang di yang berada di lebih dari 180 negara dan daerah di seluruh dunia. Amerika dikelola oleh Canon AS, Eropa, Rusia, Afrika dan Timur Tengah oleh Canon Eropa, Asia, kecuali Jepang, Cina oleh Canon, dan Canon Oseania oleh Australia. Jepang yang ditangani oleh Canon Marketing Jepang. Canon memperhatian setiap kebutuhan pelanggan, Canon berkomitmen untuk menyediakan solusi dan layanan yang menjamin kepuasan tertinggi.Untuk segmen kamera digital, Canon merupakan salah satu produsen kamera digital berkualitas tinggi. Canon merupakan pelopor untuk kemera digital dengan menggunakan teknik 35 mm focal-pesawat-rana kamera, yang diproduksi dalam bentuk prototipe. Brand Canon sudah sangat familiar di telinga konsumennya, khusunya di bidang teknik penggambaran dan optik. Canon pertama didirikan pada tahun 1934. akan tetapi merek canon terkenal oleh masyarakat di seluruh dunia sekitar tahun 1946. Canon hadir merubah situasi pasar dengan menciptakan kamera pertama yang harganya relatif murah dari pada harga kamera lain pada waktu itu

    B.Jelaskan Kompetensi Tersebut Apakah Mudah di Tiru Atau Tidak ?
    Saya kira tidak karena Canon merupakan perusahaan yg menghasilkan produk-produk teknologi penggambaran seperti kamera digital, printer, scanner, mesin foto copy, produk-produk kantor seperti printer,scanner dan computer yg baru diciptakan oleh canon 2 tahun belakangan ini. Selain itu canon juga menghasilkan produk-produk optic seperti mesin foto copy, LCD, lensa televise, dll. Perusahaan canon berdiri pada tahun 1937 di Jepang dan tersebar di benua Amerika, Eropa, Australia, dan Asia. Seperti kebanyakan perusahaan Jepang, Canon merupakan perusahaan yang berpegang teguh pada prinsip. Prinsip yang sebagai dasar perusahaan. Budaya perusahaan Canon sejak awal permulaannya adalah “San-Ji”, atau Tiga Selfs, semangat. Tiga Selfs adalah: self-motivasi, manajemen diri dan kesadaran diri. Selfmotivation merujuk kepada mengambil inisiatif dan menjadi proaktif dalam segala sesuatu; swakelola merujuk kepada diri melakukan yang akuntabel dan bertanggung jawab untuk semua dari satu tindakan, dan kesadaran diri adalah satu dari memahami situasi dan peran di dalamnya. Distribusi produk Canon tersebar di seluruh benua Asia, Eropa, Amerika, dan Australia. Setiap negara mempunyai distributor yang berbeda-beda. Canon pertama kali yang didirikan di Indonesia saat ini mulai menjual produk-produknya pada tahun 1976. Canon tidak memiliki kantor di Indonesia dan saat ini bekerja dengan lima distributor resmi untuk mendistribusikan beragam produk Canon mulai dari konsumen untuk produk industri dan bisnis.

    C.Perusahaan saingan Printer CANON,salah satunya yaitu Printer EPSON
    Epson merupakan salah satu merk printer yang cukup populer, dengan berbagai keunggulan fitur di bandingkan dengan printer tipe lain memang cukup mencolok. Berdasarkan pengalaman pribadi di tempat kerjaan dan menurut pendapat penulis memang untuk saat ini printer epsonmasih menjadi primadona ketimbang merk printer tipe lain, bukan bermaksud untuk menjustinasi bahwa printer epson adalah printer terbaik, namun disini saya sebagai penulis merasa ingin share saja tentang sepengetahuan penulis mengenai keunggulan printer epson dibandingkan printer tipe lain.
    Beberapa fitur unggulan yang menjadikan printer epson semakin populer ialah printer epson khususnya yang bertipe L seperti L100, L110, L200, L300, dan sejenisnya sudah include infus. Artinya ketika membeli printer epson baru Anda tidak perlu menginfus printer epson, karena untuk seri epson L ini sudah ada infusnya. Dengan begitu untuk biaya operasional printer akan jauh lebih murah ketimbang menggunakan printer yang masih menggunakan catridge.
    Secara umum printer epson jarang tejadi error, meskipun saya kira tidak semua printer epson begitu namun dibanding printer merk lain, epson lebih bandel dan jarang error. Namun meskipun begitu jika penggunaan printer tidak sesuai prosedur pasti akan error dan jika itu terjadi terus-menerus bisa berakibat kerusakan pada printer, saya kira sama seperti perangkat elektronik lainnya jika kita menggunakannya sesuai prosedur dan tidak sembarangan, InsyAllah akan awet dan jarang terjadi error. Hal ini sudah saya buktikan di tempat kerja saya.

    Komentar oleh Ricky Ishadi | Maret 9, 2017 | Balas

  19. Nama : Ragil Rakasiwi
    Nim : RRC1B014097

    perusahaan IKEA(furniture&mabel)

    A.kalimat sederhana bagaimana perusahaan ike merumuskan kompetensi mereka adalah :
    memperkenalkan konsep konsumen memilih ditoko dan merakit sendiri barangya dirumah.

    B.kompetensi IKEA adalah :
    IKEA memiliki keunggulan dalam membuat kebijakan mengenai koordinasi dengan desain produk yang terintegrasi. Di industri, biasanya banyak pebisnis furniture yang tidak memiliki persediaan yang banyak, memiliki toko sendiri, dan memilih katalog sebagai media utama memberikan informasi kepada konsumen. Semua kegiatan dan kebijakan saling terkait satu sama lain dan berbentuk rantai kegiatan yang menyatu. Tentu saja ada beberapa kompetitor yang berusaha meniru cara bisnis. Namun tidak ada satu pun yang berhasil meniru dengan baik. Perusahaan lain tidak dapat hanya meniru salah satu atau sebagian praktek bisnis saja karena hanya akan menambah pengeluaran tanpa ada nilai tambah yang seimbang. Sampai saat ini, sejak IKEA menjadi pionir dari strategi bisnis ini belum ada satu perusahaan pun yang dapat menyaingi keberhasilan bisnis ini.

    Dalam perancangan kebijakan, IKEA memegang teguh tiga prinsip sebagai berikut:
    IKEA harus dapat menjalankan bisnisnya dengan tingkat efisiensi dan efektivitas yang tinggi
    Semua aktivitas inti terkoneksi satu sama lain dan dilakukan secara konsisten. Dengan demikian, kompetitor akan sulit meniru model bisnis perusahaan
    Aktivitas perusahaan dilakukan dengan pengelompokan yang tidak umum dan sedapat mungkin sulit dilakukan oleh pesaing. Pengelompokan ini kemudian dapat diterapkan dalam pembuatan katalog produk

    C.Perusahaan saingan IKEA
    Perum Perhutani akan mendirikan anak usaha yang khusus menangani bisnis mebel berbasis kayu untuk memenuhi kebutuhan ekspor dan dalam negeri.

    “Targetnya harus bisa bersaing dengan peritel perabot IKEA. Perusahaan ini dalam empat tahun ke depan siap menjadi pemasok mebel rumah tangga berbasis kayu terbesar di Tanah Air bahkan memenuhi pasar ekspor.

    IKEA adalah perusahaan ritel perabot untuk rumah tangga, hotel, perkantoran, dan kondominium asal Swedia. Pada Oktober 2014 IKEA membuka gerai pertama di Indonesia atau merupakan cabang ke 364 di 46 negara.

    Mustoha menjelaskan, pendirian anak usaha tersebut masih dalam persiapan dengan menggandeng perusahaan lokal maupun saing.
    “Kami sedang meminta izin dari pemegang saham. Intinya Perhutani tetap mayoritas minimal 51 persen,”
    Alasan kesiapan Perhutani mendirikan anak usaha tersebut sejalan dengan kapasitas, kualitas dan sumber bahan baku kayu yang memungkinkan dapat memproduksi produk-produk bernilai tinggi.

    Ia membandingkan dengan IKEA yang tidak memiliki bahan baku, tidak punya pabrik namun hanya memiliki gerai dan branding.

    “Saatnya Perhutani jangan hanya menjadi tukang saja, tetapi sudah saatnya dengan menjadi ‘pengusaha’ atau pebisnis di industri kayu, sehingga bisa menjadi seperti IKEA,” ujarnya.

    Untuk itu, Perhutani sedang berbenah dengan menggandeng mitra seperti pemodal, disainer furniture, dari pengrajin higga asosiasi seperti Asmindo (Asosiasi Industri Permebelan & Kerajinan Indonesia).

    “Bahan baku dipasok dari Perhutani, disain dan kreatifnya diolah para mitra, kemudian kita mencarikan pasar dengan merek membawa nama Indonesia,” katanya.

    Saat ini Perhutani menghasilkan ragam jenis kayu, seperti jati, pinus, mahoni, damar, akasia, sengon, jabon hingga rotan dan bambu.

    Selama ini, produk kayu Pertahuni digunakan sebagai bahan furniture, flooring, decking serta listoni, skirting dan lainnya

    Komentar oleh Ragil Rakasiwi(Rrc1b014097) | Maret 9, 2017 | Balas

  20. Selamat Sore Pak Jo,
    berikut Saya sampaikan tugas Individu Manajemen Stratejik Tentang Kompetensi Perusahaan
    Nama :Daud Marojahan Sinambela
    Nim: RRC1b014110
    jurusan: Manajemen
    Mata Kuliah: Manajemen Stratejik (STR134)
    Kelas: Sore (RM Ektensi Telanai Pura)

    Perusahaan Microsoft Corporation
    Pertanyaan:
    1.Rumuskan dengan kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka?
    2.Jelaskan kompetensi tersebut, apakah mudah ditiru atau tidak?
    3.Tunjukkan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin (a)
    Penyelesaian 1
    Microsoft Corporation, adalah perusahaan multinasional yang mengembangkan, memproduksi, menjual lisensi, mendukung dan menjual perangkat lunak komputer, elektronik konsumen dan komputer pribadi dan jasa. Paul Allen dan Bill Gates adalah pendiri dari perusahaan besar ini.
    Kompetensi Perusahaan Microsoft bukan membuat komputer, tetapi menciptakan revolusi besar di bidang teknologi mikroprosesor.

    Penyelesain 2
    Perusahaan Microsoft Corporation tidak dapat ditiru, karena Sistem dan juga interface yang user friendly / Mudah digunakan,Pilihan aplikasi yang banyak dan berlimpah,Memiliki fitur troubleshooting yang sangat membantu, Mendukung banyak sistem partisi, Compatible dengan aplikasi office,Banyak programmer yang memahami Microsoft Windows, sehingga mudah dikembangkan dan juga diperbaiki,Support berbagai jenis hardware jaringan komputer.

    Penyelesaian 3
    Perusahaan Pesaingnya adalah Oracle serta IBM, karena keduanya telah menawarkan banyak software untuk kalangan bisnis yang begitu bersaing dengan Microsoft, tetapi diantara kedua perusahaan tersebut tentunya sangatlah beda dibandingkan microsoft. Meskipun Oracle serta IBM sama-sama membuat software,namun microsoft meluncurkan sebuah windows10 dan juga sebuah survey yang dilakukan Good & Co telah mempertegas bahwa Microsoft memang perusahaan paling Inovatif di dunia. Dengan segala temuan-temuan yang luar biasa, tentu kita harus mengakui bahwa Microsoft adalah perusahaan paling Inovatif nomor satu didunia.
    Terima Kasih.

    Komentar oleh daud marojahan | Maret 9, 2017 | Balas

  21. Selamat Sore Pak Jo,
    Berikut Saya kirimkan tugas Individu Manajemen Stratejik

    Nama : DEDEK RAHMAT RAMADAN
    Nim : RRC1B014039
    Kelas : sore (RM Ekstensi)
    Perusahaan PT. Eigerindo
    PT Eigerindo Multi Produk Industri atau yang dikenal sebagai Eiger merupakan perusahaan manufaktur dan retail peralatan petualangan alam terbuka yang terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1993 oleh Ronny Lukito di Bandung. Nama perusahaannya, Eiger, terinspirasi dari gunung Eiger, yakni gunung yang terletak di Bernese Alps, Swiss, berketinggian 3.970 m di atas permukaan laut. Berawal dari fasilitas yang sangat terbatas, Eiger meluncurkan produk tas dengan hanya dua mesin jahit. Jalan Cihampelas no. 22 Bandung adalah saksi bisu dirintisnya usaha tersebut, yang kemudian dibuka pula sebuah mini-toko tas di tempat yang sama.
    Perusahaan kami memproduksi tas dan peralatan petualangan, yang mana terbagi dalam tiga brand utama, yakni Eiger dengan positioning gaya hidup berpetualang (lifestyle adventure), Bodypack dengan positioning e-lifestyle, dan Nordwand dengan positioning kehidupan alam terbuka (outdoor living). Brand kami dikenal luas sebagai brand lokal yang sangat terkemuka di Indonesia. Pada tahun 2009, kami terdaftar sebagai Top 250 Indonsia Original Brands oleh sebuah majalah bisnis terkenal, Swa. Hal tersebut membuktikan kerja keras, tekad kuat, dan komitmen kami dari waktu ke waktu dalam rangka meraih kualitas unggul dan nama baik.
    Awal mula sebagai toko dan produksi kecil dengan hanya dua mesin jahit di jalan Cihampelas 22, enam belas tahun yang lalu, telah berkembang menjadi market leader dalam bisnis tas dan peralatan petualangan di Indonesia. Sampai saat ini, kami telah mempunyai 3 Flagship Stores, 34 showroom, dan 81 counter tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
    VISI:
    Menjadi perusahaan retail global yang visioner di dalam bisnis adventure dan e-lifestyle yang diberkati dan memberkati.
    MISI:
    1. Berinvestasi dalam Sumber Daya Manusia dengan memberdayakan karyawan sebagai mitra untuk mengembangkan karakter, kompetensi, dan kepedulian sesuai dengan panggilannya untuk menjadi manusia yang signifikan dan bahagia.
    2. Mengembangkan jaringan retail modern dengan sistem franchise, e-commerce, distributorship,dan sistem lisensi sebagai strategi distribusi global.
    3. Mengembangkan bisnis (produk dan jasa) dalam bidang technical adventure, travelingadventure, dan lifestyle adventure.
    4. Mengembangkan bisnis e-lifestyledi cyber market.
    5. Membentuk organisasi dan budaya perusahaan yang unggul dan dapat menjadi perusahaan kelas dunia dengan didukung oleh inovasi dan teknologi yang terkini.
    6. Mengembangkan produk dan pelayanan yang berkualitas tinggi untuk memuaskan kebutuhan pelanggan.
    7. Menjadi perusahaan yang mempunyai peran signifikan dalam:
    -Program peduli ekosistem global
    -Sosial budaya global
    -Program peduli cyber place global
    Kami adalah perusahaan yang didorong oleh nilai-nilai utama:
    Faith (Iman)
    Integrity (Integritas)
    Significant (Berarti)
    Harmony (Harmonis)
    Rangkaian produk Eiger meliputi:
    1. Berbagai Jenis Tas
    – Rucksacks/Carrier
    – Daypacks
    – Shoulder bags
    – Waist bags
    – Travel bags
    – Lumbar bags
    – Hydro-pack System
    – Dry bags
    – Biking Bags
    – Laptop bags
    – Multi purpose bags
    2. Clothing
    – Jackets: Rain suit, windproof jacket, and knitted jacket
    – Shirts : Technical shirts and regular shirts
    – Trousers
    – T-shirts

    3. Headwear
    – Caps
    – Hats
    – Beanies/balaclavas
    – Bandannas/bandana
    4. Footwear
    – Shoes
    – Sandals
    – Socks
    – Gaiter
    5. Peralatan lainnya
    – Sleeping bags
    – Tents
    – Gloves
    – Equipments: pisau, carabiner, stove, bottle, cooking set, walking stick, axe, torch, hydration flask, dan lain-lain
    – Essential Equipments: ruler compass, glow stick

    6. Accessories
    – Waist belt
    – Wallet
    – Press advertism
    – Gimmick
    – Stationeries
    – Peripheral

    B.apakah mudah ditiru atau tidak
    Saya kira tidak karna Pastinya ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh tas ini yang akan membuat penggunaannya jadi lebih nyaman menggunakan tas ini. Berikut ini adalah keunggulan yang akan diberikan oleh tas ini antara lain:

    1. Ada lapisan anti basah, ini akan membantu sekali dan akan membuat kita jadi lebih mudah. Hal ini juga yang bisa membuat tas ini bisa digunakan untuk melakukan perjalanan mendaki gunung karena tas ini bisa digunakan pada beberapa cuaca yang ada. Lapisan ini memang belum tentu ditemukan pada semua jenis tas akan tetapi ini akan menjadikan tas ini lebih mudah penggunaannya.

    2. Bahan terbaik, ini pastinya akan sangat membantu sekali dan akan membuat kita jadi lebih nyaman pada saat menggunakan tas ini. Selain itu juga bahan yang digunakan merupakan bahan yang tidak mudah sobek sehingga akan cocok sekali digunakan untuk berbagai keperluan yang sangat penting sekali.

    3. Model beragam, ini pastinya akan menjadi salah satu hal yang penting dan akan membuat kita nyaman pastinya dalam membuat kita jadi lebih mudah dalam memilih barang yang akan membuat kita jadi lebih cocok. Karena dengan model ini kita bisa bereksplorasi dan juga bisa mendapatkan beberapa barang yang sesuai.

    Jika akan melakukan pembelian tas merk Eiger ini pastinya kita bisa menggunakan tas dengan kualitas yang baik dan juga akan membuat kita bisa menggunakan dalam berbagai model dan juga kualitas. Karena dengan adanya keuntungan ini pembeli pastinya akan kembali lagi dalam membeli tas ini.

    Jadi jika memilih tas ada baiknya memang memilih tas yang modelnya sesuai dengan kebutuhan kita sehingga menggunakannya jadi lebih mudah. Jangan sampai salah dalam memilih model karena model ini akan membuat kita jadi lebih cocok.

    Jika akan membeli tas Eiger saat ini sudah ada banyak sekali cara untuk mendapatkan tas ini. Jangan sampai khawatir karena dengan menggunakan tas ini juga akan membuat kita jadi lebih mudah.

    Model Terbaru Dari Tas Eiger yang Menarik
    Ketika melakukan hiking pastinya Anda akan menemukan beberapa tas yang akan membuat Anda mudah dalam membawa barang keperluan ini. Salah satu hal yang paling penting adalah dengan menggunakan tas Eiger yang akan membuat kita mudah. Jadi jangan khawatir karena dengan menggunakan tas ini akan membuat kita bisa membawa banyak barang bawaan dengan mudah. Ada berbagai cara dalam mendapatkan tas ini dengan mudah. Jadi kita bisa mencari tas ini dengan lebih mudah.

    Pada saat akan menggunakan tas ini memang kita harus tahu bahwa sebenarnya model dari tas ini sangat beragam sekali. Jadi kita harus tahu bahwa tas ini sesuai atau tidak sebenarnya dengan kebutuhan kita. Berikut ini adalah beberapa model dari tas ini antara lain:

    1. Tas backpack hiking, ini merupakan salah satu model yang banyak sekali digunakan orang karena pada model tas ini terdapat beberapa selipan yang akan membuat kita mudah dalam membawa berbagai keperluan barang pada saat akan melakukan pendakian ke beberapa gunung. Selain itu juga dengan tas ini akan membuat kita nyaman karena akan mudah dalam menggunakannya. Selain itu juga berat dari tas ini juga akan membuat pendakian jadi lebih mudah.
    2. Tas untuk multifungsi, ini pastinya mudah dan juga akan membuat kita jadi lebih nyaman pastinya. Jadi jangan khawatir karena dengan menggunakan tas ini memang akan membuat kita mudah dan juga akan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti halnya adalah dalam menggunakannya untuk ke sekolah atau digunakan untuk berpergian ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk kita.
    3. Tas anti basah, ini juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa kita bawa pada saat berpergian karena memang dengan tas ini akan jadi lebih mudah. Pastinya kita akan mendapatkan barang yang akan lebih mudah dibawa.

    Menggunakan beberapa model tas ini memang akan membuat kita mudah dan juga akan membuat kita merasakan cara menggunakan tas dengan baik. Tas merk Eiger ini memang menjadi salah satu model tas terbaik yang akan membuat kita mudah dan juga membuat perjalanan menyenangkan.

    Ketika akan menggunakan model tas ini pastinya akan membuat kita mudah dan juga pilihan tas yang sangat beragam. Kita bisa menggunakan tas ini untuk berbagai keperluan yang memang nyaman. Jadi akan sangat membuat kita jadi bisa mudah.

    Jika akan membeli tas ini sekarang mudah dan juga cepat karena kita bisa mencarinya di toko online yang pastinya mudah. Tas Eiger memang akan menjadi salah satu hal yang penting.

    c. saingan produk eiger menurut saya adalah REI karna Jika dibanding Eiger, REI lebih sedikit murah..dan kualitas sih tetap bagus Eiger menurut saya
    Di kelas harga yang sama, REI dan eiger memang sama2 bagusnya. Namun karena model REI sangat banyak. Jadi, kita bisa banyak mmilih model REI dari pada EIGER.
    rei adalah perusahaan ritel swasta dari Amerika,mereka memproduksi dan menjual peralatan outdoor yang cukup lengkap, di antaranya berupa jaket,sepatu,aksesoris dan peralatan luar ruangan lainya, sampai saat ini perusahaan Rei telah menjadi salah satu perusahaan dengan pendapatan terbesar di ban

    Komentar oleh dedek rahmat ramadan | Maret 9, 2017 | Balas

  22. Selamat sore pak jo,
    Berikut Saya kirimkan tugas Individu Manajemen Stratejik

    Nama : ANDRY PRATAMA S
    Nim : RRC1B014030
    Kelas : sore (RM Ekstensi)
    a. Bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka ?
    Nike, Inc. adalah salah satu perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga Amerika Serikat yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Mereka terkenal karena mensponsori beberapa olahragawan terkenal di dunia seperti Tiger Woods, Ronaldo, Courtois, Hazard, Ronaldinho dan Wayne rooney

    dan Michael Jordan. Selain itu mereka juga memiliki perjanjian dengan berbagai tim sepak bola dunia seperti Manchester United, F.C. Barcelona, Arsenal, F.C. Basel, Juventus, Clube de Regatasd Flamengo, Steaua Bucuresti, AC Sparta Praha, Red Star Belgrade, Inter Milan, VfL Bochum, VfL Wolfsburg, Hertha BSC Berlin, Borussia Dortmund, PSV Eindhoven, Valencia C.F., Urawa Red Diamonds, Kaizer Chiefs, Atlético de Madrid, NK Maribor, Glasgow Celtic, FC Porto, Paris Saint-Germain, Boca Juniors, dan Corinthians. Mereka sering dituduh mempekerjakan anak-anak di bawah umur dalam sweatshop.Manchester city.

    Sejarah

    Produk sepatu dan pakaian olahraga Nike dengan mudah diidentifikasi oleh khas logo perusahaan, para “swoosh” tik, dan slogan “Just Do It”.

    Berbasis dari nama dewi Yunani yang berarti kemenangan, Nike didirikan tahun 1964 ketika atlet sekaligus pengusaha Oregon bernama Phillip Knight, mengagas impor sepatu lari dari Jepang untuk bersaing dengan merek Jerman seperti Adidas dan Puma yang kemudian mendominasi pasar Amerika Serikat. Keuntungannya adalah bahwa sepatu Jepang lebih murah karena tenaga kerja lebih murah di Jepang.

    Dia mulai menjual sepatu keliling dengan tujuan di stadion atletik, dimana penjualan secara pelan tapi pasti meningkat secara dramatis. Pada 1970-an, Knight dan perusahaan yang berkembang nya melihat awal revolusi jogging dan mulai mmasaran produk untuk pelari non-profesional juga. Ia lantas segera membuka pasar yang lebih luas dan mengubah image sepatu lari menjadi sepatu fashion dan menarik semua orang dari anak-anak sampai dewasa memakainya.

    Pada 1979 Nike telah menguasai setengah pasar di AS dan dengan pendapatan mencapai US $ 149 juta. Pada pertengahan tahun 1980-an posisi perusahaan tampaknya tak tergoyahkan, namun secara mendadak muncul serangan dari pihak saingan yaitu Reebok. Tapi pada tahun 1990 Nike kembali memimpin perusahaan, terutama karena pengenalan dari sepatu “Air Jordan” yang didukung dan dipromosikan oleh bintang basket Michael Jordan.

    Hari ini, Nike mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam sepatu olahraga, dan merupakan pemain penting dalam pakaian dan aksesoris olahraga. Majalah Fortune melaporkan penjualan sebesar US $ 3,7 miliar pada tahun 1994 dan laba US $ 299 juta (Fortune 1995).Sekitar 60 persen dari penjualan perusahaan di Amerika Serikat, sekitar 30 persen di Eropa dan 5 persen di Asia. (1993 Nike: 25).

    Etos perusahaan Nike adalah melibatkan dedikasi yang kuat untuk olahraga dan kebugaran. Staf di kantor pusat perusahaan, Nike Kampus Dunia pada Beaverton, Oregon, diharapkan menghabiskan beberapa jam setiap hari di gym. Mereka dijelaskan oleh direktur Nike sebagai “athletic, outdoor, lets-do-it-together types.

    Perusahaan ingin dilihat, dalam kata-kata yang OWII, sebagai “young, American and hi-tech, devoting a lot of attention to research and development”.
    Nike di Asia

    Terlepas dari eksperimen singkat namun tidak berhasil dengan manufaktur di AS, sepatu Nike selalu dibuat di Asia, awalnya di Jepang, kemudian di Korea Selatan dan Taiwan, dan baru-baru ini di China dan Asia Tenggara.

    Nike memulai produksi di Korea Selatan dan Taiwan pada tahun 1972, karena tertarik oleh tenaga kerja murah di sana, dan segera bergabung dengan perusahaan lain termasuk Adidas dan Reebok.

    Tapi Nike kemudian memulai langkah lebih jauh. Alih-alih memiliki pabrik sendiri, mereka dikontrak produksi lokal di Korea dan Taiwan.

    Sebagai perusahaan bos Nike Phil Knight mengatakan: “Tidak ada nilai pasti dalam membuat sesuatu hal. Nilai tersebut akan ditambahkan oleh penelitian yang cermat, dengan inovasi dan pemasaran” (Katz 1994). Produk Nike sekarang pada dasarnya mengikuti ide dari seorang desainer dan pemasar sepatu. Industri lantas dilakukan oleh pemasok Korea dan Taiwan. Sekali lagi, perusahaan lain mengikuti model ini.

    Pada 1980-an Nike mencoba membuat produksi di Cina, dalam kemitraan dengan perusahaan milik negara, tapi hal ini malah mendatangkan bencana. Nike lantas memindahkan investasinya ke Taiwan. Nike lantas mengambil keuntungan dari ongkos tenaga kerja yang lebih murah di sana.

    Pada akhir 1980-an dengan adanya pergolakan buruh di Korea Selatan, -peningkatan tingkat upah dan hilangnya kontrol dari tempat kerja oleh otoritas Korea – telah membuat negara tersebut menjadi kurang menarik bagi investor, baik asing maupun dalam negeri, yang mulai mencari lokasi lain yang lebih menyenangkan. Nike lantas memindahkan operasi mereka ke Thailand selatan dan Indonesia, dalam mencari tenaga kerja lebih murah dan tidak merepotkan. Upah di kedua negara tersebut disebut-sebut sebagai salah satu yang murah karena hanya memakai seperempat tarif dari yang dibayarkan di Korea Selatan. Beberapa asosiasi Nike yang bermarkas di Taiwan juga didirikan di Asia Tenggara.

    Alasan lain untuk perpindahan ini adalah bahwa pada tahun 1988, baik Korea Selatan dan Taiwan kehilangan akses khusus untuk pasar AS, yang telah lama mereka nikmati sebagai status “negara berkembang” di bawah Sistem Preferensi Umum (GSP) AS. investor Korea dan Taiwan lantas bergerak ke pabrik di Thailand, Indonesia dan Cina dengan menggunakan pembuatan hak istimewa GSP dari negara-negara miskin.

    Dari tujuh Nike pemasok atas sepatu olahraga pada tahun 1992, tiga adalah perusahaan Taiwan yang memproduksi produknya di Cina, tiga lainnya beroperasi di Korea Selatan, dan juga di Indonesia, satu adalah sebuah perusahaan di Thailand.
    Nike di Indonesia.
    Nike telah beroperasi di Indonesia sejak 1988 dan hampir sepertiga dari sepatu yang ada sekarang merupakan produk dari sana. Dalam sebuah wawancara pers di November 1994, koordinator perusahaan Nike di Indonesia, Tony Band, mengatakan perusahaan yang digunakan di Indonesia berjumlah 11 kontraktor. Di antaranya merupakan bekas-bekas basis perusahaan asosiasi Nike di Korea Selatan dan Taiwan yang juga pada saat yang sama menghasilkan untuk merek lain seperti Reebok, Adidas dan Puma.

    Hubungan antara Nike dan kontraktor di Indonesia cukup dekat. Setiap personel Nike di setiap pabrik di Indonesia memeriksa kualitas dan pengerjaan yang memenuhi persyaratan ketat Nike.

    Sebagian besar pabrik yang memproduksi untuk Nike berlokasi di daerah yang baru dikembangkan untuk industri ringan di Tangerang dan Serang, sebelah barat Jakarta. Pada pabrik yang dimiliki Korea (dan beberapa yang dimiliki Indonesia juga) manajemen puncaknya dipegang oleh orang Korea. manajer tingkat menengah dan supervisor juga dapat berasal dari Korea atau Indonesia. Tapi para pekerja produksi semua berasal dari Indonesia, terutama wanita muda dalam kelompok usia 16-22, biasanya pekerja tersebut berasal dari pulau Jawa.

    b. Jelaskan kompetensi tersebut apakah mudah ditiru atau tidak.

    Sulit, karna Nike telah merespon mengenai perlakuan karyawan di tingkat produksi internasional secara tepat dengan cara pada tahun 1998 Nike menetapkan sebuah departemen yang ditugaskan untuk bekerja untuk memperbaiki kehidupan buruh pabrik. Kemudian menghadapi masalah tenaga kerja di Indonesia yang mendapat perlakauan tidak baik pada tahun 2002 akhir.Nike membayar lunas uang lembur sebesar <+juta kepada serikat pekerja. Pada tahun 2005 Nike menjadi perusahaan pertama yang menerbitkan daftar lengkap tentang pabrik yang ikut dalam kontrak tenaga kerja yang men&akup bagaimana kondisi pabrik. Nike juga membayar di pabrik-pabrik tersebut dan mengakui adanya masalah terutama di pabrik#pabrik Asia Selatan.Hingga saat ini perusahaan terus menjalankan komitmen! standar! dan audit data mereka sebagai bagian dari laporan tanggung jawab sosial perusahaan.
    c. Tunjukan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin (a).

    Pesaing utama dalam industri sepatu atletik adalah Nike dan Reebok, yang masing-masing menguasai 39% dan 11% pangsa pasar. Merek desainer seperti
    Tommy Hilfinger dan Nautica memasuki pasar sepatu atletik dengan menyediakan sepatu untuk anak muda yang berorientasi pada fasion. Merek sepatu Fesyen seperti
    Vans dan Skechers, yang ditujukan untuk remaja dan dewasa muda mencuri sejumlah pangsa pasar dari pesaing utama. Vans, sebuah perusahaan California yang berspesialisasi dalam sepatu selancar memperoleh $15,5 juta pada tahun 2001, tetapi mengalami kerugian sebesar $2,6 juta di tahun 2002. Penjualan Ske&hers hampir mencapai sebesar $1 miliar di tahun 2002 dan laba bersih $47 juta. Persaingan yang paling ketat masih berlangsung di antara para pemimpin industry Nike
    Reebok dan Adidas.

    Komentar oleh ANDRY PRATAMA S. | Maret 9, 2017 | Balas

  23. Selamat Sore Pak Jo,
    Berikut Saya kirimkan tugas Individu Manajemen Stratejik

    Nama : Helmy Rafli.S
    Nim : RRC1B014071
    Kelas : sore (RM Ekstensi)
    PT.Telkom Indonesia Dengan Pt.Xl Axiata
    A.Bagaimana Perusahaan Merumuskan Kompetensi Mereka ?
    PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (“TELKOM”, “Perseroan”, atau “Perusahaan”) adalah penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon tidak bergerak kabel (fixed wireline) dan telepon tidak bergerak nirkabel (fixed wireless), layanan telepon seluler, data dan internet, serta jaringan dan interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui anak perusahaan.
    Di luar layanan telekomunikasi, Telkom juga berbisnis di bidang Multimedia berupa konten dan aplikasi, melengkapi portofolio bisnis Perusahaan yang disebut TIMES.
    Bisnis telekomunikasi adalah fundamental platform bisnis Perusahaan yang bersifat legacy, sedangkan portofolio bisnis lainnya disebut sebagai bisnis new wave yang mengarahkan Perusahaan untuk terus berinovasi pada produk berbasis kreatif digital. Hal tersebut mempertegas komitmen Telkom untuk terus meningkatkan pendapatan di dalam situasi persaingan bisnis di industri ini yang sangat terbuka.Dalam meningkatkan usahanya serta memberikan proteksi yang sesuai dengan keinginan masyarakat, PT.Telkom telah membuka kantor-kantor Cabang dan Perwakilan yang terdapat di berbagai regional yang terdiri dari : 7 DIVRE yaitu Divre 1 Sumatera, Divre 2 Jakarta, Divre 3 Jawa Barat, Divre 4 Jawa Tengah & DI.Yogyakarta, Divre 5 Jawa Timur, Divre 6 Kalimantan, Divre 7 Kawasan Timur Indonesia.PT. Telkom Juga mempunyai anak perusahaan seperti, Telkomsel, Telkomvision/Indonusa, Infomedia, Graha Sarana Duta / GSD, Patrakom, Bangtelindo, PT FINNET Indonesia.
    Sistem perencanaan Perusahaan dilaksanakan oleh jajaran TELKOM sebagaimana tertuang dalam Keputusan Direksi Nomor 74 tahun 2006. Sistem perencanaan Perusahaan ini disusun untuk memberikan pedoman pada unit-unit kerja di TELKOM dalam menyusun perencanaan Perusahaan, dengan tujuan: agar perencanaan Perusahaan dapat dilakukan secara sistematis, lebih mudah, cepat , teratur, terintegrasi , sesuai visi dan misi Perusahaan, serta dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya; memudahkan dalam melakukan evaluasi dan pengendalian pada saat pelaksanaannya. Model perencanaan Perusahaan terdiri dari 3 (tiga) tahapan: pertama, penyelarasan harapan pemangku kepentingan, kedua, perumusan strategi Perusahaan dan ketiga, pengembangan perencanaan bisnis.

    1.Penyelarasan Harapan Pemangku Kepentingan
    Tahapan pertama dalam penyusunan rencana strategis Perusahaan ini dilakukan dengan mengidentifikasi pemangku kepentingan utama dan menganalisa harapan setiap pemangku kepentingan. Pemangku kepentingan utama TELKOM terdiri dari pemegang saham, pelanggan, karyawan, masyarakat, pemerintah dan rekan bisnis. Analisis atas harapan pemangku kepentingan utama tersebut memberikan informasi yang digunakan dalam proses perencanaan strategis yang akan menentukan strategi dan sasaran Perusahaan. Harapan tersebut berkaitan dengan: Pemegang saham: pendapatan, profitabilitas, pertumbuhan, portofolio bisnis; Pelanggan: produk, time to market, pengiriman, kualitas, jasa, harga, penggunaan, ketersediaan; Karyawan: keamanan kerja, remunerasi, keterlibatan, loyalitas; kepedulian terhadap lingkungan; rekan bisnis: kepatuhan terhadap regulasi dan pajak. Harapan-harapan tersebut memerlukan penyelarasan agar seimbang dan tidak menimbulkan benturan kepentingan satu dengan yang lainnya.

    2.Perumusan Strategi Perusahaan
    Perumusan strategi Perusahaan dimulai dengan penetapan visi dan misi Perusahaan yang mengacu pada harapan-harapan pemangku kepentingan, analisa kemampuan internal Perusahaan dan factor-faktor eksternal. Setelah visi dan misi Perusahaan ditetapkan, langkah berikutnya adalah pemetaan sasaran strategis sebagaimana dituangkan dalam Corporate Strategy Scenario (CSS). CSS ini merupakan hierarki perencanaan tertinggi yang digunakan sebagai acuan utama dalam menyusun perencanaan Perusahaan. CSS disusun berdasarkan masukan/usulan dari Direktorat dengan arahan Direksi dan Dewan Komisaris. CSS diharapkan memenuhi persyaratan dan kondisi tertentu antara lain kuantitatif, dapat diukur, realistis, dapat dipahami, menantang, hirarkis dan dapat diperoleh.

    3.Pengembangan Perencanaan Bisnis
    CSS dijabarkan dalam bentuk perencanaan bisnis untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Perencanaan jangka panjang memuat sasaran dan rencana kerja Perusahaan lima tahun mendatang yang selanjutnya digunakan dalam penyusunan sasaran dan rencana kerja Perusahaan tahunan. Perencanaan jangka pendek memuat sasaran dan rencana kerja Perusahaan tahunan yang selanjutnya digunakan untuk penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP).

    B.Jelaskan Kompetensi Tersebut Apakah Muda Di Tiru Atau Tidak ?
    Saya Kira Tidak Karena Telkomsel adalah perusahaan telekomunikasi seluler tertua di Indonesia. Sesuai dengan usianya, Telkomsel memiliki jumlah pangguna yang paling banyak hingga hari ini. Konsumen Telkomsel mencapai puluhan juta orang di usianya yang menginjak 17 tahun. Telkomsel memiliki kelebihan pada sector wilayah. Jaringan Telkomsel lebih luas dibandingkan operator seluler lainnya. Ini mencerminkan keberadaannya sebagai operator seluler tertua.Kekurangan utama Telkomsel terletak pada mahalnya tarif. Telkomsel secara keseluruhan merupakan operator dengan presentasi biaya yang paling mahal. Telkomsel mematok harga yang cukup mahal untuk biaya telepon, pengiriman pesan, akses internet dan berbagai layanan lainnya. Selain itu, jika dibandingkan dengan nama besarnya yang memiliki jumlah konsumen paling banyak dengan jaringan yang luas, komunikasi menggunakan kartu Telkomsel belum berada pada tingkat kecepatan dan akurasi yang baik. Di beberapa wilayah plosok, signal Telkomsel juga masih sangat sulit didapat yang artinya jaringan tower mereka belum memenuhi sekitar sebagai operator ternama. Padahal seharusnya harga dapat disesuaikan dengan servisnya.broadband.Menerapkan lean operation concept sehingga proses bisnis berjalan lebih efektif dan efisien,Memiliki tenaga ahli yang terampil dan kompeten di bidang konstruksi dan manage service jaringan akses broadband,Memiliki continuity business process yang lebih terjamin, karena dikendalikan langsung oleh perusahaan induk secara efektif,Memiliki capital management dan financing yang lebih kuat dan fleksible, karena didukung penuh oleh PT.Telekomunikasi Indonesia,Mempunyai lebih dari 61 kantor perwakilan di seluruh Indonesia,Memiliki kemampuan manage service end to end jaringan akses broadband baik untuk retail maupun corporate customer. Perumusan strategi Perusahaan dimulai dengan penetapan visi dan misi Perusahaan yang mengacu pada harapan-harapan pemangku kepentingan, analisa kemampuan internal Perusahaan dan factor-faktor eksternal. Setelah visi dan misi Perusahaan ditetapkan, langkah berikutnya adalah pemetaan sasaran strategis sebagaimana dituangkan dalam Corporate Strategy Scenario (CSS). CSS ini merupakan hierarki perencanaan tertinggi yang digunakan sebagai acuan utama dalam menyusun perencanaan Perusahaan. CSS disusun berdasarkan masukan/usulan dari Direktorat dengan arahan Direksi dan Dewan Komisaris. Perencanaan jangka panjang memuat sasaran dan rencana kerja Perusahaan lima tahun mendatang yang selanjutnya digunakan dalam penyusunan sasaran dan rencana kerja Perusahaan tahunan. Perencanaan jangka pendek memuat sasaran dan rencana kerja Perusahaan tahunan yang selanjutnya digunakan untuk penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan. penyusunan rencana strategis Perusahaan ini dilakukan dengan mengidentifikasi pemangku kepentingan utama dan menganalisa harapan setiap pemangku kepentingan. Pemangku kepentingan utama TELKOM terdiri dari pemegang saham, pelanggan, karyawan, masyarakat, pemerintah dan rekan bisnis. Analisis atas harapan pemangku kepentingan utama tersebut memberikan informasi yang digunakan dalam proses perencanaan strategis yang akan menentukan strategi dan sasaran Perusahaan.
    C.Salah Satu Saingan PT.TELKOM INDONESIA adalah PT.XL AXIATA
    XL tidak setua Telkomsel dan Indosat, tetapi XL memiliki beberapa kelebihan yang sanggup mengalahkan keistimewaan Indosat dan Telkomsel. Kelebihan XL diantaranya adalah kecepatan akses internet. Speed internet menggunakan kartu XL jelas berada jauh diatas Telkomsel dan Indosat. Meski Telkomsel dengan berjibun iklannya mendaulat mereka sebagai yang tercepat, pada prakteknya koneksi internet menggunakan kartu XL jauh lebih cepat daripada menggunakan kartu Telkomsel. Selain itu, XL juga mempunyai penampilan yang sangat bagus, hal ini dibuktikan dengan kuatnya radiasi signal XL dibanyak tempat (plosok). Jarang mengalami jaringan trouble, cepat dan inovatif.
    Salah satu kekurangan XL yang masih membuat sebagian pengguna lebih memilih Indosat adalah faktor harga/tarif. Secara keseluruhan tarif XL masih mahal.
    Dari hasil sebuah studi yang dilakukan XL tentang kebutuhan pemimpin yang kompeten, jawabannya adalah soft skillsebagai tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini. Untuk itu XL memantapkan pilihannya mengasah soft skillpemuda yang meliputi tiga area kompetensi utama, dan berkontribusi mencetak para pemimpin Indonesia di masa depan Tiga kompetensi utama yang dimaksud adalah Komunikasi Efektif sebagai kunci sukses para pemimpin dalam menyampaikan pendapat dan bernegosiasi; Jiwa Kewirausahaan dan Inovasi termasuk kepekaan dalam melihat peluang yang akan mengantar pada keuntungan ekonomis; serta Kemampuan Mengelola Perubahan yang di antaranya mampu beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi dan menjadikan hal ini sebagai peluang emas untuk dimanfaatkan

    Komentar oleh Helmy Rafli.S | Maret 9, 2017 | Balas

  24. Selamat sore Pak Johanes,berikut saya sampaikan Tugas Individu Manajemen Stratejik

    DOSEN : DR. JOHANNES, SE, M.Si

    NAMA : Muhammad Novala Widi Dwi Stiawan
    NIM : RRC1B014050
    KELAS : EKONOMI MANAJEMEN (EKSTENSI SORE – MALAM)

    Perusahaan Coca Cola Company dengan PepsiCO
    A.Bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka ?
    Coca Cola Company adalah perusahaan minuman terbesar di dunia, berkantor pusat di Atlanta, Georgia. Formula asli minuman Coca-Cola ditemukan tahun 1886, dan formula itu dibeli oleh Asa Griggs Candler tahun 1889, yang mendirikan The Coca-Cola Company tahun 1892. Perusahaan ini menjadi perusahaan terbuka tahun 1919. Saat ini, Coca Cola menjual lebih dari 500 merek di 200 negara. Selain menghasilkan minuman dan berbagai variasinya yang dijadikan nama perusahaan, mereka juga memproduksi Minute Maid Juices, minuman soda Barq, jus dan produk Odwalla, serta minuman Fuze. Coca-Cola atau Coke adalah minuman bersoda kola yang dijual di berbagai restoran tokodan mesin pengecerdi lebih dari 200 negara. Minuman ini diproduksi oleh The Coca-Cola Company. Coke adalah salah satu merek yang paling dikenal dan paling luas penjualannya. Saingan utamanya adalah Pepsi.Coca-Cola pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 1886 oleh John Styth Pemberton, seorang ahli farmasi dari Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Dialah yang pertama kali mencampur sirup karamel yang kemudian dikenal sebagai Coca Cola. Frank M. Robinson, sahabat sekaligus akuntan John, menyarankan nama Coca-Cola karena berpendapat bahwa dua huruf C akan tampak menonjol untuk periklanan. Kemudian, ia menciptakan nama dengan huruf-huruf miring mengalir, Spencer, dan lahirlah logo paling terkenal di dunia.
    Dr. Pemberton menjual ciptaannya dengan harga 5 sen per gelas di apotiknya dan mempromosikan produknya dengan membagi ribuan kupon yang dapat ditukarkan untuk mencicipi satu minuman cuma-cuma. Pada tahun tersebut ia menghabiskan US$46 untuk biaya periklanan. Pada tahun 1892, Pemberton menjual hak cipta Coca-Cola ke Asa G. Chandler yang kemudian mendirikan perusahaan Coca-Cola pada 1892.Chandler piawai dalam menciptakan perhatian konsumen dengan cara membuat berbagai macam benda-benda cinderamata berlogo Coca-Cola. Benda-benda tersebut kemudian dibagi-bagi di lokasi-lokasi penjualan penting yang berkesinambungan. Gaya periklanan yang inovatif, seperti desain warna-warni untuk bus, lampu gantung hias dari kaca, serta serangkaian cinderamata seperti kipas, tanggalan dan jam dipakai untuk memasyarakatan nama Coca-Cola dan mendorong penjualan.Upaya mengiklankan merek Coca-Cola ini pada mulanya tidak mendorong penggunaan kata Coke, bahkan konsumen dianjurkan untuk membeli Coca-Cola dengan kata-kata berikut: “Mintalah Coca-Cola sesuai namanya secara lengkap; nama sebutan hanya akan mendorong penggantian produk dengan kata lain”. Tetapi konsumen tetap saja menghendaki Coke, dan akhirnya pada tahun 1941, perusahaan mengikuti selera popular pasar. Tahun itu juga, nama dagang Coke memperoleh pengakuan periklanan yang sama dengan Coca-Cola, dan pada tahun 1945, Coke resmi menjadi merek dagang terdaftar.

    B.Jelaskan Kompetensi Tersebut Apakah Muda Di Tiru Atau Tidak ?
    Menurut saya tidak karena Kekuatan merek Coca-Cola tak perlu dibahas lagi,Banyak yang tahu saat ini Coca-Cola merupakan merek yang paling mahal (most valuable brand) di dunia. Hanya saja, kekuatan dari sisi distribusi, belum banyak yang tahu. Rahasia keunggulan distribusinya tak lain sistem teknologi informasi (TI) yang digunakannya, seperti bisa kita simak di PT Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI). Salah satu contoh aplikasi yang sukses di jalankan perusahaan multinasional itu, yakni sistem Strategic Route Planning (SRP). Pihak CCAI mengklaim di Indonesia belum ada perusahaan yang menerapkan SRP.
    Sederhananya, SRP merupakan solusi TI yang memungkinkan perusahaan merumuskan strategi routing secara tepat. Misalnya, sebuah area dengan jumlah penduduk tertentu sebaiknya dilayani dengan berapa armada, bagaimana jalur masing-masing armada agar lebih efisien dan efektif, wilayah mana yang masih kosong dan bisa dipenetrasi oleh wiraniaga (salesman) CCAI, dan sebagainya. Semua itu bisa diketahui dari SRP yang serba terkomputerisasi. Singkatnya, ini merupakan sistem aplikasi yang bisa memproses digital mapping distribusi produk-produk Cola-Cola.Bagi perusahaan penjualan (sales company) seperti CCAI, SRP jelas sangat dibutuhkan dalam proses bisnisnya. Ini diakui Deborah Intan Nova, Manajer Sistem Informasi Nasional & Teknologi CCAI. Eksekutif yang punya nama panggilan Debbie ini lebih jauh menjelaskan, ada empat tujuan implementasi TI di CCAI. Pertama, meningkatkan pendapatan (revenue generation). Kedua, meningkatkan pelayanan pelanggan. Ketiga, mengelola atau meminimalkan biaya (efisiensi). Dan keempat, meningkatkan utilisasi aset –, truk, chiller, colddrink, dan lain-lain. “Cuma, fokus kami memang pada dua tujuan yang pertama,” tutur Debbie yang sudah 9 tahun berkarier di lingkungan Coca-Cola.
    Tentu saja, SRP hanya sebagian dari solusi TI yang telah diterapkan CCAI. Sekadar catatan, sejak lima tahun lalu, CCAI melakukan berbagai pembaruan dari sistem yang sebelumnya masih terserak. Saat itu pemanfaatan TI sangat jauh dari optimal. Memang telah banyak tersedia komputer (PC), tapi masing-masing berdiri sendiri alias belum terintegrasi dalam satu sistem yang memberikan nilai tambah. Padahal, di luar itu, CCAI dihadapkan pada tantangan berat. Persaingan di bisnis yang digeluti makin sengit — tak hanya melawan sesama pemain CSD. Skala organisasi yang harus diintegrasikan juga cukup besar. Bayangkan, ketika proses integrasi sistem TI akan dimulai, jumlah PC-nya saja mencapai sekitar 2.000 unit — di kantor pusat ataupun cabang. CCAI mempunyai 10 wilayah operasional dengan total 9.500 karyawan. Jumlah gerai yang ditangani sekitar 400 ribu, dan tiap hari tak kurang dari 50 ribu invoice yang harus diproses.

    C.Perusahaan Saingan Coca-Cola Company salah satunya adalah perusahaan PepsiCO

    PepsiCo Inc. merupakan perusahaan internasional yang bergerak di bidang produksi dan distribusi makanan dan minuman yang terkemuka di dunia dengan merek-merek terkenal seperti Pepsi-Cola, Lay’s, Quaker Oats, Tropicana, Gatorade dan beberapa merek terkenal lainnya. PepsiCo Inc. pertama kali didirikan melalui penggabungan dua perusahaan yakni Pepsi-Cola yang didirikan sejak 1890 dan Frito-Lay (hasil merger antara Frito Company dan H. W. Lay Company) yang berdiri sejak 1961. Produk pertama yang dihasilkan oleh perusahaan yang dipelopori oleh Donald M. Kendall dan Herman W. Lay ini antara lain Pepsi-Cola, Diet Pepsi, keripik jagung Fritos, keripik kentang Lay’s, snack Cheetos, keripik kentang Ruffles. Dengan hadir-nya produk-produk ini membuat perusahaan ini menjadi salah satu produsen makanan dan minuman berkualitas terkemuka secara global. Setahun kemudian, perusahaan telah mampu melebarkan sayapnya hingga ke Jepang dan Eropa. Perkembangan perusahaan telah naik secara drastis. Terbukti hingga tahun 1970 saja, perusahaan telah mencatatkan penjualan lebih dari angka 1 miliar dollar AS. Hal ini seiring dengan jalinan kerjasama yang dilakukan perusahaan dengan salah satu produsen peralatan olahraga terkenal yakni Wilson Sporting Good pada tahun 1985. Selanjutnya pada tahun 1977, perusahaan juga mulai mengakuisisi Pizza Hut, Inc dan Taco Bell pada tahun berikutnya. Pada tahun yang sama, perusahaan juga mampu menembus angka lebih dari 3 miliar dollar AS dalam sektor penjualan. Sejak tahun 1984, PepsiCo mulai merekonstruksi bisnis utama-nya dalam minuman ringan, makanan ringan dan restor Superior Brand Organisasi yang solid dengan multi skill, bakat, ras dan gender.Aset-aset fisik berupa pabrik dan jaringan pemasaran yang kuat di seluruh dunia Resep-resep khas yang dipatenkan.Kemampuan finansial dalam melakukan akuisisi.Aliansi-aliansi strategis dengan sesama pemain (Unilever & Starbucks) dan distributor (“The Power of One”).Kepedulian dan peran serta aktif dalam kegiatan-kegiatan perbaikan lingkungan hidup. Nilai-nilai perusahaan yang dikomunikasikan dengan baik dan gencar.

    Komentar oleh muhammad novala widi dwi stiawan(RRC1B014050) | Maret 9, 2017 | Balas

  25. NAMA :ROMY APRINANDA
    NIM :RRC1B014082
    TUGAS :Manajemen stratejik (individual)
    A
    PERUSAHAAN ANDROID
    Perusahaan android sendiri ialah sistem operasi yang berbasis linux dan dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti smartphone serta komputer tablet.Android pada awalnya dikembangkan oleh perusahaan bernama Android, Inc., dengan dukungan finansial yang berasal dari Google, yang kemudian google pun membelinya pada tahun 2005.Sistem operasi android tersebut secara resmi rilis pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya sebuah perusahaan open handset alliance,konsorsium dari beberapa perusahaan perusahaan perangkat keras dan perangkat lunak, serta telekomunikasi yang memiliki tujuan untuk memajukan standar terbuka dari perangkat seluler .Ponsel yang berbasis sistem operasi android pertama dijual pada bulan oktober 2008.
    Sejarah android pada mulanya berasal dari perusahaan bernama Android , Inc,. didirikan tempatnya di palo alto, california ,pada oktober tahun 2003 oleh andy rubin ,rich miner seorang pendiri wildfire comunications,inc, nick sears seorang ,mantan VP T-Mobille ,dan chris white seorang kepala ddesain pengembangan antarmuka WEBtv untuk mengembangkan sebuah ‘’perangkat seluler pintar yang lebih sadar tentang lokasi dan prefensi penggunanya’’.
    Tujuan awal dari perkembangan tersebut mulanya diperuntukkan bagi kamera digital,namun disadari bahwa pasar kamera digital tidak besar potensinya ,dan pengembangan android lalu dialihkan pada pasar telepon pintar atau smartphone untuk menyaingi symbian serta windows mobile.
    Sejak tahun 2008, android mulai secara bertahap melakukan sejumlah pembaruan atau update untuk meningkatkan kinerja dari sistem operasi tersebut dengan menambah fitur baru ,memparbaiki bug pada versi android yang sebelumnya .Setiap versi yang dirilis dinamakan secara alfabetis dengan berdasarkan nama sebuah makanan pencuci mulut ,seperti cupcake ,donat,dan sebagainya. Dan sistem operasi tersebutlah yang selama ini menaikan nama android di dunia smartphone dan bersaing dengan sistem operasi smartphone seperti simbian ,windows phone dan apple .

    B
    Kompetensi yang di ciptakan oleh android selama ini mungkin bisa ditiru oleh para pesaing ,tetapi mungkin ada kekurangan dan ada kelebihan diantara keduanya ,Sejauh ini sistem operasi android berhasil mendominasi perhatian dunia dengan kehandalannya ,sedangkan pesaingnya tidak sebesar yang dilakukan oleh android sendiri, pengguna operasi sistem saingan android, tidak sebanyak pengguna andorid itu sendiri,Meskipun begitu bukan berarti performa android lebih baik dibandingkan para pesaingnya ,begitu juga sebaliknya,Hal ini mengingat kedua sistem operasi ini terus dikembangkan ,maka kinerja keduannya pun selalu berlomba lomba satu sama lain

    C
    PERUSAHAAN WINDOWS PHONE
    Windows phone adalah keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh microsoft dan merupakan pengganti platform windows mobile ,meski tidak kompatibel lagi,Tidak seperti pendahulunya,Windows phone ditujukan pada pasar konsumen alih alih perusahaan .Sistem operasi ini diluncurkan bulan oktober 2010 dan diluncurkan di asia pada awal 2011.
    Dengan windows phone ,microsoft menciptakan antarmuka pengguna baru menggunakan bahasa desainnya yang diberi nama modern style ui ,Selain itu perangkat lunak ini terintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga dan berbagai layanan microsoft ,serta menetapkan persyratan minimal untuk perangkat keras yang memakai sistem operasi OS ini
    Pada tanggal 11 februari 2011 di llondon ,CEO Microsoft stve ballmer dan CEO nokia sthepen elop mengumumkan kerja sama di antara kedua perusahaan ,dimana Windows phone akan menjadi OS utama pada ponsel genggam buatan nokia dimasa yang akan datang ,sebelumnya nokia menggunakansymbian.
    Mungkin windows phone bisa meniru kompetensi yang di ciptakan oleh android ,akan tetapi mungkin tidak akan sama persis dengan apa yang telah diciptakan oleh android itu sendiri,Ada kekurangan dan ada kelebihan di antara kedua sistem operasi OS yang diciptakan perusahaan masing masing .Secara garis besar pun sistem operasi os yang telah diciptakan oleh kedua perusahaan pun berbeda ,itu bisa di lihat dari segi Tampilan ,secara tampilan jelas lebih mudah menggunakan windows phone dari pada menggunakan android ,tetapi itu menurut pribadi masing masing orang .Dari segi kekuatan daya ,Anroid terkenal boros batrai karena terlalu banyak aplikasi sedangkan windows phone kurang banyak aplikasi sehingga cendrung hemat batrai.Dari segi aplikasi ,android lebih unggul dibandingkan windows phone .Aplikasi pada android lebih banyak dan gratis dibandingkan dengan windows phone karena menggunakan os nya berbasis linux,sedangkan windows phone menggunakan os marketplace yang kebanyakan aplikasinya berbayar dan sedikit.Dari segi masalah keamanan windows phone lebih unggul dari pada android ,karena hingga detik ini windows phone tidak dapat di masuki malwere ,karena sistemnya yang harus lapor atau beli menjadikan windows phone semakin aman.

    Komentar oleh Romy Aprinanda | Maret 9, 2017 | Balas

  26. Selamat sore Pak Jo, maaf mengganggu, berikut saya sampaikan Tugas Individu Manajemen Stratejik

    Nama : Heki Handika Saputra
    Nim : RRC1B014069
    Kelas : Sore (RM Ekstensi)
    Mata Kuliah : Manajemen Strategi (STR)134
    Dosen : DR. JOHANNES, SE, M.Si

    SEJARAH PERUSAHAAN YAMAHA

    Perusahaan yamaha

    Perusahaan Yamaha berasal dari nama pendirinya yaitu ‘Yamaha Tarakusu’ pada tahun 1887. Nama pertama perusahaan ini pertama kali yaitu Yamaha corp (Nippon gakki). Yamaha pertama kali di kenal sebagai perusahaan pembuat alat music dan organ, tak berselang beberapa waktu Yamaha sangat di kenal di mata dunia sebagai perusahaan terbesar pembuat alat music di dunia. Pada 1 Juni 1955 berdiri lah Yamaha Motor Corp yang ebeda dengan Yamaha corp tetapi masih dalam satu grup. Motor produksi pertamanya adalah single cylinder 2 stroke 125cc. Motor 125cc tersebut dikenal sebagai YA1 alias Atakombo (dikenal juga sebagai Red DragonFly). Motor ini lumayan sukses dan produksi berikutnya menggunakan engine 175cc. Produksi motor berikutnya adalah twin cylinder YDI di tahun 1957, sanggup mengeluarkan power 20 bHP dan memenangkan race Mount Asama di Jepang. Produksinya sekitar 15.811 bikez dan jumlah ini masih dibawah Honda ataupun Suzuki. Selanjutnya Yamaha berkembang dengan cukup pesat dan ditahun 1959 keluarlaah motor sport pertamanya yang dikenal sebagai YDSI dengan 5 speed gearbox. Tahun 1960, produksinya meningkat 6 kali lipat menjadi 138 ribu motor.
    Setelah berakhirnya Perang Korea perekonomian Amerika Serikat begitu booming dan ini mendorong eksport Jepang khususnya motor ke Amerka Serikat. Tahun 1962 ekspor yamaha ke US sebanyak 12 ribu motor. Kemudian tahun 1962 sudah mencapai 12 ribu unit. Demikian pula untuk tahun1963, kurang lebih sebanyak 36 ribu unit. Dan puncaknya ditahun 1964, ekspornya mencapai 87 ribu unit. Tahun 1963, Yamaha bikin motor 250cc, twin cylinder dan air cooled. Sejak saat itu, yamaha lumayan dikenal di seantero Jepang. Tahun 1965, produksi Yamaha sudah mencapai 244 ribu unit dan peruntukkannya 50:50 dimana sebagian untuk eksport sedangkan sebagian lainnya konsumsi dalam negeri.

    Layanan Yamaha Motor
    Layanan Yamaha motor adalah layanan kepada konsumen dalam hal memberikan tips – tips tentang perawatan akan suatu kendaraan, kelebihan – kelebihan dari suatu Motor YAMAHA. Motor YAMAHA didesain oleh tenaga – tenaga ahli dibidangnya yang berasal dari Jepang yang akan mendukung pelayanan terhadap konsumen, dan semakin dekatnya YAMAHA Motor dengan konsumen.

    Produk dan Jasa yang ditawarkan
    • YAMAHA V-IXION
    • JUPITER Z
    • JUPITER MX
    • VEGA R
    • YAMAHA MIO
    • YAMAHA MIO SOUL
    • RX-KING
    • VEGA R
    • YDS
    • YR1 350
    • YZF-R6
    • YZF-R1
    • FJ 1100
    • FZR650
    • FZR1000
    • DLL
    Sedangkan Jasa yang Ditawarkan adalah:
    • Perawatan kendaraan
    • Pendidikan akan tehnik – tehnik mesin
    Target Pemasaran
    Target utama PT.Yamaha Motor adalah masyarakat kelas menengah,meskipun di bidang perseroan tetap memproduksi berbagai merek untuk beragam kelas ekonomi dan usia,baik itu wanita maupun pria.
    PT.Yamaha Motor menjajaki penjualan produknya ke negara-negara asia, maupun eropa seperti Eropa, Amerika, Australia, Jepang, Korea, Indonesia, Malaysia. Dan pada saat ini pasar ekspor produk motor dari Yamaha adalah ke Malaysia, Jepang, Eropa , Amerika, Hongkong, Korea, Australia, Brazil, Thailand dan negara-negara lainnya.

    Strategi dalam Menghadapi Persaingan
    Yamaha Motor merencanakan untuk memperkenalkan teknologi orisinal terkini ke dalam produksi sepeda motor di negara-negara Asia, termasuk Indonesia, sebagai bagian dari usaha strategi promosi yang dispesifikasikan pada NEXT-50 atau masa pertengahan dalam perencaan manajemen Yamaha.
    Dengan mempercepat program pengembangan teknologi yang dibutuhkan untuk bisnis, Yamaha akan menjadi lebih kompetitif. Yamaha dalam hal ini fokus pada kualitas performa berkendara, setia dalam mendesain, dan berwawasan lingkungan. Untuk mencapainya, Yamaha menekankan pada teknologi aluminium dan Fuel Injection.
    Saat ini, Chief Engineer Yamaha Motor CO, memperkenalkan 5 terobosan teknologi untuk negara asia, yakni DiASIL Cylinder, CF Aluminium die-cat part, Fuel Injection, precision forged piston, dan liquid cooled four stroke engine.
    Pada JMS 2004, Yamaha Motor memamerkan sepeda motor Infineon-Z, sebuah motor konsep yang mengandung teknologi di atas, motor itu mengintegrasikan desain eksklusif Yamaha dan fungsi dengan visi terobosan lingkungan.
    Perusahaan ini ingin menjadikan sepeda motor berevolusi sebagaimana yang terjadi pada Nouvo dan Mio, yakni kendaraan komuter bertransimisi otomatis.Dengan Infineon-Z, Yamaha ingin meningkatkan nilai brand dan memberikan tingkat kepuasan pelangan yang lebih tinggi. PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memiliki 30 tahun sejarah di Indonesia. Saat ini perusahaaan itu memosisikan untuk berkembang lebih jauh lagi.”Penjualan unit diproyeksikan akan mencapai 870.000 unit pada tahun 2004. dengan mengeluarkan model-model baru yang memiliki fitur teknologi terbaru, PT. Yamaha berharap dapat mencapai penjualan di atas 1 juta unit pada tahun 2005,”dibagian lain, yaitu teknologi Eksklusif All-Aluminium, tanpa plat, dan DiASIL Cylinder tanpa lapisan yang menghasilkan performa pendingin 60 persen lebih baik. Sementara dalam hal desain, 30 persen lebih ringan ketimbang yang konvensional.Teknologi DiASIL cylinder ini telah diterapkan pada Grand Majesty (skuter besar) yang dipasarkan di Jepang. Sementara itu precision forget piston yang meminimasikan proses kerja mesin diterapkan pada sepeda motor XJR1300, motor sport dikawasan Eropa dan Amerika.Tentang Fuel Injection, Yamagata menambahkan alat ini biasanya dipakai untuk kendaraan roda empat dan motor besar, tapi Yamaha Motor telah menemukan sistem yang optimal fuel injection mesin sepeda motor kecil 4 langkah. Sistem ini telah diterapkan sejak tahun 2002 pada unit sepeda motor Majesty 125 FI yang dibuat Yamaha Taiwan.

    PROSPEK PERUSAHAAN YAMAHA MOTOR
    Prospek perusahaan Yamaha motor adalah meningkatkan dan mempertahankan kualitas mesin dan performa dalam mendesain motor-motor yang ramah akan lingkungan dan hemat akan bahan bakar, agar dapat mengajak, meningkatkan minat dan permintaan dari masyarakat luas untuk menggunakan motor-motor yang didesain oleh PT. Yamaha Motor tetapi juga terus mengupayakan berbagai perubahan-perubahan pada motor yamaha yang diselaraskan dengan perkembangan masyarakat tersebut. oleh karena itu PT. Yamaha Motor memiliki visi dan misi yang isinya adalah sebagai berikut:
    Visi : menjadikan perusahaan Yamaha Motor sebagai penyalur sepeda motor NO.1 dan yang terbaik di Jepang, Indonesia, dan negara-negara lainnya.
    Misi : mengembangkan bisnis perusahaan Yamaha Motor melalui produk-produk motornya yang berkualitas dan asli Jepang, yang terdistribusikan secara regional Indonesia dengan dasar Customer Satrisfaction dan Information Technology.

    B.apakah mudah ditiru atau tidak?

    Saya kira tidak karna Yamaha berhasil menancapkan bendera sebagai pembuat motor 2 yang terbaik terutama Model YDS 250cc tahun 1960 dan YR1 350cc. Pada tahun 1970 dilanjutkan membuat YR 5, nah motor ini lah yang terkenal ringan dan relatif terjangkau harganya dibanding motor-motor dikelasnya saat itu.Tahun 1969an, sebenarnya Yamaha mulai mencoba membuat mesin 4 langkah (4 Tak) dengan model XS 1 650cc yang sangat sukses di Inggris dan model ini memasuki pasar Amerika pada tahun 1980an dan juga sukses di Amerika. Dan kesuksesan Yamaha didunia sepeda motor mendominasi pasar motor dunia setelah Yamaha mengeluarkan FZR 750 dan
    FZR 1000 yang terkenal sangat sukses di tahun 1980an. Motor inilah motor Jepang yang melakukan improvement spektakuler, karena mengaplikasi up side down pada fork depan, sasis yang sangat stabil, dan exhaust system.Trend motor sport touring pada tahun 1984 an Yamaha mengeluarkan FJ 1100 dan dilanjutkan FJ 1200 pada tahun 1986an. Model ini populer sampai tahun 1990an. Kesuksesan demi kesuksesan Yamaha terus berlanjut, Sampai tahun 1996 lahirlah YZF-R6 dan YZF-R1 (1000cc).
    Motor ini terkenal dengan design nya yang cantik, handling juga sip, lalu power yang luar biasa dan akhirnya tahun 2001 diluncurkan YZS 1000 dan ini adalah versi Road bike. Sebenarnya model ini masih sama menggunakan enginenya R1.Strategi yang dilakukan PT. YAMAHA MOTOR dalam perkembangan usahanya dan produk – produknya adalah dengan membuat model motor yang lebih ringan, mengaplikasi up side dowd pada ford depan, sasis yang sangat stabil, ezhaust system, design yang cantik, handling up, dan power yang luar biasa, dan juga memasarkan produk – produknya ke luar negeri dengan harga yang terjangkau.Dengan kondisi seperti saat ini membuat sepeda motor menjadi pilihan paling praktis dan ekonomis sebagai alat transportasi pribadi maupun keluarga. Kemampuan melalui jalan yang relatif kecil (selap selip) seakan membuat motor menjadi kendaraan bebas macet” dan efektif, sementara itu komsumsi bahan bakar yang sangat irit membuat kendaraan ini sangatlah ekonomis. Namun sangat disayangkan juga ketika demikian mudahnya memperoleh sepeda motor tidak dibarenginya dengan kesadaran untuk belajar berkendara dengan baik dan aman.Masih banyak kita lihat orang mengendarai motor dengan sekencang-kencangnya atau sangat lamban dan lain-lain yang membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain yang ada disekitarnya. Menurut Suvey dari Tim Safety Riding Couse lebih dari 50% kecelakaan sepeda motor disebabkan oleh faktor manusianya sendiri selain dari faktor kendaraan dan lingkunganya. Oleh sebab itu PT.Yamaha Motor menciptakan suatu rem cakram dengan lebih baik dan matang agar pengguna kendaraan motor mendapatkan keamanan dan kenyamanan didalam berkendara.

    c. perusahaan saingan dari Yamaha menurut saya adalah perusahaan Honda karna
    alah satu keunggulan dari produk – produk buatan honda yaitu tentang keiritan. Sebagian besar masyarakat sudah mempercayai akan hal tersebut, sehingga tidak heran jika banyak masyarakat yang mengincar dan menunggu-nunggu produk – produk terbaru buatan honda. Masalah keiritan memang nomor satu pada produk honda untuk komparasi motor yamaha dan honda ini. Untuk setiap liter bensin bisa menempuh jarak sekitar 30 m. Bisa dibayangkan sendiri betapa iritnya produk dari honda. di samping itu, produk Honda ini juga dikenal memiliki suspensi yang empuk, sehingga tetap nyaman dipakai meskipun lewat jalan yang tidak halus atau bergelombang. Komparasi motor yamaha dan honda untuk komparasi memang lebih bagus dan mampu bekerja dengan berayun – ayun untuk suspensi tersebut sehingga dapat meredam adanya benturan dan goncangan yang terkena pada ban tersebut. Untuk mesinnya, sebagian besar produk honda lebih mengutamakan pada top speed. Memang produk ini masih dibilang kalah dengan akselerasi yang bawah, namun untuk kecepatan tidak perlu diragukan lagi.
    Memiliki jaringan penjualan dan layanan purna jual yang luas serta nilai jual kembali yang tinggi tidak mengherankan jika Honda masih menjadi produsen otomotif motor nomor satu di Indonesia.
    Nah dari beberapa kelebihan dari produk yamaha maupun produk honda tersebut telah membawa perusahaan menjadi lebih dikenal oleh banyak masyarakat. Mereka berdua sama – sama bersaing untuk memberikan produk terbaiknya kepada para konsumen atau penggunanya.
    Komparasi (perbandingan) motor yamaha dan honda memang menjadi tolak ukur untuk kemajuan perusahaan. Dua perusahaan terbesar yang ada di indonesia tersebut mampu menarik perhatian banyak masyarakat, sehingga tidak heran jika sebagian besar masyarakat menggunakan dari kedua produk tersebut.

    Komentar oleh Heki Handika Saputra | Maret 9, 2017 | Balas

  27. Selamat sore Pak Johanes,berikut saya sampaikan Tugas Individu Manajemen Stratejik

    DOSEN : DR. JOHANNES, SE, M.Si

    NAMA : RICKY ISHADI
    NIM : RRC1B014094
    KELAS : EKONOMI MANAJEMEN (EKSTENSI SORE – MALAM)

    Perusahaan Printer Canon Dengan Printer Epson

    A.Bagaimana Perusahaan Merumuskan Kompetensi Mereka ?
    Seiring dengan kemajuan zaman dan era globalisasi, sekarang ini masyarakat membutuhkan kepraktisan dalam melakukan sesuatu. Tidak terkecuali dalam bidang penggambaran dan optik. Sekarang ini banyak terdapat berbagai macam produk untuk bidang penggambaran yang menggunakan teknologi yang canggih. Seperti kamera digital, printer, scanner dan mesin fotocopy.Canon adalah sebuah merek dagang di yang berada di lebih dari 180 negara dan daerah di seluruh dunia. Amerika dikelola oleh Canon AS, Eropa, Rusia, Afrika dan Timur Tengah oleh Canon Eropa, Asia, kecuali Jepang, Cina oleh Canon, dan Canon Oseania oleh Australia. Jepang yang ditangani oleh Canon Marketing Jepang. Canon memperhatian setiap kebutuhan pelanggan, Canon berkomitmen untuk menyediakan solusi dan layanan yang menjamin kepuasan tertinggi.
    Untuk segmen kamera digital, Canon merupakan salah satu produsen kamera digital berkualitas tinggi. Canon merupakan pelopor untuk kemera digital dengan menggunakan teknik 35 mm focal-pesawat-rana kamera, yang diproduksi dalam bentuk prototipe. Brand Canon sudah sangat familiar di telinga konsumennya, khusunya di bidang teknik penggambaran dan optik. Canon pertama didirikan pada tahun 1934. akan tetapi merek canon terkenal oleh masyarakat di seluruh dunia sekitar tahun 1946.
    Canon hadir merubah situasi pasar dengan menciptakan kamera pertama yang harganya relatif murah dari pada harga kamera lain pada waktu itu.Segmentasi pasar Canon sangat luas. Pada umumnya bersegmentasi pada seluruh segmen yang ada di dalam pasar. Karena produk yang diciptakan oleh Canon ini sangat beragam dan sesuai dengan tingkat kebutuhan konsumen. Untuk kamera digital, Canon menciptakan kamera digital untuk para pemula. Akan tetapi, untuk para fotografer profesional, Canon juga menciptak berbagai jenis produk yang sesuai untuk digunakan dalm bidang fotografi. Canon memilih target untuk seluruh segmen karena Canon ingin merek brand caon bisa dipakai pada seluruh tingkatan segmen.Segmentasi pasar produk canon yang lain yaitu printer adalah terbagi dalam 2 segmen yaitu untuk printer rumahan dan printer kantor. Canon menciptakn berbagai tipe printer yang cocok dipakai untuk segmen kantor, sekolah, dan di rumah. Biasanya untuk segmen perkantoran dan sekolah, canon menyediakan piliha tipe printer dengan kecepatan tinggi. Sedangkan untuk segmen rumahan, canon menyediakan tipe printer dengan kualitas warna yang bagus dan tinta tahan hingga puluhan tahun.Segementasi pasar dalam mesin fotocopy canon juga terbagi dalam 2 segmen. Yaitu adalah dari kalangan usaha atau bisnis dan untuk perkantoran.
    Untuk segemen usaha atau bisnis seperti percetakan dan fotocopy. Canon menyedikan tipe mesin fotocopy yang berkulitas tinggi. Canon menciptak 2 jenis printer, yaitu mesin fotocopy hitam putih dan mesin fotocopy berwarna.Canon sangat pendai dalam membaca situasi pasar. Dalam penelitian dan pengembangan produknya, Canon terus pursues Litbang yang terkait dengan teknologi dasar yang menopang perusahaan kedepan, kekuatan teknologi yang ada dalam berbagai produk mereka sangat kompetitif untuk bersaing dengan pesaing lainnya dalam pasar.
    Canon juga mengembangkan system daur ulang terhadap produk-produknya. Daur ulang ini tergantung pada rute dan koleksi teknologi daur ulang.Canon secara proaktif dalam pengumpulan dan daur ulang berbagai produk-produknya. Dari segi servis yang diberikan kepada pelanggan, Canon telah berada di posisi yang sangat baik. Canon mengembangkan sistem yang mencakup daerah pusat panggilan di samping dengan bantuan informasi online. Canon selalu berusaha untuk segera memenuhi kebutuhan pelanggan.
    Dalam penjualan dan pemasaran produknya, Canon memperluas jaringan pemasaran dan Canon adalah sebuah merek dagang di yang berada di lebih dari 180 negara dan daerah di seluruh dunia. Amerika dikelola oleh Canon AS, Eropa, Rusia, Afrika dan Timur Tengah oleh Canon Eropa, Asia, kecuali Jepang, Cina oleh Canon, dan Canon Oseania oleh Australia. Jepang yang ditangani oleh Canon Marketing Jepang. Canon memperhatian setiap kebutuhan pelanggan, Canon berkomitmen untuk menyediakan solusi dan layanan yang menjamin kepuasan tertinggi.Untuk segmen kamera digital, Canon merupakan salah satu produsen kamera digital berkualitas tinggi. Canon merupakan pelopor untuk kemera digital dengan menggunakan teknik 35 mm focal-pesawat-rana kamera, yang diproduksi dalam bentuk prototipe. Brand Canon sudah sangat familiar di telinga konsumennya, khusunya di bidang teknik penggambaran dan optik. Canon pertama didirikan pada tahun 1934. akan tetapi merek canon terkenal oleh masyarakat di seluruh dunia sekitar tahun 1946. Canon hadir merubah situasi pasar dengan menciptakan kamera pertama yang harganya relatif murah dari pada harga kamera lain pada waktu itu

    B.Jelaskan Kompetensi Tersebut Apakah Mudah di Tiru Atau Tidak ?
    Saya kira tidak karena Canon merupakan perusahaan yg menghasilkan produk-produk teknologi penggambaran seperti kamera digital, printer, scanner, mesin foto copy, produk-produk kantor seperti printer,scanner dan computer yg baru diciptakan oleh canon 2 tahun belakangan ini. Selain itu canon juga menghasilkan produk-produk optic seperti mesin foto copy, LCD, lensa televise, dll. Perusahaan canon berdiri pada tahun 1937 di Jepang dan tersebar di benua Amerika, Eropa, Australia, dan Asia. Seperti kebanyakan perusahaan Jepang, Canon merupakan perusahaan yang berpegang teguh pada prinsip. Prinsip yang sebagai dasar perusahaan. Budaya perusahaan Canon sejak awal permulaannya adalah “San-Ji”, atau Tiga Selfs, semangat. Tiga Selfs adalah: self-motivasi, manajemen diri dan kesadaran diri. Selfmotivation merujuk kepada mengambil inisiatif dan menjadi proaktif dalam segala sesuatu; swakelola merujuk kepada diri melakukan yang akuntabel dan bertanggung jawab untuk semua dari satu tindakan, dan kesadaran diri adalah satu dari memahami situasi dan peran di dalamnya. Distribusi produk Canon tersebar di seluruh benua Asia, Eropa, Amerika, dan Australia. Setiap negara mempunyai distributor yang berbeda-beda. Canon pertama kali yang didirikan di Indonesia saat ini mulai menjual produk-produknya pada tahun 1976. Canon tidak memiliki kantor di Indonesia dan saat ini bekerja dengan lima distributor resmi untuk mendistribusikan beragam produk Canon mulai dari konsumen untuk produk industri dan bisnis.

    C.Perusahaan saingan Printer CANON,salah satunya yaitu Printer EPSON
    Epson merupakan salah satu merk printer yang cukup populer, dengan berbagai keunggulan fitur di bandingkan dengan printer tipe lain memang cukup mencolok. Berdasarkan pengalaman pribadi di tempat kerjaan dan menurut pendapat penulis memang untuk saat ini printer epsonmasih menjadi primadona ketimbang merk printer tipe lain, bukan bermaksud untuk menjustinasi bahwa printer epson adalah printer terbaik, namun disini saya sebagai penulis merasa ingin share saja tentang sepengetahuan penulis mengenai keunggulan printer epson dibandingkan printer tipe lain.
    Beberapa fitur unggulan yang menjadikan printer epson semakin populer ialah printer epson khususnya yang bertipe L seperti L100, L110, L200, L300, dan sejenisnya sudah include infus. Artinya ketika membeli printer epson baru Anda tidak perlu menginfus printer epson, karena untuk seri epson L ini sudah ada infusnya. Dengan begitu untuk biaya operasional printer akan jauh lebih murah ketimbang menggunakan printer yang masih menggunakan catridge.
    Secara umum printer epson jarang tejadi error, meskipun saya kira tidak semua printer epson begitu namun dibanding printer merk lain, epson lebih bandel dan jarang error. Namun meskipun begitu jika penggunaan printer tidak sesuai prosedur pasti akan error dan jika itu terjadi terus-menerus bisa berakibat kerusakan pada printer, saya kira sama seperti perangkat elektronik lainnya jika kita menggunakannya sesuai prosedur dan tidak sembarangan, InsyAllah akan awet dan jarang terjadi error. Hal ini sudah saya buktikan di tempat kerja saya.

    Komentar oleh ricky ishadi | Maret 9, 2017 | Balas

  28. NAMA ;A PATI ANOM

    NIM ;RRC1B014023

    TUGAS ;MANAJEMEN STRATEJIK INDIVIDUAL

    A

    VANS

    Vans adalah perusahaan sepatu yang berasal dari Amerika . Perusahaan ini di mulai pada beberapa puluh taahun lalu . Di Broadway , Anaheim , California, Paul Van Doren bersama tiga temannya membuka sebuah toko . Toko pertama mereka di buat pada 16 Maret 1966 .

    Toko tersebut menjual produksi sepatu unik hasil karya mereka sendiri . Mereka memproduksi sekaligus memasarkan sepatunya secara swadaya . Konsumen pertama mereka sebanyak 12 orang . Pelanggan tersebut membeli sepatu Vans Dek, sekarang sepatu model ini dikenal dengan tipe Authentic . Paul Van Doren memproduksi sepatunya setiapa hari dan selalu siap di sore hari .
    Beberapa tahun kemudian, perusahaan rumahan tersebut berkembang dan banyak menghasilkan bnyak model-model septu baru . Pada 1970-an, Vans memproduksi sepatu dengan kanvas bergambar dan karet di bagian bawah sepatunya . Inovasi tersebut rupanya berbuah manis bagi mereka .
    Perusahaan sepatu itu kemudian menandatangani kontrak dengan pihak Departement Pertahanan As dan Us Air Force . Para pemain skateboard juga lebih menyukai mengunakan sepatu ini ketika bermain skateboard . Permukaan karet pada alas sepatu memudahkan mereka untuk berolahraga . pengunaan sepatu Vans pun hampir merata di seluruh wilayah California Selatan . Di akhir 1970-an, perusahaan ini telah memiliki 70 toko di california .
    Sepuluh tahun kemudian, Vans telah berubah menjadi perusahaan besar . Sepatu yang diproduksi pun berkembang . Mereka tidak hanya memproduksi sepatu untuk olahraga skateboarding, tetapi juga untuk wakeboarding , cross motor , dan berselancar .
    Meskipun penjualannya mencapai angka yang cukup baik, nyatanya Vans tidak berhasil mengatasi permasalahan keuangan intern mereka . Pada 1983, Vans tidak dapat mengatasi hutang mereka sehingga perusahaan itu terpaksa berganti status menjadi “Perusahaan Bangkrut”
    Kebangkrutan Vans tidak berlangsung lama . Lima tahun kemudian, 1988, Vans menjual beberapa sahamnya pada perusahaan investment banking . semenjak itu, Vans kembali ” menghentak” dunia fashion dunia .

    B
    Kompentensi yang dilakukan oleh perusahaan vans mungkin bisa ditiru ,tetapi mungkin dengan kualitas yang berbeda , keduanya mungkin ada kelurarang an dan kelebihan antara satu dengan yang lainnya

    C
    Converse adalah sebuah perusahaan sepatu asal Amerika dengan hasil produksi yang terutama terdiri dari alas kaki berjenis olahraga dan brand gaya hidup. Perusahaan telah berdiri sejak tahun 1908 dan, pada tahun 2003, dibeli senilai $ 305.000.000 (USD) sebagai anak perusahaan dari Nike, Inc.[2] Converse memproduksi produk di bawah nama dagang seperti One Star, Chuck Taylor All Star, dan Jack Purcell. Sepatu converse dibedakan dengan sejumlah fitur, termasuk motif lencana bintangnya. Bahkan, sol karet All Star, halus bulat disekitaran di atas, dan melengkung di sekitar jalur telah menjadi khas yang begitu dikenali, pada tahun 2014, Converse mengajukan gugatan ke Komisi Perdagangan Internasional AS yang menuduh Walmart, Skechers, Kmart, dan 28 pengecer lain beserta produsen dengan masalah pelanggaran merek dagang. Dalam upaya untuk melestarikan keaslian sepatu selain fungsinya. Sejumlah perkara diselesaikan, termasuk Fila dan Iconix. Selain alas kaki, perusahaan menjual barang-barang lainnya secara global melalui pengecer di lebih dari 160 negara dan melalui sekitar 75-perusahaan milik toko ritel di Amerika Serikat.
    Perusahaan allstar sangat bisa bersaing dengan perusahaan vans karena ,keduanya sudah ada di hati para penikmatnya

    Komentar oleh a pati anom rrc1b014023 | Maret 9, 2017 | Balas

  29. Selamat malam Pak joe, Berikut saya lampirkan tugas individu manajemen stratejik.

    Nama: Wawan Kurniawan
    Nim : RRC1B014089
    Mata Kuliah : Manajemen Stratejik

    PT. Unilever Indonesia

    Sejak didirikan pada 5 Desember 1933 Unilever Indonesia telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan terdepan untuk produk Home and Personal Care serta Foods & Ice Cream di Indonesia.
    Rangkaian Produk Unilever Indonesia mencangkup brand-brand ternama yang disukai di dunia seperti Pepsodent, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight, Walls, Blue Band, Royco, Bango, dan lain-lain. Dan saya tertarik mengambil prodak pepsodent untuk diulas lebih jauh.

    1.Rumuskan bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka
    Pepsodent adalah pasta gigi yang paling terkenal dan tertua di Indonesia, sejak awal keberadaannya selalu memberikan lebih dari sekedar kemanjuran dasar. Pepsodent adalah pasta gigi pertama di Indonesia yang kembali meluncurkan pasta gigi berflorida pada tahun 1980-an dan satu-satunya pasta gigi di Indonesia yang secara aktif mendidik dan mempromosikan kebiasaan menyikat gigi secara benar melalui program sekolah dan layanan pemeriksaan gigi gratis. Sejak itu Pepsodent telah melengkapi jajaran produknya mulai dari pembersihan dasar hingga pasta gigi dengan manfaat lengkap.

    2.Jelaskan Kompetensi tsb mudah ditiru atau tidak?
    Secara teknis produk sangat mudah ditiru, tetapi pepsodent tidak hanya menjual produk secara biasa biasa saja. pepsodent telah banyak membuat program2 kesehatan di sekolah dan layanan gigi gratis, ini memberikan nilai tambah pada prodak tersebut dan lebih juga prodak tersebut yang pertama kali bergelut di dunia pasta gigi di indonesia.

    3.Persaingan Dengan prodak lain
    Zama sekarang ini muncul berbagai macam merek pasta gigi yang memiliki manfaat dan keunggulan yang berbeda masing-masingnya. Hal ini tentu menarik bagi konsumen yang memiliki variasi kebutuhan terhadap produk pasta gigi tersebut. Nah, beberapa saat yang lalu tim JAKPAT melakukan survey mengenai penggunaan pasta gigi di Indonesia. Survey ini dilakukan kepada 2160 orang responden di seluruh Indonesia. Bagaimana hasil survey psar dari JAKPAT? Pertama mereka mengidentifikasi brand apa yang sering digunakan oleh pasar. Hasil survey pasar JAKPAT menyatakan bahwa Pepsodent menjadi brand yang paling sering digunakan sebesar 71.06%, kemudian diikuti oleh Close Up sebesar 11.04%, Sensodyne sebesar 5.60%, Formula 3.52%, Ciptadent 2.73% dan sisanya merek lain sebesar 5.74%.

    Sekian Dan Terima Kasih.

    Komentar oleh Wawan Kurniawan | Maret 9, 2017 | Balas

  30. Nama feri muhamad fauzi
    Nim rrc1b014083
    Kelas m6G

    Kompetensi pt indofood
    VRIO
    1. Valuable : memungkinkan perusahaan untuk menetralisir ancaman peluang dan memanfaatkan lingkungan eksternal
    2. Rare : tidak memerlukan banyak proses, pesaing dan potensi yang ada
    3. Cost to Imitated : ketika perusahaan lain tidak memperolehnya mereka harus memoperolehnya dengan biaya yang lebih tinggi.
    4. Organized to be exploited : mengorganisir apa yang ada di perusahaan untuk menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan
    Dalam hal ini PT. Indofood memenuhi syarat tersebut karena, walaupun sebelumnya sempat jatuh bangun pada tahun 2005-2008 dengan kondisi yang memang di luar dugaan dari perusahaan sendiri. Namun PT. Indofood mampu bangkit dan memperbaiki semuanya dengan kekuatan yang masih ada terutama kepercayaan yang diberikan kepada perusahaan sendiri.

    Kompetensi ini tidak mudah ditiru karena untuk bangkit dari kegagalan perusahaan itu tidak lah mudah. Banyak hal yang dipertimbangkan dan di korbankan. Tetapi untuk sebagian perusahaan yang mampu bangkit berarti perusahaan tersebut memiliki kekuatan dan kepercayaan yang luar biasa untuk mewujudkan kembali sukses nya perusahaan.

    Pesaing
    PT ABC President Indonesia memiliki visi untuk menjadi salah satu pemimpin pasar makanan dan minuman di Indonesia. Dengan pengalaman yang luas dan pengetahuan mengenai pasar lokal, ABC Central Food dan Uni-President Enterprises Corporation telah menetapkan strategi untuk hanya memproduksi makanan yang berkualitas. Hal ini sesuai dengan reputasi ABC group dan mendayagunakan hasil penelitian dan pengembangan serta pusat inovasi makanan yang dimiliki Uni-President Enterprises Corporation di Taiwan.

    PT ABC President Indonesia memiliki pabrik seluas 7 hektar yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Pada awal masa berdirinya, perusahaan hanya memproduksi beberapa ratus ribu karton mi. Sejalan dengan tantangan pasar, PT ABC President Indonesia mengembangkan usahanya di industri minuman teh siap saji. Pada bulan September 2005, PT ABC President Indonesia meluncurkan produk Nu Green Tea. Produk ini merupakan pelopor minuman teh hijau siap saji dalam kemasan botol PET di Indonesia. Selain konsep produk Nu Green Tea yang inovatif, perusahaan menggunakan teknologi terkini yaitu PET Aseptic Filling Technology, yang menjamin rasa dan aroma yang unggul. Saat ini Nu Green Tea adalah pemimpin pasar pada kategori Ready-to-Drink Green Tea. PT ABC President Indonesia akan terus melakukan inovasi untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen.

    Komentar oleh feri muhamad fauzi | Maret 9, 2017 | Balas

  31. Selamat Malam Pak Jo, maaf mengganggu waktu Bapak…berikut saya sampaikan Tugas Individu Manajemen Stratejik

    TUGAS MANAJEMEN STRATEJIK (PERUSAHAAN : BANK BPR BATANGHARI
    )
    PROGRAM EKONOMI dan BISNIS
    DOSEN : DR. JOHANNES, SE, M.Si

    NAMA : RENONALDO SITUMORANG
    NIM : RRC1B014103
    KELAS : EKONOMI MANAJEMEN (EKSTENSI SORE – MALAM)

    Soal

    1. Rumuskan dengan kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kopetensi mereka
    JAWAB : Pada dasarnya hampir semua Kopetensi seluruh BANK BPR khususnya di Kota Jambi sama, tergantung Manajemen Perusahaannya sendiri.
    FOKUS PADA PELANGGAN
    Dalam perusahaan PT.BPR (BANK) BATANGHARI dimana perusahaan tersebut memiliki tujuan agar fokus dalam setiap pelanggannya, karena didalam komitmen dalam Perbankkan yang di jual adalah kredit atau pinjaman dana untuk masyarakat (pelanggan) jadi setiap perusahaan harus menerapkan cara Loyal kepada pelanggan baik masyarakat (pelanggan) yang baru mengajukan kredit maupun pelanggan yang bertahan (lama).
    Dalam Hal ini pihak yang terkait langsung :
    – Costumer Service
    – Teler
    -Account Officer
    -Remedial Ofiicer

    MEMILIKI OBSESI YANG TINGGI TERHADAP KUALITAS
    Dalam dunia perbankkan dimana persaingan disetiap bank semakin ketat dalam menjual setiap prodak, apalagi ditambah pengawasaan yang semakin ketat dengan ada nya OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang tugasnya mengawasi dalam setiap bentuk jasa keuangan, maka dengan begitu setiap bank harus memperhatikan kualitasnya, dalam PT. BPR (BANK) BATANGHARI bank tersebut memiliki kualitas yang baik salah satunya dimana mereka dalam menjual kreditnya dengan memberikan bonus pada pelanggan (nasabah) yang diberikan pada per-6 bulan apa bila dalam termin waktu tersebut (dalam hal ini 1 semester) Debitur (Nasabah) memiliki riwayat pembayaran kredit yang tidak pernah terjadi penundaan bayar (tertunggak), dengan demikian diharapkan dapat menciptakan prodak kredit yang berkualitas dan sehat.
    Demikian pula dengan Prodak Tabungan (Funding) Perusahaan pun menyediakan jasa layanan simpanan dengan bunga yang relatif bersaing, seperti Deposito, Tabungan, dan Tabungan berjangka.

    2. Jelaskan Kopetensi tersebut apakah mudah ditiru atau tidak
    JAWAB : Pada dasarnya hampir semua Kopetensi seluruh BANK BPR khususnya di Kota Jambi sama, tergantung Manajemen Perusahaannya sendiri.

    3. Tunjukkan Perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru Kopetensi sebagaimana pada poin (a)
    JAWAB : Menurut saya Bukan hanya dalam perusahaan PT.BPR (BANK) BATANGHARI) dalam setiap perusahaan juga membutuhkan kerjasama baik antar karyawan, kerjasama juga dibutuhkan dalam karyawan dan juga atasannya agar terciptanya perkerjaan yang menghasilkan nilai baik dalam Internal maupun Eksternalnya, dalam PT. BPR (BANK) BATANGHARI terdapat hirarki kepengurusan yang saling terkait meski dalam bidang dan tanggung jawab yang berbeda-beda.
    Sebagai contoh, Bidang Marketing sangat erat hubungannya dengan Bidang Operasional mengenai ketersediaan akomodasi serta informasi legalitas perjalanan. Begitu pun sebaliknya, untuk memenuhi tanggung jawab kerja bagian Operasional pun berhubungan dengan pihak marketing mengenai proses realisasi kredit mengenai informasi laporan keuangan dan legalitas dari calon nasabah. Begitu pula pada bidang lainnya. Kesimpulannya Perusahaan tersebut bukan meniru Kopetensi Perusahaan lainnya, hanya didalam dunia Perbankan poin Kopetensinya tidak jauh berbeda.

    Demikian Pak Jo
    Terimakasih untuk waktu dan tugas dari Bapak
    Saya harap Bapak bisa tanggapi.

    Komentar oleh RENONALDO SITUMORANG | Maret 9, 2017 | Balas

  32. Selamat malam pak jo.
    Berikut Saya kirimkan tugas Individu Manajemen Stratejik

    Nama : Wahyudi firmansyah
    Nim : RRC1B014095
    Kelas :kelas sore (RM Ekstensi)

    NAMA PRODUK: levi strauss & co (levi’s)

    a.). Rumuskan dengan kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka?

    Jawab :Levi strauss & co atau di kenal levi’s adalah perusahaan apparel global dengan produk jins bermerek dan pakaian casual sport dengan merek Levi’s. levi’s menciptakan produk dengan kualitas kain yang sangat baik serta memiliki wrna kain yang ciri kas biru.kehadiran produk levi’s pun mampu menarik peminat dari remaja,orang tua bahkan lansia menyukai produk tersebut. Bukan hnya laki laki namun kini para wanita pun banyak yang menggunakan produk levi’s dalam untuk kegiatan sehari hari maupun acara resmi.kehadiran levi’s juga mampu merubah trend berpakaian yang sedang trend saat ini khusus nya kaum muda.walaupun levi’s termasuk perusahaan tua namun peminat nya masi banyak bahkan sebagian mereka enggan menggunakan produk lain di karenakan terlalu nyaman menggunakan produk levi’s. pencapaian ini tak lepas dari team produksi untuk tetap mempertahankan nama baik serta kualitas yang sudah sangat di minati masyarakat. Meskipun Levi’s mempunyai produk dan pemasaran yang hebat tetapi pelanggan mengeluh. “Pelayanan Levi’s jelek, mereka bekerja lamban” atau “Levi’s tidak dapat diandalkan, mereka hanya mampu mengirim kurang dari 40 persen pesanan yang dijanjikan.

    b).Jelaskan kompetensi tersebut, apakah mudah ditiru atau tidak?

    jawab: kompetensi yang di terapkan pada produk levis’s bisa saja ditiru mengingat perkembangan trend serta bnyak nya merek produk lain yang bergerak di bidang yang sama. mengingat trend yang juga berkembang untuk tidak mungkin levi’s tidak memiliki saingan dalam persaingan pasar dengan produk lain.produk pesaing mungkin lebih dulu mengetahui kekurangan dari produk levi’s berdasarkan survey para konsumen yang sudah sejak lama menggunakan produk levi’s.namun bukan hal mudah bagi pesaing untuk menarik peminat levi’s itu sendiri di karenakan kecintaan serta kenyamanan dalam memamakai produk levi’s apalagi produk levi’s meiliki desain produk dengan menggunakan bahan kain denim yang punya kualitas dunia. namun produk levis di era moderen banyak memiliki pesaing karena mereka memiliki produk alternatif dengan harga yang cukup terjangkau serta kualiatas dan desain yang juga tak kalah moderebn dengan produk levi’s yang sudah di kenal dunia ini. namun masih dalam PR di rumah bagi team pesaing untuk mampu besaing dengan produk levi’s ini mengingat levi’s adalah perusahan yang sudah berdiri sejak 1873.

    c). Tunjukkan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin (a)

    jawab:salah satu produk pesaing levi’s yaitu mischief produk dalam negri yang launching pada 2006,produk miscief ini juga bergerak menghasilkan produk jeans yang hebatnya mampu menghipnotis para kaum muda dengan tampilan produk nya yang sesuai dengan keinginan para anak muda serta desain nya yang sesuai dengan era modern serta kualitas produk yang juga tak kalah bagus dengan produk levi’s. namun hadirnya pesaing levi’s ini sepertinya mampu merubah minat para pengguna jeans karna michief sangat profesional untuk menciptakan produk yang menarik para pemakai jeans di karenakan mereka memanfaatkan kekuarangan dari produk levi’s yang selalu mengeluarkan produk yang bentuk nya seperti itu saja hingga michief dengan team nya mampu berinofasi agar kebutuhan serta keinginan para konsumen terhadap produk jeans itu terpenuhi. kenapa tidak mungkin jika berapa tahun kedepan brand mischief mampu menguasai pasar khusus nya indonesia apalagi brand ini mampu berinofasi terus menerus serta mampu menghipnotis para konsumen pengguna dan pencinta produk jeans.

    terima kasih

    Komentar oleh Wahyudi firmansyah | Maret 9, 2017 | Balas

  33. Selamat sore Pak Jo, berikut saya sampaikan Tugas Individu Manajemen Stratejik

    Nama : Erfin Marbun
    Nim : RRC1B014111
    Kelas : Sore (RM Ekstensi)
    Mata Kuliah : Manajemen Strategi (STR)134
    Dosen : DR. JOHANNES, SE, M.Si

    Perusahaan PT. Coca-Cola Bottling Indonesia.
    1. Rumuskan dengan kalimat yang sederhana bagaimana perusahaan merumuskan kompetensi mereka?
    2. Jelaskan kompetensi tersebut apakah mudah ditiru atau tidak ?
    3. Tunjukkan perusahaan saingan, apakah perusahaan itu bisa meniru kompetensi sebagaimana pada poin (1) ?

    Penyelesaian :

    1. kompetensi PT. Coca-Cola Bottling Indonesia adalah Brand Image, Riset and Development yang intensif, SDM yang besar dan terlatih, loyalitas terhadap pelanggan dan konsumen, keadaan distribusi dan pangsa pasar.

    2. Kompetensi yang di ciptakan oleh PT. Coca-Cola selama ini tidak mudah ditiru oleh para pesaing hal tersebut dikarenakan ramuan rahasia yang dimiliki oleh produk PT. Coca-Cola Bottling Indonesia tidak sama dengan produk lain, Sari rasa untuk coca-cola dibuat di pabrik-pabrik the coca-cola company dan sampai sekarang tetap merupakan rahasia dagang terbesar didunia. selain itu berikut penjelasan kompetensi yang dimiliki oleh PT. Coca-Cola Bottling Indonesia, yaitu :

    a. Brand image yang sudah dikenal luas
    Coca-cola memiliki brand image yang kuat di pasaran Indonesia. Status coca-cola sebagai produsen minuman bersoda besar di Indonesia menjadi jaminan mutu bagi kesetiaan dan loyalitas konsumen.

    b. Riset and Development yang intensif
    Coca-Cola terus berinovasi untuk menciptakan produk, kemasan, strategi pemasaran, serta perlengkapan penjualan baru yang lebih berkualitas, kreatif, serta mempunyai ciri khas tersendiri. Coca-Cola berinovasi dengan menciptakan produk-produk baru yang menjadikan produk minuman cepat saji Coca-Cola mempunyai rasa dan pilihan yang beragam. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen secara lebih spesifik, pada tahun 2002 Coca-Cola meluncurkan AQUARIUS, minuman isotonik yang diperuntukkan bagi mereka yang aktif dan gemar berolahraga. Pada tahun yang sama, Coca-Cola Indonesia meluncurkan Frestea, teh dalam kemasan botol dengan aroma bunga melati yang khas. Pada tahun 2003, Fanta menghadirkan campuran dua rasa buah, orange dan mango, yang disebut “Fanta Oranggo”, setelah pada tahun sebelumnya sukses meluncurkan Fanta Nanas. Pada tahun ini pula, Coca-Cola Indonesia meluncurkan Sunfill – produk minuman Sirup dan Serbuk instan rasa buah. Dengan inovasi, Coca-Cola yakin bahwa produk-produk yang ditawarkan akan mampu memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia.
    Coca-Cola juga mencoba mengembangkan desain kemasan minuman, serta meningkatkan kualitasnya. Setelah meluncurkan Frestea dalam kemasan botol, pada akhir tahun 2002, Coca-Cola Indonesia meluncurkan Frestea dalam kemasan Tetra Wedge yang lebih mudah dan praktis untuk dibawa. Pada akhir 2003, Coca-Cola, Sprite, dan Fanta hadir dalam kemasan kaleng ramping baru yang unik. Pada tahun 2004 ini, Coca-Cola hadir dengan inovasi terbaru yaitu botol gelas berbobot lebih ringan 30 % dengan desain mungil, imut, tapi kuat. Inovasi kemasan produk akan terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru.
    Strategi pemasaran Coca-Cola mempunyai ciri khas tersendiri, yang unik dan kreatif. Berbagai program promosi diadakan sesuai dengan event yang sedang berlangsung, baik melalui konser musik, pameran, promo penukaran tutup botol, hadiah kejutan, maupun iklan TV. Coca-Cola mencoba tampil dengan strategi pemasaran baru yang menarik masyarakat.

    c. Sumberdaya manusia yang terlatih
    Pengembangan sumber daya manusia merupakan salah satu fokus utama manajemen dalam menyiapkan tenaga kerja yang handal, dinamis dan penuh dedikasi. Sasaran PT. Coca – cola tak lain ialah memberi layanan yang prima dan memuaskan kepada lebih dari 200 juta konsumen melalui sekitar 400,000 pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia.
    PT. Coca – cola menyadari bahwa untuk meraih semua peluang yang ada, memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggan, dan untuk dapat mengahadapi tantangan lingkungan bisnis yang kompetitif, tim-tim PT. Coca – cola perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai, serta sikap yang tepat.
    Selama sejarah keberadaan Coca-Cola di Indonesia yang cukup lama, PT. Coca – cola tetap menyelenggarakan berbagai pelatihan serta mengembangkan SDM untuk menjamin bahwa kemampuan bisnis perusahaan senantiasa memenuhi tuntutan pasar, dan para karyawan mampu menghasilkan apa yang diharapkan dari mereka. Sementara itu, PT. Coca – cola juga secara berkesinambungan merekrut tenaga-tenaga muda berpotensi untuk menduduki posisi-posisi penting di masa mendatang.
    PT. Coca – cola memiliki satu tim khusus yang bertugas meningkatkan keterampilan-keterampilan fungsi teknis, bidang manajemen dan kepemimpinan karyawan. Tim tersebut didukung dan disertifikasi oleh sejumlah lembaga pelatihan dan pengembangan SDM internasional. Diantaranya terdapat The Coca-Cola Company, Coca-Cola Amatil dan beberapa lembaga internasional lainnya. PT. Coca – cola menghadirkan kelompok fasilitator baik dari dalam organisasi sendiri, maupun dari lingkungan luar yang memiliki kepiawaian bisnis yang tajam, pengalaman kerja langsung dalam bidang-bidang terkait, serta yang jauh lebih penting, “menjiwai pendidikan”.

    d. Pelayanan terhadap pelanggan dan consumen
    Coca-cola bottling Indonesia menyediakan layanan National contact centre (NCC), yaitu pusat layanan bagi pelanggan dan konsumen diseluruh Indonesia. NCC berfungsi sebagai media bagi pelanggan atau konsumen untuk mendapatkan layanan dan informasi yang terkait denan perusahaan dan produk Coca-cola.
    Layanan NCC meliputi
    1. layanan pelanggan yang mencakup permohonan menjadi pelanggan, alat pendingin, pemesanan produk, serta hal lain yang terkait dengan distribusi dan penjualan
    2. Layanan Konsumen yang meliputi informasi produk, kualitas produk dan kemasan, kegiatan promosi produk.
    3. Pertanyaan umum yang mencakup penelitian, praktek kerja dan lowongan.

    e. Keadaan Distribusi dan Pangsa Pasar
    Strategi pemasaran Coca-cola memiliki cirri khas tersendiri yang unik dan kreatif. Berbagai program promosi diadakan sesuai even yang sedang berlangsung. Baik melalui konser musik, pameran, promo penukaran tutup botol. Hadiah kejutan maupun iklan tv Sistem informasi yang memadai, yaitu : pengembangan pendekatan manajemen system informasi yang terarah pada organisasi merupakan bentuk pengaruh evolusi tekhnologi terhadap dunia usaha.

    3. Perusahaan pesaingnya adalah PEPSI, perusahaan ini juga bergerak dibidang minuman, menurut saya PEPSI tidak dapat meniru kompetensi Coca-cola. karena perbedaan rasa kedua minuman tersebut berbeda, seprti Sari rasa untuk coca-cola dibuat di pabrik-pabrik the coca-cola company dan sampai sekarang tetap merupakan rahasia dagang terbesar didunia. dan sistem distribusi yang berbeda di antara 2 merek dagang tersebut.

    Demikian Pak Jo
    Saya harap Bapak bisa tanggapi.

    Komentar oleh Erfin Marbun | Maret 11, 2017 | Balas


Tinggalkan komentar